petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

tafsir mimpi 78

sihoki 930Jutaan kata 947593Orang-orang telah membaca serialisasi

《tafsir mimpi 78》

Mukesh Ambani, Anak Penjual Benang yang Kini Berharta Rp1.350 T******

Mukesh Ambani merupakan anak tukang benang yang menjelma menjadi orang terkaya sejagat Asia, dengan kekayaan Rp1.350 triliun.
Mukesh Ambani merupakan anak tukang benang yang menjelma menjadi orang terkaya sejagat Asia, dengan kekayaan Rp1.350 triliun. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mukesh Ambani kini menduduki kembali singgasana orang terkayadi India, sekaligus yang paling tajir se-Asia. Tahun lalu, Mukesh didepak oleh taipan India lainnya, Gautam Adani yang melejit ke urutan pertama.

Namun, awal Februari lalu Adani kehilangan lebih dari US7 miliar atau setara Rp1.605 triliun (asumsi kurs Rp15.000 per dolar AS). Kekayaan crazy richIndia ini susut banyak usai dituduh melakukan pencucian uang dalam bisnisnya, Adani Group. Akibatnya, Mukesh kembali merebut takhta orang terkaya sejagat Asia.

Forbes mencatat kekayaannya mencapai US,7 miliar atau setara Rp1.350 triliun (asumsi kurs Rp15.000 per dolar AS).

Meski berdarah India, Mukesh Ambani lahir pada 19 April 1957 di Yaman. Ia memiliki tiga saudara yakni Anil Ambani, Nina Kothari dan Deepti Salgaocar. Pada 1958, ia dan keluarga pindah Kembali ke Mumbai, India, lantaran kondisi politik Yaman bergejolak.

Di India, Mukesh merupakan old moneyalias orang yang sudah kaya dari lama. Ayahnya adalah Dhirubhai Ambani, seorang pedagang benang yang kemudian membangun perusahaan tekstil kecil yang diberi nama Reliance pada 1966.

Lihat Juga :
TAIPANAlice Walton, Pewaris Takhta Walmart yang Ogah Urusi Bisnis Keluarga

Di India, Mukesh tumbuh dan mengenyam pendidikan. Ia merupakan lulusan Institute of Chemical Technology, Mumbai.

Setelah lulus, Mukesh melanjutkan pendidikannya di Stanford University, Amerika Serikat. Namun, studinya di Negeri Paman Sam itu tidak tuntas. Mukesh muda pilih pulang kampung dan ikut mengurus bisnis keluarga.

Semenjak ia bergabung di Reliance, kinerja perusahaan ayahnya kian moncer. Dari awalnya hanya perusahaan tekstil, Reliance lalu melebarkan sayap ke sektor bisnis lain seperti penyulingan minyak dan petrokimia.

Keharmonisan keluarga Ambani agak pecah saat ayah mereka, Dhirubhai Ambani, meninggal karena penyakit stroke pada 6 Juli 2002. Pemicu perpecahan adalah rebutan harta di antara Mukesh dan saudaranya lantaran sang ayah tak meninggalkan surat wasiat.

Lihat Juga :
TAIPANGautam Adani, Sosok Tajir Asal India yang Pernah Putus Kuliah

Mukesh dan adik laki-lakinya, Anil, terlibat konflik pembagian warisan. Pertikaian di antara keduanya mereda saat sang ibu turun tangan melerai. Sang ibu akhirnya memutuskan perusahaan peninggalan ayahnya dibagi dua.

Mukesh mendapat jatah Reliance Industries Ltd dan Indian Petrochemicals Corporation, yang kemudian disetujui oleh Pengadilan Tinggi Bombay pada Desember 2005. 

Reliance dikenal sebagai raksasa telekomunikasi paling menguntungkan di India, dengan jumlah pelanggan lebih dari 420 juta. Pada 2016, perusahaan Mukesh ini merilis telepon berjaringan 4G dan layanan broadband Jio.

Reliance kemudian menjelma menjadi perusahaan energi hijau dengan menginvestasikan duit puluhan juta dolar AS untuk jangka panjang demi membangun energi terbarukan.

Lihat Juga :
TAIPANBang Si Hyuk, Produser Lagu BTS Jadi Crazy Rich Korsel

Di sektor ritel, Mukesh pernah head to headmelawan Jeff Bezos dalam perebutan pasar ritel sektor kesehatan India.

Pada 2020, ia membeli sebagian besar saham apotek online Netmeds seharga US juta. Pembelian itu dilakukan usai Bezos meluncurkan layanan perawatan yang serupa Netmeds di pekan sebelum Mukesh mengakuisisi Netmeds.

Reliance mengatakan aksi korporasi tersebut dilakukan untuk memperluas proposisi perdagangan digital yang mencakup sebagian besar kebutuhan penting konsumen sehari-hari.

Ternyata, bisnis kesehatan mengalami lonjakan di India karena munculnya pandemi covid-19. Bisnis Netmeds pun mengalami kenaikan permintaan. Kini, Netmeds punya 5,7 juta pelanggan di seluruh India. 



Siapkan Anak untuk Mewarisi Kerajaan Bisnis

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Perlu Peta Jelas Agar Larangan Ekspor 21 Komoditas Tak Jadi Bumerang******

Ekonom meminta pemerintah membuat peta jalan larangan ekspor 21 komoditas yang jelas supaya kebijakan itu nantinya tak serampangan dan malah merugikan.
Ekonom meminta pemerintah membuat peta jalan larangan ekspor 21 komoditas yang jelas supaya kebijakan itu nantinya tak serampangan dan malah merugikan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah berencana melarang ekspor21 komoditas produk sumber daya alam(SDA) Indonesia dalam bentuk mentah hingga 2040 mendatang.

Hal ini dilakukan atas nama hilirisasi guna memberikan nilai tambah pada sejumlah komoditas tersebut.

Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan pemerintah sudah melarang ekspor nikel sejak 2020. Lalu tahun ini akan dilanjutkan dengan bauksit dan tembaga. 

"Selain bauksit, tembaga, timah kita juga sudah bangun peta jalan hilirisasi bagi Indonesia sampai 2040. Itu ada 21 komoditas," ujarnya dalam webinar Indef, Rabu (8/2).

Menurutnya, 21 komoditas tersebut terbagi dari delapan sektor prioritas antara lain mineral, batu bara, minyak, gas bumi, perkebunan, kelautan, perikanan, dan kehutanan. Bahlil juga memperkirakan jumlah investasi untuk mengembangkan bahan mentah tersebut mencapai US$5,3 miliar atau Rp8.179,5 triliun (asumsi kurs Rp15 ribu per dolar AS).

Ia menilai larangan ekspor bahan mentah 21 komoditas itu adalah langkah dan strategi yang dilakukan pemerintah untuk menambah pundi-pundi ke perekonomian. Kepercayaan diri Bahlil itu berdasar hasil dari larangan ekspor nikel mentah pada 2020 lalu yang memberikan nilai tambah sangat besar.

Lihat saja, pada 2017 sebelum larangan, ekspor produk besi dan baja Indonesia hanya US,3 miliar. Lalu, setelah larangan berlaku, pada 2022 realisasi ekspor produk besi dan baja tercatat sebesar US,8 miliar.

Lihat Juga :
Batal Dibeli Suami Puan, Saham TAXI Dijual Peter Sondakh ke Publik

"Jadi ini adalah jalan, strategi, yang harus Indonesia lakukan dalam rangka meningkatkan pendapatan per kapita, dorong jadi negara baik dan optimalisasikan sumber daya alam yang ada. Ini ada strategi negara," ucapnya.

Adapun 21 komoditas yang bakal dilarang ekspor itu adalah batu bara, nikel, timah, tembaga, bauksit, besi baja, emas, perak aspal buton, minyak bumi, dan gas bumi.

Lalu, sawit, kelapa, karet, biofuel, kayu log, genah pinus, udang, perikanan, rajungan, rumput laut, serta garam.

Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy Manilet mengatakan dalam melaksanakan wacana ini, pemerintah tidak boleh serampangan. Yang terpenting dari rencana pemerintah dalam melarang ekspor 21 komoditas adalah roadmapatawa peta jalan yang jelas.

Lihat Juga :
Pengusaha Ritel Ungkap Penyebab Warunk Upnormal Sepi hingga Tutup

Dalam roadmaptersebut, harus ada tahapan dari setiap fase yang ingin dicapai pemerintah dalam kebijakan pelarangan ekspor komoditas mentah. Misalnya, kata Yusuf, dalam lima tahun ke depan pemerintah mempersiapkan pembangunan smelter, terutama untuk komoditas yang membutuhkannya untuk tuntutan hilirisasi.

Selain itu, dalam lima tahun ke depan lagi juga bisa ditetapkan bagaimana bentuk ataupun cara yang dilakukan pemerintah untuk menggaet investasi dalam rangka mendorong hilirisasi 21 komoditas ini.

Tak ketinggalan, perlu ada proyeksi kebutuhan dari 21 komunitas itu dalam jangka panjang. Artinya, proyeksi kebutuhan ini tentu akan bermanfaat terutama untuk memastikan supplyyang akan diproduksi oleh 21 komoditas tersebut tidak berlebih di perjalanan sampai 2040 nanti.

"Karena kalau kita berbicara suplai yang berlebih ini kan akan mengerek harga komoditas tersebut ke level yang lebih rendah dan tentu posisi ini tidak menguntungkan terutama bagi pelaku usaha dan juga pemerintah," kata Yusuf kepada CNNIndonesia.com.

Ia juga menyebut proyeksi terkait kebutuhan dari 21 komoditas ini akan sangat penting terutama untuk mempersiapkan berapa lama waktu transisi yang dibutuhkan.

Dengan kata lain, jika dalam lima tahun ke depan ada komoditas tertentu yang relatif belum siap untuk dilarang ekspornya, maka masih harus diberikan waktu lagi.

"Dan ketika kita berbicara waktu sekali lagi ini akan kembali lagi ke masing-masing dari komoditas tersebut," kata Yusuf.

Lihat Juga :
Konflik Berlarut Ancam Pembangunan Infrastruktur di Papua

Pastikan Tak Ada Balas Dendam dari Negara Lain

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

16 Tol Baru Akan Buka dan Layani Pemudik pada Lebaran 2023******

Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR mengatakan 16 ruas tol baru akan dibuka jelang lebaran 2023 ini.
Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR mengatakan 16 ruas tol baru akan dibuka jelang lebaran 2023 ini. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan 16 ruas tolbaru akan dibuka jelang lebaran 2023 ini.

Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan dari jumlah itu 2 akan dibuka secara operasional. Sementara itu, 14 lainnya akan dibuka secara gratis.

Tol tersebut antara lain;Tol Serpong-Cinere dan Tol Cibitung-Cilincing.

Kedua ruas ini merupakan bagian dari jalan Tol JORR sehingga berperan penting dalam menyambungkan tol tersebut. Selanjutnya ada Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), yang ditargetkan beroperasi full pada lebaran kali ini. Kemudian berikutnya ada Tol Ciawi-Sukabumi.

"Ciawi-Sukabumi ini penting karena betul-betul jalur hitam karena kemacetannya luar biasa. Jadi lebaran Insyaallahkita akan buka sampai Cibadak," ucap Hedy seperti dikutip dari detik.com, Rabu (8/2).

Selain itu, ada juga Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2A, lalu Tol Cinere-Jagorawi Seksi 2B, Tol Pasuruan-Probolinggo sampai Gending 8,45 km, lalu ada Tol Serpong-Balaraja Seksi 1B. Kemudian ada Tol Japek II Selatan Kutanegara-Sadang sepanjang 8,5 km juga akan dibuka secara operasional.

Tidak hanya di Pulau Jawa, di Sumatera pun beberapa ruas tol ditargetkan beroperasi pada Lebaran 2023 ini. Pertama, Tol Sigli-Banda Aceh seksi 5. Ruas tol ini secara keseluruhan juga ditargetkan selesai di 2023 ini. Lalu 4 seksi di Kuala Tanjung-Tebing Tinggi.

Berikut rincian daftar 16 tol yang akan buka pada Lebaran 2023:

[Gambas:Video CNN]

1. Tol Serpong-Cinere Seksi 2 (Pamulang-Cinere) 3,64 kilometer,
2. Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 (Taruma Jaya-Cilincing) 7,29 kilometer,
3. Tol Cisumdawu Seksi 6A dan 6B (Ujung Jaya-Dawuan) sepanjang 5,10 kilometer,
4. Tol Cisumdawu Seksi 4A dan 4B (Cimalaka-Legok) 8,2 kilometer,
5. Tol Cisumdawu Seksi 5A dan 5B (Legok-Ujung Jaya) 14,9 kilometer,
6. Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 (Blang Bintang-Kuto Baro) dan Seksi 6 (Kuto Baro-Baitussalam) 12,4 kilometer,
7. Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 (Cigombong-Cibadak) 11,9 kilometer
8. Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2A (Jatikarya-Cikeas) 3,5 kilometer,
9. Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B (Krukut-Limo) 2,19 kilometer,
10. Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A (Probolinggo Timur-IC Gending) 8,55 kilometer,
11. Tol Serpong-Balaraja Seksi 1B (CBD-Lego 5,4 kilometer,
12. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 20,4 kilometer,
13. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 2 18,05 kilometer,
14. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksis 3 30 kilometer,
15. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 4 28 kilometer,
16. Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Kutanegara-Sadang) 8,5 kilometer.

Lihat Juga :
Buwas Ungkap Penyebab Harga Beras Naik: Beras Impor Bulog Dioplos
(agt/dzu)




bab terbaru:bantogel

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
kumpulan link slot nexus
daduwin
situs online gacor terpercaya
03 togel
pola gacor mahjong 2
paito north carolina day
slot yang terpercaya
slot depo 10 bonus 10
slot hoki 96
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs slot gacor dan terpercaya
Bab 2 shiokambing5
Bab 3 trik menang zeus
Bab 4 pjslot168
Bab 5 prediksi 4d togel singapore hari ini
Bab 6 slotgaming88
Bab 7 jktgame
Bab 8 baca dapat duit
Bab 9 slot gacor 680
Bab 10 10001 mimpi
Bab 11 situs slot pg bet 600
Bab 12 rtp sihoki
Bab 13 cara cicil
Bab 14 alexis4d
Bab 15 bocoran trik slot gacor
Bab 16 jawara79
Bab 17 jenis slot gacor
Bab 18 pola slot olympus maxwin
Bab 19 pinjol aman
Bab 20 demo slot 5000
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4318bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Darah kerajaan

slot gratis new member
Sejumlah produsen sepakat memasok minyak goreng ke BUMN Pangan untuk percepatan pemenuhan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).
Sejumlah produsen sepakat memasok minyak goreng ke BUMN Pangan untuk percepatan pemenuhan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengungkapkan sejumlah produsen sepakat memasok minyak gorengke BUMN Pangan untuk percepatan pemenuhan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).

Hal tersebut disampaikan usai rapat pasokan minyak goreng bersama BUMN Pangan dan para produsen minyak goreng, Rabu (8/2).

Arief menyebut dengan adanya Cadangan Minyak Goreng Pemerintah (CMGP), pemerintah bisa melakukan intervensi pasar untuk mencegah gejolak harga minyak goreng menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

Setelah dilakukan pembahasan, diskusi, serta mendengar masukan dari perwakilan produsen, Arief menuturkan untuk tahap awal ini disepakati komitmen penyaluran total sebanyak 29 juta liter per bulan dimulai dari Februari-Maret ini.

Jumlah tersebut terdiri dari 18 juta liter minyak goreng curah dan 12 juta liter minyak goreng kemasan. Adapun dari total 29 juta liter tersebut ID FOOD akan mendapatkan penyaluran sebanyak 22 juta liter dan Bulog sebanyak 7 juta liter.

Jumlah tersebut akan dipasok oleh tujuh produsen minyak goreng, yang terdiri dari PT Bina Karya Prima sebanyak 33 ribu liter, PT SMART 11 juta liter, dan Apical Group 8 juta liter.

Lihat Juga :
Dewan Sawit Minta Menkeu Hapus Bea Keluar Menjelang Lebaran

Lalu, KPN Group sebanyak 600 ribu liter, PT Mahesi Agri Karya 666 ribu liter, PT LDC Indonesia 3 juta liter, dan PT Permata Hijau Group 6 juta liter. Sedangkan jumlah penyaluran dari PT Salim Ivomas dan PT Tanjung Sarana Lestari akan disampaikan kemudian.

"Komitmen Penyaluran Produsen Minyak Goreng ke BUMN Pangan untuk cadangan minyak goreng pemerintah tersebut ditandatangani bersama seluruh perwakilan perusahaan produsen serta turut ditandatangani oleh pihak-pihak yang menyaksikan seperti Satgas Pangan Polri, ID Food, Bulog, serta NFA " ujar Arief.

Sebagai pihak yang diamanatkan untuk mengelola CPP, Arief mengapresiasi terlaksananya komitmen ini. Ia berharap dalam pelaksanaannya para produsen dapat menjalankan sesuai komitmen yang diawasi oleh Satgas Pangan Polri.

Pasalnya, komitmen penyaluran untuk cadangan minyak goreng pemerintah ini juga merupakan tindak lanjut dari kebijakan penambahan alokasi Domestic Market Obligation (DMO) yang diputuskan dalam Rapat Koordinasi yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi 6 Februari lalu.

Lihat Juga :
Boeing Bakal PHK 2.000 Karyawan Bagian SDM dan Keuangan

Pemerintah telah menambah kebijakan alokasi DMO 50 persen untuk meningkatkan pasokan minyak goreng dalam negeri jelang HBKN puasa dan lebaran. Kebijakan tersebut diiringi dengan perubahan insentif faktor pengali kemasan dan faktor pengali regional dalam rangka DMO minyak goreng yang tertuang dalam Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 126 Tahun 2023.

Dalam keputusan tersebut ditetapkan insentif faktor pengali kemasan bagi pelaku usaha yang mendistribusikan minyak goreng dengan menggunakan kemasan merek Minyakita, di mana insentif faktor pengali untuk kemasan bantal (pillow pack) sebesar 1,5 dan untuk kemasan selain kemasan bantal (pillow pack) sebesar 1,75.

"Penyesuaian kebijakan ini untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga minyak goreng. Kementerian Perdagangan telah menetapkan peningkatan insentif ekspor pengali minyak goreng tersebut agar produsen terdorong untuk meningkatkan produksi dan pasokannya untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng kemasan (Minyakita) termasuk untuk penyelenggaraan CPP," ucap Arief.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Tersenyum bangga di dunia keabadian

produk kredivo
Kemnaker belum menerima laporan PHK mendadak ratusan karyawan Moladin dan akan mencermati dulu kasus itu.
Kemnaker belum menerima laporan PHK mendadak ratusan karyawan Moladin dan akan mencermati dulu kasus itu. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) merespons pemutusan hubungan kerja (PHK) mendadak yang dilakukan marketplace jual beli mobil, Moladin. Perusahaan mengumumkan pemecatan dalam town hall meeting dan notifikasi e-mailkaryawan di hari yang sama.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kemnaker Indah Anggoro Putri mengatakan pihaknya belum menerima laporan terkait PHK Moladin. Kendati demikian, Kemnaker akan mencermati terlebih dahulu kasus tersebut.

"Kita cermati dulu. Jangan berasumsi dulu," katanya kepadaCNNIndonesia.com, Kamis (9/2).

"Kalau pekerja menerima, ya nggak ada masalah," katanya.

Pengamat Ketenagakerjaan dari Universitas Airlangga Hadi Subhan mengatakan dalam Perppu Cipta Kerja, PHK harus diberitahukan 14 hari sebelumnya. Ada tiga hal yang harus dicermati dalam PHK antara lain prosedur, alasan PHK dan hak pekerja alias pesangon.

Ia melihat alasan efisiensi atau adanya kerugian perusahaan sehingga melakukan PHK dibolehkan dalam regulasi itu.

"Dari kacamata Cipta Kerja, PHK dipermudah khususnya alasan yang bisa dipakai perusahaan. Tapi Perppu Cipta Kerja memastikan jika pekerja di PHK harus dibayar pesangonnya," katanya.

Lihat Juga :
Badai Pemecatan Berlanjut, Disney PHK 7.000 Karyawan

Hadi menekankannya dalam Perppu Cipta Kerja patokannya adalah pesangon. Urusan prosedur PHK dadakan bisa dinomorduakan asal pesangon dibayarkan dan pekerja yang dipecat menerimanya.

"(Perppu Cipta Kerja) menggunakan teoriflexibilty labour market. Mudah merekrut, mudah memecat, tapi harus bayar pesangon," ungkapnya.

Moladin melakukan PHK terhadap 400 hingga 600 dari total 1.600 karyawan. Berdasarkan informasi dari seorang sumberCNNIndonesia.com, PHK disampaikan mendadak dalam town halldan notifikasi e-mailkaryawan.

Sumber itu mengatakan setelahtown hall, notifikasi pemecatan langsung diterima oleh karyawan melalui e-maildi hari yang sama.

Moladin merupakan platform jual beli mobil bekas. Pada 2022 lalu, startupini baru saja memperoleh pendanaan seri B sebesar US juta yang dipimpin oleh DST Global.

Investor utama yang telah bergabung di putaran sebelumnya seperti East Ventures, Northstar Group, dan Sequoia Capital India juga berpartisipasi.

Sejak beralih ke pasar mobil bekas pada Juni 2021, Moladin memilih model yang sedikit berbeda dengan pesaingnya.

Daripada hanya fokus ke marketplace,startup ini mendukung para agen penjual mobil dengan aplikasi yang dikembangkan secara in-house.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Agen Perjalanan Xuanjie

75 togel
Pengamat menyebut kelangkaan dan lonjakan harga bahan pokok, seperti beras, termasuk jelang ramadan dan lebaran menunjukkan ketahanan pangan rendah.
Pengamat menyebut kelangkaan dan lonjakan harga bahan pokok, seperti beras, termasuk jelang ramadan dan lebaran menunjukkan ketahanan pangan rendah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga bahan pokok sudah sudah meroket berjemaah meski Ramadandan lebaranmasih sebulan lagi.

Salah satunya, beras. Mengutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) secara rata-rata untuk beras kualitas bawah, harga merangkak naik sejak awal Desember lalu dari Rp11.200 menjadi Rp11.900 per kg. 

Hal sama juga terjadi pada beras kelas medium 1 yang harganya naik dari Rp12.350 pada 1 Desember 2022 menjadi Rp13.050 per kg. Hal sama juga terjadi pada minyak goreng.

"Memang naik di semua provinsi. Ini yang sedang kami lakukan operasi pasar oleh Bulog di seluruh provinsi terus dilakukan awal Januari. Tapi baru turunnya sedikit minggu-minggu. Ini terus kami lakukan operasi pasar," ungkap Jokowi.

Minyak goreng murah bernama Minyakita yang digelontorkan pemerintah demi mengatasi kelangkaan dan lonjakan harga yang terjadi pada akhir 2021 dan awal 2022 lalu juga mengalami masalah sama.

Persediaan Minyakita di beberapa daerah langka dan karena itu harganya ikut terkerek naik. Ironisnya, di tengah masalah itu, Mendag Zulkifli Hasan malah menemukan 550 ribu liter atau sekitar 500 ton Minyakita tertahan di gudang kawasan Cilincing, Jakarta Utara saat sidak bersama Satgas Pangan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Selasa (7/2).

Lihat Juga :
KPPU Periksa 2 Distributor Minyakita Makassar yang Diduga Tahan Stok

Direktur Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) Yusuf Wibisono berpendapat permasalahan itu harus segera diatasi. Menurutnya, semua permasalahan itu merupakan cermin ketahanan pangan di Indonesia rentan.

Ia mengakui pemerintah sudah berupaya mengatasi lonjakan harga beras dengan impor 500 ribu ton. Tapi, pergerakan harga dan pasokan yang terjadi usai impor dilakukan menunjukkan  manajemen cadangan pangan nasional lemah. 

Ia menambahkan ketika beras impor sudah ada, harusnya kelangkaan dan lonjakan harga bisa segera diatasi. Tapi yang terjadi, beras impor sudah datang, harganya masih belum bisa ditekan.

Tak hanya berkaitan dengan hasil dari impor beras, ia juga menyinggung masalah kelemahan pemerintah dalam menjaga lahan pertanian Indonesia dari alih fungsi. 

Akibatnya, di tengah peningkatan kebutuhan pangan, lahan pertanian produktif malah terus menyusut.

Lihat Juga :
DPR Sindir BPKH Soal Biaya Haji: Jadi Kasir Kemenag Aja

"Masalah utama kita di sini adalah lahan pertanian produktif yang terus menyusut, terutama di Jawa yang dipenuhi berbagai proyek strategis nasional (PSN), seperti jalan tol Trans Jawa," ungkap Yusuf kepada CNNIndonesia.com, Kamis (9/2).

Ia mendesak pemerintah segera melakukan validasi ulang luas lahan pertanian produktif, terutama lahan baku sawah. Yusuf juga meminta pemerintah menetapkan peta lahan sawah dilindungi di seluruh provinsi, mekanisme pelepasan sawah yang ketat dan rigid, serta memberikan sanksi keras terhadap konversi lahan sawah.

Masalah krusial lain adalah anggaran ketahanan pangan 2023 hanya sebesar Rp100 triliun, terkecil ketimbang uang untuk kebutuhan yang lain. Yusuf membandingkan dengan anggaran infrastruktur sekitar Rp400 triliun hingga pembayaran bunga utang pemerintah yang berkisar di angka Rp450 triliun.

"Rendahnya anggaran ketahanan pangan di tengah ketahanan pangan yang lemah dan ketergantungan impor tinggi, tentu mengharapkan stabilitas harga seolah menjadi harapan sia-sia. Selama politik anggaran lemah, sulit berharap produktivitas pangan meningkat, sehingga harga pangan akan selalu mudah berfluktuasi," tandasnya.

Sementara itu, Pemerhati Pertanian sekaligus Ketua Komunitas Industri Beras Rakyat (KIBAR) Syaiful Bahari menuding pemerintah abai dengan persaingan tidak sehat di sektor industri beras. Pasalnya, hampir sebagian besar hasil panen seperti di Jawa diserap industri raksasa.

Lihat Juga :
Garuda Usul Biaya Pesawat Haji Rp33,4 Juta, Lebih Murah dari Kemenag

Akibatnya, industri beras kecil dan menengah mangkrak karena tidak mampu bersaing. Syaiful menegaskan seharusnya pemerintah melindungi industri-industri beras kecil dan menengah dari ancaman monopoli industri beras raksasa.

"Untuk mengatasi lonjakan harga beras, pemerintah harus sesegera mungkin membereskan sektor hulu, yakni bagaimana menormalkan harga gabah supaya industri penggilingan padi kecil menengah bisa hidup kembali," saran Syaiful.

Menjelang Ramadan, Syaiful memberikan empat solusi jangka pendek mengatasi lonjakan harga beras. Pertama,pemerintah harus segera memonitor dan mengontrol panen raya semester I 2023, jangan sampai gagal.

Kedua, harus ada kebijakan serius untuk memberangus monopoli pembelian dan stok gabah di kalangan industri beras. Menurutnya, panen bagus yang dibarengi praktik monopoli tidak akan berarti karena gabah dan beras tetap dikuasai industri besar.

Lihat Juga :
Diundur Lagi, Penerapan Kelas Standar BPJS Mulai Berlaku per 2025

Ketiga,Syaiful menyarankan pemerintah memberi insentif ke industri penggilingan padi kecil menengah agar beroperasi kembali dan mampu membeli bahan baku gabah. Soal bentuk insentifnya, ia menegaskan pemerintah harus turun langsung dan buka telinga lebar-lebar mendengarkan keluhan industri kecil dan menengah tersebut.

Keempat,libatkan swasta untuk masalah pengadaan dan distribusi beras. Syaiful mengatakan jika hanya mengandalkan Bulog tidak akan mampu mengatasi masalah pangan RI. Menurutnya, situasi sekarang darurat dan tidak bisa saling ngotot-ngototan.

"Pemerintah melalui Satgas Pangan juga jangan menakut-nakuti industri penggilingan padi dan pedagang yang dibilang menimbun atau mengoplos. Kalau mereka ditakut-takuti, tidak ada yang mau kerja. Hentikan narasi-narasi yang tidak bisa memperbaiki keadaan. Kalau dibuat isu terjadi oplosan beras oleh pedagang atau jaringan distribusi panjang dan jauh, semua itu hanya alasan klasik," pungkasnya.

Sedangkan Koordinator Nasional Koalisi Rakyat Kedaulatan Pangan (KRKP) Said Abdullah menegaskan sengkarut polemik pangan sebenarnya banyak. Dan impor sebenarnya bukan pilihan terbaik.

Said menilai impor bukan opsi bijak dan cenderung menguntungkan segelintir pihak.

Lihat Juga :
Alasan Bahlil Berani Sebut Uni Eropa Penjajah Baru RI

Ia mencontohkan ketika Badan Pusat Statistik (BPS) mengklaim produksi gabah meningkat tahun lalu, tetapi impor dipilih karena cadangan Bulog menipis. Said mengatakan faktanya impor tidak menyelesaikan masalah pangan Indonesia.

Beras impor yang datang bertahap dalam rentang waktu berbeda membuat kemampuan Bulog mengguyur pasar tetap kurang kuat. Hal tersebut yang membuat harga beras di pasar tetap tinggi.

"Harusnya impor adalah pilihan terakhir. Jika betul memang tidak memadai produksi dalam negeri maka pilihannya ada di impor. Kerap kali impor dipilih bukan karena kebutuhan, tapi karena kepentingan, terutama kepentingan ekonomi politik kelompok pemburu rente," ungkap Said.

Said menegaskan perlu ada pengendalian harga. Selain itu, penguatan proses pengawasan oleh pihak berwajib juga penting untuk menghindari praktik manipulasi seperti penimbunan bahan pokok oleh pengusaha atau pelaku pasar.

Lihat Juga :
Bahlil Sebut Uni Eropa Sebagai Penjajah Baru

Menjelang bulan puasa, Said meminta pemerintah menyiapkan cadangan pangan yang memadai, terutama melalui Bulog. Stabilitas harga pangan bisa dicapai melalui mekanisme operasi pasar maupun penguatan distribusi yang merata.

Solusi jangka pendek lainnya adalah memastikan data produksi dan ketersediaan pangan. Dengan demikian, Said menilai pemerintah bisa mendapat gambaran utuh serta strategi pengendalian stok dan harga yang efektif.

"Penganekaragaman pangan juga bisa menjadi salah satu solusi supaya beban pada satu jenis pangan tertentu dapat dikurangi. Saat ini konsumsi pangan pokok sumber karbohidrat bertumpu pada beras dan produk turunan gandum. Dalam kurun lima tahun terakhir konsumsi beras memiliki kecenderungan menurun, namun konsumsi gandum terus meningkat," tandasnya.

Perlu Perbaiki Distribusi dan Keakuratan Data

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Kronik Aslan: Kesulitan

voucher belanja sodexo
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi tertekan pada perdagangan Jumat (10/2).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi tertekan pada perdagangan Jumat (10/2). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Jumat (10/2).

"Hari ini IHSG berpotensi tertekan," kata CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya dikutip dari riset hariannya.

Menurutnya, saat ini IHSG masih minim sentimen dan bergerak konsolidatif. Satu-satunya penopang bursa hanya berasal dari rilis kinerja emiten.

Menurutnya, peluang koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan investor untuk melakukan akumulasi pembelian. Utamanya bagi saham dengan market capbesar dan fundamental kuat.

William memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support6.878 dan resistance7.002. Untuk saham pilihan, William merekomendasikan TLKM, HMSP, UNVR, SMRA, ASRI, TBIG, ICBP, dan BBCA.

Senada, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memperkirakan IHSG terkoreksi hari ini. Menurutnya, bursa akan menguji supportminor di level 6.884.

Lihat Juga :
Pengusaha Ritel Bocorkan Alasan Mal Sepi

"Penurunan di bawahnya akan membuka jalan menuju supportfraktal di 6.835," ucapnya.

Sementara, jika IHSG menembus ke bawah 6.835, maka akan mengonfirmasi pembentukanwave bdengan target koreksi minimal di 6.807.

Kendati demikian, Ivan menilai pergerakan IHSG masih dalam momentum bullishalias cenderung mengalami penguatan secara berkelanjutan pada satu periode tertentu.

Ivan memperkirakan hari ini IHSG bakal bergerak dalam rentang support 6.835 dan resistance 6.968. Saham pilihannya adalah ADRO, ANTM, BBRI.

IHSG ditutup di level 6.897 pada Kamis (9/2). Indeks saham melemah 42,75 poin atau minus 0,62 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10.076 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 36.565 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 202 saham menguat, 315 terkoreksi, dan 215 lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/sfr)

[Gambas:Video CNN]

jalan menuju keabadian

togel buku mimpi
Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut Uni Eropa sebagai penjajah baru di era modern.
Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut Uni Eropa sebagai penjajah baru di era modern. ( Rusman - Biro Pers).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengutuk keras tindakan Uni Eropayang menggugat Indonesia ke World Trade Organization (WTO) karena melarang ekspor bijih nikel. Ia bahkan menyebut negara tersebut sebagai penjajah di era modern.

Padahal, Bahlil menyebutkan keputusan pemerintah melarang bijih nikel agar memberikan nilai tambah bagi perekonomian dalam negeri. Terbukti, pada 2017 sebelum larangan, ekspor produk besi dan baja Indonesia hanya US,3 miliar. Lalu, setelah dilarang, ekpornya naik menjadi US,8 miliar di 2022.

"Ini kok masih ada negara seperti ini di dunia yang sudah merdeka, seperti penjajah baru. Ini nggak bener dengan alasan ini terjadi monopoli pasar. Padahal kan kita lakukan hilirisasi untuk mewujudkan SDG's," ujarnya dalam webinar Indef, Rabu (8/2).

"Sekalipun dibawa ke WTO nggak masalah, itu hak mereka, tapi kami nggak akan pernah gentar untuk melawan itu," jelasnya.

Bahlil menilai harusnya Uni Eropa bisa menghargai keputusan yang diambil oleh Indonesia atau negara manapun. Sebab, semua negara memiliki strategi masing-masing untuk meningkatkan perekonomiannya.

"Nggak boleh negara A intervensi negara B. Negara ini semua di dunia ini sudah pada merdeka, kita hargai," pungkasnya.

Pemerintah sekarang ini memang sedang menggenjot program hilirisasi. Untuk melaksanakan program tersebut, mereka melarang ekspor sejumlah komoditas mentah.

Salah satunya nikel, tembaga, timah. Kebijakan larangan ekspor tersebut kata Bahlil akan diperluas ke 21 komoditas lainnya. 

"Selain bauksit, tembaga, timah kita juga sudah bangun peta jalan hilirisasi bagi Indonesia sampai 2040. Itu ada 21 komoditas," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

Berikut daftar 21 komoditas yang bakal dilarang ekspornya:

1. Batu bara
2. Nikel
3. Timah
4. Tembaga
5. Bauksit
6. Besi baja
7. Emas perak
8. Aspal buton
9. Minyak bumi
10. Gas bumi
11. Sawit
12. Kelapa
13. Karet
14. Biofuel
15. Kayu log
16. Getah pinus
17. Udang
18. Perikanan
19. Rajungan
20. Rumput laut
21. Garam

Lihat Juga :
Melihat Manfaat Pengelolaan Dana Haji RI-Malaysia, Mana Lebih Besar?
(ldy/agt)

[Gambas:Video CNN]

Pengumuman terakhir China Entertainment

slot paling gacor gampang maxwin
Aplikasi restoran dan pesan antar makanan Zomato berhenti beroperasi di Indonesia.
Aplikasi restoran dan pesan antar makanan Zomato berhenti beroperasi di Indonesia. (AFP/INDRANIL MUKHERJEE).
Jakarta, CNN Indonesia--

Aplikasi restorandan pesan antar makananZomato berhenti beroperasi di Indonesia.

Dengan begitu, konsumen RI tidak bisa lagi mendapatkan review tempat makan enak melalui aplikasi tersebut.

Perusahaan asal India mengucapkan salam perpisahan resmi dengan pengguna Indonesia melalui situs resminya. Pesan perpisahan itu juga muncul di halaman muka aplikasi Zomato.

Pengguna di Indonesia sejatinya masih bisa mengunduh aplikasi Zomato melalui Play Store atau App Store. Namun, hanya ada pesan perpisahan dan pengguna di Indonesia tidak bisa lagi mendapatkan referensi restoran Tanah Air.

Meski begitu, layanan Zomato masih tersedia di India dan Uni Emirat Arab (UEA). Di lain sisi, Zomato tidak memberikan keterangan resmi alasan menutup layanan di Indonesia.

Zomato yang sudah eksis sejak 2010 biasanya menjadi referensi tempat makan bagi para penggunanya, termasuk di Indonesia. Ada pilihan restoran hingga warung kaki lima favorit yang bisa dijadikan referensi.

Selain itu, Zomato juga memberikan detail terkait menu dan harga di beberapa tempat makan. Perusahaan India itu juga menyediakan layanan pengiriman jarak jauh.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)