petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

menara4d login

destiny303 469Jutaan kata 816606Orang-orang telah membaca serialisasi

《menara4d login》

Menkes prediksi kasus COVID******

Menkes prediksi kasus COVID-19 turun pada Februari 2024
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan pemaparan dalam agenda konferensi pers Kesiapsiagaan Sektor Kesehatan Menghadapi Masa Libur Natal dan Tahun Baru, diikuti dalam jaringan (daring) di Jakarta, Jumat (22/12/2023). ANTARA/Andi Firdaus.
Tapi mereka ada komorbidnya, begitu masuk rumah sakit ada stroke, jantung, tapi begitu dites positif COVID-19.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memperkirakan tren peningkatan kasus COVID-19 di tanah air yang terjadi jelang Natal dan tahun baru, mulai kembali menurun pada Februari 2024.

"Biasa kita tunggu peak-nya, harusnya Februari 2024 sudah turun kembali," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers Kesiapsiagaan Sektor Kesehatan Menghadapi Masa Libur Natal dan Tahun Baru, diikuti dalam jaringan (daring) di Jakarta, Jumat.

Perkiraan penurunan laju kasus COVID-19 itu disampaikan Budi berdasarkan dominasi subvarian Omicron JN.1 yang kini sedang melanda Indonesia dan negara-negara tetangga.

Budi mengatakan varian COVID-19 terbaru yang dijuluki JN.1 adalah salah satu bentuk mutasi COVID-19 yang dikenal cukup cepat dalam penyebarannya, tapi tidak memicu lonjakan kematian maupun jumlah pasien di rumah sakit.

Baca juga: Menkes sebut situasi COVID-19 jelang Natal tidak mengkhawatirkan

Baca juga: Wali Kota Semarang minta pengawasan di bandara-pelabuhan diperketat

Seperti jenis virus lain yang beredar, penyakit ini merupakan turunan dari Omicron yang lebih menular dibandingkan beberapa bentuk COVID-19 lainnya.

Berdasarkan penelusuran genom sekuensing dari 77 sampel yang diperiksa di laboratorium pemerintah, kata Budi, sebanyak 43 persen di antaranya adalah JN.1, XBB.1.16 sebanyak 16 persen, dan 12 persen adalah XBB.1.1.

"Kalau prediksi peak-nya kita lihat, karena 43 persen itu naik dari 19 persen dari pekan pertama Desember. Kenaikannya besar, artinya dia mendominasi varian yang ada," katanya.

Berdasarkan pengalaman selama tiga tahun pandemi COVID-19 melanda Indonesia, kata Budi, puncak kenaikan kasus akan terlihat saat varian yang mendominasi mencapai 80 persen kasus dari yang ada.

"Kita lihat dari 19 ke 43 itu naiknya hampir 20 persen lebih. Kalau kita hitung 20 persen lagi pekan depan, pekan depannya lagi 60 persen, sudah 80, jadi harusnya di Januari itu puncaknya sudah dicapai," katanya.

Meski JN.1 bukanlah subvarian yang berisiko memicu kematian, kata Budi, tapi Kemenkes memperoleh laporan terdapat 27 jiwa pasien terkonfirmasi COVID-19 di Indonesia yang meninggal dunia selama periode dominasi JN.1.

"Tapi mereka ada komorbidnya, begitu masuk rumah sakit ada stroke, jantung, tapi begitu dites positif COVID-19. Jadi nggak semua meninggalnya gara-gara COVID-19, tapi penyakit lainnya," katanya.*

Baca juga: KAI belum berlakukan syarat khusus pembelian tiket sehubungan COVID-19

Baca juga: Dinkes DKI: Pasien COVID-19 lebih banyak menjalani isolasi mandiri

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023

Dua penyuap eks kepala Basarnas divonis masing******

Dua penyuap eks kepala Basarnas divonis masing-masing 2 tahun penjara
Suasan sidang pembacaan putusan para terdakwa penyuap mantan kepala Basarnas Marsdya Henri Alfiandi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis (21/12/2023). ANTARA/Fath Putra Mulya.
Jakarta (ANTARA) - Dua terdakwa pemberi suap kepada mantan kepala Basarnas Marsdya Henri Alfiandi, yakni Marilya dan Mulsunadi Gunawan, dijatuhi vonis hukuman masing-masing dua tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Kamis.

Marilya, yang merupakan Direktur PT Intertekno Grafika Sejati, dijatuhi pula vonis denda sejumlah Rp100 juta subsider pidana kurungan selama tiga bulan. Marilya terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama dua tahun dan denda sejumlah Rp100 juta, dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama tiga bulan," kata Hakim Ketua Asmudi dalam sidang pembacaan putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Puspom TNI berencana sita aset Marsdya HA terkait korupsi di Basarnas

Sementara itu, terdakwa Mulsunadi Gunawan, selaku Komisaris PT Intertekno Grafika Sejati sekaligus Komisaris PT Bina Putera Sejati, turut dijatuhi vonis denda sejumlah Rp200 juta, subsider empat bulan pidana kurungan.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama dua tahun dan denda sejumlah Rp200 juta, dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama empat bulan," tambah Asmudi.

Mulsunadi juga dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut.

"Sebagaimana dalam dakwaan alternatif kedua Pasal 5 ayat 1 huruf b UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor junctoPasal 64 ayat 1 KUHP junctoPasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP," ujar Asmudi.

Baca juga: Penyuap mantan Kabasarnas minta dibebaskan dari dakwaan

Hal-hal yang memberatkan hukuman kedua terdakwa itu adalah perbuatan mereka tidak mendukung program Pemerintah yang sedang gencar-gencarnya memberantas tindak pidana korupsi.

Sementara itu, hal meringankan adalah terdakwa bersikap sopan di persidangan, tidak pernah dihukum, dan memiliki tanggungan keluarga.

Vonis hakim tersebut lebih ringan daripada tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca juga: Penyuap eks Kabasarnas Roni Aidil minta dihukum seringan-ringannya

Sebelumnya, JPU KPK menuntut Mulsunadi Gunawan dengan pidana penjara selama tiga tahun dan pidana denda sebesar 250 juta subsider enam bulan penjara; sementara Marilya dituntut pidana penjara selama tiga tahun dan pidana denda sebesar Rp100 juta subsider tiga bulan kurungan.

Pada perkara dugaan korupsi pengadaan peralatan deteksi korban reruntuhan di lingkungan Basarnas tersebut, Mulsunadi bersama Marilya didakwa memberi cek senilai Rp1.499.999.898 (Rp1,4 miliar) dan Rp999.710.400 (Rp 999 juta) kepada Henri Alfiandi.

Cek tersebut diberikan melalui Koordinator Staf Administrasi Basarnas Afri Budi Cahyanto dengan maksud agar Hendri Alfiandi, sebagai kepala Basarnas kala itu, menunjuk perusahaan milik Mulsunadi sebagai pelaksana proyek pengadaan peralatan deteksi korban reruntuhan tahun anggaran 2021, 2022, dan 2023.

Baca juga: Marilya, penyuap mantan Kabasarnas minta diadili seringan-ringannya

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023

JK nyatakan dukungan ke Anies******

JK nyatakan dukungan ke Anies-Muhaimin
Arsip foto - Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla bersama bakal capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan (tengah) dan Anggota Tim Delapan Sudirman Said (kanan) memberi keterangan di kediaman JK, Jalan Brawijaya, Jakarta, Sabtu (7/10/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela/aa.
kalau ingin membawa bangsa ini ke tempat yang baik, harus pilih Anies
Makassar (ANTARA) - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla menegaskan sikap politiknya mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Pilpres 2024.

Pernyataan itu disampaikan JK saat menghadiri acara silaturahim Presidium Gerakan Rakyat Sulawesi Selatan Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN di Gedung Islamic Center IMM, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/12).

"Jadi, malam ini, di Makassar ini, saya menyampaikan sikap (dukung AMIN). Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk anda semua," kata JK.

Dalam kesempatan itu, JK bercerita bahwa Anies Baswedan adalah murid politiknya. Selama ini JK banyak memberikan masukan kepada Anies terkait permasalahan bangsa.

"Boleh dibilang saya mengajarkan politik (kepada) Anies. Dulu, di Universitas Paramadina, tiap Jumat, kami makan siang sama-sama dan saya memberikan mereka (Anies) isu-isu dan pengalaman politik, tiap Jumat. Dari situ, saya mengerti bahwa Anies cepat mengerti persoalan dan memberi dasar pengetahuan untuk menyelesaikannya," kata JK yang juga ketua umum Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Baca juga: JK: Anies punya "leadership" dan kecerdasan memimpin bangsa

Menurut JK, menjadi presiden bukanlah tugas mudah. Menjadi seorang presiden harus tangguh dan memahami banyak hal, terutama terkait ekonomi.

Sebab, lanjut JK, ekonomi dunia menjadi tidak terkendali atau menurun karena banyaknya konflik peperangan antarnegara. Oleh karena itu, Indonesia memerlukan pemimpin yang paham akan dasar-dasar ekonomi.

"Dunia lebih sulit lima tahun akan datang. Ekonomi dunia sulit akibat perang di Gaza, Ukraina; belum lagi China dan Amerika yang saling bertentangan. Demikian juga Eropa. Jadinya, ekonomi dunia menurun," jelas JK.

Ketua umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu menambahkan bahwa Anies Baswedan adalah sosok capres yang memiliki pengetahuan soal ekonomi paling mumpuni dibandingkan dua calon presiden lain.

"Laporan terakhir, ekspor kita menurun. Jadi, kita pilih presiden yang tidak mau asal belanja. Karena itu, presidennya harus mengerti dasar-dasar ekonomi dan saya yakin yang memiliki dasar yang kuat, tamatan ekonomi, cuma Anies," kata JK.

Baca juga: Anies sebut tak bahas tim pemenangan Baja Amin dengan JK

JK juga menilai mantan gubernur DKI Jakarta itu adalah sosok pemimpin dengan kredibilitas yang teruji. Alasannya, kata JK, Anies tidak pernah diberitakan tersangkut kasus korupsi. Bahkan, ketika ada yang mencoba untuk mengkaitkan Anies dengan kasus korupsi, seperti Formula E, hal itu akhirnya gagal.

"Karena memang tidak ada (korupsi) soal di Formula E itu. Jadi, integritasnya, kemampuan berpikir logikanya bagus, berpengalaman. Alhamdulillah ada banyak yang bagus. Karena itu maka, kita kalau ingin membawa bangsa ini ke tempat yang baik, harus pilih Anies," tegas JK.

JK menyatakan pernyataan sikap politiknya di Pilpres 2024 adalah sesuatu yang objektif dan secara peribadi, meskipun dirinya memiliki batasan-batasan karena tidak lagi aktif di banyak kegiatan politik.

Sebagai tokoh bangsa asal Sulsel, JK merasa memiliki kewajiban untuk menyampaikan hal baik kepada masyarakat. Akan salah jika tidak menyampaikan sesuatu yang baik kepada publik, kata JK.

Baca juga: Sudirman ungkap JK tidak bergabung di Timnas AMIN

Turut hadir dalam acara itu ialah Executive Captain Timnas Pemenangan AMIN, Sudirman Said, bersama Jubir Timas Pemenangan AMIN, Muhammad Ramli Rahim.

Sudirman Said menyampaikan kehadiran JK di acara itu ialah untuk memberikan nasihat kepada para relawan penggerak Gerakan Rakyat. Sudirman mengaku tidak menyangka JK menyatakan dukungannya dalam acara itu.

Sementara itu, Muhammad Ramli Rahim mengaku bangga atas pernyataan dan dukungan terbuka yang disampaikan JK. Menurut Presidium Nasional Gerakan Rakyat tersebut, pernyataan JK akan menjadi kekuatan tambahan yang sangat besar untuk AMIN memenangi Pilpres 2024.

"Saya sebagai Presidium Nasional bangga karena dalam kegiatan silaturahim yang digelar oleh Presidium Gerakan Rakyat, Pak JK menyatakan dukungan terbuka kepada Anies-Muhaimin untuk pertama kalinya," kata Ramli.

Baca juga: JK akui bicara lebih detail bersama Anies dibandingkan Puan-Prabowo

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023




bab terbaru:slot777

Perbarui waktu:2024-06-27

Daftar bab terbaru
betwin89
situs slot zona66
aos77 slot
pinjol terbaik
situs judi slot terbaik dan terpercaya no 1
judi slot 89
kredit hp lewat shopee
situs slot indonesia terpercaya
akun resmi slot gacor
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs web slot paling gacor
Bab 2 slot judi terpercaya
Bab 3 slot demo pragmatic x500
Bab 4 rajatoto
Bab 5 slot gacor hari
Bab 6 ratu3388 slot
Bab 7 situs slot138
Bab 8 kingbet77
Bab 9 aladin4d
Bab 10 daftar pinjol tanpa bi checking
Bab 11 slot paling aman
Bab 12 trik main slot pg
Bab 13 murah4d
Bab 14 situs slot juara
Bab 15 kambojaslot
Bab 16 situs baru terpercaya
Bab 17 limit maksimal shopee pinjam
Bab 18 bocoran admin riki rtp live
Bab 19 agroslot
Bab 20 livedrawkamboja
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4548bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Dalang tingkat dewa

mutu777
Menko PMK ajak pemudik lengkapi vaksinasi dan booster cegah COVID-19
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Indonesia Muhadjir Effendy.ANTARA/Mansur
Merak (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Indonesia Muhadjir Effendy mengajak pemudik Natal dan tahun baru agar melengkapi vaksinasi 1 dan 2 juga booster guna mencegah penularan COVID-19. "Kasus COVID -19 sekarang ini kembali meningkat, sehingga harus diwaspadai," katanya saat meninjau kesiapan mudik Natal dan Tahun Baru 2024 di Pelabuhan Merak, Sabtu. Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan bahwa kasus COVID-19 cenderung terjadi peningkatan kasus. Para pemudik yang hendak merayakan Natal dan liburan tahun baru agar mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan, ujar Muhadjir. Selain itu juga pemudik yang belum lengkap vaksinasi 1 dan 2 serta booster agar dilakukan untuk pencegahan COVID-19.
Baca juga: Menko PMK berpesan agar warga terapkan Prokes saat liburan Natal

Baca juga: Kemenkes buka layanan vaksinasi COVID-19 di jalur mudik Natal
 "Kita jangan sampai yang ingin bahagia dan gembira untuk merayakan Natal dan tahun baru namun terserang COVID-19 akibat belum lengkap menjalani vaksin dan booster itu," kata Muhadjir. Menurut dia, berdasarkan kajian Kemenkes bahwa virus COVID-19 yang menyerang sekarang ini tidak begitu membahayakan. Namun, tetap pemudik harus mewaspadai dan melengkapi vaksinasi dan booster. Kemenkes sudah menyiapkan booster dan vaksinasi di pos- pos di seluruh Indonesia, termasuk penyeberangan Merak - Bakauheni. "Kami minta pemudik bisa mendatangi pos yang sudah disediakan untuk vaksin dan booster," kata Muhadjir menambahkan.

Baca juga: COVID-19 melonjak, penumpang KA boleh tak pakai masker asal sehat

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023

Perjalanan ke Barat: Guru Surgawi Penakluk Setan

bet 168 slot
Destinasi wisata pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani ditutup
Arsip foto - Sejumlah tenda pendaki Gunung Rinjani berada di Pelawangan Sembalun, Lombok Timur, NTB, Kamis (31/7/2014). ANTARA FOTO/Eka Fitriani/Asa/Spt/aa.
Selong, Lombok Timur (ANTARA) - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat menyatakan seluruh destinasi wisata pendakian dan beberapa destinasi wisata non-pendakian di kawasan Rinjani untuk sementara ditutup.

"Penutupan dilakukan mulai 1 Januari hingga 31 Maret 2024 mendatang," kata Kepala TNGR Nusa Tenggara Barat Dedy Asriady dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Rabu.

Adapun jalur pendakian TNGR yang ditutup itu di antaranya jalur pendakian Sembalun, jalur pendakian Torean, jalur pendakian Tete Batu, jalur pendakian Aik Berik, jalur pendakian Timbanum dan jalur pendakian Senaru.

"Sedangkan destinasi wisata non pendakian yang ditutup itu yakni Air Terjun Jeruk Manis, Desa Jeruk Manis, Kecamatan Sikur dan Air Terjun Mayung Polak, Desa Timbanuh, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur. Dan Air Terjun Mangku Sakti via Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur dan Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara," katanya.

Ia mengatakan penutupan tersebut dilakukan sesuai Surat Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Nomor 805.Lap/GL.03/BGV/2023 tanggal 17 Desember 2023 perihal penyampaian laporan evaluasi aktivitas Gunung Rinjani pada Level II (Waspada).

"Sehingga jalur pendakian menuju Gunung Rinjani ditutup semua," katanya.

Baca juga: Tiga tempat wisata di Taman Nasional Gunung Rinjani ditutup sementara

Selain itu penutupan dilakukan dalam rangka pemulihan ekosistem di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dan memperhatikan informasi prakiraan cuaca dari BMKG stasiun klimatologi klas I Mataram bahwa sedang terjadi masa peralihan menuju musim hujan 2023/2024 perlu mewaspadai adanya potensi bencana hidrometeorologi seperti hujan lebat, angin kencang.

"Bencana itu dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal di beberapa wilayah serta potensi dampak bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada para pendaki Gunung Rinjani yang akan melakukan pendakian check in ditanggal 31 Desember 2023 diwajibkan segera melakukan check out ditanggal 3 Januari 2024.

"Tidak semua destinasi wisata dilakukan penutupan masih ada beberapa alternatif destinasi wisata alam non pendakian lainnya yang bisa kunjungi di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani," katanya.

Destinasi non pendakian yang dibuka seperti Otak Kokok, Tereng Wilis, Air Terjun Benang Stoke dan Bukit Selong

Baca juga: Balai TNGR bersihkan sampah di jalur pendakian Gunung Rinjani

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023

Setelah kiamat, semua manusia menjadi titik pengalaman

pengalaman kredivo
Airlangga: Pemerintah salurkan BLT El-Nino untuk dua bulan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian/aa.
Yogyakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pada tahun 2023 pemerintah telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) El-Nino kepada masyarakat untuk dua bulan, yaitu November dan Desember.

"BLT El-Nino itu setiap keluarga mendapatkan Rp200 ribu per bulan, dan untuk tahun ini diberikan dua bulan atau sebesar Rp400 ribu," kata Airlangga dalam kunjungannya di Yogyakarta, Minggu.

Baca juga: Menko: Inovasi jadi pendorong utama transformasi industri pangan

Penyaluran BLT El Nino menyasar sebanyak 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) secara nasional, dan untuk Kota Yogyakarta tercatat sebanyak 22.810 KPM dengan total bantuan yang disalurkan sebesar Rp9,12 miliar.

"Tadi saya di Kantor Pos Yogyakarta bertemu dengan penerima BLT, mereka berharap tahun depan bantuan ini bisa dilanjutkan," katanya.

Baca juga: Airlangga: Pertumbuhan ekonomi daerah harus diikuti inflasi terjaga

Menurut Airlangga, dampak signifikan dari fenomena El Nino di Indonesia di antaranya kekeringan, sehingga berdampak pada mundurnya kegiatan tanam tanaman pangan oleh petani.

"Musim tanam mundur, jadi mungkin Januari sampai Februari 2024 bisa mulai tanam, dan baru sekitar Mei hingga Juli 2024 panennya," kata Airlangga.

Sebagai upaya pemerintah untuk menjaga ketersediaan pangan beras akibat dampak El Nino, lanjut Menko Airlangga, pemerintah sudah melakukan pengadaan beras.

Baca juga: Airlangga sebut pemerintah siapkan sejumlah paket kebijakan ekonomi

"Pemerintah sudah melakukan pengadaan beras dan tahun depan kita sudah punya komitmen suplai dari negara lain sebesar tiga juta ton," kata Airlangga.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023

Akademi Tertinggi

soptoto
Gunung Merapi luncurkan 10 kali guguran lava ke Kali Bebeng dan Boyong
Guguran lava pijar Gunung Merapi pada Siaga (level III) terlihat dari Turi, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa/aa.
Yogyakarta (ANTARA) - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu pagi meluncurkan guguran lava sebanyak 10 kali ke arah dua sungai di selatan dan barat daya gunung.

Kepala BPPTKG Yogyakarta Agus Budi Santoso dalam keterangan di Yogyakarta, Rabu, menjelaskan berdasarkan pengamatan pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, guguran lava dengan jarak luncur paling jauh 1.600 meter (1,6 km) itu meluncur ke arah Kali Bebeng dan Kali Boyong.

"Teramati delapan kali guguran lava ke arah Kali Bebeng dengan jarak luncur maksimum 1.600 meter. Teramati dua kali guguran lava ke arah Kali Boyong dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter," ujar Agus.

Selama periode pengamatan itu, Gunung Merapi juga mengalami 24 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-48 mm selama 23.84-158.5 detik, satu kali gempa fase banyak dengan amplitudo 3 mm selama 5.6 detik, serta dua kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 3-5 mm selama 55.08 detik.

Baca juga: Gunung Merapi mengeluarkan belasan kali guguran lava ke Kali Bebeng

Baca juga: Dinas Pariwisata Sleman imbau pelaku wisata waspada bencana

Berdasarkan analisis morfologi kubah lava dari stasiun kamera Deles5, Tunggularum, Ngepos, Babadan dan analisis foto udara area puncak dari survei drone tanggal 11 Desember 2023, morfologi kubah barat daya Merapi teramati adanya perubahan akibat adanya awan panas dan guguran lava.

"Untuk morfologi kubah tengah teramati relatif tetap," ucap dia.

Berdasarkan analisis foto udara, volume kubah barat daya terukur sebesar 2.592.000 meter persegi dan kubah tengah sebesar 2.358.300 meter persegi.

Hingga saat ini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga.

Potensi bahaya dari guguran lava dan awan panas guguran bisa berdampak ke Kali Woro hingga sejauh tiga kilometer dari puncak dan Kali Gendol hingga sejauh lima kilometer dari puncak.

Selain itu guguran lava dan awan panas guguran, kata dia, bisa berdampak ke Kali Boyong hingga sejauh lima kilometer dari puncak serta Kali Bedog, Krasak, dan Bebeng hingga sejauh tujuh kilometer dari puncak.

Jika terjadi erupsi eksplosif, lanjutnya, maka lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi dapat menjangkau area dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Baca juga: BNPB minta waspadai potensi bahaya guguran lava Gunung Merapi

Baca juga: Ahli geologi ingatkan masyarakat patuhi peta kawasan rawan bencana
 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023

Kecintaan pada hiburan Korea

situs mpo
Pengamat: Cawapres kurang paparkan kedalaman analisis-solusi praktis
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri), cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (kanan) bergandengan tangan usai mengikuti debat cawarpres di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat cawapres mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
Debat mungkin kurang memberikan solusi praktis dan terukur untuk masalah ekonomi yang rumit, seperti inflasi, ketimpangan pendapatan, atau pengangguran
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Pengamat ekonomi Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq (UIN KHAS) Muhammad Fauzinudin Faiz menilai bahwa ketiga calon wakil presiden dalam debat tahap kedua masih kurang memaparkan kedalaman analisis dan solusi praktis dalam argumen-nya.

"Kekurangan dalam analisis, seperti bagaimana secara spesifik rencana mereka akan diimplementasikan dan dampak jangka panjangnya, serta solusi praktisnya," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat malam.

Menurutnya tema debat tahap kedua sudah bagus yakni memfokuskan pada ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, pajak, dan tata kelola APBN/APBD. Itu menunjukkan kesadaran akan isu-isu yang sangat mempengaruhi pertumbuhan dan stabilitas ekonomi.

Baca juga: Cak Imin: Perlu perangkat regulasi kembangkan ekonomi syariah

Baca juga: Mahfud akan perketat rekrutmen diplomat untuk menjadi agen ekonomi

"Debat mungkin kurang memberikan solusi praktis dan terukur untuk masalah ekonomi yang rumit, seperti inflasi, ketimpangan pendapatan, atau pengangguran," tuturnya.

Karena fokus debat terkait ekonomi, lanjut dia, para cawapres seharusnya bisa memberikan rencana ekonomi yang lebih rinci, termasuk langkah-langkah spesifik, timeline, dan sumber pendanaan.

Ia menjelaskan cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin membawa isu kesetaraan ekonomi dengan membangun ekonomi pakai hati pakai otak dan itu masih penjelasan yang normatif.

"Ketika cawapres Mahfud bertanya terkait kenapa target 5 persen bukan 7 persen pertumbuhan ekonomi, maka jawabannya masih jawaban politikus," ucap Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jember itu.

Sedangkan cawapres Gibran Rakabuming Raka karena usia masih muda maka dia lebih bisa berbicara istilah-istilah baru di digitalisasi. Kalau cawapres Machfud Md masih kukuh dengan perbaikan hukum yang mendorong ekonomi seperti perbaikan pajak, dan regulasi regulasi.

"Intinya semua masih berbasis pengetahuan dan pengalaman bidang masing masing. Sebaiknya lebih bagus model menjawab pertanyaan panelis seperti yang dulu," harapnya.

Baca juga: Gibran: Lebur DJP, Bea Cukai untuk fokus penerimaan negara 

Fauzinudin menilai debat capres-cawapres saat ini seakan akan tim sukses masing masing menyiapkan pertanyaan untuk lawannya dengan materi yang menjadi kelemahan calon lainnya, sehingga kesannya tidak menarik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga pasang capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada Senin 13 November 2023.

Hasil pengundian nomor urut sehari berselang menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama antarcapres pada Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023

Wukong membaca obrolan pribadi

buku 1000 mimpi 2d
WHO peringatkan tidak ada rumah sakit yang berfungsi di Gaza utara
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Xinhua)
Jenewa (ANTARA) - Rumah sakit terakhir yang dapat melakukan pembedahan di Gaza utara telah berhenti berfungsi, ungkap Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Rabu (20/12).

Ruang bedah Rumah Sakit Al-Ahli Arab tidak lagi berfungsi akibat krisis atau ketiadaan spesialis, listrik, bahan bakar, air, makanan, dan pasokan medis, tulis Tedros dalam platform media sosial X (yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter).

"Itu berarti Gaza utara tidak lagi memiliki rumah sakit yang berfungsi. Hanya ada empat rumah sakit yang beroperasi pada tingkat minimum, menyediakan perawatan yang sangat terbatas," imbuhnya.
 
Seorang pria yang terluka dipindahkan ke rumah sakit di kota Deir el-Balah, Jalur Gaza tengah, pada 19 Desember 2023.  (Xinhua)    


 Dalam sebuah misi gabungan ke rumah sakit Al-Ahli Arab dan Al-Shifa di Gaza utara pada Rabu, WHO dan sejumlah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) lainnya mengirimkan obat-obatan, cairan infus, dan pasokan untuk pembedahan, perawatan bagi warga yang terluka, dan membantu para wanita yang akan melahirkan.   

Al-Ahli dan tiga rumah sakit lainnya yang berfungsi secara minimal masih merawat pasien namun tidak lagi menerima pasien baru, tutur Peeperkorn, seraya menambahkan bahwa seluruh rumah sakit itu masih menampung ribuan pengungsi.

"Hanya sembilan dari 36 fasilitas kesehatan yang berfungsi sebagian untuk seluruh Gaza. Semuanya berlokasi di (Gaza) selatan," ujar Richard Peeperkorn, perwakilan WHO di wilayah Palestina yang diduduki, dalam konferensi pers via tautan video pada Kamis (21/12).

Al-Ahli dan tiga rumah sakit lainnya yang berfungsi secara minimal masih merawat pasien namun tidak lagi menerima pasien baru, tutur Peeperkorn, seraya menambahkan bahwa seluruh rumah sakit itu masih menampung ribuan pengungsi

Sekitar 10 tenaga kesehatan terus memberikan pertolongan pertama dasar, manajemen nyeri, dan perawatan luka, menurut Tedros.

Kepala WHO itu kembali menyerukan gencatan senjata kemanusiaan untuk menghentikan pertumpahan darah dan kematian.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023