petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjol untuk modal usaha

area138 844Jutaan kata 155632Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjol untuk modal usaha》

Daftar penerima Oscar 2024, "Oppenheimer" raih tujuh kemenangan******

Daftar penerima Oscar 2024, "Oppenheimer" raih tujuh kemenangan
Poster "Oppenheimer" di akun Instagram film. ANTARA/Instagram-oppenheimermovie/pri.
Jakarta (ANTARA) - Film "Oppenheimer" masuk dalam 13 nominasi penerima piala Oscar 2024 dan berhasil meraih tujuh kemenangan dalam ajang Academy Awardske-96 yang berlangsung di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, pada 10 Maret 2024.

Film garapan Christopher Nolan itu antara lain membawa pulang penghargaan untuk film terbaik, sutradara terbaik, aktor pemeran utama terbaik, dan aktor pemeran pendukung terbaik.

Sementara film "Poor Things" yang dibintangi oleh Emma Stone berhasil membawa pulang empat piala Oscar, termasuk penghargaan untuk aktris terbaik.

Berikut daftar pemenang piala Oscar tahun 2024 sebagaimana disiarkan di laman resmi penyelenggara penghargaan.

Film Terbaik
Oppenheimer

Aktris Pemeran Utama Terbaik
Emma Stone - Poor Things

Aktor Pemeran Utama Terbaik
Cillian Murphy - Oppenheimer”

Aktris Pemeran Pendukung Terbaik
Da'Vine Joy Randolph - The Holdovers

Aktor Pemeran Pendukung Terbaik
Robert Downey Jr. - Oppenheimer

Sutradara Terbaik
Christopher Nolan - Oppenheimer

Skenario Asli Terbaik
Anatomy of a Fall - Justine Triet dan Arthur Harari

Skenario Adaptasi Terbaik
American Fiction - Cord Jefferson

Sinematografi Terbaik
Oppenheimer - Hoyte van Hoytema

Musik/Original Score Terbaik
Oppenheimer - Ludwig Göransson: “

Musik/Best Original Song Terbaik
"What Was I Made For?" dari film “Barbie”

Pengeditan Terbaik
Oppenheimer - Jennifer Lame

Desain Produksi Terbaik
Poor Things - Desain Produksi : James Price dan Shona Heath; Dekorasi Set: Zsuzsa Mihalek

Desain Kostum Terbaik
Poor Things - Holly Waddington

Tata Rias dan Rambut Terbaik
Poor Things - Nadia Stacey, Mark Coulier, dan Josh Weston

SoundTerbaik
The Zone of Interest - Tarn Willers dan Johnnie Burn

​​​​​​​Efek Visual Terbaik
Godzilla Minus One - Takashi Yamazaki, Kiyoko Shibuya, Masaki Takahashi, Tatsuji Nojima

Fitur Internasional Terbaik
The Zone of Interest

Film Fitur Animasi Terbaik
The Boy and the Heron - Hayao Miyazaki dan Toshio Suzuki

Film Animasi Pendek Terbaik
War Is Over! Inspires by the Music of John and Yoko - Dave Mullins and Brad Booker

Film Live Action Pendek Terbaik
The Wonderful Story of Henry Sugar - Wes Anderson dan Steven Rales

Film Fitur Dokumenter Terbaik
20 Days in Mariupol - Mstyslav Chernov, Michelle Mizner, Raney Aronson-Rath

Film Pendek Dokumenter Terbaik
​​​​​​​
The Last Repair Shop - Ben Proudfoot dan Kris Bowers
​​​​​​​
Baca juga: Daftar lengkap nominasi peraih Oscar 2024
Baca juga: "Oppenheimer" mendominasi di BAFTA Awards 2024

Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024

IHSG Lesu ke 7.339 Sore Ini******

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di level 7.339 pada Kamis (22/2) sore. Indeks saham melemah 9,38 poin atau 0,13 persen dari perdagangan sebelumnya.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di level 7.339 pada Kamis (22/2) sore. Indeks saham melemah 9,38 poin atau 0,13 persen dari perdagangan sebelumnya. ( ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI).
Jakarta, CNN Indonesia--

IndeksHarga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 7.339 pada Kamis (22/2) sore. Indeks saham melemah 9,38 poin atau 0,13 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp8,8 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 16,8 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 297 saham menguat, 218 terkoreksi, dan 256 lainnya stagnan.

Beralih ke asing, bursa saham Asia menguat.

Tercatat Nikkei 225 di Jepang menguat 2,2 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong menguat 1,4 persen, dan indeks Kospi Korea Selatan naik 0,4 persen.

Senada, bursa saham Eropa menguat. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,17 persen, indeks DAX di Jerman naik 1,49 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis naik 1,13 persen.

Sementara itu, bursa saham AS bervariasi. Indeks S&P 500 menguat 1,13 persen, indeks NYSE Composite naik 0,025 persen, sedangkan indeks NASDAQ Composite turun 1,48 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Aneh Logika Kalau Penyeludupan Jadi Alasan Buka Ekspor Benur Lagi******

Pengamat menyebut wacana KKP membuka ekspor benih lobster lagi dengan menggunakan alasan penyelundupan masih marak tidak logis.
Pengamat menyebut wacana KKP membuka ekspor benih lobster lagi dengan menggunakan alasan penyelundupan masih marak tidak logis. (Pradito R Pertana/detikcom).
Jakarta, CNN Indonesia--

Wacana pemerintah membuka keran ekspor benih lobsterkembali menguat. Hal itu seiring pernyataan Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono yang menyebut larangan ekspor benih lobstermasih belum membuahkan hasil.

Pasalnya, meski sudah dilarang ekspornya  ternyata budidaya lobster di Vietnam masih berkembang. Celakanya, 100 persen bibit budidaya lobster di Vietnam berasal dari Indonesia.

Hal itu katanya janggal. Pasalnya, ekspor benur di Tanah Air dilarang sejak terbitnya Permen KP Nomor 17 Tahun 2021.

"Yang aneh, kita sudah tutup sedemikian rupa melalui Peraturan Menteri nomor 17, tetapi kok di sana produksinya jalan terus," lanjutnya.

Menurutnya, benur yang kemudian dibudidaya di Vietnam diperoleh dari Tanah Air lewat jalur ilegal alias hasil penyelundupan.

Karenanya, ia mengatakan Presiden Jokowi dalam lawatan ke Vietnam beberapa waktu lalu menyinggung isu ini dan mengajak pemerintah Negeri Naga Biru untuk berkolaborasi.

Kemitraan ini dinilainya membawa prospek cerah dalam mengikutsertakan Indonesia ke pusaran global supply chainatau rantai pasok lobster dunia.

"Kalau global supply chainartinya gini, jangan kamu aja dong yang menikmati, kami juga dong kebagian. Kan asalnya dari kami, bagaimana kalau kita saling kolaborasi, salah satunya itu dengan mengundang mereka untuk investasi di sini," tutur Sakti.

"Nah sekarang sedang proses G to G (Government to Government)untuk kemudian bisa menjadi bagian dariglobal supply chain," pungkasnya.

Lihat Juga :
Blak-blakan Menteri KKP soal Wacana Ekspor Benih Lobster Mau Dibuka

Pernyataan Sakti itu tak lama muncul setelah Dirjen Perikanan Budidaya KKP Tb Haeru Rahayu mengatakan potensi untuk mengekspor benih lobster itu cukup besar.

"(Nilai) US,62 miliar ini sangat banyak tapi tidak masuk dalam pendapatan negara, budidaya juga tidak masuk, maka kita kombinasikan, budidaya bisa, negara dan network juga tetap bisa berjalan dengan baik, tech diadop," tutur Haeru dalam acara Indonesia Marine and Fisheries Business Forum 2024 di Hotel Fairmont, Senin (5/2).

"Aspek-aspek ini dikemas dan concern mengundang investor dari Vietnam untuk budidaya," imbuhnya.

Kendati demikian, Haeru menilai rencana ekspor benih lobster ke luar negeri, khususnya ke Vietnam, juga bukan perkara mudah. Saat ini, KKP tengah melakukan audiensi dengan nelayan lobster apakah sepakat dengan rencana ini serta menentukan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Selain itu, pemerintah juga perlu merevisi Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (PermenKP).

"Kita coba win win dan lain-lain ini memang tidak mudah tapi menerima semua saran stakeholders dan asosiasi. Ini yang sedang dilakukan. Insyaallah doakan agar revisi Permen lobster kepiting rajungan bisa secepatnya tuntas juga harus didukung PKS, sedang dikomunikasikan," jelasnya.

Larangan ekspor benih lobster awalnya ditetapkan oleh eks Menteri KP Susi Pudjiastuti pada 2016 lewat Permen Nomor 56 Tahun 2016 tentang Penangkapan Lobster.

Pada 2020, mantan Menteri KKP Edhy Prabowo membuka keran ekspor benih lobster. Namun, ia kemudian divonis hukuman lima tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dalam kasus dugaan suap terkait izin budi daya lobster dan ekspor benih lobster atau benur.

Ia dinyatakan menerima suap sebesar Rp 25,7 miliar dari para eksportir.

Ekspor benih lobster kembali dilarang oleh Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono lewat Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Lobster (Panulirus spp.), Kepiting (Scylla spp.), dan Rajungan (Portunus spp.) di Wilayah Negara Republik Indonesia.

Namun, saat ini pemerintah kembali berencana mengekspor benih lobster dengan alasan adanya penyelundupan.

[Gambas:Video CNN]

Lantas tepat kah penyelundupan jadi alasan pemerintah itu?

Direktur Eksekutif Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan Abdul Halim mengatakan alasan penyelundupan untuk membuka ekspor menunjukkan ketidaklogisan cara berpikir menteri kelautan dan perikanan.

Menurutnya, kebijakan ekspor hanya akan membuat negara semakin rugi di tengah eksploitasi lobster lokal yang saat ini terjadi.

Hasil kajian Komnas Pengkajian Sumberdaya Ikan (Komjiskan), sambungnya, menunjukkan sumber daya lobster di beberapa wilayah pengelolaan perikanan sudah dalam status eksploitasi berlebihan.

"Semestinya hasil kajian Komnas Kajiskan tersebut bisa dijadikan sebagai panduan bagi menteri kelautan dan perikanan dalam membuat sebuah kebijakan yang sejalan dengan spirit keberlanjutan sumber daya perikanan dan kesejahteraan pembudidaya lobster di dalam negeri," katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (7/2).

Lihat Juga :
PNS Ini Terima THR Rp123 Juta, Lebih Besar dari yang Didapat Jokowi

Alih-alih membuka ekspor, ia mengatakan pemerintah seharusnya menindak tegas penyelundup benur. Setelah itu, pemerintah harus melanjutkan langkah dengan memperbaiki kinerja usaha pembudidayaan lobster di dalam negeri dan melakukan pendampingan kepada masyarakat pesisir mengenai keunggulan budidaya lobster lokal.

Pemerintah, sambungnya, juga bisa menyediakan insentif kepada pelaku usaha pembudidayaan lobster lokal yang berhasil.

Abdul berpandangan penyelundupan terjadi karena tidak adanya peta jalan dari KKP terkait target usaha pembudidayaan lobster di dalam negeri. Hal ini yang kemudian menyulitkan pemerintah daerah.

Alhasil, usaha pembudidayaan lobster di dalam negeri selalu dihadapkan pada persoalan hulu-hilir yang tidak pernah terhubung.

"Pembudidaya menghendaki dibesarkan di dalam negeri. Dikarenakan tidak ada keberpihakan pemerintah dan kelangkaan benur di dalam negeri, walhasil ada dorongan untuk alih profesi menjadi penangkap benur lobster untuk dijual ke luar negeri," imbuhnya.

Lihat Juga :
Berapa THR yang Diterima Sri Mulyani sebagai Bendahara Negara?

Senada, Kepala Center of Industry Trade, and Investment Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Andry Satrio Nugroho menyebut adanya penyelundupan ke Vietnam tidak bisa dijadikan sebagai alasan pemerintah membuka ekspor. Yang dirugikan dari ekspor, katanya, adalah Indonesia sendiri.

Kerugian itu bisa timbul dari berbagai sisi. Pertama, harga jual benih lobster jauh lebih rendah dibanding lobster yang telah dewasa. Kedua, suplai lobster dalam negeri akan turun. Ujungnya, para produsen akan menaikkan harga.

"Mereka yang menyuplai ke restoran atau tempat makan pasti akan menaikkan harga karena keterbatasan suplai dalam negeri," kata nya.

Terkait penyelundupan ke Vietnam, Andry mengatakan KKP seharusnya berkoordinasi dengan otoritas setempat karena sudah masuk kategori Illegal, Unregulated, and Unreported (IUU) Fishing alias penangkapan ikan secara ilegal. Ia mengatakan IUU Fishing merupakan kejahatan internasional.

"Fokusnya seharusnya ke arah sana bukan membuka keran ekspor. Kalau ekspor dibuka sama saja melegalkan kejahatan internasional," imbuhnya.

Lihat Juga :
Bank Mandiri Rombak Direksi-Komisaris, Eks Menpora Jadi Wakomut
(agt/agt)




bab terbaru:game slot cuan

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
bola xyz slot
situs gacor pagi hari
slot177 online
demo slot 888 dragon
situs slot menang terus
voucher gojek hari ini goride
daftar slot gacor 2022
uang hoki ojk
limit kredivo tidak kembali
Daftar isi semua bab
Bab 1 id 89 slot
Bab 2 rtp live indobet
Bab 3 slot gacor nusantara
Bab 4 batu goncang
Bab 5 juragankoin99
Bab 6 alamat game slot
Bab 7 akun gampang wd
Bab 8 slot yang paling mudah menang
Bab 9 voucher boga group
Bab 10 gacor88 slot
Bab 11 slot kemenangan terbesar
Bab 12 pendekar138
Bab 13 daftar pinjaman online berizin ojk
Bab 14 olympus slot gacor jam berapa
Bab 15 2d angka jitu hk malam ini
Bab 16 resmi slot login
Bab 17 erek2d
Bab 18 kodok 2d togel
Bab 19 meja77
Bab 20 maria 4d slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8329bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

One Piece: Mencuri Langit

game online slot 88
AC Milan naik ke peringkat dua usai menang tipis 1-0 atas Empoli
Selebrasi Pulisic setelah mencetak gol untuk AC Milan ke gawang Empoli dalam pertandingan liga Italia 2023/24 pekan ke-28 di San Siro pada Minggu (10/3/2024). ANTARA/HO-AC Milan
Jakarta (ANTARA) - AC Milan naik ke peringkat dua klasemen setelah menang tipis 1-0 saat menjamu Empoli dalam pertandiang Serie A Italia di Stadion San Siro pada Minggu malam WIB.

Gol Rosonerri dicetak oleh Christian Pulisic pada akhir babak pertama.

Milan kini mengumpulkan 59 poin, sedangkan Empoli tertahan pada peringkat 16 dengan 25 poin.

Tuan rumah AC Milan langsung bermain agresif sejak awal dan langsung mengurung Empoli di wilayah pertahanannya sendiri.

Tapi Milan kesulitan  menciptakan peluang berbahaya karena pertahan Empoli yang sangat rapat.

Baca juga: Motta puas dengan penampilan Bologna meski takluk dari Inter Milan

Milan memecah kebuntuan pada menit ke-40. Berawal dari pergerakan di sisi kiri, Noah Okafor memberikan umpan ke tengah yang disambar Pulisic menjadi gol.

Gol tidak langsung disahkan karena wasit mengganggap Okafor sudah offside, tapi setelah pemeriksaan VAR, gol ini dinyatakan sah sehingga Milan unggul 1-0 atas tim tamu.

Pada babak kedua, AC Milan tidak mengendurkan tempo serangan demi mencetak gol kedua.

Namun, Empoli membuat tim tuan rumah kembali kesulitan  menciptakan peluang.

Pada menit ke-74, Ruben Loftus-Cheek mengancam gawang Empoli melalui sepakan keras dari luar kotak penalti, tetapi bola ditepis oleh Caprile.

Baca juga: Inzaghi sanjung permainan Inter Milan ketika kalahkan Bologna

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024

Dewa super dari dewa tertentu, Marvel

gacor 5000 slot
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat terbatas pada perdagangan Jumat (1/12) ini.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat terbatas pada perdagangan Jumat (1/12) ini. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) berpotensi menguat terbatas pada perdagangan Jumat (1/12) ini.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya melihat IHSG mengawali Desember ini dengan menggeser rentang konsolidasinya ke arah yang lebih baik. Ditambah hari ini juga data inflasi akan dirilis yang disinyalir berada dalam kondisi stabil sehingga diharapkan bisa menjadi sentimen positif pada pola gerak IHSG.

"Namun di sisi lain masih terjadinya fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas tetap perlu diwaspadai oleh para investor," katanya.

William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni AALI, ICBP, BBNI, BBCA, dan JSMRR.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan IHSG ditutup di atas 7.058 dengan candle bullishpada Kamis kemarin yang mengisyaratkan peluang untuk melanjutkan penguatan menuju 7.174 apabila hari ini IHSG menembus ke atas resisten terdekat di 7.128.

"LevelsupportIHSG berada di 7.039, 7.000 dan 6.949, sementara level resistennya di 7.128, 7.174 dan 7.225," kata Ivan.

IHSG ditutup di level 7.080 pada Kamis (30/11) sore. Indeks saham menguat 44,65 poin atau 0,63 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp24,12 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 32,18 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 238 saham menguat, 304 terkoreksi, dan 216 lainnya.

[Gambas:Video CNN]



(feb/agt)

Sangat pemburu

5d toto macau paito
Jam kerja aparatur sipil negara (ASN) berbeda saat bulan Ramadhan. Mereka akan bekerja mulai pukul 08.00 dan selesai pada 15.00 WIB.
Ilustrasi. Jam kerja aparatur sipil negara (ASN) berbeda saat bulan Ramadhan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Jam kerja aparatur sipil negara (ASN) berbeda saat bulan Ramadhan. Mereka akan bekerja mulai pukul 08.00 dan selesai pada 15.00 WIB.

Selain saat Ramadan, mereka akan bekerja dari 07.30 hingga 16.00 dan waktu istirahat pada 12.00-13.00

Penetapan itu berdasarkan Peraturan Presiden No.21/2023 tentang Hari dan Jam Kerja Instansi Pemerintah dan pegawai ASN.

Pilihan Redaksi
  • 30 Kata-Kata Menyambut Bulan Ramadhan yang Menyentuh Hati
  • Menag Yaqut: Beda Awal Ramadan Lumrah, Tetap Saling Menghormati
  • Muhammadiyah Mulai Puasa Hari Ini, Pemerintah Besok 12 Maret 2024

Dalam Perpres itu, tercantum pula jam kerja instansi dan pegawai ASN saat Ramadan sebanyak 32 jam 30 menit selama sepekan. Jumlah tersebut belum termasuk waktu istirahat.

Waktu istirahat saat bulan suci bagi umat Muslim berlangsung selama 30 menit. Namun, setiap Jumat waktu rehat menjadi 60 menit.

Instansi pemerintahan yang menerapkan ketentuan selain 5 hari kerja dalam 1 minggu harus menyesuaikan ketentuan dalam Peraturan Presiden ini paling lama 1 tahun terhitung sejak peraturan ini diundangkan.

Rincian jam kerja ASN selama Ramadhan

Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil DKI Jakarta saat beraktifitas di Balaikota, Jakarta, Rabu, 28 Februari 2024. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)Ilustrasi. Jam kerja ASN selama Ramadhan berlangsung dari pukul 08.00 hingga 15.00. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Rincian waktunya sendiri ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau pimpinan instansi. Berikut rincian jam kerja PNS selama puasa Ramadhan 1445 H.

Bagi Instansi Pemerintah yang memberlakukan lima hari kerja:

1. Senin-Kamis: 08.00-15.00
Waktu Istirahat: 12.00-12.30

2. Jumat: 08.00-15.30
Waktu Istirahat: 11.30-12.30

Bagi Instansi Pemerintah yang memberlakukan 6 enam hari kerja:

1. Senin sampai dengan Kamis, dan Sabtu: 08.00-14.00
Waktu Istirahat: 12.00-12.30

2. Hari Jumat: 08.00-14.30
Waktu Istirahat: 11.30-12.30

Lihat Juga :
INFOGRAFIS: Jadwal Imsakiyah & Buka Puasa Ramadan 1445 H/2024 Jakarta

Namun, ketentuan jam kerja dalam Perpres ini tak berlaku bagi prajurit TNI serta pegawai ASN di lingkungan kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pertahanan yang ditugaskan di lingkungan TNI. Khusus untuk ini, pengaturannya ditetapkan oleh Panglima TNI.

Selain itu, ketentuan ini juga tak berlaku bagi anggota Polri serta pegawai ASN di lingkungan Polri yang pengaturannya ditetapkan Kapolri.

Perpres itu juga tak berlaku bagi pegawai ASN pada perwakilan Republik Indonesia di luar negeri yang pengaturannya dilakukan oleh Menteri Luar Negeri.

Hari kerja dan jam kerja bagi prajurit TNI dan anggota POLRI yang bertugas di luar struktur, serta pegawai pada perwakilan RI di luar negeri, mengikuti hari kerja dan jam kerja yang berlaku pada tempat ditugaskan.

(isa/asr)

[Gambas:Video CNN]

Peningkatan tak terbatas dari panggilan terkuat

bisnis cepat menghasilkan uang
Pengusaha kecewa kenaikan UMK 2024 Jatim terlalu tinggi. Di sisi lain, buruh ancam mogok lantaran kenaikan UMK di bawah 15 persen.
Pengusaha kecewa kenaikan UMK 2024 Jatim terlalu tinggi. Di sisi lain, buruh ancam mogok lantaran kenaikan UMK di bawah 15 persen. (Foto: SAFIR MAKKI)
Surabaya, CNN Indonesia--

Pengusaha di Jawa Timur keberatan dengan keputusan Gubernur Khofifah Indar Parawansa soal penetapan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2024, yang dinilai terlalu tinggi. Di sisi lain, buruh juga kecewa dan mengancam mogok lantaran kenaikan UMK tidak 15 persen.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim Adik Dwi Putranto mengatakan kenaikan UMK tahun depan cukup tinggi, padahal situasi ekonomi baru bangkit.

"Melihat situasi perekonomian yang tengah merangkak, sebenarnya keputusan tersebut terbilang cukup tinggi. Namun karena sudah diputuskan, pengusaha akan berusaha bisa memenuhi itu" ujar Adik saat dikonfirmasi, Jumat (1/12).

"Harapan kami kedua belah pihak harus saling memahami situasi perekonomian. Kalau pekerja memaksakan, maka tidak bisa berjalan bersama, tidak bisa bergerak bersama untuk meningkatkan kinerja perusahaan," ujarnya.

Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) wilayah Jatim mengancam bakal menggelar aksi besar-besaran untuk memprotes kenaikan UMK 2024 di Jatim yang tak sesuai dengan tuntutan mereka, yakni sebesar 15 persen.

"Kita merasa kecewa keputusan Gubernur Khofifah. Tuntutan kita kan 15 persen. Faktanya di Ring 1 rata-rata kenaikan 4 persen. Ada satu daerah, Tuban, malah di bawah rekomendasi bupati, di bawah formulasi PP 51 Tahun 2023," kata Wakil Sekretaris DPW FSPMI Jatim Nuruddin Hidayat.

Ia mengatakan seluruh buruh sedang berkonsolidasi untuk mogok kerja nasional. Selain itu, FSPMI akan menempuh upaya hukum, yakni menggugat Khofifah ke pengadilan.

"Kami rencana akan melayangkan gugatan ke PTUN karena gubernur menetapkan tidak sesuai (usulan) bupati/wali kota. Sementara yang tahu kondisi di lapangan bupati dan wali kota, bukan gubernur," katanya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah resmi menetapkan besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2024 untuk 38 kabupaten/kota di Jatim.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Jatim Nomor 188/656/KPTS/013/2023 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di Jatim 2024.

"Bahwa upah minimum sebagaimana dimaksud dalam huruf a, merupakan rekomendasi Bupati/Wali Kota dan hasil rapat sidang Dewan Pengupahan Provinsi Jawa Timur," tulis keputusan tersebut.

Berikut ini daftar lengkap UMK 2024 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur:

1. Kota Surabaya Rp4,725,479

2. Kabupaten Gresik Rp4.642.031

3. Kabupaten Sidoarjo Rp4.638.582

4. Kabupaten Pasuruan Rp4.635.133

5. Kabupaten Mojokerto Rp4.624.787

6. Kabupaten Malang Rp3.368.275

7. Kota Malang Rp3.309.144

8. Kota Pasuruan Rp3.138.838

9. Kota Batu Rp3.155.367,00

10. Kabupaten Jombang Rp2.945.544

11. Kabupaten Probolinggo Rp2.806.955

12. Kabupaten Tuban Rp2.864.225

13. Kota Mojokerto Rp2.832.710

14. Kabupaten Lamongan Rp2.828.323

15. Kota Probolinggo Rp2.701.086

16. Kabupaten Jember Rp2.665.392

17. Kabupaten Banyuwangi Rp2.638.628

18. Kota Kediri Rp2.415.362

19. Kota Blitar Rp2.330.000

20. Kabupaten Bojonegoro Rp2.371.016

21. Kabupaten Tulungagung Rp2.320.000

22. Kabupaten Lumajang Rp2.281.469

23. Kota Madiun Rp2.274.277

24. Kabupaten Kediri Rp2.340.668

25. Kabupaten Nganjuk Rp2.258.455

26. Kabupaten Sumenep Rp2.249.113

27. Kabupaten Blitar Rp2.256.050

28. Kabupaten Madiun Rp2.243.291

29. Kabupaten Magetan Rp2.238.808

30. Kabupaten Ponorogo Rp2.235.311

31. Kabupaten Pamekasan Rp2.221.135

32. Kabupaten Pacitan Rp2.199.337

33. Kabupaten Sampang Rp2.182.861

34. Kabupaten Ngawi Rp2.241.054

35. Kabupaten Bondowoso Rp2.183.590

36. Kabupaten Trenggalek Rp2.223.163

37. Kabupaten Situbondo Rp2.172.287

38. Kabupaten Bangkalan Rp2.240.701

[Gambas:Video CNN]

(frd/pta)

Wuhuangjing

pencairan kredivo
Pemkot Banda Aceh tetapkan 26 lokasi pusat kuliner Ramadhan 1445 H
Arsip. Pedagang musiman mempersiapkan berbagai kuliner dan takjil nusantara serta mancanegara untuk menu berbuka puasa yang dijajakan di pasar takjil Ramadhan, Banda Aceh, Aceh, Rabu (14/4/2021). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
Nanti kita juga turun langsung ke lapangan bersama BPOM dan pihak terkait untuk memastikan takjil di Banda Aceh aman dikonsumsi masyarakat
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Banda Aceh menetapkan 26 lokasi pusat jajanan berbuka puasa Ramadhan 1445 Hijriah yang tersebar di sejumlah titik strategis wilayah kota itu.

Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin, Senin, mengatakan sentra kuliner Ramadhan itu ditetapkan melalui Surat Keputusan Wali Kota Banda Aceh Nomor 104 Tahun 2024.

"Tujuannya agar lebih tertib dan menjaga tata kota," kata Amiruddin di Banda Aceh.

Ia menjelaskan lokasi penjualan penganan khusus Ramadhan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dengan optimal oleh masyarakat, terutama para pedagang.

"Warga pun bisa lebih mudah membeli penganan untuk berbuka puasa," katanya.

Baca juga: Kapal cepat Express Bahari mulai docking, trip ke Sabang tetap normal

Baca juga: Pemkot gelar pasar murah bantu warga Banda Aceh menjelang Ramadhan

Di samping itu, Pemkot Banda Aceh juga menegaskan kepada penjual makanan dan minuman untuk memperhatikan kehigienisan dagangan. Harus halal, bersih, dan tidak mengandung bahan berbahaya.

"Nanti kita juga turun langsung ke lapangan bersama BPOM dan pihak terkait untuk memastikan takjil di Banda Aceh aman dikonsumsi masyarakat," ujarnya.

Adapun 26 sentra kuliner Ramadhan 1445 Hijriah di Banda Aceh meliputi Jalan Tentara Pelajar, Jalan Tgk Dibaroh atau bekas bioskop Garuda, Jalan Imam Bonjol, Jalan Daud Beureueh, Jalan T Nyak Arief.

Selain itu Jalan Tgk Chik Ditiro, Jalan Pocut Baren, Jalan T Hasan Dek, Jalan Mr Mohd Hasan, Jalan Sultan Iskandar Muda atau Sp 7 Ulee Kareng, Jalan Teuku Umar, Jalan Hasan Saleh dan Jalan Tgk Imum Lueng Bata.

Kemudian Jalan HT Daudsyah atau Peunayong, Jalan Rama Setia, Jalan Hamzah Bendahara, Jalan Syiah Kuala, Taman Ratu Safiatuddin, Jalan Station H Dimurthala, Jalan T Iskandar, Jalan Prof Ali Hasyimi, Jalan P Nyak Makam, Jalan Abd Rahman atau Jaya Baru, Jalan Mohd Jam, Jalan KH Ahmad Dahlan dan Jalan Malikul Saleh.

Baca juga: ARC USK Banda Aceh targetkan 20 ton minyak nilam untuk ekspor 2024

Baca juga: Trip penyeberangan Banda Aceh-Sabang dibatalkan karena cuaca buruk

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024

Sang pangeran sedang bertani di langit

koin138
Kemenko Marves Luhut mengklaim kehadiran e-katalog untuk belanja pemerintah dapat mengurangi kasus korupsi.
Kemenko Marves Luhut mengklaim kehadiran e-katalog untuk belanja pemerintah dapat mengurangi kasus korupsi. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim kehadirane-kataloguntuk pengadaan barang dan jasa pemerintah dapat mengurangi kasus korupsi.

"E-katalog ini sudah jelas-jelas mengurangi korupsi di dalam negeri," ujar Luhut dalam acara Business Matching 2024 di Bali, Kamis (7/3).

Menurut dia, penggunaan belanja produk dalam negeri dengan e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dapat mengurangi potensi korupsi atau penyalahgunaan anggaran negara.

"Kalau kita membangun sistem yang baik, kan tidak ada OTT lagi atau berkurang drastis OTT karena semua belanja ke mesin. Nah, mesinnya kan enggak bisa disogok," ujar dia.

Di sisi lain, proses belanja tersebut juga diawasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), salah satunya memastikan efisiensi dan produk tersebut memang produk dalam negeri.

"Jadi kita harus betul target, jadi UMKM itu harus betul menikmati penggunaan produk dalam negeri yang (mencapai) Rp1.600 triliun. Dan angkanya itu terus berkembang sejalan dengan perkembangan ekonomi kita," imbuhnya.

Selain itu, belanja produk dalam negeri memanfaatkan sistem digital yang merupakan bagian inovasi teknologi pemerintah (government technology) juga memberi ruang lebih besar efisiensi, efektivitas dan tepat sasaran sehingga tidak terjadi kebocoran.

Misalnya, Luhut menjelaskan dengan teknologi pemerintah tersebut belanja untuk subsidi pupuk hingga alokasi bantuan sosial (bansos) sesuai dengan target sasaran.

"Tapi dengan sekarang kita sedang berjalan ke arah tadi gov tech itu yang sekarang sedang dikerjakan, dan kita harap paling tidak sampai Dukcapil itu bisa selesai bulan Juli ini, itu akan membuat Indonesia lebih maju lagi satu langkah. Jadi orang yang mau korupsi-korupsi ya makin susah," tegasnya.

Adanya transparansi dan digitalisasi belanja produk dalam negeri itu, kata Luhut, juga mulai ditiru negara lain. Misalnya Kenya yang 100 persen menerapkan hal yang sama.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)