petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

ceri188 slot

pinjol bunga rendah tenor panjang 2022 831Jutaan kata 519165Orang-orang telah membaca serialisasi

《ceri188 slot》

Harga Beras di Makassar Tembus Rekor Terparah dalam 25 Tahun Terakhir******

Pedagang beras di Makassar merasakan kenaikan harga saat ini menjadi rekor terparah dalam 25 tahun terakhir.
Pedagang beras di Makassar merasakan kenaikan harga saat ini menjadi rekor terparah dalam 25 tahun terakhir. (Foto: CNN Indonesia/Adi Ibrahim)
Makassar, CNN Indonesia--

Pedagangberasdi Makassar, Sulawesi Selatan, mengeluhkan harga beras yang sangat tinggi selama 25 tahun terakhir. Saat ini, harga beras bahkan pecah rekor, yakni Rp17 ribu per kg.

Pedagang beras di Pasar Toddopuli, Ungging (51), bercerita telah berdagang beras sejak 1997, tetapi baru kali dirinya merasakan harga beras sangat tinggi.

"Baru sekarang separah ini naiknya, biasanya naiknya itu Rp200 sampai Rp500 per kilo (kg)," kata Ungging, Selasa (27/2).

"Iya dari tahun baru ini naik harga beras. Terus setiap datang stok beras itu harganya naik Rp200 (per kg). Sampai sekarang, kalau dihitung-hitung total kenaikannya sudah Rp2.000," ungkapnya.

Menurutnya, kenaikan harga bukan hanya terjadi untuk beras jenis premium, namun hampir semua jenis beras yang ada di pasaran. Rata-rata kenaikannya sebesar Rp2.000 per kg.

"Kalau per liter itu paling Rp14 ribu paling tinggi, sebelumnya hanya Rp12 ribu. Saya ambil (beras) dari Wajo sama Sidrap," tuturnya.

Selain harga beras yang tinggi, Ungging juga mengeluhkan daya beli yang terus menurun. Ia mendengar pemicu lonjakan harga beras imbas gagal panen. Akibatnya, pasokan pun lebih sedikit.

Lihat Juga :
ANALISISCuriga Makan Siang Gratis-Pilkada di Balik Impor Beras 3,6 Juta Ton

"Ini katanya gagal panen, barang kurang. Kemudian (daya beli) juga mulai berkurang ini," imbuhnya.

Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) memproyeksi kelangkaan dan mahalnya harga beras berlangsung setidaknya sampai akhir Maret 2024.

Ketua Umum Perpadi Sutarto Alimoeso mengatakan hal itu terjadi karena panen di Maret pun tidak terlalu besar dan cenderung di bawah normal.

"Kondisi seperti ini masih akan berlangsung sampai dengan akhir Maret," katanya kepada CNNIndonesia.com, Senin (26/2).

Ia mengatakan panen raya Maret diperkirakan hanya mampu menghasilkan beras 3,5 juta ton. Padahal, normalnya lebih dari 5 juta ton. Namun, ia tak merinci mengapa beras hasil panen tersebut menurun.

Lihat Juga :
Kenaikan Harga Beras Menjalar ke 268 Daerah Jelang Puasa

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mengungkapkan harga beras saat ini melonjak hingga 20 persen. Padahal, Ramadan masih cukup jauh.

Sekretaris Jenderal Ikappi Reynaldi Sarijowan mengatakan harga beras saat ini menjadi Rp18 ribu per kilogram (kg). Naik tinggi dibandingkan biasanya sekitar Rp14 ribu per kg. Ini adalah harga tertinggi sepanjang pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ya (harga beras premium Rp18.500 per kg tertinggi di era Presiden Jokowi). Hati-hati, jika pasar tradisional stok berasnya tidak melimpah tentu akan terganggu distribusi pangan rakyat yang ada di pasar," ujarnya kepada CNNIndonesia.com,Selasa (13/2) lalu.

Menurutnya, hilangnya beras premium secara mendadak tidak hanya terjadi di ritel. Di pasar, para pedagang juga kesulitan mendapatkan beras premium, karena memang stok yang dimiliki penggilingan juga terbatas.

Reynaldi menyindir lonjakan harga itu dipicu masifnya gelontoran bansos dan bantuan pangan beras 10 kg sebelum Pilpres 2024 kemarin. Pasalnya, setelah itu, kelangkaan pasokan beras mulai terjadi.

"Tentu menteri yang terkait dalam hal ini, seperti Menteri Perdagangan (Zulkifli Hasan) dan Menteri BUMN (Erick Thohir) yang memang secara 'telanjang' mendukung paslon tertentu. Namun, tidak memperhatikan nasib petani kecil kita, pedagang kecil kita," kritik Reynaldi.

Sementara itu Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi menyebut kenaikan harga beras terjadi karena harga gabah memang sudah tinggi di tingkat petani, di atas Rp7.000 per kg.

"Jadi kondisi harga gabah yang sudah sampai di atas Rp7.500 itu terjadi di hampir semua sentra produksi," ujarnya. dalam media briefing di Kantor Pusat Bulog Jakarta, Selasa (13/2).

Bayu merinci harga gabah petani dan harga beras di sentra produksi yang dicatat Bulog per 12 Februari 2024. Di Indramayu harga gabah Rp7.350 per kg, di Karawang Rp7.150 per kg, di Banyumas Rp8.300 per kg dan di Sragen Rp8.100 per kg.

Selanjutnya, di Ngawi harga gabah Rp8.200 per kg, di Sidrap, Sulawesi Selatan harga gabahnya Rp7.900 per kg.

[Gambas:Video CNN]

(mir/pta)

Pj Gubernur Sumut: Kami maksimalkan manfaat F1 Powerboat Danau Toba******

Pj Gubernur Sumut: Kami maksimalkan manfaat F1 Powerboat Danau Toba
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin dalam konferensi pers pelaksanaan F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Sabtu (2/3/2024). ANTARA/Donny Aditra
Kabupaten Toba, Sumatera Utara (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengatakan bahwa pemerintah provinsi (pemprov) akan memaksimalkan manfaat dari penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba. Purnawirawan jenderal bintang dua itu menjelaskan pemprov telah bekerja keras dengan Pemerintah Kabupaten Toba, agar maksimal memanfaatkan ajang internasional tersebut, guna meningkatkan perekonomian daerah khususnya masyarakat. "Kami terus mendorong keterlibatan atau peran serta masyarakat," kata Hassanudin dalam konferensi pers, Sabtu. Ia mengatakan, berdasarkan informasi yang didapat dari internal pemprov, jumlah keterisian atau okupansi hotel mencapai 100 persen. Untuk "homestay" yang merupakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masyarakat, pemprov juga mendorong agar okupansinya bisa mencapai sudah 100 persen dengan ikut mempromosikannya.

Baca juga: Okupansi "homestay" meningkat di Lumban Bulbul kawasan Danau Toba Ditambah lagi, lanjut dia, keterlibatan puluhan UMKM kuliner, fesyen, dan kriya andalan dalam ajang olahraga otomotif itu, diyakini akan menjadi momentum untuk membangun "destination branding" di Sumatera Utara, khususnya kawasan Danau Toba. Oleh karena itu, semua kebutuhan persiapan penyelenggaraan telah didukung penuh oleh pemprov, mulai dari infrastruktur maupun hal teknis lainnya seperti penyediaan shuttle busuntuk mengangkut pengunjung dari kantong-kantong parkir menuju lokasi perlombaan. "Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan masyarakat sangat terbuka untuk menerima wisatawan yang datang ke Danau Toba," ujar dia. Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Odo Manuhutu, mengatakan bahwa dampak pelaksanaan F1 Powerboat Danau Toba 2024 adalah untuk pemerintah daerah (pemda) bukan pemerintah pusat.

Baca juga: Kemenko Marves: Dampak F1 Powerboat untuk daerah bukan pusat
Selanjutnya: Odo membeberkan12Tampilkan Semua

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024

Deretan Elektronik yang Diskon di Transmart Full Day Sale, Cek di Sini******

Lagi cari produk elektronik merek ternama? Beli aja produk elektronik impian di Transmart karena ada diskon besar-besaran. Cek di sini!
Ilustrasi. Lagi cari produk elektronik merek ternama? Beli aja produk elektronik impian di Transmart karena ada diskon besar-besaran. Cek di sini! (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Lagi cari produk elektronik baru buat di rumah? Saatnya beli produk elektronik impian kamu di TransmartFull Day Sale karena ada diskon besar-besaran.

Kali ini Transmart Full Day Sale balik lagi selama dua hari pada Sabtu (24/2) dan Minggu (25/2) dengan diskon gede buat berbagai produk terpilih, seperti elektronik.

Lihat Juga :
Jangan Lupa ke Transmart Full Day Sale Akhir Pekan Ini, Diskon 50%+20%

Kalau penasaran sama produk elektronik yang diskon di Transmart Full Day Sale, intip daftarnya di bawah ini.

  • AC Split 1/2 PK harga sale Rp2.719.200 dari harga normal Rp4.199.000 per unit. Bonus pipa dan instalasi standar. Diskonnya Rp1.479.800.
  • Kulkas SBS 472L harga sale Rp8.799.200 dari harga normal Rp12.049.000 per unit. Harga berlaku di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung. Diskonnya sampai Rp3.249.800.
  • Kulkas SBS 472L harga sale Rp9.239.200 dari harga normal Rp12.649.000 per unit. Harga berlaku di luar Jawa, Bali, dan Lampung. Diskonnya sampai Rp3.409.800.
  • LED TV 50" UHD Smart harga sale mulai Rp4.799.200 dari harga normal Rp6.969.000 per unit. Diskonnya Rp2.169.800.
  • LED TV 65" UHD Smart harga sale mulai Rp7.199.200 dari harga normal Rp11.209.000 per unit. Diskonnya sampai Rp4.009.800.

Gede-gede banget kan diskonnya? Kamu bisa mendapatkan penawaran harga spesial untuk pembelian barang elektronik menggunakan Allo Prime, Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki salah satu bank yang direkomendasikan, bisa downloadAllo Bank di hp melalui App Store atau Google Play Store. Setelah itu upgradeakunnya ke Allo Prime supaya bisa mengklaim diskon di Transmart Full Day Sale.

Bisa juga mengajukan pembukaan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan di setiap booth yang ada di gerai Transmart.

Jangan sampai lewatkan kesempatan ini ya, Transmart Full Day Sale berlangsung dari jam toko buka hingga tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:wd138 slot

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
petirslot
slot jp terus
agen slot mudah menang
link 268slot
erek penari
voucher yogya
kumpulan situs slot 138
pramagtic
erek
Daftar isi semua bab
Bab 1 parisklup
Bab 2 situs terpercaya indonesia
Bab 3 erek erek 4d abjad az
Bab 4 judi aman
Bab 5 pusatjudionline
Bab 6 kodok erek erek
Bab 7 raja89 slot
Bab 8 situs mudah jp
Bab 9 situs slot judi terpercaya
Bab 10 mistermpo
Bab 11 laetoto
Bab 12 situs slot yg resmi
Bab 13 forge of olympus pragmatic
Bab 14 pinjaman online resmi ojk 2022 bunga rendah
Bab 15 maucash terdaftar ojk
Bab 16 laeintogel
Bab 17 hoki365 slot
Bab 18 republik365
Bab 19 dewicasino88
Bab 20 syarat pakai kredivo
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1200bab
takutBacaan TerkaitMore+

Kelahiran Kembali Penguasa Segala Alam

cara mengatasi tagihan pinjol ilegal
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan harga beras menjalar ke 268 daerah di Indonesia jelang puasa dan lebaran 2024.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan harga beras menjalar ke 268 daerah di Indonesia jelang puasa dan lebaran 2024. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikanharga beras menjalar ke 268 daerah di Indonesia jelang puasa dan lebaran 2024.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini menunjukkan daerah yang mengalami lonjakan harga beras bertambah banyak, di mana pekan ini harga rata-rata nasional beras mencapai Rp15.387 per kg.

Pekan sebelumnya, cuma 179 kabupaten/kota yang terdampak harga beras mahal dengan harga rata-rata Rp15.246 per kg.

"Sehingga, mengingat bulan depan (Maret 2024) adalah kita sudah masuk Ramadan, maka perlu langkah nyata yang harus dilakukan untuk kembali menahan laju peningkatan harga tersebut agar tidak terus berlanjut di bulan depan," pesan Pudji.

Sementara itu, Deputi Bidang Kerawanan Pangan Dan Gizi Badan Pangan Nasional (Bapanas) Nyoto Suwignyo menegaskan pemerintah perlu terus membanjiri beras ke pasar. Ia menyebut beras yang diguyur adalah Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) buatan Perum Bulog.

Nyoto merinci realisasi penyaluran beras SPHP pada bulan ini hingga 23 Februari 2024 mencapai 160.803 ton, dengan wilayah penyaluran terbesar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Bapanas berharap capaian ini bisa terus ditingkatkan menjadi 200 ribu ton-250 ribu ton, termasuk ke ritel modern.

"Pemenuhan ritel modern dengan beras SPHP harus terus dilakukan di seluruh wilayah dan akan terus dipantau bersama-sama oleh seluruh kementerian/lembaga (K/L) terkait dan pemerintah daerah, termasuk dinas yang menangani urusan pangan dan perdagangan di provinsi maupun kabupaten/kota," tegasnya.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Salami Prabowo di Tengah Isu Tak Ada Chemistry

Pemenuhan beras SPHP di ritel juga dilaporkan Kepala Divisi Perencanaan Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Epi Sulandari. Ia mengatakan Bulog sudah menyalurkan 7.785 ton beras SPHP kepada ritel modern di Indonesia hingga 25 Februari 2024 lalu.

Di lain sisi, Deputi III Kantor Staf Presiden (KSP) Edy Priyono mengapresiasi langkah Bulog melakukan pasar murah, selain membanjiri ritel modern dengan beras SPHP. Namun, Edy menilai perlu ada beberapa perbaikan.

Anak buah KSP Moeldoko itu mengatakan ada sejumlah temuan di lapangan soal warga yang mengantre demi beras Bulog. Ia menyebut antrean yang mengular tersebut disebabkan minimnya pasokan di ritel modern.

"Ketersediaan beras di pasar ritel modern masih banyak yang kosong, khususnya di minimarket. Ini, belum optimalnya pasokan beras premium dan SPHP ke minimarket, kemudian diduga menjadi salah satu penyebab antrean panjang di berbagai kegiatan pasar murah yang dilakukan oleh Bulog," ungkap Edy.

"Terus terang kami prihatin kalau sudah lihat media, orang ngantre, ada orang pingsan. Tidak banyak (orang pingsan), tapi itu menciptakan noise yang akan merugikan kita semua karena kesannya kita jadi krisis pangan, padahal sebenarnya kan berasnya ada," tambahnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Ruang Hidup Dewa Dharma

pinjam uang lewat brimo
Impor beras naik dari 2 juta ton menjadi 3,6 juta ton tahun ini. Pilkada 2024 hingga program makan siang gratis dicurigai jadi pemicunya.
Impor beras naik dari 2 juta ton menjadi 3,6 juta ton tahun ini. Pilkada 2024 hingga program makan siang gratis dicurigai jadi pemicunya. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah memutuskanimpor berasnaik dari 2 juta ton ke 3,6 juta ton pada tahun ini, padahal Maret besok sudah memasuki masapanen raya.

Direktur Impor Kementerian Perdagangan Arif Sulistyo mengatakan pihaknya perlu 'mengutak-atik' neraca komoditas 2024 demi memuluskan 1,6 juta ton beras impor tambahan yang dimau pemerintah. Sebelum perizinan impor rampung, lanjutan banjir beras dari luar negeri belum bisa dilakukan.

"Kemudian, ada penambahan (impor beras) berdasarkan rakortas (rapat koordinasi terbatas) Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (pada) 5 Februari 2024. Terdapat penambahan alokasi impor beras keperluan umum sebesar 1,6 juta ton," ucapnya dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, dikutip dari YouTube Kemendagri, Senin (26/2).

Perum Bulog mencatat dari penugasan impor 2 juta ton beras sudah masuk 659.008 ton per 25 Februari 2024 melalui berbagai pelabuhan Indonesia, mulai dari Tanjung Priok hingga Tanjung Perak.

Di lain sisi, Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Pertanian memprediksi panen raya mulai pada Maret hingga Mei 2024. Diperkirakan panen bakal membuat Indonesia surplus 3,5 juta ton beras.

Peneliti Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Eliza Mardian mempertanyakan impor 'dadakan' tersebut. Pasalnya, data Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat stok beras Indonesia ada 7,4 juta ton pada akhir 2023 lalu, sementara konsumsi rata-rata nasional per bulan hanya 2,5 juta ton.

Ia heran impor beras dengan angka bombastis tersebut datang dari mana. Terlebih, beberapa daerah di Indonesia sudah akan panen pada Maret 2024.

"Artinya, impor bukan menutup kekurangan produksi. Semestinya, keputusan impor diambil ketika sudah ketahuan berapa jumlah panennya pada puncak panen raya nanti," ucap Eliza kepada CNNIndonesia.com.

Lihat Juga :
Tom Lembong Komentari Program Makan Siang Gratis Dibahas di Istana

Eliza mendesak pemerintah fokus membenahi data pertanian di Tanah Air, termasuk alur distribusi. Apalagi, ada aksi pembelian gabah oleh korporasi besar sepanjang tahun lalu.

Ia mempertanyakan ke mana larinya gabah tersebut yang wujud berasnya malah tak nampak di pasar. Menurutnya, pembelian besar-besaran dengan harga tinggi membuat penggilingan kecil di daerah tak kebagian gabah. Ini curiga pembelian besar-besaran berhubungan dengan Pilkada yang digelar September mendatang.

"Pemerintah mesti menelusuri ke mana stok beras yang dikuasai swasta? September (2024) nanti akan ada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Biasanya, ketika kampanye dan silaturahmi, ini dibarengi dengan pembagian sembako, beras, dan lain-lain. Kemungkinan besar permintaan beras masih tinggi," ucapnya.

Selain Pilkada 2024, ia juga mencurigain program makan siang gratis yang digagas capres-cawapres Prabowo-Gibran ada dibalik melejitnya impor beras hingga 3,6 juta ton.

Lihat Juga :
Utang Pinjol Rp450 M Sudah 'Menjerat' Mahasiswa

"Dan juga ada pilot project makan siang gratis. Mungkin ini juga yang akan menyebabkan permintaan beras sehingga pemerintah mengambil jalan pintas impor," tambahnya.

Seharusnya, pemerintah bisa fokus memenuhi kebutuhan beras dari produksi dalam negeri. Eliza menyebut langkah ini mampu dilakukan jika negara tahu bagaimana memilah program prioritas.

Alih-alih bertindak benar, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajaran anak buahnya malah menyuguhkan solusi keliru. Eliza mengkritik angin surga food estate yang berujung kegagalan dan menguras uang negara.

Lanjut ke halaman berikut...

Gurih Selisih Harga Beras di RI vs Luar Negeri

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Dewa laki-laki yang galak tidak memahami cinta

nomor slot88
Presiden lanjutkan kunjungan kerja ke Palembang, Sumatera Selatan
Presiden Joko Widodo tiba di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (1/3/2024). ANTARA/HO-BPMI Setpres
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerja ke Palembang, Sumatera Selatan, Jumat, usai melakukan kegiatan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Berdasarkan informasi yang diterima di Jakarta, Jumat, Presiden tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat petang.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden dan rombongan mendarat sekitar pukul 16.05 WIB.

Tampak menyambut kedatangan Presiden di bandara tersebut yakni Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Pj. Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen Yanuar Adil, dan Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo.

Di Kota Palembang, Presiden Jokowi akan menghadiri acara Peresmian Pembukaan Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) XX Tahun 2024 di Jakabaring Sport City.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Kota Palembang yakni Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudi Saladin, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin.

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau Pusat Komando IKN dan Studio Mini TVRI

Baca juga: Dapat arahan Jokowi, Menpan RB kebut skema tunjangan ASN di IKN 






 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024

Jiang Qiao Zhanyi

link slot japan
PVMBG catat enam letusan beruntun Gunung Marapi
Penampakan erupsi Gunung Marapi pada Minggu (25/2/2024). ANTARA/Muhammad Zulfikar.
Padang (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat enam kali letusan beruntun Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu. terhitung pukul 00.00 hingga 12.00 WIB.

"Selain enam kali letusan, pada periode yang sama juga tercatat 22 kali hembusan Gunung Marapi," kata petugas Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Marapi Ahmad Rifandi di Padang, Sabtu.

Erupsi pertama terjadi pada pukul 00.03 WIB dengan amplitudo lima milimeter selama 25 detik. Letusan kedua terjadi pukul 06.22 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 300 meter. Kolom abu tersebut berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 4,6 milimeter dengan durasi sekitar 49 detik.

Baca juga: PVMBG: Status Gunung Lewotobi Laki-laki Flores Timur turun ke level II

Letusan ketiga terjadi pada pukul 07.05 WIB dengan tinggi kolom abu sekitar 350 meter. Erupsi ini terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 4,4 milimeter selama 44 detik. Erupsi berikutnya terjadi pukul 08.21 WIB namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 6,1 milimeter dan durasi sekitar 41 detik.

PVMBG mencatat erupsi Gunung Marapi pada pukul 08.39 WIB dengan amplitudo maksimum 11,9 milimeter dan durasi sekitar 35 detik, selanjutnya erupsi terjadi pukul 09.23 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 500 meter di atas puncak.

"Letusan gunung api tersebut masih fluktuatif, dan bisa jadi karena sistemnya sudah terbuka sehingga lebih mudah terjadi letusan dan hembusan," kata dia.

Ia mengatakan meskipun jumlah letusan gunung berapi masih fluktuatif, masyarakat diimbau tidak panik. Apalagi, pemerintah telah menetapkan zona aman bagi masyarakat.

"Kami juga mengimbau apabila abu vulkanik mengarah ke pemukiman, masyarakat diimbau menggunakan masker dan penutup kepala," kata dia.

Baca juga: Otoritas bandara kembali tutup operasional BIM akibat erupsi Marapi
Baca juga: Gunung Semeru muntahkan abu vulkanik setinggi 900 meter
Baca juga: Gunung Dukono meletus muntahkan abu setinggi 2,7 kilometer

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024

Menyerang! elang

gacor slot
KAI Cirebon sediakan 91.520 tiket untuk angkutan Lebaran 2024
Ilustrasi suasana di sekitar Staisun Kejaksan di Kota Cirebon, Jawa Barat. (ANTARA/Fathnur Rohman)
Kami telah membuka penjualan tiket kereta api (KA) mulai tanggal 15 Februari 2024 untuk masa angkutan Lebaran tahun ini
Cirebon (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, menyediakan 91.520 tiket penumpang untuk keberangkatan ke berbagai daerah tujuan pada masa angkutan Lebaran 2024. “Kami telah membuka penjualan tiket kereta api (KA) mulai tanggal 15 Februari 2024 untuk masa angkutan Lebaran tahun ini,” kata Vice Presiden PT KAI Daop 3 Cirebon Dicky Eka Priananda di Cirebon, Sabtu. Ia menyampaikan saat ini jumlah tiket yang tersedia masih sangat banyak, sehingga masyarakat bisa membelinya agar rencana perjalanan memakai jasa angkutan KA terlaksana dengan baik. “Masyarakat dapat membeli tiket melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh saluran resmi pemesanan tiket KA lainnya,” ujarnya. Berdasarkan data sampai Jumat (1/3), kata Dicky, penjualan tiket di Daop 3 Cirebon baru menyentuh 4,6 persen dari jumlah total 91.520 tiket yang disediakan. Angka tersebut diprediksi mengalami peningkatan dalam beberapa waktu ke depan. Menurut dia, berdasarkan data itu rata-rata calon penumpang memesan tiket KA untuk keberangkatan yang mengarah ke daerah Jawa seperti Yogyakarta dan Surabaya. “Untuk lonjakan atau puncak pemesanan tiket di Daop 3 Cirebon, biasanya terjadi pada H-2 menjelang Lebaran,” tuturnya. Ia menjelaskan seluruh tiket itu untuk tiga KA yang berangkat dari stasiun di Daop 3 Cirebon. Rinciannya yakni KA Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir sebanyak 37.180 tempat duduk. Kemudian, lanjut dia, ada KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember yang tersedia 37.180 tempat duduk serta KA Kaligung relasi Cirebon Prujakan-Semarang Poncol dan Brebes-Semarang Poncol sekitar 43.560 tempat duduk. Dicky mengemukakan selain menyediakan tiket dalam jumlah banyak, pihaknya juga berkomitmen menyelenggarakan seluruh perjalanan KA secara maksimal supaya penumpang bisa sampai ke daerah tujuan dengan nyaman dan aman. Apalagi, tambah dia, banyak masyarakat sudah memilih jasa angkutan KA sebagai sebagai moda transportasi andalan untuk bepergian. “KAI Daop 3 Cirebon juga menghimbau masyarakat agar merencanakan perjalanannya dengan baik selama masa angkutan Lebaran 2024,” ucap dia.

Baca juga: KAI Cirebon siapkan 14.210 tiket selama libur panjang Februari 2024
Baca juga: KAI: 70.830 penumpang turun di stasiun Daop 3 Cirebon di libur panjang

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024

Penjahat menjadi dewa

levesgp
Jumlah penumpang TransJakarta Januari 2024 capai 30 juta
Tangkap layar Plt. Kepala BPS Provinsi DKI Jakarta Dwi Paramita Dewi dalam keterangan melalui akun YouTube BPS DKI Jakarta, Sabtu (2/3/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati
Jakarta (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta mengumumkan jumlah penumpang TransJakarta mencapai 30,93 juta orang sepanjang Januari 2024 atau meningkat sebesar 6,83 persen dibandingkan Desember 2023.

"Banyaknya bus dalam layanan TransJakarta yang melayani pelanggan berpengaruh pada perkembangan jumlah penumpang TransJakarta sebanyak 30,93 juta orang," kata Plt. Kepala BPS Provinsi DKI Jakarta Dwi Paramita Dewi dalam keterangan melalui akun YouTube BPS DKI Jakarta, Sabtu.

BPS mencatat jumlah penumpang TransJakarta meningkat sebesar 54,66 persen dibandingkan Januari 2023 yang mencapai 20 juta orang.

Peningkatan jumlah penumpang ini diiringi oleh perkembangan jumlah bus yang melayani yakni sebanyak 4.400 unit bus pada Januari 2024. Sementara itu, pada Januari 2023, jumlah bus yang melayani penumpang baru mencapai 3.850 unit.

Baca juga: TransJakarta hentikan sementara rute Pulogadung-Kantor Wali Kota Jakut

Berdasarkan catatan BPS, TransJakarta merupakan moda transportasi dengan jumlah penumpang terbanyak dibandingkan MRT dan LRT.

Sementara itu, jumlah penumpang MRT Jakarta tercatat sebanyak 3,14 juta orang dengan 8.240 perjalanan pada Januari 2024.

Jumlah penumpang ini mengalami peningkatan sebesar 1,44 persen dibandingkan Desember 2023 dan 2,56 persen dibandingkan Januari 2023.

Adapun untuk jumlah penumpang LRT Jakarta sebanyak 96.860 orang dengan 6.320 perjalanan pada Januari 2024.

Baca juga: TransJakarta buka rute baru hubungkan Jakarta Utara dan Timur

Jumlah penumpang LRT Jakarta mengalami penurunan sebesar 1,60 persen dibandingkan Desember 2023, namun mengalami peningkatan signifikan sebesar 33,71 persen dibandingkan Januari 2023.

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024