petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

slotid

ratubola303 272Jutaan kata 885811Orang-orang telah membaca serialisasi

《slotid》

Erick Bakal Gabung 103 Hotel BUMN******

Menteri BUMN Erick Thohir akan menggabungkan 103 hotel BUMN dan menggandeng UMKM agar produknya bisa terserap.
Menteri BUMN Erick Thohir akan menggabungkan 103 hotel BUMN dan menggandeng UMKM agar produknya bisa terserap. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMN Erick Thohir akan menggabungkan 103 hotel BUMNdan menggandeng UMKM agar produknya bisa terserap.

"Kami sedang mengonsolidasikan 103 hotel yang ada di BUMN, makanya saya bilang BUMN jangan masing-masing bikin hotel sendiri," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Jumat (28/10).

Erick menjelaskan tahap pertama penggabungan ini dilakukan terhadap 23 hotel pelat merah. Adapun pada tahap selanjutnya akan ada 40 hotel lagi yang digabung.

Menurut Erick, upaya menggandeng UMKM sebagai pemasok bagi kebutuhan-kebutuhan hotel BUMN tersebut guna menuju kemandirian dan mengurangi ketergantungan terhadap produk impor.

Sebelumnya, Konsultan properti Jones Lang LaSalle (JLL) memperkirakan volume investasi bisnis hotel di Indonesia akan mencapai 300 juta dolar AS pada 2023.

Lihat Juga :
LAPORAN KHUSUSKaum Muda dan Sejuta Topan Badai PHK Startup

Vice President, Investment Sales Asia JLL Hotels & Hospitality Group JLL Julien Naouri mengatakan pemulihan pariwisata di Indonesia diperkirakan akan lebih menyeluruh. Pasalnya, sebagian besar negara-negara di kawasan sekitarnya telah mencabut aturan pembatasan perjalanan.

Terkait sentimen investasi hotel pada tahun ini, hingga September Indonesia memimpin dalam hal volume dengan total nilai US4 juta.

JLL juga melihat hingga Agustus 2022, angka kedatangan wisatawan mancanegara di kota-kota utama seperti Jakarta dan Bali telah melampaui 2021.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Kristo Kaarman, Menang Perang Lawan Bank Jadi Orang Terkaya di Estonia******

Kristo Kaarman sukses jadi orang terkaya di Estonia usai mengembangkan sistem pengiriman uang lintas batas, yakni Transferwise.
Kristo Kaarman sukses jadi orang terkaya di Estonia usai mengembangkan sistem pengiriman uang lintas batas, yakni Transferwise. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bayangkan menjadi orang terkayadi negara berpendapatan tinggi? Ya, itu lah Kristo Kaarman. Pendiri dan CEO Transferwise itu menyandang predikat orang terkaya di Estonia, satu-satunya dalam daftar Forbes Billionaire.

Tetapi, bukan berarti 1,4 juta penduduk Estonia lainnya miskin. Estonia memang dikenal sebagai negara dengan pendapatan tinggi oleh PBB dan dicap sebagai negara maju di Uni Eropa.

Kaarman mengantongi kekayaan bersih US,5 miliar atau setara Rp23,2 triliun (kurs Rp15.520 per dolar AS) per akhir Oktober 2022.

Kaarman mendirikan startuppembayaran atau pengiriman uang lintas bantas Transferwise pada 2011 silam. Selang 10 tahun berjalan, perusahaan rintisan ini berhasil mencatatkan sahamnya di Bursa Efek London.

Awalnya, ia hanya lah karyawan Deloitte Consulting dan PriceWaterhouseCoopers. Ia ditempatkan menjadi konsultan manajemen di perbankan dan perusahaan asuransi Eropa untuk memodernisasi proses dan sistem mereka.

Kaarman gemas dengan proses dan sistem industri keuangan. Dari pengamatannya, ia menilai ada ketidakefisienan dalam pembayaran atau pengiriman uang.

Lihat Juga :
TAIPANYuri Milner, Konglomerat Berdarah Yahudi yang Ogah Jadi Warga Rusia

Tidak cuma itu, berdasarkan pengalamannya, ia mengaku kerap kehilangan uang saat melakukan transfer di bank. Belum lagi, biaya yang dibebankan untuk mengirim uang pun 'selangit.'

"Faktanya, perbankan internasional tidak pernah benar-benar ada," ujar Kaarman dilansir dari blog wise.com.

Dari sana, Kaarman merangkul Taavet Hinrikus, yang pada saat itu menjabat sebagai direktur strategi Skype untuk bekerja sama.

Keduanya sepakat untuk mengembangkan sistem baru, benar-benar baru, untuk melakukan pembayaran dan pengiriman uang lintas negara dengan biaya semurah mungkin.

Lihat Juga :
TAIPANBang Si Hyuk, Produser Lagu BTS Jadi Crazy Rich Korsel

Miliarder Peter Thiel dan Richard Branson tercatat menjadi investor awal startup milik Kaarman dan Hinrikus tersebut. Diikuti oleh modal ventura (VC) Andreessen Horowitz dan Baillie Gifford.

Abakadabra, Transferwise berhasil menjadi bisnis transfer internasionalpeer to peer(P2P), sekaligus menjadi bisnis remitansi pertama yang tidak melibatkan perbankan.

Bahkan, kesuksesan Transferwise membawa Kaarman sebagai salah satu pelopor teknologi dalam World Economic Forum (WEF) 2015.

"Orang-orang berhak mendapatkan yang lebih baik daripada biaya tersembunyi, nilai tukar yang di-mark up, dan transfer yang lambat ketika uang mereka melintasi perbatasan," imbuh Kaarman.

Inovasi Tiada Henti

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Harga Kripto Kompak Menghijau, Dogecoin Melonjak Lebih dari 100 Persen******

Harga aset kripto kompak menguat dalam 24 jam terakhir maupun 7 hari terakhir. Dogecoin meroket 115,64 persen dalam sepekan.
Harga aset kripto kompak menguat dalam 24 jam terakhir maupun 7 hari terakhir. Dogecoin meroket 115,64 persen dalam sepekan. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga aset kripto kompak menguat dalam 24 jam terakhir maupun 7 hari terakhir. Dogecoin pagi ini dijual USAP I Lakukan Penyesuaian Operasi Bandara Bali 12******

Angkasa Pura I akan melakukan penyesuaian operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 12-18 November 2022 untuk mendukung kelancaran KTT G20 Bali.
Angkasa Pura I akan melakukan penyesuaian operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 12-18 November 2022 untuk mendukung kelancaran KTT G20 Bali. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF).
Denpasar, CNN Indonesia--

PT Angkasa PuraI (Persero) akan melakukan penyesuaian operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 12-18 November 2022 untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20Bali yang diselenggarakan pada 15 hingga 16 November 2022.

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan menyampaikan hal tersebut sudah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia.

"Penyesuaian operasional bandara dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Nomer 11, Tahun 2022 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia tahun 2022, di Bandar I Gusti Ngurah Rai," kata dia, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/10) malam.

Ia menerangkan, penyesuaian ini dilakukan guna menjamin aspek keamanan, keselamatan, dan kelancaran penerbangan kepala negara atau VVIP, penerbangan militer, penerbangan niaga berjadwal atau scheduled flight dalam dan luar negeri, penerbangan niaga tidak berjadwal atau unscheduled flight/charter flight, serta penerbangan non-niaga atau private flight dalam dan luar negeri.

"Sehingga pada saat pelaksanaan G20 terutama pada saat kedatangan dan kepulangan para tamu kenegaraan, lalu lintas udara di I Gusti Ngurah Rai dapat berjalan dengan lancar," imbuhnya.

Beberapa penyesuaian operasional di Bandara Ngurah Rai adalah sebagai berikut:

1. Jam operasional (operating hours) Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai ditetapkan selama 24 Jam;
2. Pemberlakuan pembatasan operasional penerbangan (Limited Operation) untuk penerbangan reguler pada 14 November pada pukul 00.00 s.d. 02.00 WITA dan pukul 13.00 s.d. 21.00 WITA;
3. Pemberlakuan pembatasan operasional penerbangan (Limited Operation) untuk penerbangan reguler pada 17 November pada pukul 12.00 s.d. 19.00 WITA;
4. Prioritas pelayanan penerbangan selama pemberlakuan pembatasan operasional penerbangan (Limited Operation) diberikan untuk penerbangan sebagai berikut:

a) Penerbangan VVIP G20 (Pesawat Utama dan Pesawat Pendukung);
b) Penerbangan pesawat kemiliteran (military flight) pendukung G20;
c) Penerbangan charter delegasi G20;
d) Penerbangan bukan niaga (charter flight) delegasi G20; dan
e) Penerbangan reguler dalam negeri dan luar negeri dengan jumlah pergerakan tertentu/terbatas.

Ia mengatakan, pada periode pembatasan operasional penerbangan atau limited operation, Bandara Ngurah Rai tetap melayani penerbangan komersial berjadwal.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu mengutip Antara, Dirut AP I Faik Fahmi mengimbau calon pelaku perjalanan udara untuk menyesuaikan jadwal perjalanan udara.

"Kami juga mengimbau calon pelaku perjalanan udara yang akan melakukan perjalanan udara pada periode limited operation pada 14 dan 17 November untuk berkoordinasi dengan maskapai penerbangan, khususnya karena ada potensi perubahan jadwal penerbangan komersial berjadwal yang menyesuaikan pada penerbangan delegasi peserta KTT G20," ujarnya.

Ia menyampaikan selain penyesuaian operasional terkait penerbangan, AP I bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Provinsi Bali untuk melakukan penyesuaian akses lalu lintas di sekitar Bandara Ngurah Rai pada rentang 14 dan 17 November 2022.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memfasilitasi kedatangan delegasi dan mempermudah akses transportasi darat dari bandara ke lokasi penyelenggaraan KTT G20.

Lihat Juga :
TAIPANKristo Kaarman, Menang Perang Lawan Bank Jadi Orang Terkaya di Estonia

Terkait dengan pengaturan akses lalu lintas di bandara, dua jalur Jalan Raya Airport Ngurah Rai yang berada di depan Gedung Administrasi PT Angkasa Pura I hingga Taman Bundaran I Gusti Ngurah Rai, dan juga akses Jalan Raya Tuban akan ditutup sementara pada periode 14 dan 17 November.

"Penyesuaian operasional bandara ditujukan untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT G20 Bali, terutama dalam kaitannya dengan aspek keamanan, keselamatan, dan kelancaran penanganan penerbangan pada delegasi," pungkasnya.

(kdf/dnz)

[Gambas:Video CNN]
,128 per keping, melonjak 7,76 persen dalam 24 jam dan meroket 115,64 persen dalam sepekan.

Mengutip coinmarketcap.com, Selasa (1/11) bitcoin kini berada di level US.506 per keping, naik 0,22 persen dalam 24 jam dan 6,26 persen dalam sepekan.

Ethereum naik 0,86 persen dalam 24 jam dan terkerek 17,93 persen dalam sepekan. Kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua itu ada di level US.579 per keping.

XRP berada di level USPesangon Mantan CEO Twitter Rp897 M Usai Dipecat Elon Musk******

Mantan CEO Twitter Parag Agrawal mendapatkan pesangon US,4 juta atau setara Rp897 miliar setelah dipecat oleh Elon Musk.
Mantan CEO Twitter Parag Agrawal mendapatkan pesangon US,4 juta atau setara Rp897 miliar setelah dipecat oleh Elon Musk. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tiga eksekutif Twitterdipecat Elon Muskusai merampungkan akuisisi pada Jumat (28/10). Mereka adalah mantan CEO Parag Agrawal, mantan CFO Ned Segal, dan mantan Chief Legal Officer Vijaya Gadde.

Secara total, Musk harus merogoh sekitar US1,9 juta (Rp1,9 triliun) untuk membayarkan pesangon ketiga eksekutif Twitter tersebut.

Menurut perusahaan riset Equilar, dikutip dari Forbes, pesangon khusus untuk mantan CEO Twitter Parag Agrawal menjadi yang paling besar. Nominalnya mencapai US$ 57,4 juta atau setara Rp897 miliar (asumsi kurs Rp15.630 per dolar AS).

Rincian tersebut termasuk dengan gaji dan tunjangan satu tahun. Rinciannya, Agrawal menerima US3 ribu dan Segal serta Gadde masing-masing menerima US0 ribu.

Agrawal, Gadde, dan Segal juga diatur untuk secara otomatis menerima total US9,6 juta saham pribadi sebagai bagian dari paket pesangon mereka.

Lihat Juga :
Hari Ini QRku BCA Resmi Dihapus

Dikutip dari CNN, Agrawal yang kurang dari setahun menjabat sebagai CEO memiliki saham sebesar 155 ribu. Lalu, Segal mengantongi 406 ribu saham. Sementara, Gadde memiliki 642 ribu saham.

Selain ketiganya, Musk juga harus memberikan pesangon kepada petinggi Twitter lain yang ia pecat. Eks Chief Customer Officer Sarah Personette diperkirakan menerima US,2 juta.

Sebelumnya, Elon Musk resmi merampungkan akuisisi Twitter senilai US miliar atau setara Rp683 triliun (asumsi kurs Rp15.525 per dolar AS) pada Jumat (28/10). Musk memanfaatkan berbagai sumber dana untuk mengambil alih kepemilikan perusahaan media sosial itu.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir),459 per keping, naik 1,74 persen dalam 24 jam dan 2,28 persen dalam 7 hari.

Cardano berada di level USZulhas Sebut Pengusaha Usul Subsidi Kedelai Impor Naik Rp2.000******

Mendag Zulhas menyebut subsidi kedelai Rp1.000 sudah tidak berarti saat ini. Mendengar pengusaha, subsidi kedelai diusulkan naik Rp2.000-Rp3.000.
Mendag Zulhas menyebut subsidi kedelai Rp1.000 sudah tidak berarti saat ini. Mendengar pengusaha, subsidi kedelai diusulkan naik Rp2.000-Rp3.000. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) menaikkan subsidi kedelaimenjadi Rp2.000 hingga Rp3.000 per kilogram (kg).

Ia menyebut hal itu seiring dengan kenaikan harga kedelai impor. Menurutnya, harga kedelai impor saat ini turun dari negara asal. Namun, karena nilai rupiah terhadap dolar AS sedang melemah, yakni dari Rp14.500 menjadi Rp15.500 per dolar AS, sehingga terasa harga masih tinggi.

"Tapi, harga turun, rupiah kita juga kan melemah kursnya. Karena kan kedelai ini 99 persen impor. Oleh karena itu, harganya Rp13 ribu per kilogram, ada yang lebih. Ini kan subsidinya Rp1.000, nah sekarang para pengusaha, Gakoptindo mengusulkan agar ada subsidi Rp2.000-Rp3.000," terang dia saat Rakernas Gakoptindo 2022 di IIC Bogor, mengutip Antara, Minggu (30/10).

Pangan pokok tertentu yang ditetapkan sebagai CPP meliputi beras, jagung, bawang, cabai, daging unggas, daging ruminansia, gula konsumsi, minyak goreng, dan ikan.

"Nah, tadi saya coba, kalau Rp1.000 memang sudah nggak nendang. Akhirnya, kita bisa Rp2.000, nanti apakah dari pusat bisa dengan Perpres yang baru ini kan bisa juga dengan pemerintah daerah," jelasnya.

Lihat Juga :
Menaker Buka Suara Soal Pemotongan BSU oleh Waroeng SS

Zulhas pun mengajak gotong royong bersama-sama pemerintah pusat, Gakoptindo, dan pemerintah daerah, supaya rakyat dapat membeli harga kedelai dengan terjangkau.

Dengan kata lain, jika harga kedelai impor sudah terlalu tinggi seperti saat ini, maka subsidi bisa dibagi antara pemerintah pusat Rp1.000, pemerintah daerah Rp1.000, sehingga menjadi Rp2.000 secara keseluruhan.

"Kalau misalkan naik lagi, nanti kita coba lihat, apakah pemerintah pusat bisa Rp2.000, pemda berapa. Contoh, Denpasar itu wali kotanya bagus, harga kedelai Rp10 ribu, kalau lebih dia akan subsidi karena ada anggaran cadangan yang 2 persen itu bisa dipakai," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)

[Gambas:Video CNN]
,407 per keping, naik 12,74 persen dalam sepekan dan terkerek 2,08 persen dalam 24 jam. Solana dijual US,7 per keping, melonjak 15,81 persen dan naik tipis 0,75 persen dalam 24 jam.

Sementara itu, USD coin, binance USD, dan tether pergerakannya cukup bervariasi namun stabil di angka US per keping.

Lihat Juga :
Harga BBM Shell Turun, Setara Pertamax Lebih Murah Dibanding Pertamina

Saat ini, kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/bir)




bab terbaru:akun slot demo anti rungkad

Perbarui waktu:2024-06-27

Daftar bab terbaru
bocor88
slot gacor pagi ini
bintang29
mpo188 slot
daftar pinjaman ojk
max win floating dragon
pinjaman online koperasi
timnas4d
pola bermain mahjong
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot resmi indonesia
Bab 2 pinjol bisa dicicil
Bab 3 online situs
Bab 4 slot rtp live
Bab 5 asiaqq
Bab 6 situs judi slot terpercaya
Bab 7 cara nyicil di tokopedia tanpa kartu kredit
Bab 8 beli hp cicilan di shopee
Bab 9 pola gacor mahjong 1 hari ini
Bab 10 cairkan limit kredivo
Bab 11 slot paling gacor banget
Bab 12 it 88 sport slot
Bab 13 togel terlengkap terpercaya
Bab 14 jp paus sydney
Bab 15 papawin slot
Bab 16 slot yang mudah maxwin
Bab 17 icslot88
Bab 18 bandar slot terbaru
Bab 19 jitu server thailand vip
Bab 20 buku mimpi 3d sang pemimpi
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8090bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Mall League of Legends dari Dunia Lain

situs yang lagi gacor malam ini
Pengamat membantah jumlah TKA China lebih banyak dari TKI di industri nikel. Pun, wajar TKA China ramai karena investasinya berasal dari mereka.
Pengamat membantah jumlah TKA China lebih banyak dari TKI di industri nikel. Pun, wajar TKA China ramai karena investasinya berasal dari mereka. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indonesia memiliki cadangan nikelterbesar di dunia. Namun, kekayaan alam sebesar ini dituding justru memberikan kenikmatan bagi tenaga kerja asing (TKA) asal China.

Tudingan itu disampaikan oleh eks wakil presiden Jusuf Kalla (JK) yang menyebut pertambangan nikel di Tanah Air lebih banyak mempekerjakan pekerja China dibandingkan pekerja lokal.

"Ini (Indonesia) daerah kaya nikel, tapi yang kerja semua China, dari daratan sampai tukang las," imbuh JK saat ditemui dalam peringatan HUT 70 Tahun Kalla Group di Grand Ballroom Kempinski Jakarta akhir pekan lalu.

"Itu nggak betul. Kalau waktu konstruksi dulu awal-awal 2014 ya, sekarang sudah banyak orang Indonesia, pergi saja lihat ke sana," tantang Luhut.

Lalu seperti apa faktanya?

Berdasarkan data Kementerian ESDM hingga akhir 2021, jumlah TKA di industri mineral dan batu bara (minerba) lebih dari 3.000 orang. Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibanding dengan total pekerja Indonesia yang sebanyak 23.857 orang.

Lihat Juga :
JK Kritik Buruh Sampai Tukang Las di Daerah Kaya Nikel RI Semua China

Sementara, khusus untuk industri nikel saja, jumlah tenaga kerja yang tercatat sebanyak 24.745 orang yang terdiri dari 21.691 orang TKI dan 3.054 TKA. Itu pun, jumlah pekerja asingnya tidak hanya berasal dari China saja.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai keberadaan TKA China di industri nikel Indonesia sudah pasti ada dan menjadi hal yang wajar. Sebab, investor terbesar di pengelolaan nikel Indonesia adalah China.

Setidaknya, ada dua perusahaan besar pengelola tambang nikel di dalam negeri yang berasal dari China, yakni PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Sulawesi Tengah dan PT Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) di Sulawesi Tenggara.

Namun, terkait dengan mayoritas pekerjanya China di industri nikel ini, Mamit ragu jika jumlahnya lebih besar dari TKI seperti yang disampaikan oleh JK.

Lihat Juga :
JK Kritik Pengolahan Nikel RI Banyak Pakai Tangan China

"Saya kira sebenarnya ini bukan karena mereka (TKA China) hebat, tapi lebih kepada mereka inikan membawa investasi dan modal, di mana salah satu kekuatannya adalah bisa membawa SDM dari negara mereka seoptimal mungkin," kata Mamit kepada CNNIndonesia.com, Senin (31/10).

Menurut Mamit, TKA China ini tak akan bisa dihilangkan. Pasalnya, teknologi pengolahan smelter dibawa dari negeri Tirai Bambu dan tentu lebih dikuasai oleh pekerja mereka sendiri dibandingkan TKI.

"Tidak dipungkiri bahwa teknologi smelter ini ya mereka yang punya, sehingga banyak tenaga ahli yang mereka bawa juga," jelasnya.

Menurut Mamit, pekerja dari asal negara investor ini biasanya hanya untuk mengisi posisi operator pengendali mesin atau teknologi saja. Sedangkan, untuk tenaga kasar lebih banyak menggunakan TKI.

Lihat Juga :
LAPORAN KHUSUSSarjana Susah Cari Kerja, Siapa yang Salah?

"Untuk tenaga kasar saya kira nggak banyak (TKA China) ya, karena mereka juga menggunakan tenaga kerja lokal. Serapan tenaga kerja lokal juga sepertinya cukup besar. Bisa di cek ke daerah yang ada smelter, ekonomi disana hidup sekali. Masyarakat lokal juga merasakan manfaatnya," terang dia.

Pendapat serupa disampaikan oleh Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) Rizal Kasli. Ia menilai penggunaan TKA China ini tidak terlepas dari perjanjian dan izin yang diberikan oleh pemerintah pada saat negosiasi investasi dilakukan.

"Sebenarnya, pemakaian tenaga kerja dari China sebagai negara prinsipal dalam hal hilirisasi komoditas mineral lebih pada tahap konstruksi. Hal ini dapat dilihat pada kegiatan pembangunan smelter, terutama di nikel yang lebih bersifat turnkey di mana tenaga kerja lebih dominan dari China," ucap Rizal.

Menurutnya, investor menyadari Indonesia sangat ketinggalan dalam teknologi pengembangan nikel. Hal ini tercermin dari kegiatan ekspor nikel selama ini dalam bentuk bijih atau mentah.

Lihat Juga :
LAPORAN KHUSUSCerita Buruh Pabrik Cikarang Masuk Kerja Lewat Yayasan, Bayar Rp2 Juta

Nah, ketika pemerintah ingin mengekspor nikel dalam bentuk setengah jadi, maka investor mengambil kesempatan membawa TKA mereka. Artinya, uang investasi-nya kembali ke negaranya lagi.

"Tentu saja mereka mengerti bahwa Indonesia sangat ketinggalan dalam hal teknologi pengolahan dan pemurnian mineral, sehingga mereka menegosiasikan untuk membawa sebanyak mungkin barang modal dan tenaga kerja untuk mengerjakan proyek. Dengan demikian, uang yang diinvestasikan sebagian besar kembali lagi ke negara mereka (China)," jelasnya.

Rizal menilai seharusnya keterlibatan TKA asing di industri nikel Indonesia hanya sementara saja. Begitu tahap konstruksi selesai, maka mereka harus kembali ke negerinya dan digantikan oleh TKI.

Pengawasan Jangan Kendor

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Pasangan abadi yang lahir di surga

bo togel bonus new member 100 persen
IHSG menguat 0,61 persen ke 7.098 pada penutupan perdagangan Senin (31/10).
IHSG menguat 0,61 persen ke 7.098 pada penutupan perdagangan Senin (31/10). (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 7.098  pada Senin (31/10).  Indeks saham menguat 42,85 poin atau plus 0,61 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp13,99 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 21,77 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 302 saham menguat, 220 terkoreksi, dan 185 lainnya stagnan. Terpantau, tujuh dari sebelas indeks sektoral kompak menguat, dipimpin oleh sektor energi di angka 2,17 persen.

Bursa saham Eropa mayoritas menguat. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,37 persen, indeks CAC 40 di Prancis naik 0,46 persen, dan indeks DAX di Jerman menguat 0,24 persen.

Tak jauh beda, bursa Amerika dominan hijau. Indeks S&P 500 naik 2,46 persen, indeks NYSE menguat 1,55 persen, dan indeks NASDAQ Composite plus 2,87 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Infinity: Dari Mata Sharingan hingga Mata Samsara

pinjol terpercaya 2022
Hong Kong berencana untuk melegalkan perdagangan kripto untuk investor ritel di negaranya.
Hong Kong berencana untuk melegalkan perdagangan kripto untuk investor ritel di negaranya. (AP/Kong).
Jakarta, CNN Indonesia--

Hong Kong berencana untuk melegalkan perdagangankripto untuk investorritel di negaranya.

Saat ini negara tersebut tengah mencari cara untuk melonggarkan aturan terkait kripto sehingga bisa digunakan sebagai transaksi yang sah. Tujuannya, untuk kembali meningkatkan bisnis kripto yang mulai ditinggalkan.

"Hong Kong terbuka dan inklusif terhadap komunitas global inovator yang terlibat dalam bisnis aset virtual," ujar Sekretaris Keuangan Paul Chan dalam Pertemuan Puncak Keuangan dikutip dari AFP, Senin (31/10).

Dengan rencana kebijakan baru ini, pemerintah Hong Kong akan berkonsultasi dengan berbagai pihak untuk melihat bagaimana cara meningkatkan akses investor ritel ke aset kripto.

Sebagai informasi, saat ini Hong Kong memang membatasi transaksi kripto dengan nilai portofolio di atas 8 juta dolar HK atau US juta.

Lihat Juga :
INFO HARGA PANGANHarga Pangan Kompak Turun, Kecuali Minyak Goreng dan Telur Ayam

Namun, dengan kebijakan pelonggaran aturan kripto ini nantinya masyarakat bisa bebas melakukan transaksi atau investasi kripto. Dengan syarat, risiko ditanggung oleh masing-masing investor.

Sebelumnya, China pernah menjadi salah satu pasar kripto terbesar di dunia. Namun secara mengejutkan pada 2021 melarang transaksi mata uang digital tersebut.

Sementara itu, Jepang baru-baru ini melonggarkan beberapa aturannya yang lebih konservatif dalam pendaftaran token kripto.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Toko Hitam Tuhan Tuhan

slot gacor besok

Superstar Hiburan yang Tak Terkalahkan

motor erek erek

Tianzhimen

situs slot poker