petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

jambu slot

pinjol pohon duit 714Jutaan kata 624088Orang-orang telah membaca serialisasi

《jambu slot》

ASDP Wajibkan Pemudik Beli Tiket Online Demi Berantas Calo******

ASDP mewajibkan para pemudik membeli tiket kapal ferry secara online untuk Lebaran tahun ini demi menghindari pembelian tiket dari calo.
ASDP mewajibkan para pemudik membeli tiket kapal ferry secara online untuk Lebaran tahun ini demi menghindari pembelian tiket dari calo. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mewajibkan para pemudikuntuk membeli tiket kapalferry ASDP secara onlineuntuk Lebaran tahun ini demi menghindari pembelian tiket dari calo.

Tiket bisa dipesan onlinedi gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, agen BRILink dan lainnya. Sementara itu, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank,e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya.

"Saat ini sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan. Jadi, pengguna jasa dapat beli tiket via website atau aplikasi Ferizy," kata Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin melalui keterangan resmi, Jumat (3/3).

ASDP telah membuka penjualan tiket ferry Lebaran 2023 sejak 60 hari sebelum Lebaran, mengingat waktu perjalanan libur yang semakin mendekat.

"Pemudik harus sudah mulai rencanakan jadwal berangkat, minimal H-1 sudah bertiket," ujarnya.

Shelvy juga mengingatkan agar para pemudik mengisi data diri untuk manifest dengan lengkap dan benar, serta jangan menggunakan data diri orang lain.

Lihat Juga :
INKA Buka Suara soal Pesanan Kereta KCI

"Pastikan data penumpang dan kendaraan tercatat, supaya terlindungi asuransi penyeberangan," imbuhnya.

Ia juga mengingatkan pemudik yang telah mengantongi tiket agar tidak terlambat dan melakukan check in2 jam sebelum keberangkatan kapal. Tiket akan hangus jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan.

"Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan," tegasnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/dzu)

Kemenhub Bidik Proyek Kereta Api di IKN Setelah 2025******

Kementerian Perhubungan baru akan menggarap jalur kereta api di ibu kota negara baru (IKN) Nusantara setelah 2025 mendatang.
Kementerian Perhubungan baru akan menggarap jalur kereta api di ibu kota negara baru (IKN) Nusantara setelah 2025 mendatang. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) baru akan menggarap jalur kereta apidi ibu kota negara baru (IKN) Nusantara setelah 2025 mendatang.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Djarot Tri Wardhono mengatakan saat ini pihaknya tengah menyusun studi dari trase atau rencana tapak jalur kereta api di Kalimantan, khususnya kawasan IKN.

"Kalimantan paling deket di IKN proyeksi kami memang (pembangunan) masih di atas 2025," ujarnya di Kantor Kemenhub, Kamis (2/1).

Terkait biayanya, Djarot mengatakan pihaknya belum bisa memberi gambaran secara pasti. Ia menyebut rincian biaya baru bisa diketahui setelah proyek ini masuk studi Detail Engineering Design(DED).

"Kalau sudah masuk ke-DED akan diketahui biaya detil," ucap Djarot.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri berencana membangun empat jalur kereta api di IKN Nusantara.

Lihat Juga :
Pengamat Minta Geng-geng Pejabat Berduit di Kemenkeu Dibongkar

Berdasarkan Perpres Nomor 64 Tahun 2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional IKN Nusantara Tahun 2022-2042, empat jalur kereta api tersebut dibagi ke dalam dua bagian, yaitu jaringan jalur kereta api antarkota dan jaringan jalur kereta api perkotaan.

Jaringan jalur kereta api antarkota terdiri dari jalur kereta api menghubungkan Banjarmasin-Pantai Lango-Karang Joang-Sp Samboja-Samarinda dan jalur kereta api yang menghubungkan WP KIPP-WP IKN Barat-WP IKN Timur 1-Sp. Samboja- Karang Joang- Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Sementara, jaringan jalur kereta api perkotaan meliputi pembangunan jaringan kereta api yang menghubungkan WP KIPP-WP IKN Barat-WP IKN Timur 1- WP IKN Timur 2- WP IKN Utara dan pembangunan jaringan kereta api yang menghubungkan WP IKN Barat-WP IKN Timur 2.

Dalam pasal 41 ayat 1, jaringan jalur kereta api ditetapkan dalam rangka mengembangkan interkoneksi dengan sistem jaringan jalur wilayah nasional, Pulau Kalimantan, Provinsi Kalimantan Timur, dan antarwilayah dalam IKN.

Lihat Juga :
Pengakuan Pegawai Pajak soal Aduannya 'Dicuekin' Sri Mulyani

Jaringan jalur kereta api berupa jaringan jalur kereta api umum. Pembangunan jaringan jalur kereta api ini merupakan bagian dari rencana sistem jaringan transportasi IKN.

Sistem jaringan transportasi terdiri atas sistem jaringan jalan, sistem jaringan kereta api, sistem jaringan sungai, danau dan penyeberangan, sistem jaringan transportasi laut, dan sistem angkutan umum massal.

Dalam pasal 33 ayat 5, sistem jaringan kereta api terdiri atas jaringan jalur kereta api dan stasiun kereta api.

Stasiun kereta api terdiri dari dua bagian, yaitu stasiun kereta api penumpang dan stasiun operasi.

Adapun, stasiun kereta api penumpang terdiri dari 14 stasiun, yaitu Stasiun Sentral Bumi Harapan di WP KIPP, Stasiun Sentral Sepaku di WP IKN Barat, Stasiun Simpang Tengin Baru di WP IKN Timur 1, Stasiun Bumi Harapan di WP KIPP.

Kemudian, Stasiun Pemaluan di WP KIPP, Stasiun Bumi Harapan 2 di WP IKN Barat, Stasiun Karang Jinawi 1 di WP IKN Barat, Stasiun Sepaku di WP IKN Barat, Stasiun Karang Jinawi 2 di WP IKN Timur 1, Stasiun Sukaraja 1 di WP IKN Timur 1.

Selanjutnya, Stasiun Tengin Baru di WP IKN Timur 1, Stasiun Karang Jinawi 3 di WP IKN Timur 2, Stasiun Sukaraja 2 di WP IKN Timur 2, dan Stasiun Sungai Payang di WP IKN Utara.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

[Gambas:Video CNN]

MAKMUR PKT Jadi Kunci Jaga Ketahanan Pangan Nasional******

Sebagai produsen pupuk urea terbesar di Indonesia, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) pun turut menjawab tantangan tersebut dengan menginisiasi program MAKMUR
Program MAKMUR akan terus dikembangkan ke komoditas unggulan di tiap daerah. (Foto: Arsip PT Pupuk Kaltim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sektor pertanian diharapkan menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Keseimbangan stok pangan global yang sempat terganggu tentu berdampak langsung pada kenaikan harga pangan global.

Harga-harga komoditas, terlebih energi dan pangan cenderung mengalami kenaikan dan menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan tekanan inflasi di berbagai negara.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pertanian menjadi sektor ketiga yang berkontribusi besar terhadap produk domestik bruto (PDB) kuartal III 2022, yakni mencapai 12,91 persen.

"Diinisiasi sejak 2020 lalu oleh PKT, program MAKMUR sendiri merupakan salah satu fokus PKT bersama Pupuk Indonesia melalui sinergi BUMN, mendorong pengembangan sektor pertanian dalam mendukung terwujudnya ketahanan pangan nasional," kata Direktur Keuangan dan Umum PKT Qomaruzzaman dikutip Kamis, (2/3).

"Dalam program ini, petani binaan kami berhasil meningkatkan produktivitas hasil panen padi dan jagung mereka rata-rata hingga 35 persen, sehingga kesejahteraan petani juga turut meningkat lewat keuntungan hasil panen padi dan jagung yang meningkat rata-rata 52 persen," kata Qomaruzzaman.

Pada Desember 2022, lewat program MAKMUR ini, PKT tercatat telah berhasil merealisasikan 66.136 hektar lahan dengan jumlah petani yang tergabung 30.577 orang.

Target tahun lalu berhasil dicapai dengan kenaikan target petani yang telah bergabung sebesar 122,3 persen dari target awal sebesar 25.000, dan juga kenaikan lahan sebesar 110,2 persen dari target 60.000.

PKT Siapkan Stok Pupuk untuk Musim Tanam Maret 2023

Sementara itu, SVP Transformasi Bisnis PKT, Wisnu Ramadhani mengungkapkan, bahwa kualitas dan kuantitas pelaku sektor pertanian nasional harus selalu ditingkatkan karena menjadi salah satu faktor dalam menjaga ketahanan pangan nasional, selain jaminan pemenuhan kebutuhan dan stok pupuk bagi para petani.

"Menjelang musim tanam Maret 2023, PKT akan mendukung penuh ketercukupan pupuk di gudang-gudang distribusi dan memastikan bahwa pupuk-pupuk tersedia bagi para petani yang membutuhkan," kata Wisnu.

Adapun stok pupuk yang dipersiapkan PKT untuk musim tanam Maret 2023 ini adalah sebesar 172.433 ton, stok pupuk urea bersubsidi dan 7.320 ton NPK formula khusus, serta 342.553 ton pupuk urea non subsidi dan 36.056 NPK non subsidi (Per 28 Februari 2023).

"Seluruh stok ini terjamin tersedia di wilayah-wilayah yang menjadi tanggung jawab PKT," ujar Wisnu.

Dengan harapan bisa terus mengembangkan kemampuan sumber daya manusia yang cakap mengelola pertanian Indonesia, maka tugas dan tanggung jawab serta komitmen yang utama tentu terletak di pelaku industri pupuk Tanah Air, termasuk PKT.

Karena dengan komitmen penuh dalam edukasi pengelolaan lahan pertanian yang efektif adalah salah satu kunci dalam menjaga stabilitas pangan nasional dan sekaligus sebagai penyumbang besar dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Karena itu, bersama dengan holding Pupuk Indonesia, program MAKMUR pun digagas di banyak wilayah di Indonesia agar pemerataan proses edukasi ini bisa berjalan dengan baik.

Hingga saat ini program MAKMUR telah berkembang di berbagai wilayah Indonesia, dan pada tahun 2023 PKT diamanatkan untuk mengelola program MAKMUR di seluruh Sulawesi, seluruh Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, NTB, NTT dan Papua Barat.

Project Manager Program MAKMUR, PKT Adrian RD Putera mengatakan, program MAKMUR akan terus dikembangkan ke komoditas unggulan di tiap daerah. Salah satunya dengan menggali potensi komoditas unggulan alternatif, yang mampu memberikan nilai ekonomi lebih bagi para petani.

Kemudin, terus bekerja sama dan melakukan kolaborasi bersama petani, maka petani yang tergabung dalam program MAKMUR dapat terus bertambah, sehingga petani yang mendapatkan pendampingan terarah tentang pengelolaan dan pemaksimalan lahan pertanian juga semakin banyak.

"Kami berharap kesejahteraan petani dan produktivitas pertanian melalui Program MAKMUR akan semakin bertumbuh secara pesat di tahun 2023 ini," ujar dia.

(inh/inh)




bab terbaru:rtp live indobet

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
slot gacor mudah scatter
arti pola gacor
pundi 86 slot
jamintoto
rekomendasi situs slot gacor
slot 2022 tergacor
wahana138
situs lama terpercaya
mbifriday500
Daftar isi semua bab
Bab 1 club 88 slot
Bab 2 semua slot
Bab 3 daftar slot online
Bab 4 mpo1221 slot
Bab 5 pusat judi slot online
Bab 6 prediksi togel wap cambodia
Bab 7 pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit 2022
Bab 8 pinjam mekar
Bab 9 situs gacor online
Bab 10 nibung88
Bab 11 kakek zeus demo slot
Bab 12 daftar slot bonus new member
Bab 13 abadi dana pinjol
Bab 14 mantapslot
Bab 15 jika pinjol ilegal tidak dibayar
Bab 16 qqgalaxy
Bab 17 iprim138
Bab 18 daftar pinjol masuk bi checking
Bab 19 jokerpro123
Bab 20 pola mahjong ways hari ini
Klik untuk melihattersembunyi di tengah264bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Penyihir Serbaguna

slot gacor 2022 terbaru
Kemenkeu akan mengungkap hasil pemeriksaan terhadap 69 pegawai yang asal-usul harta kekayaannya masih belum jelas dalam dua minggu ke depan
Kemenkeu akan mengungkap hasil pemeriksaan terhadap 69 pegawai yang asal-usul harta kekayaannya masih belum jelas dalam dua minggu ke depan. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/ed/ama/14)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mengungkap hasil pemeriksaan terhadap 69 pegawai yang asal-usul harta kekayaannya masih belum jelas dalam dua minggu ke depan.

Inspektur Jenderal Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh mengatakan para pegawai dengan profil risiko tinggi itu sudah mulai dipanggil sejak Senin lalu.

"Kita sudah mulai memanggil pegawai-pegawai tersebut sejak Senin. Target dua minggu kita selesaikan, tapi lihat dinamika seperti apa," kata Awan di Kantor Kemenkeu, Rabu (8/3).

Sebelumnya, Kemenkeu sudah melakukan hasil analitik. Itjen juga melakukan cek formal juga material terkait anomali harta kekayaan pegawai internal. Begitu ditemukan ketidakwajaran, Awan menyebut pihaknya mengecek lagi, mulai dari harta yang tidak dilaporkan hingga transaksi mencurigakan.

"Untuk LHK 2019 artinya yang dilaporkan 2020 itu ada 33 pegawai tidak clear. Untuk LHK 2020 atau pelaporan 2021 ada 36 pegawai tidak clear. Total ada 69 pegawai tidak clear. Selanjutnya akan kami panggil, klarifikasi, untuk dilakukan pemeriksaan," kata Awan dalam konferensi pers, Rabu (3/1) lalu.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Saya hanyalah seorang kultivator iblis yang lewat

tektok777
Sejumlah deretan saham seperti BBCA hingga Adaro diprediksi akan menghasilkan cuan pada pekan ini.
Sejumlah deretan saham seperti BBCA hingga Adaro diprediksi akan menghasilkan cuan pada pekan ini. (cnnindonesia/AdhiWicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) melemah 43,77 poin atau 0,64 persen menjadi level 6.813 pada akhir pekan lalu. Investor bertransaksi senilai Rp8,6 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 15,9 miliar saham.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham sudah melemah sebanyak tiga kali dan menguat dua kali. Sementara itu, performa indeks melemah sebesar 0,63 persen.

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia Yulianto Aji Sadono mengatakan dalam sepekan, kapitalisasi pasar bursa juga melemah sebesar 0,53 persen dari Rp9,501 triliun menjadi Rp9,451 triliun.

Volume transaksi harian bursa juga menguat sebesar 3,91 persen dari 16,096 miliar saham menjadi 16,726 miliar saham.

"Investor asing pada hari ini mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp606,21 miliar dan sepanjang 2023 investor asing mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp2,85 triliun," terang Yulianto seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (3/3).

Pengamat Pasar Modal Riska Afriani memprediksi bahwa selama satu minggu ke depan, IHSG akan bergerak di rentang support 6.757 dan resistance 6.881.

Lihat Juga :
China Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 2023 Capai 5 Persen

Menurutnya, pergerakan indeks saham masih dibayangi oleh tingkat inflasi RI Februari yang naik menjadi 5,47 persen yoy dibandingkan pada Januari, yakni 5,3 persen yoy.

"Kenaikan inflasi berdampak terhadap daya beli masyarakat. Terlebih lagi, adanya pengumuman kenaikan BBM non-subsidi," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Sementara itu, dari luar negeri, ekonomi China yang diperkirakan membaik pasca pelonggaran pengetatan aktivitas akibat pandemi covid-19 bisa menjadi sentimen positif.

Sentimen positif lainnya adalah optimisme kebangkitan ekonomi global. Riska menilai bahwa perekonomian negara maju maupun berkembang tetap berjalan dengan baik di tengah kenaikan suku bunga bank sentral AS (The Fed).

Lihat Juga :
Pengamat Nilai Tepat Depo Plumpang Direlokasi ke Pelabuhan Pelindo

Riska juga menuturkan bahwa menjelang Ramadhan, ekonomi di dalam negeri ikut mendapat berkah. Pasalnya, secara historis, menjelang Ramadan, konsumsi masyarakat cenderung meningkat.

Dalam kondisi yang telah dijelaskan sebelumnya, Riska menyarankan investor untuk memulai investasi pada saham-saham yang berkapitalisasi besar dan memiliki fundamental yang baik sebagai pilihan untuk memitigasi fluktuasi harga saham.

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa pencabutan status pandemi Covid-19 membuat tenggat waktu penyampaian laporan keuangan tahunan 2022 dari emiten menjadi lebih awal, yaitu akhir Maret 2023. Hal ini memungkinkan investor untuk melihat kinerja emiten lebih awal dan dapat memberikan keputusan investasi.

Riska merekomendasikan sejumlah saham untuk dikoleksi, seperti PT Bank Central Asia Tbk atau BBCA yang melemah 1,74 persen ke posisi 8.475 pada minggu lalu, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk atau BMRI yang melemah 1,71 persen ke posisi 10.050 pada pekan lalu.

Kemudian, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau TLKM yang menguat 0,52 persen ke posisi 3.900 pada pekan lalu, PT Adaro Energy Indonesia Tbk atau ADRO yang menguat 1 persen ke posisi 3.020 pada pekan lalu, PT Astra International Tbk atau ASII yang melemah 1,63 persen ke posisi 6.050 pada minggu lalu, dan PT Mayora Indah Tbk atau MYOR yang melemah 2,55 persen pada pekan lalu ke posisi 2.670.



Sektor perbankan hingga energi jadi andalan pekan ini

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Dokter ajaib pengemis

togelsumo
Erick Thohir menyambangi Kejagung untuk melengkapi administrasi penyelesaian kasus Jiwasraya dan Waskita Karya, Senin (6/3) ini.
Erick Thohir menyambangi Kejagung untuk melengkapi administrasi penyelesaian kasus Jiwasraya dan Waskita Karya, Senin (6/3) ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Bandan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyambangi Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk melengkapi administrasi penyelesaian kasus Jiwasrayadan Waskita Karya, Senin (6/3).

Erick datang ke Kejagung didampingi Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

"Kami merapikan administrasi atau penyelesaian untuk hal-hal khususnya Jiwasraya dan Waskita," kata Erick di Kompleks Kejagung, Jakarta.

"Sebab perlindungan ke publik, kata Pak Jaksa Agung (ST Burhanuddi), jadi prioritas," sambung Erick.

Ia mengatakan Kementerian BUMN terus mendukung Kejagung. Erick pun mengungkapkan hari ini pihaknya turut melaporkan kasus baru kepada Kejagung. Namun, ia tidak mau berkomentar lebih jauh karena perlu pendalaman dahulu secara menyeluruh.

"Hari ini ada kesepakatan dengan Pak Kejaksaan Agung, tidak mau bicara kasus dulu," ucapnya.

Lihat Juga :
Pemerintah Akan Berikan Bansos Pangan Jelang Ramadan dan Idulfitri

Kejagung sendiri telah menyetorkan hasil pemulihan aset barang rampasan negara terkait kasus korupsi dan pencucian uang Jiwasraya sebesar Rp3,1 triliun ke kas negara.

Proses penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Kepala PPA Kejagung Agung Sayaifudin Tagamal, melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan di Menara Kartika, Kompleks Kejagung, Jakarta, Rabu (1/2) lalu.

Agung mengatakan jumlah tersebut merupakan total pemulihan aset barang rampasan di kasus Jiwasraya sejak September 2021.

"Baik yang berasal dari uang rampasan, penjualan lelang, penjualan langsung, penjualan efek, pencairan reksa dana, dan penetapan status penggunaan," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (3/2) lalu.

Lihat Juga :
Erick soal Kebakaran Depo Plumpang: Perlu Bentuk Tim Risiko Bisnis

Penyerahan itu, kata Agung, menegaskan proses penegakan hukum tidak hanya berorientasi terhadap pelaku kejahatan, tapi juga dalam rangka pemulihan aset.

Kendati demikian, Agung mengamini apabila pemulihan aset yang telah dilakukan masih rendah jika dibandingkan dengan kerugian negara yang diakibatkan dari skandal Jiwasraya, yakni Rp16,807 triliun.

Karenanya, ia mengatakan masih banyak barang rampasan Jiwasraya yang harus diselesaikan. Agung memastikan Kejagung berkomitmen untuk terus mengupayakan penyelesaian dalam rangka optimalisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Dalam penyerahan aset kepada negara itu, Agung menyebut reksadana dan efek menjadi penyumbang terbesar dari total seluruh barang rampasan kasus Jiwasraya yang telah dipulihkan.

Masing-masing senilai Rp1,62 triliun untuk 90 produk reksa dana dan Rp1,37 triliun untuk penjualan 3 miliar lebih lembar saham, waran, obligasi, dan pencairan dana terkait efek.

Lebih lanjut, Agung merinci barang rampasan berupa tanah dan bangunan nilainya mencapai Rp79,815 miliar yang terdiri dari 170 bidang tanah dan bangunan yang telah terjual dan 1.188 yang belum laku terjual dengan nilai Rp1,411 miliar.

Barang rampasan lainnya meliputi setoran nilai uang Rp11,823 miliar, penjualan lelang aset PT Gunung Bara Utama terkait Heru berupa conveyor, bangunan mess, room power house, kendaraan alat dan alat berat Rp9,059 miliar, 22 unit mobil dan sebuah sepeda motor Rp8,108 miliar.

Berikutnya kapal pinisi senilai Rp5,55 miliar, penetapan status penggunaan empat unit mobil Rp3,917 miliar, perhiasan, arloji, dan gitar listrik Rp856,532 juta, dan penjualan langsung dua unit sepeda Rp26,02 juta.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Dewa Bela Diri Yang Maha Tahu

pinjaman meteor legal atau ilegal
Sejumlah deretan saham seperti BBCA hingga Adaro diprediksi akan menghasilkan cuan pada pekan ini.
Sejumlah deretan saham seperti BBCA hingga Adaro diprediksi akan menghasilkan cuan pada pekan ini. (cnnindonesia/AdhiWicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) melemah 43,77 poin atau 0,64 persen menjadi level 6.813 pada akhir pekan lalu. Investor bertransaksi senilai Rp8,6 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 15,9 miliar saham.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham sudah melemah sebanyak tiga kali dan menguat dua kali. Sementara itu, performa indeks melemah sebesar 0,63 persen.

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia Yulianto Aji Sadono mengatakan dalam sepekan, kapitalisasi pasar bursa juga melemah sebesar 0,53 persen dari Rp9,501 triliun menjadi Rp9,451 triliun.

Volume transaksi harian bursa juga menguat sebesar 3,91 persen dari 16,096 miliar saham menjadi 16,726 miliar saham.

"Investor asing pada hari ini mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp606,21 miliar dan sepanjang 2023 investor asing mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp2,85 triliun," terang Yulianto seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (3/3).

Pengamat Pasar Modal Riska Afriani memprediksi bahwa selama satu minggu ke depan, IHSG akan bergerak di rentang support 6.757 dan resistance 6.881.

Lihat Juga :
China Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 2023 Capai 5 Persen

Menurutnya, pergerakan indeks saham masih dibayangi oleh tingkat inflasi RI Februari yang naik menjadi 5,47 persen yoy dibandingkan pada Januari, yakni 5,3 persen yoy.

"Kenaikan inflasi berdampak terhadap daya beli masyarakat. Terlebih lagi, adanya pengumuman kenaikan BBM non-subsidi," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Sementara itu, dari luar negeri, ekonomi China yang diperkirakan membaik pasca pelonggaran pengetatan aktivitas akibat pandemi covid-19 bisa menjadi sentimen positif.

Sentimen positif lainnya adalah optimisme kebangkitan ekonomi global. Riska menilai bahwa perekonomian negara maju maupun berkembang tetap berjalan dengan baik di tengah kenaikan suku bunga bank sentral AS (The Fed).

Lihat Juga :
Pengamat Nilai Tepat Depo Plumpang Direlokasi ke Pelabuhan Pelindo

Riska juga menuturkan bahwa menjelang Ramadhan, ekonomi di dalam negeri ikut mendapat berkah. Pasalnya, secara historis, menjelang Ramadan, konsumsi masyarakat cenderung meningkat.

Dalam kondisi yang telah dijelaskan sebelumnya, Riska menyarankan investor untuk memulai investasi pada saham-saham yang berkapitalisasi besar dan memiliki fundamental yang baik sebagai pilihan untuk memitigasi fluktuasi harga saham.

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa pencabutan status pandemi Covid-19 membuat tenggat waktu penyampaian laporan keuangan tahunan 2022 dari emiten menjadi lebih awal, yaitu akhir Maret 2023. Hal ini memungkinkan investor untuk melihat kinerja emiten lebih awal dan dapat memberikan keputusan investasi.

Riska merekomendasikan sejumlah saham untuk dikoleksi, seperti PT Bank Central Asia Tbk atau BBCA yang melemah 1,74 persen ke posisi 8.475 pada minggu lalu, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk atau BMRI yang melemah 1,71 persen ke posisi 10.050 pada pekan lalu.

Kemudian, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau TLKM yang menguat 0,52 persen ke posisi 3.900 pada pekan lalu, PT Adaro Energy Indonesia Tbk atau ADRO yang menguat 1 persen ke posisi 3.020 pada pekan lalu, PT Astra International Tbk atau ASII yang melemah 1,63 persen ke posisi 6.050 pada minggu lalu, dan PT Mayora Indah Tbk atau MYOR yang melemah 2,55 persen pada pekan lalu ke posisi 2.670.



Sektor perbankan hingga energi jadi andalan pekan ini

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Ada cara yang tepat untuk mengejar suami Anda

deltabet88
PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengirim surat ke Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag untuk meminta izin impor KRL bekas dari Jepang.
PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengirim surat ke Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag untuk meminta izin impor KRL bekas dari Jepang. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengirim surat ke Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk meminta izin impor KRL bekas dari Jepang.

Berdasarkan surat yang didapatkan CNNIndonesia.com, surat tersebut tertanggal 13 September 2022 dengan nomor 32/ AL.105/CU/KCl/lX/2022.

Judul surat yang disampaikan KCI tersebut adalah "Surat Permohonan Dispensasi dalam Rangka Permohonan Persetujuan Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru".

Berikut isi surat lengkap tersebut yang juga ditembuskan ke Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (IMALTE) Kementerian Perindustrian dan Direktur Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan:

Lihat Juga :
Kronologi Kemenkeu Copot Kepala Bea Cukai DIY Imbas Hidup Hedon

Kepada Yth,
Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI di Tempat

1. Merujuk/mempertimbangkan:

a. Peraturan Menteri Perdagangan Repubtik Indonesia Nomor 25 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 20 Tahun 2021 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor

b. Persetujuan Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru dari Dirjen Perdagangan Luar Negeri a.n. Menteri Perdagangan Nomor 04.Pl-05.18.0499 tanggal 12 Februari 2018, perihal Persetujuan Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru untuk 30 (Tiga puluh) Unit KRL Seri 6000 Tokyo Metro dan untuk 336 (Tiga ratus tiga puluh enam) Unit KRL Seri JR205;

c. Persetujuan Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru dari Dirjen Perdagangan Luar Negeri a.n. Menteri Perdagangan Nomor 04.Pl-02.19.0698 tanggal 21 Maret 2019, perihal Persetujuan Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru untuk 256 (Dua ratus lima puluh enam) Unit KRL Seri JR205;

d. Persetujuan Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru dari Dirjen Perdagangan Luar Negeri a.n. Menteri Perdagangan Nomor 04.Pl-02.20.0737 tanggal 19 Maret 2020, perihal Persetujuan Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru untuk 120 (Seratus dua putuh) Unit KRL Seri JR205;

e. RJPP PT KCI tahun 2020-2024 perihal Kebutuhan KRL dikarenakan sarana existing yang sudah masuk program konservasi/scrap;

f. Proyeksi jumlah penumpang di tahun 2020-2024 seiring dengan pertumbuhan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) dan penambahan rencana perjalanan KRL di PT Kereta Commuter Indonesia (terlampir).

Lihat Juga :
Kemenhub Bidik Proyek Kereta Api di IKN Setelah 2025

2. Sesuai Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) periode 2020-2024 terdapat kebutuhan penambahan kapasitas angkut penumpang KRL (dengan data terlampir), serta kebutuhan peremajaan KRL Eksisting.

3. Untuk menunjang program sebagaimana dimaksud pada butir 2, PT KCI telah menandatangani Memorandum of Understanding dengan PT INKA untuk rencana pengadaan sarana KRL Baru mulai akhir tahun 2024 sampai dengan tahun 2025. Adapun di tahun 2023-2024 dibutuhkan ketersediaan sarana KRL untuk kebutuhan peremajaan dan pemenuhan kapasitas angkut sampai dengan selesai produksi KRL Baru dari PT INKA di tahun 2025, dimana mulai tahun 2023 sampai dengan tahun 2024 PT KCI memiliki kebutuhan untuk melakukan program konservasi/scrap/peremajaan atas Train Set eksisting yang terdiri dari KRL Seri 05, KRL Seri 6000, dan KRL Seri 7000.

4. Sebagai komitmen PT KCI dalam mengutamakan produk industri dalam negeri, bersama ini dapat kami sampaikan bahwa PT KCI dalam pengoperasian KRL Bukan Baru terhitung sejak tahun 2009 selalu mengedepankan penggunaan suku cadang yang diproduksi dalam negeri. Beberapa penggunaan suku cadang yang telah diadakan oleh PT KCI melalui badan usaha dalam negeri antara Iain jok kursi penumpang, pembelian AC (Air Conditioning), deadman pedal (peralatan siaga) dan PT KCI secara kontinu berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk dapat mendorong pertumbuhan industri produsen suku cadang KRL di dalam negeri.

 

[Gambas:Video CNN]



KCI memohon ke Kemendag agar impor disetujui

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Kembali ke Dinasti Sui dan Tang untuk menjadi abadi

pinjol cepat cair 2023
PT Industri Kereta Api (INKA) buka suara soal 16 train set alias rangkaian KRL pesanan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).
PT Industri Kereta Api (INKA) buka suara soal 16 train set alias rangkaian KRL pesanan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI). (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Industri Kereta Api (INKA) buka suara soal 16 train set alias rangkaianKRL pesanan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

Senior Manager TJSL & Stakeholder Relationship PT INKA (Persero) Bambang Ramadhiarto mengatakan setiap rangkaian terdiri dari 12 kereta. Sehingga, pesanan KCI tersebut mencapai 192 kereta.

"Kontrak akan ditandatangani. Delivery rangkaian pertama bulan ke-22 setelah effective date of contract (EDC). Sedangkan delivery rangkaian ke-16 adalah bulan ke-31 setelah EDC," kata Bambang kepada CNNIndonesia.com, Jumat (3/3).

Namun, ia membantah ada hambatan dalam produksi kereta INKA. Bambang menegaskan INKA bakal memberikan yang terbaik, meliputi quality cost, delivery, dan services.

"Kapasitas INKA sangat memadai, InsyaAllah tidak ada hambatan. Dari berbagai aspek, jadwal tersebut sangat normal," tandasnya.

Di lain sisi, Vice President Corporate Secretary KCI Anne Purba menjelaskan pihaknya telah memesan 16 train set KRL dengan nilai kurang lebih Rp4 triliun. KCI bahkan mengklaim MoU sudah ditandatangani sejak 2022.

Lihat Juga :
BCA Akan Turunkan Nominal Minimal Transfer Antar Rekening Jadi Rp1

Anne menyebut kereta pesanan tersebut bakal dioperasikan mulai 2025. Ia menegaskan pemesanan produk KRL buatan INKA itu diperlukan untuk menambah armada dan meningkatkan kapasitas angkut.

Namun, KCI tetap berniat mengimpor KRL bekas dari Jepang untuk mengganti rangkaian yang bakal dipensiunkan pada 2023 dan 2024. Setidaknya ada 10 rangkaian yang harus pensiun pada tahun ini dan 19 rangkaian lain pada tahun depan.

"Impor kereta bukan baru memang menjadi pilihan utama untuk menggantikan kereta-kereta yang dikonservasi (pensiun). Terdapat pilihan lain dengan melakukan upgrade teknologi pada kereta yang akan dikonservasi, hanya saja pilihan tersebut membutuhkan waktu 1-2 tahun untuk pengerjaannya," jelas Anne dalam keterangannya.

Lihat Juga :
Kepala Bea Cukai DIY Tetap Terima Gaji Meski Dicopot Buntut Hedon

Berdasarkan surat permohonan izin impor dari KCI, rencananya mereka ingin mengimpor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru (BMTB) berupa 120 Unit KRL Type E217 untuk kebutuhan 2023 dan 228 Unit KRL Type E217 untuk tahun kebutuhan 2024 dengan Pos Tarif/HS Code 8603.10.00.

KCI sudah meminta surat izin impor dari Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) sejak 13 September 2022. Namun, Kemendag butuh rekomendasi teknis dari Kemenperin untuk memberikan izin impor.

Setelah menunggu empat bulan lamanya, Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin memberi jawaban berisi penolakan impor dengan dalih kebutuhan kereta api bisa dipenuhi oleh INKA.

Surat tertanggal 6 Januari 2023 itu menyatakan bahwa rencana impor oleh PT KCI belum dapat ditindaklanjuti dengan pertimbangan pada fokus pemerintah meningkatkan produksi dalam negeri serta substitusi impor melalui Program Peningkatan Pengguna Produk Dalam Negeri (P3DN).

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)