petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

mpo111

gudang4d 258Jutaan kata 261233Orang-orang telah membaca serialisasi

《mpo111》

Perang Sudan Ancam Pasokan Bahan Minuman Ringan******

Perang Sudan berpotensi mengganggu rantai pasok soft drink alias minuman ringan.
Perang Sudan berpotensi mengganggu rantai pasok soft drink alias minuman ringan. Ilustrasi. (kaicho20/Pixabay).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perang Sudan berpotensi mengganggu rantai pasok soft drinkalias minuman ringan. Pasalnya, konflik itu mengancam pasokan gum arabic alias getah arab yang merupakan salah satu bahan baku minuman berkarbonasi.

Hanya sedikit bahan baku yang bisa menggantikan gum arabic. Namun, 70 persen pasokan getah arab di dunia berasal dari pohon akasia yang tumbuh di wilayah Sahel, di mana melintasi Sudan yang tengah berkecamuk perang.

Bahkan, perusahaan minuman ringan, seperti Coca Cola hingga PepsiCo menimbun persediaan gum arabic tersebut. Eksportir dan pihak industri diklaim menyimpan stok untuk tiga hingga enam bulan mendatang.

"Pemasok kami berjuang untuk mendapatkan kebutuhan karena konflik. Baik pembeli dan penjual tidak tahu kapan keadaan akan normal kembali," kata Jinesh Doshi selaku Direktur Pelaksana Vijay Bros, importir yang berbasis di Mumbai, India, dikutip dari Reuters, Jumat (28/4).

Di tengah kekhawatiran ini, PepsiCo menolak mengomentari masalah rantai pasokan dan komoditas getah arab tersebut. Sementara itu, Coca Cola tidak merespons permintaan konfirmasi dari Reuters.

"Untuk perusahaan seperti Pepsi dan Coca Cola, mereka tidak bisa eksis tanpa gum arabic dalam formulasi mereka," kata Dani Haddad selaku Direktur Pemasaran dan Pengembangan Agrigum, yakni perusahaan pemasok getah arab sepuluh besar global.

Sudan memang tengah bergejolak ketika pasukan paramiliter Rapid Support Forces (RFS) dan pasukan keamanan bertempur memperebutkan kekuasaan sejak 15 April.

Pertempuran juga terjadi di Ibu Kota Sudan, Khartoum. Banyak warga mendengar ledakan berkali-kali dalam sehari.

Selain itu, beberapa wilayah di Khartoum juga mengalami krisis air, listrik, sampai logistik.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr/bac)

Syarat dan Cara WNI Beli Properti di Singapura ala Crazy Rich******

Berikut cara dan syarat pembelian properti di Singapura usai ramai pemberitaan crazy rich RI yang membeli hunian di sana senilai Rp2,3 triliun.
Ilustrasi. Simak cara membeli properti di Singapura. (AFP PHOTO / TOH TING WEI)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pembelian tiga huniandi Singapura senilai Sin6,7 juta atau Rp2,3 triliun (asumsi kurs Rp11.194 per dolar Singapura) oleh konglomeratIndonesia memecahkan rekor. Simak cara dan syarat pembelian properti di negeri jiran itu.

Rekor terbaru itu diungkap oleh perusahaan real estate Singapura, Mingtiadi, meski identitasnya masih dirahasiakan.

Bagaimana caranya orang Indonesia membeli properti di sana?

Berbeda dengan negara lain, Negeri Singa memang memperbolehkan warga negara asing (WNA) membeli hunian di negaranya.

Faktor lainnya yang membuat Singapura menjadi tujuan investasi yang menguntungkan adalah karena harga properti di negara tersebut naik pesat setiap tahunnya.

Selain itu, negara tetangga Indonesia ini meniadakan pajak penjualan seperti pajak pertambahan nilai (PPN), maupun Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) seperti di negara lain.

Lihat Juga :
Stafsus Menkeu Minta DJP Cek Crazy Rich RI Beli Rumah di Singapura

Dirangkum dari situs properti Singapura, PropertyGuru dan ohmyhome, Selasa (25/4), WNA boleh membeli properti di Negeri Singa dengan syarat dan tata cara tertentu.

Syarat

Untuk syarat sama dengan negara lainnya:

Pertama, harus warga negara yang sudah berusia 21 tahun dan memiliki kartu identitas asal negaranya.

Kedua, memiliki paspor aktif. Sebab, paspor adalah identitas resmi yang dijadikan dokumen pelengkap membeli properti di Singapura.

Lihat Juga :
Beli Rumah di Singapura, Crazy Rich RI Jadi Tetangga Pendiri Facebook

Tata cara

Untuk caranya, membeli properti di Singapura bisa dilakukan dengan runutan berikut:

1. Tentukan properti yang diinginkan dan patokan harganya

Untuk tahap awal, pembeli harus menentukan jenis properti yang ingin dimiliki, misalnya rumah atau apartemen. Selain itu, perlu juga menentukan harga yang diinginkan agar lebih mudah untuk mencarinya.

2. Tentukan cara pembelian

Untuk membeli properti biasanya ada dua pilihan, bayar tunai (cash) atau dicicil (KPR). Sama dengan negara lain, Singapura juga memberikan pilihan KPR bagi WNA yang ingin membeli properti.

Namun, bunga KPR di Singapura tentu lebih mahal daripada di Indonesia. Sebab, bunga tinggi jadi salah satu cara pemerintah agar memastikan pembelian properti di negaranya tidak sembarangan dan kota tetap tertata.

3. Tentukan bank

Pemerintah Singapura juga memberikan kemudahan bagi WNA dengan dukungan perbankannya.

WNA yang ingin membeli hunian di Singapura dengan cara KPR bisa mengajukan ke perbankan dengan membuat buku rekening baru dengan paspor aktif.

Perbankan Singapura bisa memberikan pembiayaan sampai 75 persen dari harga properti yang diinginkan.

Lihat Juga :
EDUKASI KEUANGANMengenal Perbedaan KPR Konvensional dan KPR Syariah

Namun, perlu dicatat juga bahwa perbankan SIngapura sangat ketat. Jika nasabah gagal bayar cicilan satu bulan saja, maka perbankan tidak segan untuk langsung menyita aset tersebut.

4. Cari tahu biaya tambahan

Pemerintah Singapura biasanya menetapkan biaya untuk Bea Meterai Pembeli (BSD). Ini merupakan pajak yang dibayarkan atas dokumen yang ditandatangani saat membeli atau memperoleh properti terlepas dari kewarganegaraannya. Artinya ini berlaku bagi warga lokal maupun WNA.

Sementara, untuk WNA biasanya dikenakan Bea Meterai Pembeli tambahan (ABSD) sebesar 30 persen saat membeli properti. Namun, beda dengan BSD, ABSD hanya berlaku untuk pembelian properti hunian.

5. Kontak pengacara lokal

Jika ingin membeli properti secara cash dengan mudah, maka WNA bisa menyewa pengacara properti lokal. Pengacara akan sangat membantu pembeli untuk menandatangani kontrak hingga printilankecil yang mungkin saja bisa merepotkan.

Dengan menyewa pengacara properti, ini juga memastikan bahwa aset yang dibeli tidak sedang dalam sengketa atau permasalahan lainnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/arh)

Pemerintah Naikkan Insentif Pengali Ekspor Demi Kerek DMO Minyakita******

Kemendag menaikkan insentif pengali ekspor bagi pelaku usaha yang memasok minyak goreng rakyat dalam bentuk kemasan MinyaKita untuk mengerek volume DMO.
Kemendag menaikkan insentif pengali ekspor bagi pelaku usaha yang memasok minyak goreng rakyat dalam bentuk kemasan MinyaKita untuk mengerek volume DMO. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menaikkan insentif faktor pengali ekspor bagi pelaku usaha yang memasok minyak goreng rakyat dalam bentuk kemasan Minyakita dari 1,5 menjadi 2 untuk kemasan bantal, serta dari 1,75 menjadi 2,25 untuk kemasan lainnya.

Kenaikan diharapkan mendorong produsen meningkatkan kewajiban pasok ke dalam negeri atau domestic market obligation(DMO) dalam bentuk kemasan merek Minyakita. Dengan insentif itu, produsen yang memasok Minyakita memiliki hak ekspor CPO lebih banyak dibanding hanya memasok minyak goreng curah.

"Diharapkan dengan menaikkan angka (insentif) kemasan, bisa menarik untuk dijadikan DMO," kata Direktur Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim dalam konferensi pers, Kamis (27/4).

"Minyakita yang proporsi naik jadi 55 persen saat ini dibanding minyak curah, ini perlahan menurunkan harga Minyakita di berbagai daerah," katanya.

Ke depan, Isy mengatakan kenaikan insentif diharapkan proporsi Minyakita dapat terus meningkat menjadi 70 persen dan minyak curah 30 persen.

Lihat Juga :
Fakta Terkini Indomie Ayam Spesial Ditarik di Taiwan dan Malaysia

Selain itu, Kemendag akan bertemu dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) pada minggu ini untuk membahas utang pemerintah sebesar Rp344 miliar. Utang tersebut berasal dari selisih harga minyak goreng alias rafaksi dalam program satu harga pada 2022 lalu, yang belum dibayar hingga saat ini.

"Kami masih menunggu pendapat hukum Kejaksaan Agung. Untuk Aprindo kami sudah menjadwalkan pertemuan minggu ini,"katanya.

Aprindo sempat mengancam akan berhenti menjual minyak goreng jika utang itu tidak segera dilunasi. Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey menjelaskan program minyak satu harga diluncurkan pemerintah pada awal Januari 2022 melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 3 tahun 2022 tentang Penyediaan Minyak Goreng Kemasan untuk Kebutuhan Masyarakat dalam Kerangka Pembiayaan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit.

Dalam aturan itu, pengusaha harus menjual minyak goreng kemasan premium seharga Rp14 ribu per liter. Padahal, saat itu harga minyak tembus Rp17 ribu - Rp19 ribu per liter.

Pelaku usaha menutup selisih HET dan harga keekonomian dari Dana Pembiayaan Minyak Goreng Kemasan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Namun, dana itu tak kunjung diberikan.

Roy mengatakan saat utang tersebut belum dibayar, Permendag Nomor 3 Tahun 2022 justru digantikan dengan Permendag Nomor 6 Tahun 2022.

Beleid baru itu membatalkan aturan lama soal pembayaran selisih harga yang harusnya ditanggung pemerintah. Sehingga, sampai saat ini pengusaha belum menerima pembayaran utang tersebut.

"Permendag 6 muncul jadinya Permendag 3 jadi tak berlaku lagi, tapi bukan berarti rafaksi nggak dibayar. Kita sudah setorkan semua data pada 31 Januari sudah kita penuhi semuanya, tapi belum juga dibayar," terangnya.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)




bab terbaru:slot bet 888

Perbarui waktu:2024-05-30

Daftar bab terbaru
horasbet88
46 situs slot demo
p88 slot
tarikan jp paus slot gacor
agen situs slot gacor
slot situs gacor
belegendwin
angka jitu november 2023
hokiku88 login
Daftar isi semua bab
Bab 1 taipan77
Bab 2 judi togel
Bab 3 pinjol ipb
Bab 4 okeslot terbaru
Bab 5 utang pinjol menumpuk
Bab 6 slot tergacor maxwin
Bab 7 bet168
Bab 8 1000 mimpi 4d
Bab 9 xl slot login
Bab 10 akulaku online
Bab 11 situs slot gacor zeus
Bab 12 slot 10rb 4d
Bab 13 pasti menang 123
Bab 14 gas789 slot
Bab 15 cinta777
Bab 16 bonus new member 100 to kecil
Bab 17 situs tergacor maxwin
Bab 18 stars77
Bab 19 piala 123 net slot
Bab 20 lexus365
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1695bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Shenwutu

dewi88 slot
PT Freeport Indonesia mengapresiasi Presiden Jokowi memberikan relaksasi kepada perusahaannya untuk mengekspor konsentrat tembaga hingga pertengahan 2024.
Tambang PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua. (Dok. Freeport)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Freeport Indonesia mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memberikan relaksasi untuk mengekspor konsentrat tembaga selepas Juni 2023 hingga pertengahan 2024.

Padahal, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (UU Minerba), ekspor bahan mentah dilarang. Presiden Jokowi bakal merealisasikan larangan ekspor itu mulai Juni nanti.

Lihat Juga :
Erick Thohir Tunjuk Buwas Kembali Jadi Dirut Bulog

Meski mendapat lampu hijau ekspor dari Jokowi, VP Corporate Communication PT Freeport Indonesia Katri Krisnati mengatakan pihaknya belum menerima konfirmasi resmi dari pemerintah. Kendati, ia menegaskan menyambut baik relaksasi tersebut.

Lihat Juga :
Perang Sudan Ancam Pasokan Bahan Minuman Ringan

Arifin mengatakan progres pembangunan smelteranyar Freeport baru 60 persen, di mana menghabiskan dana US,5 miliar lebih dari target US,4 miliar. Di lain sisi, ia menegaskan relaksasi ini diberikan dengan beberapa syarat, termasuk keseriusan mempercepat pembangunan smeltertersebut.

"Kami mempertimbangkan kendala yang dihadapi pembangunannya (smelter). Kan waktu covid-19 dia kontraktornya Jepang. Jepang saja berapa tahun itu lockdown-nya. Memang pengerjaanengineering-nya agak sulit berprogres. Kalau engineeringtidak progres, pembelian materi procurement-nya juga nggak berprogres," tutur Arifin di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/4).

Selain Freeport, Arifin menyebut PT Amman Mineral Nusa Tenggara juga masih diizinkan mengekspor konsentrat tembaga selepas Juni nanti. Arifin menegaskan bakal segera mengecek progres smelter kedua perusahaan tersebut.

Lihat Juga :
Bahlil Akui Tingginya Investasi Masuk RI Tak Serap Tenaga Kerja

"Sampai progres komitmennya dia menyelesaikan dan dia enggak boleh lebih dari pertengahan tahun depan," ungkap Arifin soal masa relaksasi tersebut.

"Itu di sana ada juga Amman, sama kok tembaga. Kan yang ada copper cuma dua, Amman dan Freeport. Progresnya sampai berapa dulu, ini akan ditinjau minggu depan," tandasnya.

(skt/bac)

Saya sangat ingin mati sebagai guru

gacor slot jp
Konglomerat (crazy rich) asal Indonesia dikabarkan membeli tiga hunian mewah di Singapura senilai 206,7 juta dolar AS atau sekitar Rp2,3 triliun.
Konglomerat (crazy rich) asal Indonesia dikabarkan membeli tiga hunian mewah di Singapura senilai 206,7 juta dolar AS atau sekitar Rp2,3 triliun. Ilustrasi. (tpsdave/Pixabay).
Jakarta, CNN Indonesia--

Konglomerat (crazy rich) asal Indonesia dikabarkan membeli tiga hunian mewah di Singapuradengan total nilai mencapai 206,7 juta dolar Singapura atau Rp2,3 triliun (asumsi kurs Rp11.194 per dolar Singapura).

Hunian tersebut dibeli dari Cuscaden Peak Investments, perusahaan yang berafiliasi dengan BUMN Singapura, Temasek Holding. Di mana tiga hunian mewah tersebut berasa di kawasan Nassim Road.

Secara rinci, hunian mewah ini masing-masing berlantai dua dan memiliki nomor 42, 42A dan 42B di Distrik 10. Harga rumah itu diketahui 4.500 dolar Singapura per kaki persegi.

Penjualan tiga hunian ini juga disebut memecahkan rekor tertinggi terbaru.

"Meskipun 14 persen lebih rendah dari harga awal yang diminta Cuscaden sebesar 239 juta dolar Singapura pada September lalu, transaksi ini tercatat sebagai rekor harga tertinggi baru," tulis Mingtiadi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Mingtiandi, keluarga Indonesia itu ingin membangun kembali bungalo tersebut untuk penggunaan pribadi.

Nantinya, sang pemilik baru hunian ini bakal bertetangga dengan salah seorang pendiri Facebook.

Co-founder Facebook Eduardo Saverin diberitakan telah membeli sebuah mansion seluas 84.500 kaki persegi di Nassim Road seharga 230 juta dolar Singapura pada 2019.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Jenderal itu terlalu mendominasi

daftar slot gacor malam ini
Kemenhub mencatat jumlah penumpang saat arus balik pada 25 April lebih banyak ketimbang jumlah penumpang pada puncak arus mudik di H-3 Idulfitri.
Kemenhub mencatat jumlah penumpang saat puncak arus balik pada 25 April lebih banyak ketimbang jumlah penumpang pada puncak arus mudik di H-3 Idulfitri. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat jumlah penumpang pada arus balik25 April atau H+2 Lebaran 2023 mencapai 1.091.740 orang. Angka ini lebih banyak ketimbang jumlah penumpang arus mudikpada H-3 Idulfitri tahun ini, yakni 1.067.208 orang.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan jumlah penumpang angkutan umum secara kumulatif mulai H-8 hingga H+2 Lebaran menembus 9.357.776 orang. Angka tersebut naik 5,06 persen dibandingkan periode sama tahun lalu, yang hanya 8.856.512 orang.

"Meski kemarin pergerakan penumpang mencapai puncak tertinggi, penanganan arus balik di simpul-simpul transportasi, baik di terminal, pelabuhan, stasiun, dan bandara dapat tertangani dengan baik," kata Adita dalam keterangan resmi, Rabu (26/4).

Disusul angkutan sungai danau dan penyeberangan (ASDP) sebesar 2.132.284 orang, angkutan kereta api 1.847.285 orang, angkutan jalan 1.818.949 orang, dan angkutan laut 804.071 orang.

Kemenhub lantas menyoroti khusus pergerakan arus balik di jalur darat. Adita menegaskan perpanjangan larangan angkutan barang melintas di tol bisa mengantisipasi pergerakan kendaraan pada arus balik yang masih terus berlangsung.

"Untuk mengantisipasi masih tingginya pergerakan kendaraan pada masa arus balik lebaran, telah diputuskan perpanjangan pengaturan lalu lintas angkutan barang melalui Surat Keputusan Bersama Dirjen Perhubungan Darat dan Kakorlantas Polri," jelasnya.

Adita juga mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan balik pada 26-28 April. Menurutnya, masyarakat perlu menghindari perjalanan arus balik pada 30 April dan 1 Mei mendatang, di mana diprediksi akan terjadi puncak arus balik tahap kedua.

Sementara itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat ada 487.986 kendaraan yang kembali ke wilayah Jabotabek pada 24-25 April 2023. Jumlah tersebut baru 30,45 persen dari prediksi arus balik sebesar 1,6 juta kendaraan pada periode H+1 sampai H+7 Lebaran 2023.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Tentang mimpi musim panas

link slot gacor pagi ini
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan loyo pada perdagangan Jumat (28/4) ini.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan loyo pada perdagangan Jumat (28/4) ini. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diperkirakan loyo pada perdagangan Jumat (28/4) ini.

Meski demikian, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pelemahan akan berlangsung sementara. Pasalnya, pekan depan yang merupakan awal bulan ada rilis data inflasi yang ia perkirakan memberikan sentimen positif bagi gerak IHSG.

Namun, potensi koreksi masih harus diwaspadai.

Karena sentimen itu, ia memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support6.767 dan resistance6.955.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan BBCA, BBRI, BBNI, ITMG, WTON, SMRA, ASRI, dan PWON.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova melihat IHSG mestinya akan melanjutkan fase uptrendmenuju resisten Fibonacci berikutnya di 7.059.

"Level supportIHSG berada di 6.878, 6.828, 6.800 dan 6.765, sementara level resistennya di 7.006, 7.059 dan 7.128. Berdasarkan indikator MACD menandakan momentum bullish," ujar Ivan.

Hari ini, saham pilihan Ivan adalah ADRO (hold), ARTO (speculative buy), BBCA (hold), BMRI (trading buy), dan EMTK (buy on weakness).

IHSG ditutup di level 6.944 pada Kamis (27/4) sore. Indeks saham menguat 34.424 poin atau plus 0,50 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10.173 triliun, dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 22.511 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 289 saham menguat, 234 terkoreksi, dan 207 lainnya stagnan. Terpantau, 7 dari 11 indeks sektoral menguat, dipimpin sektor transportasi sebesar 1,52 persen. Sementara 4 sektor lainnya melemah dipimpin oleh bahan baku dasar yang turun 0,36 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

keyakinan abadi

cicilan kredivo
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan infrastruktur dan fasilitas pendukung pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo dan Tana Mori, NTT tuntas pada awal Mei.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan infrastruktur dan fasilitas pendukung pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo dan Tana Mori, NTT tuntas pada awal Mei. (Arsip Direktorat Jenderal Perhubungan Udara).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo dan Tana Mori, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) selesai pada awal Mei ini.

Hal tersebut ia sampaikan saat meninjau pembangunan tersebut pada Rabu (26/4) kemarin. Adapun pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo akan berlangsung pada 9-11 Mei mendatang.

Basuki mengklaim saat ini progres pekerjaan peningkatan fasilitas penunjang di Kawasan Labuan Bajo sebesar 73 persen. Sedangkan, progres pekerjaan di KEK Tana Mori mencapai sebesar 94 persen.

Lingkup pekerjaan yang sedang dilakukan di kawasan Labuan Bajo meliputi pembangunan Mako Polres Manggarai Barat, penataan Promenade Marina Labuan Bajo Zona 4, dan peningkatan kualitas lanskap koridor jalan Labuan Bajo.

Lalu, penataan lahan parkir VVIP kantor Bupati Manggarai Barat, penataan jalan dan trotoar Sp. Binongko - Sp.Sylvia (Jl. Waecicu), dan penataan median Jalan Yohanes Sehadun (depan Bandara Komodo).

Sedangkan, pekerjaan yang dilakukan di KEK Tana Mori meliputi pembangunan Roundabout Beach Club, Shelter Dermaga, pemasangan geomat pada koridor jalan Kawasan Tana Mori, penataan bundaran pintu masuk Kawasan ITDC, dan perkuatan lereng dan stabilisasi tanaman pada ruas jalan Labuan Bajo - Tana Mori yang telah diresmikan Presiden Jokowi pada 14 Maret 2023 lalu.

Lihat Juga :
Fakta Terkini Indomie Ayam Spesial Ditarik di Taiwan dan Malaysia

Kementerian PUPR juga membangun Embung Anak Munting di antara Labuan Bajo menuju Tana Mori di Desa Warloka, Kecamatan Komodo.

Embung Anak Munting memiliki kapasitas tampung 159 ribu meter kubik dan luas genangan 4,5 hektare dengan fungsi utama untuk konservasi dan mendukung pariwisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo dalam rangka KTT ASEAN.

Basuki menginstruksikan agar semua pekerjaan konstruksi, baik di Labuan Bajo maupun Tana Mori, harus dilakukan dengan metode dan kualitas yang terbaik.

"Saya minta agar terus dijaga dan ditingkatkan kualitas infrastrukturnya sesuai standar penyelenggaraan acara internasional. Jangan main-main, kualitas pekerjaan harus jadi prioritas nomor satu. Terutama pada infrastruktur jalan, segara tingkatkan kualitas aspalnya," katanya.

Selain itu, Basuki juga menegaskan agar semua pekerjaan dilakukan dengan rapi dan bersih, memperhatikan estetika dan penghijauan di setiap area venue dan koridor jalan akses KTT ASEAN. Hal ini agar lingkungan menjadi lebih asri dan tidak gersang.

Peningkatan fasilitas penunjang di Labuan Bajo - Tana Mori dilakukan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTT Direktorat Jenderal Cipta Karya dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTT Direktorat Jenderal Bina Marga.

Peningkatan fasilitas melalui penataan kawasan dan koridor jalan ini bertujuan untuk mendukung keamanan dan kenyamanan selama penyelenggaraan KTT ASEAN berlangsung.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Perburuan terkuat di hari-hari terakhir

slot nominal 5000
Jasa Marga sendiri merupakan operator jalan tol pertama di Indonesia yang mengimplementasikan ITS.
Ilustrasi. (Foto: Jasa Marga)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus mengembangkan sistem Intelligent Transportation System(ITS) melalui super-app Jasamarga Integrated Digitalmap (JID), yang digunakan Jasamarga Tollroad Command Center(JMTC) untuk mengelola pelayanan jalan tol yang terintegrasi, sekaligus menjadi sumber pusat informasi lalu lintas (lalin).

Jasa Marga sendiri merupakan operator jalan tol pertama di Indonesia yang mengimplementasikan ITS. Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur, mengatakan, inovasi berbasis teknologi yang berkelanjutan itu bertujuan memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jalan.

"Yang terbaru di tahun ini, Jasa Marga melakukan enhancementteknologi digital yang dapat memantau, mengevaluasi dan memberikan rekomendasi terkait kebijakan pengaturan lalu lintas kepada pemangku kepentingan dan akses informasi yang lebih mudah dan terkini kepada pengguna jalan," kata Subakti.

Kedua, Incident Management System(IMS) yang memberikan notifikasi terkait gangguan lalin, rekayasa lalin, dan kegiatan pemeliharaan jalan tol. Sistem ini didukung oleh 31 sensor dan 14 CCTV untuk memantau water storagedi area sekitar jalan tol, serta 3 anemometer untuk memantau kecepatan angin di Jalan Tol Bali Mandara.

Ketiga, Road Safety and Traffic Violationuntuk memantau kendaraan yang melebihi batas atas kecepatan dan beban muatan saat melewati jalan tol, didukung oleh 26 speed cameradan 7 unit Weigh in Motion.

Keempat, Electronic Toll Collection Systemyang memantau transaksi gerbang tol secara real time. Kelima, Intelligent Tollroad Maintenance System(ITMS) untuk mengelola aset infrastruktur dan pemeliharaan jalan tol dengan didukung kendaraan yang dilengkapi perangkat khusus untuk mengumpulkan data teknis perkerasan jalan dan jembatan di ruas tol bernama Hawkeye.

Keenam, Advanced Traveler Information System(ATIS) yang memberi informasi mengenai kondisi lalin dan rest areadi jalan tol kepada pengguna jalan melalui 204 Dynamic Message Sign(DMS) yang tersebar di seluruh jalan tol Jasa Marga Group, One Call Center 14080, dan aplikasi Travoy.

Jasa MargaIlustrasi. (Foto: Jasa Marga)

Menurut Subakti, sistem itu mengintegrasikan seluruh peralatan informasi dan komunikasi di Jalan Tol Jasa Marga Group, yang kemudian menghasilkan data dan informasi untuk dianalisa sejumlah pakar di Jasa Marga. Hasil analisa itu yang dapat dimanfaatkan oleh para pengambil keputusan.

"Hal ini yang membuat Jasa Marga menjadi operator jalan tol dengan sistem pengolah data lalu lintas jalan tol terlengkap dan terpadu di Indonesia," ujar Subakti.

Upaya maksimal juga dilakukan Jasa Marga pada momen Idulfitri tahun ini, di mana terjadi lonjakan volume lalin yang jauh melebihi kapasitas. Antara lain, dengan penggunaan teknologi countingdigital berbasis radar dan CCTV analyticberbasis Artificial Intelligence(AI).

Dengan standar sesuai kesepakatan, yakni kecepatan minimum 40 km/jam, kapasitas maksimum jalan tol dengan V/C ratiodi bawah 0,8, masa transisi selama kurang lebih 2 jam, dan faktor keselamatan, sistem dapat memberikan peringatan dini kepada petugas untuk mengatur lalin apabila volume kendaraan per jam mendekati kapasitas maksimal suatu segmen ruas jalan tol.

Adapun masing-masing gerbang tol memiliki indikator berupa volume lalu lintas setiap jam yang terus dipantau selama tiga jam berturut-turut. Jika dalam tiga jam jumlah kendaraan melebihi batas maksimum indikator, maka rekayasa lalin akan dipersiapkan, misalnya one waydan contraflow.

"Tidak hanya saat pemberlakuan, jika lalu lintas sudah lengang, pantauan tiga jam berturut-turut ini juga kembali dilakukan sebelum pihak kepolisian menghentikan rekayasa lalu lintas," lanjut Subakti.

Lebih lanjut, agar informasi rekayasa lalin dan kondisi lalin terkini di Jalan Tol Jasa Marga Group dapat diakses pengguna jalan, Jasa Marga menyediakan aplikasi Travoy.

Tak hanya fitur informasi lalin secara real time dari pantauan CCTV, Travoy juga menyajikan fitur informasi kegiatan lalin dilengkapi push notification. Sehingga, pengguna akan otomatis menerima pemberitahuan tanpa perlu membuka aplikasi.

"Fitur baru lainnya, yaitu fitur Chat Us. Dengan fitur ini, pengguna jalan akan diarahkan ke layanan pesan WhatsApp berbasis AI yang terintegrasi dengan JID. Untuk kebutuhan darurat, pengguna jalan memiliki pilihan untuk terhubung dengan Live Agent Call Center 14080," ujar Subakti.

Selain itu, inovasi lain yang juga dapat diakses pengguna jalan adalah One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080, serta DMS berbasis Estimated Time Arrival(ETA) yang memberikan estimasi waktu perjalanan dan kapasitas rest areaberkat integrasi dengan Rest Area Management System(RAMS).

(rea/rea)

[Gambas:Video CNN]