petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

rajatoto2

pola mahjong 2 hari ini 8Jutaan kata 113451Orang-orang telah membaca serialisasi

《rajatoto2》

Membedah Biang Kerok Krisis Properti Bisa 'Hancurkan' Ekonomi China******

Sejumlah raksasa real estat China berjatuhan sejak 2021 mulai dari Evergrande hingga Country Garden. Apa saja penyebabnya?
Sejumlah raksasa real estat China berjatuhan sejak 2021 mulai dari Evergrande hingga Country Garden. Ilustrasi. (REUTERS/EDGAR SU).
Jakarta, CNN Indonesia--

China tengah menghadapi krisis properti. Sejumlah raksasa real estat berjatuhan sejak 2021 mulai dari Evergrande hingga Country Garden baru-baru ini.

Padahal, sejak awal 2000-an, 'booming' sektor properti menjadi salah satu mesin pendorong ekonomi China. Setidaknya seperempat ekonomi China bergantung pada sektor properti dan turunannya.

Sektor ini juga mempekerjakan jutaan orang dan menjadi salah satu pilihan investasi bagi warganya. Tak heran, harganya terus menanjak seiring pertumbuhan populasi di wilayah perkotaan.

Apa penyebab krisis properti China?

1. China batasi utang perusahaan properti

Dilansir The New York Times, selama beberapa dekade terakhir, pemerintah China mengizinkan perusahaan properti berutang besar-besaran untuk membiayai proyeknya.

Namun, pada Agustus 2020, Beijing mengambil langkah drastis untuk mengerem gelembung sektor perumahan dengan menghentikan aliran dana murah ke perusahaan real estat.

Lihat Juga :
Aguan Cs Guyur IKN Rp20 T

Kebijakan itu dikenal dengan istilah 'tiga garis merah' (three red lines). Pertama, utang tidak boleh melebihi 70 persen aset (tidak termasuk uang muka dari proyek yang dijual berdasarkan kontrak).

Kedua, utang bersih tidak boleh lebih besar dari 100 persen ekuitas. Ketiga, cadangan uang minimal harus 100 persen dari utang jangka pendek.

2. Utang perusahaan properti menumpuk

Pembatasan utang oleh pemerintah membuat perusahaan properti China kalang kabut. Kas perusahaan seret hingga membuat sejumlah raksasa properti gagal bayar di tengah tumpukan tagihan dan utang.

Berdasarkan laporan lembaga pemeringkat Standard & Poor's, lebih dari 50 pengembang Tiongkok gagal bayar atau gagal melakukan pembayaran utang dalam tiga tahun terakhir.

Lihat Juga :
Badan Otorita Beber Sederet Insentif Bagi Investor di IKN

Pada 2021 lalu, Evergrande dilaporkan terancam gagal bayar utang. Saat itu, total utang perusahaan mencapai US0 miliar atau sekitar Rp4.725 triliun. Pada Agustus lalu, perusahaan yang memiliki 1.300 proyek real estat itu mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 15 di AS.

Kondisi gagal bayar juga dialami oleh Modern Land dengan utang US0 juta, Fantasia Holding US5 juta, Shimao Group US miliar, hingga Country Garden US1, 7 miliar baru-baru ini.

Kas perusahaan yang memburuk juga berpengaruh pada lambatnya penyelesaian sejumlah proyek apartemen. Imbasnya, penyelesaian sejumlah proyek molor. Hal itu sempat membuat ratusan ribu konsumen properti di China demo tak ingin membayar cicilan pada tahun lalu.

Dilansir Reuters, Shanghai E-House Real Estate Research Institute memperkirakan proyek-proyek yang mangkrak menyumbang 3,85 persen dari pasar perumahan China pada paruh pertama 2022, setara dengan area seluas 231 juta meter persegi.

Lihat Juga :
Perusahaan Malaysia Siap Bangun 20 Tower Apartemen di IKN

3. Penurunan permintaan properti usai pandemi

Sektor properti juga kesulitan untuk pulih dari pandemi covid-19. Pembelian rumah menurun. Warga mulai menahan untuk membeli properti terutama yang tujuannya untuk investasi.

Berdasarkan laporan CNN, penjualan rumah baru oleh 100 pengembang China pada Juli lalu anjlok 33 persen (yoy). Harga rumah cenderung turun seiring merosotnya minat membeli rumah di tengah naiknya angka pengangguran.

Namun, di beberapa kota di China, harga rumah masih tetap tinggi. Hal itu membuat editorial koran China, Economic Daily, meminta pemerintah harus kembali menegakkan prinsip lama tentang "rumah adalah untuk ditempati, bukan untuk spekulasi (investasi)."

"Begitu spekulasi soal harga rumah berlanjut, China mungkin akan kembali ke cerita lama yang terlalu mengandalkan sektor real estat, yang akan berdampak buruk pada pembangunan ekonomi dan sosial," tulis Economic Daily seperti dikutipChannel News Asia.

Di tengah krisis properti, Pemerintah China tahun lalu meluncurkan beberapa upaya untuk menyelamatkan sektor properti. Setidaknya ada 16 arahan internal untuk mempromosikan pertumbuhan industri yang sehat serta stabil.

Langkah ini termasuk dukungan kredit untuk pengembang perumahan yang rentan dengan utang, dukungan keuangan untuk memastikan penyelesaian dan penyerahan unit kepada pemilik rumah, serta bantuan penangguhan pembayaran pinjaman untuk pembeli rumah.

Pada Juli lalu, Bank Sentral China (PBoC) juga mengatakan akan memberi pengembang waktu 12 bulan lagi untuk melunasi pinjaman mereka yang jatuh tempo tahun ini.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)

Mentan Siapkan 10 Jurus Antisipasi El Nino******

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyiapkan 10 langkah untuk mengantisipasi El Nino.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyiapkan 10 langkah untuk mengantisipasi El Nino. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyiapkan 10 langkah untuk mengantisipasi El Nino.

Pertama,mengidentifikasi dan mapping lokasi terdampak kekeringan dan mengelompokkannya menjadi daerah merah, kuning, dan hijau.

Kedua,percepatan tanam untuk mengejar sisa hujan.

Ketiga,peningkatan ketersediaan alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk percepatan tanam.

"Keempat,peningkatan ketersediaan air dengan membangun atau memperbaiki embung, dam parit, sumur dalam, sumur resapan, rehabilitasi jaringan irigasi tersier, serta pompanisasi," kata Syahrul dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IV, Rabu (30/8).

Kelima, yaitu penyediaan benih tahan kekeringan.

Keenam, program 1.000 ha per kabupaten adaptasi dan mitigasi dampak El Nino.

Ketujuh, gerak nasional el nino di 10 provinsi dan 100 kabupaten.

Lihat Juga :
Bansos Pangan Bakal Cair Lebih Cepat September 2023

Kedelapan, pengembangan pupuk organik terpusat dan mandiri.

Kesembilan, dukungan pembiayaan KUR dan asuransi pertanian. .

"Terakhir (kesepuluh) penyiapan lumbung pangan sampai tingkat desa," kata Syahrul.

Sebelumnya, Syahrul memprediksi El Nino bisa membuat sawah Indonesia gagal panen hingga 1,2 juta ton.

"Kemungkinan kekurangan atau produksi yang terimbas dari El Nino sekitar 300 ribu ton sampai 1,2 juta ton," kata Syahrul di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (2/8).

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Tarif Tol Belmera Bakal Naik Rp500, Ijeck Minta Pelayanan Ditingkatkan******

Tarif Tol Belawan-Medan-Tanjungmorawa (Belmera), Sumatera Utara bakal naik Rp500 untuk masing-masing golongan.
Tarif Tol Belawan-Medan-Tanjungmorawa (Belmera), Sumatera Utara bakal naik Rp500 untuk masing-masing golongan. (CNN Indonesia/ Farida).
Medan, CNN Indonesia--

Tarif Tol Belawan-Medan-Tanjungmorawa (Belmera), Sumatera Utara bakal naik Rp500 untuk masing-masing golongan. Kenaikan tarif itu diharapkan juga diikuti dengan peningkatan fasilitas dan pelayanan.

"Kenaikan tarif tol per dua tahun secara aturan pemerintahnya memang ada, tapi kita harapkan pelayanan juga ditingkatkan terus," kata Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah alias Ijeck, Senin (4/9).

Penyesuaian tarif tol telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol dengan perubahan terakhir pada PP Nomor 17 Tahun 2021. Berdasarkan regulasi tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi.

"Kita lihat pengguna jalan tol semakin hari semakin meningkat juga di pintu-pintu tol terutama di waktu-waktu tertentu, misalnya jam pulang kerja ituk an nampak macet sampai ke badan jalan lintasannya, terutama di pintu tol Amplas, Haji Anif, Tembung. Ini yang kita harapkan untuk ada mulai dipikirkan penambahan pintu gardu keluar masuk," ujar Ijeck.

Menghindari kecelakaan, Ijeck juga berharap rambu-rambu di jalan tol untuk kembali diperhatikan begitu juga dengan kondisi permukaan jalan tol yang bergelombang.

"Seperti di persimpangan perlu diperhatikan rambu-rambunya, juga badan jalan yang memang ada yang tak rata, tak sesuai spek, mulai dipikirkan juga supaya tingkat kecelakaan dan pelayanan ini semakin baik ke depan," urainya.

Ijeck juga meminta JNT ke depan untuk mempersiapkan masterplanlintasan atau jalan keluar tol. "Jalan keluar tol menjadi tangung jawab pemerintah setempat, tapi siapkan masterplannya jadi tidak ada lagi masalah kemacetan dan lainnya di jalan keluar masuk pintu tol," tutup Ijeck.

Sementara itu, General Manager Representative Office 1 JNT Ruas Belmera Thomas Dwiatmanto menambahkan penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan tarif tol mulai berlaku efektif 14 hari kalender setelah keputusan menteri ditetapkan.

"Kenaikan tarif ini sebesar Rp500, jadi dari Tanjung Morawa ke Belawan dari Rp8.500 menjadi Rp9.000, nah ini untuk waktu pelaksanaan nanti disampaikan oleh Kementerian PUPR langsung," ujarnya.

Thomas menambahkan pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan sesuai apa yang diharapkan.

"Pelayanan tentunya akan kita tingkatkan dan arahan Pak Wagub tadi akan kami laksanakan dengan sebaik-baiknya," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(fnr/sfr)




bab terbaru:syarat untuk kredit hp

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
sky77
winstar4d server thailand
erek erek 53 2d
slot gacor online terpercaya
super win 303 slot
erek erek pengacara
prediksi raja togel harian
tafsir 100 mimpi
cara dapat duit dari shopee affiliate
Daftar isi semua bab
Bab 1 58 togel
Bab 2 situs vpn aman
Bab 3 slot gacor sering maxwin
Bab 4 pola gacor slot gatot kaca
Bab 5 slot777
Bab 6 rtp kaisar888
Bab 7 bigbos777
Bab 8 kalkulator pinjaman akulaku
Bab 9 trik slot gacor hari ini
Bab 10 trik curang bermain slot
Bab 11 situs judi gacor hari ini
Bab 12 cari situs slot gacor
Bab 13 online 136 slot
Bab 14 situs yang lagi gacor malam ini
Bab 15 buku tafsir 1001 mimpi
Bab 16 play slot 123
Bab 17 link slot 138
Bab 18 slot sport
Bab 19 bo baru slot
Bab 20 mega338
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2871bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Setan Panah

gacor hari ini slot
Otorita IKN mengatakan perusahaan swasta, termasuk Agung Sedayu, akan menanamkan uang Rp20 triliun untuk sektor play atau hiburan di IKN Nusantara.
Otorita IKN mengatakan perusahaan swasta, termasuk Agung Sedayu, akan menanamkan uang Rp20 triliun untuk sektor play atau hiburan di IKN Nusantara. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).
Jakarta, CNN Indonesia--

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara Agung Wicaksono mengatakan perusahaan swasta, salah satunya Agung Sedayu milik Sugianto Kusumo alias Aguan akan menanamkan investasi Rp20 triliun di IKN Nusantara.

Aguan diketahui merupakan ketua konsorsium pengusaha RI saat mengunjungi IKN beberapa waktu lalu. Agung menyebut investasi Aguan Cs itu akan ditanam di sektor hiburan atau play.

"Kalau yang dari swasta, tadi sudah ada Rp20 triliun. Ini mainly play, playartinya entertaiment, hotel dan lain sebagainya, termasuk ruang terbuka hijau," katanya di sela acara ASEAN Investment Summit 2023 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (3/9).

Ia mengatakan selain dari Agung Sedayu, investor domestik lain yang juga akan menanamkan investasi di IKN ada 10. Mereka adalah Summarecon, PT Intiland Development Tbk, hingga Ciputra Group.

"Dari 10 itu ada Sumarecon, ada yang namanya PT Nindya Karya (Persero), yang ada BUMN-nya. Ada Wika Gedung. Kemudian swasta lagi ada Intiland, terus ada Triniti Land dan Ciputra," ungkapnya.

Mereka akan membangun 200 tower rumah susun atau rusun di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

"Kalau rusun ini dibagi dua, ada yang dibangun APBN, pemerintah dari PUPR akan membangun 47 tower. Kemudian dari swasta saat ini sudah ada 10 perusahaan yang akan bangun. Ini ada yang dari Indonesia, ada yang dari konsorsium China dengan Indonesia, dan dari Korea," katanya.

Lihat Juga :
INFO HARGA PANGANHarga Pangan Kompak Landai Kecuali Beras dan Minyak Goreng Curah

Agung menjelaskan saat ini tengah dilakukan feasibility studyatau studi kelayakan atas proyek itu.

Pada kesempatan itu ia menjelaskan pembangunan IKN banyak menggunakan skema KPBU yang jumlahnya sekitar 52 persen. Sedangkan sisanya berasal dari APBN dan investasi swasta murni.

"Kalau tidak salah IKN itu US miliar, atau Rp500 triliun. Itu kan 20 persennya APBN negara. Banyak untuk yang (proyek) work tadi. Tapi kemudian 52 persen itu adalah KPBU, dan banyak di (proyek) live. Nah kemudian yang (proyek) play itu adalah swasta, murni investasinya. Jadi ada 3, APBN, KPBU dan swasta," ungkapnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Ketuhanan Otak Ringan

bir365
CEO Foxconn Terry Gou mundur dari anggota dewan perusahaan, sepekan pasca mengumumkan niatnya untuk menjadi presiden Taiwan berikutnya.
CEO Foxconn Terry Gou mundur dari anggota dewan perusahaan, sepekan pasca mengumumkan niatnya untuk menjadi presiden Taiwan berikutnya. (REUTERS/ANN WANG)
Jakarta, CNN Indonesia--

CEO Foxconn Terry Gou mengundurkan diri sebagai anggota dewan perusahaan, sepekan pasca mengumumkan niatnya untuk menjadi presidenTaiwan berikutnya.

Foxconn adalah pabrik penyuplai Apple (AAPL.O).

Setelah berbulan-bulan spekulasi, Gou, yang mundur sebagai ketua Foxconn pada 2019, mengumumkan pada Senin (4/9) bahwa ia akan mencalonkan diri sebagai kandidat independen dalam pemilihan presiden yang akan diadakan pada Januari.

Sementara itu, tim kampanye Gou menolak untuk memberikan komentar.

Gou mengaku bersedia mengorbankan aset pribadinya di China saat ditanya terkait konflik kepentingannya sebagai pemegang saham utama Foxconn, yang memiliki investasi besar di Negeri Panda itu.

"Saya belum pernah berada di bawah kendali Republik Rakyat China," katanya.

"Saya tidak mengikuti instruksi mereka," imbuhnya.

Gou adalah orang keempat yang mencalonkan diri jadi presiden Taiwan. Tetapi angka pollingnya sangat jauh di belakang kandidat paling unggul, William Lai yang diusung Partai Progresif Demokratik (DPP).

William Lai saat ini menjabat sebagai wakil presiden.

Pemilihan ini berlangsung pada saat meningkatnya ketegangan antara Taiwan dan China, dengan Beijing secara teratur melakukan latihan militer di dekat pulau tersebut, yang memicu kekhawatiran akan kemungkinan konflik.

Gou telah berulang kali menuduh DPP mencari perang dengan China, yang mengklaim pulau tersebut sebagai wilayahnya sendiri, dengan sikap antagonis terhadap Beijing.

Pemerintah yang dipimpin DPP, dan Lai telah berulang kali menawarkan perundingan dengan China namun ditolak, karena Beijing menganggap mereka sebagai separatis.

Lihat Juga :
Teten: AS-India Berani Tolak TikTok, Kenapa Kita Enggak?

Gou, salah satu figur bisnis Taiwan yang paling terkenal secara internasional, selama minggu ini mencoba menyatukan oposisi melawan DPP, tetapi hingga saat ini belum ada kesepakatan yang tercapai.

Dua kandidat lainnya adalah mantan walikota Taipei Ko Wen-je dari Partai Rakyat Taiwan kecil, dan Hou Yu-ih dari partai oposisi utama Taiwan, Kuomintang, yang secara tradisional mendukung hubungan dekat dengan Beijing.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

Guru hebat dari kedua dunia

big slot88
PT PepsiCo Indonesia Food and Beverages atau PepsiCo resmi kembali ke Indonesia dan membangun pabrik senilai Rp3,04 triliun di Cikarang, Jawa Barat.
Ilustrasi. PT PepsiCo Indonesia Food and Beverages atau PepsiCo resmi kembali ke Indonesia dan membangun pabrik senilai Rp3,04 triliun di Cikarang, Jawa Barat. (Istockphoto/filo)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT PepsiCo Indonesia Food and Beverages atau PepsiCo resmi kembali ke Indonesia dan membangun pabrik senilai Rp3,04 triliun di Cikarang, Jawa Barat.

"Indonesia adalah salah satu pasar terbesar dan terpesat di dunia. Sebanyak 48 persen dari populasi pasar Asia ada di sini, jadi kami tidak bisa melewatkan peluang ini," ujar CEO Asia Business Unit PepsiCo Parinya Kitjatanapan, dikutip dari Antara, Rabu (30/8).

Pria yang akrab disapa Eric juga menyinggung soal iklim investasi Indonesia yang baik. Ia menegaskan ini menjadi salah satu pertimbangan kuat perusahaan asal AS itu kembali ke tanah air.

PepsiCo turut menargetkan ekspor produksi pabrik Cikarang ke negara-negara yang mengutamakan produk halal.

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengapresiasi langkah PepsiCo membangun pabrik di Indonesia. Bahkan, Bahlil menyebut langkah PepsiCo sangat tepat.

"Karena itu menurut saya alangkah ruginya kemudian kalau teman-teman yang melakukan proses industri, tidak membangun manufakturnya di Indonesia," katanya.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Curhat Dinyinyirin Warganet 'Apa-apa Dipajaki'

Pepsi bukan barang baru di Indonesia. Minuman ini sudah diproduksi di dalam negeri sejak 1996 silam.

Kala itu, minuman Pepsi itu hadir di bawah naungan PT Pepsi Indobeverages. Perusahaan tersebut merupakan hasil kerja sama PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dengan PepsiCo AS.

Pepsi lantas hengkang dari Indonesia pada 10 Oktober 2019. Akan tetapi, pihak PepsiCo Indonesia tak menjelaskan secara gamblang alasan dibalik berhentinya kontrak kerja sama dengan Grup Indofood.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Sistem beruang paling kuat dalam sejarah

slot agen terpercaya
Pengusaha Harry Tanoe Soedibyo dan sejumlah perusahaannya; MNC Internasional, MNC Investama dan lainnya kalah bersengketa di pengadilan dan dihukum Rp66 miliar.
Pengusaha Harry Tanoe Soedibyo dan sejumlah perusahaannya; MNC Internasional, MNC Investama dan lainnya kalah bersengketa di pengadilan dan dihukum Rp66 miliar. ( CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan memberikan modal bagi para perusahaan rintisanyang akan menjadi unicorn, lewat Program Merah Putih Fund.

Ketua PMO Merah Putih Fund, Eddi Danusaputro mengatakan ada lima perusahaan pelat merah yang terlibat dalam pendanaan itu, yaitu; Mandiri Capital Indonesia, MDI Ventures dari Telkom Group, BRI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), dan BNI Ventures.

"Lima perusahaan dari BUMN bersinergi menghimpun dana kelola awal untuk Merah Putih Fund yang berfokus pada para soonicorns (soon to be unicorns) sebesar US0 juta atau setara Rp4,3 triliun," kata dia dalam Penandatanganan Perjanjian Partisipasi Merah Putih Fund (4/9).

Kedua, fokus dan kedudukan perusahaan rintisan berada di tanah air dan membayar pajak di Indonesia.

"Adanya rencana exit. Diarahkan IPO di Indonesia," tuturnya.


Eddi juga menjelaskan Merah Putih Fund tidak menyasar sektor tertentu. Menurutnya, pendanaan bisa digunakan semua sektor, baik itu teknologi, logistik, edutech maupun agritech.

Namun Eddi menekankan jika yang dituju bukanlah mereka yang berada di level unicorn, melainkan rintisan yang akan menjadi unicorn.

[Gambas:Video CNN]



(can/agt)

Yaozei

aplikasi pinjaman hp
Menko Marves Luhut Panjaitan mengatakan Indonesia bakal membuka keran impor daging sapi dari Brasil. Ia menilail langkah itu bisa menekan harga daging sapi.
Menko Marves Luhut Panjaitan mengatakan Indonesia bakal membuka keran impor daging sapi dari Brasil. Ia menilail langkah itu bisa menekan harga daging sapi. (CNN Indonesia/Harvey Darian).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia bakal membuka keran impor daging sapidari Brasil.

Hal tersebut Luhut sampaikan usai dirinya mengunjungi Brasil untuk melanjutkan kemitraan antara kedua negara.

Menurut Luhut dengan impor dari Brasil, Indonesia akan punya tiga sumber utama pemasok daging sapi, selain Australia dan India yang juga memasok kerbau ke tanah air.

"Mungkin Maret kita sudah bisa melihat harga daging di bawah atau sekitar Rp100 ribu. Syukur-syukur sudah bisa di bawah Rp100 ribu, mungkin Rp80 ribu-90 ribu dan terus bertahap," ujar Luhut melalui akun Instagram resminya beberapa waktu lalu.

Selain impor daging, Indonesia juga bakal impor sapi pejantan dan anak sapi untuk dikembangbiakkan di dalam negeri. Menurut Luhut, hal ini dilakukan agar kualitas peternakan sapi di Tanah Air.

Oleh karena itu, ia juga mengatakan impor sapi ini tidak akan membuat peternak dalam negeri rugi.

[Gambas:Instagram]

Meski begitu, Luhut tak tutup mata soal isu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Ia menjelaskan sapi dari Brasil nanti bakal dikarantina selama 25 hari setibanya di Indonesia.

Selain itu, dalam perjalanan dari Brasil ke Indonesia sapi-sapi tersebut juga termasuk dalam fase karantina. Sebab, perjalanan membutuhkan waktu 28 hari.

"Di kapal, yang saya sudah lihat kapalnya pakai AC, jadi 28 hari dari Brasil sampai di Indonesia itu juga karantina sebenarnya, karena semua diberikan obat," ucap Luhut.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Penjahat Generasi Biksu Bunga

erek erek 97 2d
Kedua kesepakatan berbeda tersebut memiliki tujuan sama, yakni menjadikan Nusantara sebagai kota cerdas, bahagia, dan berteknologi tinggi.
Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Safyra Primadhyta)
Jakarta, CNN Indonesia--

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menandatangani dua kesepakatan sekaligus, masing-masing dengan Kazakhstan dan Finlandia dalam upaya menjadikan Nusantara sebagai kota cerdas, bahagia, dan berteknologi tinggi.

Penandatanganan pertama tentang Kolaborasi Lalu Lintas dan Mobilitas Pintar di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) dengan Sergek Projects Ltd., perusahaan yang bergerak di bidang manajemen lalu lintas, penegakan dan ekologi lalu lintas dari Kazakhstan, diwakili oleh Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi, Sabtu (2/9).

Ali mengatakan, teknologi milik perusahaan yang menjalin kesepakatan dengan OIKN seperti Sergek Projects Ltd. akan dipamerkan dan diuji coba di Techno House.

Di IKN, rombongan berkesempatan mengunjungi Techno House, Titik Nol Nusantara, Sumbu Kebangsaan Barat, dan Hunian Pekerja Konstruksi. Indonesia sendiri telah mengunjungi Kazakhstan pada Juli lalu.

Fadjroel mengatakan, para delegasi melihat secara langsung berbagai bidang yang berpotensi dijadikan investasi. Kegiatan tersebut sekaligus bertujuan memperkenalkan IKN ke Eurasia, terlebih Asia Tengah dan Rusia.

"Hari ini hadir bersama kami investor dari bidang konstruksi, digital, dan sejumlah pengusaha lain untuk mewakili pengusaha dari Kazakhstan dan Rusia," kata Fadjroel.

Fadjroel berharap, lebih banyak negara Eurasia seperti Kazakhstan dan Rusia mengetahui potensi IKN, sehingga dapat meningkatkan minat investasi.

Nota kesepahaman kedua yang ditandatangani Ali Berawa adalah tentang pengukuran kebahagiaan masyarakat perkotaan dengan Smart City Innovation Cluster (SCIC) Finlandia di Techno House Nusantara, Penajam Paser Utara, Sabtu (2/9).

Ali menjelaskan, kerja sama itu bertujuan menjalin kooperasi untuk mendorong dan mempromosikan kolaborasi guna menjadikan Nusantara sebagai kota cerdas dan bahagia. SCIC Finlandia yang menawarkan solusi terkait akselerasi pengembangan kota cerdas melalui kooperasi dinilai memiliki visi yang sejalan dengan arah pengembangan IKN.

Chief Executive Officer SCIC Pertti Kortejärvi menyebut bahwa kolaborasi ini menjadi upaya bersama untuk mengintegrasikan berbagai teknologi sebagai solusi di IKN. Dia menegaskan, nantinya masyarakat akan dapat melihat hasil kerja sama yang bagus dari pelayanan yang disediakan.

"Kami memiliki banyak perusahaan, kami berkolaborasi sehingga kami mengintegrasikan solusi untuk energi, untuk transfer data, untuk berbagai jenis solusi dalam ruangan, untuk gedung pintar hingga solusi luar ruangan, area pintar hingga kota pintar, dan kemudian konsumsi energi, pengelolaan limbah air, jadi ada banyak lagi. Perusahaan melakukan solusi bersama-sama," ujarnya.

Saat ini, SCIC memiliki anggota sebanyak 108 perusahaan, 10 kota pintar, dan empat universitas di Eropa, khususnya di Finlandia yang bergerak di bidang teknologi.

"Jadi kali ini otorita mempunyai MoU dengan SCIC di dalam mengembangkan dan merencanakan dan membangun kota smart city Nusantara," kata Ali.

Ali menyebut, Indonesia menyambut baik partisipasi dari berbagai pihak, baik dari dalam dan luar negeri, untuk membangun IKN.

(rea/rea)

[Gambas:Video CNN]