petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

info pinjol

akun slot yang sering maxwin 858Jutaan kata 208115Orang-orang telah membaca serialisasi

《info pinjol》

Basuki Klaim Proyek Infrastruktur Dasar Sukses Pikat Investor ke IKN******

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengklaim pembangunan infrastruktur dasar yang dilakukan pemerintah sukses memikat investor ke IKN.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengklaim pembangunan infrastruktur dasar yang dilakukan pemerintah sukses memikat investor ke IKN. ( CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan0.
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengklaim pembangunan infrastruktur dasar yang dilakukan pemerintah di ibu kota baru menjadi daya tarik investor swasta di Ibu kota Negara Nusantara (IKN).

Menurut Basuki, pembangunan infrastruktur dasar membuat para investor yakin untuk ikut membangun ibu kota baru itu.

"Pembangunan infrastruktur di IKN telah memberikan dampak positif dengan masuknya investasi swasta, antara lain pembangunan rumah sakit, hotel, kantor komersil dan ritel, serta pusat pengembangan olahraga," kata Basuki dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI, Senin (20/11).

Ia pun mengatakan investasi itu sudah diwujudkan dengan groundbreakingsejumlah proyek.

"Jadi sejak Oktober-November presiden melakukan groundbreakinguntuk investasi swasta dan tiga rumah sakit, hotel, kantor komersil, dan ritel," ucap Basuki.

Ia menambahkan di awal 2024, Presiden Jokowi pun bakal melakukan groundbreakingsejumlah proyek swasta lagi di IKN. Namun, Basuki belum bisa merinci groundbreakingpembangunan apa kelak.

Terpisah, Jokowi berkata investasi di IKN didominasi pengusaha dalam negeri. Menurutnya, nilai investasi di ibu kota baru terus bertambah setiap bulan.

"Ini memang semakin banyak yang berbondong-bondong, utamanya investor dalam negeri. Kemudian nanti Desember totalnya jadi Rp45 triliun. Saya kira kecepatannya cepat sekali," kata Jokowi di IKN, Rabu (1/11).

Lihat Juga :
OIKN Buka Suara soal Jokowi Sebut Belum Ada Investor Asing Masuk IKN

Ia mengungkapkan proyek-proyek dengan nilai total Rp23 triliun sudah dimulai September 2023. Lalu proyek senilai Rp12 triliun dimulai akhir Oktober lalu.

Sejumlah proyek juga mengantre dimulai bulan depan. Jokowi menyebut total nilai proyek sekitar Rp10 triliun pada Desember.

Ia memberi karpet merah untuk investor dalam negeri. Dia akan memberi kesempatan bagi investor asing beberapa waktu ke depan.

"Ya ini memang kita ngerem, dari dalam negeri dulu yang menggerakkan. Nanti untuk zona-zona besar, misalnya financial center nanti mungkin dari luar," ujarnya.

Pembangunan IKN dilakukan bertahap hingga 2045. Perkiraan total anggaran yang dibutuhkan untuk membangun IKN mencapai Rp466 triliun.

Pembangunan infrastruktur IKN dimulai Agustus 2023. Pemerintah menyiapkan anggaran Rp29,4 triliun dari APBN 2023 untuk IKN.

Anggaran yang direalisasikan hingga September 2023 mencapai Rp6,4 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Moeldoko Ungkap 3 Masalah Petani Sawit di Indonesia******

APKASINDO menjabarkan ada tiga masalah yang saat ini dihadapi petani sawit Indonesia.
APKASINDO menjabarkan ada tiga masalah yang saat ini dihadapi petani sawit Indonesia. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Dewan Pembina Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Moeldoko mengatakan ada tiga masalah yang saat ini dihadapi petani sawitIndonesia.

Pertama, produktivitas perkebunan sawit rakyat yang masih rendah. Ia mengatakan produktivitas tandan buah segar (TBS) perkebunan rakyat masih berkisar 0,6 ton -1,2 ton per hektare per tahun 2,8 ton -3,4 ton per ha.

Sedangkan, produktivitas kebun korporasi menghasilkan 4,2 ton-4,5 ton CPO per hektare per tahun.

Kemudian masalah yang ketiga terkait keberlanjutan usaha.

Moeldoko mengatakan untuk memicu peningkatan produktivitas, pemerintah mencanangkan program peremajaan sawit rakyat (PSR). Namun, capaian PSR masih 280.620 hektare atau 56 persen dari target tahap I, yakni seluas 500 ribu hektare.

Menurutnya, kendala terbesar program ini adalah masih banyaknya perkebunan sawit rakyat yang masuk hutan.

Untuk menangani perkebunan dalam hutan, lanjutnya, pemerintah telah membentuk satgas sawit.

"Satgas ini bertugas melakukan perbaikan, pembaharuan data serta perbaikan tata kelola dan melakukan verifikasi perizinan usaha," katanya.

Untuk masalah keberlanjutan usaha, pemerintah menerapkan kebijakan sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

"Selain beberapa upaya itu, pemerintah juga melakukan penguatan hilirisasi," kata Moeldoko.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Mimpi Hyperloop Elon Musk, Mobil Terbang hingga Pecel Lele di IKN******

Ibu Kota Nusantara dirancang jadi kota pintar (smart city). Sejumlah raksasa teknologi digandeng. Terkesan jadi negeri impian, namun harus diwujudkan.
Nusantara yang masih dalam proses pembangunan. Ibu kota baru ini dirancang jadi kota pintara. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
San Francisco, CNN Indonesia--

Otorita Ibu Kota Negara (IKN) saat ini terus menggeber pembangunan ibu kota di Nusantara, Kalimantan Timur. Bukan sekadar pembangunan fisik, namun juga penyiapan sistem tata kota untuk mewujudkan Nusantara menjadi smart city. Kota yang bukan cuma layak ditinggali (liveable) namun juga kota yang dicintai (loveable).

Untuk menjadikan nusantara jadi kota cerdas, sejumlah penandatanganan nota kesepahaman (MoU) hingga penjajakan terus dilakukan. MoU yang baru-baru diteken bakan dilakukan langsung di pusat teknologi dunia, Silicon Valley di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Perusahaan-perusahaan digital seperti Cisco, Autodesk, ESRI, hingga Microsoft sepakat bekerja sama di Nusantara. Penjajakan dengan Meta, induk dari Facebook, Instagram, dan Whatsapp juga tengah dilakukan.

Lihat Juga :
LAPORAN DARI AMERIKA SERIKATJokowi 'Jualan' SDA, Energi Hijau hingga IKN di APEC 2023

Nusantara kata Bambang sudah selayaknya disiapkan setara dengan kota-kota besar di negara maju lain. Karena itu kerja sama dengan perusahaan-perusahaan teknologi kelas dunia terus dilakukan.

"Harapannya sistem yang kita bangun bukan sistem kaleng-kaleng," ujarnya.

Namun sistem yang sustainable hingga 2045 dan tahun-tahun berikutnya. Memang menurutnya terkesan masih utopis rencana-rencana tersebut. Namun mau tidak mau kita harus menuju ke sana.

Selain perusahaan yang sudah digandeng saat ini, Bambang mengatakan pembicaraan dengan penyedia teknologi tingkat tinggi lainya juga akan dibahas.

Terang-terangan mantan Wakil Menteri Perhubungan ini menyatakan salah satu perusahaan yang berminat untuk menjajaki kerja sama adalah hyperloop.

Lihat Juga :
Laporan dari Amerika SerikatOtorita IKN Teken MoU dengan 3 Perusahaan Teknologi Dunia

"Hyperloop ini alat transportasi seperti ketapel dalam tabung, punya Elon Musk, bisa memindahkan orang dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat sekali seperti pesawat jet," kata Bambang.

Alat transportasi ini menurutnya bakal dipakai di Neom, kota masa depan di Arab Saudi yang tengah disiapkan Pangeran Mohammed bin Salman (MbS). Kota dengan ukuran lebar hanya sekitar 200 meter ini, bakal dibangun ke atas setinggi 500 meter dan ke bawah 500 meter dengan panjang 170 km.

"MbS inginend to enditu cuma 20 menit, berarti kan pakai Hyperlopp," ujarnya.

Lihat Juga :
Laporan dari Amerika SerikatWujudkan Smart City, Para Pejabat IKN Kunjungi Silicon Valley

Mobil Terbang Hyundai

Bukan cuma dari Amerika Serikat, perusahaan teknologi dari negara-negara lain seperti Korea Selatan dan Jepang juga bakal digandeng IKN.

Bambang mencontohkan Hyundai akan bekerja sama soal penyediaan mobil terbang.

Sebelumnya Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital IKN Mohammed Ali Berawi mengatakan sistem mobil otonom dan taksi terbang akan mulai diuji coba di IKN tahun depan.

"OIKN juga sudah melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan salah satu provider teknologi dari Korea Selatan untuk mengembangkan urban air mobility atau taksi terbang (sky taxi). Uji coba tersebut siap kita lakukan juga pada tahun depan," kata Ali seperti dilansir dari Antara.

Perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai Motor Group, telah menandatangani nota kesepahaman dengan OIKN untuk pengembangan ekosistem Urban Air Mobility (UAM) ini.

Rombongan Otorita IKN saat mengunjungi booth taksi terbang Wisk milik Boeing di APEC 2023 San Francisco, Kamis (16/11).Foto: CNN Indonesia/Suriyanto
Rombongan Otorita IKN saat mengunjungi booth taksi terbang Wisk milik Boeing di APEC 2023 San Francisco, Kamis (16/11).

Saat menghadiri Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2023 di San Francisco, Bambang juga sempat melihat-lihat taksi Wisk, terbang otonom yang dikembangkan oleh raksasa industri penerbangan, Boeing.

Kendaraan tenaga listrik ini dikembangkan sejak 2010. Mempunyai kemampuan lepas landas secara vertikal, kendaraan berkapasitas 4 orang ini punya kecepatan 110 sampai 120 knot. Bentang 14 meter sayapnya dipasangi 12 baling-baling.

Taksi terbang ini bisa mengudara 2.500 hingga 4.000 kaki dengan pengawasan penuh operator saat digunakan.

Lihat Juga :
Laporan dari Amerika SerikatBambang Pastikan Pembangunan IKN Tak Terpengaruh Hiruk Pikuk Pilpres

Sementara Jepang melalui perusahaan Sumitomo Forestry akan ambil bagian soal hutan yang berkelanjutan.

Dilansir dari situs resmi perusahaan, Sumitomo bergerak di bidang penyediaan material kayu yang ramah lingkungan. Selain itu di Indonesia perusahaan ini juga sudah menjalankan bisnis kehutanan skala besar di Kalimantan Barat.

Sumitomo mengklaim mendapatkan pengakuan atas inisiatif mengelola lahan gambut dengan cara efektif, mempertahankan bisnis sekaligus berhasil mengurangi emisi gas rumah kaca.

Bambang juga mengatakan, di IKN nantinya akan dibuat rumah teknologi. Tempat ini nantinya akan menggodok teknologi apa yang paling pas untuk diterapkan di IKN.

Rombongan Otorita IKN saat mengunjungi booth taksi terbang Wisk milik Boeing di APEC 2023 San Francisco, Kamis (16/11).Foto: CNN Indonesia/Suriyanto
Rombongan Otorita IKN saat mengunjungi booth taksi terbang Wisk milik Boeing di APEC 2023 San Francisco, Kamis (16/11).

UMKM Cita Rasa Lokal

Bukan cuma investor dalam negeri, IKN juga membuka kesempatan luas pada investor dalam negeri untuk berperan, bahkan di level usah mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Di tingkat pengusaha dalam negeri, telah terbentuk konsorsium untuk membangun IKN seperti rumah sakit, perkantoran, hotel dan proyek-proyek strategis lain.

Terdapat setidaknya 10 taipan dalam negeri dipimpin Bos Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan. Presiden Jokowi menyebut para pengusaha itu menggelontorkan Rp20 triliun untuk investasi di IKN.

Lihat Juga :
Laporan dari Amerika SerikatKepala IKN soal Rem Investasi Asing: Kawasan Inti Kental Warna RI

Para pengusaha dalam negeri ini nantinya akan fokus di kawasan inti ibu kota baru. Sementara di luar kawasan inti nantinya akan bersama-sama dengan investor asing.

Selain itu, kata Bambang, UMKM juga akan dilibatkan di sana. "Misalnya nanti kita akan bangun tempat makan pecel lele, gudeg, soto banjar dan lain-lain. Itu nanti kan jadi bagian Nusantara" katanya.

Bambang menegaskan, ini adalah wujud IKN milik bersama, bukan milik orang per orang dan tak terkait dengan kepentingan politik. Apalagi pembentukan IKN sudah dipayungi undang-undang.

[Gambas:Video CNN]



Alih Teknologi dan Pendidikan Nusantara

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:trik cara menang main slot pragmatic

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
link slot freebet tanpa deposit
pola gacor 500x
trik roulette menang terus
cara main domino qq biar menang
slot gacor hari ini
slotwin303
klik 33 slot login
sgp 88 slot login
starss77
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs gacor dan terpercaya
Bab 2 mpojoker
Bab 3 slot tergacor saat ini
Bab 4 star 77 slot demo
Bab 5 bonus new member all game
Bab 6 erek erek orang utan
Bab 7 situs slot amanah
Bab 8 slot gacor bonus new member 100
Bab 9 cara pinjam uang di dana tanpa ktp
Bab 10 menang slot terbesar
Bab 11 situsslot777
Bab 12 daftar situs slot resmi
Bab 13 sukabet365
Bab 14 bigo88
Bab 15 daftar bo slot tergacor
Bab 16 metaspin88
Bab 17 maxwin303
Bab 18 nagamas69
Bab 19 situs judi slot gacor terpercaya
Bab 20 win 33 slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6538bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Fagositosis gen tanpa batas

slot 138 terbaru
Gubernur dan/atau kepala daerah di setiap provinsi wajib menetapkan upah minimum regional (UMR) paling lambat 21 November 2023.
Gubernur dan/atau kepala daerah di setiap provinsi wajib menetapkan upah minimum regional (UMR) paling lambat 21 November 2023. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Gubernur dan/atau kepala daerah di setiap provinsi wajib menetapkan upah minimumregional (UMR) paling lambat 21 November 2023.

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 36 tahun 2021 tentang Pengupahan.

"Penyesuaian upah minimum provinsi pertama kali dilakukan oleh gubernur atau penjabat gubernur paling lambat tanggal 21 November tahun berikutnya," bunyi Pasal 29 ayat (1) dalam aturan tersebut.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sebelumnya menjamin upah minimum 2024 naik seiring terbitnya peraturan baru itu.

Ia menjelaskan kenaikan upah minimum berasal dari penerapan Formula Upah Minimum dalam PP Nomor 51 Tahun 2023 yang mencakup tiga variabel yaitu inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan indeks tertentu (disimbolkan dalam bentuk α).

Pasal 26 ayat (4) PP itu memuat formula perhitungan upah minimum tahun depan, yakni upah minimum tahun berjalan ditambah nilai penyesuaian upah minimum tahun depan.

Adapun nilai penyesuaian upah minimum tahun depan dihitung dengan menambahkan inflasi dengan hasil perkalian antara pertumbuhan ekonomi dikalikan indeks tertentu, kemudian dikalikan dengan upah minimum tahun berjalan. Hal ini diatur Pasal 26 ayat (5).

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Siapa saya

cara mendapatkan uang dana gratis
Airlangga Hartarto melakukan pembahasan peluang kerja sama percepatan transisi energi dengan Menteri Ekonomi Perdagangan & Industri Jepang Nishimura Yasutoshi.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Ekonomi Perdagangan dan Industri Jepang Nishimura Yasutoshi. (Foto: Arsip Kemenko Perekonomian)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pembahasan peluang kerja sama di bidang ekonomi dan percepatan transisi energi dengan Menteri Ekonomi Perdagangan dan Industri Jepang Nishimura Yasutoshi.

Pembahasan ini dilakukan keduanya disela-sela Pertemuan Menteri Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) di San Francisco, AS, Selasa (14/11).

Selain itu juga dibahas mengenai peluang kerja sama berbagai sektor. Seperti energi terbarukan, teknologi, infrastruktur, perikanan, dan progres perundingan dalam IPEF.

"Kami menantikan kerja sama dengan Jepang di Pilar 2, Pilar 3, dan Pilar 4 IPEF" tegas Menko Airlangga menanggapi Menteri Nishimura.

Airlangga menjelaskan, bahwa Pilar 1 IPEF belum sesuai target penyelesaian karena terdapat sejumlah isu di beberapa Chapter yang memerlukan pembahasan lebih lanjut. Salah satu fokus Pemerintah Indonesia saat ini adalah Critical Mineral.

"Presiden Joko Widodo telah menyuarakan pentingnya penguatan rantai pasok Critical Mineral, pada saat pertemuan bilateral dengan Presdien AS Joe Biden," ujar Airlangga.

Lebih lanjut Airlangga mengungkapkan pentingnya pengembangan kendaraan listrik (Electric Vehicles/ EV), mengingat 90 persen kendaraan Indonesia merupakan produk Jepang. Untuk itu diharapkan pelaku usaha Jepang dapat kerja sama mempercepat pengembangan EV di Indonesia.

Menko Airlangga juga mengajak Jepang untuk bekerja sama pada proyek energi bersih. Mengingat Indonesia memiliki potensi besar untuk Energi Baru Terbarukan.

"Termasuk solar panel energy, dan geothermal energy, kami mengajak Jepang berinvestasi pada sektor tersebut," ujarnya.

Dalam pertemuan ini juga dibahasa mengenai digitalisasi. Pada sektor ini, Jepang sangat membuka diri untuk berdiskusi mendalam terkait isu-isu digital yang menjadi fokus utama Indonesia dan berharap digitalisasi dapat membantu pengembangan industri UMKM di Indonesia.

Di sisi lain, Menko Airlangga juga menyampaikan besarnya potensi semi-konduktor di Indonesia sebagai penghasil Silica yang menjadi bahan baku semi-konduktor yang dibutuhkan dunia.

"Indonesia ingin menjadi penyedia kebutuhan semi-konduktor dunia sebagai alternatif pasar selain China," katanya.

Menutup pertemuan bilateral, Menteri Nishimura berharap kedua negara dapat mengatasi hambatan perdagangan termasuk produk agro dan perikanan.
Sementara Menko Airlangga menyampaikan harapannya agar terdapat keseimbangan akses pasar produk perikanan Indonesia di Jepang, dan produk perikanan berkualitas Jepang di Indonesia.

(inh/inh)

Bepergian dengan Dewa Kematian

garuda slot 89
UMP DKI Jakarta 2024 bakal diputuskan hari ini. Jika memakai PP Pengupahan terbaru, kenaikan maksimal Rp174 Ribu.
UMP DKI Jakarta 2024 bakal diputuskan hari ini. Jika memakai PP Pengupahan terbaru, kenaikan maksimal Rp174 Ribu. (CNN Indonesia/Adi Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia--

Upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta 2024 diputuskan hari ini (17/11).

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan pihaknya akan rapat bersama beberapa elemen hari ini. Ada pakar, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pusat Statistik (BPS), serikat buruh, hingga perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Kamar dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

"Direncanakan Jumat (17/11) akan dilakukan sidang dewan pengupahan untuk menetapkan UMP 2024. Yang hadir lengkap dari Pemprov DKI Jakarta, tim pakar dari akademisi, BPS, serikat pekerja, serta Apindo dan Kadin wakil dari pengusaha," katanya, dikutip dariCNBC Indonesia.

"Terkait tuntutan pekerja atau buruh UMP dinaikkan 15 persen merupakan masukan untuk Dewan Pengupahan dalam sidang (hari ini)," tambah Hari.

Hari menyebut isi pembahasan rapat hari ini mencakup komponen penetapan UMP, di antaranya inflasi, produk domestik regional bruto (PDRB) DKI, serta indeks tertentu. Khusus variabel alpha akan mempertimbangkan tingkat penyerapan tenaga kerja dan rata-rata upah sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023.

Jika menggunakan rumus Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam PP 51 Tahun 2023, kemungkinan upah buruh di Jakarta hanya naik maksimal Rp174 ribu.

Berikut perkiraan kenaikan UMP DKI Jakarta hari ini:

UMP DKI Jakarta 2023= Rp4.901.798
Inflasi DKI Jakarta per Oktober 2023= 2,08 persen year on year (yoy)
PDRB DKI Jakarta kuartal III 2023= 4,93 persen yoy
Indeks tertentu atau alpha di PP Nomor 51 Tahun 2023= 0,1-0,3

Rumus UMP 2024= inflasi + (pertumbuhan ekonomi X indeks tertentu)

Lihat Juga :
Mengintip Anggaran Militer Israel di Tengah Agresi ke Gaza

1. Simulasi jika indeks tertentu 0,1

UMP DKI Jakarta 2024= 2,08 + (4,93 X 0,1)= 2,57 persen

UMP DKI Jakarta 2024= Rp4.901.798 X 2,57 persen= Naik Rp126.123

2. Simulasi jika indeks tertentu 0,2

UMP DKI Jakarta 2024= 2,08 + (4,93 X 0,2)= 3,06 persen

UMP DKI Jakarta 2024= Rp4.901.798 X 3,06 persen= Naik Rp150.289

3. Simulasi jika indeks tertentu 0,3

UMP DKI Jakarta 2024= 2,08 + (4,93 X 0,3)= 3,55 persen

UMP DKI Jakarta 2024= Rp4.901.798 X 3,55 persen= Naik Rp174.454

4. Simulasi naik 15 persen sesuai tuntutan buruh

UMP DKI Jakarta 2024= Rp4.901.798 X 15 persen= Naik Rp735.269

[Gambas:Video CNN]



(skt/pta)

Benua Kelaparan

bola slot 77
Menteri BUMN Erick Thohir mengingatkan proyek LRT Jabodebek dikerjakan sendiri oleh Indonesia jadi harap maklum bila ada kesalahan.
Menteri BUMN Erick Thohir mengingatkan proyek LRT Jabodebek dikerjakan sendiri oleh Indonesia jadi harap maklum bila ada kesalahan. (CNNIndonesia/Farid Rahman)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akhirnya buka suara soal perbaikan roda LRT Jabodebek.

Erick mengatakan saat ini pihaknya tengah berdiskusi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait apa saja yang harus diperbaiki.

Lihat Juga :
Kemenhub Kaji Tarif Dinamis LRT, Lebih Murah Saat Jam Padat

Oleh karena itu, ia harap maklum jika masih ada kesalahan.

"LRT ini kita benar-benar sendirian. Jadi proses pembelajaran selalu ada dan InsyaAllah ada solusi kok," kata Erick.

Lihat Juga :
Kemenhub Janji Percepat Perawatan LRT Jabodebek

Belakangan, Manajemen LRT Jabodebek membatasi kecepatan kereta hingga 50 persen demi mengurangi gaya gesek antara roda dan rel. Hal ini dilakukan supaya kepingan roda LRT tak cepat aus.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan perawatan pada sejumlah trainset LRT.

"Operasional LRT saat ini memang mengurangi jumlah perjalanan dikarenakan sebagian trainset (rangkaian kereta) yang ada harus melakukan perawatan pembubutan roda sehingga tidak dapat kami operasikan untuk memastikan keamanan dalam operasionalnya," ucap Kuswardojo beberapa waktu lalu.

Saat proses perawatan dilakukan layanan LRT Jabodebek disesuaikan dengan waktu tunggu antarkereta (headway) sebagai berikut:

Peak Hour
- Harjamukti/Jatimulya - Cawang (pp): 30 Menit
- Cawang - Dukuh Atas (pp): 15 Menit

Off-peak Hour
- Harjamukti/Jatimulya - Cawang (pp): 60 Menit
- Cawang - Dukuh Atas (pp): 30 Menit

(mrh/fea)

[Gambas:Video CNN]

Penyihir Serbaguna

meminjam uang di bank
Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mengungkap ada proyek IKN Nusantara yang dibiayai APBN tetapi TKDN nol.
Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mengungkap ada proyek IKN Nusantara yang dibiayai APBN tetapi TKDN nol. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Komisi VIIDPRRI Sugeng Suparwoto mengungkap ada proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang dibiayai APBNtetapi nihil produk dalam negeri.

Politikus NasDem itu mulanya menyinggung tingkat komponen dalam negeri (TKDN) di proyek transisi energi, yang dikritisi Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKS Mulyanto. Sugeng lantas mengungkap temuan komisinya soal proyek IKN dengan nol TKDN.

"Kita dengar ada proyek yang dibiayai APBN, tapi TKDN nol, bahaya itu. Boleh disebut? Enggak boleh lah daripada jadi isu politik, tapi sudah keluar itu nol," katanya dalam rapat kerja bersama pemerintah di Komisi VII DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (20/11).

Mulyanto lantas menimpali pernyataan Sugeng. Ia berkelakar PDI Perjuangan juga akan ikut menggugat temuan dalam proyek IKN tersebut.

Selain urusan IKN, Mulyanto menegaskan pentingnya TKDN dalam penyusunan RUU Energi Baru Terbarukan (EBT). Menurutnya, berbahaya membiarkan RUU EBT memasukkan frasa 'fleksibilitas' untuk urusan TKDN dalam setiap proyek transisi energi.

"Enggak bisa fleksibel. Harus jelas, tegas, dan terukur. Karena kalau dikasih fleksibilitas, nanti di lapangan larinya ke mana-mana, bahaya untuk TKDN kita," tuntut Mulyanto.

Dalam raker ini, Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin Andi Rizaldi juga mendesak setiap pengadaan barang dan jasa dari proyek EBT mendukung penggunaan produk dalam negeri.

Ia menyebut sumber pendanaan transisi energi itu berasal dari APBN, termasuk pinjaman hingga hibah dari dalam atau luar negeri.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Dewa Memasak Satu Pukulan

alientogel
Halodoc PHK karyawan demi beradaptasi dengan dinamika bisnis industri. Tak dirinci berapa karyawan yang dirumahkan.
Halodoc PHK karyawan demi beradaptasi dengan dinamika bisnis industri. Tak dirinci berapa karyawan yang dirumahkan. (Tangkapan layar web halodoc.com)
Jakarta, CNN Indonesia--

Halodoc memutus hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawannya. Meski begitu,startupsektor kesehatan ini tak merinci berapa jumlah karyawanyang diberhentikan.

VP Government Relations & Corporate Affairs Halodoc Adeline Hindarto menjelaskan langkah PHK dilakukan lantaran adanya perubahan besar dalam situasi makroekonomi, politik dan geopolitik global maupun domestik.

Menurutnya, situasi tersebut mengharuskan seluruh pelaku bisnis, termasuk Halodoc, untuk beradaptasi, mengevaluasi strategi bisnis secara berkala, hingga bertransformasi demi memastikan strategi terbaik untuk menghadapi dinamika industri.

Halodoc menjamin untuk akan memenuhi kewajiban kepada seluruh karyawan yang terkena pemangkasan. Selain itu, perlindungan kesehatan para karyawan yang di-PHK tetap diberikan hingga Desember 2024.

"Dalam prosesnya, pemenuhan hak-hak karyawan sesuai peraturan dan hukum yang berlaku merupakan prioritas utama kami. Perusahaan juga memastikan setiap individu yang terdampak memiliki perlindungan kesehatan hingga bulan Desember 2024," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)