petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

nuke 88 slot

koinslot 547Jutaan kata 463276Orang-orang telah membaca serialisasi

《nuke 88 slot》

Mayoritas Kripto Akhirnya Rebound, Ethereum Jawara******

Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar rebound pada Kamis (2/3) pagi, setelah loyo dari awal pekan. Ethereum melesat.
Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar rebound pada Kamis (2/3) pagi, setelah loyo dari awal pekan. Ethereum melesat. (istockphoto/gopixa)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasarterbesar bangkit alias reboundpada perdaganganKamis (2/3) pagi, setelah loyo dari awal pekan.

Mengutip coinmarketcap, Ethereum naik paling tinggi di antara jagoan kripto lainnya. Koin dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua ini meleset 2,2 persen ke US.650 per koin.

Bitcoin menguat 1,1 persen ke US.532 per keping. Tren sepekan, Si Raja Koin ini tercatat turun 2,9 persen. XRP melonjak 1,3 persen ke level USPUPR Respons Dugaan Praktik Culas Perbaikan Jalan: Tak Mungkin Sepihak******

Kementerian PUPR mengatakan perbaikan jalan melibatkan tiga pihak. Jika terjadi praktik culas dalam implementasinya, maka semua pihak pasti terlibat.
Kementerian PUPR mengatakan perbaikan jalan melibatkan tiga pihak. Jika terjadi praktik culas dalam implementasinya, maka semua pihak pasti terlibat. (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia--

KementerianPUPR merespons terkait perbaikan sejumlahjalandi ibu kota yang disusupi dugaan praktik culasantara penyelenggara, yakni pemerintah, dengan vendor atau kontraktor.

Staf Ahli Menteri PUPR Endra S. Atmawidjaja mengklaim dalam pembangunan maupun perbaikan jalan, pihaknya selalu memastikan kualitas bahan digunakan sama dengan yang tertuang di dalam kontrak kerja.

"Spesifikasi teknis yang tertuang di dalam kontrak itu tidak boleh dikurangi, itu artinya speknya sudah mengatakan A, ya harus dipenuhi A. Dengan alasan apapun tidak boleh dikurangi. Jadi, artinya kita tidak mau ada sedikit pun yang dikurangi," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (7/3).

Ia menyebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga sudah sering menekankan tidak boleh ada hadiah (gift) yang diberikan kontraktor ke penyelenggara, no kick backatau pengembalian uang, hingga no briberyatau penyuapan.

Artinya, kata Endra, jika pengawasan dan imbauan sudah ditekankan, namun tetap masih terjadi pelanggaran dan kecurangan, maka sudah pasti seluruh pihak terlibat.

"Kalau ada permainan ini tidak mungkin terjadi kalau hanya satu pihak, itu pasti terjadi karena ada kesepakatan yang kita anggap itu tidak dibenarkan," jelasnya.

Karenanya, pemerintah juga meminta bantuan masyarakat untuk menyampaikan aduan jika melihat kecurangan di lapangan. Tentunya disertai bukti agar bisa langsung ditindak.

"Jadi ada saluran pengaduan, ini bisa dipakai kalau ada hal-hal semacam itu, kita tidak perlu klarifikasi lagi, itu bisa langsung ditindak. Apakah dicopot jabatan atau dilepas jabatannya dan kalau memang ada unsur pidananya, ya langsung kita proses," pungkasnya.

Sebelumnya, seorang kontraktor yang tak ingin disebut namanya membeberkan deal-deal yang dilakukan pihak penyelenggara jalan dan kontraktor untuk meraup keuntungan pribadi dari anggaran dengan jumlah yang variatif, tergantung besarnya proyek pembangunan jalan.

"Misalnya satu kilometer anggarannya Rp500 juta untuk rehabilitasi aspal, kemudian diambil 30 persen untuk pihak penyelenggara jalan dan kontraktor. Kan, untungnya bisa Rp150 juta," ujarnya, Kamis (2/3).

[Gambas:Video CNN]



(ldy/pta),37 per koin.

Trio koin stabil yakni Tether, Binance USD dan USD Coin masih setia di harga US.

Sayangnya, dua koin masih melempem hari ini. Dogecoin turun tipis 0,03 persen ke USLuhut soal Impor KRL: Masa Mau Beli Bekas Lagi?******

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia seharusnya tidak mengulang kesalahan membeli KRL bekas dari Jepang.
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia seharusnya tidak mengulang kesalahan membeli KRL bekas dari Jepang. (REUTERS/STAFF).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves)Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia seharusnya tidak mengulang kesalahan membeliKRL bekas dariJepang.

"Ini kita tidak boleh membuat kesalahan-kesalahan seperti ini lagi. Dulu kita pernah mengimpor barang (KRL) bekas, masa sekarang mengimpor barang bekas lagi?" jelas Luhut di kantornya, pada hari Jumat (3/3).

Luhut menyebutkan bahwa seharusnya dibuat perencanaan agar tidak ada impor KRL bekas lagi. Ia menyadari bahwa membeli kereta baru buatan dalam negeri memang lebih mahal, tetapi uang tersebut akan berputar di Tanah Air.

"Tetapi kalau nanti ini masalah waktu memang tidak bisa, kita akan mengirim BPKP untuk melakukan audit terlebih dahulu pada barang tersebut. Jadi barang itu dibeli tidak melalui tangan ketiga dan untuk memastikan bahwa harganya benar. Jangan sampai ada penyimpangan-penyimpangan harga," tegasnya.

"Ya memang harus (mengimpor KRL tahun ini) kita lakukan dalam waktu dekat karena ada 10 rangkaian tersebut," tandas Luhut.

Di sisi lain, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) masih menolak rencana impor KRL. Padahal, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) harus mencari pengganti 10 set kereta api Jabodetabek yang akan dipensiunkan pada 2023 dan 19 rangkaian lainnya pada 2024.

Lihat Juga :
Jejak Karir Eko, Kepala Bea Cukai DIY yang Dicopot Gegara Hidup Hedon

Rencananya, KCI ingin mengimpor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru (BMTB) berupa 120 Unit KRL Type E217 untuk kebutuhan 2023 dan 228 Unit KRL Type E217 untuk tahun kebutuhan 2024 dengan Pos Tarif/HS Code 8603.10.00.

KCI sudah meminta surat izin impor dari Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) sejak 13 September 2022. Namun, Kemendag butuh rekomendasi teknis dari Kemenperin untuk memberikan izin impor.

Setelah menunggu empat bulan lamanya, Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin memberi jawaban berisi penolakan impor dengan dalih kebutuhan kereta api bisa dipenuhi oleh perusahaan pelat merah, yakni PT Industri Kereta Api (INKA).

Surat tertanggal 6 Januari 2023 itu menyatakan bahwa rencana impor oleh PT KCI belum dapat ditindaklanjuti dengan pertimbangan pada fokus pemerintah meningkatkan produksi dalam negeri serta substitusi impor melalui Program Peningkatan Pengguna Produk Dalam Negeri (P3DN).

Anak usaha PT KAI itu sejatinya sudah memesan KRL pengganti ke PT INKA sesuai dengan jumlah yang bakal pensiun. Masalahnya, BUMN tersebut baru sanggup menyediakan gerbong KRL pesanan PT KCI pada 2025 mendatang.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu),081 per keping.

BNB pun terkoreksi 0,3 persen ke harga US1 per koin pada perdagangan 24 jam, serta turun 3,1 persen dalam seminggu.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)

Tiket Mudik Kereta Baru Terjual 250 Ribu Bangku, Masih Sisa Banyak******

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat tiket kereta api jarak jauh untuk pelayanan mudik lebaran 2023 baru terjual sekitar 250 ribu bangku.
PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat tiket kereta api jarak jauh untuk pelayanan mudik lebaran 2023 baru terjual sekitar 250 ribu bangku. (Arsip KAI).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat tiket kereta apijarak jauh untuk pelayanan mudik lebaran 2023 baru terjual sekitar 250 ribu bangku. Artinya masih banyak sisa dari kuota yang disediakan 3,5 juta tiket.

Berdasarkan data pemesanan sampai Selasa (7/3), pukul 08.00 WIB, tiket kereta jarak menengah atau jauh pada masa angkutan Lebaran 1441 H yang telah terjual untuk keberangkatan periode 12-21 April 2023 adalah 250.687 tiket atau sekitar 24,4 persen dari total keseluruhan tiket yang disediakan sebanyak 1.028.547 tiket pada periode tersebut.

"Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung," tulis KAI dalam keterangan tertulisnya.

Sedangkan, untuk perjalanan kereta yang masuk lima besar dalam okupansinya rata-rata capai 50 persen. Sebut saja, KA Airlangga (59,04 persen), KA Bengawan (55,85 persen), KA Kahuripan (54,27 persen), KA Sritanjung (35,35 persen), dan KA Serayu (34, 77 persen).

"KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia," imbuh KAI.

Lihat Juga :
ANALISISSubsidi Kendaraan Listrik, Siapa yang Paling Diuntungkan?

Sementara berdasarkan tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan diantaranya :

1. 20 April 2023 = 47 persen

2. 19 dan 21 April 2023 = 41 persen

3. 18 April 2023 = 31 persen.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Menperin soal Polemik Impor KRL Bekas Jepang: Besok Kita Selesaikan******

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan polemik impor KRL bekas dari Jepang akan diselesaikan di kantor Menkomarinves Luhut Binsar Panjaitan Jumat (3/2).
Polemik impor KRL bekas dari Jepang akan diselesaikan besok di kantor Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (dok. Kementerian Perindustrian).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang menegaskan polemikimpor KRL bekas dari Jepang akan diselesaikan besok di kantor Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan.

"Besok kita rapatkan, dengan semua. Nanti diundang oleh Menko Marves (Luhut). Iya besok sudah diagendakan, besok kita selesaikan," katanya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis (2/3).

"Besok kita rapatkan. Pasti ada solusi. Gak bisa kira-kira kalau keputusan," sambung Agus.

Ia juga mengaku mendengarkan masukan dari berbagai pihak, termasuk pengamat hingga industri dalam negeri, dalam polemik impor KRL ini.

"Pengamat kita dengar, semua kita dengar, ada yang kita dengar. Industri dalam negerinya kita dengar, semua kita dengar," tegasnya.

Penolakan impor KRL bekas dari Jepang membuat PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dilema. Mereka harus mencari pengganti 16 train set KRL Jabodetabek yang bakal dipensiunkan pada 2023 dan 2024.

Lihat Juga :
Alasan Kemenperin Tolak Beri Rekomendasi Izin Impor KRL Bekas Jepang

Rencananya, KCI ingin mengimpor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru (BMTB) berupa 120 Unit KRL Type E217 untuk kebutuhan 2023 dan 228 Unit KRL Type E217 untuk tahun kebutuhan 2024 dengan Pos Tarif/HS Code 8603.10.00.

KCI sudah meminta surat izin impor dari Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) sejak 13 September 2022. Namun, Kemendag butuh rekomendasi teknis dari Kemenperin untuk memberikan izin impor.

Setelah menunggu empat bulan lamanya, Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin memberi jawaban berisi penolakan impor dengan dalih kebutuhan kereta api bisa dipenuhi oleh perusahaan pelat merah, yakni PT Industri Kereta Api (INKA).

Surat tertanggal 6 Januari 2023 itu menyatakan bahwa rencana impor oleh PT KCI belum dapat ditindaklanjuti dengan pertimbangan pada fokus pemerintah meningkatkan produksi dalam negeri serta substitusi impor melalui Program Peningkatan Pengguna Produk Dalam Negeri (P3DN).

Anak usaha PT KAI itu sejatinya sudah memesan KRL pengganti ke PT INKA sesuai dengan jumlah yang bakal pensiun. Masalahnya, BUMN tersebut baru sanggup menyediakan gerbong KRL pesanan PT KCI pada 2025 mendatang.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:deltabet88

Perbarui waktu:2024-06-27

Daftar bab terbaru
link slot server thailand
bemoslot
betmenang88
mantulwd808
mpo222
joker99slot
sosial4d
slot777 deposit pulsa tanpa potongan
slot indonesia gacor
Daftar isi semua bab
Bab 1 pola 777 slot online
Bab 2 situsslot777
Bab 3 pinjaman akulaku 3 juta
Bab 4 zeus007 slot
Bab 5 jam gacor aztec gems
Bab 6 bigo88
Bab 7 slot baru
Bab 8 permainan slot gacor hari ini
Bab 9 m slot88
Bab 10 garuda365 slot
Bab 11 erek 40 2d
Bab 12 jam gacor olympus hari jumat
Bab 13 situs game slot terbaru
Bab 14 giga slot138
Bab 15 naik limit kredivo
Bab 16 cara pinjam di shopee paylater
Bab 17 demoslot4d
Bab 18 kemonbet
Bab 19 kakekqq
Bab 20 situs paling gacor 2022
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2870bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Pelarian Tuan Giveta

spno
Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga minyak goreng curah dan kemasan masih tinggi, bahkan menembus Rp18 ribu per liter.
Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga minyak goreng curah dan kemasan masih tinggi, bahkan menembus Rp18 ribu per liter. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga minyak goreng curah dan kemasan masih tinggi, bahkan menembus Rp18 ribu per liter. Tercatat kenaikan sebesar 6,93 persen dari harga eceran tertinggi (HET) sejak Oktober 2022.

"Per 6 Maret 2023 harga rata-rata minyak goreng curah Rp15.048 per liter dan kemasan Rp18.143 per liter. Kenaikan harga telah terjadi sejak Oktober 2022 sebesar 6,93 persen terhadap HET," ujar Sekretaris Utama Bapanas Sarwo Edhy dalam Executive Forum Media Indonesia yang tayang secara virtual, Kamis (9/3).

Sarwo menegaskan pemerintah sudah melaksanakan rapat koordinasi bersama produsen minyak goreng pada 8 Februari 2023. Hasil rapat tersebut adalah menyepakati komitmen penyaluran minyak goreng ke BUMN Pangan sebesar 29 juta ton per bulan sejak April tahun ini demi menjaga stabilitas pasokan dan harga di pasar.

Dengan kebutuhan bulanan 406 ribu ton dan tahunan mencapai 4,8 juta ton, Sarwo menjelaskan neraca minyak goreng tahun ini masih surplus 896 ribu ton, sehingga tidak diperlukan impor.

Di lain sisi, Badan Pusat Statistik (BPS) mewanti-wanti inflasi yang berpotensi melonjak pada Ramadan dan Idulfitri. BPS mengingatkan di momen tersebut harga komoditas berpotensi naik, termasuk minyak goreng hingga daging ayam.

Lihat Juga :
Bank Kripto Raksasa Silvergate Akan Tutup Usai Saham Anjlok 35 Persen

"Berdasarkan tren beberapa tahun terakhir, terlihat inflasi pada Ramadan perlu dikelola dengan mengendalikan harga-harga komoditas yang kemungkinan akan dominan mendorong inflasi, di antaranya bahan bakar rumah tangga, minyak goreng, daging ayam ras, dan beberapa komoditas lainnya," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini dalam konferensi pers, Rabu (1/3).

BPS mencatat inflasi Februari 2023 sebesar 5,47 persen (year on year/yoy). Sedangkan inflasi bulanan terealisasi sebesar 0,16 persen. Inflasi terjadi karena kenaikan berbagai harga bahan pokok hingga biaya transportasi di Tanah Air.

Penyumbang inflasi tahunan terbesar terjadi pada kelompok transportasi sebesar 13,59 persen dengan andil 1,63 persen. Sedangkan penyumbang kedua terbesar inflasi tahunan Februari 2023 adalah makanan, minuman, dan tembakau sebesar 7,23 persen dengan andil inflasi 1,87 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Berperahu mengelilingi surga

deliwin
Waymo mem-PHK 209 karyawan atau sekitar 8 persen tenaga kerjanya. Ini merupakan kali kedua adik Google tersebut memangkas karyawan pada tahun ini.
Waymo mem-PHK 209 karyawan atau sekitar 8 persen tenaga kerjanya. Ini merupakan kali kedua adik Google tersebut memangkas karyawan pada tahun ini. (AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / BILL PUGLIANO)
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan kendaraan otomatis (self-driving car) Waymo melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 209 karyawan atau sekitar 8 persen tenaga kerjanya. Ini merupakan kali kedua adik Google tersebut melakukan PHK. Waymo dan Google sama-sama dinaungi induk perusahaan, Alphabet.

PHK pertama di 2023 dilakukan Waymo pada akhir Januari lalu.

"Kami mengambil pendekatan yang bijaksana dan merasa yakin perusahaan memenuhi kebutuhan masing-masing mantan rekan satu tim ini alam melalui transisi ini," bunyi surat pengumuman perusahaan, dikutip CNNBusiness, Senin (1/3) lalu.

PHK Waymo terjadi di tengah badai PHK di sektor teknologi  karena industri menyesuaikan diri dengan berkurangnya permintaan layanan digital bertahun-tahun setelah pandemi.

Tantangan lainnya, industri teknologi menghadapi ketidakpastian yang lebih luas dalam ekonomi global. Naiknya suku bunga juga mempersulit akses pendanaan, yang digunakan untuk mendorong proyek ambisius dan taruhan di masa depan.

Januari lalu, Alphabet memangkas 12 ribu karyawan atau sekitar 6 persen dari tenaga kerjanya. PHK Waymo yang merupakan taruhan jangka panjang paling ambisius dan terkenal dari Alphabet pun menunjukkan induk Google itu tidak kebal terhadap fokus barunya untuk menghemat biaya.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Wuzong

pinjam uang di pegadaian syariah
Bank kripto terbesar kedua di dunia Silvergate Capital mengumumkan bakal tutup setelah sahamnya anjlok lebih dari 35 persen gara-gara kasus FTX.
Bank kripto terbesar kedua di dunia Silvergate Capital mengumumkan bakal tutup setelah sahamnya anjlok lebih dari 35 persen gara-gara kasus FTX. (SOPA Images/LightRocket via Gett/SOPA Images)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bank kripto terbesar kedua di duniaSilvergate Capital mengumumkan bakal berhenti beroperasi alias tutup. Sahamnya anjlok lebih dari 35 persen imbas kasus bursa kriptoFTX.

"Mengingat perkembangan industri dan peraturan baru-baru ini, Silvergate percaya bahwa penghentian operasi bank secara tertib dan likuidasi sukarela adalah jalan terbaik ke depan," tulis pernyataan resmi Silvergate, dikutip CNN Business, Kamis (9/3).

Silvergate melaporkan kerugian hingga US miliar atau setara Rp15,4 triliun (asumsi kurs Rp15.449 per dolar AS) di kuartal keempat 2022. Bank merugi karena investor berlomba-lomba menarik deposito lebih dari US miliar buntut kepanikan atas bangkrutnya bursa FTX.

CEO CoinRoutes Dave Weisberger menyebut kecil kemungkinan langkah penutupan Silvergate menyebar ke bank-bank lain. Ia menilai kasus Silvergate adalah pembubaran secara teratur.

"Masalah yang dihadapi Silvergate disebabkan oleh manajemen risiko yang kurang memadai, terutama karena terlalu mengandalkan simpanan jangka pendek, yang mudah berubah ketika meminjamkan atau berinvestasi dalam durasi yang lebih lama," kata Weisberger.

Sementara itu, Senator AS Elizabeth Warren mengatakan kegagalan Silvergate bertahan adalah hal yang mengecewakan, mengingat statusnya sebagai bank pilihan untuk kripto. Namun, hal tersebut sudah diprediksi.

Didirikan pada 1988, Silvergate mulai merambah ke dunia kripto pada 2013. Sayang, pemberi pinjaman yang berbasis di California, AS itu kini harus melikuidasi bank serta melakukan pengembalian semua deposit.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Saya Vardy

situs slot gacor hari ini terbaru
Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga minyak goreng curah dan kemasan masih tinggi, bahkan menembus Rp18 ribu per liter.
Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga minyak goreng curah dan kemasan masih tinggi, bahkan menembus Rp18 ribu per liter. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga minyak goreng curah dan kemasan masih tinggi, bahkan menembus Rp18 ribu per liter. Tercatat kenaikan sebesar 6,93 persen dari harga eceran tertinggi (HET) sejak Oktober 2022.

"Per 6 Maret 2023 harga rata-rata minyak goreng curah Rp15.048 per liter dan kemasan Rp18.143 per liter. Kenaikan harga telah terjadi sejak Oktober 2022 sebesar 6,93 persen terhadap HET," ujar Sekretaris Utama Bapanas Sarwo Edhy dalam Executive Forum Media Indonesia yang tayang secara virtual, Kamis (9/3).

Sarwo menegaskan pemerintah sudah melaksanakan rapat koordinasi bersama produsen minyak goreng pada 8 Februari 2023. Hasil rapat tersebut adalah menyepakati komitmen penyaluran minyak goreng ke BUMN Pangan sebesar 29 juta ton per bulan sejak April tahun ini demi menjaga stabilitas pasokan dan harga di pasar.

Dengan kebutuhan bulanan 406 ribu ton dan tahunan mencapai 4,8 juta ton, Sarwo menjelaskan neraca minyak goreng tahun ini masih surplus 896 ribu ton, sehingga tidak diperlukan impor.

Di lain sisi, Badan Pusat Statistik (BPS) mewanti-wanti inflasi yang berpotensi melonjak pada Ramadan dan Idulfitri. BPS mengingatkan di momen tersebut harga komoditas berpotensi naik, termasuk minyak goreng hingga daging ayam.

Lihat Juga :
Bank Kripto Raksasa Silvergate Akan Tutup Usai Saham Anjlok 35 Persen

"Berdasarkan tren beberapa tahun terakhir, terlihat inflasi pada Ramadan perlu dikelola dengan mengendalikan harga-harga komoditas yang kemungkinan akan dominan mendorong inflasi, di antaranya bahan bakar rumah tangga, minyak goreng, daging ayam ras, dan beberapa komoditas lainnya," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini dalam konferensi pers, Rabu (1/3).

BPS mencatat inflasi Februari 2023 sebesar 5,47 persen (year on year/yoy). Sedangkan inflasi bulanan terealisasi sebesar 0,16 persen. Inflasi terjadi karena kenaikan berbagai harga bahan pokok hingga biaya transportasi di Tanah Air.

Penyumbang inflasi tahunan terbesar terjadi pada kelompok transportasi sebesar 13,59 persen dengan andil 1,63 persen. Sedangkan penyumbang kedua terbesar inflasi tahunan Februari 2023 adalah makanan, minuman, dan tembakau sebesar 7,23 persen dengan andil inflasi 1,87 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

kekuatan sihir

trik pola zeus maxwin

Senin ajaib

lapakhoki88