petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

rtp dingdong 77

warganet88 143Jutaan kata 557195Orang-orang telah membaca serialisasi

《rtp dingdong 77》

Daftar Saham Terancam Delisting 2023, WSKT hingga SRIL Bakal Didepak******

Daftar saham terancam delisting di 2023 ada 38 emiten. WSKT hingga SRIL ada dalam daftar tersebut.
Daftar saham terancam delisting di 2023 ada 38 emiten. WSKT hingga SRIL ada dalam daftar tersebut. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia--

Daftar sahamterancamdelisting sepanjang 2023 ada 38 emiten. Di daftar itu, ada PT Waskita Karya (Persero) Tbk alias WSKT dan PT Sri Rejeki Isman Tbk atau SRIL.

Peringatan ini diumumkan Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak awal Januari 2023 hingga pengujung tahun ini. Potensi delisting dari setiap emiten diumumkan dalam keterbukaan informasi.

Khusus dalam kasus Waskita, saham perseroan disuspensi sejak Mei 2023 lalu. Ini terjadi karena penundaan pembayaran bunga dan pokok atas beberapa obligasi yang diterbitkan perusahaan.

"Maka dari itu, dilakukannya delisting terhadap saham perseroan baru akan terjadi paling cepat pada bulan Mei 2025," komentar Waskita dalam keterangan resminya soal potensi didepak dari bursa, Kamis (23/11), dikutip dari detik.

Akan tetapi, BUMN Konstruksi itu optimistis sanggup menyelesaikan review Master Restructuring Agreement (MRA) dan mendapatkan persetujuan kreditur perbankan maupun pemegang obligasi. Dengan begitu, suspensi saham dapat segera dibuka kembali di kuartal pertama 2024.

Selain Waskita, ada 37 emiten lain yang juga mendapatkan peringatan potensi delisting dari BEI sepanjang tahun ini.

Berikut daftar 38 saham terancam delisting pada 2023:

1. PT Armidian Karyatama Tbk (ARMY)
2. PT Bukit Uluwatu Villa Tbk (BUVA)
3. PT Cowell Development Tbk (COWL)
4. PT Danasupra Erapacific Tbk (DEFI)
5. PT Dua Putra Utama Makmur Tbk (DPUM)
6. PT Jaya Bersama Indo Tbk (DUCK)
7. PT Envy Technologies Indonesia Tbk (ENVY).
8. PT Inti Agri Resources Tbk (IIKP)
9. PT Sky Energy Indonesia Tbk (JSKY)
10. PT Grand Kartech Tbk (KRAH)
11. PT Steadfast Marine Tbk (KPAL)
12. PT Forza Land Indonesia Tbk (FORZ)
13. PT Panasia Indo Resources Tbk (HDTX)
14. PT Capitalinc Investment Tbk (MTFN)
15. PT Mas Murni Indonesia Tbk (MAMI)
16. PT Magna Investama Mandiri Tbk (MGNA)
17. PT Leyand International Tbk (LAPD)
18. PT Hanson International Tbk (MYRX)
19. PT Jakarta Kyoei Steel Works Tbk (JKSW)
20. PT Eureka Prima Jakarta Tbk (LCGP)
21. PT Falmaco Nonwoven Industri Tbk (FLMC)
22. PT Hotel Mandarine Regency Tbk (HOME)
23. PT Saraswati Griya Lestari Tbk (HOTL)
24. PT Sinergi Megah Internusa Tbk (NUSA)
25. PT Onix Capital Tbk (OCAP)
26. PT Bliss Properti Indonesia Tbk (POSA)
27. PT Trinitan Metals and Minerals Tbk (PURE)
28. PT Nusantara Inti Corpora Tbk (UNIT)
29. PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL)
30. PT Siwani Makmur Tbk (SIMA)
31. PT Northcliff Citranusa Indonesia Tbk (SKYB)
32. PT Rimo International Lestari Tbk (RIMO)
33. PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT)
34. PT Triwira Insanlestari Tbk (TRIL)
35. PT Sugih Energy Tbk (SUGI)
36. PT SMR Utama Tbk. (SMRU)
37. PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM)
38. PT Trikomsel Oke Tbk (TRIO)

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Daftar Pilihan Saham Cuan Pekan Ini******

Analis menyebut sejumlah saham bersinar pekan ini. Berikut rinciannya.
Analis menyebut sejumlah saham berkilau pekan ini. ( CNN Indonesia/Hesti Rika).
Daftar Isi
  • 1. BDMN
  • 2. AGRO
  • 3. KAEF
  • 4. TKIM
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) melemah 4,2 poin atau minus 0,06 persen ke level 7.350 pada perdagangan Jumat (22/3) lalu.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp9,79 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 15,08 miliar saham.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham menguat tiga kali, sementara dua hari sisanya melemah. Performa indeks menguat 0,30 persen.

Lihat Juga :
Pertamina dan Kemendag Segel SBPU Curang di Rest Area KM 42 Tol Japek

"Rata-rata nilai transaksi harian saham mengalami perubahan yaitu sebesar 40,62 persen menjadi Rp10,17 triliun dari Rp17,12 triliun pada sepekan yang lalu," imbuh Kautsar melalui keterangan resmi.

Adapun pergerakan investor asing pada Jumat (22/3) kemarin mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp372,9 miliar. Sementara, sepanjang 2024 investor asing telah mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp28,25 triliun.

Lantas, seperti apa proyeksi pergerakan IHSG untuk sepekan ke depan?

Head of Customer Literation and Education PT Kiwoom Sekuritas Indonesia Oktavianus Audi memperkirakan IHSG pekan depan akan bergerak menguat terbatas dalam rentang support7.227 dan resistance7.440.

Lihat Juga :
Unilever Akan PHK 7.500 Karyawan

Dari dalam negeri, pasar akan dipengaruhi oleh rilis data inflasi Maret periode Maret yang diperkirakan meningkat dari 2,75 persen menjadi 3,2 persen.

"Kami melihat hal ini disebabkan bulan Ramadan dan menjelang Lebaran mendorong permintaan baik dari makanan dan transportasi," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Meski demikian, Audi memperkirakan pasar merespons moderat terkait kenaikan ini seiring dengan inflasi yang masih dalam target Bank Indonesia (BI).

Selain itu, pasar juga akan dipengaruhi rilis Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur periode Maret yang diperkirakan tetap ekspansif dengan berada di level 54 atau lebih tinggi dari sebelumnya. Pasar akan merespons moderat seiring dengan rilis data ekspor Indonesia sebelumnya yang anjlok meski manufaktur berada pada level ekspansif.

Dari luar negeri, pasar akan dipengaruhi oleh rilis data inflasi Personal Consumption Expenditure (PCE)Amerika Serikat yang diperkirakan lebih melandai.

"Kami melihat pasar akan cenderung lebih wait and seedengan potensi pemangkasan bunga baru dapat terjadi di Juni 2024 dan hanya sebanyak tiga kali," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Audi mengatakan investor dapat melakukan holddengan konfirmasi jika IHSG menyelesaikan masa sideways, atau setidaknya breakout 7.370 di depan.

Secara teknikal, Audi merekomendasikan empat emiten.

Pertama, trading buysaham PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. Emiten berkode TKIM ini ia yakini bisa tembus 7.950 usai melesat 2,13 persen ke 7.200 pada pekan kemarin.

Kedua, speculative buysaham PT Sarana Menara Nusantara Tbk alias TOWR. Emiten ini diyakini bergerak di rentang 840-950.

Ketiga,Elang Mahkota Teknologi yang naik 2,78 persen ke level 440 pekan lalu. Menurutnya, EMTK bisa tembus 456 dan boleh dilirik dengan skema buy on break.

Lihat Juga :
Pasrah Driver Ojol Lagi-lagi Tak Dapat THR Lebaran Tahun Ini

Keempat, speculative buysaham PT Bukalapak.com Tbk alias BUKA. Emiten ini diyakini bergerak di rentang 139-174.

Senada, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana berpandangan IHSG bergerak menguat namun cenderung konsolidasi sepekan ke depan. Ia memperkirakan IHSG bergerak di rentang support7.238 dan resistance7.416.

"Kami perkirakan untuk sentimen pada pekan depan selain ada rilis data ekonomi AS seperti GDP dan pendapatan individu serta dari China ada rilis data industrial," katanya.

Ada tiga saham yang menurutnya bisa diperhatikan selama sepekan ini.

Pertama, emiten berkode ASSA yang diyakini bisa menembus level 960. Saham milik PT Adi Sarana Armada ini naik 2,45 persen ke level 835 pada pekan lalu.

Kedua, Herditya merekomendasikan saham PT Blue Bird Tbk yang naik 0,86 persen ke 1.760 pada pekan kemarin. Menurutnya, emiten berkode BIRD ini bakal bergerak di rentang 1.810-1.880.

Lihat Juga :
Segudang Bisnis Hary Tanoe, Taipan Media yang Gagal Duduk di Senayan

Ketiga, ada PT Astra International Tbk yang naik 0,47 persen ke posisi 5.375 pada penutupan pekan lalu. Herditya meyakini ASIi bisa unjuk gigi hingga posisi 5.600.

Sementara itu, , Associate Director of PT Jasa Utama Capital Sekuritas Hadrian Maynard Taslim melihat IHSG masih berada dalam fase uptrend yang cenderung mengalami konsolidasi sideways. Ia memperkirakan IHSG bergerak di rentang support 7.276 dan resistance 7.454

Dari dalam negeri, indeks akan dipengaruhi oleh pembagian dividen dari beberapa emiten, termasuk HATM, NISP, BTPS, dan ESSA, serta pengumuman laporan keuangan tahunan 2023.

Di kancah internasional, IHSG akan terpengaruh oleh perkiraan penurunan laju pertumbuhan GDP kuartalan AS dari 4,9 persen menjadi 3,2 persen.

Selain itu, saham saham komoditas diharapkan merespons dinamika harga global, yang mayoritas menunjukkan kecenderungan melemah, seperti minyak mentah yang turun 0,55 persen ke level US,63 per barel, batu bara turun 0,51 persen ke level US8,5 per ton.

"Fokus investor dapat tertuju pada sektor IDX-TRANS yang menunjukkan potensi penguatan dengan menembus resistance MA50 nya di 1.601. Sektoral lain seperti IDX Health, IDX Finance, IDX Non-cyclical, dan IDX Techno juga menutup pekan dengan positif," katanya.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Beber Isi Pembicaraan soal Gas Murah dengan Menteri ESDM

Adapun saham yang direkomendasikan Hadrian pada pekan ini untuk dikoleksi adalah:

1. BDMN

Trading Buy: 2.940-2.980
Target: 3.240
Support: 2.870

2. AGRO

Buy on weakness:292-298
Target: 338
Support: 282

3. KAEF

Trading buy: 910-965
Target : 1100
Support : 870

4. TKIM

Trading buy: 7.175-7.250
Target: 7.825
Stoploss:6.850

(agt/agt)

Tim Anies: Indonesia Emas Bukan Hanya Soal Pendapatan Per Kapita******

Tim Ekonomi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Wijayanto Samirin mengatakan cita-cita Indonesia Emas 2045 bukan soal peningkatan pendapatan per kapita.
Tim Ekonomi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Wijayanto Samirin mengatakan cita-cita Indonesia Emas 2045 bukan soal peningkatan pendapatan per kapita. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tim Ekonomi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Wijayanto Samirin mengatakan cita-cita Indonesia Emas 2045 bukan soal peningkatan pendapatan per kapita tetapi pemerataan di seluruh wilayah Indonesia.

Ia mengatakan jika Indonesia Emas 2045 ingin dicapai dengan menaikkan pendapatan per kapita menjadi US ribu, maka pertumbuhan ekonomi harus mencapai 7 hingga 8 persen.

Namun Anies-Cak Imin (AMIN), sambungnya, bukan menekankan pada pendapatan per kapita, sehingga target pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan hanya 5,5 persen hingga 6 persen.

Alih-alih berfokus pada pendapatan per kapita, Wijayanto mengatakan Anies-Cak Imin lebih memilih untuk memajukan 40 kota sehingga memiliki daya saing setara Jakarta. Dengan begitu cita-cita Indonesia pada 2045 bisa maju di setiap daerah.

Ia menambahkan pertumbuhan ekonomi 5,5 sampai 6,5 persen yang ditargetkan Anies-Cak Imin merupakan angka yang progresif sekaligus realistis. Pasalnya, Bank Dunia katanya memprediksi ekonomi dunia melambat dan ekonomi Indonesia diperkirakan hanya tumbuh di bawah 4,9 persen tahun ini.

"Jadi ini fenomena nyata di lapangan.Jadi target 5,5-6,5 persen angka yang progresif," imbuhnya.

Cak Imin sebelumnya memberi alasan ia dan Anies menetapkan target pertumbuhan ekonomi 5,5 hingga 6 persen jika nanti terpilih di Pilpres 2024. Ia mengatakan target itu tak dibuat dengan asal.

Menurutnya, target itu dibuat karena ia dan pasangannya khawatir utang negara semakin bengkak jika menetapkan target pertumbuhan di atas 6 persen, termasuk sampai 7 persen sebagaimana dijanjikan pesaingnya; Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pernyataan Cak Imin disampaikan dalam segmen keempat debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/12).

Cak Imin menanggapi pertanyaan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD yang mempertanyakan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5 hingga 6 persen.

"Kalau membuat target 7 atau 8 [persen] bisa saja, tapi kami ingin membuat target itu berkualitas dan inklusif," kata Cak Imin.

"Target 5,5 sampai 6 persen itu dengan kalkulasi karena kalau kami tidak terlalu realistis, nanti ujung-ujungnya utang luar negeri. Utang luar negeri yang terlampau banyak ini mengakibatkan bukan hanya pemerintahan saat ini, tapi juga anak dan cucu kita nanti mengalami beban utang yang panjang," ia menambahkan.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)




bab terbaru:angkasa138

Perbarui waktu:2024-05-20

Daftar bab terbaru
menang judi
buku mimpi 2d 01
danaslot77
kumpulan situs slot online terpercaya
slot lagi gacor
harga voucher xl 40gb
xyz388
pinjol 20 juta
jokerbola
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot paling gacor 2022
Bab 2 legend win slot
Bab 3 pola trik slot olympus
Bab 4 limit pinjaman awal kredivo
Bab 5 jayavegas
Bab 6 cara mengecek limit kredivo
Bab 7 cara menghasilkan uang gratis
Bab 8 bet388
Bab 9 ganas 68 slot
Bab 10 game slot baru
Bab 11 situs tergacor sedunia
Bab 12 pargoy4d
Bab 13 erek erek madu
Bab 14 buku seribu mimpi 2d abjad
Bab 15 voucher gojek februari 2022
Bab 16 slot gacor aman terpercaya
Bab 17 infinistaging
Bab 18 rpt airbet88
Bab 19 neo pinjam
Bab 20 slot permainan
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2657bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Perpustakaan Tiandao

laskar4d
Ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Tol Jagorawi arah Jakarta pada malam hari ini, Senin (1/1), sempat padat diakibatkan meningkatnya volume kendaraan.
Ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Tol Jagorawi arah Jakarta pada malam hari ini, Senin (1/1), sempat padat diakibatkan meningkatnya volume kendaraan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Syakirun Niam).
Jakarta, CNN Indonesia--

Arus lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Tol Jagorawi arah Jakarta pada malam hari ini, Senin (1/1), sempat padat diakibatkan meningkatnya volume kendaraan.

Dilansir dari akun X @PTJASAMARGA, pada pukul 20.40 WIB, petugas memberlakukan lajur contraflow di Cikampek KM 72 sampai Karawang Barat KM 47.

"20.40 WIB #Tol_Japek Karawang Barat KM 48 - KM 49 arah Cikampek PADAT, kepadatan volume lalin. ; Karawang Barat KM 49 - KM 47 arah Jakarta PADAT, kepadatan volume lalin dan di lajur keluar Contraflow/kanan," demikian dilansir dari akun X @PTJASAMARGA, Senin (1/1) malam.

"20.37 WIB #Tol_Purbaleunyi Cikalong Wetan KM 106 - KM 104 arah Jakarta PADAT, kepadatan volume lalin. Cikalong Wetan KM 103 - Darangdan KM 97 PADAT, kepadatan volume lalin dan antrean di lajur masuk/keluar Rest Area," tulis akun X @PTJASAMARGA.

Pada pukul 20.00 WIB tadi, kepadatan kendaraan juga terlihat di ruas Tol Jagorawi.

"20.11 WIB #Tol_Jagorawi Cimanggis KM 17 arah Jakarta PADAT, kepadatan volume lalin," cuit akun @PTJASAMARGA.

[Gambas:Video CNN]



(ryn/sfr)

Perbaikan abadi

mimpi bergambar
Tim Ekonomi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Wijayanto Samirin mengatakan cita-cita Indonesia Emas 2045 bukan soal peningkatan pendapatan per kapita.
Tim Ekonomi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Wijayanto Samirin mengatakan cita-cita Indonesia Emas 2045 bukan soal peningkatan pendapatan per kapita. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tim Ekonomi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Wijayanto Samirin mengatakan cita-cita Indonesia Emas 2045 bukan soal peningkatan pendapatan per kapita tetapi pemerataan di seluruh wilayah Indonesia.

Ia mengatakan jika Indonesia Emas 2045 ingin dicapai dengan menaikkan pendapatan per kapita menjadi US ribu, maka pertumbuhan ekonomi harus mencapai 7 hingga 8 persen.

Namun Anies-Cak Imin (AMIN), sambungnya, bukan menekankan pada pendapatan per kapita, sehingga target pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan hanya 5,5 persen hingga 6 persen.

Alih-alih berfokus pada pendapatan per kapita, Wijayanto mengatakan Anies-Cak Imin lebih memilih untuk memajukan 40 kota sehingga memiliki daya saing setara Jakarta. Dengan begitu cita-cita Indonesia pada 2045 bisa maju di setiap daerah.

Ia menambahkan pertumbuhan ekonomi 5,5 sampai 6,5 persen yang ditargetkan Anies-Cak Imin merupakan angka yang progresif sekaligus realistis. Pasalnya, Bank Dunia katanya memprediksi ekonomi dunia melambat dan ekonomi Indonesia diperkirakan hanya tumbuh di bawah 4,9 persen tahun ini.

"Jadi ini fenomena nyata di lapangan.Jadi target 5,5-6,5 persen angka yang progresif," imbuhnya.

Cak Imin sebelumnya memberi alasan ia dan Anies menetapkan target pertumbuhan ekonomi 5,5 hingga 6 persen jika nanti terpilih di Pilpres 2024. Ia mengatakan target itu tak dibuat dengan asal.

Menurutnya, target itu dibuat karena ia dan pasangannya khawatir utang negara semakin bengkak jika menetapkan target pertumbuhan di atas 6 persen, termasuk sampai 7 persen sebagaimana dijanjikan pesaingnya; Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pernyataan Cak Imin disampaikan dalam segmen keempat debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/12).

Cak Imin menanggapi pertanyaan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD yang mempertanyakan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5 hingga 6 persen.

"Kalau membuat target 7 atau 8 [persen] bisa saja, tapi kami ingin membuat target itu berkualitas dan inklusif," kata Cak Imin.

"Target 5,5 sampai 6 persen itu dengan kalkulasi karena kalau kami tidak terlalu realistis, nanti ujung-ujungnya utang luar negeri. Utang luar negeri yang terlampau banyak ini mengakibatkan bukan hanya pemerintahan saat ini, tapi juga anak dan cucu kita nanti mengalami beban utang yang panjang," ia menambahkan.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Sistem beruang paling kuat dalam sejarah

gilaslot1 terbaru 2022
Kementan menerbitkan rekomendasi impor bawang putih 1,2 juta ton sepanjang 2023, padahal rakortas memutuskan hanya 560 ribu ton.
Kementan menerbitkan rekomendasi impor bawang putih 1,2 juta ton sepanjang 2023, padahal rakortas memutuskan hanya 560 ribu ton. (Foto: ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Ombudsman RI mengatakan Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan rekomendasi izinimpor bawang putihmelebihi kuota yang ditetapkan pemerintah.

Hal itu berdasarkan adanya dugaan maladminstrasi dalam penerbitan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) bawang putih yang dilakukan Kementan.

Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika mengatakan penerbitan RIPH tidak sesuai dengan kuota impor tahunan yang diputuskan dalam rapat koordinasi terbatas (rakortas) pemerintah.

"Ya memang tidak harus sama, tapi kalau jumlahnya seperti ini pasti akan mengakibatkan permasalahan. Rebutan SPI (surat perizinan impor), pelaku usaha rugi. Ini kan pelayanannya jadi buruk" katanya dalam konferensi pers, Selasa (15/1).

RIPH merupakan keterangan tertulis yang menyatakan produk hortikultura memenuhi persyaratan administrasi dan teknis yang diterbitkan Kementerian Pertanian. Rekomendasi ini menjadi salah satu syarat untuk mendapat surat persetujuan impor (SPI) dari Kementerian Perdagangan.

Ombudsman juga menemukan adanya praktik pungutan liar dalam penerbitan RPIH bawang putih. Salah satu importir melaporkan ke Ombudsman bahwa ia diminta membayar Rp200 - Rp250 per kilogram (kg) kepada oknum di lingkungan Kementan untuk mendapatkan RIPH.

"Kalau disangkal silakan, karena fokus Ombudsman bukan di situ. Ini ranahnya penegak hukum, tapi informasi ini masuk ke ombudsman," katanya.

Masalah lainnya yang juga ditemukan Ombudsman yakni banyak importir yang tidak melakukan wajib tanam bawang putih.

Padahal dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 38 tahun 2017 tentang Rekomendasi Impor Produk Hortikultura, Pasal 32 mewajibkan importir menanam bawang putih di dalam negeri. Wajib tanam harus dilakukan sebesar 5 persen dari pengajuan impor.

Jika tidak melakukan wajib tanam, maka pengusaha tidak boleh melakukan importir.

"Bagaimana kalau tidak boleh impor, apakah tetap bisa impor? Bisa, caranya bikin perusahaan baru. Mestinya pemerintah waspada pada perusahaan baru karena besar kemungkinan patut diduga di belakangnya merupakan pelaku usaha yang enggan melakukan wajib tanam," kata Yeka.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Sistem ortodoksi terkuat

erek erek anjing laut
Migrant Watch katakan tak tepat kasus magang ke Jerman disebut TPPO
Direktur Migrant Watch Aznil Tan (kedua dari kiri) di Jakarta, beberapa waktu lalu. ANTARA/Dokumen pribadi.
Jakarta (ANTARA) - Direktur Migrant Watch Aznil Tan mengatakan penyebutan kasus magang mahasiswa ke Jerman atau ferienjob sebagai tindak pidana perdagangan orang (TPPO) tidak tepat.

“Perlu diketahui, Jerman termasuk 10 terbaik negara yang memiliki aturan ketenagakerjaan, baik kelayakan hidup maupun pengupahan. Ini berdasarkan laporan dari IMD Business School,” kata dia di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan pada masa lalu TPPO merupakan kasus perbudakan maupun perdagangan budak yang dimulai pada perdagangan budak trans-Atlantik yang dimulai pada abad ke-15. Pada abad ke-18 praktik tersebut dihapuskan, sedangkan pada 2000 muncul istilah perdagangan manusia pada Protokol Palermo, yang dimaksudkan praktik-praktik yang memperdagangkan anak dan perempuan, seperti kerja paksa atau eksploitasi.

“Sederhananya TPPO ini seperti pengamen yang membawa anak di jalan, termasuk ke dalam TPPO. Mengeksploitasi seseorang untuk mendapatkan keuntungan dengan mengendalikannya,” kata dia.

Perbedaan TPPO era dahulu dan sekarang terletak pada kepemilikannya. Namun sekarang terletak pada pengendalian akan hak seseorang yang rentan.

Dalam kasus dugaan TPPO magang mahasiswa ke Jerman, kata dia, mahasiswa tidak dalam posisi rentan.

Dalam UU No 21/2007 tentang Pemberantasan TPPO disebutkan bahwa TPPO hanya bisa disematkan pada pelaku apabila di dalamnya ada kekerasan, penculikan, penyekapan, pemalsuan, atau penipuan. Dengan kata lain, korban TPPO dalam kendali seseorang atau sekelompok orang untuk dieksploitasi agar mendapatkan keuntungan.

“Jadi keliru kalau kasus ini dinyatakan sebagai kasus TPPO,” kata dia.

Dia mengatakan ferienjobmerupakan program resmi dari pemerintah Jerman bagi mahasiswa untuk mengisi waktu libur dengan berbagai pekerjaan kasar.

 Baca juga: Hadi ungkap 1.900 mahasiswa terindikasi korban TPPO di Jerman

Permasalahannya, katanya, banyak mahasiswa asal Indonesia tidak siap kerja dan menganggap program tersebut sebagai program liburan sambil bekerja. Bahkan dalam kasus tersebut, tidak ada mahasiswa yang disekap, pulang mengalami cacat, atau mental terguncang.

Menurut dia, kasus ini lebih tepat dikatakan sebagai kesalahan prosedur penempatan mahasiswa dibandingkan dengan kasus TPPO.

“Jangan latah melabelkan kasus di dunia ketenagakerjaan sebagai bentuk TPPO, karena ini bisa jadi aib bagi negara Indonesia. Bahkan pihak Pemerintah Jerman bisa tersinggung jika program Ferienjobmengandung unsur TPPO,” kata  dia.

Juru Bicara Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Syaifudin mengatakan apa yang terjadi saat ini,  korban dari penyelenggaraan non-prosedural yang dilakukan pihak PT SHB dan CVGen dalam program magang di Jerman.

“Tidak ada niatan kami melakukan pelanggaran hukum, apalagi melakukan TPPO untuk para mahasiswanya. UNJ mengikuti program magang yang ditawarkan oleh SS, PT SHB, dan CVGen atas dasar kepentingan akademis untuk mahasiswa kami dapat meningkat kemampuan teknis dan nonteknis mahasiswa,” katanya.

Baca juga: UAJ sebut 27 mahasiswa peserta Ferienjob sudah kembali ke Indonesia

Mahasiswa yang mengikuti program itu dapat menjadi lulusan yang berdaya saing global dan mengetahui kehidupan masyarakat global sebagai bekal mereka menyongsong visi Indonesia Emas 2045 untuk menjadi SDM berkualitas dan berdaya saing global.

“Alhamdulillah, kami sudah menanyakan pada mahasiswa UNJ yang ikut program itu, tidak ada hal yang berkaitan dengan eksploitasi dan kekerasan yang dialami. Mahasiswa diperlakukan dengan baik dan diberikan keleluasaan dalam menjalankan ibadah,” katanya.

Pihak Universitas Terbuka melalui Kepala Subdirektorat Humas dan Pemasaran Maya Maria menegaskan tidak terlibat dalam program Ferienjob yang mengatasnamakan magang di Jerman.

Ia mengatakan mahasiswa UT hanya memiliki dua skema MBKM yakni flagship Kemendikbudristek dan MBKM Mandiri.

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri berhasil mengungkap kasus TPPO dengan modus mahasiswa magang ke Jerman yang melibatkan 1.900-an orang.

Baca juga: Bareskrim Polri sebut "ferienjob" adalah program resmi di Jerman
Baca juga: Seorang mahasiswa Unja korban Ferienjob di Jerman buka mulut
Baca juga: KSP minta tata kelola magang mahasiswa di luar negeri diperbaiki

Pewarta: Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024

Berjalan-jalan dalam kiamat

arti pola gacor
Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni menyebut kasus tanah artis Nirina Zubir akan mendapat titik terang pada pekan ini.
Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Yogyakarta, CNN Indonesia--

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni menyebut kasus tanahyang menerpa artis Nirina Zubir akan segera menemui titik terang.

Raja Juli yang juga Sekjen PSI mengatakan pihaknya akan mengundang Nirina ke dalam sebuah forum pertemuan daring untuk membahas perkembangan masalah yang menerpa selebritas tersebut.

"Saya kira minggu ini saya juga ada zoom meeting dengan beliau, sebagai Wamen ATR/BPN saya kumpulkan dirjen terkait, saya kumpulkan kanwil kakantah (kepala kantor pertanahan), insya Allah akan dapat titik terang," kata Raja Juli ditemui di salah satu mall, Sleman, DIY, Minggu (14/1).

Lihat Juga :
Nirina Zubir Mundur Dukung Paslon Pilpres 2024, Singgung Mafia Tanah

Di satu sisi, kata Raja Juli, dari pihak Nirina ternyata juga baru mengajukan pembatalan sertifikat tanah pada Oktober 2023, setelah putusan hukum Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Agustus tahun lalu.

"Jadi bukan lambat (penanganan) dalam pengertian kita tidak mau eksekusi ya. Tapi ada proses, termasuk mbak Nirinanya sendiri proses pembatalannya juga baru kalau enggak salah 17 Oktober," jelas Raja Juli.

Setelah pembatalan sertifikat itu, lanjut Raja Juli, masih ada pula tahap pendalaman oleh kanwil kakantah setempat.

"Setelah ada keputusan pengadilan sesegera mungkin mestinya mbak Nirina dan saudara-saudaranya mengajukan pembatalan sertifikat, nah pembatalan itu juga tertunda. Saya cek baru 17 Oktober. Oktober November Desember ya sekitar dua bulan ini sedang berproses, insya allah ada titik terang," pungkasnya.

Nirina Zubir ramai diperbincangkan usai menyatakan mundur mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024. Ia menyatakan batal mendukung karena belum ada yang berkomitmen selesaikan mafia tanah.

Pernyataan tersebut diungkap Nirina melalui unggahan di Instagram pada Kamis (11/1) malam. Ia turut menyoroti masalah mafia tanah yang ia hadapi belum memiliki jalan keluar.

"Dengan berat hati, Na menyatakan mundur dari menyuarakan dukungan kepada paslon capres dan cawapres di tahun 2024," tulis Nirina.

"Kenapa? Sampai sekarang masalah tanah yang Na alami BELUM ADA JALAN KELUAR, masalah mafia tanah masih ada. Sejauh ini belum ada komitmen dari Calon Capres & Cawapres untuk masalah ini," lanjutnya.

Nirina pun menantang komitmen ketiga paslon Pilpres 2024 terkait masalah mafia tanah seperti yang dihadapi oleh aktris tersebut.

Lihat Juga :
Nirina Zubir Tantang Ketiga Paslon Pilpres 2024 Soal Mafia Tanah

"Hayo...sekarang adalah waktunya untuk membuktikan kalau ada yang bisa menyelesaikan masalah ini...Anda mau masyarakat percaya kan? Silahkan bapak-bapak... @aniesbaswedan , @cakiminow, @prabowo , @gibran_rakabuming, @ganjar_pranowo , @mohmahfudmd" katanya.

Nirina berurusan dengan kasus mafia tanah karena ia dan keluarganya menjadi korban dengan nilai kerugian hingga Rp17 miliar.

Polisi kemudian menetapkan lima orang sebagai tersangka. Mereka adalah Riri Khasmita mantan asisten rumah tangga (ART), Endrianto yang merupakan suami Riri.

Kemudian, tiga tersangka lainnya adalah Faridah, Ina Rosainaz dan Erwin Riduan yang berprofesi sebagai Notaris PPAT.

Polisi kemudian menetapkan tiga tersangka lainnya, yakni Moch Syaf Alatas (MAS), Ahmad Efrilliatio Ordiba (AEO) serta Cito (C). Selain itu, ada satu orang sebagai DPO yakni Ray Alexander Putra (RAP).

(kum/wis)

[Gambas:Video CNN]

Nona yang luar biasa

qq589
Baznas ajak pemuda menjadi pemimpin yang gemar berzakat lewat Ekspresi
Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI Mokhamad Mahdum menyampaikan materi dalam gelaran pesantren kilat Ramadhan bertajuk "Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi (Ekspresi)" di Dermaga Kolinlamil, di Jakarta, Jumat (29/3/2024). ANTARA/Sean Filo Muhamad.
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mengajak para pemuda untuk menjadi pemimpin yang gemar berzakat melalui gelaran pesantren kilat Ramadhan bertajuk "Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi (Ekspresi)". "Karakter pemimpin itu adalah memikirkan banyak orang dan itu karakter muzaki," kata Wakil Ketua Baznas RI Mokhamad Mahdum di sela-sela gelaran tersebut di Dermaga Kolinlamil di Jakarta, Jumat. Ia menyebut kegemaran dalam berzakat harus ada pada karakter setiap pemimpin, karena seorang pemimpin harus selalu memikirkan kesejahteraan orang lain. "Ketika kita hobi berzakat, otomatis mikirinorang lain. Kalau kita hobinya jadi penerima zakat, memikirkan diri sendiri, kan beda," katanya.

Baca juga: BPKH gencarkan perekrutan haji muda dalam gelaran Ekspresi Ramadhan Semangat cinta tanah air, kata dia, juga ditanamkan dalam acara ini.

Hal tersebut juga menjadi alasan gelaran pesantren kilat ini diadakan di Kapal Perang TNI AL, KRI Semarang-594, supaya dapat meletakkan fondasi yang kokoh dalam membentuk karakter pemimpin yang gemar berzakat. "Fondasinya adalah menyiapkan mereka di tahun 2045 sebagai pemimpin pada waktu itu, yaitu generasi emas dengan pondasi iman yang bagus, akhlak yang bagus, sekaligus NKRI-nya jelas," ujarnya. Menurut Mahdum, calon pemimpin Indonesia pada masa yang akan datang harus memiliki semangat cinta tanah air yang kuat, ditambah dengan fondasi agama yang kokoh, agar pemerintahan dapat berjalan dengan baik. "Yang kita khawatirkan (kalau) negara dan agama ini berbenturan. Agamanya bagus, tapi menyerang negara, negaranya bagus tapi nggakngerti agama. Nah kita nggakingin mencampur adukkan itu," katanya. Melalui gelaran ini, ia berharap, para peserta dapat mencerna ilmu yang didapatkan dengan baik, agar dapat menanamkan nilai-nilai cinta tanah air dan agama yang baik, dan bisa menjadi pemimpin yang gemar berzakat pada masa yang akan datang.

Baca juga: Disdik Bekasi ajak manfaatkan pesantren kilat tekan kenakalan remaja
Baca juga: Ratusan anak di lapas Palembang ikuti pesantren kilat Ramadhan
Baca juga: KPAI: Libatkan remaja dalam pesantren kilat cegah perang sarung

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024