petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

botakqq

slot isi dana 786Jutaan kata 434603Orang-orang telah membaca serialisasi

《botakqq》

Rekomendasi Saham Pekan Ini, Sektor Barang Konsumsi Paling Cuan******

Analis memperkirakan saha sektor barang konsumen primer masih berkilau pada pekan ini.
Analis memperkirakan saha sektor barang konsumen primer masih berkilau pada pekan ini. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA).
Jakarta, CNN Indonesia--

IndeksHarga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.715 pada akhir pekan lalu, Jumat (9/12). Indeks saham melemah 89.109 poin atau minus 1,31 persen dari perdagangan sebelumnya.

Dalam sepekan terakhir, IHSG melemah lima hari berturut. Secara akumulatif, perdagangan melemah 4,43 persen.

Tercatat, investor asing jual bersih (net sell) minus Rp6,68 triliun. Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gusti Agung Alit mengatakan rata-rata nilai transaksi harian Bursa juga mengalami perubahan sebesar 15,86 persen dari Rp17.522 triliun menjadi Rp14.742 triliun.

Tak hanya itu, rata-rata volume transaksi bursa tercatat turun 22,46 persen dari 31.506 miliar menjadi 24.428 miliar saham pada penutupan pekan lalu.

Pelatih investasi saham dan derivatif sekaligus CEO Akela Trading System Hary Suwanda mengungkapkan faktor yang menyebabkan IHSG ambles selama tujuh hari berturut kemarin adalah penurunan ekstrem pada saham TLKM dan ASII. Pasalnya, kedua perusahaan itu berinvestasi pada GOTO.

"Pada Selasa, 6 Desember 2022, IHSG bearish breakout, terjun bebas menembus supportlevel 6.955. Hal ini dipicu penurunan ekstrem pada saham TLKM dan ASII, yang mengalami kinerja keuangannya tergerus cukup signifikan akibat investasi mereka pada saham GOTO," kata Hary saat dihubungiCNNIndonesia.com, Minggu (11/12).

Lihat Juga :
Gusar Bupati Meranti, Ancam Gabung Malaysia dan Angkat Senjata

Ia menilai saham GOTO sejak awal meluncur di bursa saham telah overvalue, atau ketika perusahaan masih berada dalam kondisi merugi. Berdasarkan data yang dimiliki, kerugian Q3 2022 sebesar Rp20,32 triliun.

"Jika penurunan ini masih berlanjut maka, target berikutnya adalah supportIHSG di kisaran 6560," ucapnya.

Menurutnya, sentimen ini akan terus berpengaruh ke bursa saham dan masih akan berlanjut pekan depan.

Meski demikian, ia menjelaskan terdapat pula sentimen negatif dari luar negeri. Salah satunya data Producer Price Index (PPI)Amerika Serikat yang menunjukkan angka 0,4 persen. Sementara, konsensus yang dibuat hanya berada di 0,2 persen.

"Hal ini memicu kembalinya kekhawatiran akan inflasi dan berakibat koreksi pada Bursa Amerika, yang berpotensi akan berpengaruh juga ke IHSG," papar Hary.

Lihat Juga :
M Adil, Bupati Meranti yang Sebut Kemenkeu Isi Setan Iblis Terkait DBH

Mempertimbangkan berbagai sentimen negatif itu, Hary memperkirakan sektor yang masih akan menghasilkan pundi-pundi adalah barang konsumen primer (Consumer Non Cyclical). Sebab, dalam kondisi inflasi, sektor ini relatif tidak terpengaruh dibanding yang lain.

Hary pun menyarankan kepada para investor untuk menghindari sektor yang peka terhadap kenaikan suku bunga.

"Serta saham-saham yang secara fundamental masih membukukan negative earnings, beban hutang besar, kurang baik dalam kondisi Bank Sentral yang menaikkan suku bunga guna memerangi inflasi," ucapnya.

Meskipun, secara rinci ia tidak merekomendasikan saham apapun hingga masa koreksi IHSG selesai.

Lihat Juga :
Kronologi Bupati Meranti Ejek Kemenkeu Berisi Setan Iblis terkait DBH

Potensi 3 Saham Cuan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Tahun Baru 3 Minggu Lagi, Harga Bahan Pokok Sudah Kompak Naik******

Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok kompak naik tiga minggu jelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Kenaikan paling nyata terlihat pada cabai rawit.
Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok kompak naik tiga minggu jelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Kenaikan paling nyata terlihat pada cabai rawit. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga sejumlah bahan pokokkompak naik tiga minggu jelang perayaan Natal2022 dan Tahun Baru 2023. Kenaikan paling nyata terlihat pada cabai rawit.

Mengutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), rata-rata harga cabai rawit pada awal pekan ini bertengger Rp51.850 per kg, naik dibandingkan awal pekan lalu yang Rp48.250.

Di Jakarta bahkan, harga cabai rawit tembus Rp56.650 per kg. Sementara itu di Maluku, harga cabai rawit tembus Rp100.350 per kg.

Untuk beras, harga naik dari Rp12.400 jadi Rp12.500 per kg. Untuk daging ayam, harga naik dari Rp35.200 jadi Rp35.800 per kg.

Daging sapi harga naik dari Rp133.550 jadi Rp133.800.

Untuk telur ayam, harga naik dari Rp30.450 jadi Rp31.150 per kg. Untuk bawang merah, harga naik dari Rp37.900 jadi Rp38.100 per kg.

Sementara itu untuk cabai merah, harga naik dari Rp37.700 menjadi Rp38.950 per kg.

Sementara itu untuk harga minyak goreng, turun dari Rp19.200 menjadi Rp19.100. Sedangkan gula pasir, harganya stabil di Rp15.050.

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)

Natal 2 Minggu Lagi, Harga Daging******

Harga sejumlah bahan pokok di pasar Jakarta seperti daging dan cabai meroket jelang Natal dan Tahun Baru 2023.
Harga sejumlah bahan pokok kompak naik dua pekan jelang Natal dan Tahun Baru 2023. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga sejumlah bahan pokokdi sejumlah pasardi Jakartanaik tajam pada awal pekan ini. Salah satu kenaikan tercatat di Pasar Tebet Barat.

Untuk daging sapi misalnya, harga naik sekitar Rp10 ribu menjadi Rp150 ribu-Rp160 ribu per kg.

Pedagang daging sapi di Pasar Tebet Barat Fauzan mengatakan harga daging naik turun sejak lebaran Idulfitri tahun ini. Menurutnya, sejak bulan puasa kenaikan daging mencapai Rp20 ribu. Setelah itu, harga sempat turun.

"Itu naik, biasanya Rp140-150 ribu, naik Rp10 ribuan. Dari bulan puasa (naik) Rp20 ribu, turun lagi, naik lagi. Abis gitu nggak turun-turun lagi. Sebelum puasaan Rp130-140 ribu. Habis gitu naik Rp20 ribu, turun Rp10 ribu, ini naik lagi. Sekarang masih segini-segini aja," ujar Fauzan kepada CNNIndonesia.com, Senin (12/12).

Hal ini diakui pula oleh pedagang daging sapi di Pasar Warung Buncit Deni. Meski tak mengalami kenaikan yang drastis, Deni ikut merasakan lonjakan harga jelang akhir tahun dengan kisaran Rp5.000. Daging yang Deni jual adalah daging frozen, artinya ia tak mengambil langsung sapi pada para peternak.

Menurut Deni, kenaikan daging frozen tak sekaligus terjadi namun perlahan-lahan.

"Ini lagi naik. Sekitar Rp5.000-an. Dari awal Desember kayak gini, naiknya seribu, seribu, seribu, nggak langsung Rp5.000. Ini lokal, tapi ambilnya daging frozen," paparnya.

Lihat Juga :
Bupati Meranti usai Sebut Kemenkeu Isi Iblis: Setop Hisap Minyak Kami

Hal serupa terjadi pada harga cabai. Baik di Pasar Tebet Barat maupun Warung Buncit, harga cabai berkisar di angka Rp60 ribu.

Yatmi, pedagang sayur di Tebet Barat, mengungkapkan modal yang ia butuhkan untuk membeli cabai rawit merah berkisar Rp55 ribu per kg. Padahal, biasanya modal ia keluarkan hanya berkisar Rp40 ribu.

"Naiknya Rp15 ribu, jualnya (berapa) ya siapapun yang berani beli aja lah. Mau Rp70 ribu atau berapa," kata Yatmi.

Pasalnya, ia juga kerap menemukan cabai busuk saat mengambil dari pengepul. Sementara, cabai yang ia jual hanya cabai bersih.

Tak hanya cabai rawit merah, Yatmi mengatakan cabai rawit hijau juga sangat mahal. Saat ini modal yang ia keluarkan untuk rawit hijau sudah mencapai Rp60 ribu rupiah.

Lihat Juga :
Bupati Meranti Mau Gugat Jokowi Usai Sebut Kemenkeu Berisi Iblis

"Ini aja sekarang naik, cabai keriting merah modalnya Rp40 ribu, jualnya Rp50 ribu-Rp60 ribu, siapa saja yang mau ambil, di harga berapa saja," ungkapnya.

Kenaikan ini juga dirasakan pada harga telur ayam negeri. Pedagang telur di Pasar Warung Buncit Risma mengungkapkan harga yang ia jual saat ini mencapai Rp31 ribu. Kenaikan ini berkisar Rp3.000 atau sebelumnya mencapai Rp28 ribu. Kenaikan ini pun dimulai sejak seminggu lalu.

"Stoknya masih aman lancar tapi harganya naik. Mungkin karena ayamnya lagi susah bertelur. Tapi kalo akhir tahun memang biasanya naik," ujar Risma di kiosnya.

Sementara itu, meski kenaikan juga dirasakan oleh pedagang telur di Pasar Tebet Barat Sudin, namun rentang harga jual yang ia berikan berbeda. Sudin menjual harga telur per kilo sekitar Rp33 ribu-34 ribu.

Saat ini, modal yang ia keluarkan adalah Rp450 ribu per peti untuk 15 kilo telur.

Lihat Juga :
Rumus DBH yang Buat Bupati Meranti Sebut Kemenkeu Berisi Iblis

"Tapi nggak tahu gara-gara apa harganya naik. Dari sebulan yang lalu sudah naik turun. Ini kisaran paling tinggi. Biasanya Rp300 ribu per peti," kata Sudin.

Beralih ke harga daging ayam ikut meroket sekitar Rp5.000-8.000 per ekor. Hal ini diungkapkan oleh pedagang daging ayam Nugiyem.

Menurutnya, kenaikan ini terjadi pada daging ayam negeri maupun ayam kampung. Kisaran harga untuk ayam negeri berada di Rp45 ribu-48 ribu dan ayam kampung sekitar Rp35ribu-38 ribu.

"Kalau ayam negeri dari Rp40 ribu-Rp43 ribu ke Rp45 ribu-Rp48 ribu. Akhir tahun biasanya (naik) juga, kalau (harga) telur naik, ayam ikut naik," ucap Nugiyem.

Sedangkan jika harga daging ayam per kilo di Pasar Warung Buncit berkisar Rp30 ribu-Rp34 ribu. Pedagang ayam Nina mengungkapkan kenaikan yang ini ia rasakan secara bertahap.

Lihat Juga :
Bupati Meranti Tuduh Kemenkeu Berisi Iblis dan Ancam Gabung Malaysia

"Ada kenaikan, tiap hari naik. Sebelumnya kenaikan Rp2.000 terus. Mulai minggu ini naiknya, jalan seminggu," ujar Nina.

Meski tak mengetahui persis alasan kenaikan harga ayam, namun pola ini selalu terjadi jelang akhir tahun. Bahkan, menurutnya, kenaikan harga BBM tak memengaruhi harga ayam. Hanya momen tertentu seperti Idulfitri dan libur Nataru yang membuat harga ayam naik.

"Nggak sih, biasa kalau tahun baru itu sana (peternak) naik, kita ikut naik. Kayak lebaran. Pas kenaikan BBM aja malah gak naik, ini pas tahun baru, jadi tergantung momennya. Peternak nggak mau nurunin juga," tegasnya.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Harga Tahu Batal Naik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:168 situs

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
buku 1000 mimpi
cara pinjol di shopee
panen138 rtp
demo slot 123
situs slot yang sering gacor
mudah 4d login
slot gacor jam 7 pagi
apk slot pragmatic demo
pola kakek zeus maxwin
Daftar isi semua bab
Bab 1 777 situs slot
Bab 2 daftar pinjaman online yang tidak terdaftar di ojk
Bab 3 erek erek 2d 98
Bab 4 dewa911
Bab 5 pinjaman online resmi ojk 2021
Bab 6 situs win slot gacor
Bab 7 perak777
Bab 8 singa id ilegal atau legal
Bab 9 erek jeruk
Bab 10 pola jam gacor slot
Bab 11 situs tergacor saat ini
Bab 12 pinjaman renren
Bab 13 higgs domino terbaru 777
Bab 14 slot maxwin hari ini
Bab 15 buku mimpi 2d 94
Bab 16 gamescools
Bab 17 situs slot gacor dini hari
Bab 18 rtp bandit4d
Bab 19 agen gacor slot
Bab 20 berkah4d
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1286bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Tuan dan kegilaan jahat

seribu mimpi 72
Bursa pertukaran kripto, Binance, mengumumkan akan menghentikan sementara penarikan stablecoin utama USD Coin (USDC).
Bursa pertukaran kripto, Binance, mengumumkan akan menghentikan sementara penarikan stablecoin utama USD Coin (USDC). (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bursa pertukaran kriptoBinance, mengumumkan akan menghentikan sementara penarikan stablecoin utama USD Coin (USDC).

Kepala Eksekutif Binance Changpeng Zhao mengatakan terjadi peningkatan penarikan pada USDC.

Menukar Koin USDC dengan dua token kripto lainnya, Paxos Standard dan Binance USD, membutuhkan penggunaan dolar tradisional di bank New York.

Binance mengatakan dalam kesempatan terpisah bahwa penghentian itu karena "pertukaran token" di mana pemegang token digital menukar koin kripto mereka, biasanya melalui blockchain yang berbeda.

Binance mengatakan pada September lalu bahwa perusahaan kan secara otomatis mengonversi saldo pengguna dan setoran baru Koin USD dan stablecoin lainnya Pax Dollar dan True USD menjadi stablecoinnya sendiri, Binance USD.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Ungkap Setan-Tuyul Bisa Goda Pegawai Kemenkeu

Sementara itu Binance sebelumnya sempat diretas dan kehilangan sekitar US0 juta atau setara Rp8,7 triliun (asumsi kurs Rp15.275 per dolar AS).

Dikutip dari CNN Business, Senin (10/10), perusahaan mengatakan jumlah tersebut setara dengan dua juta token kripto BNB. Akibatnya, perusahaan sempat menangguhkan sementara BNB Chain.

Changpeng Zhao awalnya men-tweet bahwa kripto senilai US0 juta telah dicuri. Meski begitu, ia mengklaim dana milik investor masih aman.

"Dana Anda aman. Kami minta maaf atas ketidaknyamanannya," ujarnya seraya menambahkan bahwa dana yang tersisa telah dibekukan di BNB Chain.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Perjalanan ke Barat: Kelahiran Kembali sebagai Iblis

keluaran semua togel
Konsumen apartemen Meikarta menuntut uang pembatalan dikembalikan (refund) karena enggan menunggu proyek selesai pada 2027.
Konsumen apartemen Meikarta menuntut uang pembatalan dikembalikan (refund) karena enggan menunggu proyek selesai pada 2027. (CNN Indonesia TV).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pembeli apartemen Meikarta di Cibatu, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menuntut uang mereka yang sudah masuk ke pengembang untuk dikembalikan (refund).

Pasalnya, pihak PT Lippo Cikarang Tbk menjanjikan bangunan apartemen baru bisa diselesaikan pada 2027 mendatang.

Ketua Komunitas Peduli Konsumen Meikarta Aep Mulyana mengaku tidak mau lagi menunggu unit Meikarta sampai selesai.

Ia menjelaskan secara rinci progres pembangunan Meikarta pada September 2022 terdapat 1.700 unit di tower 11 dan 12 yang sudah diserahterimakan atau hand-over. Selang sebulan, Desember 2022 terdapat 1.800 unit yang sudah diberikan kepada konsumen.

Jumlah ini hanya bertambah 300 unit jika dibandingkan pada data Desember 2021, yaitu 1.500 unit. Sementara, jumlah unit yang terjual sebanyak 130 ribu.

"Artinya, dalam satu tahun hanya 300 unit (selesai), kalau target 2027 berarti cuma nambah 1.500 unit lagi. Jadi, sampai 2027 hanya 3.300 yang dapat di hand-overkan. Artinya, hanya 2,5 persen prediksi yang terbangun pada tahun 2027," ungkapnya.

Lihat Juga :
140 Rekening Bank Warga Diblokir Karena Nunggak Pajak Rp69 M

Ia menegaskan bahwa saat ini pengembalian dana adalah tuntutan seluruh konsumen yang bergabung di komunitasnya.

"Refund(uang kembali) harga mati. Kalau gak refund, saya akan kejar terus sampai di mana," tegas Aep.

Sebelumnya, Corporate Secretary Lippo Cikarang Veronika Sitepu menjelaskan putusan homologasi menyebut penyerahan unit akan dilakukan secara bertahap hingga 2027 mendatang.

Kesepakatan perdamaian atau homologasi itu mengacu pada putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat berdasarkan Putusan No. 328/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN.Niaga Jakarta Pusat tertanggal 18 Desember 2020.

Saat ini 1.800 unit diklaim sudah diserahkan ke konsumen sejak 2021. Sebanyak 28 tower sudah pada tahap penyelesaian akhir pembangunan. Sementara, 8 tower lainnya sudah topping offdan saat ini sedang dalam pengerjaan facade.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/bir)

Matahari menerobos langit

binggo88
IHSG diproyeksi melanjutkan pelemahan pada perdagangan Kamis (15/12) ini. Meski demikian, rilis data neraca perdagangan diperkirakan menahan pelemahan.
IHSG diproyeksi melanjutkan pelemahan pada perdagangan Kamis (15/12) ini. Meski demikian, rilis data neraca perdagangan diperkirakan menahan pelemahan. (CNN Indonesia/ Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

IndeksHarga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Kamis (15/12).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya melihat pergerakan IHSG masih menunjukkan rentang konsolidasi wajar dengan pola tekanan yang masih cukup besar dalam jangka pendek.

Namun, tekanan kemungkinan besar tertahan rilis data neraca perdagangan dalam negeri.

Ia memprediksi indeks saham bergerak di rentang support6.686 dan resistance6.874.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan JSMR, BBCA, UNVR, ASII, ASRI, PWON, WTON, BINA, dan HMSP.

Sementara itu, Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto mengatakan IHSG masih dalam tren bullishalias menguat.

Pelemahan yang terjadi belakangan ini ia anggap normal karena indeks nyaris tanpa sentimen negatif. Indeks saham malah ditopang sentimen positif ketika rilis data inflasi AS menurun dan lebih rendah dari perkiraan.

"Dari sudut pandang secara teknikal, IHSG dengan indikator MACD yang menunjukkan kondisi jenuh jual mengindikasikan pergerakan menuju bullish trend," katanya.

William memprediksi hari ini IHSG bergerak dalam rentang support6.740 danresistance6.926.

IHSG loyo ke level 6.801 pada Rabu (14/12). Indeks saham melemah 8,56 poin atau minus 0,13 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp15,15 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 28,19 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Kehidupan budidaya yang santai di kota

link slot jitu jp
IHSG diperkirakan menguat pada perdagangan Rabu (14/12) ini akibat tertopang faktor technical rebound meskipun belum ada sentimen penopang.
IHSG diperkirakan menguat pada perdagangan Rabu (14/12) ini akibat tertopang faktor technical rebound meskipun belum ada sentimen penopang. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (14/12).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya melihat pergerakan IHSG sedang mengalami technical rebound. Kenaikan masih mungkin terjadi jika IHSG mampu ditutup di atas resisten level terdekat.

"Namun masih minimnya sentimen yang dapat mem-boosterkenaikan IHSG serta capital inflowyang belum terlihat bertumbuh secara signifikan cukup menjadi tantangan untuk dapat mendorong kenaikan IHSG," kata William seperti dikutip dari riset hariannya.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan AKRA, UNVR, BBNI, SMGR, ASII, BBRI, JSMR, TLKM, dan ASRI.

Sementara itu, Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto mengatakan inflasi AS masih meningkat, tapi tidak setinggi yang diperkirakan.

Menurutnya, ini menjadi sentimen positif di mana dolar AS akan melemah dan memungkinkan sektor pertambangan untuk kembali berjaya.

"Hari ini kami memproyeksikan IHSG berpotensi bergerak mixedcenderung menguat," katanya.

William memprediksi hari ini IHSG bakal bergerak dalam rentang support6.740 dan resistance6.926.

IHSG bangkit ke level 6.810 pada Selasa (13/12). Indeks saham menguat 75,86 poin atau plus 1,13 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp15,99 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 48,04 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Raja Zhou yang terlahir kembali bukanlah seorang yang kesepian, tidak pilih-pilih, atau tidak bermoral

belajar bermain slot
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengisyaratkan kemunduran Softbank dari IKN karena mau untung sendiri, tapi tidak untung bagi Indonesia.
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengisyaratkan kemunduran Softbank dari IKN karena mau untung sendiri, tapi tidak untung bagi Indonesia. (ANTARAFOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia membeberkan alasan Softbank Group mundur dari proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Salah satunya, karena Indonesia ingin model investasi yang adil. Menurutnya, permintaan proposal dari Softbank tidak menguntungkan bagi Indonesia.

Bahlil juga menyebut Founder dan CEO Softbank Masayoshi Son sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia mencontohkan tawaran dari Softbank yang dirasa tidak menguntungkan Indonesia. Misalnya, Softbank menentukan internal rate of return (IRR) atau tingkat pengembalian modal sendiri.

"Contoh nih ya, dia mau bangun, IRR ditentukan sendiri, nanti pemerintah tinggal sewa ke dia. Nggak fair (adil) dong, nggak cincai dong," kata Bahlil.

Ia menyebut Indonesia hanya mau bekerja sama jika itu sama-sama menguntungkan. Selain itu, menurut Bahlil, tidak boleh pengusaha atau investor mengatur negara. Sejatinya pengusaha dan pemerintah saling membutuhkan.

Lihat Juga :
Biaya Perawatan Orang Miskin Sedot Kantong BPJS Kesehatan Rp27 T

"Jadi kita mencari model investasi yang fair. Artinya yang investornya juga hidup tapi negara juga jangan dibuat berat. Win-win (sama-sama menguntungkan)," ungkapnya.

Bahlil menuturkan meski Softbank hengkang, proyek IKN masih menarik minat investor lain. Ia mencatat saat ini sudah ada sejumlah investor global yang berkomitmen untuk menanamkan modalnya di ibu kota baru.

"IKN itu investornya sudah ada, dari UEA, China, beberapa negara Eropa, Taiwan, Korea Selatan, itu ada," terang dia.

Sebelumnya, Softbank mundur dari proyek IKN pada Maret 2022. Meski keluar dari proyek di IKN, perusahaan asal Jepang itu memastikan tetap berkomitmen dan mendukung pengembangan perusahaan rintisan (startup) di Indonesia.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)

Hati pemain game

rumah303
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan pemerintah fokus membangun ekosistem baterai listrik di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 2024.
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan pemerintah fokus membangun ekosistem baterai listrik di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 2024. (Arsip Staf Khusus Kementerian Investasi Tina Talisa).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan pemerintah fokus membangun ekosistem baterai listrikdi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 2024.

Nantinya, Sultra akan menjadi salah satu ekosistem baterai kendaraan listrik aliaselectric vehicle(EV) dengan hilirisasi nikel melalui penggunaan energi baru terbarukan (EBT) sebagai sumber daya.

"2024-2025, Sulawesi Tenggara akan menjadi salah satu bagian hilirisasi untuk membangun ekosistem EV battery," kata Bahlil dalam acara peringatan Hari Nusantara di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Selasa (13/12), dikutip dari Antara.

Pemerintah bakal membuat nilai tambahnya sampai 70-80 persen melalui proses hilirisasi. Ambisi membangun ekosistem baterai listrik di Sultra juga sebagai jalan menciptakan lapangan pekerjaan dengan gaji yang cukup memadai.

Menurutnya, pembangunan pabrik hilirisasi juga akan meningkatkan pendapatan daerah yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat setempat.

Lihat Juga :
MTI: Subsidi Motor Listrik untuk Ojol Kurang Tepat

Bahlil juga menekankan proses hilirisasi nikel di Sulawesi Tenggara harus menerapkan konsep ekonomi hijau yang mengimplementasikan prinsip berkelanjutan dalam kegiatan ekonomi.

"Sekarang kalau mau produk kita laku di dunia, tidak bisa kita hindari green energy, green industry. Kalau kita masih pakai batu bara pasti produk kita tidak akan laku atau tidak dihargai sebaik proses industri yang memakai green energy, EBT," tegasnya.

Menteri Investasi itu menegaskan green industrydan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) bakal menjadi syarat bagi investor yang ingin membangun pabrik hilirisasi nikel di Sulawesi Tenggara.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

[Gambas:Video CNN]