petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

demo slot mandala

bet 168 slot 967Jutaan kata 712228Orang-orang telah membaca serialisasi

《demo slot mandala》

Jangan Lupa Geber Diskon 50% + 20% di Transmart Full Day Sale Besok******

Transmart Full Day Sale balik lagi besok, Minggu (29/10). Saatnya berburu diskon 50 persen dan diskon ekstra 20 persen di Transmart!
Transmart Full Day Sale balik lagi besok, Minggu (29/10). Saatnya berburu diskon 50 persen dan diskon ekstra 20 persen di Transmart! (CNN Indonesia/Mochammad Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Jangan lupa belanja ke Transmart dan berburu diskonnya besok ya. Soalnya Transmart Full Day Sale balik lagi pada Minggu (29/10) dengan diskon belanja 50 persen plus tambahan 20 persen.

Promo ini cuma berlangsung satu hari, mulai jam operasional toko buka sampai toko tutup di seluruh gerai Transmart di Indonesia.

Lihat Juga :
Diskon Gede-gedean, Warga Jakarta Serbu Transmart Cempaka Putih

Nah, bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega tak usah khawatir. Bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart.

Kalau belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal downloadaplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Saatnya siapkan daftar belanjaan buat belanja hemat cuma di Transmart Full Day Sale besok karena enggak bikin kantong jebol!

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Profil dan Sepak Terjang Bisnis Alex Tirta yang 'Terseret' Rumah Firli******

Nama Alex Tirta menjadi perhatian belakangan ini usai ia terseret dalam pusaran dugaan kasus pemerasan Ketua KPK Firli Bahuri terhadap Syahrul Yasin Limpo.
Nama Alex Tirta menjadi perhatian belakangan ini usai ia terseret dalam pusaran dugaan kasus pemerasan Ketua KPK Firli Bahuri terhadap Syahrul Yasin Limpo. Ilustrasi penggeledahan rumah Firli Bahuri yang menyeret nama Alex Tirta. (CNN Indonesia/Taufiq Hidayatullah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Nama Alex Tirta menjadi perhatian publik belakangan ini usai ia terseret dalam pusaran kasus pemerasan eks Menteri PertanianSyahrul Yasin Limpo (SYL).

Namanya mencuat usai diduga sebagai penyewa Rumah Kartanegara Nomor 46, yang notabene disewa Ketua KPK Firli Bahuri.

Firli kini tengah diperiksa atas dugaan pemerasan terhadap SYL. SYL sekarang terseret dalam kasus korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian.

Mengutip detik.com, Alex mengatakan rumah yang ia sewa itu bisa dipakai Firli bermula pertemuannya pada 2020 lalu.

Kata Alex, Firli mengaku tengah mencari rumah di Jakarta untuk tempat istirahat sementaranya.

"Ada suatu kesempatan saya berjumpa dengan Pak Firli sekitar 2020. Pada pertemuan itu, Pak Firli mengatakan butuh sebuah rumah singgah karena rumah pribadinya di Bekasi dan dinilai terlalu jauh dari Jakarta untuk pulang pergi," jelas Alex.

Keduanya sepakat perihal penyewaan rumah tersebut dilanjutkan oleh Firli Bahuri. Namun keduanya juga setuju tidak perlu ada perubahan nama penyewa.

"Saya kemudian menyarankan Bapak Firli untuk melanjutkan sewa rumah itu, dan beliau pun setuju. Tapi tidak perlu ada perubahan nama penyewa," katanya.

Dalam kesepakatan keduanya, Alex mengatakan menyewa rumah tersebut sebesar Rp 650 juta per tahun. Menurutnya, Firli akan memberikan uang sewa tersebut ke Alex, selanjutnya Alex yang akan mengirimkan uang sewa dari Firli itu ke pemilik rumah tersebut.

Lihat Juga :
Jokowi Groundbreaking Bandara VVIP IKN Nusantara

"Mulai Februari 2021, Bapak Firli mulai menyewa rumah itu dengan membayar ke saya sebagai pihak penyewa ke pemilik rumah tersebut. Bapak Firli membayar Rp 650 juta yang uangnya langsung saya kirim ke pemilik," jelas Alex.

Terlepas dari itu, siapa sebenarnya Alex Tirta dan bagaimana sepak terjang bisnisnya?

Mengutip berbagai sumber, Alex Tirta bernama lengkap Tirta Juwana Darmadji. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua Harian Pengurus provinsi Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) DKI Jakarta.

Alex Tirta mulai berkiprah di PBSI saat menjadi Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI DKI Jakarta. Ia pertama kali terpilih menjadi ketua pada periode 2015-2019 menggantikan Icuk Sugiarto.

Setelah itu, Alex Tirta kembali terpilih menahkodai Pengprov PBSI DKI Jakarta periode 2019-2023. Ia terpilih secara aklamasi di Musyawarah Provinsi PBSI DKI Jakarta Maret 2019 silam.

[Gambas:Video CNN]

Alex Tirta masuk menjadi pengurus pusat PBSI pada periode 2016-2020. Kala itu, ia menjadi Ketua Harian di bawah kepengurusan Wiranto.

Satu periode berakhir, PBSI memiliki nahkoda baru sebagai Ketua Umum, yakni Agung Firman Sampurna, yang baru berkuasa di PBSI untuk rentan waktu 2020-2024.

Meski nahkoda utama berganti, Alex Tirta tetap kembali dipilih sebagai Wakil Ketua Umum I yang membawahi bidang pembinaan prestasi, pelatnas, dan pengembangan prestasi dan sains olahraga.

Tak hanya menjadi pengurus PBSI, Alex Tirta juga dikenal sebagai pengusaha. Alex Tirta pernah dikenal sebagai pemilik Alexis Group. Ia juga disebut memiliki beberapa hotel, griya pijat dan tempat hiburan malam di ibu kota .

Selain Hotel Alexis yang sudah tutup sejak 2017, Alex  juga memiliki beberapa tempat usaha lain seperti Colosseum, 1001 Hotel, Emperium, Play Club, Tease Club, Zen, dan Club 36.

Berbagai tempat usaha itu berada dalam naungan perusahaan yang didirikan Alex Tirta, yakni PT Grand Ancol Hotel.

Ia beberapa kali berurusan dengan pihak kepolisian terkait perizinan tempat hiburan malam hingga gugatan para produser terkait royalti lagu di tempat karaoke miliknya.

Alexis Hotel dikenal terkait dengan tiga nama pada masanya, yakni Alex Tirta, Rudi Widjaja, dan Ahmad Fahmi.

Lihat Juga :
Mengekor Pertamina, BP dan Shell Juga Turunkan Harga BBM 1 November

Sebelum nama Alexis Group dikenal, Malio Group lewat Stadium Club sempat merajai dunia hiburan malam di Jakarta dan bahkan menyandang gelar sebagai klub malam terbaik pada masa kejayaannya di pertengahan 2014.

Namun pasca ditutupnya Stadium oleh Gubernur Jakarta saat itu, rezim kekuasaan dunia malam di Jakarta jatuh ke tangan pesaingnya; Alexis Group. Lewat Alexis Hotel, Alexis Group menjelma menjadi raja baru dunia hiburan malam di Jakarta bahkan dikenal hingga dunia internasional.

Hanya saja, ketenaran Hotel Alexis meredup setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada 27 Oktober 2017 tidak memperpanjang permohonan izin usaha Hotel Alexis dan Griya Pijat Alexis yang diajukan PT Grand Ancol Hotel selaku perusahaan pengelola Alexis Group.

Lihat Juga :
Guyon Basuki Disenyumi Menteri China Usai Banggakan Bendung: Jangkrik

Dengan kata lain, Pemprov DKI Jakarta telah menutup Hotel Alexis dengan tidak memperpanjang izin usahanya.

Tahun 2017, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya mengumumkan nasib Alexis, hotel dan griya pijat di Jakarta Utara, yang menjadi buah-bibir selama masa kampanye Pilkada di ibukota. Pemerintah Provinsi DKI menolak memperpanjang izin usaha yang diajukan Alexis.

Penutupan Alexis adalah salah satu janji kampanye Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

(del/agt)

Amran Minta Pegawai KPK Berkantor di Kementan******

Menteri Pertanian Amran Sulaiman meminta sejumlah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkantor di Kementerian Pertanian (Kementan).
Menteri Pertanian Amran Sulaiman meminta sejumlah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkantor di Kementerian Pertanian (Kementan). ( CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pertanian Amran Sulaiman meminta sejumlah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkantor di Kementerian Pertanian(Kementan).

Hal tersebut dilakukan guna memperkuat integritas dan pencegahan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) di lingkungan Kementan.

"Saya minta besok ada jajaran KPK yang berkantor di Kementan untuk mengawasi jalannya pembangunan pertanian," ujar Amran melalui keterangan resmi, Kamis (26/10).

Amran sendiri pernah menempatkan KPK di kantor Kementan ketika dirinya menjabat menteri pertanian pada periode 2014-2019.

Ia mengatakan pengawasan KPK sangat penting agar tidak ada lagi pegawai Kementan yang terjerat tindak pidana dan merugikan banyak orang terutama para petani Indonesia.

Amran ingin Kementan kembali menjadi institusi bermartabat dan mendapat kepercayaan publik.

"Saya kira ini penting sekali karena publik harus memahami tugas membangun pertanian. Karena itu sekali lagi saya berharap besok sudah ada KPK yang berkantor di Kementan," katanya.

Lebih lanjut, Amran memastikan kordinasi antar unit di lingkup Kementan berjalan dengan baik. Terbaru, ia meminta agar jajaran kerjanya bekerja maksimal dalam meningkatkan produksi padi dan jagung sebagai komoditas strategis nasional.

"Karena itu saya minta agar membuat akselerasi sehingga dalam waktu dekat kita bisa swasembada," imbuhnya.

Amran mengatakan yang terpenting saat ini adalah membangun kekompakan dan meletakan pondasi kuat agar ke depan Indonesia mampu mempercepat pembangunan pertanian. Ia berharap swasembada bisa dilakukan pada semua komoditas termasuk peternakan, gula, padi, jagung, dan komoditas strategis lainnya.

"Hari ini kita letakkan pondasinya agar tahun-tahun mendatang tiga potensi yang ada bisa kita maksimalkan. Jadi sekali lagi kita harus meletakkan pondasinya dengan baik untuk memudahkan kerja-kerja menteri berikutnya," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)




bab terbaru:newslot88

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
erek erek 3d abjad bergambar
link slot china
cara dapat maxwin
cara memasang togel lewat hp
id vip kakek zeus
judi garuda999
limit akun baru kredivo
ligadunia365
hk 6d paito
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara pinjam uang di aplikasi kredivo
Bab 2 maxwin slot online
Bab 3 voucher makan
Bab 4 bunga pinjaman akulaku 2021
Bab 5 pinjol ojk tenor 12 bulan
Bab 6 rekomendasi situs slot tergacor
Bab 7 daftar bri ceria tanpa npwp
Bab 8 pikslot88
Bab 9 scatter 99 slot
Bab 10 togel online88
Bab 11 akulaku kredit laptop
Bab 12 khusus slot
Bab 13 situs judi kiu kiu online terpercaya
Bab 14 situs baru paling gacor
Bab 15 slot online 88
Bab 16 dapat duit tanpa kerja
Bab 17 aston777 slot
Bab 18 kota77
Bab 19 trik pg soft
Bab 20 situs resmi slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4926bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Tentara Pembebasan Alien

fendi188 daftar situs slot online terpercaya dan anti kalah 2023
Ketua TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD Arsjad Rasjid mengumumkan sejumlah nama baru di jajaran organisasinya. Mereka didominasi pengusaha muda.
Ketua TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD Arsjad Rasjid mengumumkan sejumlah nama baru di jajaran organisasinya. Mereka didominasi pengusaha muda. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD,Arsjad Rasjid mengumumkan sejumlah nama baru di jajaran organisasinya. Nama-nama tersebut didominasi pengusahamuda.

"Kami ingin memperkenalkan beberapa wakil ketua, tambahan," kata Arsjad di kantor TPN Ganjar, Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (1/11).

Arsjad menyebut mereka akan menduduki sejumlah posisi di TPN mulai dari wakil ketua dan posisi di tim pemenangan muda.

1. Bagas Adhadirga

Bagas Adhadirga adalah seorang pengusaha di bidang aviasi atau penerbangan. Ia adalah pendiri dan CEO PT Asia Aero Technology yang bergerak di bidang pengembangan dan pelayanan bandara udara. Bagas akan menduduki posisi sebagai Wakil Ketua TPN.

2. Regi Wahyu

Regi Wahyu adalah seorang co-foundersekaligus CEO HARA Token, co-founder dan CEO Dattabot (2015-sekarang), dan juga Asia Pacific Regional Director DUPONT (2007-2010). Sejumlah perusahaan itu bergerak di bidang teknologi. Regi akan menduduki posisi Kepala Staf Pimpinan TPN.

"Regi juga tercatat sebagai pemenang Bloomberg New Economy 2021," ucap Arsjad.

3. Dharmaji Suradika

Dharmaji Suradika, yang biasa disapa Aji, bakal menjadi Ketua Tim Pemenangan Muda (TPM) Ganjar-Mahfud. Menurut Arsjad, Aji memiliki latar belakang sebagai profesional muda, pengusaha, konsultan, dan juga aktivis.

Dharmaji saat ini menjabat sebagai co-founder sekaligus CEO dari start-up nonprofit Pemimpin.id. Ia mendirikan start-up tersebut pada Juli 2019. Usaha tersebut bertujuan untuk memberdayakan para pemuda Indonesia.

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)

Tawarikh Tirus

ind168
Transmart kembali dengan pesta diskon sehariannya bertajuk Full Day Sale hari ini, Minggu (29/10) berlaku di seluruh gerai se-Indonesia.
Transmart kembali dengan pesta diskon sehariannya bertajuk Full Day Sale hari ini, Minggu (29/10) berlaku di seluruh gerai se-Indonesia. (CNN Indonesia/Mochammad Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart kembali dengan pesta diskon sehariannya bertajuk Full Day Sale hari ini, Minggu (29/10). Kali ini, Transmart kasih diskon belanja hingga 50% + 20% buat pelanggan.

Transmart Full Day Sale berlangsung mulai jam buka sampai jam tutup toko pukul 22.00 berlaku di seluruh gerai se-Indonesia.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale Dimulai Lho, Cus ke Gerai Terdekat Sekarang!

Nah, bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega gak usah khawatir. Bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart.

Kalau belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal download aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Tunggu apalagi? Yuk, siap-siap belanja hemat cuma di Transmart Full Day Sale! Dijamin diskonnya banyak dan gak bikin kantong jebol!

Gelaran Transmart Full Day Sale ini cuma berlangsung selama satu hari, ya. Selamat belanja dan nikmati diskon sepuasnya!

Gif banner Allo Bank
(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Master Kelangsungan Hidup Super

prediksi togel canada
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (22/11) ini.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (22/11) ini. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (22/11) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal pergerakan indeks saham mulai membentuk koreksi jangka pendek. Namun, apabila IHSG tetap berada di atas 6.885, maka indeks akan melanjutkan fase uptrend menuju resisten 7.058.

"Berdasarkan indikator MACD (moving average convergence/divergence) menandakan momentum bullish," ucap Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Sementara itu, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi IHSG melemah. Menurutnya, indeks saham terlihat kembali melalui rentang konsolidasi wajarnya.

Ia menilai minimnya sentimen membuat tekanan pada IHSG cenderung lebih besar dibanding peluang kenaikannya.

"Selain itu, masih terjadinya capital outflow yang tercatat secara ytd (year to date) turut memberikan sentimen tersendiri bagi pergerakan IHSG. Hari ini IHSG berpotensi tertekan," inbuh William.

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support 6.821 dan resistance 7.012 hari ini. William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni INDF, BBNI, SMRA, TLKM, JSMR, UNVR, dan AALI.

IHSG ditutup melemah 33,09 poin atau minus 0,47 persen ke level 6.961 pada perdagangan Selasa (21/11) kemarin.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp9,03 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 22,29 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

pengamat dunia

slot demo timnas4d
Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan laba bersih perusahaan pelat merah mencapai Rp183,9 triliun pada semester I 2023.
Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan laba bersih perusahaan pelat merah mencapai Rp183,9 triliun pada semester I 2023. ( CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohirmengungkapkan laba bersihperusahaan pelat merah mencapai Rp183,9 triliun pada semester I 2023.

Angka tersebut naik 12,9 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Erick menyebut laba bersih tersebut bersumber dari peningkatan pendapatan usaha BUMN sebesar Rp1.389 triliun atau naik 2,2 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya.

"Seiring dengan pemulihan ekonomi, kinerja BUMN juga terus meningkat secara signifikan," kata Erick melalui keterangan resmi, Selasa (24/10).

Ia menuturkan kinerja laba bersih BUMN pun terus tumbuh. Pada 2022, laba mencapai Rp309 triliun atau naik 147,8 persen dari 2021. Erick mengatakan capaian tersebut merupakan capaian tertinggi di sepanjang 2019 hingga 2022.

Pada 2019, laba bersih BUMN tercatat sebesar Rp124,99 triliun. Sedangkan pada 2020, laba menurun akibat pandemi menjadi Rp13,29 triliun.

Erick menuturkan pada 2021 BUMN kembali bangkit seiring dengan mulai bangkitnya perekonomian Indonesia sehingga mampu membukukan laba bersih sebesar Rp124,71 triliun.

[Gambas:Video CNN]

Lebih lanjut, Erick mengatakan berbagai aktivitas bisnis yang positif mengantarkan perolehan ekuitas seluruh BUMN ke angka Rp3.101 triliun pada 2022. Angka itu tumbuh 11,6 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya, yakni Rp2.778 triliun.

"Mayoritas BUMN juga sudah jauh meninggalkan zona dominasi utang dalam pengelolaan keuangannya, atau sehat. BUMN telah menurunkan tingkat utang dibanding investasi tertanam dari 36,2 persen pada 2021, menjadi 34,9 persen pada 2022," ungkap Erick.

Lihat Juga :
Melihat Pajak Mobil Alphard yang Sering Dipakai Prabowo

Raihan tersebut, ujar Erick, membuat BUMN tangguh dengan aset yang tumbuh dari Rp8.978 triliun pada 2021 menjadi Rp9.789 triliun pada 2022.

"Sekarang, BUMN semakin sehat, tangguh, dan kompetitif. Di semester pertama tahun 2023 ini, aset kami Rp9.842 triliun naik 3,9 persen year on year," kata Erick.

Atas dasar itu semua, Erick optimis BUMN mampu menyetorkan dividen Rp80,6 triliun. Angka ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp80,2 triliun.

Erick mengatakan jika hal itu tercapai maka setoran dividen 2023 akan menjadi yang terbesar sepanjang sejarah Kementerian BUMN.

(mrh/agt)

Istri Cantik CEO dari Surga

situs gacor hari ini maxwin
Transmart Full Day Sale balik lagi dengan diskon gede-gedean pada Minggu (12/11), jangan sampai dilewatkan ya karena banyak diskonnya!
Transmart Full Day Sale balik lagi dengan diskon gede-gedean pada Minggu (12/11), jangan sampai dilewatkan ya karena banyak diskonnya! (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale balik lagi dengan diskon gede-gedean. Pesta diskon ini cuma berlangsung satu pada Minggu (12/11), jadi jangan sampai dilewatkan, ya!

Promo diskon Transmart ini dimulai sejak gerai buka sekitar pukul 10.00 sampai dengan pukul 22.00 waktu setempat.

Lihat Juga :
Belanja di Transmart Sekarang Pakai Allo PayLater, Bayarnya Bisa Nanti

Supaya gajian enggak mumpang lewat, lebih baik belanja bulanannya di Transmart dengan diskon biar belanjamu lebih hemat!

Lebih untung lagi kalau transaksinya pakai Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah, diskon yang didapat jadi berlipat.

Yuk, jangan sampai ketinggalan Transmart Full Day Sale yang berlangsung hanya satu hari. Segera kunjungi Transmart terdekat di kotamu sekarang juga, ya!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

maniak kecepatan

mimpishio
Starbucks membantah tutup di Maroko. Kinerja keuangan memang buruk sejak pandemi dan semakin parah akibat gerakan boikot produk pro Israel.
Starbucks membantah tutup di Maroko. Kinerja keuangan memang buruk sejak pandemi dan semakin parah akibat gerakan boikot produk pro Israel. (Foto: AFP/NATALIA KOLESNIKOVA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pihak Starbucksmembantahtutup di Maroko. Pernyataan untuk menanggapi kabar bahwa waralaba kedai kopi asal Amerika Serikat (AS) itu berhenti beroperasi dengan alasan reorganisasi bisnis.

Juru bicara Al-Shaya selaku pemegang waralaba Starbucks di Marokok menyatakan 18 kedai kopi di negara Afrika Utara itu tetap berjalan, meski ada beberapa perubahan bisnis terkait merek lain yang mereka pegang.

"Kami berkomitmen terhadap kegiatan kami di Maroko," kata juru bicara waralaba Al-Shaya di Maroko kepada kantor berita SNRT, dikutipNew Arab, Senin (4/12).

Starbucks disebut mengalami kesulitan sejak pandemi, sehingga memangkas separuh modalnya di Maroko, dari US$ 15 juta pada 2020 menjadi US$ 7 juta pada Desember 2022.

Al-Shaya adalah perusahaan bisnis waralaba raksasa asal Kuwait yang juga beroperasi di Maroko.

Beberapa merek 'barat' yang dipegang Al-Shaya seperti Pinkberry, Mothercare, Next dan Payless, sudah lebih dulu angkat kaki dari Maroko lantaran kinerja bisnis yang buruk.

Manajemen menolak mengomentari dugaan kesulitan keuangan yang dihadapi sejak pandemi, dan semakin memburuk usai muncul gerakan boikot produk-produk yang terafiliasi Israel.

Sejak diluncurkan di Maroko pada akhir 2011, Starbucks berbenturan dengan budaya minum kopi lokal. Karena itu, kedai kopi AS ini membatasi pelanggannya hanya kalangan muda saja, yaitu mereka yang mampu membeli secangkir kopi seharga US, sementara upah minimumnya US0.

Namun, sejak 7 Oktober banyak anak muda Maroko ikut gerakan boikot produk-produk favorit mereka yang dianggap pro Israel, antara lain Mcdonald's, Burger King, dan Starbucks.

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)