petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

sedap168

super88bet 13Jutaan kata 839604Orang-orang telah membaca serialisasi

《sedap168》

Karyawan Twitter Curhat Detik******

Dua karyawan Twitter Singapura menyebut pemecatan karyawan yang dilakukan Elon Musk berjalan sangat cepat, tanpa etika dan empati.
Dua karyawan Twitter Singapura menyebut pemecatan karyawan yang dilakukan Elon Musk berjalan sangat cepat, tanpa etika dan empati. (REUTERS/DADO RUVIC).
Jakarta, CNN Indonesia--

Dua karyawan TwitterSingapura menceritakan momen di-PHKpada awal November ini usai platform media sosial itu diakuisisi oleh Elon Musk.

Abigail dan Carmen (bukan nama sebenarnya) menyebut tindakan Elon Musk yang memecat lebih dari 50 persen karyawan Twitter ini sebagai PHK serampangan dan tak berempati.

"Saya pikir ini bukan cara tepat untuk menangani transisi. Saya mengerti dengan manajemen baru, kepemimpinan baru, mereka menginginkan perubahan. Tapi mereka benar-benar tidak memikirkan ribuan karyawan secara global," kata Carmen dilansir dari CNA, Kamis (17/11).

"PHK di Twitter tidak seperti PHK di industri teknologi lainnya, karena skala yang besar dan cara serampangan yang mereka lakukan," kata Abigail.

Ia mengatakan mulanya pada hari PHK terjadi, Jumat (4/11) pagi, Carmen sedang menuju ke kantor ketika mendapat surel yang mengatakan bahwa akan ada PHK dan sejumlah akses karyawan akan tidak berfungsi. Surel itu menyarankan agar para karyawan tidak pergi ke kantor. Carmen pun pulang menuju rumah.

Dalam waktu satu jam, rekan-rekan Carmen di kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika kehilangan akses ke sistem perusahaan seperti email dan Slack. Ketika informasi terkait PHK ini sudah menyebar di AS, Carmen mengaku rekan-rekannya di kawasan Asia-Pasifik mulai mempersiapkan diri.

Meski telah mengantisipasi PHK, namun mereka tetap terkejut dengan kejadian yang berlangsung cepat itu.

Jelang makan siang, Carmen kehilangan akses ke sistem perusahaan itu. Ia pun menerima surel bahwa dirinya diberhentikan. Pada akhirnya, sebagian besar karyawan di tim global mengalami pemutusan hubungan kerja.

"Saya merasa sangat sedih. Saat mengetahui bahwa banyak rekan satu tim saya juga di-PHK, pikiran pertama saya adalah: 'Wow, semua yang kami kerjakan sia-sia'," kata Carmen.

PHK massal ini pun berdampak pada karyawan yang tak diberhentikan. Pasalnya mereka tak langsung tahu apa yang terjadi pada perusahaan itu.

"Di beberapa tim, ada manajer yang diberhentikan sehingga mereka (anggota tim) yang pergi ke kantor pada hari Senin berikutnya tidak mengetahui apa yang terjadi," tambahnya.

[Gambas:Video CNN]


Sementara itu, Abigail mengaku ada tim yang "seluruh upline"-nya di-PHK. Artinya, seluruh jajaran manajer ke atas tidak ada.

"Twitter yang saya ikuti dan Twitter yang saya kenal adalah orang-orang yang benar-benar berkomitmen untuk melayani perbincangan publik. Mereka sangat bangga dengan komunikasi yang empati namun jelas, dan saya merasa itu kurang dari semua komunikasi yang saya lihat sejauh ini dari kepemimpinan baru," kata Abigail.

Ketika dilihat kembali, Carmen mengaku tak melihat perubahan negatif dengan berubahnya kepemilikan Twitter. Terlebih, Elon Musk sebagai pemilik baru memiliki rekam jejak sebagai pengusaha yang berhasil.

Menurutnya, titik balik kekhawatiran para karyawan Twitter adalah ketik Musk memecat CEO Twitter Parag Agrawal, CFO Ned Segal, dan penasihat hukum utama Vijaya Gadde usai menyelesaikan kesepakatan pada 27 Oktober.

Dia mengaku saat itu seluruh karyawan merasa frustasi menunggu kejelasan atas pemecatan CEO dan CFO Twitter yang lama. Tapi tidak ada kabar dari manajemen.

"Selama masa transisi, menurut saya tidak normal untuk segera memecat CEO. Tapi itulah yang terjadi. Sejak itu, banyak top (eksekutif) lainnya, mereka dilepaskan atau mengundurkan diri, dan memang ada kekosongan di puncak. Maksud saya, sejujurnya, meskipun saya tidak di-PHK, saya rasa saya tidak ingin bekerja di Twitter baru ini," tegasnya.

(cfd/agt)

Pedagang Keluhkan Harga Beras Naik Usai Serapan di Petani Rendah******

Sejumlah pedagang mengeluh kenaikan harga beras dalam beberapa pekan terakhir.
Sejumlah pedagang mengeluh kenaikan harga beras dalam beberapa pekan terakhir. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pedagang mengeluh kenaikan harga beras dalam beberapa pekan terakhir.

Milah (56), pemilik warung makan di kawasan Jakarta Timur, mengeluhkan hal tersebut. Padahal, sebagai pedagang, ia membutuhkan beras dalam jumlah yang lebih banyak dari rata-rata konsumsi rumah tangga.

"Beras kayak gini sekarang harganya Rp11 ribu per kg, biasanya cuma Rp9.500 per kg, sudah seminggu lebih," kata Milah padaCNNIndonesia.com, Jumat (18/11).

Pengelola toko Idola di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Hariyanto mengungkapkan kenaikan harga ini sudah berlangsung setidaknya tiga minggu. Alasannya adalah pasokan dari para petani sudah diserap oleh Bulog dan tidak banyak masuk ke pasaran.

"Kalau yang premium kenaikannya dipicu penyerapan beras oleh Bulog. Bulog kan ini lagi pengadaan atau penyerapan komersil itu, cuma harganya fleksibel, tiap-tiap toko beda," kata Anto, sapaan akrabnya, saat ditemui di PIBC.

Akibat penyerapan beras yang dilakukan oleh Bulog, para pemasok beras kini harus bersaing harga dan mengikuti standar pemerintah.



Padahal menurut Anto, panen kali ini adalah panen gaduk. Artinya, pada musim seperti ini, para petani tak hanya menanam padi namun juga palawija. Sehingga hasil panen beras tidak akan sebanyak saat panen raya atau panen pertama.

"Makanya kalau panen padi pertama itu bisa 90 persen padi semua. Kalau Bulog niat pengadaan harusnya Februari, Maret, April. Itu panen raya, panen pertama, padi berlimpah. Jadi dalam bulan-bulan yang produktivitas rendah, dia maksain pengadaan. Otomatis kaya gini, harga melambung," keluh Anto.

Harga beras di tokonya sendiri rata-rata meningkat hingga Rp1.000, baik untuk beras premium ataupun medium. Meskipun untuk beras premium belum melewati harga eceran tertinggi (HET), namun untuk beras medium kenaikannya sudah melampaui HET Rp9.450.

Ia pun membandingkan kenaikan harga beras justru tak terjadi saat subsidi bahan bakar minyak (BBM) dipangkas oleh pemerintah.

Lihat Juga :
Isi Paket Pesangon GoTo untuk 1.300 Karyawan yang Kena PHK

"Waktu kenaikan BBM justru nggak ngaruh, Walaupun logistiknya naik, tapi nggak ngaruh, yang ngaruh justru ini. Makanya kalau harga beras melambung tinggi ini yang disalahkan Bulog. Waktu pengadaannya gak tepat," sambungnya lagi.

Anto kembali memaparkan kenaikan harga ini ikut berdampak pada pembelian yang semakin berkurang. Saat ini, rata-rata harian stok keluar masuk di tokonya mencapai 100 ton. Meskipun kenaikan ini tak separah 2013 lalu, Anto menyentil mestinya pemerintah melakukan penyerapan saat beras sedang berlimpah.

"Pas panen (raya, padi) banyak kan harga turun, itu harusnya diserap pemerintah, entar musim paceklik bulan-bulan gini, keluarin lagi tuh. Kan lapangan kosong, Bulog ada, harusnya gitu. Jadi kayak salah strategi, ini kebalik, pas di lapangan kosong malah menyerap, otomatis melambung," ucapnya.

Lihat Juga :
GoTo PHK 1.300 Karyawan

Namun, meski serapan di tingkat petani sedang rendah, Anto menyebut stok miliknya masih dalam ukuran aman. Hal ini pun dikonfirmasi oleh Sekretaris Perusahaan PIBC Kadek Reza yang mengungkapkan stok beras saat ini masih dalam taraf aman.

"Terkait dengan stok beras saat ini di PIBC kurang lebih berada di 38 ribu ton, jadi masih dalam batas aman," tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyebut saat ini stok cadangan beras pemerintah (CBP) menipis karena ketersediaan terbatas dan harga jual yang tinggi.

Buwas, panggilan akrabnya, mengaku kesulitan mendapatkan beras atau gabah di tingkat produsen karena keterbatasan pasokan di tingkat penggilingan maupun petani. Imbasnya, pasokan CBP saat ini di gudang Bulog hanya sebanyak 651 ribu ton jauh dari target 1,2 juta ton.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

BPJT Ingatkan Pemudik Istirahat di Rest Area Maksimal 30 Menit******

BPJT mengimbau masyarakat beristirahat di rest area paling lama 30 menit selama arus mudik Lebaran 2024.
Ilustrasi rest area. BPJT mengimbau masyarakat beristirahat di rest area paling lama 30 menit selama arus mudik Lebaran 2024. (CNN Indonesia/Farras Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengimbau masyarakat beristirahat di rest areapaling lama 30 menit selama arus mudik Lebaran 2024.

"Dihimbau kepada para pemudik untuk jangan terlalu lama di TIP (Tempat Istirahat dan Pelayanan)paling tidak 30 menit beristirahat di rest area menghindari terjadinya penumpukan kendaraan," ujar Anggota BPJT Unsur Masyarakat Tulus Abadi seperti dikutip dari keterangan resmi, Kamis (28/3).

Lihat Juga :
Jokowi Ungkap Pemudik Tembus 190 Juta: Naik 56 Persen

Ia menyebut hingga saat ini total rest area di seluruh jalan tol mencapai 134 yang beroperasi.

Hingga saat ini, Jalan Tol di Indonesia telah tersambung sepanjang 2.835 Km yang terbagi di Pulau Jawa (1.782,47 km), Sumatera (884,45 km), Bali (10,07 km), Kalimantan (97,27 km), dan Sulawesi (61,46 km).

[Gambas:Video CNN]



Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan jumlah pemudik pada periode Hari Raya Idulfitri tahun 2024 ini mencapai 193,6 juta orang. Perkiraan itu naik dari tahun lalu dengan jumlah pemudik sebanyak 123,8 juta orang.

Kemenhub melihat ada tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat berdasarkan survei yang dilaksanakan bersama Badan Kebijakan Transportasi, Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta para pakar dan akademisi di bidang transportasi.

Sementara itu, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 bakal terjadi pada 5 April, sementara arus balik diprediksi terjadi pada 15 April.

Lihat Juga :
7 Tol Baru Bakal Dibuka Saat Mudik Lebaran, Gratis!
(mrh/chri)




bab terbaru:jpchas

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
daftar slot akun dana
kredivo cicilan 12 bulan
kaya33
menangqq
mimpi buaya 4d
gudangtoto
boslot
situs web slot terpercaya
situs slot gacor bonus new member 100
Daftar isi semua bab
Bab 1 zeus maxwin x 500
Bab 2 pinjaman pasti cair
Bab 3 caturqq
Bab 4 alibababet
Bab 5 situs judi slot yang mudah menang
Bab 6 situs yang bagus hari ini
Bab 7 dp di akulaku
Bab 8 cmd77
Bab 9 erek mimpi
Bab 10 winn88
Bab 11 slotasiabet
Bab 12 gadunslot
Bab 13 games slot gacor
Bab 14 maccau
Bab 15 slot server thailand
Bab 16 waw4d
Bab 17 qqpedia
Bab 18 mapan4d
Bab 19 pgshop slot
Bab 20 erek erek 43 2d
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1005bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Darah kerajaan

buku mimpi 78
Sepatu anak dan dewasa diskon sampai 70 persen plus ekstra diskon 20 persen di Transmart Full Day Sale hari ini. Jangan sampai kehabisan!
Ilustrasi. Sepatu anak dan dewasa diskon sampai 70 persen plus ekstra diskon 20 persen di Transmart Full Day Sale hari ini. Jangan sampai kehabisan! (CNN Indonesia/Dela Naufalia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale kembali lagi dengan diskon yang sayang buat dilewatkan! Cuma hari ini, Minggu (7/4), Transmart menawarkan harga spesial untuk berbagai macam sepatu anak-anak dan dewasa.

Bayangkan saja, berbagai merk sepatu favorit mulai dari Yongki Komaladi, Dr. Kevin, hingga koleksi Disney untuk si kecil, semuanya tersedia dengan potongan harga yang mencapai diskon hingga 70 persen!

Lihat Juga :
Bayar Belanjaan Pakai Allo Bank di Transmart Auto Hemat 20%
  • Jakson Sandals diskon 70% dengan tambahan diskon 20% ketika menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.
  • Otha Flat Shoes & Sandals diskon 50% + 20%, juga dengan tambahan diskon 20% menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.
  • Dr. Kevin Sandals diskon 50% + 20%, ditambah diskon 20% menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.
  • Koleksi Justice League, Disney Princess, dan Disney Tsum Tsum Phylon diskon 50% + 20%, dengan tambahan diskon 20% ketika menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.
  • Yongki Komaladi Sandals dengan harga spesial Rp 179.000, juga mendapatkan diskon tambahan 20% ketika menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.

Tunggu apa lagi? Pastikan kamu udah punya Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah untuk bisa menikmati keuntungan belanja sepuasnya dengan pembayaran belakangan plus ekstra diskon hingga 20 persen.

Cus segera kunjungi gerai Transmart terdekat sekarang juga dan manfaatkan berbagai penawaran menariknya sebelum kehabisan!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Saya tidak terkalahkan

airbet88 fun
Sekitar 10 ribu tenaga kerja Filipina di Arab Saudi belum mendapat gaji mereka sejak 2015. Kini, Arab Saudi kabarnya disebut bersedia membayar gaji itu.
Sekitar 10 ribu tenaga kerja Filipina di Arab Saudi belum mendapat gaji mereka sejak 2015. Kini, Arab Saudi kabarnya disebut bersedia membayar gaji itu. ( CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sebanyak 10 ribu pekerja Filipinayang kehilangan pekerjaan di Arab Saudisaat krisis ekonomi 2015 lalu hingga kini belum mendapatkan gajimereka. Informasi itu disampaikan oleh seorang pejabat Filipina.

Pejabat tersebut mengatakan Arab Saudi sebagai tempat buruh itu bekerja sudah berkomitmen untuk memberikan kompensasi terhadap 10 ribu pekerja tersebut. 

Komitmen itu katanya disampaikan setelah Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos bertemu di sela-sela KTT APEC, Bangkok, Thailand pada Jumat (18/11) kemarin.

"Dia (Pangeran Mohammed) mengatakan kepada saya bahwa ini adalah hadiah mereka untuk kami," kata Marcos seperti dikutip dari AFP, Sabtu (19/11).

Sementara itu Sekretaris Pekerja Migran Filipina Susan Ople mengatakan paket kompensasi yang harusnya dibayar sebesar 2 miliar riyal atau US2 juta.

"Kalau dibayar itu akan membantu pekerja kami yang terlantar," katanya seperti dikutip dari AFP, Sabtu (19/11).

[Gambas:Video CNN]

"Saya cukup yakin bahwa tindakan ini entah bagaimana akan memberi mereka harapan dan akan menebus kesedihan dan kekecewaan selama bertahun-tahun," kata Ople.

Tidak jelas apakah pekerja yang tidak dibayar dari negara lain juga akan menerima sebagian dari uang itu.

Arab Saudi jatuh ke dalam krisis ekonomi pada 2015 menyusul penurunan tajam harga minyak. Krisis menyebabkan perusahaan konstruksi memberhentikan puluhan ribu pekerja asing, termasuk Filipina.

Pejabat Saudi mengambil tindakan hukum atas nama karyawan yang tidak dibayar dari Filipina dan negara Asia lainnya dalam upaya untuk mendapatkan kembali gaji mereka.

Lihat Juga :
EDUKASI KEUANGANTips Investasi Agar Tak Terjerat Pinjol Seperti Ratusan Mahasiswa IPB

AFP tidak dapat menghubungi kedutaan Saudi di Manila untuk memberikan komentar.

Filipina awal bulan ini melanjutkan pengiriman pekerja rumah tangga ke Arab Saudi setelah larangan selama setahun.

Manila telah menghentikan pengiriman pekerja rumah tangga ke kerajaan yang selama ini menjadi tujuan populer bagi warga Filipina yang bekerja di luar negeri. Penghentian dilakukan setelah muncul laporan pelecehan dan upah yang tidak dibayar.

Kedua negara telah sepakat untuk meningkatkan langkah-langkah perlindungan bagi para migran.

Antara lain, pekerja akan diizinkan untuk berhenti sebelum kontrak mereka berakhir jika majikan mereka melakukan kekerasan, dan perlindungan asuransi akan diberikan untuk upah yang belum dibayar.

Lihat Juga :
Survei: Karyawan Twitter Pilih Resign Usai Ultimatum Keras Elon Musk
(afp/agt)

Kontrak yang aneh

cara beli iphone pakai kredivo
Maersk, perusahaan logistik terintegrasi asal Denmark, buka suara terkait tragedi runtuhnya Jembatan Baltimore pada Selasa (26/3).
Maersk, perusahaan logistik terintegrasi asal Denmark, buka suara terkait tragedi runtuhnya Jembatan Baltimore pada Selasa (26/3). Ilustrasi. (REUTERS/Julia Nikhinson).
Jakarta, CNN Indonesia--

Maersk, perusahaan logistik terintegrasi asal Denmark, buka suara terkait tragedi runtuhnyaJembatan Baltimorepada Selasa (26/3).

"Kami sangat terkejut dengan apa yang terjadi di Baltimore, dan pikiran kami bersama semua yang terkena dampak", ungkap manajemen Maersk dalam keterangan yang dikutip Reuters, Rabu (27/3).Ungkap perusahaan itu.

Selanjutnya, Maersk berjanji akan terus memantau penyelidikan terkait tragedi ini dan memberikan informasi terkini kepada pelanggan.

Kapal kontainer Dali menabrak Jembatan Baltimore di Kota Baltimore, AS pada Selasa kemarin. Berdasarkan laporan The Washington Post, tragedi ini dilaporkan menelan 6 nyawa.

Data London Stock Exchange Group (LSG) menunjukkan kapal tersebut dimiliki oleh Grace Ocean Pte dari Singapura yang dikelola oleh Synergy Marine Group.

Meski begitu, dilansir Reuters, saat kejadian kapal tersebut sedang disewa oleh Maersk yang merupakan perusahaan pengiriman barang.

Kapal tersebut diselidiki sedang membawa muatan pelanggan Maersk. Meski begini, tidak ada kru atau personel perusahaan yang berada di kapal tersebut.

Berdasarkan pantauan situs web Maersk, Dali direncanakan akan berangkat dari Baltimore awal Selasa dan tiba di Colombo pada 22 April.

Usai tragedi ini saham Maersk turun 3,2 persen.

[Gambas:Video CNN]



(num/sfr)

Akhir dari kerajaan hewan peliharaan dunia

oregon 2 paito
Menhub Budi Karya Sumadi buka suara soal potensi sanksi buat PO Rosalia Indah terkait kecelakaan di di ruas Tol Semarang-Batang.
Menhub Budi Karya Sumadi bicara soal potensi sanksi buat PO Rosalia Indah. (AFP/YASUYOSHI CHIBA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan akan memberikan sanksi kepada Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah jika terbukti membiarkan sopir mengendarai lebih dari 8 jam.

Hal itu dia sampaikan setelah menggelar rapat koordinasi dengan Kakorlantas dan Menko PMK Muhadjir Effendy di Pos Pantau Cikampek PT Jasamarga, Kamis (11/4).

"Ada beberapa yang sudah kita atur, supir tidak boleh mengendarai lebih dari 8 jam.

Namun demikian, Budi menyebut pihak-pihak terkait masih melakukan penulusuran lebih dalam terkait kecelakaan bus Rosalia Indah. Hal itu sebagaimana dilakukan juga dalam kecelakaan beruntun di KM 58 beberapa waktu lalu.

"Nah nanti tentu seperti halnya kecelakaan di Km 58, KNKT akan meneliti mereka ini berangkat dari mana," ujarnya.

Lihat Juga :
Kakorlantas: Sopir Rosalia Indah Sempat Ganti Bus Sebelum Kecelakaan

Budi mengatakan sopir juga akan dilakukan tes tensi darah dan narkoba. Hal itu dilakukan untuk mengetahui semua kemungkinan yang bisa saja menjadi penyebab kecelakaan.

"Dan seperti yang kita lihat di beberapa tempat terutama di Surabaya, kita melakukan beberapa checktensi, darah, narkoba," ucap dia.

"Nanti kita bisa lihat apakah saat keberangkatan dia melakukan atau tidak, tapi semua ini dalam rangka evaluasi, dan memberikan pembelajaran bagi pemudik," imbuhnya.

Lihat Juga :
MUDIK 2024Sopir Bus Rosalia Kecelakaan di Tol Batang Diduga Alami Microsleep

Sebelumnya, Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah. Kecelakaan ini mengakibatkan tujuh orang penumpang meninggal dunia dan belasan orang lainnya luka-luka.

Bus yang melaju dari arah barat ke timur atau Jakarta menuju Jawa Timur tersebut masuk ke parit yang berada di sisi ruas tol tersebut.

(yla/arh)

Jalan menuju kebangkitan

kerja yang mudah dapat duit
Warga Natuna, Kepulauan Riau, berharap tiket pesawat rute Batam-Natuna turun usai Indonesia mengambil alih pengelolaan FIR dari Singapura.
Warga Natuna, Kepulauan Riau, berharap tiket pesawat rute Batam-Natuna turun usai Indonesia mengambil alih pengelolaan FIR dari Singapura. (Foto: Aloysius Jarot Nugroho)
tanjungpinang, CNN Indonesia--

WargaNatuna, Kepulauan Riau, meminta harga tiket pesawatke daerahnya diturunkan usai Indonesia resmi mengambil alih pengelolaan ruang udara dengan segala informasi penerbangannya atau Flight Information Region (FIR) dari kendali Singapura.

Warga berharap setelah pengaturan ruang udara resmi diambil alih Indonesia pada Minggu (22/3) kemarin, harga tiket pesawat dari Natuna tujuan Batam bisa turun.

Pasalnya, harga tiket saat ini tergolong mahal, bisa lebih dari Rp2,6 juta untuk satu kali perjalanan.

Ia yang sering bepergian menggunakan pesawat merasa boncos setiap kali ada urusan kerja di luar daerah.

Menurutnya, biaya pesawat di Natuna sangat tinggi sehingga harus merogoh kocek dalam. Cuma ada dua pilihan maskapai yang melayani rute Natuna-Batam, yakni Wings Air dan NAM Air.

"Untuk Wings Air jadwal penerbangnya setiap hari, tapi tiketnya mahal. Maskapai NAM Air sedikit murah tapi tiketnya selalu habis dan jadwalnya hanya Kamis dan Sabtu," curhatnya.

Keberatan yang sama juga dirasakan Anrizal. Ia berharap harga tiket pesawat rute Natuna-Batam harus turun karena sangat terbebani setiap bepergian menggunakan transportasi udara.

Untuk biaya tiket pesawat saja, ia harus menyisihkan minimal Rp5 juta. Ini belum ditambah biaya penginapan dan konsumsi apabila ada urusan ke luar kota.

"Benar sekali harus turun, pasti sangat membebani. Harganya tiketnya Rp1 juta sampai Rp1,5 juta lah paling maksimal," kata Anrizal.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, harga tiket pesawat Wings Air dari Natuna tujuan Batam untuk keberangkatan 26 Maret 2024 tembus Rp2,6 juta.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Indonesia resmi mengambil alih pengaturan ruang udara dengan segala informasi penerbangannya atau Flight Information Region (FIR) di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) dan Natuna resmi dari kendali Singapura.

Lihat Juga :
Cek Rekening, Sri Mulyani Cairkan THR PNS - Pensiunan Rp13,4 T

"Ketentuan ini telah berlaku efektif mulai 21 Maret 2024 pukul 20.00 UTC atau 22 Maret 2024 pukul 03.00 WIB. Ini kabar gembira bagi dunia penerbangan Indonesia," kata Budi dalam keterangan di Jakarta, Minggu (24/3) seperti dikutip dariAntara.

Budi menyampaikan hal tersebut berlaku setelah menyelesaikan perjanjian pengaturan ulang ruang udara atau re-alignment FIR dengan pemerintah Singapura. Dengan penyelesaian perjanjian itu, Indonesia akan mengatur sendiri ruang udara di atas dua kepulauan tersebut.

Dia menyebut perjanjian ini telah menambah luasan FIR Jakarta sebesar 249.575 kilometer persegi sehingga luas FIR Jakarta menjadi 2.842.725 kilometer persegi atau bertambah 9,5 persen dari luas semula.

"Kini pesawat yang terbang di wilayah pengaturan ulang FIR ini akan mendapatkan layanan navigasi penerbangan dari Indonesia," ujar Budi.

Budi menambahkan kesepakatan ini merupakan perkembangan besar. Pasalnya, sebelum perjanjian dibuat, Indonesia sangat bergantung pada Singapura.

Bahkan, untuk penerbangan domestik seperti dari Jakarta ke Natuna, Indonesia harus kontak navigasi penerbangan Singapura ketika memasuki Kepulauan Riau.

Sedangkan pada penerbangan internasional semisal dari Hongkong ke Jakarta, saat melintas di atas Kepulauan Natuna harus kontak navigasi penerbangan Singapura terlebih dahulu kemudian baru dilayani AirNav Indonesia.

"Setelah dilakukan pengaturan ulang FIR, kedua pesawat tadi akan langsung dilayani oleh AirNav Indonesia, tidak perlu ke Singapura," tutur Budi.

[Gambas:Video CNN]

(arp/pta)

Penguasa Istana Kesepuluh

mpo300
China gagal memenuhi pendanaan (utang) program OBOR untuk Asia Tenggara. Mereka hanya mampu menebar utang US,6 dari US,3 miliar yang disediakan.
China gagal memenuhi pendanaan (utang) program OBOR untuk Asia Tenggara. Mereka hanya mampu menebar utang US,6 dari US,3 miliar yang disediakan. (Istockphoto/honglouwawa).
Jakarta, CNN Indonesia--

China gagal memenuhi komitmen pendanaan (utang) program Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt Road Initiative/ BRI) untuk Asia Tenggara.

Beijing hanya menebar utang US,6 miliar atau Rp469,8 triliun (Kurs Rp15.873 per dolar AS) pada 2015 hingga 2021. Jumlah tersebut kurang dari US,7 miliar dari komitmen yang dijanjikan sebesar US,3 miliar.

Hal itu terjadi karena proyek skala besar di bawah program BRI tersendat karena berbagai alasan, mulai dari ketidakstabilan politik hingga transisi energi global.

Meskipun pencairan dana tersebut jauh di bawah US,3 miliar yang dijanjikan, China tetap menjadi mitra utama pembiayaan infrastruktur di Asia Tenggara. Dana yang dikucurkan China lebih besar dibanding Jepang sebesar US,4 miliar dan Asian Development Bank (ADB) sebesar US,4 miliar.

Secara keseluruhan, China terlibat dalam 24 dari 34 komitmen mega proyek di Asia Tenggara yang masing-masing menelan biaya sekitar US miliar. Sebanyak 14 proyek berada di bidang pembangkitan atau transmisi energi dan sisanya berkaitan dengan sektor transportasi.

Namun beberapa proyek dibatalkan, termasuk lima proyek pada 2022 yang senilai US miliar. Proyek itu seperti kereta api di Thailand dan Filipina, dan jaringan pipa gas di Malaysia.

Lihat Juga :
Kerugian Imbas Korupsi Timah Seret Suami Sandra Dewi Capai Rp271 T

Sydney Lowy Institute mengatakan proyek di Malaysia adalah contoh di mana pengaturan keuangan dengan China menjadi kontroversial secara politik, yang menyebabkan penangguhan atau negosiasi ulang setiap kali pergantian pemerintahan.

"Kereta Kecepatan Tinggi Thailand-China adalah contoh lain dari politik dalam negeri yang mendatangkan malapetaka pada ambisi infrastruktur China," bunyi laporan tersebut.

Namun ada juga sejumlah mega proyek BRI yang telah selesai. Misalnya pipa minyak senilai US miliar di Myanmar yang mulai beroperasi pada 2017. Kemudian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Indonesia.

Laporan tersebut mencatat bahwa China belajar dari pengalaman, dan beralih ke program yang lebih kecil dan meningkatkan fokusnya pada manajemen risiko, persiapan proyek, uji tuntas keuangan, serta standar lingkungan dan sosial yang lebih tinggi.

Partai Komunis Tiongkok, sambung laporan tersebut, tampak berniat untuk mempertahankan BRI yang tahan lama dan responsif terhadap perubahan keadaan dan tuntutan negara-negara mitranya.

"Suntikan pendanaan baru dan komitmen terhadap reformasi kebijakan merupakan indikasi bahwa BRI akan tetap bertahan," kata mereka.

Program BRI China diciptakan oleh Presiden China Xi Jinping pada 2013 untuk berinvestasi di lebih dari 130 negara dan organisasi internasional.

Sejak dijalankan, inisiatif ini telah menghasilkan miliaran dolar yang dituangkan ke dalam proyek infrastruktur. Namun, kritikus melihat BRI sebagai cara China untuk menyebarkan pengaruhnya ke seluruh dunia melalui jeratan utang.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)