petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

77 neko

daftar slot yang gacor 231Jutaan kata 926224Orang-orang telah membaca serialisasi

《77 neko》

Kemenhub Kembali Siapkan Mudik Motor Gratis 2023******

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar mudik motor gratis tahun ini. Kali ini menggunakan moda transportasi kereta api.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar mudik motor gratis tahun ini. Kali ini menggunakan moda transportasi kereta api. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan mudik motor gratis tahun ini. Kali ini menggunakan moda transportasi kereta api.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Djarot Tri Wardhono berharap program ini dapat mengurangi kemacetan dan risiko terjadinya kecelakaan saat periode mudik tahun ini.

Anggaran yang disiapkan pun naik hampir dua kali lipat dari tahun lalu. Tahun ini dialokasikan dana Rp10 miliar dengan kuota mencapai 10.440 sepeda motor yang diangkut menggunakan kereta.

Tidak ada perbedaan signifikan dari program tahunan ini. Hanya saja saat ini pemilik motor bisa satu kereta dengan kendaraannya.

Pemilik kendaraan hanya perlu membayar tiket kereta Rp10.000 untuk tujuan yang jaraknya kurang dari 330 kilometer (km) dan Rp20.000 untuk jarak 330 km ke atas. Sedangkan untuk angkut motornya digratiskan.

"Jadi motor itu datang kitapackingdan kirim. Jadi bensin dikosongkan biar aman di perjalanan," jelasnya.

Untuk pendaftaran program mudik gratis menggunakan kereta api dibuka mulai 1 Maret-3 Mei 2023. Pendaftaran dilakukan melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk.

Syaratnya wajib menunjukkan KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK. Besaran motor yang diangkut <200 CC.

"Setiap pengiriman (motor) mendapat jatah dua tiket kereta api (selama kuota masih tersedia)," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Borong Kebutuhan Ramadan di Transmart Midnight Sale, Mumpung Diskon******

Belanja kebutuhan Ramadan di Transmart aja. Mumpung malam ini Transmart adain Ramadan Midnight Sale diskon 20 persen berbagai produk.
Belanja kebutuhan Ramadan di Transmart aja. Mumpung ada Ramadan Midnight Sale diskon 20 persen berbagai produk malam ini juga. (Transmart)
Jakarta, CNN Indonesia--

Belanja kebutuhan Ramadan mulai dari daging ayam dan sapi segar, camilan kaleng, susu, kecap, sarden, hingga sirup mending di Transmart aja.

Soalnya, Transmart bakal mengadakan Ramadan Midnight Sale diskon 20 persen untuk belanja berbagai produk aneka merek.

Lihat Juga :
Malam Ini! Ada Diskon Serba 20 Persen di Transmart Midnight Sale

Untuk bisa menikmati diskon 20 persen Midnight Sale ini, Anda cukup melakukan transaksi pembayaran menggunakan Allo Prime dan Allo Paylater atau Kartu Kredit Bank Mega.

Masih belum punya akun Allo Prime ataupun Kartu Kredit Bank Mega? Tenang aja!

Anda tinggal unduh saja aplikasi Allo Bank lewat App Store atau Google Play Store di hp sekarang juga. Lalu, daftarkan diri untuk membuat akun.

Setelah itu, tinggal upgrade akun ke Allo Prime. Kemudian, isi saldo alias top up untuk berbelanja di Transmart Midnight Sale dan menggunakan diskonnya.

Lihat Juga :
Mau Dapat Diskon Belanja Transmart Midnight Sale Besok? Begini Caranya

Begitu pula jika yang belum punya kartu kredit Bank Mega. Anda bisa langsung ajukan permohonan pembuatan kartu kredit Bank Mega di Transmart Cibubur atau Transmart Kota Kasablanka (Kokas) Jakarta Selatan.

Promo Transmart Midnight Sale ini hanya berlaku satu hari, 1 April 2023 pukul 19.00-24.00 waktu setempat di gerai seluruh Indonesia.

Cusmeluncur ke Transmart terdekat malam ini juga dan jangan sampai ketinggalan diskonnya. Syarat dan ketentuan berlaku.

Gif banner Allo Bank
(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Kripto Bervariasi, Bitcoin Masih Unjuk Gigi Pagi Ini******

Harga aset kripto teratas bervariasi pagi ini, Senin (27/3), dengan bitcoin masih bertahan di zona hijau.
Harga aset kripto teratas bervariasi pagi ini, Senin (27/3), dengan bitcoin masih bertahan di zona hijau. Ilustrasi. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Hargaaset kripto teratas bervariasi pagi ini, Senin (27/3), dengan bitcoin masih bertahan di zona hijau.

Mengutip coinmarketcap.com, bitcoin bertengger di US.860,16 per keping atau menguat 0,99 persen dalam sehari. Dalam sepekan, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ini naik 1,8 persen.

Penguatan juga terjadi pada ethereum sebesar 0,64 persen dalam 24 jam terakhir menjadi US.763,78 per koin. Ethereum menguat 0,35 persen dalam tujuh hari terakhir.

Berikutnya, penguatan terjadi pada XRP sebesar 0,64 persen ke USKemenperin Usut Penyelundupan Sepatu Bekas Untuk Donasi dari Singapura******

Kemenperin mengusut penyelundupan sepatu bekas untuk program donasi dari Singapura karena menggangu industri alas kaki nasional.
Kemenperin mengusut penyelundupan sepatu bekas untuk program donasi dari Singapura karena menggangu industri alas kaki nasional. (REUTERS/JOE BROCK)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita akan mengusut kasus maraknyaimpor ilegalsepatu bekas lantaran menjadi kendala industrialas kaki untuk tumbuh optimal. Kasus terbaru yang disoal adalah penyelundupan sepatu bekasuntuk didonasikan dalam program daur ulang sepatu di Singapura melalui Batam.

Dari hasil investigasi seorang jurnalis di Singapura, terungkap bahwa sepatu bekas yang disumbangkan pemiliknya untuk proyek daur ulang seperti untuk alas taman bermain hingga trek lari. Namun ternyata, sepatu-sepatu donasi tersebut berakhir di pasar-pasar loak di Indonesia.

"Praktik impor ilegal sepatu bekas ini harus dihentikan karena berdampak buruk bagi industri alas kaki dalam negeri," katanya melalui keterangan resmi, Senin (6/3).

Menanggapi penyelundupan tersebut, Agus menyebut impor ilegal sepatu bekas dilakukan secara terorganisasi dan menyalahgunakan proyek sosial. Ia akan menggandeng pemangku kepentingan terkait untuk menindaklanjuti kasus itu.

"Kemenperin tidak bisa sendirian bertindak memerangi aktivitas impor ilegal ini. Perlu dukungan dari pihak-pihak yang memiliki kewenangan untuk menerapkan aturan dengan tegas," ujarnya.

Saat ini, Agus mengatakan pihaknya telah berkoordinasi lebih lanjut dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terkait masalah impor ilegal, serta peningkatan pengawasan barang impor sampai ke pelabuhan terkecil.

Selain itu, Kemenperin juga berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan dalam rangka penyusunan larangan dan pembatasan (lartas) untuk produk  tekstil dan produk tekstil (TPT).

Agus mengusulkan agar impor produk alas kaki tetap dilakukan di border dan mengusulkan pemberian insentif Bea Masuk Ditanggung Pemerintah (BMDTP) terhadap impor bahan baku dan bahan penolong bagi produk alas kaki merek lokal.

[Gambas:Video CNN]

(pta/dzu),4533 per keping dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, XRP melesat 17,71 persen.

Kemudian, harga polygon naik 0,7 persen dalam 24 jam terakhir ke US,09 per koin. Kendati demikian, Polygon merosot 4,6 persen dalam tujuh hari terakhir.

Di sisi lain, cardano dan dogecoin masing-masing merosot 0,77 persen dan 1,21 persen menjadi USPengangguran RI Tembus 8,42 Juta Orang di 2022******

BPS mencatat pengangguran tembus 8,42 juta orang pada Agustus 2022. Jawa Barat menjadi provinsi paling banyak penyumbang pengangguran.
BPS mencatat pengangguran tembus 8,42 juta orang pada Agustus 2022. Jawa Barat menjadi provinsi paling banyak penyumbang pengangguran. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pengangguranIndonesia menembus 8,42 juta orang pada Agustus 2022. Jawa Barat(Jabar) menjadi provinsi paling banyak penyumbang pengangguran.

Untuk daerah dengan pengangguran terbanyak di Indonesia, BPS melaporkan urutan satu ada Jawa Barat (8,31 persen), Kepulauan Riau (8,23 persen), Banten (8,09 persen), DKI Jakarta (7,18 persen), dan Maluku (6,88 persen).

Kemudian, Sulawesi Utara (6,61 persen), Sumatra Barat (6,28 persen), Aceh (6,17 persen), Sumatra Utara (6,16 persen), dan Kalimantan Timur (5,71 persen).

Berdasarkan jenis kelamin, ada 5,93 persen pengangguran laki-laki dan 5,75 persen lainnya wanita. Meski begitu, BPS mencatat TPT pada 2022 turun ketimbang Agustus 2021, yakni 0,81 persen untuk laki-laki dan 0,36 persen wanita.

Jika dilihat berdasarkan kelompok umur, penduduk berusia 15-24 tahun tercatat dalam kategori TPT sebesar 20,63 persen pada 2022. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan penduduk usia 25-29 tahun (3,36 persen) dan 60 tahun ke atas (2,85 persen).

Lihat Juga :
Otorita IKN Buka Lowongan, Cek Syarat dan Formasinya

Sementara itu, jumlah pengangguran dari 2020 hingga 2022 masih banyak tersebar di perkotaan. Ada 7,74 persen TPT di perkotaan pada Agustus 2022, berbanding dengan 3,43 persen TPT di pedesaan.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah lantas mengatakan 2,8 juta dari 8,42 juta pengangguran di Indonesia pasrah mencari kerja. Ida menyebut 33,45 persen pengangguran itu hopeless of job.

Tercatat, dari 2,8 juta tersebut, 76,9 persen berpendidikan rendah atau lulusan SMP ke bawah. Menaker Ida lantas mengkategorikan pengangguran yang merasa tak mungkin memperoleh pekerjaan adalah tantangan pertama penurunan pengangguran.

"Jadi karena tingkat pendidikan rendah, mereka tak memiliki harapan untuk memiliki pekerjaan. Ini mengindikasikan tingkat pendidikan mereka tak mampu menyiapkan mereka memasuki pasar kerja, baik pendidikan yang rendah maupun kompetensi mereka," katanya dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forum Kordinasi Pimpinan di Daerah (Forkompimda) di Bogor bahwa, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (18/1).

Menurut Ida, tantangan kedua dalam penurunan pengangguran adalah tekanan untuk meningkatkan penciptaan lapangan kerja, khususnya di sektor formal. Ketiga, nilai budaya kerja baru.

"Generasi Y dan Z yang masuk dalam pasar kerja telah membawa nilai-nilai budaya kerja baru. Misalnya nilai work-life-balance, pekerjaan yang bermakna dan worktainment," ungkap Ida.

Keempat, risiko mismatched atau ketidaksesuaian antara supply and demand akibat adanya digitalisasi. Menurutnya, digitalisasi mendorong perubahan permintaan keterampilan kerja, pola hubungan kerja, serta waktu dan tempat bekerja yang semakin fleksibel.

Ia menambahkan kunci untuk mengatasi pengangguran di pasar kerja adalah dengan menciptakan pasar tenaga kerja yang inklusif.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

[Gambas:Video CNN]
,3524 dan USPedagang Sebut Harga Pangan Saat Ramadan Turun Lantaran Daya Beli Lesu******
Pedagang mengakui harga beberapa komoditas pangan turun setelah sempat naik tinggi di awal Ramadan. Hal ini lantaran lesunya daya beli masyarakat.
Pedagang mengakui harga beberapa komoditas pangan turun setelah sempat naik tinggi di awal Ramadan. Hal ini lantaran lesunya daya beli masyarakat. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) membenarkan saat ini harga beberapa komoditas panganturun setelah sempat naik tinggi di awal Ramadan. Penurunan ini disebabkan lesunya daya beli masyarakat.

Sekretaris Jenderal DPP IKAPPI Reynaldi Sarijowan menyebut daya beli masyarakat turun drastis dibandingkan Lebaran tahun lalu.

"Dibanding tahun kemarin, tahun ini mengalami penurunan hingga 21 persen. Walaupun begitu, kami berharap dengan adanya gaji ke-13 dapat meningkatkan daya beli masyarakat di fase kedua Ramadan," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (6/4).

"Kami berharap agar pemerintah lebih fokus menyelesaikan persoalan-persoalan harga pangan di saat fase kedua atau Lebaran," ujarnya.

"Tidak lupa juga kami mengingatkan agar fase ketiga, pasca Lebaran itu juga harus mendapat sentuhan yang lebih maksimal dari pemerintah sehingga harga pangan dapat terselesaikan dengan baik," imbuhnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut stok pangan aman jelang Lebaran. Selain pasokan memadai, harga beberapa kebutuhan pokok seperti beras, telur, daging ayam dan bawang juga turun. Hanya daging sapi yang harganya naik.

Hal itu ia ungkapkan usai memantau pasokan dan harga bahan pokok bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (5/4) kemarin.

"Kita lihat tadi urusan pasokan tidak ada masalah, harga juga justru banyak yang turun. (Harga) telur turun, (daging) ayam turun, daging ayam turun, beras juga turun, bawang juga turun. Yang naik daging (sapi), naik dikit," kata Jokowi usai blusukan di pasar.

Menurutnya, penurunan harga sejumlah bahan pangan ini akan memperkuat daya beli masyarakat.

"Saya kira ini baik, sesuai dengan pantauan BPS kemarin memang terjadi deflasi. Ini bagus, dalam posisi mau Lebaran tapi harga harga turun," ungkapnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr),0737.

Tiga koin stabil dengan kapitalisasi pasar terbesar tetap di US per keping. Ketiganya yakni tether, usd coin, dan binance usd.

Pagi ini, kapitalisasi pasar aset kripto mencapai US,16 triliun secara global. Angka itu menanjak 0,64 persen dibandingkan kemarin.

Kripto sendiri masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Uang kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/dzu)




bab terbaru:link slot gacor maxwin hari ini

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
cara hutang online
mabukwin
heylink slot gacor 2023
maxslot88
bangjago88 2
slot gacor aman
slot86
slot yang mudah maxwin
abo777 slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 sbobet lapak pusat
Bab 2 cinta777
Bab 3 angka wajib main hk
Bab 4 situs slot online gacor
Bab 5 slot yang gacor pagi ini
Bab 6 akurat slot online
Bab 7 ratu118
Bab 8 kredivo malang
Bab 9 totogacor
Bab 10 slot paling hoki hari ini
Bab 11 slot gacor deposit pakai qris
Bab 12 gacor 365 slot
Bab 13 judi slot gacor hari ini
Bab 14 pinjaman online modal usaha
Bab 15 gacor abis
Bab 16 susterslot
Bab 17 nagacash
Bab 18 zara4d
Bab 19 wayang88
Bab 20 arisan4d com
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9297bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

wadah pemikir perkotaan

tafsir mimpi 44
Perusahaan multinasional Tupperware berencana memutus hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya demi menghemat uang operasional.
Perusahaan multinasional Tupperware berencana memutus hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya demi menghemat uang operasional. (Dok. Tupperware)
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan multinasional Tupperware berencana memutus hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya demi menghemat uang operasional.

Mengutip CNN Business, Selasa (11/4), kondisi keuangan perusahaan yang memasarkan produk plastik untuk keperluan rumah tangga itu sedang buruk. Pihak perusahaan dan penasihat keuangannya mengatakan perlu dana tambahan agar bisa bertahan.

Saham Tupperware pun turun 90 persen dalam satu tahun terakhir. Hal ini menunjukkan kondisi perusahaan kian genting.

Lihat Juga :
Kronologi Dirut PHI Diusir DPR Saat Rapat Dengar Pendapat

"Perusahaan melakukan segala daya untuk mengurangi dampak peristiwa baru-baru ini, dan kami mengambil tindakan segera untuk mencari pembiayaan tambahan dan mengatasi posisi keuangan kami," ucap Miguel Fernandez.

Bisnis yang sudah berjalan 77 tahun ini tengah diuji dengan tuntutan zaman. Tupperware telah mencoba untuk melepaskan citranya yang tenang dan mulai menarik pelanggan yang lebih muda dengan produk yang lebih baru dan lebih trendi.

Analis Ritel sekaligus Direktur Pelaksana GlobalData Retail Neil Saunders mengatakan ada beberapa masalah yang belakangan merugikan Tupperware. Seperti penurunan penjualan dan produk yang cenderung 'kolot'.

"Beberapa masalah merugikan Tupperware, termasuk penurunan tajam dalam jumlah penjual, penurunan konsumen pada produk rumah tangga, dan merek yang masih belum sepenuhnya terhubung dengan konsumen yang lebih muda," katanya.

Lihat Juga :
ESDM Ungkap Syarat Harga Pertalite di Bawah Rp10 Ribu

Saunders mengatakan Tupperware berada dalam posisi genting secara finansial karena berjuang untuk meningkatkan penjualan. Di sisi lain, aset perusahaan juga cenderung kecil, sehingga perusahaan tidak memiliki banyak kapasitas untuk mengumpulkan uang.

"Perusahaan ini dulunya merupakan sarang inovasi dengan gadget dapur pemecah masalah, tetapi sekarang benar-benar kehilangan keunggulannya," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Undian Berhadiah Amplop Merah Tiga Alam

kuota4d
Ada banyak produk yang mendapat diskon di Transmart Midnight Sale malam ini. Mulai dari daging ayam dan sapi, makanan, elektronik, hingga sepeda listrik!
Ada banyak produk yang mendapat diskon di Transmart Midnight Sale malam ini. Mulai dari daging ayam dan sapi, makanan, elektronik, hingga sepeda listrik! (dok. Transmart)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart bakal bagi-bagi kegembiraan buat pelanggan setianya dengan menggelar Midnight Sale diskon besar-besaran malam ini, Sabtu (1/4) pukul 19.00 hingga 24.00 WIB di gerai seluruh Indonesia.

Ada banyak produk yang mendapat diskon serba 20 persen loh,mulai dari daging ayam dan sapi, makanan, produk pembersih rumah tangga, kasur, barang elektronik, hingga sepeda listrik!

Lihat Juga :
Malam Ini! Ada Diskon Serba 20 Persen di Transmart Midnight Sale

Nggak cuma itu, berbagai produk elektronik seperti televisi, kulkas, mesin cuci, sampai sepeda listrik juga bakal ada harga khusus di gelaran diskon tengah malam Transmart ini.

Penasaran? Langsung datang aja ke gerai Transmart terdekat mulai pukul 19.00 hingga 24.00 WIB. Kemudian belanja dan lakukan pembayaran menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega untuk mendapatkan diskon harga spesial 20 persen.

Jika belum memiliki kedua saluran pembayaran itu tak perlu khawatir. Sebab, aplikasi Allo Bank tinggal diunduh di App Store atau Google Play Store.

Kemudian, tinggal buat akun dan upgrade ke Allo Prime. Setelah itu, jangan lupa isi saldo alias top up untuk melakukan pembayaran belanja di Transmart.

Lihat Juga :
Diskon Elektronik Transmart Midnight Sale, Mulai TV sampai Kulkas

Begitu juga dengan kepemilikan kartu kredit Bank Mega, bisa langsung instant applydi Transmart Cibubur dan Transmart Kota Kasablanka (Kokas) Jakarta Selatan.

Promo diskon 20 persen tidak berlaku untuk handphone, laptop, mi instan, susu bayi dan anak, minyak goreng, beras, telur, terigu, gula, rokok, minuman beralkohol, dan produk dengan tanda khusus lainnya, ya.

Selain itu, pembelian barang elektronik dibatasi hanya 1 unit per orang. Pembatasan juga berlaku untuk pembelian daging segar maksimal 2 kg dan ayam 2 ekor.

Pembatasan lainnya juga untuk produk sehari-hari yang berdaya jual tinggi atau Fast Moving Consumer Good (FMCG) dan sepeda listrik 4 pcs per varian per produk. Sirup dan biskuit maksimal hanya boleh 2 karton.

Yuk, segera ke Transmart terdekat dan nikmati diskon aneka produk di gelaran Midnight Sale malam ini juga!

Gif banner Allo Bank
(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Dunia Kartu Mantra

idnscore rtp
BPS mencatat pengangguran tembus 8,42 juta orang pada Agustus 2022. Jawa Barat menjadi provinsi paling banyak penyumbang pengangguran.
BPS mencatat pengangguran tembus 8,42 juta orang pada Agustus 2022. Jawa Barat menjadi provinsi paling banyak penyumbang pengangguran. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pengangguranIndonesia menembus 8,42 juta orang pada Agustus 2022. Jawa Barat(Jabar) menjadi provinsi paling banyak penyumbang pengangguran.

Untuk daerah dengan pengangguran terbanyak di Indonesia, BPS melaporkan urutan satu ada Jawa Barat (8,31 persen), Kepulauan Riau (8,23 persen), Banten (8,09 persen), DKI Jakarta (7,18 persen), dan Maluku (6,88 persen).

Kemudian, Sulawesi Utara (6,61 persen), Sumatra Barat (6,28 persen), Aceh (6,17 persen), Sumatra Utara (6,16 persen), dan Kalimantan Timur (5,71 persen).

Berdasarkan jenis kelamin, ada 5,93 persen pengangguran laki-laki dan 5,75 persen lainnya wanita. Meski begitu, BPS mencatat TPT pada 2022 turun ketimbang Agustus 2021, yakni 0,81 persen untuk laki-laki dan 0,36 persen wanita.

Jika dilihat berdasarkan kelompok umur, penduduk berusia 15-24 tahun tercatat dalam kategori TPT sebesar 20,63 persen pada 2022. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan penduduk usia 25-29 tahun (3,36 persen) dan 60 tahun ke atas (2,85 persen).

Lihat Juga :
Otorita IKN Buka Lowongan, Cek Syarat dan Formasinya

Sementara itu, jumlah pengangguran dari 2020 hingga 2022 masih banyak tersebar di perkotaan. Ada 7,74 persen TPT di perkotaan pada Agustus 2022, berbanding dengan 3,43 persen TPT di pedesaan.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah lantas mengatakan 2,8 juta dari 8,42 juta pengangguran di Indonesia pasrah mencari kerja. Ida menyebut 33,45 persen pengangguran itu hopeless of job.

Tercatat, dari 2,8 juta tersebut, 76,9 persen berpendidikan rendah atau lulusan SMP ke bawah. Menaker Ida lantas mengkategorikan pengangguran yang merasa tak mungkin memperoleh pekerjaan adalah tantangan pertama penurunan pengangguran.

"Jadi karena tingkat pendidikan rendah, mereka tak memiliki harapan untuk memiliki pekerjaan. Ini mengindikasikan tingkat pendidikan mereka tak mampu menyiapkan mereka memasuki pasar kerja, baik pendidikan yang rendah maupun kompetensi mereka," katanya dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forum Kordinasi Pimpinan di Daerah (Forkompimda) di Bogor bahwa, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (18/1).

Menurut Ida, tantangan kedua dalam penurunan pengangguran adalah tekanan untuk meningkatkan penciptaan lapangan kerja, khususnya di sektor formal. Ketiga, nilai budaya kerja baru.

"Generasi Y dan Z yang masuk dalam pasar kerja telah membawa nilai-nilai budaya kerja baru. Misalnya nilai work-life-balance, pekerjaan yang bermakna dan worktainment," ungkap Ida.

Keempat, risiko mismatched atau ketidaksesuaian antara supply and demand akibat adanya digitalisasi. Menurutnya, digitalisasi mendorong perubahan permintaan keterampilan kerja, pola hubungan kerja, serta waktu dan tempat bekerja yang semakin fleksibel.

Ia menambahkan kunci untuk mengatasi pengangguran di pasar kerja adalah dengan menciptakan pasar tenaga kerja yang inklusif.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

[Gambas:Video CNN]

Tentang mimpi musim panas

wisma slot

Ibuku berasal dari dunia para dewa

link game slot gacor

Saya orang suci

77slot