petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

dewajudiqq

situs slot rtp tinggi 629Jutaan kata 370417Orang-orang telah membaca serialisasi

《dewajudiqq》

Pakar Ungkap Alasan Kota Semarang Kian Dilirik Investor Pengembang Mal******

Ekonom Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Heri Prabowo menilai ada beberapa faktor yang mendorong pertumbuhan investasi mal di Kota Semarang.
Ekonom Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Heri Prabowo menilai ada beberapa faktor yang mendorong pertumbuhan investasi mal di Kota Semarang. (Foto: Arsip Pemkot Semarang).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kota Semarang belakangan menjadi salah satu tujuan investasi yang menarik bagi para investor, tak terkecuali di sektor properti. Hal ini terlihat dari banyaknya proyek pembangunan mal dan pusat perbelanjaan yang bermunculan di Kota Semarang dalam beberapa waktu terakhir.

Dalam sebulan ini, setidaknya sudah ada beberapa proyek pembangunan pusat perbelanjaan di Ibu Kota Jawa Tengah ini. Di antaranya, pembangunan Padma Piazza di Semarang Barat, Sabtu (14/10), dan terbaru pembangunan Mal 23 Semarang di POJ City Kawasan Marina, Senin (23/10).

Sebelumnya, pada tahun ini sudah beroperasi Uptown Mall BSB City Mijen dan The Park Mall Jalan Madukoro.

Heri mengatakan, posisi Kota Semarang amat strategis bagi investor untuk menanamkan modalnya. Selain menjadi simpul Jawa, juga menjadi salah satu kota dagang dan pusat jasa teraktif di Indonesia.

"Ternyata para pengusaha dan pemerintah menangkap itu, kebutuhan tempat-tempat baru untuk mal ini makin mendesak disediakan lebih banyak pilihan, dan itu terbukti," ujarnya.

Dia menilai, kepemimpinan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu juga memainkan peran penting. Menurutnya, Hevearita telah menunjukkan keramahan ihwal investasi masa kini.

Di mata Heri, perkembangan zaman yang pesat, didorong dengan aktivitas masyarakat modern ditangkap oleh perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut.

"Mereka yang beraktivitas setiap hari butuh refreshing lebih dekat, alternatifnya memang mal. Selain itu kawula muda di Kota Semarang juga banyak yang ditandai dengan perguruan tinggi ini lebih suka nongkrong dan jalan-jalan di pusat perbelanjaan modern," ujarnya.

Di samping itu, lanjut Heri, juga terjadi pergeseran industri manufaktur ke daerah-daerah penyangga Kota Semarang. Terlebih, kawasan penyokong tersebut tidak banyak memiliki mal dan pusat perbelanjaan.

"Sehingga mal di Kota Semarang ini menjadi tujuan masyarakat dari daerah penyangga tersebut, karena aksesnya mudah. Seperti tol dan jalan, lalu fasilitas publik dan infrakstrukturnya perlahan mulai mendukung," katanya.

Meski begitu, Heri menyatakan pentingnya menitikberatkan aspek lingkungan, sosial, dan budaya di tengah kemudahan investasi di Kota Semarang.

Menurutnya, aspek lingkungan menjadi penting, yaitu tersedianya ruang terbuka hijau. Sementara dari sisi sosial dapat berjalan dengan membuka lapangan pekerjaan yang mengutamakan warga Kota Semarang.

"Sebagai warga Kota Semarang bisa memberikan pelayanan yang baik, sehingga rasa aman investor pun terjaga," ujar Heri.

Hal lainnya, lanjut Heri, menerapkan kearifan lokal dengan memberdayakan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui produk-produk tradisionalnya.

"UMKM, ini penting diberikan regulasi, artinya ketika ada pusat perbelanjaan modern bisa menggaet produk-produk warga Kota Semarang," kata Heri yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPGRIS tersebut.

Lebih lanjut Heri menilai, potensi-potensi tersembunyi lainnya dari UMKM juga tak kalah penting untuk dikembangkan. Tentunya selain selektif juga mengedepankan kualitas dan kuantitas, serta kemasan produk.

"Sebenarnya makanan tradisional kita itu sehat semua. Namun, orang masuk mal dengan jiwa modern itu yang dilihat kemasan menariknya," kata Heri.

"Pemerintah harus memperhatikan UMKM karena tren sekarang datang ke mal tidak hanya beli pakaian, tetapi juga kuliner dan nongkrong," ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pembangunan mal atau pusat perbelanjaan diperlukan untuk meningkatkan ekonomi, kualitas pendidikan, dan daya tarik wisata.

"Ini merupakan satu bagian meningkatkan perekonomian Kota Semarang. Ada multiplier effect-nya," kata Mbak Ita, sapaan akrabnya belum lama ini.

Menurutnya, mal di Kota Semarang terus tumbuh karena permintaan masyarakat memang sangat besar.

Di sisi lain, dia juga yakin bahwa tumbuhnya pusat perbelanjaan di kota Semarang tidak akan mematikan UMKM yang ada di ibu kota Jawa Tengah tersebut. Bahkan, kehadiran mal bisa berdampak positif untuk pengembangan UMKM.

(osc/osc)

Bey Machmudin Keluarkan Edaran Agar PNS Jabar Terbang dari Kertajati******

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengeluarkan surat edaran berisi perintah agar PNS Jabar menggunakan Bandara Kertajati, Majalengka.
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengeluarkan surat edaran berisi perintah agar PNS Jabar menggunakan Bandara Kertajati, Majalengka. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa BaratBey Machmudin mengeluarkan surat edaran yang 'memaksa' Pegawai Negeri Sipil (PNS) Jabar menggunakanBandara Kertajati, Majalengka.

"Aparatur Sipil Negara (ASN), kami sudah memberikan surat edaran. Jadi, selama masih ada penerbangan dari sini agar berangkat dan kembali di (Bandara) Kertajati," kata Bey, dikutip dari Antara, Kamis (19/10).

Bey mengatakan surat edaran itu akan disebarluaskan ke seluruh pemerintah daerah Jawa Barat. Menurutnya, kebijakan tersebut menjadi salah satu cara meningkatkan okupansi penerbangan di Bandara Kertajati.

"Bahkan teman-teman Kementerian Keuangan meminta dalam masa kembalinya operasi, meminta eselon I dan menteri berangkat dari sini (Bandara Kertajati)," klaimnya.

Selain itu, ia juga mengupayakan cara lain dengan meminta Pemda Cirebon dan sekitarnya menjalin kerja sama dengan asosiasi pariwisata. Harapannya, sejumlah kegiatan kreatif di sekitar bandara bisa ikut menarik minat calon penumpang.

Bey menegaskan pihaknya menyediakan tempat bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan kerajinan lokal untuk mejeng di Bandara Kertajati.

Bandara Kertajati kini menampung penerbangan yang semula ada di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Pengalihan mulai Oktober 2023 ini adalah pengulangan yang dilakukan Presiden Joko Widodo pada 2019 lalu.

Kala itu, pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati gagal. Bahkan, maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink terpaksa menutup 3 rute penerbangan dari Kertajati imbas sepi penumpang.

Namun, Jokowi berharap dengan rampungnya Tol Cisumdawu bisa membantu Bandara Kertajati penuh sesak penumpang.

"Kita harapkan setelah jalan tol ini selesai, jalan Tol Cisumdawu selesai, Bandara Kertajati Oktober (2023) nanti sudah operasional penuh. Sekarang sudah dimulai dengan penerbangan embarkasi haji untuk Jawa Barat dan beberapa penerbangan yang sudah masuk," harap Jokowi saat meresmikan Tol Cisumdawu pada Selasa (11/7).

"Saya melihat Bandara Kertajati yang didukung Tol Cisumdawu adalah airport masa depan kita. Karena sekarang sudah mulai banyak keinginan negara-negara luar untuk masukequity-nya, berpartner di Bandara Kertajati, baik mengoperasikan maupun meningkatkan trafficlalu lintas penerbangan yang ada," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Pengusaha Respons Langkah MK Tolak Gugatan UU Cipta Kerja******

Pengusaha menyatakan polemik UU Cipta Kerja dan isu di dalamnya berakhir usai MK menolak gugatan uji formil uu tersebut.
Pengusaha menyatakan polemik UU Cipta Kerja dan isu di dalamnya berakhir usai MK menolak gugatan uji formil uu tersebut. (CNN Indonesia/Poppy Fadhilah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) merespons Mahkamah Konstitusi(MK) yang menolak permohonan uji formil Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Perppu Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi Undang-Undang.

Adapun permohonan tersebut diajukan oleh 15 organisasi serikat pekerja.

Ketua Bidang Ketenagakerjaan Apindo Bob Azam menuturkan dengan ditolaknya permohonan itu, polemik tentang ketenagakerjaan bisa diakhiri.

Lebih lanjut, Bob mengatakan persoalan saat ini adalah tentang bagaimana cara meningkatkan nilai tambah tenaga kerja RI.

Apalagi, kata dia, jumlah angkatan kerja Indonesia cukup berlimpah, yakni 140 juta orang. Namun, sebanyak 60 persen dari jumlah tersebut, tingkat pendidikannya masih di level SD dan SMP.

Oleh karena itu, Bob menyebut pendidikan dan pelatihan vokasi bisa menjadi solusi meningkatkan kualitas angkatan kerja Indonesia.

"Kemudian juga melalui program sertifikasi, sehingga SDM (sumber daya manusia) kita bisa menjadi driverpergerakan ekonomi kita ke depan," imbuh Bob.

Ia menambahkan saat ini banyak negara maju yang menghadapi krisis jumlah angkatan kerja. Sementara, di Indonesia jumlahnya berlimpah.

Bob mengingatkan para pemangku kepentingan harus saling mendukung peningkatan kualitas SDM yang sudah dimiliki.

"Mudah-mudahan kita bisa meningkatkan kerja sama lebih baik lagi dengan serikat pekerja dan pemerintah, serta pemerintah daerah," pungkasnya.

MK menolak permohonan uji formil Perppu Cipta Kerja menjadi UU.

Permohonan yang diajukan 15 organisasi serikat pekerja ini terdaftar dengan Nomor Perkara 54/PUU-XXI/2023.

Adapun permohonan diajukan oleh Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional; Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan KSPSI; Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan KSPSI; Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik dan Mesin - SPSI; Federasi Serikat Pariwisata dan Ekonomi Kreatif KSPSI; Federasi Serikat Pekerja Listrik Tanah Air (Pelita) Mandiri Kalimantan Barat.

Lalu, Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan; Federasi Serikat Pekerja Rakyat Indonesia; Gabungan Serikat Buruh Indonesia; Konfederasi Buruh Merdeka Indonesia; Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia; Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia; Serikat Buruh Sejahtera Independen '92; Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman; dan Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

Salah satu petitumnya, pemohon meminta MK membatalkan UU Nomor 6 Tahun 2023.

"Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Ketua MK Anwar Usman saat membaca amar putusan di Gedung MK, Jakarta, Senin (2/10).

Anwar menyatakan pokok permohonan para pemohon tidak beralasan menurut hukum untuk seluruhnya.

Keputusan ini diwarnai perbedaan pendapat (dissenting opinion) dari empat hakim konstitusi, yaitu Wahiduddin Adams, Saldi Isra, Enny Nurbaningsih, dan Suhartoyo.

Lihat Juga :
JK Klaim BUMN Punya Utang Rp300 M ke Kalla Group
(mrh/agt)




bab terbaru:sempurna slot

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
bingo4d rtp
vegasslot77
aplikasi pinjaman kredivo
kumpulan situs slot bonus 100
demo slot mahjong ways 3
bermesraan 2d togel
mbak 2d slot
pinjol ilegal terbaru 2022
grandmpo
Daftar isi semua bab
Bab 1 game slot gacor 2022
Bab 2 ganas slot
Bab 3 rans303
Bab 4 kapten maxwin
Bab 5 situs slot tergacor 2023
Bab 6 mpo slot 77
Bab 7 neo bank pinjaman online
Bab 8 situs judi slot terbaru dan terpercaya
Bab 9 agen bola
Bab 10 erek erek 2d 3d 4d
Bab 11 slot to rendah bonus 100
Bab 12 gading4d
Bab 13 situs game slot online
Bab 14 slot 188 demo
Bab 15 kredit di shopee
Bab 16 voucher zalora juli 2022
Bab 17 situs 4d slot login
Bab 18 agen62
Bab 19 28 di erek erek
Bab 20 trik bermain game slot fafafa
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2322bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Terlahir untuk menjadi raja

gacor138
Pesta diskon seharian Transmart bertajuk Full Day Sale balik lagi pada Minggu (22/10) dengan diskon 50% + 20%, jangan sampai ketinggalan ya!
Pesta diskon seharian Transmart bertajuk Full Day Sale balik lagi pada Minggu (22/10) dengan diskon 50% + 20%, jangan sampai ketinggalan ya! (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pesta diskon seharian Transmart bertajuk Full Day Sale balik lagi besok, Minggu (22/10). Di gelaran ini, Transmartkasih diskon 50 persen dan ekstra diskon 20 persen.

Promo ini berlangsung di seluruh gerai Transmart se-Indonesia. Mulai dari toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Lihat Juga :
Si Paling Diskon Datang Lagi, Cus ke Transmart Full Day Sale Sekarang!

Pelanggan juga bisa mendapat diskon tambahan 20 persen khusus untuk pembayaran menggunakan Kartu Kredit Bank Mega, Bank Mega Syariah, atau Allo Prime dari Allo Bank.

Nah, bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega tidak usah khawatir. Bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart.

Kalau belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal downloadaplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, laluupgradeakunnya ke Allo Prime.

Siapkan daftar belanjaan buat besok ke Transmart terdekat ya, lalu borong belanjaan yang banyak dengan diskon di akhir pekan cuma di Transmart Full Day Sale.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank supaya bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Rencana Promosi Pakan Meriam

game slot online terbaik
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menduga senjata produksi BUMN dibeli oleh Junta Militer Myanmar melalui pihak lain.
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menduga senjata produksi BUMN dibeli oleh Junta Militer Myanmar melalui pihak lain. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia--

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga buka suara soal tiga perusahaan pelat merah yang dituding memasok senjata kejunta militer Myanmar. Tiga BUMN itu adalah PT Pindad, PT PAL, dan PT Dirgantara Indonesia.

Arya mengatakan penjualan senjata DEFEND ID tidak dilakukan secara langsung. Ia menduga itu dilakukan melainkan melalui pembeli lain.

Lihat Juga :
Jokowi Resmikan Tol Indralaya-Prabumulih Bernilai Rp12,5 T

"Buyer-nya kan enggak hanya satu. Sampai hari ini kita enggak tahu buyeryang mana," katanya.

Sebelumnya, Holding BUMN Industri Pertahanan RI (DEFEND ID) membantah tiga perusahaan pelat merah di bawah naungannya mengekspor senjata ke Myanmar pasca kudeta militer pecah pada Februari 2021.

DEFEND ID menegaskan melalui PT Len Industri (Persero) sebagai induk holding dari PT Dahana, PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia, dan PT PAL Indonesia, mendukung penuh resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) nomor 75/287 yang melarang suplai senjata ke Myanmar sebagai upaya menghentikan krisis politik dan kekerasan di negara tetangga RI tersebut.

Lihat Juga :
Kemlu Buka Suara soal Dugaan Jual-Beli Senjata RI ke Junta Myanmar

"DEFEND ID menegaskan bahwa PT Pindad tidak pernah melakukan ekspor ke Myanmar setelah imbauan DK PBB pada 1 Februari 2021. Kami pastikan bahwa PT Pindad tidak melakukan kegiatan ekspor produk alpalhankam ke Myanmar terutama setelah muncul imbauan DK PBB pada 1 Februari 2021 terkait kekerasan di Myanmar," bunyi pernyataan DEFEND ID yang diterima CNNIndonesia.com pada Rabu (4/10).

"Pun halnya dengan PT DI dan PT PAL yang dipastikan tak memiliki kerja sama penjualan produk ke Myanmar. Dapat kami sampaikan tidak ada kerja sama maupun penjualan produk alpahankam dari kedua perusahaan tersebut ke Myanmar," tambahnya.

[Gambas:Video CNN]

Klarifikasi ini keluar menyusul laporan yang dilayangkan sejumlah aktivis HAM kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI soal dugaan transaksi jual beli senjata ilegal dari Indonesia ke Myanmar.

Mantan Jaksa Agung Indonesia yang juga pernah mengetuai misi pencari fakta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) soal Myanmar, Marzuki Darusman, menuturkan "penjualan ilegal" senjata ini terdiri dari senapan serbu, pistol, amunisi, kendaraan tempur, dan peralatan militer lainnya. Ia pun telah mengajukan temuan dan pengaduannya ini ke Komnas HAM RI pada Senin (2/10).

[Gambas:Video CNN]

(fby/rds)

[Gambas:Video CNN]

Dewa Badai

qq7887
Menteri Pertanian Amran Sulaiman menargetkan Indonesia kembali swasembada beras dalam tiga tahun ke depan atau 2026.
Menteri Pertanian Amran Sulaiman menargetkan Indonesia kembali swasembada beras dalam tiga tahun ke depan atau 2026. (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menargetkan Indonesia kembali swasembada berasdalam tiga tahun ke depan atau 2026.

Ia lantas menyinggung RI pernah swasembada beras, jagung, dan bawang merah selama empat tahun sejak 2017 lalu. Swasembada itu terjadi di masa kepemimpinan Amran di Kementan atau periode pertama Jokowi.

Lihat Juga :
8 Janji 'Cepat' Prabowo-Gibran: Arahkan UMP ke Gaji Tinggi-Susu Gratis

Meski demikian, ia kana berusaha membuat kebijakan yang tepat, sehingga menjadi pondasi bagi pemimpin selanjutnya.

[Gambas:Video CNN]

"Kami letakkan pondasinya satu tahun. Mudah-mudahan yang melanjutkan sudah tinggal jalan. Ini yang berganti kan cuma menterinya," tutur Amran.

Amran juga optimis Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia pada 2045. Iya yakin sebab pada 2017 pun RI mampu swasembada.

"Waktu itu (2017) 260 juta penduduk, kurang lebih. Itu bisa swasembada tanpa impor beras medium," katanya.

Pilihan Redaksi
  • Staf Erick Klaim BUMN Tak Terganggu Usai Rosan 'Ikut' Prabowo
  • Janji Prabowo-Gibran: Renovasi 40 Rumah per Desa per Tahun
  • Janji Prabowo-Gibran: Bentuk Badan Penerimaan Negara

Presiden Jokowi kembali menunjuk Amran Sulaiman sebagai menteri pertanian menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang beberapa waktu lalu mengundurkan diri karena terseret kasus korupsi penempatan pegawai Kementerian Pertanian.

Penunjukan ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan Jokowi. Pasalnya, Amran sebelumnya juga pernah menempati posisi menteri pertanian pada periode 2014-2019.

(mrh/rds)

[Gambas:Video CNN]

Raja Film, apakah kamu ingin wajah?

demo slot 100 juta
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyoroti kenaikan harga bawang putih yang masih terjadi meski mayoritas impor sudah terealisasi.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyoroti kenaikan harga bawang putih yang masih terjadi meski mayoritas impor sudah terealisasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyoroti kenaikanharga bawang putih yang masih terjadi.

Padahal, terang Tito, realisasi impor bawang putih telah mencapai 81,89 persen dari izin impor yang telah dikeluarkan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Persoalannya adalah harusnya harganya turun, kenapa masih harga naik," kata Tito dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 seperti dikutip Detik, Senin (9/10).

"Kedua adalah distribusinya, yaitu sudah masuk, tapi sudah disalurkan enggak sampai dengan pasar-pasar tradisional itu persoalan kuncinya," ujarnya.

Menurut Tito, perlu dukungan berbagai pihak untuk mengecek bawang putih ini.

Ia menyebut Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Pangan Nasional hingga Satgas Pangan memastikan sekitar 82 persen bawang impor ini sudah masuk ke pasar tradisional.

Namun, kata Tito, baru 11 provinsi yang harga bawang putihnya relatif stabil. Artinya, kenaikan harga bawang putih masih terjadi di 27 provinsi.

Mengutip Info Pangan DKI Jakarta, harga bawang putih per Senin (9/10) tercatat naik Rp127 ke Rp40.777 per kg.

Namun, secara nasional, Pusat Informasi Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) melaporkan penurunan harga bawang putih ukuran sedang dari Rp38.450 menjadi Rp38.400 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Novel Dongfang Yan Su Xian'er

18 togel
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan data intelijen soal investasi yang masuk ke Indonesia.
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan data intelijen soal investasi yang masuk ke Indonesia. (Setkab.go.id/Jay).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan data intelijen soal investasi yang masuk ke Indonesia.

Bahlil mencatat realisasi investasi kuartal III 2023 mencapai Rp374,4 triliun atau tumbuh 21,6 persen secara year on year(yoy) alias naik 7 persen secara quarter over quarter(qoq).

Singapura tercatat sebagai negara dengan realisasi investasi terbesar di Indonesia di kuartal ini sebesar US,4 miliar. Kemudian, ada China yang mengucurkan US,8 miliar, Hong Kong US,7 miliar, Jepang US,3 miliar, dan Malaysia sebesar US0 juta.

"Korea (Selatan) ini juga hub. Jadi, Lotte di Cilegon total investasi hampir Rp60 triliun itu mereka pakai hub dari Malaysia," imbuhnya.

Lalu, Bahlil membeberkan data intelijen yang dikantonginya terkait investasi dari Singapura. Ia yakin penanaman modal dalam negeri (PMDN) akan meningkat jika uang orang Indonesia yang dipakai investasi melalui Singapura bisa kembali ke tanah air.

Namun, karena Singapura dijadikan financial hub, maka realisasi penanaman modal asing (PMA) menjadi lebih jumbo.

"Ini data intelijen saya, kalau dari Singapura sebagian orang Indonesia dimasukkan PMDN, jadi PMDN lebih tinggi dari PMA. Jadi sebenarnya sumber daya domestik kita ini kuat, cuma masih terpecah-pecah," ungkap Bahlil.

"Negara dari langit pun masuk (investasi) ke Indonesia akan kita urus dengan baik selama mematuhi peraturan perundang-undangan," tandasnya.

Kontribusi PMA pada kuartal III 2023 mencapai Rp196,2 triliun atau 52,4 persen. Nilai ini lebih besar melampaui PMDN sebesar Rp178,2 triliun atau 47,6 persen dari capaian investasi periode ini.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Legenda Senja

dewalive88
Pihak Pontjo Sutowo melalui PT Indobuildco bersikukuh masih menguasai hak guna bangunan (HGB) atas Hotel Sultan hingga 2053.
Kuasa Hukum PT Indobuildco Hamdan Zoelva menyebut perusahaan milik Pontjo Sutowo itu seharusnya diberikan prioritas untuk memperbaharui HGB Hotel Sultan hingga 30 tahun lagi alias 2053. (Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pihak Pontjo Sutowo melalui PT Indobuildco bersikukuh masih menguasai hak guna bangunan (HGB) atas Hotel Sultan hingga 2053.

Kuasa Hukum PT Indobuildco Hamdan Zoelva menyebut perusahaan milik Pontjo Sutowo itu seharusnya diberikan prioritas untuk memperbaharui HGB Hotel Sultan hingga 30 tahun lagi. Terlebih, hak mereka sudah habis pada Maret 2023-April 2023 lalu.

"Pasal 37 (ayat 1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2021, diberikan (HGB) 30 tahun, diperpanjang 20 tahun, dan diperbaharui 30 tahun. Iya, betul (masih bisa berlaku sampai 2053)," kata Hamdan kepada CNNIndonesia.com, Kamis (12/10).

Selain itu, Hamdan mengklaim pemilik HGB yang sudah menghabiskan masa 80 tahun masih memiliki hak prioritas baru, asalkan lokasi tersebut masih digunakan.

Ia lantas membandingkan perlakuan kepada pihak Pontjo Sutowo dengan investor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hamdan merasa tak adil karena pemerintah memberikan kuasa atas lahan di IKN hingga 190 tahun lamanya dalam bentuk hak guna usaha (HGU).

Berdasarkan revisi UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN yang baru disahkan pada Selasa (3/10), hak kelolaan atas lahan dalam bentuk HGU di IKN terbagi menjadi dua siklus.

Pertama,jangka waktu paling lama 95 tahun. Setelah siklus ini selesai dan investor mau melanjutkannya, hak itu bisa diperpanjang ke siklus keduadengan masa penguasaan yang sama.

Lihat Juga :
Waskita Respons JK soal BUMN Nunggak Utang Rp300 M ke Kalla Group

Sedangkan pelaku usaha diberikan HGB dengan jangka waktu paling lama 80 tahun di IKN dalam satu siklus.

Hak ini juga bisa diperpanjang ke siklus kedua dengan waktu yang identik atau jika ditotal HGB di IKN mencapai 160 tahun lamanya.

Di lain sisi, Juru Bicara Menteri Investasi/Kepala BKPM Tina Talisa mengatakan pihaknya bersiap mencabut izin usaha PT Indobuildco di dalam online single submission(OSS). Ini dilakukan usai Bahlil Cs ikut mereviu ulang izin usaha Pontjo Sutowo yang tengah berkonflik dengan negara soal HGB Hotel Sultan.

Tina mengatakan reviu sudah dilakukan antara Kementerian Investasi/BKPM bersama Kementerian Sekretariat Negara yang diwakili Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK). Hasilnya, beberapa perizinan usaha memang mengharuskan kejelasan HGB.

"Jika HGB-nya sudah tidak aktif, maka kalau persyaratan tidak ada, kira-kira prosedurnya bagaimana? Tentu kan tidak berlaku lagi juga... Jadi, hubungannya sangat erat, artinya pemerintah satu suara dalam apa yang dilakukan terhadap yang kita sama-sama saksikan dalam beberapa pekan ini," ujar Tina usai menghadiri HSBC Summit 2023 di The St Regis, Jakarta Selatan, Rabu (11/10).

"Kalau misalnya kita harus masuk ke sebuah arena pertandingan, syaratnya tiket, tiketnya syaratnya usia 17 tahun. Kita sudah punya tiket dan tiket kita kasih ke yang umur 13 tahun, kira-kira boleh masuk enggak? Tiketnya jadi enggak berlaku kan? Kira-kira seperti itu (apakah izin PT Indobuildco akan dicabut)," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)