petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

xisbet

livetoto88 593Jutaan kata 86547Orang-orang telah membaca serialisasi

《xisbet》

Bos XL Axiata Budi Pramantika Mengundurkan Diri******

Budi Pramantika mengundurkan diri dari posisi sebagai Direktur & Chief Finance Officer (CFO) PT XL Axiata Tbk.
Budi Pramantika mengundurkan diri dari posisi sebagai Direktur & Chief Finance Officer (CFO) PT XL Axiata Tbk. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Budi Pramantika mengundurkan diri dari posisi sebagai Direktur & Chief Finance Officer (CFO) PT XL Axiata Tbk.

Corporate Secretary XL Axiata Ranty Astari Rachman mengatakan surat pengunduran diri Budi telah diterima oleh perusahaan pada 6 Maret 2023 lalu.

"Pada 6 Maret 2023, perseroan telah menerima surat pengunduran diri Bapak Budi Pramantika selaku direktur perseroan," kata Ranty seperti dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (9/3).

Meski demikian, dalam keterangannya, Ranty maupun pihak perusahaan tidak menyebutkan alasan pengunduran diri Budi.

Pengunduran diri Budi terjadi di tengah peningkatan penggunaan traffic layanan XL Axiata. Perusahaan itu mengklaim peningkatan penggunaan traffic layanan mencapai 22 persen pada 2022 dan jumlah total pelanggan 4G yang tembus 93 persen.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan peningkatan itu merupakan dampak dari proses penataan ulang teknologi alias refarming layanan 3G.

Lihat Juga :
Fakta-Fakta Kekayaan Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono

"Proses penataan ulang teknologi (refarming) 3G yang terus dilaksanakan hingga saat ini tinggal menyisakan kurang dari 1.300 BTS. Hal ini terbukti dengan trafik yang tumbuh sebesar 22 persen YoY," ujar Dian lewat keterangannya, Senin (20/2) lalu.

Di samping itu, Dian juga melaporkan jumlah BTS 2G dan 4G di Indonesia. Hingga akhir 2022, XL Axiata memiliki 144.768 BTS dengan jumlah BTS 4G 91.632 unit.

"Jumlah BTS 4G ini meningkat 19 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik mencapai 54 persen (fiberized)," tuturnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Nasabah PNM Mekaar Inspirasi Pelaku Usaha Berani Memulai******

kehadiran Mekaar sebagai perpanjangan tangan pemerintah telah memberikan layanan terhadap para perempuan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
Salah satu nasabah PNM Mekaar. (Foto: Arsip PNM).
Jakarta, CNN Indonesia--

Melalui program Mekaar, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) tidak hanya menyediakan modal finansial, melainkan juga modal intelektual dan sosial bagi ibu-ibu.

Modal intelektual berupa pembinaan usaha PT PNM untuk ibu-ibu agar bidang usahanya semakin berkembang. Sedangkan modal sosial berupa jejaring komunitas yang terjalin di antara pelaku usaha.

Dengan demikian, kehadiran Mekaar sebagai perpanjangan tangan pemerintah telah memberikan layanan kepada para perempuan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), baik yang ingin memulai usaha maupun mengembangkan usaha.

Kerja keras dan keberanian ibu-ibu keluarga pra sejahtera ini bahkan telah menginspirasi para istri-istri prajurit TNI melakukan hal yang sama.

Istri prajurit yang bercita-cita sebagai wiraswasta kian meningkat, dengan menyadari bisnis secara mandiri bukan hal yang mudah, sehingga banyak dari mereka yang memulai perjalanan bisnis dari langkah terkecil yakni dengan membuka usaha sendiri di rumah.

Hal ini disaksikan langsung Dara Ulung Purwodanta, putri yang besar dari keluarga TNI. Sebagai seorang wanita sekaligus istri di dalam keluarga TNI, Dara paham akan kehadiran istri-istri TNI yang berani merintis usaha baru.

Tantangan yang tidak mudah juga kerap Ia saksikan. Merintis produk dari awal, mengalami kerugian, kegagalan produk jadi, dan lain-lain. Tetapi kegigihan para ibu-ibu Mekaarlah yang kembali mendorong semangat dan keberanian mereka.

Salah satunya Anggraini Kusumawati, seorang istri prajurit TNI yang mampu membangun bisnis karena berani memulai. Awalnya ia terinspirasi dari pengusaha sukses di media sosial sehingga berani memulai untuk berbisnis.

"Biasanya dari kita ada yang usaha dari rumah atau menjadikan bisnis sebagai pekerjaan sampingan," ucap Anggraini dikutip Sabtu (4/3).

Menurut Anggraini, dukungan dari pemerintah melalui program Mekaar, ibu-ibu terutama istri prajurit semakin terbuka peluangnya untuk membuka usaha dari rumah. Dalam mendukung tugas suami, peran istri sangatlah penting terutama bagi keluarga.

"Maka sebagai istri prajurit dengan memulai usaha dari rumah akan mendapatkan penghasilan tambahan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga," sambung dia.

Sedikit tips, selain keberanian, salah satu kunci penting dalam membangun bisnis adalah perencanaan. Walaupun membuka usaha kecil dari rumah, jangan pernah mengabaikan perencanaan dan persiapan.

Bisnis tanpa persiapan matang tidak mampu bertahan lama karena tidak ada rencana dan tujuan yang ingin dicapai selama prosesnya.

(inh/inh)

Tesla Buka Kantor di Malaysia, Kapan Giliran Indonesia?******

Tesla bakal membuka kantor di Malaysia dan pabrik baru di Meksiko. Menko Luhut Binsar Panjaitan tetap pede Indonesia bakal dilirik.
Tesla bakal membuka kantor di Malaysia dan pabrik baru di Meksiko. Namun, Menko Luhut Binsar Panjaitan tetap pede Indonesia bakal dilirik. llustrasi. (Gary Coronado / Los Angeles Times via Getty Images).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tesla hingga kini belum mengumumkan rencana investasi secara resmi di Indonesia. Namun, baru-baru ini tersiar kabar perusahaan besutan Elon Musk ini akan membuka kantor di Malaysia dan pabrik baru di Meksiko.

Pada Rabu (1/3), Malaysia mengumumkan Tesla bakal membuka kantor di negaranya. Bahkan, Kementerian Perdagangan Malaysia mengklaim telah menyetujui permohonan Tesla untuk memasok kendaraan listrik ke Negeri Jiran.

MengutipReuters,Kemendag Malaysia mengharapkan kehadiran Tesla bisa menciptakan lapangan kerja terampil dan meningkatkan partisipasi perusahaan lokal dalam ekosistem perusahaan milik Elon Musk tersebut.

Padahal, Indonesia selalu gencar melakukan pendekatan (PDKT) terhadap Tesla untuk berinvestasi dalam bentuk pabrik mobil listrik di Indonesia. Namun, Indonesia 'ketikung' Meksiko dan Malaysia.

PDKT Indonesia ke Tesla

Indonesia telah merayu Tesla untuk berinvestasi membangun pabrik baterai dan mobil listrik sejak 2020. Hal ini dilakukan karena pemerintahan Joko Widodo ingin memaksimalkan kekayaan cadangan bijih nikel yang dapat diproses untuk digunakan dalam baterai kendaraan listrik.

Supaya investasi itu bisa terwujud, Jokowi telah dua kali mengadakan pembicaraan secara langsung dengan Kepala Eksekutif Tesla Elon Musk di fasilitas SpaceX, Texas tahun lalu.

Lihat Juga :
Beli Rumah dan Kendaraan Listrik di IKN Bebas PPN dan PPnBM

Jokowi Tawarkan Tesla Konsesi Nikel

Presiden Jokowi berjanji memberikan konsesi nikel kepada Tesla kalau mereka mau berinvestasi di Indonesia.

"Saya bilang ke dia kalau bapak investasi di Indonesia, saya kasih konsesi nikel," kata Jokowi merujuk pada tawaran konsesi pertambangan Indonesia seperti dikutip dari Reuters.

Jokowi mengatakan terserah kepada Tesla untuk menerima tawaran untuk menambang nikel atau tidak. Ia menggarisbawahi bahwa Indonesia terbuka untuk investasi dalam rantai pasokan baterai kendaraan dan mobil listrik.

"Kalau mereka mau mulai dari baterai EV, tidak apa-apa," imbuhnya.

Lihat Juga :
Investor Bisa Perpanjang HGU di IKN Hingga 190 Tahun

Anak Buah Luhut Blak-blakan soal Negosiasi dengan Tesla

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto menegaskan lobi berjalan positif. Menurutnya, kunci hilirisasi nikel adalah menarik produsen mobil listrik dunia berinvestasi. Jika tidak, hilirisasi nikel untuk baterai lithium akan mentok di prekursor dan katoda.

"Bagaimana so farhasilnya? Relatif oke. Negosiasi sama Tesla kami masih berjalan, dengan BYD masih dalam tahap awal," ungkapnya dalam Energy and Mining Outlook 2023 di Sopo Del Tower, Jakarta Selatan, Kamis (23/2).

Seto menyampaikan target terdekat adalah mendapatkan komitmen investasi dari Tesla. Ia menegaskan komunikasi berjalan positif dan berharap Tesla bakal membangun pabrik mobil listrik karena investor baterai listrik sudah banyak.

Lihat Juga :
PLN Buka Suara soal Denda Listrik Komedian Tarzan Capai Rp90 Juta

"Kami targetnya mereka (Tesla) investasi di pabrik mobil. Kalau baterai sudah lumayan banyak. Kami butuh lebih banyak pabrikan mobil masuk, bukan hanya Wuling dan Hyundai. BYD kan nomor 1 di dunia, Tesla nomor 2. Kalau mereka masuk ke Indonesia saya kira akan bagus nanti hilirisasi logam mineral yang kita punya," imbuhnya.

Tesla Bangun Pabrik di Meksiko, Luhut Gak Masalah

"Oh gak masalah. itu memang di Meksiko itu untuk backyard Amerika, jadi gak ada masalah," kata Luhut di kantornya, Jumat (3/3).

Meski Tesla membangun pabrik di Meksiko, Luhut menegaskan proses negosiasi tetap berjalan. Bahkan, targetnya adalah pembangunan pabrik mobil listrik.

Malaysia 'Tikung' RI, Luhut Masih Santai

"Kan kantor di mana aja boleh dibangun. Kita masih tetap lah, masa nggak. Ya nanti tunggu lah. Kalau nanti Senin atau minggu depan diumumkan mengenai insentif EV, nanti baru saya ngomong," ungkap Luhut di Istana Presiden, Sabtu (4/3).

RI Beri Insentif kendaraan listrik, Bagaimana Kelanjutan Tesla?

Luhut memimpin pengumuman subsidi motor listrik senilai Rp7 juta per unit di kantornya pada Senin (6/3). Ia mengatakan subsidi motor listrik efektif mulai 20 Maret mendatang.

Ia mengatakan subsidi diberikan untuk meningkatkan keterjangkauan harga dan daya beli masyarakat terhadap kendaraan listrik yang lebih luas, serta memacu perkembangan industri otomotif energi baru.

"Kalau dengan Tesla kita masih terikat denganNon-Disclosure Agreement(NDA). Meksiko itu backyard mereka, tentu mereka membangun di sana. Kalau di region ini mereka masih punya komitmen yang saya tahu kira-kira 1 juta mobil. Apakah nanti ke Indonesia, kita lihat saja nanti beberapa hari ke depan," ungkap Luhut selepas mengumumkan insentif kendaraan listrik tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)




bab terbaru:12 situs slot gacor

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
1001 tafsir mimpi togel
link slot 138
yandex slot gacor
jitu69
akun khusus slot
jepe138
angka jitu web
dragonpoker88
w slot 88
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot88resmi
Bab 2 kredit hp shopee paylater
Bab 3 slot web
Bab 4 bangjago88 1
Bab 5 autoslot88
Bab 6 slot gacor 2022
Bab 7 slot online mudah maxwin
Bab 8 maksimal slot
Bab 9 01 togel
Bab 10 rtp receh88
Bab 11 demo jili slot
Bab 12 hokiku88 slot
Bab 13 zonagaming77 situs judi slot online
Bab 14 kereta slot
Bab 15 pinjol ilegal yang masih aktif 2022
Bab 16 prosedur kredit hp
Bab 17 pasti maxwin selalu
Bab 18 togel 54
Bab 19 bonus new member 500 di awal
Bab 20 ajaib4d
Klik untuk melihattersembunyi di tengah901bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Saya adalah Permaisuri Rencana Pengembangan Sistem

slot gacor vietnam
Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja resmi membuka pendaftaran program gelombang ke-49 sejak Senin (6/3) siang.
Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja resmi membuka pendaftaran program gelombang ke-49 sejak Senin (6/3) siang. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja resmi membuka pendaftaran program gelombang ke-49 sejak Senin (6/3) siang.

"Seleksi gelombang 49 sudah dibuka! Yuk buru-buru klik 'Gabung Gelombang' sekarang juga di dashboard Kartu Prakerja kamu!" tulis PMO di akun Instagram resmi @prakerja.go.id.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Program Kartu Prakerja tahun ini akan dilangsungkan secara online, offline, maupun gabungan.

Airlangga juga mengatakan Kartu Prakerja akan mulai dilakukan dengan skema normal pada tahun ini, bukan semi bansos seperti sebelumnya.

Maka dari itu, penerima bantuan seperti bantuan subsidi upah (BSU) bantuan produktif usaha mikro (BPUM), dan program keluarga harapan (PKH) bisa menjadi peserta Kartu Prakerja 2023

"Karena tidak lagi bersifat semi bansos, maka penerima bantuan seperti subsidi upah, BPUM, PKH, boleh menjadi peserta Kartu Prakerja. Karena ini untuk re-training dan re-skilling, bukan bansos lagi" ujar Airlangga beberapa waktu lalu.



Untuk mendaftarkan diri, calon peserta harus membuat akun di situs resmi www.prakerja.go.id. Setelah itu, isi alamat email aktif, data Kartu Tanda Penduduk (KTP), data Kartu Keluarga (KK), dan nomor hp aktif.

Jika pendaftaran diterima dan akun sudah terverifikasi, selanjutnya calon peserta perlu mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.

Kemudian, klik Gabung Gelombang dan klik pernyataan persetujuan yang ada. Lalu, verifikasi diri dengan foto e-KTP.

Pastikan foto terlihat jelas agar proses verifikasi diterima. Terakhir, verifikasi nomor handphone dan masukan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.

Jangan lupa, memenuhi sejumlah syarat agar lolos mendaftar Kartu Prakerja. Yakni, calon peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia di atas 18 tahun.

Selanjutnya, tidak sedang mengikuti pendidikan formal, bukan pejabat negara hingga perangkat desa, dan bukan penerima bantuan sosial lainnya dari pemerintah.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Darah kerajaan

jet234
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan keputusan impor KRL bekas dari Jepang akan menunggu hasil audit BPKP dalam 10 hari ke depan.
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan keputusan impor KRL bekas dari Jepang akan menunggu hasil audit BPKP dalam 10 hari ke depan. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan keputusan impor kereta rel listrik (KRL) bekas dari Jepang akan menunggu hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam 10 hari ke depan.

"Kita pertama audit dulu mengenai kebutuhan kereta api dan aturannya dalam 10 hari ke depan. Setelah itu kita tentukan langkah-langkah yang tadi kita sudah sepakati subjek kepada hasil audit," ujar Luhut usai menggelar rapat koordinasi di kantornya, Senin (6/3).

Pemerintah, sambungnya, juga membuka opsi hybrid dalam pengadaan rangkaian KRL itu yakni impor dan pengadaan dari PT Industri Kereta Api (INKA).

Hal itu juga diamini oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut menghadiri rapat koordinasi itu.

"Dari audit nanti kita lihat mana yang bisa kita retrofit, mana yang harus kita impor, jadi hybrid kebijakannya," ujar Agus.

Rencananya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) ingin mengimpor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru (BMTB) berupa 120 Unit KRL Type E217 untuk kebutuhan 2023 dan 228 Unit KRL Type E217 untuk tahun kebutuhan 2024 dengan Pos Tarif/HS Code 8603.10.00.

Perusahaan sudah meminta surat izin impor dari Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) sejak 13 September 2022. Namun, Kemendag butuh rekomendasi teknis dari Kemenperin untuk memberikan izin impor.

Setelah menunggu empat bulan lamanya, Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin memberi jawaban berisi penolakan impor dengan dalih kebutuhan kereta api bisa dipenuhi oleh PT INKA.

Surat tertanggal 6 Januari 2023 itu menyatakan bahwa rencana impor oleh PT KCI belum dapat ditindaklanjuti dengan pertimbangan pada fokus pemerintah meningkatkan produksi dalam negeri serta substitusi impor melalui Program Peningkatan Pengguna Produk Dalam Negeri (P3DN).

Anak usaha PT KAI itu sejatinya sudah memesan KRL pengganti ke PT INKA sesuai dengan jumlah yang bakal pensiun. Namun, perusahaan pelat merah itu baru sanggup menyediakan gerbong KRL pesanan PT KCI pada 2025 mendatang.

[Gambas:Video CNN]





(fby/sfr)

Versi lengkap novel Jueji

angka jitu digigit ular
Zulhas menerbitkan izin impor untuk kedelai, terigu, gula dan daging untuk mengantisipasi peningkatan permintaan dan kestabilan harga jelang Ramadan.
Zulhas menerbitkan izin impor untuk kedelai, terigu, gula dan daging untuk mengantisipasi peningkatan permintaan dan kestabilan harga jelang Ramadan. (CNN Indonesia/Panji Septo)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) telah menerbitkan izin impor untuk kedelai, terigu, gula dan daging dalam menyambut Ramadantahun ini.

Penerbitan izin impor ini untuk mengantisipasi peningkatan permintaan di saat Ramadan hingga Lebaran, serta menjaga kestabilan harga sembako di dalam negeri.

"(Izin impor) sudah semua (dikeluarkan). Ya semua kan sudah, kedelai, terus terigu, gula, apa lagi ya, daging. Semua sudah siap, mudah-mudahan Insyaallah," kata Zulkifli dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (7/3).

Zulkifli mengatakan pihaknya tengah bekerja keras untuk menjamin pasokan bahan pokok tersedia di saat dua momentum hari besar umat Islam tersebut. Selain jaminan pasokan, harga bahan pangan tersebut pun harus terjangkau masyarakat.

"Ramadan sebentar lagi, kita sedang kerja keras agar persediaan apapun ada lebih banyak. Kita harap masyarakat nggak usah khawatir, segala hal ada, tinggal sekarang harganya harus bisa terjangkau itu yang sedang kita persiapkan," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)

Setan Panah

cara dapat uang di neo+
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menyiapkan lokasi baru Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina dari Plumpang, Jakarta Utara yang terbakar.
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menyiapkan lokasi baru Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina dari Plumpang, Jakarta Utara yang terbakar. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Muhammad Naufal).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menyiapkan lokasi baru Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertaminadari Plumpang, Jakarta Utara yang terbakar.

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ali Mulyono mengungkapkan perusahaan tengah mengerjakan pembangunan lanjutan pada Terminal NewPriok, di mana terdapat area yang diperuntukkan sebagai product terminal. Area tersebut dipertimbangkan sebagai lokasi baru depo Pertamina. Lahan itu akan siap pada 2024.

"Lokasi product terminalyang kami siapkan nantinya terletak tepat di waterfront, sehingga akan memudahkan bongkar muat minyak dan gas dari kapal ke terminal dan sebaliknya," jelas Ali dalam keterangan resmi, Selasa (7/3).

"Pada prinsipnya Pelindo siap mengikuti arahan Pemerintah dan terbuka terhadap opsi pemindahan ke pelabuhan. Untuk selanjutnya, kita akan menunggu pembicaraan lebih lanjut antara Pertamina dan Pelindo" pungkas Ali.

Pasca kebakaran TBBM Plumpang, Pelindo juga telah menurunkan tim tanggap darurat (emergency response team) untuk memenuhi kebutuhan awal warga yang terdampak peristiwa tersebut.

Selain membantu upaya evakuasi di hari pertama, tim tanggap darurat Pelindo Peduli juga mendistribusikan bantuan darurat berupa makanan, obat-obatan, selimut, terpal dan berbagai kebutuhan warga terdampak yang saat ini berada di posko pengungsian.

Depo Pertamina Plumpang terbakar pada Jumat (3/3) sekitar pukul 20.11 WIB. Belasan orang dilaporkan meninggal dunia, serta puluhan mengalami luka bakar.

Tak hanya itu, musibah kebakaran depo merembet hingga ke pemukiman warga sekitar yang menyebabkan ratusan orang harus mengungsi. Belum diketahui secara pasti penyebab dari kebakaran tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Lei Wu

slot gacor mudah menang
IHSG diprediksi melanjutkan penguatan pada Kamis (9/3) ini akibat faktor teknikal.
IHSG diprediksi melanjutkan penguatan pada Kamis (9/3) ini akibat faktor teknikal. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Kamis (9/3) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal indeks saham berpeluang untuk rebound.

"(IHSG) membuka peluang untuk rebounddan memulai pembalikan tren (melemah) selama penutupan harian," ujar Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Senada, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya juga memprediksi IHSG menguat hari ini.

Ia mengatakan rilis data perekonomian mengenai indeks keyakinan konsumen (IKK) Februari 2023 yang dalam kondisi membaik dapat menjadi salah satu faktor penopang pola gerak indeks saham.

"Hal ini seiring dengan mobilitas masyarakat yang berangsur mulai normal juga dapat kembali memberikan gairah terhadap kinerja emiten yang dapat kembali mendapatkan kinerja yang baik," imbuh William.

Bank Indonesia (BI) mencatat IKK Februari 2023 terjaga dalam zona optimis (>100) pada level 122,4. Capaian ini mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat.

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support6.698 dan resistance6.821 hari ini. William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni UNVR, ICBP, GGRM, HMSP, KLBF, BBCA, SMRA, PWON, dan JSMR.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat 9,61 poin atau 0,14 persen ke level 6.776 pada perdagangan Rabu (8/3) kemarin.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp9,42 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 22,93 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Menanyakan Tur Pedang Jianghu

seribu mimpi 66
Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga minyak goreng curah dan kemasan masih tinggi, bahkan menembus Rp18 ribu per liter.
Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga minyak goreng curah dan kemasan masih tinggi, bahkan menembus Rp18 ribu per liter. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga minyak goreng curah dan kemasan masih tinggi, bahkan menembus Rp18 ribu per liter. Tercatat kenaikan sebesar 6,93 persen dari harga eceran tertinggi (HET) sejak Oktober 2022.

"Per 6 Maret 2023 harga rata-rata minyak goreng curah Rp15.048 per liter dan kemasan Rp18.143 per liter. Kenaikan harga telah terjadi sejak Oktober 2022 sebesar 6,93 persen terhadap HET," ujar Sekretaris Utama Bapanas Sarwo Edhy dalam Executive Forum Media Indonesia yang tayang secara virtual, Kamis (9/3).

Sarwo menegaskan pemerintah sudah melaksanakan rapat koordinasi bersama produsen minyak goreng pada 8 Februari 2023. Hasil rapat tersebut adalah menyepakati komitmen penyaluran minyak goreng ke BUMN Pangan sebesar 29 juta ton per bulan sejak April tahun ini demi menjaga stabilitas pasokan dan harga di pasar.

Dengan kebutuhan bulanan 406 ribu ton dan tahunan mencapai 4,8 juta ton, Sarwo menjelaskan neraca minyak goreng tahun ini masih surplus 896 ribu ton, sehingga tidak diperlukan impor.

Di lain sisi, Badan Pusat Statistik (BPS) mewanti-wanti inflasi yang berpotensi melonjak pada Ramadan dan Idulfitri. BPS mengingatkan di momen tersebut harga komoditas berpotensi naik, termasuk minyak goreng hingga daging ayam.

Lihat Juga :
Bank Kripto Raksasa Silvergate Akan Tutup Usai Saham Anjlok 35 Persen

"Berdasarkan tren beberapa tahun terakhir, terlihat inflasi pada Ramadan perlu dikelola dengan mengendalikan harga-harga komoditas yang kemungkinan akan dominan mendorong inflasi, di antaranya bahan bakar rumah tangga, minyak goreng, daging ayam ras, dan beberapa komoditas lainnya," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini dalam konferensi pers, Rabu (1/3).

BPS mencatat inflasi Februari 2023 sebesar 5,47 persen (year on year/yoy). Sedangkan inflasi bulanan terealisasi sebesar 0,16 persen. Inflasi terjadi karena kenaikan berbagai harga bahan pokok hingga biaya transportasi di Tanah Air.

Penyumbang inflasi tahunan terbesar terjadi pada kelompok transportasi sebesar 13,59 persen dengan andil 1,63 persen. Sedangkan penyumbang kedua terbesar inflasi tahunan Februari 2023 adalah makanan, minuman, dan tembakau sebesar 7,23 persen dengan andil inflasi 1,87 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)