petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

gas138 demo

mau cash ilegal 769Jutaan kata 308365Orang-orang telah membaca serialisasi

《gas138 demo》

Cara Daftar Uji Coba Kereta Cepat Jakarta******

Kegiatan uji coba ini akan dilakukan hingga 30 September dengan kuota terbatas yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan Kereta Cepat.
Masyarakat dipersilakan menguji coba kereta cepat dari Jakarta tujuan Bandung dengan cara mendaftar terlebih dahulu. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membuka pendaftaran uji coba operasional kereta cepatsecara gratis bagi masyarakat umum mulai hari ini, Minggu (17/9).

"Kegiatan uji coba operasional ini memberikan kesempatan kepada masyarakat merasakan pengalaman menggunakan kereta api dengan kecepatan tinggi hingga 350 km per jam," General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam rilis resmi, Sabtu (16/9).

Kegiatan uji coba ini akan dilakukan hingga 30 September dengan kuota terbatas yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan Kereta Cepat.

Kemudian pendaftaran tahap 2 dibuka pada 24 September untuk keberangkatan tanggal 25 sampai 30 September 2023.

Eva mengatakan masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan uji coba ini sudah bisa melakukan pendaftaran melalui situs https://ayonaik.kcic.co.id/.

Berikut ketentuan berpartisipasi dalam uji coba kereta cepat.

1. Setelah melakukan pendaftaran, calon penumpang akan mendapatkan email sebagai bukti pendaftaran.

2. Satu pendaftar bisa melakukan pemesanan untuk maksimal dua penumpang.

3. Satu NIK hanya dapat melakukan pemesanan satu kali selama masa uji coba

4. Pemesan wajib mengisi data diri dan memilih jadwal keberangkatan serta menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

5. Perjalanan berlaku pulang pergi dan wajib mengikuti sesuai jadwal KA.

6. Pada hari H perjalanan, calon penumpang wajib melakukan verifikasi kepada petugas KCIC dengan menunjukkan bukti pendaftaran dan kartu identitas.

Lihat Juga :
Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung Libatkan 852 Pekerja China

Selama masa uji coba terbatas, setiap hari KCIC menyediakan empat jadwal perjalanan pulang pergi (PP) sehingga total terdapat delapan perjalanan yang beroperasi.

Dari empat jadwal tersebut, dua diantaranya merupakan keberangkatan Stasiun Halim dan dua lain keberangkatan Stasiun Tegalluar dengan waktu keberangkatan sebagai berikut :
1. Relasi Stasiun Halim - Tegalluar PP : Pukul 09.00 WIb dan 14.00 WIB

2. Relasi Stasiun Tegalluar - Halim PP : Pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB

Untuk memastikan keselamatan penumpang, masyarakat yang ada dalam manifes perjalanan dilindungi oleh asuransi perjalanan.

"Karena itu penting bagi calon penumpang untuk mengisi data diri dengan baik dan benar ketika melakukan pendaftaran," kata Eva.

KCIC juga mengimbau agar calon penumpang memperhatikan jadwal KA Cepat yang dipilih dan datang selambat-lambatnya satu jam sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari antrean.

Bagi calon penumpang yang ingin menuju Stasiun KA Cepat Halim bisa melalui akses jalan DI Panjaitan yang telah dibuka untuk umum.

Lihat Juga :
DPR ke Erick soal Jokowi Ajak Artis Nikmati Kereta Cepat: Kami Kapan?

Sementara itu, untuk masyarakat yang berada di area Bandung, KCIC bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memudahkan masyarakat menjangkau Stasiun Tegalluar.

Salah satunya dengan Damri. KCIC menyediakan delapan armada shuttle yang bisa digunakan masyarakat menuju Stasiun Tegalluar dengan titik keberangkatan Pool Damri Soekarno-Hatta.

Selain Damri, kerjasama juga dilakukan dengan Summarecon yang menyediakan empat unit medium bus hasil kerja sama dengan Blue Bird dengan titik keberangkatan Mall Summarecon.

Kehadiran shuttle ini merupakan salah satu bagian dari integrasi antar moda yang juga akan diterapkan saat KA Cepat sudah beroperasi penuh.

Selain menggunakan shuttle, untuk kendaraan yang akan menuju Stasiun Tegalluar juga dapat melalui exit tol KM 149 arah cileunyi yang beroperasi mulai pukul 07.00 s.d 17.00 WIB.

(isa/mik)

[Gambas:Video CNN]

Gandeng Google, PT KCI Kembangkan Aplikasi Pendeteksi Gerbong Kosong******

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bekerja sama dengan Google Indonesia untuk mengembangkan aplikasi C-Access.
PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bekerja sama dengan Google Indonesia untuk mengembangkan aplikasi C-Access. (CNN Indonesia/ Adi Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Commuter Indonesia(KCI) bekerja sama dengan Google Indonesiauntuk mengembangkan aplikasi C-Access.

Plt Direktur Utama KCI Asdo Artriviyanto menuturkan kerja sama ini dilakukan bertepatan dengan HUT KCI ke-15, Jumat (15/9) ini.

Ia mengatakan lewat aplikasi tersebut kelak penumpang bisa mengecek di mana gerbong KRL yang lowong secara real time. Dengan begitu, penumpang bisa memilih gerbong yang tak terlalu padat. 

Selain itu, lewat aplikasi tersebut para penumpang juga bisa mengetahui mana stasiun yang tak terlalu padat. Dengan begitu, penumpang memiliki opsi untuk memilih berhenti di stasiun yang longgar.

"Dan banyak lagi fitur lainnya. Termasuk live view(di Google Map). Dengan live viewdia (penumpang) bisa mendatangi stasiun dengan mudah," sambung Asdo.

Lihat Juga :
JK Klaim Tak Gusur Warga Saat Kalla Grup Bangun Smelter di Luwu

Ia menuturkan proses pengembangan aplikasi tersebut masih terus berjalan. Asdo menargetkan semua fitur yang dijanjikan tadi bisa dinikmati masyarakat mulai Oktober 2023 mendatang. Ia mengklaim saat ini aplikasi serupa baru ada di Singapura, Jepang, dan Australia.

"Di Asia Pasifik kita yang ke-4, Indonesia," kata Asdo.

Meski demikian, Asdo tak mau merinci berapa nilai investasi dari kerja sama dengan Google tersebut. Ia hanya mengklaim nilainya tidak besar.

"Sebenarnya ini sudah ada fasilitas di antara perusahaan. Jadi tinggal memadukan. Investasi tidak cukup besar," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Kenapa India yang Berpenduduk 1,4 M Jiwa Bisa Ekspor Beras, RI Impor?******

Pengamat menyebut pertanian di India memang lebih baik dibandingkan RI. Karena itu, meski penduduk mereka tembus 1,4 miliar, India tak kekurangan beras.
India meski penduduknya sudah tembus 1,4 miliar jiwa masih mampu mengekspor beras dalam jumlah besar. Itu berbanding terbalik dengan Indonesia. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan heran karena India berpopulasi 1,4 miliar orang, tetapi sanggup surplus 7 juta ton dan menjadi negara pengekspor beras.

Itu berbanding terbalik dengan Indonesia yang berpenduduk 270 juta jiwa tapi masih 'asyik' impor beras.

Karena keheranan itu, ia bertanya langsung pada menteri terkait di India. Pertanyaan ia ajukan saat mendampingi Presiden Joko Widodo di KTT G20 ke-18 pada 9 September-10 September 2023.

Perhatian dilakukan India dengan memberi pupuk gratis kepada para petani. Mereka juga menerapkan penggunaan teknologi canggih di persawahan.

Karena langkah itu, ia mengatakan India bisa dua hingga tiga kali panen beras dalam setahun dengan hasil melimpah.

"Dan itu semua dikerjakan koperasi, bukan konglomerasi. Seperti zamannya Orde Baru Pak Harto (Presiden ke-2 Indonesia Soeharto) dulu. Pupuk koperasi, pabrik beras koperasi, agen beras ya koperasi, semua diatur begitu. Jadi, lingkaran masyarakat kepada masyarakat," tuturnya dalam Diseminasi Perizinan Berusaha di Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga di Harris Vertu Harmoni Hotel, Jakarta Pusat, Senin (11/9).

"Ini yang mesti kita tata karena kita ini memang konglomerasi. Pakan ternak dia, ayam dia, telur dia, semua dia. Ini harus diatur, diperbaiki, tapi pemerintah yang akan datang lah, tidak terkejar kalau sekarang," imbuh pria yang akrab disapa Zulhas itu.

Infografis Data Produksi dan Impor Beras RI 5 Tahun TerakhirInfografis Data Produksi dan Impor Beras RI 5 Tahun Terakhir. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi).

Analis Kebijakan Pangan Syaiful Bahari menyebut swasembada beras India bukanlah hal baru. India memang perkasa dalam memproduksi beras.

Syaiful menyebut keperkasaan India terlihat dari kemampuannya menguasai 40 persen pasar beras global dan mengekspor rata-rata 20 juta ton beras ke 150 negara. Menurutnya, cadangan beras India kini ada 58 juta ton, di mana hasil panen setiap tahunnya menyentuh 160 juta ton.

"Tapi kalau dikatakan India meniru Soeharto sampai swasembada beras, keliru besar. Lagi pula, swasembada zaman Soeharto hanya seumur jagung karena setelah itu Indonesia tetap menjadi negara importir beras," katanya kepada CNNIndonesia.com.

India dan Indonesia pernah menjadi importir beras pada 1960-an. Namun, setelah itu India mereformasi besar-besaran sektor pertaniannya secara lebih terintegrasi dan konsisten ketimbang Indonesia.

Lihat Juga :
Profil Pontjo Sutowo yang Bersengketa Dengan Negara soal Hotel Sultan

Akan tetapi, Syaiful menyebut tidak bisa langsung membandingkan kedua negara yang punya jumlah penduduk dan luas lahan pertanian berbeda. Ia merinci luas lahan pertanian India sekitar 40 juta hektare, sedangkan Indonesia hanya 10,6 juta hektare.

Ia menyebut lahan pertanian India separuhnya kering dengan kemampuan rata-rata memproduksi 4,3 ton gabah kering giling (gkg) per hektare. Lalu, jangka waktu produktivitas tanam-panen India hanya 4 bulan karena mengandalkan musim penghujan.

"Sebenarnya Indonesia jauh lebih beruntung karena meski luas lahan padi hanya 10,6 juta hektare, tetapi bisa panen 2 sampai 3 kali dalam setahun. Tingkat produktivitas panennya rata-rata 6-7 ton gkg per hektare," rinci Syaiful.

Kendati demikian katanya, India konsisten mereformasi pertaniannya. Itulah yang kudu ditiru Indonesia.

Infografis Pergerakan Harga Beras Sepanjang 2023Infografis Pergerakan Harga Beras Sepanjang 2023. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi).

Hal yang bisa dicontoh Indonesia dari India

Syaiful menyebut tulang punggung kemajuan pertanian India berada di riset kuat atas benih dan pupuk. Ada juga riset teknologi pascapanen, seperti dryer, penggilingan padi efisien, serta warehouse modern yang sebagian besar dikelola industri kecil dan menengah di pedesaan.

Selain itu, India getol membangun bendungan, kanal air, dan irigasi modern untuk mencegah banjir dan kekeringan sejak 1970-an.

Sedangkan Indonesia tidak ada langkah yang dilakukan seperti India. Menurutnya, riset benih di Indonesia sangat lemah. Teknologi pascapanennya juga masih terbelakang.

"Terbukti dari banyak bangkrutnya penggilingan padi rakyat karena tidak mampu bersaing dan dari dulu tidak pernah ada perbaikan rendemen gabah ke padi. Sehingga bom waktunya sekarang, di mana produktivitas panen semakin turun," tutur Syaiful.

Lihat Juga :
Bahlil Harap Jokowi Hadiri 'Groundbreaking' Proyek Aguan Cs di IKN

"Terkait pupuk, tidak ada pupuk gratis, baik di India maupun China. Pemerintah mendorong industri-industri pupuk di di daerah sehingga lebih efisien dan harganya terjangkau petani. Sementara, di Indonesia pupuk dimonopoli BUMN. Meski harganya murah, tetapi hanya mampu meng-cover tidak sampai 50 persen jumlah petani yang membutuhkan," sambungnya.

India juga punya sistem cadangan pangan yang tertata dengan baik dan regulasinya jelas. Menurutnya, rata-rata stok cadangan beras India minimal 30 persen dari total kebutuhan konsumsi nasional.

Di lain sisi, cadangan beras pemerintah di Indonesia hanya dipatok 8 persen. Kalau dikonversi dengan kebutuhan nasional, angka itu cuma 480 ribu ton.

Padahal, kebutuhan beras per bulan di tanah air mencapai 2,7 juta ton. Minimnya cadangan beras pada akhirnya menimbulkan krisis.

 

 

Infrastruktur Pengairan RI Tak Seperti India dan China

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:situs slot nikita mirzani

Perbarui waktu:2024-07-08

Daftar bab terbaru
erek erek gabus
situs 138 slot
cara dapat banyak uang
cara agar akun kredivo di acc
cara pinjam shopeepay
v88toto
kumpulan situs slot online terpercaya
buku mimpi 2d 54
pola maxwin starlight
Daftar isi semua bab
Bab 1 rtp slot gacor 69
Bab 2 slot gampang maxwin
Bab 3 jokerslot88
Bab 4 mitra slot88
Bab 5 bomjudi
Bab 6 petir slot login
Bab 7 pinjaman kta syariah online
Bab 8 lucky slot 188
Bab 9 judi indonesia terpercaya
Bab 10 paito 2d hk
Bab 11 situs slot yg resmi
Bab 12 siapa kakek zeus
Bab 13 macam play slot login
Bab 14 mulus slot
Bab 15 bo slot gampang menang
Bab 16 elexistogel
Bab 17 slot168
Bab 18 slot wd 20
Bab 19 slot akun dana gacor
Bab 20 semua gacor
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9252bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Bawa iPad Anda ke dunia lain

seribu mimpi 81
KADIN mengatakan tidak mungkin UMKM dibebankan untuk membeli mist generator untuk atasi polusi udara.
engusaha merespons rencana pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mewajibkan pemilik dan pengelola gedung menerapkan penyemprotan uap air. (CNN Indonesia/Poppy Fadhilah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengusaha merespons rencana pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mewajibkan pemilik dan pengelola gedung menerapkan penyemprotan uap air menggunakan mist generatoruntuk menekan tingkat polusi udara.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani mengatakan pengusaha akan diberatkan jika Pemprov DKI tidak memberikan bantuan melalui Anggaran dan Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Pasalnya pelaku usaha Indonesia saat ini didominasi oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

"Ya iya lah (memberatkan). Ini kita kalau ngomong perusahaan, perusahaan yang mana. Kalau perusahaan besar enggak apa-apa. Kalau kita kan Indonesia ekonomi kita 97 persen UMKM. Beli semua (mist generator) kan enggak mungkin," kata Shinta di sela-sela acara ASEAN Women CEO Forum di Ritz Carlton, Jakarta, Sabtu (2/9).

Shinta mengatakan pengusaha bukan tidak mau mendukung upaya menekan polusi Jakarta. Namun, setiap perusahaan memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Karenanya, kata Shinta, kewajiban membeli mist generator menggunakan biaya sendiri hanya bisa dilakukan untuk perusahaan-perusahaan besar.

"Kita enggak bisa menyamaratakan (semua perusahaan) dan kita enggak bisa mengatakan ini keharusan," kata Shinta.

Pemilik gedung tinggi di Jakarta

Sebelumnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Pemprov DKI berencana meminta pemilik gedung tinggi untuk menyemprotkan uap air dari atas gedung. Menurut KLHK, alat tersebut efektif untuk mengatasi polusi udara Jakarta. 

Alat diimbau untuk dipasang di empat sisi agar efektif.

Pemprov DKI sendiri hingga saat ini belum menentukan gedung-gedung yang wajib memasang alat, dari total 1300 gedung yang memiliki delapan lantai atau lebih.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan tak akan memberikan bantuan anggaran daerah terkait pembiayaan mist generatordi gedung perusahaan swasta untuk menekan tingkat polusi udara di Ibu Kota.

Ia menyebut pembiayaan alat tersebut akan ditanggung oleh perusahaan masing-masing. Terlebih, menurutnya, harga alat itu masih relatif terjangkau.

"Enggak ada (bantuan anggaran), ya beli masing-masing. Itu tidak terlalu mahal kok," ujar Heru di Astra Tower, Jakarta, Selasa (29/8).

Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid sempat merespons rencana Pemrov DKI Jakarta tersebut. Ia mengatakan upaya menekan tingkat polusi udara harus didukung oleh berbagai pihak, termasuk pengusaha.

Arjsad mengatakan pengusaha adalah bagian dari masyarakat yang harus peduli terhadap lingkungan. Maka dari itu pengusaha mendukung upaya menekan tingkat polusi, tetapi harus dengan cara yang terbaik.

"Kami mendukung upayanya tinggal mencari mana yang terbaik. Saya rasa semua pengusaha merupakan bagian dari masyarakat dan siap menjadi agen mengurangi polusi udara," kata Arsjad.

(fby/vws)

[Gambas:Video CNN]

Dokter ajaib bereinkarnasi sebagai selir

link sering maxwin
Norges Bank Investment Management (NBIM), yang mengoperasikan dana kekayaan negara terbesar di dunia, tengah menutup kantor cabangnya di Shanghai, China.
Norges Bank Investment Management (NBIM), yang mengoperasikan dana kekayaan negara terbesar di dunia, tengah menutup kantor cabangnya di Shanghai, China. (Getty Images/martinrlee).
Jakarta, CNN Indonesia--

Norges Bank Investment Management (NBIM), yang mengoperasikan dana kekayaan negara terbesar di dunia, tengah menutup kantor cabangnya di Shanghai, China.

Kantor cabang tersebut memiliki delapan orang karyawan.

Ini adalah tanda perusahaan-perusahaan besar global semakin mengurangi operasinya di ekonomi terbesar kedua di dunia ini.

Hingga akhir 2022, mereka memiliki saham senilai sekitar US miliar dalam sekitar 850 perusahaan China. Investasi tersebut akan dikelola di masa depan dari pusat Asia mereka di Singapura, demikian pernyataannya.

"Keputusan untuk menutup kantor Shanghai didasarkan pada pertimbangan operasional dan tidak mempengaruhi investasi atau strategi investasi NBIM di China," kata NBIM dalam pernyataan pada Kamis.

Selain NBIM, Ontario Teachers' Pension Plan, salah satu dana pensiun terbesar di dunia, juga menutup tim investasi ekuitas China berbasis Hong Kong pada awal tahun ini.

Lihat Juga :
Bos IMF: Saya Hormat ke Ibu Sri Mulyani

Perusahaan tersebut tidak lagi akan memiliki tim pemilihan saham berbasis negara di Asia.

Forrester Research, perusahaan riset dan konsultasi fokus teknologi asal Amerika Serikat, juga berencana untuk memangkas sebagian besar analis China mereka sekitar waktu yang sama.

Saat ini, ekonomi China sedang dalam masalah. Pasar properti nyaris merosot dan bisa memicu krisis utang yang lebih besar.

Orang muda kesulitan menghadapi pengangguran rekor. Rumah tangga dan bisnis kehilangan keyakinan terhadap masa depan negara ini dan semakin enggan untuk belanja atau berinvestasi.

Tindakan keras Beijing terhadap perusahaan-perusahaan barat terkait kekhawatiran keamanan nasional juga telah membuat perusahaan-perusahaan asing khawatir.



Perusahaan konsultasi telah digeledah oleh polisi, dan undang-undang spionase yang sudah luas dalam cakupannya diperluas pada April untuk mencakup berbagai aktivitas yang lebih luas.

NBIM mendirikan kantor Shanghai pada November 2007, setahun setelah regulator China memberikan lisensi kepada dana kekayaan negara Norwegia untuk berdagang langsung di bursa saham daratan China. Itu adalah kantor Asia pertama perusahaan tersebut.

Perusahaan yang merupakan divisi manajemen investasi dari bank sentral Norwegia mengatakan bahwa mereka sedang dalam proses memindahkan fungsi operasional wilayah Asia ke Singapura. Kantor tersebut dibuka pada 2010, tiga tahun setelah Shanghai.

"Pada bertahun-tahun, kantor Singapura kami semakin berfungsi sebagai pusat seluruh wilayah Asia dan telah dikembangkan untuk mengurus semua fungsi operasional, termasuk untuk China," kata perusahaan tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)

Menanyakan Tur Pedang Jianghu

slotvigor
Bunda lagi cari mainan untuk buah hati atau untuk kado? Belinya di Transmart Full Day Sale aja ya, mumpung ada diskon 50%+20%.
Bunda lagi cari mainan anak untuk buah hati atau untuk kado? Belinya di Transmart Full Day Sale aja, mumpung ada diskon 50%+20% (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bunda lagi cari mainan untuk buah hati atau untuk kado? Belinya di Transmart Full Day Sale aja ya, mumpung ada diskon sampai 50 persen.

Apalagi kalau bayarnya pakai Allo Prime, Allo Pay later, kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah ada ekstra diskon 20 persen.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale Obral Spring Bed 'Sultan' Rp7,2 Juta
  • Turning Mecard, Bite Choicar Toys diskon hingga 40 persen dan tambahan diskon 20 persen pakai Allo Prime, Allo Pay later, kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah.
  • Cocomelon, Jada Toys diskon hingga 50 persen dan tambahan diskon pakai Allo Prime, Allo Pay later, kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah

Langsung aja unduh aplikasi Allo Bank di App Store atau Google Play Store. Prosesnya dijamin cepat sehingga bisa langsung dipakai untuk transaksi di Transmart Full Day Sale: September Ceria.

Selain mainan anak, ada juga baju dan sandal anak, bahan pangan, kebutuhan rumah tangga, elektronik, furnitur, sampai sepeda listrik yang didiskon.

Kapan lagi belanja banyak diskonnya kalau enggak di Transmart Full Day Sale. Mumpung masih ada waktu, segera ke gerai Transmart terdekat!

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank ya Bun, biar bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Petualangan dimulai dari reruntuhan Kota Raksasa

slot gacor oktober 2023
Menteri ESDM Arifin Tasrif membantah pemerintah bakal mensubsidi pertamax demi mengurangi polusi di Jakarta yang memburuk akhir-akhir ini.
Menteri ESDM Arifin Tasrif membantah pemerintah bakal mensubsidi pertamax demi mengurangi polusi di Jakarta yang memburuk akhir-akhir ini. ( Brook Mitchell/Pool via REUTERS/File Photo).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif membantah pemerintah bakal mensubsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) pertamax demi mengurangi polusidi Jakarta yang memburuk akhir-akhir ini.

Arifin bahkan menyebut tak ada pembahasan mengenai pemberian subsidi pertamax. Ia menyatakan isu tersebut tidak benar.

"Tidak ada wacana itu (subsidi pertamax), yang karang-karang siapa?" ujarnya usai di Komplek Istana Negara, Senin (28/8).

"Kan nggak ada subsidi pertamax. Kan udah dibilangin. Pertamax emang disubsidi ? tidak kan," jelasnya.

Namun, ia mengakui memang ada pembahasan mengenai BBM ramah lingkungan yang perlu didorong penggunaannya di saat seperti ini. Namun, pembahasan tidak pernah soal subsidi pertamax.

"Ini masalah BBM ini banyak contohnya BBM yang memang tingkat polutannya bersih segala macem. kita masih memang memakai BBM yang memang (hasilkan polusi). Tapi intinya gimana ini bisa mengurangi polusi dari transportasi. Nggak ada pembahasan mengenai subsidi pertamax," pungkasnya.

Kabar pemerintah sedang mengkaji pemberian subsidi untuk pertamax demi mengatasi polusi udara belakangan ini diungkap Sekretaris Jenderal kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana.

Hal ini dilakukan agar masyarakat beralih ke bahan bakar beroktan tinggi yang dapat membantu menekan polusi. Pertamax sendiri merupakan BBM beroktan (RON) 92.

"Itu (pemberian subsidi untuk Pertamax) termasuk yang sedang dibahas. Kita lagi bahas, lagi lihat secara teknis maupun secara regulasi dan secara keekonomian karena kan berbeda. Jadi nanti segara akan ada dari Pak Menteri (Arifin Tasrif) tapi kami masih bahas di internal," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana saat ditemui di sela acara pembukaan 41st ASEAN Ministers on Energy Meeting (AMEM), Nusa Dua, Bali, seperti dikutip CNBC Indonesia pada Kamis (24/8).

[Gambas:Video CNN]



(dhf/ldy)

Menantu paling kaya, Lu Feng

cara pasang toto
Badan Pengusahaan (BP) Batam akan memprioritaskan merelokasi empat perkampungan adat di Rempang, Kepulauan Riau ke Dapur 3 Sijantung.
Badan Pengusahaan (BP) Batam akan memprioritaskan merelokasi empat perkampungan adat di Rempang, Kepulauan Riau ke Dapur 3 Sijantung. (Tangkapan layar web bpbatam.go.id).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pengusahaan (BP) Batam akan memprioritaskan merelokasi empat perkampungan adat di Rempang, Kepulauan Riau ke Dapur 3 Sijantung.

"Ada empat kampung yang akan kita selesaikan dulu. Empat kampung ini akan kita dahulukan pindah ke tempat baru, hijrah ke Dapur 3," kata Kepala BP Batam Muhammad Rudi di Kompleks Parlemen, Jakarta Selatan, Rabu (13/9).

Rudi mengatakan bahwa jarak dari kampung ke area relokasi yang baru kurang lebih 6-7 kilometer. Ia mengatakan jembatan akses ke Dapur 3 juga akan dibangun.

Sebelumnya, bentrok warga dan aparat terjadi saat BP Batam berencana melakukan pengukuran dan mematok lahan yang akan digunakan untuk investasi di Pulau Rempang dan Galang.

Ribuan rumah warga yang terkena proyek strategis nasional itu rencananya akan direlokasi ke sebuah lokasi di Sijantung. Namun, warga setempat masih keberatan atas rencana tersebut.

Bentrokan tidak dapat dihindari ketika polisi berusaha menerobos barikade warga. Aparat membawa water canon dan gas air mata untuk membubarkan massa. Sementara massa mencoba melawan dengan melempari aparat menggunakan batu.

[Gambas:Video CNN]



(skt/del)

Faun

katsu5
Harga beras di Sumatera Utara (Sumut) mengalami lonjakan dalam beberapa hari terakhir.
Harga beras di Sumatera Utara (Sumut) mengalami lonjakan dalam beberapa hari terakhir. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Medan, CNN Indonesia--

Harga beras di Sumatera Utara (Sumut) mengalami lonjakan dalam beberapa hari terakhir. 

Dari data Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Pemprov Sumut, harga beras di pasaran pada September 2023 sebesar Rp12.757. Harga itu naik 1,82 persen dibanding Agustus yang Rp12.529.

Untuk beras premium di September rata-rata harganya Rp14.533, meningkat 4,27 persen dibandingkan Agustus yang  Rp13.983.

Pada bagian produksi, Pemprov Sumut meningkatkan lahan pertanian, ketersediaan pupuk, bibit dan kebutuhan lainnya. Langkah ini, membutuhkan kerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota.

"Untuk distribusi, salah satu langkah yang diambil adalah memberikan subsidi bahan bakar kepada operator angkut beras dan mempersingkat rantai distribusinya. Sedangkan pada bagian konsumsi, Pemprov Sumut bersama Bank Indonesia, Bulog serta stakeholderterkait akan melakukan operasi pasar efektif," jelasnya.

Dia menyebutkan untuk perluasan lahan, Pemprov Sumut menargetkan 45 ribu Ha. Perluasan juga untuk mengantisipasi dampak el Nino. Dari target itu, saat ini yang sudah terverifikasi seluas 36 ribu Ha.

"Kemudian mempersingkat distribusi serta operasi pasar yang langsung ke titik yang ditentukan, misalnya ke kompleks perumahan, pemukiman dan lainnya agar lebih efektif, dan Bulog juga menjalankan program bantuan pangan 10 Kg per KK per bulan ," ungkap Agus Tripriyono.

Sampai saat ini, Agus Tripriyono memastikan stok beras di Sumut dalam keadaan surplus. Berdasarkan data BPS tahun 2022, konsumsi beras Sumut sebesar 155.517 ton/bulan.

Sedangkan produksinya sekitar 206.552 ton per bulan dan ketersediaannya mencukupi hingga akhir 2023. Bahkan laporan Dinas Ketahanan Pangan Sumut bulan Agustus stok beras surplus 321.546 ton.

"Kalau stok kita aman, belum lagi stoknya Bulog yang mencapai 45.377 ton dan mereka sudah mengajukan penambahan dan dampak el Nino di kita masih moderat, ada dugaan ini sentimen karena el Nino, perang Rusia-Ukraina, India yang menghentikan ekspor beras, ini dimanfaatkan spekulan," urai Agus Tripriyono.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut IGP Wira Kusuma mengatakan beras memberikan andil besar untuk inflasi di lima kota Indeks Harga Konsumen (IHK) Sumut. Beras selalu berada di tiga besar penyumbang inflasi di IHK (Medan, Padangsidimpuan, Sibolga, Gunungsitoli dan Pematangsiantar).

"Di semua kota IHK beras paling besar andilnya (untuk inflasi), jadi itu perlu jadi perhatian kita semua, berbeda dengan historisnya yang relatif flat, pengaruh dari sentimen juga berperan di sini misalnya el Nino yang memberikan risiko secara nasional, negara eksportir beras juga membatasi ekspornya, itu menyebabkan harga meningkat dan membentuk sentimen, kita harus antisipasi hal tersebut," ujar IGP Wira Kusuma. 

[Gambas:Video CNN]



(fnr/agt)