petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bolahiu

slot yang lagi viral 931Jutaan kata 464277Orang-orang telah membaca serialisasi

《bolahiu》

Basuki Tak Mau Dipanggil 'Aparat' di Usia 80 Tahun Gegara Korupsi Tol******

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mewanti-wanti jajarannya agar jangan sampai ada kasus korupsi di proyek tol dan terseret kasus di kemudian hari.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mewanti-wanti jajarannya agar jangan sampai ada kasus korupsi di proyek tol dan terseret kasus di kemudian hari. (CNN Indonesia/Feri Agus Setiawan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mewanti-wanti jajarannya agar jangan sampai ada kasus korupsi di proyek tol dan terseret kasus di kemudian hari.

Pesan itu disampaikan Basuki saat memberikan sambutan dalam Perjanjian Penjaminan dan Perjanjian Regres Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami.

Ia berpesan jangan sampai ada mark upharga dalam proses pengadaan hingga korupsi dana dari setiap proyek jalan tol di Indonesia.

"Kita selalu perbaiki supaya tidak terjadi hal-hal yang menyusahkan kita di kemudian hari. Itu tentang tata kelola, harus kita perbaiki. Saya mengajak semua untuk memperbaiki tata kelola ini. Semua pasti telah mendengarkan rumor-rumor di jalan tol ini. Saya tidak ingin itu terjadi terus, saya akan coba (perbaiki)," imbuh Basuki.

Salah satu cara yang diterapkan Basuki untuk memperbaiki tata kelola ini adalah memperketat aturan soal pengadaan. Ia menyebut sudah menyepakati ketentuan baru terkait pengadaan barang dan jasa proyek jalan tol dalam rapat internal Kementerian PUPR.

Ia bakal menambahkan mekanisme anyar, di mana penentuan harga perkiraan sendiri (HPS) harus disetujui dulu oleh Kementerian PUPR. Setelah itu, baru pengadaan barang dan jasa bisa dilakukan.

Berdasarkan keterangan di situs Kementerian PUPR, HPS adalah harga barang dan jasa yang dikalkulasikan secara keahlian dan berdasarkan data yang dapat dipertanggungjawabkan. Sedangkan nilai total HPS merupakan hasil perhitungan seluruh volume pekerjaan dikalikan dengan harga satuan ditambah seluruh beban pajak dan keuntungan.

Lihat Juga :
ANALISISMenguak Curiga Ahok dan Dugaan Modus Bos Parpol Makan Subsidi LPG 3 Kg

"Harus kami approvedulu baru bapak boleh melakukan procurement karena sudah diindikasikan oleh eksternal ada hal-hal yang kurang baik di dalam ini," ungkap Basuki.

"Nanti kalau sudah, misalnya bapak mau ruang tertentu untuk dilelangkan, bapak ajukan dulu. Bagaimana investasinya, kami value engineering. Kemudian nanti kami sudah oke, baru bapak silakan melakukan procurement. Karena yang melakukan procurementpasti anggota Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sendiri. Ini yang ditengarai adasomethingdi sini," tambahnya.

Di lain sisi, Basuki menyebut jalan tol yang ada di tanah air belum ada apa-apanya. Ia mengatakan Indonesia masih harus mengejar ketertinggalan jika ingin mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Teranyar, Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami sepanjang 21,6 km akan dibangun dengan biaya investasi Rp21,26 triliun dan masa konsesi 45 tahun terhitung sejak penerbitan surat perintah mulai kerja (SPMK). Jalan tol ini akan dibangun dengan struktur full elevated di atas JORR eksisting dengan jumlah lajur 2x2 selebar 3,5 meter.

Lihat Juga :
Jokowi Dapat 'Oleh-oleh' Rp197,4 T dari China

"Walaupun jalan tol di Indonesia yang saat ini sudah ada 71 ruas atau sekitar 2.800 km, kelihatannya sudah banyak, tapi itu semua belum apa-apa. Itu semua dalam rangka kita mengejar ketertinggalan menuju Indonesia maju pada 2045. Sudah tinggal sekitar 20 tahun lagi hingga 2045, pasti kita membutuhkan konektivitas yang lebih baik lagi," tandasnya.

Terlepas dari itu, belakangan proyek Tol Jakarta Cikampek II (Japek) elevated alias Tol MBZ menjadi perbincangan. Kejaksaan Agung menangkap 5 tersangka dalam dugaan kasus korupsi proyek ini.

Mereka adalah Ibnu Noval (IBN) sebagai pensiunan BUMN yang pernah menjabat Kepala Divisi 5 PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Djoko Dwijono (DD) selaku Dirut PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) periode 2016-2020, YM selaku Ketua Panitia Lelang JJC, TBS selaku tenaga ahli Jembatan PTLGC, dan Direktur Operasional PT Bukaka Teknik Utama Tbk Sofiah Balfas.

Kasus ini merupakan dugaan tindak pidana korupsi pada pekerjaan Tol MBZ ruas Cikunir-Karawang Barat, termasuk on/off ramp pada Simpang Susun Cikunir dan Karawang Barat. Nilai kontrak proyek ini mencapai Rp13,5 triliun.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi menyebut penyidik menemukan bukti dugaan tersangka menggunakan perannya untuk melakukan pemufakatan jahat, yakni mengatur dan mengubah spesifikasi barang terkait proyek Tol MBZ tersebut.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ikut merespons penetapan tersangka dalam proyek dugaan korupsi Tol MBZ. Menurutnya, ini adalah bukti dari bersih-bersih.

"Ya bagus kan kalau memang bersih-bersih BUMN ini terbukti bahwa banyak pihak yang memang korup atau oknum itu bisa diselesaikan dari hasil kerja sama kita dan Kejaksaan," ujarnya di Kompleks DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (14/9).

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

BUMN Raup Laba Bersih Rp183,9 T pada Semester I 2023******

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan laba bersih perusahaan pelat merah mencapai Rp183,9 triliun pada semester I 2023.
Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan laba bersih perusahaan pelat merah mencapai Rp183,9 triliun pada semester I 2023. ( CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohirmengungkapkan laba bersihperusahaan pelat merah mencapai Rp183,9 triliun pada semester I 2023.

Angka tersebut naik 12,9 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Erick menyebut laba bersih tersebut bersumber dari peningkatan pendapatan usaha BUMN sebesar Rp1.389 triliun atau naik 2,2 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya.

"Seiring dengan pemulihan ekonomi, kinerja BUMN juga terus meningkat secara signifikan," kata Erick melalui keterangan resmi, Selasa (24/10).

Ia menuturkan kinerja laba bersih BUMN pun terus tumbuh. Pada 2022, laba mencapai Rp309 triliun atau naik 147,8 persen dari 2021. Erick mengatakan capaian tersebut merupakan capaian tertinggi di sepanjang 2019 hingga 2022.

Pada 2019, laba bersih BUMN tercatat sebesar Rp124,99 triliun. Sedangkan pada 2020, laba menurun akibat pandemi menjadi Rp13,29 triliun.

Erick menuturkan pada 2021 BUMN kembali bangkit seiring dengan mulai bangkitnya perekonomian Indonesia sehingga mampu membukukan laba bersih sebesar Rp124,71 triliun.

[Gambas:Video CNN]

Lebih lanjut, Erick mengatakan berbagai aktivitas bisnis yang positif mengantarkan perolehan ekuitas seluruh BUMN ke angka Rp3.101 triliun pada 2022. Angka itu tumbuh 11,6 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya, yakni Rp2.778 triliun.

"Mayoritas BUMN juga sudah jauh meninggalkan zona dominasi utang dalam pengelolaan keuangannya, atau sehat. BUMN telah menurunkan tingkat utang dibanding investasi tertanam dari 36,2 persen pada 2021, menjadi 34,9 persen pada 2022," ungkap Erick.

Lihat Juga :
Melihat Pajak Mobil Alphard yang Sering Dipakai Prabowo

Raihan tersebut, ujar Erick, membuat BUMN tangguh dengan aset yang tumbuh dari Rp8.978 triliun pada 2021 menjadi Rp9.789 triliun pada 2022.

"Sekarang, BUMN semakin sehat, tangguh, dan kompetitif. Di semester pertama tahun 2023 ini, aset kami Rp9.842 triliun naik 3,9 persen year on year," kata Erick.

Atas dasar itu semua, Erick optimis BUMN mampu menyetorkan dividen Rp80,6 triliun. Angka ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp80,2 triliun.

Erick mengatakan jika hal itu tercapai maka setoran dividen 2023 akan menjadi yang terbesar sepanjang sejarah Kementerian BUMN.

(mrh/agt)

Daftar Diskon Elektronik dari TV sampai Kulkas di Transmart Hari Ini******

Dalam gelaran Full Day Sale kali ini, berbagai produk elektronik banting harga. Berikut daftar produk elektornik yang diskon di Transmart Full Day Sale.
Daftar produk elektornik yang diskon di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (19/11). CNN Indonesia/Farras Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart kembali menggelar pesta diskon seharian bertajuk Full Day Sale hari ini, Minggu (19/11) di seluruh gerai se-Indonesia.

Ada diskon 50% plus 20% menanti para pengunjung yang berlaku untuk berbagai macam produk, mulai dari buah, keperluan rumah tangga, furnitur, elektronik, hingga sepeda listrik.

Lihat Juga :
Belanja Sekarang Pakai Bank Mega Langsung Diskon 20%

Berikut daftar produk elektronik yang diskon di Transmart Full Day Sale.

  • LED TV 50" UHD Smart UA50CU8000K diskon jadi Rp5.519.200, dari harga normal mulai Rp8.409.000 (berlaku nasional).
  • LED TV 65" UHD Smart diskon jadi Rp7.679.200, dari harga normal mulai Rp11.209.000 (berlaku nasional).
  • AC Split 1/2 PK diskon jadi Rp2.699.200, dari harga normal mulai Rp4.199.000, termasuk bonus pipa dan instalasi standar (berlaku wilayah Jawa, Bali, dan Lampung).
  • AC Split 1/2 PK diskon jadi Rp2.799.200, dari harga normal mulai Rp3.899.000, termasuk bonus pipa dan instalasi standar (berlaku wilayah luar Jawa, Bali, dan Lampung).
  • Kulkas Side by Side 472 L Rp8.799.200 dari harga normal Rp12.049.000 (berlaku wilayah Jawa, Bali, dan Lampung).
  • Kulkas Side by Side 472 L diskon jadi Rp9.239.200 dari harga normal Rp 12.649.000 (berlaku wilayah luar Jawa, Bali, dan Lampung).

Potongan harga tersebut bisa diperoleh dengan transaksi menggunakan Allo Prime, Allo Paylater, Kartu Kredit Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

Khusus produk elektronik seperti TV, AC, dan kulkas, ada maksimal pembelian 2 pcs per kategori, sementara untuk small appliance seperti setrika, rice cooker, dan lain-lain dapat dibeli tanpa pembatasan.

Tentunya belanja makin murah dengan diskon tambahan 20 persen menggunakan Allo Prime, Allo Paylater, Kartu Kredit Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

Jika belum punya Kartu Kredit Bank Mega, tak perlu khawatir. Ada unit pembukaan instan di booth yang tersedia di gerai Transmart.

Sementara untuk yang belum punya Allo Prime, cukup download aplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore dan upgrade akun ke Allo Prime.

Jadi tunggu apa lagi? Segera merapat ke Transmart terdekat untuk menikmati diskon melimpah di gelaran Full Day Sale hari ini.

Gif banner Allo Bank
(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:paito carolina day angkanet

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
pg soft demo mahjong ways 2
maxwin 78 slot
via4d
pinjol easy cash legal atau ilegal
slot online aman dan terpercaya
link slot mudah menang
pas77
gudang toto slot
situs slot yg paling gacor
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs jp hari ini
Bab 2 bdslot88
Bab 3 duniabet99
Bab 4 kode alam melahirkan
Bab 5 cnnslots
Bab 6 maxbet88
Bab 7 langkahcurang
Bab 8 angka kodok 2d
Bab 9 slot hari ini yang lagi gacor
Bab 10 99macan slot
Bab 11 minggu slot
Bab 12 situs slot lagi gacor
Bab 13 piala888
Bab 14 gacor online
Bab 15 bigo88
Bab 16 slot new member 100 di awal
Bab 17 mpo99bet
Bab 18 situs terpercaya slot online
Bab 19 rtp pusat4d
Bab 20 slot gacor sekarang
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7236bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Kronik Aslan: Kesulitan

pijar4d
Pesta diskon seharian Transmart hadir lagi hari ini (5/11) dengan diskon yang nggak kalah heboh lho dari sebelum-sebelumnya.
Pesta diskon seharian Transmart hadir lagi hari ini (5/11) dengan diskon yang nggak kalah heboh lho dari sebelum-sebelumnya. (CNN Indonesia/ Khaira Ummah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kabar gembira buat seluruh masyarakat Indonesia! Transmart Full Day Sale hadir lagi hari ini (5/11) dengan diskon yang nggak kalah heboh lho dari sebelum-sebelumnya.

Transmart kasih diskon hingga 50% + 20% untuk berbagai macam produknya. Pesta diskon ini berlaku mulai dari jam buka sampai jam tutup toko pukul 22.00 waktu setempat!

Lihat Juga :
Kalap, Pengunjung Borong 3 Sepeda Listrik di Transmart Full Day Sale

Bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega, bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di sejumlah gerai Transmart.

Jika Anda belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal download saja aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Yuk, serbu Transmart Full Day Sale hari ini, mumpung ada diskon sampai 50% + 20%! Diskon digelar secara serentak sehari penuh di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank ya supaya bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Gif banner Allo Bank
(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

zaman prasejarah yang tak terbatas

miminbet
Bapanas menaikkan harga gula di toko ritel modern menjadi Rp16 ribu hingga Rp17 ribu per kg.
Bapanas menaikkan harga gula di toko ritel modern menjadi Rp16 ribu hingga Rp17 ribu per kg. (ANTARA FOTO/FAUZAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pangan Nasional (Bapanas) menaikkan harga guladi toko ritel alias pengecer menjadi Rp16 ribu hingga Rp17 ribu per kg.

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas I Gusti Ketut Astawa mengatakan kenaikan dilakukan di tengah fenomena El Nino yang mengerek harga gula internasional. Ia berharap kebijakan ini bisa menjaga stabilitas pasokan dan harga di dalam negeri.

"Berdasarkan hasil input tersebut, kami mengimbau kepada seluruh pelaku usaha ritel untuk dapat mengimplementasikan relaksasi harga dimaksud," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (9/11

Bapanas memprediksi produksi gula turun imbas El Nino dari estimasi awal 2,6 juta ton menjadi 2,3 juta ton. Di lain sisi, Ketut mengatakan realisasi impor gula kristal mentah (GKM) baru 180 ribu ton atau 22,61 persen dan gula kristal putih (GKP) 126.941 ton alias 58,82 persen.

Ia mengungkap beberapa perusahaan yang punya kuota impor GKM belum merealisasikannya. Pada akhirnya, harga gula internasional yang tinggi membuat penjualan sesuai harga acuan pembelian (HAP) di tingkat konsumen sulit dilakukan.

HAP gula diatur dalam Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) Nomor 17 Tahun 2023 yang menyebut HAP gula konsumsi di level produsen sebesar Rp12.500 per kg dan di tingkat konsumen Rp14.500 per kg. Sedangkan khusus wilayah Indonesia Timur dan daerah 3TP dipatok Rp15.500 per kg.

"Jadi selain optimalisasi penyerapan dalam negeri dan percepatan importasi, diusulkan adanya fleksibilitas harga penjualan di tingkat konsumen. Ke depan, pelaku usaha ritel bisa menjual gula konsumsi dengan harga Rp16 ribu per kg," tandasnya.

Sementara itu, Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS Nasional) mencatat harga gula pasir lokal di pasar modern masih Rp14.950 per kg. Sedangkan gula pasir kualitas premium dihargai Rp15.600 per kg.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Mati di Siang Hari

label138
Transmart Full Day Sale balik lagi hari ini, Minggu (12/11) kasih diskon gede-gedean. Produk dining set turun harga sampai Rp2 jutaan.
Transmart Full Day Sale balik lagi hari ini, Minggu (12/11) kasih diskon gede-gedean. Dining set turun harga sampai Rp2 jutaan (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Lagi cari meja dan kursi makan yang harganya murah meriah? Beli aja di Transmart hari ini, Minggu (12/11). Soalnya Transmart Full Day Sale balik lagi nih kasih diskon gede-gedean!

Pelanggan setia Transmart bisa beli berbagai kebutuhan dengan diskon 50 persen! Selain ada banyak produk terpilih yang didiskon, ada juga dining setyang lagi diskon sampai Rp2 jutaan.

Lihat Juga :
Belanja di Transmart Sekarang Pakai Allo PayLater, Bayarnya Bisa Nanti

Ada Hawthorne Dining Set 4+1 harga diskon Rp2.719.200 dari harga normal Rp4.198.000 per set. Hemat sampai Rp2.018.800. Harga berlaku di Pulau Jawa.

Untuk di luar Pulau Jawa, Hawthorne Dinning Set 4+1 harga diskon Rp2.879.200 dari harga normal Rp4.399.000 per set. Hemat sampai Rp1.519.800.

Murah-murah banget kan? Jangan sampai lewatkan kesempatan ini ya. Langsung aja kunjungi gerai Transmart terdekat sekarang juga.

Pesta diskon ini digelar mulai jam operasional toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat di masing-masing gerai di seluruh Indonesia.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik. Selamat belanja!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Shenglongxu

link slot tergacor malam ini
PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan jalur Sentolo-Wates sudah normal kembali usai sempat terganggu imbas anjlok KA Argo Semeru.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan jalur Sentolo-Wates sudah normal kembali usai sempat terganggu imbas anjlok KA Argo Semeru. (Arsip Istimewa).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta ApiIndonesia (Persero) memastikan jalur Sentolo-Wates sudah normal kembali usai sempat terganggu imbas anjlok KA Argo Semeru.

KAI mengklaim jalur antara Stasiun Sentolo hingga Stasiun Wates sudah pulih sejak Rabu (18/10) malam pukul 23.25 WIB. Dengan begitu, perjalanan kereta api kini sudah berangsur normal.

Kini, hanya tersisa 3 keterlambatan keberangkatan kereta api jarak jauh (KAJJ). Ada satu keberangkatan dari Stasiun Gambir dan dua sisanya di Stasiun Pasar Senen.

Sementara itu, KAI masih menghitung berapa potensi kerugian imbas musibah ini. Mereka juga berkomitmen mengevaluasi jajaran kepala daerah operasi dan divisi regional imbas anjlok KA Argo Semeru.

Evaluasi dilakukan demi meningkatkan keselamatan penumpang ke depan. KAI berjanji untuk tetap fokus menjaga keselamatan dan pelayanan kepada seluruh pelanggannya.

"Terkait penyebab anjloknya KA 17 Argo Semeru, KAI telah berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Kementerian Perhubungan untuk menginvestigasi kejadian ini," tutur Agus.

Pada Selasa pukul 13.15 WIB lalu, KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir anjlok. Lalu, KA Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng mengalami gangguan perjalanan di KM 520 +4, tepatnya di petak jalan Stasiun Sentolo-Stasiun Wates.

Berikut daftar 3 keberangkatan KA yang masih terganggu:

1. KA 52 (Argo Parahyangan) berangkat Stasiun Gambir pukul 08.15 WIB, lambat 50 menit
2. KA 88 (Fajar Utama Solo) berangkat Stasiun Pasar Senen pukul 06.35 WIB, lambat 50 menit
3. KA 222 (Jaka Tingkir) estimasi berangkat Stasiun Pasar Senen pukul 13.40 WIB, lambat 100 menit

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Undian amplop merah langsung

daftar buku mimpi
UMP Sulawesi Tenggara (Sulteng) 2024 resmi naik 4,6 persen atau sekitar Rp126 ribu menjadi Rp2.885.964.
UMP Sulawesi Tenggara (Sultra) 2024 resmi naik 4,6 persen atau sekitar Rp126 ribu menjadi Rp2.885.964. (CNN Indonesia/Adi Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia--

Upah minimum pekerja (UMPSulawesi Tenggara (Sultra) 2024 resmi naik 4,6 persen menjadi Rp2.885.964.

Jumlahnya naik Rp126 ribu dibandingkan UMP tahun lalu, yakni Rp2.758.984.

"Jadi, kenaikan UMP Sulawesi Tenggara tahun 2024 ini sebesar Rp126.979,50 sen," kata Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, dikutip Antara, Selasa (21/11).

Ia menambahkan keputusan gubernur mengenai penetapan UMP ini berlaku mulai 1 Januari 2024.

Berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan, imbuh Andap, perusahaan tidak boleh memberikan upah lebih rendah dari ketentuan upah minimum provinsi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra LM Ali Haswandy menjelaskan penghitungan UMP mengacu pada formula yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan PP 36/2021 tentang Pengupahan.

Ali menyampaikan baru tiga dari 17 kabupaten/kota di Sultra yang sudah mempunyai upah minimum kabupaten/kota, yakni Kendari, Kolaka, dan Konawe Utara.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)

Keturunan langsung dari masa sulit

erek kamar mandi
Menaker Ida Fauziyah dipanggil Komisi IX DPR RI, Selasa (14/11) ini membahas angkatan kerja lulusan SMK hingga loker di proyek PSN.
Menaker Ida Fauziyah dipanggil Komisi IX DPR RI, Selasa (14/11) ini membahas angkatan kerja lulusan SMK hingga loker di proyek PSN. (Foto: Dok. Kemnaker)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri KetenagakerjaanIda Fauziyahbeserta jajaran dipanggil Komisi IX DPRRI, Selasa (14/11) ini. Pemanggilan atau rapat kerja itu bertujuan untuk membahas tiga poin diskusi.

Pertama, progres capaian kebijakan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dalam pemenuhan link and match, perluasan kesempatan kerja di dalam negeri, perluasan pasar kerja di luar negeri, pengembangan talenta muda, dan pengembangan digital ketenagakerjaan.

Kedua, monitoring dan evaluasi program sistem penempatan kerja satu kanal (SPSK) untuk penempatan ke Timur-Tengah dan kawasan lainnya.

Dalam rapat tersebut, Ida mengungkapkan tantangan ketenagakerjaan di Indonesia. Ia mengungkapkan pasar tenaga kerja saat ini menampung banyak lulusan SMA, SMK, atau MA yang tak terserap perguruan tinggi.

Ida memaparkan saat ini sebanyak 1,8 juta lulusan SMA terpaksa masuk pasar tenaga kerja. Namun, lulusan SMA itu menghadapi tantangan besar lantaran pasar tenaga kerja membutuhkan pegawai yang menguasai skill digital.

Sementara, para lulusan SMA ini belum memiliki kemampuan tersebut.

Lihat Juga :
Menghitung Kenaikan UMP dengan Rumus Baru Jokowi, Naik Berapa di 2024?

"Keterampilan digital yang dimiliki tenaga kerja Indonesia masih bersifat teoritis dan umum, sehingga terjadi kesenjangan sisi supply dan demand," kata Ida.

Ia lantas mengatakan di masa mendatang pola permintaan tenaga kerja akan lebih banyak pekerjaan yang bersentuhan dengan pemanfaatan teknologi digital.

Selain itu, sisi soft skill seperti kemampuan analitis, orientasi penyelesaian masalah, kreativitas, dan komunikasi juga akan sangat dibutuhkan.

Ida pun merinci sejumlah keterampilan yang dibutuhkan pasar kerja saat ini. Berikut daftarnya:

- Creative thinking kebutuhannya 73,2 persen

- Analytical thinking kebutuhannya 71,6 persen

- Technological literacy kebutuhannya 67,7 persen

- Curiosity and lifelong learning kebutuhannya 66,8 persen

- Resilience, flexibility and agility kebutuhannya 65,8 persen

- Systems thinking kebutuhannya 59,9 persen

- AI and big data kebutuhannya 59,5 persen

- Motivation and self awareness kebutuhannya 58,9 persen

- Talent management kebutuhannya 56,4 persen.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)