petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

dewa78 slot

menara138 555Jutaan kata 803483Orang-orang telah membaca serialisasi

《dewa78 slot》

Daftar Startup Bangkrut, PHK dan Tutup Layanan di RI Pada 2022******

Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK), tutup layanan, hingga pailit masih menghantui industri startup di Indonesia.
Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK), tutup layanan, hingga pailit masih menghantui industri startup di Indonesia. (Tangkapan layar web fabelio.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) masih terus menghantui perekonomian Indonesia. Tak hanya PHK, sejumlah startup bahkan harus menutup layanan hingga bangkutdari awal 2022 hingga sekarang.

Terbaru, startup Fabelio dinyatakan pailit. Ada juga Shopee Indonesia dan Pahamify yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Berikut daftar perusahaan yang melakukan PHK, menutup layanan, dan bangkrut pada 2022:

"Menyatakan Debitur (PT. Kayu Raya Indonesia) dalam keadaan pailit dengan segala akibat hukumnya," isi pengumuman poin satu yang dikutip dari surat kabar Bisnis Indonesia pada Jumat (14/10).

2. Line

Line sempat menjadi sorotan di media sosial karena dikabarkan telah melakukan PHK terhadap sekitar 80 karyawan di Indonesia. Kabar tersebut beredar di media sosial sejak 31 Mei kemarin.

Meski demikian, pihak LINE sudah memberikan klarifikasi bahwa PHK memang terjadi, namun jumlah karyawan yang terdampak tidak sampai ke angka yang disebutkan.

Lihat Juga :
Startup Furniture Fabelio Resmi Dinyatakan Pailit

3. Xendit

Startup fintech Xendit memutus hubungan kerja (PHK) terhadap 5 persen karyawannya di Indonesia dan Filipina. Chief Operating Office Xendit Tessa Wijaya mengatakan perusahaan melakukan pertimbangan matang sebelum mengumumkan PHK.

Para karyawan Xendit yang terkena PHK akan diberi kompensasi yang layak dan perpanjangan asuransi kesehatan serta dukungan alumni. Perusahaan ini memiliki lebih dari 900 karyawan per Agustus 2022.

4. Tokocrypto

Perusahaan penjual aset digital Tokocrypto memberhentikan 45 karyawannya atau sekitar 20 persen dari 227 orang jumlah pekerja. VP Corporate Communications Tokocrypto Rieka Handayani mengatakan pemberhentian puluhan karyawan ini lantaran perusahaan bakal melakukan perubahan strategi bisnis sejalan dengan pasar kripto dan ekonomi di dunia.

Meski demikian, perusahaan dikatakan akan membantu pegawai yang terkena PHK mencari tempat kerja baru. Salah satunya dengan memberikan rekomendasi kepada beberapa perusahaan mitra kerja selama ini.

Lihat Juga :
Kemenkeu: Beberapa Obligor BLBI Ganti Kewarganegaraan

5. Indosat Ooredoo Hutchison

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap lebih dari 300 karyawannya. Director & Chief of Human Resources Officer IOH Irsyad Sahroni mengatakan langkah rightsizing ini telah berjalan lancar dan 95 persen karyawan yang terkena dampak setuju.

Adapun paket kompensasi yang ditawarkan kepada karyawan adalah rata-rata 37 kali upah, bahkan yang tertinggi mencapai 75 kali upah. Menurut Irsyad, jumlah ini secara signifikan lebih tinggi di atas persyaratan ketentuan undang-undang yang berlaku.

6. Lummo

Start up penyedia solusi layanan perangkat lunak business-to-consumer (B2C) Lummo yang sebelumnya dikenal sebagai BukuKas melakukan PHK terhadap sejumlah karyawan di Jakarta dan Bengaluru, India.

Lummo dikabarkan telah melakukan PHK terhadap sekitar 100-120 karyawan yang sebagian besar berada di tim teknis, desain, dan produk.

Lihat Juga :
31 Negara Jadi Pasien IMF, Pasti Kena Resesi?

7. TaniHub

PHK terhadap karyawan start up pertanian TaniHub merupakan dampak dari ditutupnya operasional gudang di Bandung dan Bali. Namun, perusahaan tidak menyebutkan jumlah karyawan yang terdampak.

8. Pahamify

Start up di bidang pendidikan, Pahamify, mengambil keputusan untuk melakukan PHK massal untuk beradaptasi di kondisi ekonomi makro terkini.

Namun, PHK massal yang ditempuh itu tampaknya tidak menjamin keberlangsungan bisnis Pahamify untuk jangka panjang. Pada akhir Juni 2022, Pahamify akhirnya membubarkan diri.

Lihat Juga :
Inflasi China 2,8 Persen per September Gara-gara Daging Babi Mahal

Makin Banyak PHK, Ancaman Resesi Kian Nyata?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Kripto Terjungkal Berjemaah di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global******

Harga aset kripto kompak merosot dalam sepekan meski ada kenaikan dalam 24 jam terakhir. Hanya tether dan usd coin yang stabil di level US per keping.
Harga aset kripto kompak merosot dalam sepekan meski ada kenaikan dalam 24 jam terakhir. Hanya tether dan usd coin yang stabil di level US per keping. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga aset kripto kompak merosot dalam sepekan meski ada kenaikan dalam 24 jam terakhir. Hanya tetherdan usd coin yang stabil di level US per keping.

Sementara itu, mengutip coinmarketcap, Senin (17/10), bitcoin masih awet di bawah US ribu atau tepatnya US.196 per keping, Kripto nomor wahid itu anjlok 1,44 persen dalam sepekan, namun naik tipis 0,26 persen dalam 24 jam terakhir.

Ethereum di level US.300 per keping, turun 2 persen dalam 7 hari terakhir tapi naik 1,32 dalam sehari.

XRP berada di level USBEI Sebut Ada 2,3 Juta Investor Baru per 11 Oktober 2022******

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat ada 2,3 investor baru sepanjang 2022. Sehingga total per 11 Oktober sudah ada 9,8 juta Single Investor Identification (SID).
Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat ada 2,3 investor baru sepanjang 2022. Sehingga total per 11 Oktober sudah ada 9,8 juta Single Investor Identification (SID). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat ada 2,3 investor baru sepanjang 2022. Sehingga total per 11 Oktober sudah ada 9,8 juta Single Investor Identification (SID).

Direktur Utama BEI Iman Rachman mengatakan dari total investor yang tercatat di BEI, sebanyak 4,3 juta merupakan investor saham.

"Tidak hanya pertumbuhan investor saja yang bertambah, sampai dengan minggu lalu jumlah perusahaan yang terdaftar di BEI juga meningkat menjadi 810 perusahaan tercatat dengan penambahan baru sebanyak 44 perusahaan" ujarnya di pembukaan Capital Market Summit & Expo, Kamis (13/10).

Ia mengatakan kinerja IHSG tersebut menjadi kabar menggembirakan di tengah sebagian besar bursa saham dunia menunjukkan kinerja negatif. Indonesia juga disebut masih menjadi salah satu tujuan investasi yang menarik di mata investor dunia.

"Per akhir September 2022,net buyingasing yang dicatatkan di pasar saham meningkat dan mencapai Rp69,5 triliun atau naik hampir dua kali lipat dibandingkan akhir 2021," ujarnya.

Sebelumnya, BEI mencatat jumlah investor di pasar modal menembus 9,11 juta orang hingga Juni 2022.

Lihat Juga :
Harga Barang-barang Naik Rp1.000-Rp1.500 di Indomaret dan Alfamart

Namun, Kepala Divisi Riset BEI Verdi Ikhwan mengatakan dari jumlah tersebut, investor yang aktif berkisar lebih dari empat juta orang. Adapun jumlah investor yang aktif per hari mencapai 200 ribu orang.

"Yang aktif dari empat juta itu hampir 200 ribu pihak per hari, itu juga selalu meningkat dari tahun ke tahun," ujarnya dalam acara 'Edukasi Wartawan terkait Market Update', Rabu (20/7).

Verdi juga mengungkapkan dari segi demografi, mayoritas investor adalah kaum milenial. Ia mengatakan jumlah investor dengan usia di bawah 30 tahun mencapai 59,72 persen.

Lihat Juga :
Ibu Kota Jabar Bakal Pindah, Tegalluar Jadi Calon Pengganti Bandung

Kemudian, usia 31 sampai 40 tahun mencapai 21,92 persen, usia 41 sampai 50 tahun mencapai 10,53 persen, dan usia 51 sampai 60 tahun mencapai 5,08 persen. Sementara, investor dengan usia di atas 60 tahun hanya mencapai 2,75 persen.

Verdi juga mengungkapkan mayoritas investor adalah pegawai dengan jumlah 32,62 persen. Di posisi kedua adalah pelajar, yakni 27,83 persen. Sisanya adalah pengusaha, ibu rumah tangga, dan profesi lainnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu),467, anjlok 12,1 persen dalam sepekan dan jatuh 3,86 persen dalam 24 jam terakhir.

Binance USD berada di level USErick Thohir Sebut Indonesia Perlu Perkuat Ketahanan Kesehatan******

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan bahwa Indonesia perlu memperkuat ketahanan kesehatan.
Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan bahwa Indonesia perlu memperkuat ketahanan kesehatan. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Indonesia perlu memperkuat ketahanan kesehatan selain pangan dan energi. 

Hal ini ia ungkapkan saat peluncuran vaksin virus corona (covid-19) produksi dalam negeri, IndoVac, Kamis (13/10).

Menurutnya, selain pangan dan energi, ketahanan kesehatan adalah hal penting yang harus diperhatikan di tengah ketidakpastian ekonomi global.

"Kami terus mendorong kerja sama serupa, seperti kemarin yang ditandatangani juga di Inggris dengan ProFactor. Kami menandatangani kerja sama vaksin hemofilia, yakni kekentalan darah," jelas Erick, Kamis (13/10).

Erick mengatakan Indonesia akan menjadi hub untuk produksi vaksin dunia. Nanti, ProFactor akan mendistribusikan vaksin tersebut ke Eropa dan AS, sedangkan Indonesia untuk Asia, Afrika, dan sekitarnya.

Meski begitu, Erick mengaku Indonesia masih tertinggal dari negara-negara lain di dunia perihal research and development (RnD). Ia mengharapkan ke depan Indonesia bisa bangkit.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Ingatkan Menkeu G20: Tidak Boleh Abaikan Risiko Resesi

Langkah-langkah yang bakal dilakukan Erick Thohir ke depan adalah konsolidasi RnD, manufaktur, distribusi, retail, pelayanan publik, asuransi, dan teknologi.

Konsolidasi manufaktur dianggap penting agar obat-obatan yang diproduksi bisa dijual ke masyarakat dengan harga terjangkau. Sementara, di sektor retail yang saat ini memiliki 1.300 apotek diharapkan bisa terus diperbanyak.

"Klinik dan Rumah Sakit (RS) yang ada juga terus disinergikan dan tingkatkan kualitasnya. Seperti bagaimana kita mengintervensi kebutuhan RS internasional, yang nanti akan diresmikan oleh Bapak (Presiden Jokowi) pada 2024. Kita bakal mempunyai RS kanker kelas dunia," jelasnya soal pelayanan publik.

Lihat Juga :
Arab Saudi Bantah Pangkas Produksi Minyak karena Faktor Politik

Erick juga menjelaskan proyeksi dan cita-cita pada 2027 di mana ekosistem kesehatan Indonesia bisa mencapai angka Rp94 triliun atau 25 persen dari pangsa pasar.

Hal ini dianggap penting karena kondisi saat ini tidak kuat untuk melakukan penetrasi pasar yang tidak seimbang. Namun, dengan kekuatan 25 persen tersebut Erick menjelaskan pemerintah bakal sanggup menyeimbangkan.

"Ekosistem-ekosistem ini yang terus kita dorong di BUMN. Dukungan dari para menteri penting buat kami. Karena tidak mungkin kita berhasil tanpa dukungan dari menteri-menteri lain yang bisa mempercepat konsolidasi ini," tutup Erick.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu),99 per keping, turun tipis 0,03 persen dalam 7 hari terakhir, dan tidak ada perubahan alias 0,00 persen dalam sehari.

Cardano terjungkal 13,31 persen dalam seminggu, naik tipis dalam sehari sebesar 0,38 persen. Kripto itu ada di level USIHSG Perkasa ke 6.831 di Awal Pekan******

IHSG menguat 0,24 persen ke level 6.831 pada penutupan perdagangan Senin (17/10) meski 411 saham terkoreksi.
IHSG menguat 0,24 persen ke level 6.831 pada penutupan perdagangan Senin (17/10) meski 411 saham terkoreksi. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.831 pada Senin (17/10). Indeks saham menguat 16,58 poin atau 0,24 persen dibanding perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp14,16 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 28,66 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 153 saham menguat, 411 terkoreksi, dan 120 lainnya stagnan. Terpantau, enam dari sebelas indeks sektoral kompak melemah, dipimpin oleh sektor transportasi dan logistik di angka 1,92 persen.

Bursa saham Eropa juga menguat. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris naik 0,60 persen, indeks CAC 40 di Prancis tumbuh 0,46 persen, dan indeks DAX di Jerman menguat 0,48 persen.

Sementara, bursa Amerika kompak melemah. Indeks S&P 500 turun 2,37 persen, indeks NYSE layu 2,03 persen, dan indeks NASDAQ Composite melemah 3,08 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt),367 per keping.

Lihat Juga :
Bayang-bayang Resesi Dunia Jungkalkan Minyak ke US,61

Solana turun 9,61 persen dalam 7 hari terakhir berada di level US,96, dan dogecoin berada di level USKementerian BUMN Luncurkan IWF Untuk Akses Air Bersih******

Kementerian BUMN meluncurkan Indonesia Water Fund (IWF) dalam mempercepat akses layanan air bersih bagi masyarakat.
Kementerian BUMN meluncurkan Indonesia Water Fund (IWF) dalam mempercepat akses layanan air bersih bagi masyarakat. (CNN Indonesia/Titin Rosmasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian BUMN meluncurkan Indonesia Water Fund (IWF) dalam mempercepat akses layanan air bersih bagi masyarakat.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan peluncuran IWF ini dilandai oleh hanya 23 persen orang Indonesia yang bisa mengakses air bersih. Selebihnya, terlalu sulit untuk mendapatkan air bersih karena harga yang cukup mahal.

"Hanya 23 persen populasi Indonesia telah mendapatkan akses air bersih, dan beberapa warga lainnya masih menghadapi ketidaksetaraan dari sisi harga air bersih dengan rentang antara Rp65 ribu hingga Rp140 ribu per meter kubik," ujarnya dalam SOE International Conference secara virtual, Senin (17/10).

"Ke depannya, kami akan terus melakukan program-program yang berdampak langsung terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia," imbuhnya.

Tak lupa, dalam acara ini Erick pun mengajak seluruh partisipan yang hadir dan berasal dari berbagai negara, salah satunya adalah mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair untuk ikut berpartisipasi dalam pembiayaan penyediaan air bersih di dalam negeri.

"Melalui acara ini kami membuka akses seluas-luasnya untuk menjalin kerjasama dengan pemerintah, swasta dan mitra strategis global untuk berpartisipasi bersama dalam membangun ekosistem di Indonesia," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu),05 per keping turun 5,76 persen dalam seminggu.

Adapun kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditi bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditas di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:metaspin88

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
dewa88
foto wallpaper kakek zeus
sosbobet
88selot
pinjol dengan bunga paling rendah
pamungkas slot
trik slot jp
slot deposit 5000 tanpa potongan 2021
situs terpercaya judi online
Daftar isi semua bab
Bab 1 mainan gacor
Bab 2 promo cicilan kredivo
Bab 3 situs baru rilis gacor
Bab 4 buku 1000 mimpi 2d bergambar
Bab 5 viocash
Bab 6 super189
Bab 7 pejuang slot88
Bab 8 pinjaman tenor panjang bunga rendah
Bab 9 jaminan pinjam uang di bank bri
Bab 10 rtp auto7slot
Bab 11 asoy89
Bab 12 erek sepak bola
Bab 13 topstar999
Bab 14 rekomendasi slot paling gacor
Bab 15 kaisar888
Bab 16 buku mimpi 2d erek erek
Bab 17 slot4d login
Bab 18 slot gacor 2022 resmi
Bab 19 lunar gacor
Bab 20 cara penggunaan akulaku
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6973bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Pengembangan diri para bos hiburan

gegeslot
Sejumlah barang harganya terancam makin mahal mulai dari telepon genggam, laptop, hingga tahu tempe.
Sejumlah barang harganya terancam makin mahal mulai dari telepon genggam, laptop, hingga tahu tempe. Ilustrasi. (iStock/FreshSplash).
Jakarta, CNN Indonesia--

Nilai tukar rupiahkian melemah beberapa waktu terakhir. Hari ini (12/10), mata uang Garuda hanya naik tipis 1 poin atau 0,01 persen ke posisi Rp15.357 per dolar AS.

Ekonom CORE Yusuf Rendy mengatakan pelemahan rupiah bisa mengerek harga produk yang dihasilkan oleh industri manufaktur. Pasalnya, industri manufaktur dalam negeri masih bergantung pada komponen bahan baku impor.

"Beberapa di antaranya misalnya industri elektronik, otomotif, maupun industri makanan dan minuman," ujar Yusuf kepada CNNIndonesia.com, Rabu (12/10).

"Namun tentu tidak semua pelaku usaha industri bisa melakukan ini, tergantung dari kapasitas industri masing-masing," ujarnya.

Senada, Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan produk dengan bahan bakar impor akan terdampak pelemahan nilai tukar rupiah, di antaranya gandum, gula, kedelai. Kemudian, produk farmasi, elektronik, elektrikal, dan tekstil.

Konsekuensi harga barang-barang olahan seperti tahu, tempe, telepon genggam, laptop, hingga produk fesyen bisa menanjak.

Lihat Juga :
IMF: 31 Negara Bakal Masuk Jurang Resesi

Josua mengatakan hal yang perlu diwaspadai dari pelemahan rupiah adalah dampaknya terhadap inflasi domestik karena biaya impor akan menjadi lebih mahal serta komposisi utang berdenominasi dolar AS yang dimiliki oleh perusahaan akan semakin besar.

"Dampak terhadap neraca dagang kami perkirakan akan saling meniadakan, di mana nilai ekspor yang didapatkan akan semakin besar karena pelemahan rupiah dan begitu pula dengan nilai impor akan semakin besar," ujarnya.

Di sisi lain, pelemahan nilai tukar rupiah juga berpotensi menurunkan minat investasi mengingat cukup banyak barang modal yang masih harus diimpor dari luar sehingga investasi akan menjadi lebih mahal.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Kode Seni Bela Diri Samsara

sukses 303 slot
Anggota Komisi B DPRD DKI menilai Anies Baswedan mencla-mencle dalam program rumah DP nol rupiah, terbukti dengan realisasinya yang cuma 1 persen.
Anggota Komisi B DPRD DKI menilai Anies Baswedan mencla-mencle dalam program rumah DP nol rupiah, terbukti dengan realisasinya yang cuma 1 persen. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

'Rumah DP Nol Rupiah' milikAnies Baswedan jadi program andalan saat ia berkampanye hingga mengantarnya menjadi Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

Saat kampanye, Anies yang berpasangan dengan Sandiaga Uno menggadang-gadang program hunian tanpa uang muka tersebut untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Aturan mengenai batasan penghasilan penerima manfaat Rumah DP Nol Rupiah tertuang dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 855 Tahun 2019 tentang Batasan Penghasilan Penerima Manfaat Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah Bagi MBR.

Perubahan batasan gaji maksimal warga peminat Rumah DP Nol Rupiah itu tercantum dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 588 Tahun 2020.

"Menetapkan batasan penghasilan tertinggi penerima manfaat fasilitas pembiayaan perolehan rumah bagi MBR sebesar Rp14.800.000 per bulan," demikian bunyi aturan terkait.

Lihat Juga :
JEJAK 5 TAHUN ANIESNasib OK OCE dan Pengangguran DKI Usai Anies Pergi

Dalam laman Pendaftaran Rumah DP Nol Rupiah, hunian yang berlokasi di Jakarta Timur-Pondok Kelapa-Nuansa Pondok Kelapa-Menara Samawa harganya dibanderol dari Rp184,8 juta untuk ukuran 21 meter hingga Rp341,7 juta 35,20 meter.

Sementara itu, untuk di daerah Jakarta Utara-Pademangan-Bandar Kemayoran-Blok A4 dan A5 harganya dipatok Rp285,1 juta untuk ukuran 27 meter.

Kemudian, di Jakarta Barat-Cengkareng Timur-Sentraland Cengkareng-Tower Bunaken harganya Rp198,4 juta untuk ukuran 22,30 meter.

Lantas bagaimana realisasi program Rumah DP Nol Rupiah saat ini?

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022, program DP Nol Rupiah dilakukan melalui subsidi kredit murah berbasis tabungan bagi MBR.

Rencana awal akan dibangun sebanyak 14 ribu unit oleh BUMD dan 218.214 unit lewat mekanisme Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), serta mekanisme pasar. Secara total, sebanyak 232.214 unit.

Namun belakangan, Anies menurunkan target pembangunan rumah DP Nol Rupiah menjadi hanya 9.081 unit. Target tercantum dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) DKI Jakarta 2023-2026.

RPD ini diatur lewat Peraturan Gubernur Nomor 25 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Daerah DKI Jakarta Tahun 2023-2026 dan telah diteken Anies pada 10 Juni 2022.

Sekretaris Daerah DKI Marullah Matali berdalih bahwa yang tercantum dalam RPD bukan lah menurunkan target. Melainkan, merasionalisasikan.

"Bukan diturunin, rasional itu. Karena kemarin dua tahun memang kita tidak bisa berbuat apapun juga," kata Marullah di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (28/9).

[Gambas:Video CNN]

Lihat Juga :
JEJAK 5 TAHUN ANIESIlusi Penataan PKL dan Parkir Liar Pasar Era Anies


Menurut Marullah pembangunan Rumah DP Nol Rupiah sempat terhenti dalam dua tahun terakhir karena pandemi Covid-19. Menurut dia, selama itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hampir tidak membangun Rumah DP Nol Rupiah.

"Bukan tidak dikerjakan sama sekali, kita tidak mampu mengerjakan apa-apa di dua tahun itu karena Covid-19," ujarnya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko mengatakan target turun menjadi 9.000 unit itu merupakan program lanjutan setelah Anies lengser.

"Ya, ini kan sebenarnya program selanjutnya. Itu kita melihat ada potensi beberapa swasta yang berkomitmen untuk penyediaan hunian terjangkau lewat skema DP Nol Rupiah, meskipun ini masih proses penyelesaian perizinan," jelas Sarjoko.

Pada awal September 2022 lalu, Sarjoko mengatakan pembangunan rumah DP Nol Rupiah terus bergulir. Saat ini, baru ada 2.322 unit rumah DP Nol Rupiah yang sudah terbangun.

Rinciannya, 780 unit di Menara Samawa Pondok Kelapa, 38 unit di Bandar Kemayoran, 166 unit di Sentraland Cengkareng, 480 unit di Menara Nuansa Pondok Kelapa, termasuk 868 unit di Menara Kanaya Cilangkap.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengungkapkan tidak ada yang bisa diharapkan dari Anies dalam program rumah DP Nol rupiah. Ia bahkan menyebut Anies mencla-mencle alias tidak dapat dipercaya.

Ia menilai keputusan Anies menurunkan target Rumah DP Nol Rupiah hingga 9.000 ribuan runit menunjukkan inkonsistensi.

"Apa yang mau diharapkan dari orang yang kemudian mencla mencle. Tidak ada yang bisa diharapkan," imbuhnya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (28/9).

Lihat Juga :
JEJAK 5 TAHUN ANIESBiang Kerok Kemiskinan, Anies dan Suara Kaum Papa

Gilbert mengatakan penurunan target hingga 9.000 ribu unit dilakukan agar jaraknya tidak terlalu jauh dengan realisasi yang baru mencapai 2.322 unit. Tetapi, ia meyakini target 9.000 hunian pun tidak akan berhasil dicapai oleh Anies.

"Rumah DP Nol Rupiah masih sekitar 2.000 ribuan. Artinya, memang tidak tercapai. Tapi mungkin terlalu jomplang kalau sampai 230 ribuan dibandingkan 9.000. Tapi itu juga enggak bakal tercapai," jelasnya pesimis.

Gilbert menilai program Rumah DP 0 Rupiah sepi peminat karena masyarakat kelas bawah saja masih kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi, kalau harus mencicil kredit rumah.

Ditambah lagi, bank juga dinilai tidak berani memberikan kredit rumah karena sering terjadi kemacetan oleh masyarakat yang diberikan kemudahan dalam membeli rumah.

Siasat Anies menaikkan batas upah bagi pembeli Rumah DP 0 Rupiah hingga Rp14 juta pun tidak berhasil. Sebab, masyarakat dengan penghasilan tersebut tak akan mau membeli rumah dengan kualitas yang disediakan program Rumah DP Nol Rupiah.

"Ya mereka akan mencari rumah yang ada tanahnya. Itu mungkin ada di Bekasi, Depok, Karawang. Tapi tidak akan kemudian mengambil Rumah DP Nol Rupiah," katanya.

Warga mendaftar pengajuan rumah DP 0 Rupiah di Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis, 1 November 2018. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan pendaftaran program hunian rumah dengan DP nol rupiah atau yang diberi nama Samawa akan mulai dibuka pada 1 November secara luring atau offline. CNNIndonesia/Safir MakkiWarga mendaftar pengajuan rumah DP 0 Rupiah di Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis, 1 November 2018. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Lihat Juga :
JEJAK 5 TAHUN ANIESAnies, Ahok, dan Kisah Pasukan Oranye yang Dianggap Malas

Sementara itu, Pengamat Properti Anton Sitorus menuturkan keinginan masyarakat sebenarnya besar terhadap program Rumah DP Nol Rupiah. Dia menyebut kebutuhan rumah di Jabodetabek bahkan mencapai 50 ribu unit per tahun.

Namun, ia menilai Pemprov DKI Jakarta kurang melakukan sosialisasi mengenai program itu. "Detail mengenai di mana lokasinya, bagaimana cara mendapatkannya, persyaratannya apa saja, mungkin orang banyak yang enggak tahu," terang dia.

Anton mengatakan jika Pemprov DKI Jakarta melakukan sosialisasi yang jelas mengenai program tersebut, maka masyarakat akan berbondong-bondong mengikutinya.

Selain itu, ia menilai lokasi Rumah DP Nol Rupiah yang baru tersebar di beberapa titik juga menjadi penyebab rendahnya minat masyarakat.

"Kalau targetnya 230 ribu unit rumah, pastikan pemerintah seharusnya menyediakan lahan yang di mana-mana," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan harga Rumah DP Nol Rupiah yang ditawarkan sebenarnya sudah tepat. Namun, program Anies tersebut dinilai dari awal tidak realistis karena jumlah target dengan lahan yang disediakan tidak sebanding.

"Ke depan, enggak perlu lah mengada-ngada. Kalau memang niatnya mengentaskan masalah perumahan ya sudah benar-benar dan bikin targetnya juga realistis. Jangan bikin angka-angka fantastis," tutur dia.

Lihat Juga :
JEJAK 5 TAHUN ANIESDari Kata Jadi Fakta, Upaya Anies Bangun Sistem Transportasi

Pahit Manis Rumah DP Nol Rupiah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Kiamat Pembunuh

bike discount de voucher

Sistem peti harta karun yang luar biasa

pinjaman online yang sudah terdaftar di ojk

Kisah reboot Fahai

link yang lagi gacor

Sangat pemburu

pinjaman easycash