petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

buku mimpi 234d abjad

buku mimpi bergambar 2d 410Jutaan kata 764532Orang-orang telah membaca serialisasi

《buku mimpi 234d abjad》

Elon Musk Minta Maaf ke Korban PHK Tesla Gegara Pesangon Terlalu Kecil******

CEO Tesla Elon Musk meminta maaf kepada sejumlah karyawan korban PHK karena pesangon yang dibayarkan terlalu kecil.
CEO Tesla Elon Musk meminta maaf kepada sejumlah karyawan korban PHK karena pesangon yang dibayarkan terlalu kecil. (Foto: REUTERS/James Glover)
Jakarta, CNN Indonesia--

CEO Tesla Elon Muskmeminta maaf kepada sejumlah karyawan yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK). Sebab, pesangon yang dibayarkan tidak memenuhi standar alias terlalu kecil.

"Ketika kami menata ulang Tesla, saya menyadari bahwa beberapa paket pesangon terlalu rendah," ucap Musk dalam email internal, dikutip dari Bloomberg, Kamis (18/4).

"Saya minta maaf atas kesalahan ini. Ini sedang diperbaiki segera," sambungnya.

Dalam memo tersebut, ia mengatakan PHK sejatinya merupakan keputusan sulit. Namun, ia mengklaim PHK harus dilakukan imbas turunnya saham perusahaan lebih dari 5 persen pada Senin (15/4) silam.

Dengan penurunan ini, saham Tesla disinyalir sudah turun 31 persen sejak awal 2024. PHK, katanya, juga dilakukan demi mengurangi beban operasional.

"Mengingat persiapan perusahaan untuk tahap pertumbuhan berikutnya, sangat penting untuk meninjau setiap aspek perusahaan demi pengurangan biaya dan peningkatan produktivitas," sebut Musk.

"Sebagai bagian dari upaya ini, kami telah melakukan tinjauan menyeluruh terhadap organisasi dan membuat keputusan sulit untuk mengurangi jumlah karyawan lebih dari 10 persen secara global," sambungnya.

Lihat Juga :
ANALISISMungkinkah Apple Mau Investasi Bangun Pabrik di Indonesia?

Tak hanya imbas masalah itu, PHK dilakukan lantaran Tesla mengalami penurunan kinerja penjualan. Pada kuarta pertama tahun ini, pengiriman turun 8,5 persen menjadi 386.810.

Penurunan itu berimbas pada pengurangan produksi turun 1,7 persen dan 12,5 persen secara berurutan dari tahun sebelumnya.

Turunnya saham Tesla di tengah meningkatnya penjualan mobil listrik dunia diperkirakan karena banyak hal, salah satunya ketatnya persaingan di pasar mobil listrik.

Berikut isi lengkap memo dari Musk:

"Selama bertahun-tahun, kami telah tumbuh dengan cepat dengan beberapa pabrik yang berkembang di seluruh dunia. Dengan pertumbuhan yang cepat ini, ada duplikasi peran dan fungsi pekerjaan di beberapa area.

Saat kami mempersiapkan perusahaan untuk fase pertumbuhan berikutnya, sangat penting untuk meninjau setiap aspek perusahaan demi pengurangan biaya dan peningkatan produktivitas.

Sebagai bagian dari upaya ini, kami telah melakukan tinjauan menyeluruh terhadap organisasi dan membuat keputusan sulit untuk mengurangi jumlah karyawan lebih dari 10 persen secara global.

Tidak ada yang saya benci lebih dari ini, tetapi hal ini harus dilakukan. Ini akan memungkinkan kami untuk menjadi ramping, inovatif, dan lapar untuk siklus pertumbuhan berikutnya.

Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang meninggalkan Tesla atas kerja keras Anda selama bertahun-tahun. Saya sangat berterima kasih atas banyak kontribusi Anda terhadap misi kami dan kami mengharapkan yang terbaik dalam kesempatan masa depan Anda. Sangat sulit untuk mengucapkan selamat tinggal.

Untuk mereka yang tinggal, saya ingin berterima kasih di muka atas pekerjaan sulit yang masih ada di depan. Kami sedang mengembangkan beberapa teknologi paling revolusioner dalam otomotif, energi, dan kecerdasan buatan.

Saat kami mempersiapkan perusahaan untuk fase pertumbuhan berikutnya, tekad Anda akan membuat perbedaan besar dalam membawa kami ke sana.

Terima kasih,

Elon.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Investigasi: Produk Nestle Pakai Gula Berlebih yang Membahayakan Anak******

Produk Nestle dituding memakai gula berlebih yang berbahaya bagi kesehatan anak, terutama yang dipasarkan di negara-negara berkembang.
Produk Nestle dituding memakai gula berlebih yang berbahaya bagi kesehatan anak, terutama yang dipasarkan di negara-negara berkembang. ( iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Produk Nestledituding memakai gulaberlebih yang berbahaya bagi kesehatan anak, terutama yang dipasarkan di negara-negara miskin dan berkembang.

Tudingan itu disampaikan Public Eye selaku lembaga swadaya masyarakat (LSM) asal Swiss berdasarkan hasil investigasi yang mereka lakukan bersama dengan International Baby Food Action Network (IBFAN) terhadap sejumlah produk Nestle.

Hasil investigasi menunjukkan ada kadar gula tambahan atas produk Nestle yang dijual di negara miskin dan berkembang. Produk utama Nestle yang mereka sorot mengandung gula tambahan adalah; Cerelac dan Nido atau biasa disebut Dancow di Indonesia.

Rollins menegaskan perbedaan kadar gula di masing-masing negara yang menjajakan Nestle merupakan hal yang tidak pantas. Menurutnya, ini bermasalah dari segi kesehatan juga etika.

Parahnya, jumlah gula tambahan pada produk Nestle seringkali tak diungkapkan ke publik. LSM asal Swiss itu mengklaim tak ada informasi soal gula tambahan dalam keterangan nutrisi di kemasan produk tersebut.

Non-governmental organization (NGO) itu bersama IBFAN mencoba menguji kadar gula Cerelac di laboratorium Swiss. Anehnya, sejumlah laboratorium menolak karena takut muncul dampak negatif jika hasil pengujian diungkap ke khalayak.

Mereka pun bergeser ke laboratorium di Belgia dan menguji 115 produk yang dijual Nestle di pasar utamanya, meliputi Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Hasilnya, 108 produk cerelac atau 94 persen terbukti mengandung tambahan gula.

Rata-rata gula tambahan itu mencapai 4 gram per produk. Bahkan, ada 7,3 gram gula tambahan per porsi pada produk yang dijual di Filipina untuk bayi enam bulan.

Ini merupakan volume tertinggi gula yang ditambahkan ke suatu produk. Persentase kandungan gula tertinggi kedua terjadi pada produk Nestle di Nigeria. Total kandungannya mencapai 6,8 gram. 

Sementara itu persentase tertinggi ketiga diduduki oleh produk Nestle yang dijual di Senegal dengan kandungan 5,9 gram. 

Sedangkan untuk produk susu bubuk yang ditujukan untuk balita berusia satu hingga tiga tahun, rata-rata kandungan gulanya mencapai 2 gram per porsi.

Kandungan gula tertinggi tercatat untuk produk susu yang dijual di Panama. Tercatat kandungan gulanya mencapai 5,3 gram.

Sedangkan kandungan gula tertinggi kedua dan ketiga ditempati Nikaragua dan Meksiko dengan jumlah 4,7 gram gula per porsi dan 1,8 gram.

"Gula tidak boleh ditambahkan ke makanan yang diberikan kepada bayi dan anak kecil karena tidak diperlukan serta sangat membuat ketagihan," komentar Ahli Epidemiologi di Departemen Nutrisi Universitas Federal Paraiba Brasil Rodrigo Vianna.

"Anak-anak (yang) terbiasa dengan rasa manis mulai mencari makanan yang lebih manis. Ini memulai siklus negatif yang meningkatkan risiko gangguan gizi di masa dewasa, termasuk obesitas dan penyakit tidak menular kronis lainnya, seperti diabetes atau darah tinggi," wanti-wanti sang profesor.

[Gambas:Video CNN]

Khusus di Indonesia, mereka menyebut ada kadar gula tambahan lebih dari 0,7 gram per porsi. Ini ditemukan pada produk Dancow.

Pada 2022 lalu, WHO melarang penambahan gula dan pemanis pada produk makanan untuk bayi serta anak di bawah usia tiga tahun. Mereka mendesak industri terkait untuk proaktif dan mendukung kesehatan masyarakat dengan memformulasi ulang produk makanan bayi yang dijual.

CNNIndonesia.commengkonfirmasi hasil investigasi itu kepada Direktur Corporate Affairs Nestle Indonesia Sufintri Rahayu.

Wanita yang akrab disapa Fifin itu mengatakan dalam beroperasi Nestle selalu menerapkan prinsip gizi, kesehatan dan keafiatan yang sama di mana pun. Hal itu katanya sejalan dengan pedoman dan regulasi internasional.

Lihat Juga :
Blak-blakan Bos Indofarma soal Tunggak Gaji Karyawan per Maret 2024

"Hal ini termasuk kepatuhan terhadap persyaratan label dan ambang batas pada kandungan karbohidrat yang mencakup gula," katanya.

"Makanan bayi merupakan kategori yang diatur secara ketat, dan kami menyampaikan secara transparan mengenai produk-produk kami kepada konsumen dan selalu menyatakan total kandungan gula produk kami," katanya.

Ia mengatakan Nestle telah melakukan upaya signifikan untuk mengurangi gula di seluruh produk perusahaan. Dalam beberapa tahun, ia mengklaim bahwa Nestle berhasil mengurangi sebanyak 11 jumlah total gula tambahan pada produk bubur bayi kami di seluruh dunia," katanya. 

Lihat Juga :
Iran-Israel Memanas, Erick Thohir Minta Pertamina, PLN Borong Dolar
(skt/agt)

Pengusaha Buka******

Asosiasi Gula Indonesia (AGI) membeberkan penyebab stok gula dalam negeri yang menipis hingga harganya yang melesat belakangan ini.
Ilustrasi. Harga gula naik. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Gula Indonesia (AGI) membeberkan penyebab stok guladalam negeri yang menipis hingga harganya yang melesat belakangan ini.

Tenaga Ahli AGI Yadi Yusriadi mengungkap produksi gula saat ini sangat kecil dikarenakan hanya beberapa pabrik gula yang sudah giling. Sementara sebagian besar pabrik belum giling.

"Stok gula saat ini memang menipis, terutama untuk gula kemasan branded yang biasa dijual ritel modern," ujar Yadi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (21/4).

Lihat Juga :
Kemendag Buka Suara Soal Gula Langka di Ritel Modern

Yadi menambahkan kelangkaan gula ini juga terjadi akibat keterlambatan masuknya gula impor karena berbagai sebab, termasuk harga gula dunia yang tinggi dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Ia menjelaskan kondisi ini akan membaik pada saat impor ID Food sebesar 296 ribu ton sudah didistribusikan dan beroperasinya pabrik gula lokal dari bahan baku tebu pada Mei mendatang.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga sempat buka suara soal kelangkaan gula di ritel modern belakangan ini.

Direktur Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengatakan kelangkaan terjadi karena pelaku usaha kesulitan mendapatkan stok gula dari impor dan harga yang tinggi.

"Ya karena lebih kesulitan memperoleh gula di sana (dari impor) dengan harga yang boleh di Indonesia kan. Harganya kan di luar tinggi," tutur Isy di Kemendag, Jumat (19/3).

Ia menyebut saat ini harga gula internasional sejatinya sudah turun. Meski begitu, pasokan yang saat ini diimpor didapatkan menggunakan harga sebelum mengalami penurunan.

Lihat Juga :
Usai Beras, Kini Giliran Gula Langka dan Sulit Dicari di Toko Ritel

Ia pun mengatakan belum dilakukannya penggilingan oleh pabrik gula turun menjadi penyebab kelangkaan di ritel modern.

Kendati demikian, menurut data yang dimilikinya, stok gula konsumsi masih cukup sampai bulan depan. Stok tersebut berada di BUMN hingga swasta sebanyak 330 ribu ton.

Gula di sejumlah toko ritel modern langka dalam beberapa waktu terakhir.

Salah satu kelangkaan terjadi di Indomaret di kawasan Otista, Jakarta Timur. Ardita, petugas di Indomaret tersebut mengatakan kelangkaan terjadi sejak beberapa waktu belakangan ini.

"Banyak bangetyang nanyaingula, setiap hari pasti ada yang bertanya 1 atau 2 orang," katanya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (19/4).

Namun sayang barangnya lagi tidak ada. Ia bercerita pasokan gula terakhir masuk ke toko yang dijaganya sejak seminggu sebelum Lebaran lalu. Saat itu pasokan masuk sebanyak dua karung gula berisi 20 kg.

Saat masuk, harga gula berangsur naik dari Rp16 ribu menjadi Rp17.500 per kg.

Lihat Juga :
Kenapa Harga Gula Naik Jadi Rp17.500 per Kg
(del/DAL)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:kredivo limit pertama

Perbarui waktu:2024-05-18

Daftar bab terbaru
situs judi slot terbaik di dunia
slot gacor siang hari ini
pende
hotel slot88
5unsur1
cara cicil barang di kredivo
slot deposit 5000 wd 20000
kartu kredit cicilan
pas4d
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot gacor 2022
Bab 2 bursa33 slot
Bab 3 268slot
Bab 4 slot gacor resmi 2022
Bab 5 s lo t
Bab 6 erek2 24
Bab 7 arjuna4d 4d
Bab 8 dingdongtogel
Bab 9 gacor win
Bab 10 aplikasi kredit yang aman
Bab 11 citra88
Bab 12 di akulaku
Bab 13 toko56
Bab 14 rtp top1toto
Bab 15 murah lebay shopee
Bab 16 tambang88
Bab 17 ceri138
Bab 18 platform kredit hp
Bab 19 slot online gacor terbaru
Bab 20 situs aman terpercaya
Klik untuk melihattersembunyi di tengah600bab
takutBacaan TerkaitMore+

Angin adalah riak dedaunan

slot88 online
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Provinsi DKI Jakarta dan Papua memiliki rerata upah pekerja tertinggi per Februari 2023.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Provinsi DKI Jakarta dan Papua memiliki rerata upah pekerja tertinggi per Februari 2023. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Provinsi DKI Jakarta dan Papua memiliki rerata upah bulanan pekerja tertinggi per Februari 2023.

DKI Jakarta menempati urutan pertamaprovinsi dengan rerata upah paling tinggi sebesar Rp5,07 juta per bulan. Namun, nominal ini turun 9,27 persen (year on year/ yoy) jika dibandingkan Februari 2022 yang mencapai Rp5,58 juta.

Papua tercatat menjadi provinsi keduadengan rata-rata upah tertinggi per Februari 2023 sebesar Rp4,15 juta. Angka tersebut di atas upah minimum provinsi (UMP) 2023 Papua yang hanya Rp3,86 juta.

Urutan ketigadiduduki Kepulauan Riau sebesar Rp4,14 juta alias tumbuh 0,20 persen secara yoy. Keempat,Kalimantan Timur mencatat Rp3,94 juta.

Kelima,ada Banten dengan Rp3,73 juta. Keenam, Kalimantan Utara yang mengantongi rata-rata upah Rp3,55 juta.

Ketujuh,Jawa Barat mencatatkan upah rerata Rp3,33 juta per Februari 2023. Kedelapan,ada Papua Barat sebesar Rp3,30 juta.

Kesembilan,Sulawesi Utara sebesar Rp3,21 juta. Kesepuluh,ada Bali dengan Rp3,20 juta yang tumbuh paling pesat 20,70 persen yoy dari sebelumnya hanya Rp2,65 juta.

Berikut 10 provinsi yang mencatat rerata upah terbesar per Februari 2023:

1. DKI Jakarta Rp5,07 juta (turun 9,27 persen yoy)
2. Papua Rp4,15 juta (turun 5,21 persen yoy)
3. Kepulauan Riau Rp4,14 juta (naik 0,20 persen yoy)
4. Kalimantan Timur Rp3,94 juta (naik 3,62 persen yoy)
5. Banten Rp3,73 juta (naik 2,36 persen yoy)
6. Kalimantan Utara Rp3,55 juta (naik 5,96 persen yoy)
7. Jawa Barat Rp3,33 juta (naik 3,05 persen yoy)
8. Papua Barat Rp3,30 juta (naik 0,38 persen yoy)
9. Sulawesi Utara Rp3,21 juta (turun 1,15 persen yoy)
10. Bali Rp3,20 juta (naik 20,7 persen yoy)

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

mekanik naga

bunga pinjaman kredivo
Bapanas menyebut harga bawang merah mendadak naik hingga Rp84 ribu per kg karena pedagang di pasar induk belum balik dari mudik Lebaran.
Bapanas menyebut harga bawang merah mendadak naik hingga Rp84 ribu per kg karena pedagang di pasar induk belum balik dari mudik Lebaran. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pangan Nasional (Bapanas) ungkap biang kerok harga bawang merahyang mendadak melesat menjadi Rp84 ribu per kg.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengklaim para pedagang pasar belum kembali selepas mudik Lebaran 2024. Oleh karena itu, harga bawang merah, khususnya di Pasar Induk tiba-tiba meroket.

Ia mengatakan stok bawang merah pada akhirnya menipis. Sebab, para pedagang yang belum kembali dari kampung halaman itu merupakan sumber pasokan bagi pengecer kecil.

Padahal, permintaan bawang merah usai Idulfitri 1445 H kembali meningkat.

Arief menyebut di lain sisi para petani sedikit menahan panennya. Ia mengklaim aksi ini berkaitan dengan belum kembalinya para pedagang.

"Bila panen tetap dikerjakan harusnya harga malah jatuh karena tidak ada pembeli. Khusus produk hortikultura akan sangat volatile karena serapannya harian," jelas Arief.

Mengutip Panel Harga Badan Pangan Nasional, harga rata-rata bawang merah di pedagang eceran melambung hingga Rp51.680 per kg. Ini naik tinggi dibandingkan 1 April 2024 yang hanya Rp35.100 per kg.

Bahkan, harga bawang merah di Papua Tengah memecahkan rekor tertinggi se-Indonesia, yakni menembus Rp84.980 per kg. Harganya naik 64,43 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Sedangkan di DKI Jakarta harga bawang merah dibanderol Rp69.520 per kg atau melesat 34,52 persen dibanding hari sebelumnya.

Harga bawang merah paling murah saat ini di kisaran Rp35.510 per kg, yakni di Kepulauan Riau.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Berubah menjadi loli dan mainkan game

kredit di kredivo pakai dp atau tidak
Menparekraf Sandiaga Uno mengimbau pengelola Masjid Al Jabbar, Bandung, terapkan parkir digital di demi mencegah pungli oleh juru parkir.
Menparekraf Sandiaga Uno mengimbau pengelola Masjid Al Jabbar, Bandung, terapkan parkir digital di demi mencegah pungli oleh juru parkir. (Foto: CNN Indonesia/ Khaira Ummah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengimbau diberlakukannya pembayaran parkir secara digital diMasjid Al Jabbar,Bandung, Jawa Barat, demi mencegah praktik pungutan liar (pungli) oleh juru parkir.

Sandiaga pun mendukung penindakan tegas praktik pungli sekaligus merekomendasikan pemberian program pelatihan keterampilan bagi pelaku pungli agar tak lagi melakukan praktik tersebut, melainkan memiliki alternatif pekerjaan.

"Programnya itu seperti apa? Mungkin, kita bisa melakukan digitalisasi untuk ruang parkir. Kita juga bisa melakukan pelatihan kepada calo yang tertangkap dan yang 'memalak' untuk diberikan alternatif pekerjaan yang lebih sesuai dengan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan," ujar dia di sela acara Road to Run For Independence Day (RFID) 2024 di Jakarta, Minggu (21/4), mengutip Antara.

Sandiaga juga telah mendengar pernyataan dari Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin yang akan menindak tegas pelaku pungli lantaran kejadian pungli terus berulang.

"Karena ini terus berulang, apalagi kita sekarang sudah memiliki datanya. Ditindak tegas saja dan diberikan tentunya sebuah program agar ini tidak terulang lagi ke depan," imbuhnya.

Sebelumnya, viral seorang warga yang mengeluhkan kena pungli juru parkir saat berkunjung ke Masjid Al Jabbar. Cerita itu ia tulis di media sosial X (Twitter) @petanirumah.

Ia mengeluhkan biaya parkir hingga Rp25 ribu masjid tersebut dengan dibayarkan beberapa kali. Tak hanya itu, ia juga dipaksa untuk membeli kantong plastik sebesar Rp5.000 saat hendak menitipkan sepatunya.

Lihat Juga :
Prilly Bisa Beli LPG 3 Kg, Syarat Beli Pakai KTP Apa Kabar?

Polisi mengaku sudah menegur juru parkir di Masjid Al Jabbar. Kapolsek Gedebage Kompol Kurnia mengatakan memberikan peringatan kepada lima juru parkir agar tidak melakukan pungli kepada warga yang berkunjung.

"Kalau terulang lagi kita amankan. Kita kan sudah koordinasi dengan siber pungli polres maupun polda untuk antisipasi jangan sampai ada pungutan di luar daripada tarif parkir," kata Kurnia saat dihubungi.

Kurnia menegaskan masyarakat bisa lapor ke polisi yang ada di sekitar lokasi jika mengalami hal serupa.

Bey Machmudin juga menyebut operator pengelola parkir di Masjid Al Jabbar bakal dievaluasi pasca kontraknya selesai yang berlaku satu tahun dan berakhir pada Juni 2024.

Evaluasi operator parkir ini dimaksudkan untuk perbaikan pengelolaan di Masjid Al Jabbar, terlebih setelah ditemukan ada praktik pungli di sana.

"Perparkiran itu kontrak satu tahun dan berakhir Juni, dan pasti akan kami evaluasi. Karena kami ingin yang terbaik bagi Al Jabbar, jangan sampai ada masyarakat yang dirugikan," tegas Bey di Gedung Sate Bandung, Kamis (18/4).

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Pak, saya akan bertengkar di rumah

togel hari ini
Produk Nestle dituding memakai gula berlebih yang berbahaya bagi kesehatan anak, terutama yang dipasarkan di negara-negara berkembang.
Produk Nestle dituding memakai gula berlebih yang berbahaya bagi kesehatan anak, terutama yang dipasarkan di negara-negara berkembang. ( iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Produk Nestledituding memakai gulaberlebih yang berbahaya bagi kesehatan anak, terutama yang dipasarkan di negara-negara miskin dan berkembang.

Tudingan itu disampaikan Public Eye selaku lembaga swadaya masyarakat (LSM) asal Swiss berdasarkan hasil investigasi yang mereka lakukan bersama dengan International Baby Food Action Network (IBFAN) terhadap sejumlah produk Nestle.

Hasil investigasi menunjukkan ada kadar gula tambahan atas produk Nestle yang dijual di negara miskin dan berkembang. Produk utama Nestle yang mereka sorot mengandung gula tambahan adalah; Cerelac dan Nido atau biasa disebut Dancow di Indonesia.

Rollins menegaskan perbedaan kadar gula di masing-masing negara yang menjajakan Nestle merupakan hal yang tidak pantas. Menurutnya, ini bermasalah dari segi kesehatan juga etika.

Parahnya, jumlah gula tambahan pada produk Nestle seringkali tak diungkapkan ke publik. LSM asal Swiss itu mengklaim tak ada informasi soal gula tambahan dalam keterangan nutrisi di kemasan produk tersebut.

Non-governmental organization (NGO) itu bersama IBFAN mencoba menguji kadar gula Cerelac di laboratorium Swiss. Anehnya, sejumlah laboratorium menolak karena takut muncul dampak negatif jika hasil pengujian diungkap ke khalayak.

Mereka pun bergeser ke laboratorium di Belgia dan menguji 115 produk yang dijual Nestle di pasar utamanya, meliputi Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Hasilnya, 108 produk cerelac atau 94 persen terbukti mengandung tambahan gula.

Rata-rata gula tambahan itu mencapai 4 gram per produk. Bahkan, ada 7,3 gram gula tambahan per porsi pada produk yang dijual di Filipina untuk bayi enam bulan.

Ini merupakan volume tertinggi gula yang ditambahkan ke suatu produk. Persentase kandungan gula tertinggi kedua terjadi pada produk Nestle di Nigeria. Total kandungannya mencapai 6,8 gram. 

Sementara itu persentase tertinggi ketiga diduduki oleh produk Nestle yang dijual di Senegal dengan kandungan 5,9 gram. 

Sedangkan untuk produk susu bubuk yang ditujukan untuk balita berusia satu hingga tiga tahun, rata-rata kandungan gulanya mencapai 2 gram per porsi.

Kandungan gula tertinggi tercatat untuk produk susu yang dijual di Panama. Tercatat kandungan gulanya mencapai 5,3 gram.

Sedangkan kandungan gula tertinggi kedua dan ketiga ditempati Nikaragua dan Meksiko dengan jumlah 4,7 gram gula per porsi dan 1,8 gram.

"Gula tidak boleh ditambahkan ke makanan yang diberikan kepada bayi dan anak kecil karena tidak diperlukan serta sangat membuat ketagihan," komentar Ahli Epidemiologi di Departemen Nutrisi Universitas Federal Paraiba Brasil Rodrigo Vianna.

"Anak-anak (yang) terbiasa dengan rasa manis mulai mencari makanan yang lebih manis. Ini memulai siklus negatif yang meningkatkan risiko gangguan gizi di masa dewasa, termasuk obesitas dan penyakit tidak menular kronis lainnya, seperti diabetes atau darah tinggi," wanti-wanti sang profesor.

[Gambas:Video CNN]

Khusus di Indonesia, mereka menyebut ada kadar gula tambahan lebih dari 0,7 gram per porsi. Ini ditemukan pada produk Dancow.

Pada 2022 lalu, WHO melarang penambahan gula dan pemanis pada produk makanan untuk bayi serta anak di bawah usia tiga tahun. Mereka mendesak industri terkait untuk proaktif dan mendukung kesehatan masyarakat dengan memformulasi ulang produk makanan bayi yang dijual.

CNNIndonesia.commengkonfirmasi hasil investigasi itu kepada Direktur Corporate Affairs Nestle Indonesia Sufintri Rahayu.

Wanita yang akrab disapa Fifin itu mengatakan dalam beroperasi Nestle selalu menerapkan prinsip gizi, kesehatan dan keafiatan yang sama di mana pun. Hal itu katanya sejalan dengan pedoman dan regulasi internasional.

Lihat Juga :
Blak-blakan Bos Indofarma soal Tunggak Gaji Karyawan per Maret 2024

"Hal ini termasuk kepatuhan terhadap persyaratan label dan ambang batas pada kandungan karbohidrat yang mencakup gula," katanya.

"Makanan bayi merupakan kategori yang diatur secara ketat, dan kami menyampaikan secara transparan mengenai produk-produk kami kepada konsumen dan selalu menyatakan total kandungan gula produk kami," katanya.

Ia mengatakan Nestle telah melakukan upaya signifikan untuk mengurangi gula di seluruh produk perusahaan. Dalam beberapa tahun, ia mengklaim bahwa Nestle berhasil mengurangi sebanyak 11 jumlah total gula tambahan pada produk bubur bayi kami di seluruh dunia," katanya. 

Lihat Juga :
Iran-Israel Memanas, Erick Thohir Minta Pertamina, PLN Borong Dolar
(skt/agt)

Lagu Kebangkitan Jiwa

asian2bet
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengklaim Uni Emirat Arab berminat membangun solar panel atau panel surya di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengklaim Uni Emirat Arab berminat membangun solar panel atau panel surya di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. (CNN Indonesia/ Khaira Ummah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadaliamengklaim Uni Emirat Arab (UEA) berminat membangun solar panel atau panel surya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Klaim itu disampaikan Bahlil usai pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Tony Blair di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/4).

"Akan ada rencana pembangunan Uni Emirat Arab (UEA) berupa solar panel di sana, detailnya kami lagi susun," kata Bahlil di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/4).

Panel surya ini kemungkinan akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Bahlil menyebut, salah satu BUMN yang akan dilibatkan adalah PLN.

"Ini B to B, dia akan masuk dari UAE, detailnya nanti disampaikan, tapi difasilitasi oleh Tony Blair Institute. Nilai kita belum bicara, kapasitasnya kurang lebih 1,2 giga watt," kata dia.

Kendati demikian, Bahlil menegaskan rencana tersebut baru merupakan tahap awal karena proposal baru masuk. Rencana penandatanganan kontrak hingga masa kerja sama pun belum dibahas lebih lanjut.

"Belum tahu, ini baru sampaikan minat. Insya Allah lah doakan ya, tahun ini," ujar Bahlil.

[Gambas:Video CNN]



(khr/agt)

Karakter pendukung wanita terlahir kembali sebagai Phoenix dalam perjalanannya menuju keabadian

erek 48
Tembok penahan Jalan Tol Tangerang-Merak longsor. Meski demikian pengelola menyatakan tol itu masih bisa dilewati.
Tembok penahan Jalan Tol Tangerang-Merak longsor. Meski demikian pengelola menyatakan tol itu masih bisa dilewati. Ilustrasi. ( iStockphoto/Mac99).
Banten, CNN Indonesia--

Tembok penahan Jalan Tol Tangerang-Merak longsor. Hal itu diketahui dari sejumlah rekaman video yang beredar.

Dalam rekaman itu, nampak tanah dan pasir berserakan di pinggir Sungai Cibanten. Selain itu beton jalan tol itu tampak menganga dan menggantung. Peristiwa itu kemudian menjadi tontonan warga sekitar.

Longsornya beton atau Dinding Penahan Tanah (DPT) itu berlokasi di KM56 arah Tangerang atau tepatnya di jembatan Sungai Ciujung yang baru selesai dilakukan pelebaran badan jembatan dan jalannya.

Observasi longsoran dilakukan oleh Astra Tol Tamer bersama Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWS C3), kontraktor pelaksana dan konsultan teknis.

Penanganan darurat telah dilakukan dengan menutup sebagian jalan tol yang bagian bawahnya longsor. Sehingga masih ada tiga jalur yang masih bisa dilalui dengan aman.

"Pihak kami langsung melakukan pengamanan dan penangan trafik darurat dengan penutupan di bahu jalan. Berdasarkan observasi dan analisa potensi risiko untuk keamanan di jalan tol sampai saat ini, tiga lajur Jalan Tol Tangerang-Merak masih aman dilintasi oleh pengguna jalan," terangnya.

Ambrolnya DPT yang menyebabkan jalan tol itu seperti menggantung terjadi pada Kamis (4/5). Kemudian videonya beredar pada Jumat (5/5).

Tim gabungan yang telah melakukan observasi menghimbau agar pengendara tidak melalui jalur khusus sepeda motor itu, demi keamanan bersama.

"Tim proyek pekerjaan pengendali banjir Sungai Ciujung juga telah melakukan himbauan kepada masyarakat untuk sementara waktu tidak melintasi jalur motor, sementara dilakukan proses penanganan longsoran oleh kontraktor pelaksana yang diawasi langsung oleh konsultan teknis," jelasnya.

Perlu diketahui bahwa pengelola Tol Tangerang-Merak menyiapkan jalur khusus sepeda motor di sisi jalan tol, agar masyarakat sekitar bisa beraktivitas dan aman saat berlalu lalang. Jalur khusus roda dua itu terpisah oleh pagar pembatas yang tidak mungkin bisa dilintasi masyarakat.

[Gambas:Video CNN]



(ynd/agt)

[Gambas:Video CNN]