petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

target slot

ligadunia365 860Jutaan kata 390154Orang-orang telah membaca serialisasi

《target slot》

Strategi Kampanye Gabungan Antar PNM Raih OMNI Brands of the Year 2023******

Strategi itu tak hanya sukses memperkuat posisi PNM sebagai BUMN yang berfokus terhadap pengembangan UKM, tetapi juga meningkatkan performa bisnis.
PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dinobatkan sebagai salah satu pemenang pada Marketeers OMNI Brands of the Year 2023 dalam kategori 360° Brand Communication. (Foto: PNM)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) keluar sebagai salah satu pemenang pada Marketeers OMNI Brands of the Year 2023 dalam kategori 360° Brand Communication.

PNM dinilai berhasil memadukan kampanye online dan offline di sepanjang 2022. Strategi tersebut tak hanya sukses memperkuat posisi PNM sebagai BUMN yang berfokus terhadap pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM), tetapi juga meningkatkan performa bisnis.

Peran PNM pun semakin terlihat usai pandemi melanda. Berdasarkan jumlah kredit yang terserap oleh UKM, tercatat terjadi pertumbuhan kredit hingga Agustus 2021, yakni sebesar 2,43 persen year-on-year (yoy).

Produk yang lahir dari MEA itu lantas disempurnakan dengan program brand activation melalui expo UKM. Dengan kata lainm PNM pun turut andil dalam menciptakan pasar bagi usaha kerakyatan.

Arief menyatakan, dalam upaya pengentasan kemiskinan ekstrem di Indonesia, diperlukan kerja sama yang konkret. Hal itu antara lain diwujudkan melalui program integrasi data P3KE dengan data nasabah PNM yang berguna dalam pelaksanaan beragam program PNM ke depannya.

"Hal ini juga sekaligus memberikan tambahan semangat bagi PNM, karena program yang dilakukan PNM sejalan dengan program prioritas pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di Indonesia," ucapnya.

Langkah kedua PNM dalam mendukung pemulihan UKM pasca pandemi adalah dengan komunikasi kreatif melalui platform YouTube. Berbagai konten diunggah PNM, termasuk podcast tentang kisah-kisah sukses UKM binaan PNM, serial kisah inspiratif, dan Program Bakool.

Sementara di Instagram, sejumlah unggahan PNM yang mendapatkan perhatian antara lain PNM Learning Festival, PNM Berinovasi, PNM Bagi Tabungan Kemerdekaan, dan Program Bakool. Arief menyebut, seluruh konten ditujukan bagi pelaku UKM yang ingin naik kelas.

Pada saat bersamaan, PNM juga menerapkan digitalisasi dan pemanfaatan teknologi untuk bisnis.

"Melalui aplikasi PNM Digi Nasabah, masyarakat dapat mengakses informasi mengenai kredit yang tersambung dengan tabungan emas di Pegadaian," kata Arief.

Lebih jauh, PNM juga menyelenggarakan Desa Binaan Madani di Jawa Barat, yakni program pemberdayaan dan pengembangan desa yang bertujuan menciptakan kemandirian dan kesejahteraan. Melalui program Desa Binaan Madani, masyarakat dapat mengembangkan potensi daerah secara mandiri.

Program lain adalah Pemberdayaan Kampung Madani, yang merupakan program pemberdayaan berbasis lokasi atau wilayah dengan melihat populasi nasabah dan non nasabah. Tujuannya, meningkatkan citra PNM, serta meningkatkan kesadaran terhadap produk dan menambah jumlah nasabah.

(rea/rea)

[Gambas:Video CNN]

Mayoritas Kripto Lesu, Bitcoin Turun ke US Ribuan******

Mayoritas harga kripto lesu dalam 24 jam termasuk bitcoin yang turun ke US ribuan.
Mayoritas harga kripto lesu dalam 24 jam termasuk bitcoin yang turun ke US ribuan. (istockphoto/jpgfactory).
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritas harga kripto lesu dalam 24 jam termasuk bitcoin yang turun ke US ribuan.

Mengutip coinmarketcap, Rabu (12/4), penurunan paling parah terjadi di dogecoin yang anjlok 15,74 persen dalam sepekan dan 3,72 dalam 24 jam terakhir. Koin tersebut berada di level USJamin Bahan Pokok, Khofifah Imbau Tak Panic Buying Jelang Lebaran******

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau masyarakat tidak panic buying atau memborong bahan pokok jelang Lebaran 2023.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau masyarakat tidak panic buying atau memborong bahan pokok jelang Lebaran 2023. (Foto: Dok. Pemrov Jatim)
Surabaya, CNN Indonesia--

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansamengimbau masyarakat agar tidak melakukanpanic buyingatau memborong bahan pokok yang ada di pasaran jelang LebaranIdulfitri 1444 H yang makin dekat.

Khofifah mengklaim ketersediaan stok bahan pokok di Jatim sangat aman dan terjaga. Harganya juga, tegas dia, tetap stabil meski sudah mendekati lebaran.

Lihat Juga :
Khofifah Klaim Stok Bahan Pokok di Jatim Aman sampai Lebaran

"Saya ingin menyampaikan kepada semua masyarakat untuk jangan panic buyingatau memborong. Karena ketersediaan bapok ini sangat aman, harganya juga stabil sehingga semuanya aman menyambut Idulfitri 1444 Hijriah," kata Khofifah, Sabtu (8/4).

"Saya memang berkeliling ke berbagai pasar tradisional untuk memastikan bahwa menjelang Idulfitri, ada tiga hal yang terjaga. Pertama ketersediaan bahan pokok aman, kedua, distribusi sampai konsumen dan ketiga, keterjangkauan daya beli masyarakat sehingga masyarakat bisa memenuhi kebutuhannya," ujarnya.

Sebelumnya, peninjauan turut dilakukan di sejumlah pasar di Jatim seperti Pasar Kedungmaling dan Pasar Mojosari Mojokerto (1/4), Pasar Kolpajung Pamekasan (3/4), Pasar Legi Ponorogo (4/4),Pasar Wage Nganjuk (5/4), dan Pasar Sambonggede Tuban (6/4).

Lihat Juga :
Zulhas Klaim Harga Bahan Pokok di Wonokromo 'Jinak' Jelang Lebaran

Beberapa harga komoditas turun, stok Minyakita menipis

Pada peninjauan kali ini, Khofifah menyebutkan bahwa harga bahan pangan pokok di Kabupaten Situbondo stabil bahkan beberapa komoditas harganya turun.

"Pertama kita melihat beras per kilogram. Beras premium di sini kisaran Rp13.000. Ini artinya harga tersebut di bawah HET mengingat saat ini HET beras premium Rp13.900. Kemudian gula harganya Rp13.000 berarti di bawah HET mengingat saat ini HET gula Rp13.500," urai Khofifah.

Namun, stok minyak goreng Minyakita, diakui Khofifah sedang menipis. Tapi masyarakat bisa membeli minyak gorang merk lainnya yang masih banyak tersedia.

"Untuk minyak goreng, saya melihat bahwa Minyakita ini stoknya di berbagai pasar sedang menipis, tetapi produk dari merek minyak goreng yang lain masih ada. InsyaAllah masyarakat bisa mengakses minyak curah ataukah minyak kemasan lainnya dengan harga terjangkau," ucapnya.

Khofifah lantas berpesan pada Bupati Situbondo Karna Suswandi untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok di daerahnya agar sesuai dengan daya beli masyarakat khususnya menjelang Idulfitri.

Lihat Juga :
Jokowi Minta Stok Bahan Pokok Selalu Ada Jelang Lebaran
(frd/pmg)

[Gambas:Video CNN]
,0813 per keping.

Menyusul doge, ada matic atau polygon yang merosot 6,27 persen dalam sepakan dan 2,91 persen dalam sehari. Matic berada di level US,09 per keping.

Tether masih stabil di US per keping dengan pergerakan yang bervariasi. Begitu pun dengan USD Coin yang bergerak dalam rentang US hingga USChina Minta APBN Jadi Jaminan Utang Kereta Cepat Jakarta******

Menko Marves Luhut Panjaitan mengatakan China  minta APBN menjadi penjamin utang Kereta Cepat. Pemerintah masih menolak permintaan itu.
Menko Marves Luhut Panjaitan mengatakan China minta APBN menjadi penjamin utang Kereta Cepat. Pemerintah masih menolak permintaan itu. ((ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Panjaitan mengatakan Chinakekeh minta Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) menjadi penjamin pinjaman utang proyek Kereta CepatJakarta-Bandung (KCJB).

Namun, Luhut tak mengamini tuntutan China tersebut. Ia merekomendasikan penjaminan dilakukan melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) alias PII.

"Memang masih ada masalah psikologis ya, jadi mereka (China) maunya dari APBN. Tapi kita jelaskan prosedurnya akan panjang. Kami dorong melalui PT PII karena ini struktur yang baru dibuat pemerintah Indonesia sejak 2018," kata Luhut dalam konferensi pers di Kemenko Marves, Jakarta Pusat, Senin (10/4).

Di lain sisi, Luhut menyebut China hanya mau menurunkan bunga utang kereta cepat dari 4 persen ke level 3,4 persen. Luhut menyebut bunga utang tersebut masih terlalu tinggi dan pemerintah ingin bunga utang bisa turun sampai 2 persen.

Meski bunga masih cukup tinggi, Luhut mengatakan pemerintah tak masalah. Menurutnya, pemerintah bakal tetap membayarnya karena bunga itu sudah lebih baik dari bunga pinjaman luar negeri lainnya.

"Karena kalau kamu pinjam ke luar juga bunganya sekarang bisa 6 persen juga. Jadi 3,4 persen misalnya sampai situ, we are doing ok walaupun nggak oke-oke amat," dalih Luhut.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Utama PT PII Wahid Sutopo mengatakan belum menerima mandat dari Luhut soal proses penjaminan proyek KCJB tersebut. Kendati, ia menegaskan PT PII hadir untuk melaksanakan penjaminan pemerintah di proyek infrastruktur.

"Terkait proyek KCJB, sampai saat ini kami belum secara resmi menerima penugasan dari pemerintah dalam melakukan penjaminan proyek tersebut," kata Wahid kepada CNNIndonesia.com,Rabu (12/4).

"Namun, sekiranya akan mendapatkan penugasan untuk penjaminan KCJB, kami berkomitmen akan mempersiapkan dengan sebaik-baiknya," sambungnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

[Gambas:Video CNN]
,99 per keping.

BNB berada di level US7 per keping, turun 1,98 persen dalam 24 jam tapi naik 1,34 persen dalam sepekan.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:home credit atau kredivo

Perbarui waktu:2024-06-27

Daftar bab terbaru
judi tergacor
slot gacor tanpa deposit
cara cicil shopee
slot yang gacor saat ini
77neko
situs slot no limit
sl9t demo
daftar slot terbaru 2022
wwb9
Daftar isi semua bab
Bab 1 qqindobet
Bab 2 m88 alternatif
Bab 3 bo baru slot
Bab 4 link slot terpercaya gacor
Bab 5 tafsir mimpi 303
Bab 6 akun slot yang sering menang
Bab 7 slot r
Bab 8 kerja dapat uang
Bab 9 jp paus adalah
Bab 10 slot gacor slot gacor
Bab 11 situs tergacor saat ini
Bab 12 cek limit kredivo
Bab 13 akun resmi judi slot
Bab 14 rajanyapoker
Bab 15 prediksi togel radio sydney
Bab 16 situs paling gacor slot
Bab 17 dana kredivo belum cair
Bab 18 sultan86
Bab 19 mpoid rtp
Bab 20 popcorn slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9878bab
takutBacaan TerkaitMore+

Armada Abyss EVE

seven4d
IHSG melemah 0,65 persen ke 6.749 pada Senin (10/4) terimbas koreksi yang menimpa 395 saham.
IHSG melemah 0,65 persen ke 6.749 pada Senin (10/4) terimbas koreksi yang menimpa 395 saham. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.749 pada Senin (10/4). Indeks saham melemah 43,12 poin atau minus 0,63 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp6,53 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,08 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 167 saham menguat, 395 terkoreksi, dan 167 lainnya stagnan. Terpantau 9 dari 11 indeks sektoral melemah, dipimpin sektor teknologi yang anjlok 3,14 persen.

Bursa saham Eropa juga terpantau tumbuh. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris plus 1,03 persen, indeks CAC 40 di Prancis naik 0,12 persen, dan indeks DAX di Jerman menguat 0,50 persen.

Tak beda jauh, bursa Amerika juga mayoritas perkasa. Indeks S&P 500 naik 0,36 persen, indeks NYSE menguat 0,07 persen, dan indeks NASDAQ Composite plus 0,76 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

[Gambas:Video CNN]

999 kali sistem pelatihan

hokiku88
Sektor konsumer, telekomunikasi hingga perbankan diprediksi menjadi saham andalan pekan ini.
Sektor konsumer, telekomunikasi hingga perbankan diprediksi menjadi saham andalan pekan ini. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG)melemah 29,91 poin atau minus 0,39 persen ke level 6.792 pada perdagangan akhir pekan lalu. Investor bertransaksi senilai Rp21,79 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 21,99 miliar saham.

Dalam rentang Senin-Kamis pekan lalu, indeks saham melemah dua kali dan menguat dua kali. Sementara, performa indeks melemah sebesar 0,24 persen.

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia Yulianto Aji Sadono mengatakan dalam sepekan data perdagangan saham mayoritas ditutup positif.

Kemudian, rata-rata volume transaksi harian bursa selama sepekan turut mengalami peningkatan sebesar 10,87 persen dari 15,276 miliar saham pada pekan sebelumnya menjadi 16,937 miliar saham.

"Lalu untuk rata-rata frekuensi transaksi harian bursa meningkat sebesar 4,57 persen menjadi 1.275.835 dari 1.220.053 transaksi pada sepekan sebelumnya," terang Yulianto seperti dikutip dari situs IDX, Kamis (6/4).

Di sisi lain, kapitalisasi pasar bursa menurun 0,26 persen dari Rp9.488 triliun menjadi Rp9.463 triliun.

Lihat Juga :
Bali Diprediksi Mengalami Kenaikan Turis Domestik Mulai H-7 Lebaran

Pengamat Pasar Modal Riska Afriani memprediksi selama sepekan ke depan, IHSG bergerak di rentang support 6.723 dan resistance 6.815. Menurutnya, pergerakan indeks saham akan ditopang oleh penguatan rupiah terhadap dolar AS dan pembagian dividen dari sejumlah emiten.

Selain itu, investor juga bakal mencermati rilis data ekonomi RI seperti cadangan devisa, indeks kepercayaan konsumen, dan retail sales.

Di satu sisi, Riska mengatakan cuti lebaran dan mudik yang akan datang diperkirakan berpengaruh terhadap indeks saham. Hal itu membuat pelaku pasar cenderung wait and see dan IHSG diperkirakan bergerak konsolidasi.

Sementara dari luar negeri, investor masih mencermati kebijakan bank sentral AS (The Fed) terkait suku bunga (Fed Fund Rate/FFR).

Lihat Juga :
Menhub Beber Rencana Alihkan Penerbangan dari Husein ke Kertajati

"Pekan depan akan rilis data inflasi. Ini menjadi salah satu faktor yang akan dipertimbangkan dalam kenaikan FFR," ucap Riska kepada CNNIndonesia.com.

Riska juga menjelaskan sentimen positif dari penguatan rupiah terhadap dolar AS adalah karena kepercayaan investor yang turun pasca Silicon Valley bangkrut, yang mempengaruhi sejumlah lembaga besar seperti KPMG International Limited, Goldman Sachs Group Inc., Bank of America Corp, dan Morgan Stanley & Co.

Menurut Riska, hal ini tentunya sangat berdampak di dunia keuangan dan akan mempengaruhi pasar modal, terlihat dari dolar AS yang melemah terhadap sejumlah mata uang, termasuk rupiah.

Berdasarkan sentimen di atas dan di tengah kondisi pasar yang cenderung konsolidasi, ia pun menyarankan investor mempersiapkan dana cadangan untuk melakukan akumulasi beli terhadap sejumlah saham yang sedang dalam downtrend namun memiliki kinerja baik.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Buka Suara Usai Soimah Didatangi 'Debt Collector' Pajak

"Sebagai alternatif bisa juga mengamati saham-saham second liner dan third liner untuk melakukan short term trading," imbuh Riska.

Adapun sejumlah saham yang ia rekomendasikan untuk dikoleksi, seperti PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SMGR yang pada pekan lalu ditutup stagnan di level 6.025.

Kemudian, Riska juga merekomendasikan saham PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) yang menguat 2,17 persen ke posisi 1.415 pada pekan lalu.

Selanjutnya ada Indika Energy Tbk atau INDY yang melemah tipis 0,78 persen ke posisi 2.540 pada pekan lalu.

Riska juga merekomendasikan emiten sektor teknologi komunikasi, yakni PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau TLKM yang menguat 2,41 persen ke posisi 4.250 pada pekan lalu.

Ia juga merekomendasikan saham PT United Tractors Tbk atau UNTR yang ditutup stagnan di posisi 29.800 pada pekan lalu. Lalu, Riska juga merekomendasikan saham PT Bank Central Asia Tbk atau BBCA yang menguat 0,29 persen pada pekan lalu ke posisi 8.750.

Lihat Juga :
BPK Temukan Permasalahan Pengelolaan Aset BRIN TA 2021-2022

APLN dan ELSA juga termasuk saham yang direkomendasikan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Putri tertua dari keluarga terkenal

akun judi terpercaya
China bersikukuh meminta APBN menjadi penjamin untuk pinjaman untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.
China bersikukuh meminta APBN menjadi penjamin untuk pinjaman untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. (Algi Febri Sugita/SOPA Images/LightRocket via Getty Images).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) kembali menjadi sorotan usai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan gagal menegosiasikan keinginan pemerintah Indonesia agar bunga pinjaman proyek itu turun dari 4 persen ke 2 persen.

Dari hasil negosiasi Luhut dengan China, Negeri Tirai Bambu hanya mau menurunkan bunga utang kereta cepat di level 3,4 persen.

Adapun total pinjaman yang dinegosiasikan Indonesia ke China Development Bank (CDB) sebesar US0 juta atau Rp8,3 triliun (kurs Rp14.841 per dolar AS). Utang itu akan digunakan untuk membiayai pembengkakan biaya (cost overrun) KCJB sebesar US,2 miliar atau Rp17,8 triliun.

Pinjaman tersebut merupakan bagian dari struktur pembiayaan KCJB yang membuat China dan Indonesia yang ikut menanggung beban cost overrun, di mana 25 persen berasal dari ekuitas konsorsium dan 75 persen dari pinjaman dari CBD.

Pemerintah sendiri sudah menyuntikkan penyertaan modal negara (PMN) Rp3,2 triliun ke KAI untuk memenuhi porsi ekuitas konsorsium Indonesia di KCIC.

Sedangkan dalam porsi pinjaman 75 persen, Indonesia menanggung 60 persen dan China 40 persen. Maka dari itu porsi utang Indonesia adalah 75 persen dikalikan US,2 miliar kemudian dikalikan 60 persen sehingga diperoleh sekitar US0 juta.

Lihat Juga :
Menhub Minta Masyarakat Tak Mudik 19-20 April Agar Tak Terjebak Macet

Luhut menyebut pemerintah tidak akan menyerah dan akan kembali bernegosiasi agar bunga pinjaman utang itu bisa di bawah 3,4 persen.

"Kemarin dia sudah mau turun dari 4 persen, tapi angkanya kita mau lebih rendah lagi. Offer pertama 3,4 persen dari 4 persen, tapi kita masih ingin lebih rendah lagi kalau bisa. Maunya kita 2 (persen)," ujar Luhut dalam konferensi pers, Senin (10/4).

Kendati demikian, Luhut yakin pemerintah mampu membayar bunga 3,4 persen tersebut. Ia berharap jangan pernah ada yang meragukan pemerintah di tengah penerimaan pajak yang tokcer.

"Enggak ada masalah. Kamu kok meragukan negaramu sih. Kamu jangan underestimate, negara kita makin efisien makin baik. Lihat penerimaan pajak kita naik 48,6 persen tahun lalu. Karena banyak efisiensi, efisiensi batu bara efisiensi mesin segala macam. Itu kadang kita nggak sadar," pungkasnya.



Bukan hanya tak mau menurunkan bunga, China juga kekeh minta Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) menjadi penjamin untuk pinjaman untuk proyek tersebut.

Namun Luhut tak mengiyakan permintaan China itu. Ia justru merekomendasikan penjaminan dilakukan melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) alias PII.

"Memang masih ada masalah psikologis ya, jadi mereka (China) maunya dari APBN. Tapi kita jelaskan prosedurnya akan panjang. Kami dorong melalui PT PII karena ini struktur yang baru dibuat pemerintah Indonesia sejak 2018," kata Luhut.

Lantas apa dampak yang dirasakan Indonesia jika China tidak mau menurunkan bunga dan meminta APBN sebagai jaminan?

Lihat Juga :
RI Pesimis China Mau Turunkan Bunga Utang Kereta Cepat Jadi 2 Persen

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan meski China tidak mau menurunkan bunga, bukan berarti Indonesia berpotensi gagal bayar. Hanya saja, beban utang yang ditanggung akan sangat berat dan ujungnya akan mengandalkan APBN.

"Kalau asumsinya penerimaan pajak tinggi sehingga kemampuan bayar utang tinggi itu sepertinya kurang tepat. Bisa dilihat rasio pajak kita kan jelek naik turun di 8-10 persen, itu pun kemarin karena dapat durian runtuh batu bara saja jadi naik, tahun ini rasio pajaknya turun lagi," kata Bhima kepada CNNIndonesia.com, Rabu (12/4).

Namun, Bhima mengatakan kalau sampai utang tersebut gagal dibayar, maka konsesi pengelolaan kereta cepat bisa diambil alih kreditur China. Bahkan pemasukan dari tiket kereta pun akan langsung jadi pendapatan kreditur.

Lihat Juga :
Elon Musk 'Pamer' PHK 80 Persen Karyawan Twitter

Gagal bayar utang juga bisa berimbas pada merosotnya rating surat utang pemerintah di mana investor tidak lagi percaya, dan bisa membuat rupiah melemah cukup dalam karena keluarnya dana asing. Defisit APBN pun bisa melebar dan sulit ditutup dengan penerbitan utang baru.

Menurut Bhima, yang menjadi masalah sebenarnya bukan soal negosiasi bunga, tapi persoalan menanggung biaya risiko cost overrun. Kalau bicara bunga, imbuhnya, pemerintah Indonesia yang tetap keluar uang baik melalui BUMN maupun APBN langsung.

"Pengajuan pinjaman baru untuk menutup cost overrun hanya untungkan pihak kreditur karena pembengkakan biaya juga dimulai dari kesalahan proses perencanaan di awal atau feasibility study. Waktu itu proses perencanaan proyek over optimis dan kreditur menawarkan bunga murah, tapi begitu dijalankan ada biaya bengkak. Apa semua full tanggung jawab BUMN dan pemerintah Indonesia? Ini kan kurang fair," kata Bhima.



Proyek kereta cepat harusnya tak dikaitkan dengan penerimaan negara

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Tentara Pembebasan Alien

joker128
Dirut Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan perbedaan penanganan mudik di tol tahun ini adalah tidak ada sistem one way di Tol Japek seperti tahun lalu.
Dirut Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan perbedaan penanganan mudik di tol tahun ini adalah tidak ada sistem one way di Tol Japek sebagaimana dilakukan tahun lalu. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama PT Jasa Marga(Persero) Subakti Syukur mengatakan ada perbedaan terkait penanganan mudikdi jalan tolpada tahun ini. Ia menyebut tidak akan ada sistem one wayatau satu arah di Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Hal ini lantaran sudah ada pelebaran jalur di KM 48 hingga KM 66.

"Masyarakat dari Jabotabek dan Bandung saat one waydi Tol Trans Jawa dari KM 72 Cikampek sampai KM 414 Semarang masih bisa menggunakan jalur Japek sehingga tidak perlu lagi one waydi Japek maupun one wayyang cukup parah di sekitar Jabotabek," kata Subakti dalam rapat dengan komisi VI DPR, Senin (10/4).

Selain itu, Jasa Marga juga mempersiapkan jalur fungsional tanpa tarif di Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dengan dua opsi dari Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 dan Sadang-Taman Mekar sepanjang 28,5 km. Kemudian Jalan Tol-Yogyakarta sepanjang 6 km.

Tidak hanya di jalur, antisipasi kepadatan juga dilakukan di rest areadengan menambah toilet hingga mencapai 1.772 bilik, mengoperasikan rest area systemsebagai indikator kepadatan direst area, serta berkoordinasi dengan kepolisian untuk pengamanan dan pengaturan kendaraan di rest area.

Sebelumnya, Jasa Marga mengungkapkan masyarakat yang mudik Lebaran tahun ini hanya boleh berada di rest areamaksimal selama 30 menit. Dari 59rest areayang dikelola Jasa Marga, terdapat 23 titik yang akan ramai sekali.

"Kapasitas parkir hanya 500 kendaraan, kami perkirakan tahun ini Lebaran bisa 1.500 kendaraan. Kami tempatkan pos dan flowdiatur maksimum 30 menit di sini siapkan rambu," ucap Subakti.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Satu pedang untuk dimuliakan

detik bet88