petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

voucher gofood juli 2022

buku mimpi 84 347Jutaan kata 442105Orang-orang telah membaca serialisasi

《voucher gofood juli 2022》

Vice Umumkan PHK Ratusan Karyawan dan Setop Terbitkan Konten******

Vice Media bakal melakukan PHK terhadap ratusan karyawan hingga menghentikan penerbitan di situs webnya.
Vice Media bakal melakukan PHK terhadap ratusan karyawan hingga menghentikan penerbitan di situs webnya. (Foto: Getty Images/Mario Tama)
Jakarta, CNN Indonesia--

Vice Media bakal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan karyawan hingga menghentikan penerbitan di situs webnya.

CEO Vice Media Bruce Dixon mengungkap langkah ini dilakukan lantaran perusahaan tengah melakukan perubahan mendasar pada visi strategis, di bawah kepemilikan investor baru.

"Keputusan ini tidak dibuat dengan mudah, dan saya memahami dampak signifikan yang akan ditimbulkan terhadap mereka yang terkena dampak," ujar Dixon kepada para karyawannya melalui memo internal, Kamis (22/2), dilansir dari CNN Business.

Ia menjelaskan situs yang berfokus pada gaya hidup wanita Refinery29 bakal terus beroperasi secara independen. Ia menyebut Vice sedang dalam diskusi lanjutan untuk menjual bisnis tersebut.

"Mitra keuangan kami sangat mendukung dan telah setuju untuk berinvestasi dalam model operasi ini di masa mendatang. Kami akan menjadi lebih kuat dan lebih tangguh saat kami memulai fase baru dalam perjalanan kami," katanya.

Menjelang pengumuman PHK tersebut, suasana di dalam Vice Media terasa suram. Para karyawan berjuang untuk bekerja di tengah rumor yang beredar tentang nasib media tersebut.

Lihat Juga :
Gaji dan Fasilitas Ahmad Dhani, Once Cs Jika Terpilih Jadi Anggota DPR

Seorang karyawan senior Vice menyebut kabar itu sungguh memilukan.

"Sangat menyedihkan melihat sekelompok reporter yang telah memberikan dampak yang signifikan di dunia harus mengakhiri pekerjaan mereka dengan cara seperti ini," ujar dia.

Vice Media, yang pernah menjadi perusahaan rintisan media digital yang bernilai miliaran dolar, telah mengalami kesulitan besar dalam beberapa tahun terakhir.

Perusahaan ini diakuisisi dari kebangkrutan oleh Fortress Investment Group dan dua kreditur lainnya tahun lalu dengan nilai hanya US0 juta atau setara Rp5,45 triliun (asumsi kurs Rp15.588 per dolar AS).

Pergeseran strategis radikal yang diumumkan oleh Dixon secara efektif menandai akhir dari Vice Media yang selama ini dikenal di industri ini.

Setelah dianggap sebagai masa depan bisnis, Vice Media dengan cepat menyusut selama 12 bulan terakhir, mengakhiri beberapa program berita dan memberhentikan para karyawannya.

Divisi berita Vice mendapat pengakuan atas jurnalismenya, meraih penghargaan paling bergengsi di industri ini untuk pelaporan lapangan yang mendalam dari seluruh dunia.

Pada 2020 silam, Vice meraih Penghargaan Pulitzer untuk pertama kalinya untuk pelaporan audio tentang pencari suaka yang diculik di Meksiko.

Sementara itu Vice News memimpin perolehan Emmy Awards untuk kategori berita dan dokumenter dalam beberapa tahun terakhir, bersaing dan terkadang melampaui organisasi berita yang sudah mapan.

Kemudian baru pekan ini, Vice News memenangkan Polk Award untuk pelaporan televisi untuk liputannya tentang tentara bayaran Rusia.

Meskipun divisi redaksi mendapat pujian atas pemberitaannya, Vice terjerat dalam berbagai kesulitan bisnis dan perubahan eksekutif. Hal ini termasuk pengunduran diri salah satu pendiri, Shane Smith, pada 2018 dan kepergian penggantinya, kepala eksekutif Nancy Dubuc, pada awal tahun ini.

Ketika Vice menjajaki penjualan, perusahaan juga terus melakukan restrukturisasi dan memangkas jumlah tenaga kerjanya. Tahun lalu, perusahaan ini membatalkan program andalannya 'Vice News Tonight' sebelum mengajukan pailit pada Mei 2023 silam.

Dengan ini, Vice Media menjadi salah satu perusahaan dalam daftar panjang penerbit digital yang telah mengumumkan PHK dalam beberapa bulan terakhir.

Outlet berita startup The Messenger ditutup bulan lalu, Business Insider memangkas 8 persen karyawannya. Kemudian, BuzzFeed mengatakan bahwa mereka akan memangkas 16 persen dari tenaga kerjanya karena merencanakan arah strategis yang baru.

Pemangkasan ini terjadi karena model bisnis yang membuat sebagian besar industri berita dan media bertahan selama beberapa dekade runtuh di tengah pasar periklanan yang lemah, anjloknya trafik rujukan media sosial, dan ancaman artificial intelligence (AI).

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Ribuan personel juga disiapkan untuk Operasi Keselamatan Jaya 2024******

Ribuan personel juga disiapkan untuk Operasi Keselamatan Jaya 2024
Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto saat memimpin apel di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Sabtu (2/3/2024). ANTARA/HO-Humas Polda Metro Jaya
agar dapat menghargai petugas kami di lapangan
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menyiapkan sebanyak 2.939 personel gabungan untuk Operasi Keselamatan Jaya 2024, selama 14 hari mulai 4 Maret sampai 17 Maret 2024. "Operasi ini akan melibatkan 2.939 personel yang terdiri dari 2.659 personel Polri, 80 personel TNI, 30 personel Dinas Perhubungan dan 30 personel dari Satpol-PP, " kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto saat memimpin apel di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Sabtu. Suyudi menjelaskan operasi ini digelar sebagai bentuk kepedulian Polda Metro Jaya beserta jajaran dan instansi terkait dalam mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. "Untuk mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas kunci utama, yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan kesadaran berlalu lintas yang baik di masyarakat," katanya. Selanjutnya Suyudi menyebutkan operasi ini juga bertujuan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) di bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif dan humanis.

Baca juga: Operasi Keselamatan Jaya 2023 tindak 40.601 kasus selama 14 hari "Operasi ini didukung dengan penegakan hukum secara elektronik baik statis maupun portabel dan teguran simpatik dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamselticarlantas)," katanya.

Hal itu, lanjutnya, juga bertujuan guna meraih simpati masyarakat menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan disiplin dalam berlalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya. 
Sejumlah peserta mengikuti apel Operasi Keselamatan Jaya 2024 di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Sabtu (2/3/2024). ANTARA/HO--Humas Polda Metro Jaya


Suyudi menambahkan kegiatan ini juga sekaligus sebagai bentuk upaya menciptakan kondisi kamsetibcarlantas menjelang Ramadhan 1445 Hijriyah. "Sehingga diharapkan masyarakat dapat lebih siap dan disiplin dalam berlalu lintas serta angka kecelakaan pada Ramadhan dapat berkurang, " katanya. Kemudian dalam operasi ini, Suyudi menjelaskan ada sejumlah sasaran yang difokuskan di antaranya yaitu melawan arus, pengguna alkohol pada saat mengendara dan tidak menggunakan sabuk pengaman (seat belt).

Baca juga: Lawan arus dominasi pelanggaran pada Operasi Keselamatan Jaya

Selain itu, tidak pakai helm, pengguna "sirine strobo" liar, beban lebih dan lebar kendaraan ("overload over" dimensi/ODOL) dan juga beberapa pelanggaran lainnya. "Kami mohon dukungan dari segenap masyarakat khususnya di Jakarta agar dapat menghargai petugas kami di lapangan, dapat bekerja sama dan berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terutama dalam hal berlalu lintas, " ucapnya. Apel gelar pasukan ini juga dihadiri oleh pihak terkait di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024

Menteri Basuki Dampingi Jokowi Lagi Usai Diisukan Mau Mundur******

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terlihat mendampingi Jokowi lagi setelah sebelumnya sempat ramai diisukan ingin mundur dari kabinet.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terlihat mendampingi Jokowi lagi setelah sebelumnya sempat ramai diisukan ingin mundur dari kabinet. (CNN Indonesia/Christie Stefanie).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljonoterlihat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) lagi.

Basuki sebelumnya sempat absen dari kegiatan-kegiatan peresmian pembangunan oleh Jokowi hingga memantik spekulasi politik bahwa ia akan mundur dari kabinet jelang Pemilu 2024 ini.

Ia muncul di Makassar, Sulawesi Selatan saat Jokowi meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPAL-DT) Losari pada Kamis (22/2).

Di hari yang sama, Basuki juga turut mendampingi Jokowi meresmikan akses Tol Makassar New Port (MNP).

Dalam peresmian ini, hadir pula Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan juga Erick Thohir.

Sebelumnya, Basuki sempat tak tampak mendampingi Jokowi dalam peresmian ruas Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Limapuluh di Sumatera Utara pada Rabu (7/2) silam.

Kala itu, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja mengatakan Basuki tidak bisa hadir di Sumut lantaran masih menghadiri forum di luar negeri, yakni 5th Mediterranean Water Forum di Tunisia.

[Gambas:Video CNN]

Hal ini pun memicu spekulasi politik bahwa Basuki mundur jelang pemungutan suara Pemilu 2024. Rumor itu mulanya diungkap ekonom senior Faisal Basri.

Faisal mengaku mengajak sejumlah menteri untuk mundur dari kabinet karena Jokowi dianggap berpihak pada pasangan calon nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Namun rumor ini segera ditepis oleh Basuki. Ia menegaskan akan tetap loyal ke Jokowi sampai akhir masa pemerintahan kabinetnya berakhir.

"Alah itu sudah lewat, besok sudah nyoblos. Saya kan kerja terus. Perintahnya kan begitu," ujar Basuki saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (13/2).



(del/agt)




bab terbaru:sihoki login

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
slot gacor gampang menang
rtp win88
lvb777
pausslot
togel master hk
cara daftar pasang togel
rtp abadicash
slot online terbesar
pola mahjong terbaru
Daftar isi semua bab
Bab 1 imbaslit
Bab 2 nxslot88
Bab 3 apple88
Bab 4 pesonaqq
Bab 5 deposlot
Bab 6 mandiri888
Bab 7 slot games slot
Bab 8 pola gacor wild west gold
Bab 9 situs slot gacor hari ini
Bab 10 daftar judi slot online terbaru
Bab 11 pinjol ojk cepat cair bunga rendah
Bab 12 belut 2d
Bab 13 slot gacor 333
Bab 14 banktogel
Bab 15 keluaran semua togel hari ini
Bab 16 lux138 slot
Bab 17 link slot tergacor dan terpercaya
Bab 18 link slot online luar negeri
Bab 19 naga138
Bab 20 klik klik dapat uang
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7995bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Raja Makanan

garuda88
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional pada Rabu (21/2). Berikut besaran gajinya.
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional pada Rabu (21/2). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Pelantikan dilakukan pagi ini, Rabu (21/2) di Istana Negara.

AHY dilantik menggantikan Hadi Tjahjanto yang diangkat menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam).

Menjadi menteri, maka AHY akan mendapatkan gaji, tunjangan dan sejumlah fasilitas dari negara. Hal ini sama dengan menteri dan pejabat negara lainnya.

Sementara, untuk tunjangan menteri tertuang dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 68 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Keputusan Presiden Nomor 168 Tahun 2.000 tentang Tunjangan Jabatan bagi Pejabat Negara Tertentu.

Dalam kepres ini, ditetapkan tunjangan menteri sebesar Rp13.608.000 per bulan. Di mana, aturan ini berlaku sejak 1 April 2.000 lalu.

Artinya, untuk gaji pokok dan tunjangan saja, AHY akan mendapatkan sekitar Rp18 juta per bulan.

Namun, angka ini belum menghitung tunjangan lainnya maupun dana operasional serta fasilitas yang diperoleh oleh seorang menteri.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Evolusi: Saya menjadi beruang kutub

list pinjaman online ojk
Kemendag: Penurunan harga referensi CPO dipengaruhi pelemahan rupiah
Foto Dokumen: Seorang pekerja memeriksa kualitas minyak sawit mentah (CPO) di unit pemrosesan CPO milik negara di provinsi Sumatera Utara, Indonesia 29 Mei 2012. ANTARA/REUTERS/Tarmizy Harva
Penurunan HR CPO ini dipengaruhi oleh penurunan harga minyak nabati lainnya terutama kedelai (soybean) dan melemahnya kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebut harga referensi (HR) komoditas minyak kelapa sawit atau crude palm oil(CPO) turun menjadi 798,90 dolar AS per metrik ton (MT) akibat melemahnya kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Budi Santoso mengatakan, harga minyak kelapa sawit untuk penetapan bea keluar (BK) pada Maret 2024 ini turun 0,93 persen dari periode sebelumnya yang tercatat sebesar 806,40 dolar AS per MT.

"Penurunan HR CPO ini dipengaruhi oleh penurunan harga minyak nabati lainnya terutama kedelai (soybean) dan melemahnya kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat," kata Budi melalui keterangan di Jakarta, Sabtu.

Budi menyampaikan saat ini, HR minyak kelapa sawit mengalami penurunan yang mendekati ambang batas, yaitu sebesar 680 dolar per MT. Untuk itu, merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan yang berlaku saat ini, pemerintah mengenakan BK minyak kelapa sawit sebesar 33 dolar AS per MT dan pungutan ekspor (PE) minyak kelapa sawit sebesar 85 dolar AS per MT untuk periode 1-31 Maret 2024.

Penetapan HR CPO bersumber dari rata-rata harga periode 25 Januari-24 Februari 2024 pada bursa CPO di Indonesia sebesar 773,31 dolar AS per MT, Malaysia sebesar 824,49 dolar AS per MT, dan Pasar Lelang CPO Rotterdam sebesar 898,70 dolar AS per MT.

Sementara itu, untuk minyak goreng (refined, bleached, and deodorized/RBD palm olein) dalam kemasan bermerek dan dikemas dengan berat netto ≤ 25 kg dikenakan BK 0 dolar AS per MT.

Penetapan merek tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 200 Tahun 2024 tentang Daftar Merek Refined, Bleached, and Deodorized (RBD) Palm Oleindalam Kemasan Bermerek dan Dikemas dengan Berat Netto ≤ 25 kg.

Baca juga: Bappebti lakukan evaluasi bursa CPO pada Februari 2024
Baca juga: Harga TBS sawit tertinggi awal 2024 di Kalbar Rp2.370,62/Kg
Baca juga: Harga CPO pada Februari 2024 naik 4,06 persen

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024

Riasan merah di seluruh dunia

dewi365
Kemendag: Penurunan harga referensi CPO dipengaruhi pelemahan rupiah
Foto Dokumen: Seorang pekerja memeriksa kualitas minyak sawit mentah (CPO) di unit pemrosesan CPO milik negara di provinsi Sumatera Utara, Indonesia 29 Mei 2012. ANTARA/REUTERS/Tarmizy Harva
Penurunan HR CPO ini dipengaruhi oleh penurunan harga minyak nabati lainnya terutama kedelai (soybean) dan melemahnya kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebut harga referensi (HR) komoditas minyak kelapa sawit atau crude palm oil(CPO) turun menjadi 798,90 dolar AS per metrik ton (MT) akibat melemahnya kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Budi Santoso mengatakan, harga minyak kelapa sawit untuk penetapan bea keluar (BK) pada Maret 2024 ini turun 0,93 persen dari periode sebelumnya yang tercatat sebesar 806,40 dolar AS per MT.

"Penurunan HR CPO ini dipengaruhi oleh penurunan harga minyak nabati lainnya terutama kedelai (soybean) dan melemahnya kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat," kata Budi melalui keterangan di Jakarta, Sabtu.

Budi menyampaikan saat ini, HR minyak kelapa sawit mengalami penurunan yang mendekati ambang batas, yaitu sebesar 680 dolar per MT. Untuk itu, merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan yang berlaku saat ini, pemerintah mengenakan BK minyak kelapa sawit sebesar 33 dolar AS per MT dan pungutan ekspor (PE) minyak kelapa sawit sebesar 85 dolar AS per MT untuk periode 1-31 Maret 2024.

Penetapan HR CPO bersumber dari rata-rata harga periode 25 Januari-24 Februari 2024 pada bursa CPO di Indonesia sebesar 773,31 dolar AS per MT, Malaysia sebesar 824,49 dolar AS per MT, dan Pasar Lelang CPO Rotterdam sebesar 898,70 dolar AS per MT.

Sementara itu, untuk minyak goreng (refined, bleached, and deodorized/RBD palm olein) dalam kemasan bermerek dan dikemas dengan berat netto ≤ 25 kg dikenakan BK 0 dolar AS per MT.

Penetapan merek tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 200 Tahun 2024 tentang Daftar Merek Refined, Bleached, and Deodorized (RBD) Palm Oleindalam Kemasan Bermerek dan Dikemas dengan Berat Netto ≤ 25 kg.

Baca juga: Bappebti lakukan evaluasi bursa CPO pada Februari 2024
Baca juga: Harga TBS sawit tertinggi awal 2024 di Kalbar Rp2.370,62/Kg
Baca juga: Harga CPO pada Februari 2024 naik 4,06 persen

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024

teramat

kode link slot
IHSG ditutup di level 7.352 pada Selasa (20/2) sore. Indeks saham menguat 55,89 poin atau 0,77 persen imbas terdongkrak kinerja 274 saham.
IHSG ditutup di level 7.352 pada Selasa (20/2) sore. Indeks saham menguat 55,89 poin atau 0,77 persen imbas terdongkrak kinerja 274 saham. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 7.352 pada Selasa (20/2) sore. Indeks saham menguat 55,89 poin atau 0,77 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,4 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 14,4 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 274 saham menguat, 245 terkoreksi, dan 243 lainnya stagnan.

Beralih ke asing, bursa saham Asia bervariasi.

Tercatat Nikkei 225 di Jepang melemah 0,28 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong menguat 0,5 persen, sedangkan indeks Kospi Korea Selatan turun 0,84 persen.

Sementara itu, bursa saham Eropa kompak melemah. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris melemah 0,25 persen, indeks DAX di Jerman 0, persen, dan indeks CAC 40 di Prancis 0,12 persen.

Menyusul Eropa, bursa saham AS pun melemah. Indeks S&P 500 melemah 0,48 persen, indeks NYSE Composite turun 0,015 persen, dan indeks NASDAQ Composite turun 3,9 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Sungguh merepotkan untuk mengusir setan

pinjam dana di dana
Pedagang menduga lonjakan harga beras belakangan ini dipicu oleh gelontoran bansos pangan jelang Pilpres 2024. Sementara Jokowi menyebut karena masalah panen.
Pedagang menduga lonjakan harga beras belakangan ini dipicu oleh gelontoran bansos pangan jelang Pilpres 2024. Sementara Jokowi menyebut karena masalah panen. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga beras di tanah air terus mengalami tren kenaikan belakangan ini. Bahkan, kenaikan harga beras ini jauh melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah dan mencetak rekor baru.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategi Nasional (PIHPS), harga beras kualitas medium per Jumat (23/2) dipatok di Rp15.500-Rp15.650 per kg. Sementara beras kualitas super di kisaran Rp16.500-Rp17 ribu per kg.

Sekretaris Jenderal Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Reynaldi Sarijowan menyebut harga beras saat ini tembus rekor tertinggi hingga Rp18 ribu di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kualitas premium.

"Beras premium sendiri itu sudah di angka Rp18 ribu sampai Rp19 ribu per kilogramnya," kata dia kepada CNNIndonesia.com, Kamis (22/2).

Reynaldi menyindir lonjakan harga itu dipicu masifnya gelontoran bansos dan bantuan pangan beras 10 kg sebelum Pilpres 2024 kemarin. Pasalnya, setelah itu, kelangkaan pasokan beras mulai terjadi.

Menurutnya, pembagian bansos dalam momentum politik itu tentu menimbulkan tarik-menarik dengan stok beras di pasar. Ujungnya terjadi lonjakan harga, bahkan kelangkaan.

"Tentu menteri yang terkait dalam hal ini, seperti Menteri Perdagangan (Zulkifli Hasan) dan Menteri BUMN (Erick Thohir) yang memang secara 'telanjang' mendukung paslon tertentu. Namun, tidak memperhatikan nasib petani kecil kita, pedagang kecil kita," kritik Reynaldi.

"Fakta bahwa harga beras tinggi ini bukti pemerintah tidak serius menanganinya. Jelas bahwa tata niaga pangan kita ini mesti diperbaiki dan perlu ada perubahan agar tidak terjadi seperti ini terus-menerus," tambahnya.

Sementara itu Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi  menyebut kenaikan harga beras terjadi karena harga gabah memang sudah tinggi di tingkat petani; di atas Rp7.000 per kg.

"Jadi kondisi harga gabah yang sudah sampai di atas Rp7.500 itu terjadi di hampir semua sentra produksi," ujar dia dalam media briefing di Kantor Pusat Bulog Jakarta, Selasa (13/2).

Bayu merinci harga gabah petani dan harga beras di sentra produksi yang dicatat Bulog per 12 Februari 2024. Di Indramayu, misalnya, harga gabah sebesar Rp7.350 per kg dan beras premiumnya Rp15.475, di Karawang gabahnya Rp7.150 per kg dan berasnya Rp14.333.

Kemudian, di Banyumas harga gabah Rp8.300 per kg dan beras Rp15 ribu per kg, di Sragen gabahnya Rp8.100 dan beras premiumnya Rp14.200 per kg. Di Ngawi harga gabah Rp8.200 per kg dan beras premiumnya Rp15.700 per kg.

[Gambas:Video CNN]

Selanjutnya, di Sidrap, Sulawesi Selatan harga gabahnya Rp7.900 per kg dan beras premiumnya Rp14.050 per kg.

Menurutnya, kenaikan harga terjadi di seluruh negeri akibat harga gabah yang melonjak. Itu untuk kualitas gabah kering dan beras premium.

Jokowi juga pernah mengungkap alasan mengapa harga beras masih mahal di pasaran. Menurut dia, harga beras masih naik karena saat ini belum masuk masa panen raya.

"Ya belum panen raya. Kalau nanti produksinya melimpah pas panen raya, pasti harganya juga turun," ujarnya usai melakukan peninjauan di Pasar Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, beberapa waktu silam.

Lihat Juga :
Sama-sama Kena El Nino, Kenapa Thailand Masih Bisa Ekspor Beras?
(del/agt)

Agung Kuno

pinjol chili legal atau ilegal
Pedagang pasar menyebut harga beras saat ini yang tembus Rp18 ribu per kg menjadi kenaikan harga beras tertinggi dalam sejarah.
Pedagang pasar menyebut harga beras saat ini yang tembus Rp18 ribu per kg menjadi kenaikan harga beras tertinggi dalam sejarah. (Foto: CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pedagang pasar tradisional menyebut kenaikan hargaberasyang terjadi belakangan adalah yang tertinggi dalam sejarah di era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kenaikan harga beras ini jauh melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah dan mencetak rekor baru, tembus hingga Rp18 ribu per kg.

Sekretaris Jenderal Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Reynaldi Sarijowan mengatakan sulit mendapatkan beras medium dan premium. Kalaupun ada, harga beras premium di pasar sebesar Rp18.500 per kilogram (kg).

Reynaldi menyindir keberadaan bansos beras 10 kg yang masif digulirkan jelang Pilpres 2024, sebelum kelangkaan di pasar ini terjadi. Menurutnya, pembagian bansos dalam momentum politik itu menimbulkan tarik-menarik dengan stok beras di pasar. Ujungnya terjadi lonjakan harga, bahkan kelangkaan.

"Tentu menteri yang terkait dalam hal ini, seperti Menteri Perdagangan (Zulkifli Hasan) dan Menteri BUMN (Erick Thohir) yang memang secara 'telanjang' mendukung paslon tertentu. Namun, tidak memperhatikan nasib petani kecil kita, pedagang kecil kita," kritik Reynaldi.

"Fakta bahwa harga beras tinggi ini bukti pemerintah tidak serius menanganinya. Jelas bahwa tata niaga pangan kita ini mesti diperbaiki dan perlu ada perubahan agar tidak terjadi seperti ini terus-menerus," tambahnya.

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan Badan Pangan Nasional No 7 Tahun 2023, HET beras berlaku sejak Maret 2023 adalah Rp10.900 per kg medium, sedangkan beras premium Rp13.900 per kg untuk zona 1 yang meliputi Jawa, Lampung, Sumsel, Bali, NTB, dan Sulawesi.

Sementara, HET beras di zona 2 meliputi Sumatera selain Lampung dan Sumsel, NTT, dan Kalimantan dipatok Rp11.500 per kg medium dan beras premium Rp14.400 per kg. Sementara di zona ke 3 meliputi Maluku dan Papua, HET beras medium sebesar Rp11.800 per kg, dan untuk beras premium sebesar Rp14.800 per kg.

Adapun berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategi Nasional (PIHPS), harga beras kualitas medium per Jumat (23/2) dipatok di Rp15.500-Rp15.650 per kg. Sementara beras kualitas super di kisaran Rp16.500-Rp17.000 per kg.

Namun di pasaran, harga beras premium bisa tembus Rp18 ribu per kg. Harga saat ini sudah jauh melampaui HET.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)