petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

rtp palu4d

nagamas99 657Jutaan kata 351616Orang-orang telah membaca serialisasi

《rtp palu4d》

Program BTS "Teman Bus" bisa hemat biaya transportasi hingga 70 persen******

Program BTS "Teman Bus" bisa hemat biaya transportasi hingga 70 persen
Ilustrasi - Layanan angkutan massal perkotaan berbasis jalan dengan skema pembelian layanan atau "buy the service" (BTS) dengan nama "Teman Bus". ANTARA/HO-Ditjen Perhubungan Darat/aa.
Di 2024, kami akan terus melanjutkan program ini demi memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 139 yang menyatakan bahwa pemerintah wajib menjami
Jakarta (ANTARA) - Hasil survei Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada pelanggan Teman Bus di 10 kota menunjukkan sebagian besar masyarakat merasakan adanya penghematan biaya transportasi per bulan sebesar 30-70 persen.

Direktur Angkutan Jalan Ditjen Hubdat Suharto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat menyampaikan adanya peningkatan jumlah masyarakat yang beralih dari sepeda motor ke "Teman Bus" pada 2023 dari tahun sebelumnya sebesar 61 persen.

Diketahui, Ditjen Hubdat masih terus memberikan layanan angkutan massal perkotaan berbasis jalan dengan skema pembelian layanan atau buy the service (BTS) dengan nama "Teman Bus" di 2024.

Survei tersebut menunjukkan kehadiran "Teman Bus" berkontribusi pada penghematan biaya transportasi masyarakat, terlebih lagi dengan adanya pemberlakuan integrasi tarif layanan BTS.

Selain itu, dari hasil survei tersebut juga diperoleh data tingkat shiftingpelanggan "Teman Bus" yang sebelumnya sebagai pengguna sepeda motor, yaitu sebanyak 72 persen.

"Tingkatshiftingyang di atas 70 persen untuk kendaraan roda dua ini menandakan peningkatan minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum. Kami berharap dengan adanya "Teman Bus" dapat mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas dan juga kemacetan di kota-kota besar," ungkap Suharto.

Selain itu, ia mengatakan untuk kendaraan roda empat juga terjadi peningkatan tingkat shiftingpengguna "Teman Bus", dari yang sebelumnya 5 persen pada 2022 menjadi 23 persen pada 2023.

Adapun, selama 2020 hingga 2023, "Teman Bus" telah melayani penumpang sebanyak 72.138.046 orang dengan rata-rata penumpang harian, yaitu sebanyak 70.496 orang.

"Di 2024, kami akan terus melanjutkan program ini demi memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 139 yang menyatakan bahwa pemerintah wajib menjamin tersedianya angkutan umum," ucap Suharto.

Pada 2024, program BTS kembali diterapkan di 10 kota, yakni Palembang, Medan, Bali, Surakarta, Yogyakarta, Makassar, Banyumas, Banjarmasin, Bandung, dan Surabaya. Namun demikian, ada beberapa wilayah yang pelayanannya akan diambil alih oleh pemerintah daerah setempat.

Untuk di Kota Medan, rencana akan dilayani oleh lima koridor dan 72 bus, seluruh koridor akan diambil alih oleh pemerintah kota mulai pertengahan 2024. Sedangkan, di Kota Surakarta akan beroperasi sembilan koridor dengan 116 bus dan 111 MPU feeder, terdapat tiga koridor yang diambil alih pemerintah kota setempat mulai Januari 2024.

Sementara di Bandung, beroperasi lima koridor dengan 96 bus dan sebanyak dua koridor diambil alih kelola oleh Pemprov Jawa Barat pada Januari 2024. Untuk Banjarmasin, beroperasi sebanyak empat koridor dengan 75 bus, di mana seluruh koridor akan dikelola Pemprov Kalimantan Selatan mulai Mei 2024. Kemudian, di Surabaya akan beroperasi dua koridor dengan 31 bus dan akan diambil alih satu koridor oleh pemerintah daerah setempat pada pertengahan 2024.

"Sisanya, yaitu untuk Kota Yogyakarta, Bali, Palembang, Banyumas, dan Makassar layanan masih akan tetap dioperasikan oleh Ditjen Perhubungan Darat. Pemerintah pusat dalam hal ini memiliki peran memberikan stimulus berupa subsidi pengembangan angkutan umum perkotaan untuk kemudian bisa dilanjutkan pengelolaannya oleh masing-masing pemerintah daerah," ujar Suharto.

Adapun, Kemenhub telah menyiapkan anggaran subsidi program BTS di 2024 sebesar Rp444.699.614.318, menurun dari tahun sebelumnya sebesar Rp625.674.514.459. Hal tersebut dikarenakan sudah ada beberapa layanan koridor yang dialihkan ke pemerintah daerah.

Baca juga: Pemprov Sulsel surati Kemenhub sebab tidak sanggup biayai Teman Bus

Baca juga: Kemenhub siapkan tarif khusus BTS Teman Bus bagi pelajar hingga lansia

Baca juga: Kemenhub: Teman Bus memberlakukan tarif khusus bagi penumpang tertentu

Baca juga: Kemenhub kampanye gerakan nasional kembali ke angkutan umum
 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024

BRIN sebut puting beliung di Bandung kejadian langka******

BRIN sebut puting beliung di Bandung kejadian langka
Arsip foto - Warga memeriksa atap rumanya yang rusak pascaputing beliung yang terjadi di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (21/2/2024). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/Spt/aa.
Fenomena yang terjadi merupakan kejadian cuaca ekstrem yang memperlihatkan karakteristik puting beliung yang sangat kuat
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan kejadian cuaca ekstrem puting beliung yang terjadi di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, adalah kejadian langka dan terletak di tengah daratan.

"Fenomena yang terjadi merupakan kejadian cuaca ekstrem yang memperlihatkan karakteristik puting beliung yang sangat kuat," kata Peneliti Senior Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Didi Satiadi dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Dalam bahasa Inggris, istilah puting beliung dikenal sebagai microscale tornadoatau tornado skala kecil karena ukurannya yang lebih kecil daripada tornado yang biasa terjadi di daerah lintang menengah.

Didi mengatakan fenomena tornado menggambarkan suatu kolom udara yang berputar sangat cepat, mulai dari awan badai hingga mencapai permukaan tanah, dan biasanya berbentuk seperti corong.

Hasil analisis awal menunjukkan penyebab puting beliung kemungkinan akibat konvergensi angin dan uap air di daratan sekitar wilayah Rancaekek pada sore hari.

Konvergensi itu menyebabkan pertumbuhan awan cumulonimbusyang sangat cepat dan meluas. Proses pembentukan awan membebaskan panas laten yang selanjutnya meningkatkan updraftatau aliran udara ke atas.

Baca juga: Diameter puting beliung di Bandung tak sampai 10 kilometer

Sebaliknya, updraftyang semakin kuat akan menumbuhkan lebih banyak awan. Siklus umpan balik positif tersebut menyebabkan updraftmenjadi semakin kuat dan dapat berputar karena adanya windshear(perbedaan arah/kecepatan angin).

"Kolom udara yang berputar semakin kuat dapat mencapai permukaan tanah dan menghasilkan puting beliung," kata Didi.

Profesor Riset Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Eddy Hermawan mengungkapkan Rancaekek merupakan kawasan yang terletak nyaris di tengah-tengah Pulau Jawa bagian barat.

Kawasan itu semula merupakan kawasan hijau yang ditandai dengan banyak pepohonan. Artinya, lingkungannya masih relatif bersih.

Namun, sekarang kawasan itu telah beralih fungsi yang semula hijau berubah menjadi kawasan industri. Kawasan seperti itu biasanya rawan diterjang pusaran angin.

“Dengan kata lain, terjadi perubahan tata guna lahan yang semula hutan jati, kini berubah menjadi hutan beton,” kata Eddy.

Lebih lanjut dia menerangkan bahwa industri banyak menghasilkan gas emisi yang tidak dapat leluasa kembali ke atmosfer akibat efek rumah kaca. Dengan lama penyinaran matahari lebih dari 12,1 jam, maka kawasan itu sangat panas pada siang hari dan relatif dingin saat malam hari.

Baca juga: BMKG : Fenomena angin kencang di Bandung-Sumedang bukan tornado

Perbedaan suhu antara malam dan siang sangatlah besar. Tanpa disadari, kawasan itu tiba-tiba berubah menjadi kawasan bertekanan rendah. Kondisi seperti itu dimulai sejak 19 Februari 2024 dan di saat itulah, kumpulan massa uap air dari berbagai penjuru masuk ke Rancaekek.

Eddy menyampaikan proses itu terjadi agak lama sekitar 24-48 jam. Diawali dengan pembentukan bayi awan-awan cumulus(dikenal sebagai Pre-MCS). Kemudian lambat laut membesar membentuk kumpulan awan-awan cumulonimbusyang siap untuk diputar hingga membentuk pusaran besar atau dikenal sebagai puting beliung.

“Walaupun mekanisme agak komplek untuk dijelaskan secara rinci, namun dugaan kuat pusaran terjadi akibat adanya pertemuan dua massa uap air dari arah barat dan timur, lalu diperkuat dari arah selatan Samudera Indonesia. Ketiganya berkumpul di satu kawasan yang memang telah mengalami degradasi panas yang cukup tajam,” kata Eddy.

Hampir semua kejadian ekstrem seperti puting beliung di Rancaekek misalnya, hingga kini kehadirannya relatif sulit diprediksi oleh para ilmuwan. Selain data yang beresolusi tinggi masih terbatas, namun juga mekanisme pembentukannya belum dipahami dengan baik dan sempurna.

“Adalah wajar jika kadangkala masing-masing kita memiliki pandangan berbeda,” pungkas Eddy.

Baca juga: BRIN investigasi fenomena angin tornado di Bandung
Baca juga: Pj Gubernur Jabar cek lokasi puting beliung pastikan tak ada korban

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024

1.728 personel dikerahkan untuk amankan demo di depan KPU dan Bawaslu******

1.728 personel dikerahkan untuk amankan demo di depan KPU dan Bawaslu
Arsip Foto - Unjuk rasa yang diikuti oleh massa di depan Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Jakarta, Senin (19/2/2024). ANTARA/Risky Syukur/aa.
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian mengerahkan sebanyak 1.728 personel untuk mengamankan demonstrasi oleh sejumlah elemen masyarakat di depan Kantor KPU RI maupun Bawaslu RI.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Candro mengatakan, lalu lintas di depan Kantor KPU RI dilakukan penutupan dengan pagar beton terkait adanya aksi tersebut.

"Polda Metro Jaya menurunkan 1.728 personel baik yang ada di kawasan KPU maupun Bawaslu. Untuk saat ini arus lalu lintas sudah kami lakukan penutupan dalam rangka penyiapan melayani elemen-elemen yang akan datang ke Kantor KPU ini," kata Susatyo di Jakarta, Rabu.

Susatyo menjelaskan, usai pemungutan suara pada Pemilu 2024, massa dari berbagai elemen masyarakat kerap menggelar aksi di kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol maupun Bawaslu RI di Jalan Mohammad Hoesni (MH) Thamrin, Jakarta Pusat.

Baca juga: KPU ungkap masih ada 1.223 TPS mengalami kesalahan data pada Sirekap
Baca juga: Bawaslu RI rekomendasi 780 TPS lakukan pemungutan suara ulang

Terkait hal tersebut, dia mengatakan bahwa tugas aparat Kepolisian adalah mengamankan agar aksi aman, damai dan tertib serta tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

Susatyo melanjutkan, pengamanan aksi di sekitaran Bawaslu masih bersifat situasional. Apabila massa banyak yang berdatangan dan menutup hampir depan ruas jalan Bawaslu, maka pihaknya akan menutup lalu lintas dari Bundaran HI.

Untuk estimasi jumlah massa yang unjuk rasa, Susatyo mengaku belum mengetahui hal tersebut. Hanya saja, Susatyo mengatakan massa tersebut berasal dari elemen buruh dan mahasiswa.

"Kami masih menunggu, masih berkoordinasi dengan korlap. Semoga aksi ini berjalan aman, damai dan tertib,” ujar Susatyo.

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:slot gacor setiap hari

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
bosplay77
365kasino
dewawin365
singa pinjol ilegal
receh138
akulaku store
mesin hoki slot
daftar judi slot gacor
cara mendapatkan voucher gratis ongkir shopee jika sudah habis
Daftar isi semua bab
Bab 1 samurai188
Bab 2 sgp777
Bab 3 7winbet
Bab 4 situs judi slot gacor
Bab 5 syarat2 kredit hp
Bab 6 cara dapat uang dari spotify
Bab 7 laris138
Bab 8 trik bermain mahjong ways
Bab 9 bunga pinjaman akulaku
Bab 10 lgo234
Bab 11 buku mimpi 2d 97
Bab 12 situs togel bonus new member 100
Bab 13 mafia slot indonesia
Bab 14 minggu slot
Bab 15 apk paylater
Bab 16 168slot
Bab 17 seribu mimpi 90
Bab 18 game slot hadiah dana
Bab 19 kredivo cicilan 0
Bab 20 cempakabet
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5262bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Tang Bohu menyalakan obat nyamuk bakar

angka kadal dalam togel
S.Coups dan Jeonghan SEVENTEEN siap kembali beraktivitas usai hiatus
Arsip foto - Grup idola SEVENTEEN saat tampil dalam acara GDA ke-38 di Jakarta International Stadium, Sabtu (6/1/2024). ANTARA/Vinny Shoffa Salma/pri.
Jakarta (ANTARA) - Dua anggota dari grup idola SEVENTEEN, S.Coups dan Jeonghan siap menjalani aktivitas grup kembali setelah hiatus sejenak karena kondisi kesehatan mereka.

“Halo. Ini adalah PLEDIS Entertainment. Kami ingin memberikan pembaruan tentang anggota SEVENTEEN S.Coups dan Jeonghan dan dimulainya kembali kegiatan mereka,” tulis PLEDIS Entertainment melalui akun Weverse resminya, Jumat.

PLEDIS mengungkap bahwa S.Coups dan Jeonghan telah menerima perawatan rutin setelah menjalani operasi untuk cedera lutut dan pergelangan kaki masing-masing pada bulan Agustus dan Desember tahun lalu.

Sebagai hasil dari perawatan yang konstan dan mengambil istirahat yang cukup, keduanya berhasil pulih dengan baik. Mereka juga telah diizinkan oleh para tenaga medis untuk melanjutkan aktivitas di dunia hiburan kembali setelah hiatus kemarin.

Baca juga: Rekomendasi serial vlog "Going SEVENTEEN" untuk para fans pemula

Baca juga: SEVENTEEN jadi grup K-Pop ketiga siap gelar konser di Nissan Stadium

“Dengan demikian, S.Coups dan Jeonghan akan berpartisipasi dalam kegiatan SEVENTEEN mulai Maret, termasuk SEVENTEEN TOUR 'FOLLOW' AGAIN TO INCHEON, sambil menerima pemeriksaan kesehatan rutin,” ungkap PLEDIS.

Mereka menambahkan, “Namun, sejauh mana mereka berpartisipasi dalam tahap atau peristiwa tertentu mungkin dibatasi untuk mencegah ketegangan daerah yang terluka. Kami meminta pengertian penggemar yang murah hati,” tutupnya.

Kini, baik S.Coups maupun Jeonghan telah bersiap untuk bergabung kembali dengan 11 anggota SEVENTEEN lainnya untuk aktivitas grup mereka. Terbaru, SEVENTEEN akan melanjutkan tur konser Korea dan Jepang “FOLLOW” pada bulan Maret mendatang.

Baca juga: Woozi SEVENTEEN rilis lagu "What Kind of Future" untuk kenang Moonbin

Baca juga: Daftar pemenang GDA Jakarta, mulai dari SEVENTEEN hingga NewJeans


 

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Bangun kembali kehidupan sebelumnya

1 win slot
Gunung Dukono meletus muntahkan abu setinggi 2,7 kilometer
Kolom abu vulkanik membumbung keluar dari kawah Gunung Dukono yang berlokasi di Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara, Sabtu (24/2/2024). ANTARA/HO-PVMBG/pri.
Jakarta (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan telah terjadi erupsi Gunung Dukono, Maluku Utara (Malut) yang memuntahkan abu vulkanik setinggi lebih kurang 2,7 kilometer dari pusat kawah gunung tersebut.
Petugas Pos Pengamatan Gunung Dukono, Bambang Sugiono mengatakan erupsi yang terjadi siang ini pukul 10.50 WIT tersebut menghasilkan kolom abu tebal mengarah ke utara. "Amplitudo 27 milimeter dan durasi 94,66 detik," ujarnya dalam laporan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Gunung Dukono meletus, lontarkan abu vulkanik setinggi 1,7 kilometer PVMBG mengimbau masyarakat agar tidak beraktivitas, mendaki, ataupun mendekati kawah Malupang Warirang Gunung Dukono di dalam radius tiga kilometer. Masyarakat direkomendasikan untuk selalu menyediakan masker guna menghindari ancaman bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan. Gunung Dukono yang berstatus level II atau waspada itu memiliki ketinggian 1.335 meter di atas permukaan laut. Pemukiman terdekat berada pada jarak 11 kilometer dari puncak gunung api tersebut. Gunung Dukono berada sekitar 14 kilometer di sebelah barat daya Kota Tobelo, yang merupakan wilayah dengan pemukiman paling padat di Halmahera Utara. Aktivitas letusan Gunung Dukono adalah hal yang biasa bagi penduduk setempat, mengingat sejarah panjang letusan menerus gunung api tersebut.
Baca juga: Gunung Dukono meletus lontarkan abu setinggi 4.000 meter

Baca juga: Gunung Dukono muntahkan abu vulkanik setinggi 2,8 kilometer pagi ini
Karakteristik erupsi gunung api tersebut bersifat eksplosif dan efusif yang menghasilkan abu, lontaran batu pijar, aliran piroklastika, dan aliran lava. Sepanjang Jumat (23/2), Gunung Dukono tercatat mengalami 12 kali gempa letusan, 1 kali gempa tektonik jauh, dan 1 kali gempa tremor menerus. Pada tahun 2023, PVMBG mencatat Gunung Dukono mengalami erupsi sebanyak 3.324 kali.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024

Ibuku berasal dari dunia para dewa

slot 77 bet
Penjualan gim "Elden Ring" tembus 23 juta kopi
Ilustrasi - Gim "Elden Ring". ANTARA/Steam/Elden Ring.
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan gim Bandai Namco mengumumkan penjualan gim populer besutannya yang bertajuk "Elden Ring" telah menembus angka 23 juta kopi.

Menurut laporan IGN pada Jumat, capaian tersebut disampaikan sebagai bagian dari pengumuman konten tambahan yang dapat diunduh (downloadable content/DLC) "Shadow of the Erdtree" yang dijadwalkan rilis bulan Juni ini.

Penjualan sebanyak 23 juta kopi ini didapatkan dari penjualan kopi gim versi fisik dan unduhan di platform daring seperti Steam. Angka ini menunjukkan kesuksesan dari gim yang dikembangkan oleh FromSoftware ini.

Baca juga: Bandai Namco batalkan 5 gim yang sedang dalam tahap pengembangan

Baca juga: “Roster” Tekken 8 lengkap dengan rilisnya karakter misterius Reina

Sebagai perbandingan, gim "Hogwarts Legacy" yang dinobatkan sebagai gim paling laris tahun 2023 memiliki angka penjualan sebanyak 24 juta kopi dengan pendapatan mencapai lebih dari 1 miliar dolar Amerika (Rp15,5 triliun).

Penjualan gim ini juga melampaui judul-judul yang mengusung genre serupa, yakni aksi dan role-playing gameseperti "Dark Souls", "Demon's Souls", "Sekiro", dan "Bloodborne".

Dalam wawancara khusus, kepala tim pengembang dari FromSoftware, Hidetaka Miyazaki mengatakan pihaknya mungkin akan menggarap sekuel "Elden Ring" atau menghadirkan lebih banyak DLC seperti "Shadow of the Erdtree" meskipun dirinya belum mau membeberkan lebih banyak informasi mengenai hal ini.

Awal bulan ini perusahaan gim asal China, Tencent dikabarkan tengah menggarap gim adaptasi "Elden Ring" untuk perangkat mobile. Gim tersebut akan mengusung konsep "gacha"seperti pada gim "Genshin Impact". Akan tetapi, para penggemar harus bersabar karena progres pengembangan gim ini berjalan lambat.

Baca juga: Tekken 8 kenalkan karakter baru Victor Chevalier pendiri pasukan PBB

Baca juga: Anime "Jujutsu Kaisen" diadaptasi menjadi gim oleh Bandai Namco

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Sistem penyelamatan diri ilahi

supercuan889
BRIN sebut puting beliung di Bandung kejadian langka
Arsip foto - Warga memeriksa atap rumanya yang rusak pascaputing beliung yang terjadi di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (21/2/2024). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/Spt/aa.
Fenomena yang terjadi merupakan kejadian cuaca ekstrem yang memperlihatkan karakteristik puting beliung yang sangat kuat
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan kejadian cuaca ekstrem puting beliung yang terjadi di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, adalah kejadian langka dan terletak di tengah daratan.

"Fenomena yang terjadi merupakan kejadian cuaca ekstrem yang memperlihatkan karakteristik puting beliung yang sangat kuat," kata Peneliti Senior Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Didi Satiadi dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Dalam bahasa Inggris, istilah puting beliung dikenal sebagai microscale tornadoatau tornado skala kecil karena ukurannya yang lebih kecil daripada tornado yang biasa terjadi di daerah lintang menengah.

Didi mengatakan fenomena tornado menggambarkan suatu kolom udara yang berputar sangat cepat, mulai dari awan badai hingga mencapai permukaan tanah, dan biasanya berbentuk seperti corong.

Hasil analisis awal menunjukkan penyebab puting beliung kemungkinan akibat konvergensi angin dan uap air di daratan sekitar wilayah Rancaekek pada sore hari.

Konvergensi itu menyebabkan pertumbuhan awan cumulonimbusyang sangat cepat dan meluas. Proses pembentukan awan membebaskan panas laten yang selanjutnya meningkatkan updraftatau aliran udara ke atas.

Baca juga: Diameter puting beliung di Bandung tak sampai 10 kilometer

Sebaliknya, updraftyang semakin kuat akan menumbuhkan lebih banyak awan. Siklus umpan balik positif tersebut menyebabkan updraftmenjadi semakin kuat dan dapat berputar karena adanya windshear(perbedaan arah/kecepatan angin).

"Kolom udara yang berputar semakin kuat dapat mencapai permukaan tanah dan menghasilkan puting beliung," kata Didi.

Profesor Riset Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Eddy Hermawan mengungkapkan Rancaekek merupakan kawasan yang terletak nyaris di tengah-tengah Pulau Jawa bagian barat.

Kawasan itu semula merupakan kawasan hijau yang ditandai dengan banyak pepohonan. Artinya, lingkungannya masih relatif bersih.

Namun, sekarang kawasan itu telah beralih fungsi yang semula hijau berubah menjadi kawasan industri. Kawasan seperti itu biasanya rawan diterjang pusaran angin.

“Dengan kata lain, terjadi perubahan tata guna lahan yang semula hutan jati, kini berubah menjadi hutan beton,” kata Eddy.

Lebih lanjut dia menerangkan bahwa industri banyak menghasilkan gas emisi yang tidak dapat leluasa kembali ke atmosfer akibat efek rumah kaca. Dengan lama penyinaran matahari lebih dari 12,1 jam, maka kawasan itu sangat panas pada siang hari dan relatif dingin saat malam hari.

Baca juga: BMKG : Fenomena angin kencang di Bandung-Sumedang bukan tornado

Perbedaan suhu antara malam dan siang sangatlah besar. Tanpa disadari, kawasan itu tiba-tiba berubah menjadi kawasan bertekanan rendah. Kondisi seperti itu dimulai sejak 19 Februari 2024 dan di saat itulah, kumpulan massa uap air dari berbagai penjuru masuk ke Rancaekek.

Eddy menyampaikan proses itu terjadi agak lama sekitar 24-48 jam. Diawali dengan pembentukan bayi awan-awan cumulus(dikenal sebagai Pre-MCS). Kemudian lambat laut membesar membentuk kumpulan awan-awan cumulonimbusyang siap untuk diputar hingga membentuk pusaran besar atau dikenal sebagai puting beliung.

“Walaupun mekanisme agak komplek untuk dijelaskan secara rinci, namun dugaan kuat pusaran terjadi akibat adanya pertemuan dua massa uap air dari arah barat dan timur, lalu diperkuat dari arah selatan Samudera Indonesia. Ketiganya berkumpul di satu kawasan yang memang telah mengalami degradasi panas yang cukup tajam,” kata Eddy.

Hampir semua kejadian ekstrem seperti puting beliung di Rancaekek misalnya, hingga kini kehadirannya relatif sulit diprediksi oleh para ilmuwan. Selain data yang beresolusi tinggi masih terbatas, namun juga mekanisme pembentukannya belum dipahami dengan baik dan sempurna.

“Adalah wajar jika kadangkala masing-masing kita memiliki pandangan berbeda,” pungkas Eddy.

Baca juga: BRIN investigasi fenomena angin tornado di Bandung
Baca juga: Pj Gubernur Jabar cek lokasi puting beliung pastikan tak ada korban

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024

Tianzhimen

ligaklik
Gunung Ile Lewotolok di Lembata kembali erupsi
Arsip foto - Gunung api Ili Lewotolok mengeluarkan material vulkanik di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, NTT, Rabu (2/12/2020). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/aww/pri.
Kupang (ANTARA) - Pos Pengamatan Gunung Api di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), melaporkan Gunung Ile Lewotolok di kabupaten tersebut kembali erupsi pada Jumat.

"Baru saja terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu teramati mencapai kurang lebih 500 meter di atas puncak gunung," kata Petugas Pengamatan Pos Pemantau Gunung Api Stanis Ara Kian di Lembata, Jumat.

Baca juga: PVMBG: 821 kali erupsi terjadi di puncak Gunung Ile Lewotolok

Secara visual, ujar Stanis, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 8,6 mm dan durasi sekitar 2 menit 54 detik.

Saat ini status Gunung Ile Lewotolok berada pada Level II (Waspada).

Baca juga: PVMBG: Waspada bahaya lahar Gunung Ile Lewotok NTT saat musim hujan

"Masyarakat di sekitar gunung maupun pengunjung, pendaki, wisatawan diminta agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius dua kilometer dari pusat aktivitas gunung," katanya.

Masyarakat di tiga desa yang berada tepat di kaki gunung, yakni Desa Lamawolo, Lamatokan, dan Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya dari guguran/longsoran lava dan awan panas.

Baca juga: PVMBG ingatkan ancaman bahaya erupsi gunung api Ile Lewotolok Lembata

Selain itu, masyarakat yang bermukim di sekitar lembah/aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Ile Lewotolok juga diimbau agar selalu mewaspadai potensi ancaman lahar yang dapat terjadi terutama pada saat musim hujan seperti saat ini.
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024

Negara Liliput dunia nyata

mataharibet88
Liverpool tundukkan Luton Town 4-1 meski dihantam badai cedera
Luis Diaz merayakan gol ketiga Liverpool dalam kemenangan 4-1 atas Luton Town, pada pertandingan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Kamis (22/2) WIB. ANTARA/https://matchcentre.liverpoolfc.com/pri.
Jakarta (ANTARA) - Liverpool menundukkan tim papan bawah Luton Town dengan skor 4-1 meski sedang dihantam badai cedera, pada pertandingan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Liverpool kini mengoleksi 60 poin di puncak klasemen Liga Inggris, unggul empat poin dari tim peringkat kedua Manchester City. Sedangkan kekalahan kedua secara berturut-turut bagi Luton, membuat mereka tertahan di posisi ke-18 dengan koleksi 20 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Tuan rumah Liverpool yang tidak diperkuat sejumlah pemain inti seperti Alison, Mohamed Salah, dan Darwin Nunez memegang kendali permainan pada awal pertandingan. Luis Diaz memiliki beberapa peluang, namun semuanya masih gagal berbuah gol.

Namun justru Luton yang mampu memecah kebuntuan pada menit ke-12. Diawali sepakan Tahith Chong yang masih mengenai kiper kiper Caoimhin Kelleher, bola liar kemudian disundul oleh Chidozie Ogbene untuk masuk ke gawang tuan rumah. Skor 1-0 untuk Luton.

Liverpool berusaha segera mencetak gol balasan, tetapi peluang milik Harvey Elliot yang tinggal menaklukkan kiper Thomas Kaminski masih gagal berbuah gol.

Sebelum turun minum, beberapa kali Liverpool menebar ancaman serius ke gawang Luton. Tetapi baik penyelamatan Kaminski atau penyelesaian yang masih kurang tajam membuat keunggulan 1-0 milik Luton bertahan sampai babak pertama usai.

Pasukan Jurgen Klopp tampil agresif sejak awal babak kedua. Mereka sempat berharap mendapatkan hadiah penalti saat sepakan Diaz mengenai tangan Teden Mengi, namun wasit menilai tangan bek Luton itu tidak berada dalam kondisi aktif.

Liverpool baru berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-57. Dari situasi tendangan sudut, bola kiriman Alexis Mac Allister disambut sundulan kapten Virgil van Dijk untuk membobol gawang Luton.

Tidak berselang lama, atau pada menit ke-59, Liverpool membalikkan keadaan melalui pemain Belanda lainnya. Mendapat umpan dari Mac Allister di sisi kanan, Cody Gakpo menyambutnya dengan sundulan yang melesak masuk ke gawang tim tamu untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1 bagi keunggulan Liverpool.

Diaz akhirnya turut menuliskan namanya di papan skor pada menit ke-71. Diawali kecepatan pemain pengganti Andrew Robertson memotong operan panjang pemain Luton, bola yang tertuju kepada Diaz lantas dapat dieksekusi dengan sempurna oleh penyerang Kolombia itu untuk menjadi gol ketiga Si Merah.

Menjelang pertandingan usai, atau tepatnya pada menit ke-90, Harvey Elliot menyumbang gol keempat bagi Liverpool. Bola sapuan bek Luton terhadap penguasaan Gakpo mendarat ke penguasaan Elliot, yang lantas melepaskan sepakan kaki kiri bersarang di gawang Kaminski.

Daftar susunan pemain:

Liverpool
: Caoimhin Kelleher, Conor Bradley, Jarrel Quansah, Virgil van Dijk, Joe Gomez, Alexis Mac Allister, Wataru Endo, Ryan Gravenberch, Harvey Elliot, Cody Gakpo, Luis Diaz
Pelatih: Juergen Klopp

Luton: Thomas Kaminski, Teden Mengi, Gabriel Doha, Amari’i Bell, Chiedozie Ogbene, Albert Sambi Lokonga, Ross Barkley, Alfie Doughtu, Cauley Woodrow, Tahith Chong, Carlton Morris
Pelatih: Rob Edwards

Baca juga: Klopp butuh ‘Anfield’ untuk kalahkan Luton Town

Baca juga: Akanji: Man City susah payah untuk bongkar pertahanan Brentford

Baca juga: Menang atas Brentford, Man City hanya tertinggal 1 poin dari Liverpool

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024