petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pedro4d

cicil barang di akulaku 786Jutaan kata 192257Orang-orang telah membaca serialisasi

《pedro4d》

Ratusan datangi kedubes Israel, doakan tentara AS yang bakar diri******

Ratusan datangi kedubes Israel, doakan tentara AS yang bakar diri
Ilustrasi - Bakar diri. ANTARA/HO. (ANTARA/HO)
Washington (ANTARA) - Ratusan orang mendatangi kedutaan besar Israel di Washington, D.C. pada Senin malam untuk berdoa bersama bagi Aaron Bushnell, tentara Amerika Serikat yang meninggal dunia setelah membakar diri memprotes perang Israel di Gaza.

Banyak orang berharap kematian Bushnell, 25, seorang perwira aktif Angkatan Udara AS, dapat mengubah dukungan tak tergoyahkan Presiden AS Joe Biden terhadap perang itu.

Leah, seorang Amerika-Palestina yang menolak memberikan nama belakangnya, mengatakan kepada Anadolu bahwa penting baginya untuk mengikuti acara berkabung itu "untuk menunjukkan solidaritas dan dukungan dengan mereka yang melakukan tindakan perlawanan ekstrem sebagai bentuk solidaritas dan dukungan mereka terhadap Palestina dan rakyat kami.”

Ketika ditanya mengenai apakan kematian Bushnell dapat mengubah arah perang, dia menjawab, "itulah harapannya."

Bushnell membakar dirinya di depan Kedutaan Besar Israel pada Minggu sore memprotes perang yang sedang berlangsung di Jalur Gaza yang terkepung dan dukungan AS terhadap serangan tersebut. Dia dibawa ke rumah sakit tetapi meninggal karena luka yang dideritanya.

“Saya tidak akan lagi terlibat dalam genosida. Saya akan melakukan aksi protes ekstrem, namun jika dibandingkan dengan apa yang dialami rakyat Palestina di tangan penjajah, aksi tersebut tidak ekstrem sama sekali. Ini adalah apa yang diputuskan oleh kelas penguasa kita sebagai hal yang normal,” kata Bushnell dalam rekaman video yang menjadi viral di media sosial.

Bushnell berulang kali terdengar berteriak "Bebaskan Palestina!" saat api menelannya sebelum dia jatuh ke tanah.

Seorang petugas Dinas Rahasia memperkirakan bahwa "pada puncaknya", acara berkabung atas kematiannya menarik lebih dari 300 orang. Pertemuan tersebut berlangsung selama lebih dari tiga jam dengan rata-rata lebih dari 100 orang hadir pada suatu waktu.

Josephine Guilbeau, mantan perwira intelijen Angkatan Darat, mengatakan kepada Anadolu bahwa dia terbang dari Ohio untuk mengikuti acara berkabung tersebut, karena dia yakin "kematian Bushnell tidak akan sia-sia".

"Pesannya perlu disampaikan. Dan kami perlu memastikan bahwa mendukung yang lainnya yang seperti Aaron, yang memiliki perasaan yang sama, karena bagaimana kita harus menghadapi genosida?" dia bertanya secara retoris.

“Kami belum pernah melihat hal ini sebelumnya dalam hidup kami, dan pemerintah kami hanya berharap rakyat Amerika akan menyaksikan kejadian ini selama lima bulan, tanpa mendapatkan masalah mental apa pun. Namun, tentu saja, ada masalah mental secara menyeluruh. Siapa pun yang memiliki akses ke Internet sedang menyaksikan genosida yang terjadi di zaman modern ini," tambah Guilbeau.

Jenny Rosemary, 22, warga Annandale, Virginia, mengatakan protes nekad  Bushnell "adalah tindakan ekstrem, tetapi merupakan tindakan moralitas."

“Saya pikir kita semua harus berharap untuk menjadi seberani itu,” kata Rosemary. “Saya pikir untuk mencapai titik ini, ada banyak ketidaktahuan atas nama pemerintah AS… Mereka tidak mungkin melewatkan semua video penderitaan dan kematian orang-orang, Anda tahu, tapi saya ingin berpikir jika salah satu dari mereka, Anda tahu, seseorang yang bertugas di militer, hal itu diharapkan akan mengubah sesuatu."

Sumber: Anadolu
Baca juga: Anggota AU AS bakar diri di depan kedutaan Israel, protes perang Gaza
Baca juga: Protes perang Gaza, buruh pelabuhan Barcelona tolak muat alat militer
Baca juga: Bahas Israel, sidang Senat AS berulang kali diinterupsi pengunjuk rasa

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024

Klasemen Serie A: Kemenangan Roma dan Fiorentina jaga asa zona UCL******

Klasemen Serie A: Kemenangan Roma dan Fiorentina jaga asa zona UCL
Foto arsip - Romelu Lukaku merayakan gol pertama timnya pada pertandingan sepak bola leg pertama babak 32 besar Liga Eropa UEFA antara Feyenoord Rotterdam dan AS Roma di stadion De Kuip di Rotterdam pada 15 Februari 2024. ANTARA/AFP/OLAF KRAAK/pri.
Jakarta (ANTARA) - Kemenangan AS Roma dan Fiorentina di pekan ke-26 Liga Italia atau Serie A menjaga asa persaingan memperoleh tiket UEFA Champions League (UCL).

Di pekan ke-26, AS Roma mengatasi perlawanan Torino dengan skor 3-2 berkat trigol yang dicetak oleh Paulo Dybala pada pertandingan yang berlangsung di Stadio Olimpico, Roma, Selasa dini hari WIB.

Sedangkan, Fiorentina berhasil menekuk tim tamu Lazio 2-1 di Stadion Artemio Franchi, Firenze, Selasa dini hari WIB.

Baca juga: Hasil Serie A: trigol Dybala menangkan AS Roma, Fiorentina tekuk Lazio

Dua pertandingan yang menjadi penutup pekan ke-26 Liga Italia tersebut membuat persaingan perebutan zona Liga Champions semakin memanas. AS Roma kini menempati peringkat ke-6 dengan koleksi 44 poin sedangkan Fiorentina berada di urutan ke-7 dengan memperoleh 41 poin.

Baik Roma maupun Fiorentina, masih berpeluang untuk mengkudeta Bologna yang saat ini berada di peringkat keempat dan masuk ke dalam zona Liga Champions. Bologna kini memperoleh 48 poin dari 26 pertandingan yang dimainkan.

Di posisi kelima, Atalanta yang mengoleksi 46 poin akan memainkan pertandingan tunda pekan ke-21 menjamu pemuncak klasemen sementara Inter Milan pada Kamis (29/02) dini hari WIB. Selain pertandingan antara Atalanta menghadapi tim tamu, Inter, pada pekan ke-21 akan melangsungkan pertandingan tunda antara Sassuolo berhadapan dengan juara bertahan Napoli di hari yang sama.

Baca juga: Klasemen Liga Italia: AC Milan makin tertinggal dari Juve dan Inter

Hasil Liga Italia pekan ke-26, Selasa:

AS Roma 3-2 Torino
Fiorentina 2-1 Lazio

Klasemen Liga Italia hingga pekan ke-26:
NoKlubMainSelisih golPoin
1.Inter Milan255166
2.Juventus262257
3.AC Milan261853
4.Bologna261648
5.Atalanta252446
6.AS Roma261644
7.Fiorentina26941
8.Lazio26440
9.Napoli25537
10.Torino26036
11.Monza26-336
12.Genoa26-333
13.Empoli26-1825
14.Lecce26-1924
15.Udinese26-1523
16.Frosinone26-2123
17.Sassuolo25-1720
18.Hellas Verona26-1320
19.Cagliari26-2320
20.Salernitana26-3313

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

BPBD Garut: Banjir bandang di Cisurupan akibat penyumbatan drainase******

BPBD Garut: Banjir bandang di Cisurupan akibat penyumbatan drainase
Petugas gabungan membersihkan material lumpur pasca banjir bandang melanda Kampung Cibojong, Desa Balewangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (21/2/2024). ANTARA/HO-Polres Garut/am.
Berdasarkan hasil asesmen serta pendataan di lapangan, kejadian tersebut dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi dalam jangka waktu lama serta faktor drainase Cileet terjadi penyumbatan
Garut (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, melakukan asesmen daerah terdampak banjir bandang yang melanda perkampungan warga di Kecamatan Cisurupan dan hasilnya menyebutkan penyumbatan drainase sebagai pemicu air meluap saat turun hujan.

"Berdasarkan hasil asesmen serta pendataan di lapangan, kejadian tersebut dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi dalam jangka waktu lama serta faktor drainase Cileet terjadi penyumbatan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logsitik BPBD Kabupaten Garut Daris Hilman saat dihubungi melalui telepon seluler di Garut, Kamis.

Ia menuturkan bencana banjir bandang yang menerjang pemukiman warga di Kampung Cibojong, Desa Balewangi, Kecamatan Cisurupan, itu terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut pada Rabu (21/2).

Baca juga: BPBD: Tak ada korban jiwa dalam enam bencana alam di Garut kemarin

Debit air yang cukup deras itu, kata dia, menyebabkan material tunggul bambu terbawa arus air sehingga terjadi penyumbatan pada saluran drainase yang memicu air meluap lalu menerjang jalan dan pemukiman warga.

"Akibat tunggul bambu yang terbawa oleh debit air yang tinggi sehingga air meluap ke jalan kabupaten setinggi kurang lebih 80 sentimeter," katanya.

Ia menyampaikan daerah yang terdampak bencana banjir itu sudah mendapatkan penanganan dari BPBD Garut dan instansi terkait, termasuk kepolisian, TNI dan sukarelawan, untuk membersihkan lingkungan dan rumah warga yang kotor setelah diterjang banjir.

Peristiwa itu, lanjut dia, tidak menimbulkan korban jiwa, hanya menimbulkan lingkungan dan jalanan banyak material lumpur, namun kondisi tersebut saat ini sudah bersih dan kendaraan bermotor sudah bisa melewati jalan di daerah itu.

Baca juga: Pemkab Garut siapkan bantuan perbaikan rumah rusak akibat bencana

"Rumah sudah dilakukan pembersihan sisa material lumpur pascabanjir, UPT Dinas Pemadam Kebakaran Cikajang berupaya membersihkan akses jalan kabupaten, jalan bisa dilalui baik kendaraan roda dua ataupun roda empat," katanya.

Terkait antisipasi agar tidak terjadi lagi banjir bandang saat turun hujan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), serta pemerintah kecamatan dan desa untuk melakukan normalisasi drainase.

Selain itu BPBD Garut mengedukasi masyarakat terkait mitigasi bencana alam agar selalu waspada dan memiliki pemahaman dalam menghadapi kejadian bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi sehingga bisa mengurangi dampaknya.

"BPBD melakukan edukasi perihal mitigasi bencana kepada masyarakat sekitar agar selalu waspada mengingat curah hujan tinggi," katanya.

Baca juga: BPBD: Banjir di jalan utama Garut akibat penyumbatan drainase




 
 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:2qq slot gacor

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
slot gampang wd 2022
cara cicil hp tanpa kartu kredit
pinjol dengan tenor lama
slot gacor rtp
tafsir mimpi 3d terlengkap
slot jitu gacor
slot terpercaya bonus new member
situs slot gacor terpercaya
buku mimpi terlengkap
Daftar isi semua bab
Bab 1 keluhan pengguna kredivo
Bab 2 bet10ribu
Bab 3 hutang di kredivo
Bab 4 indo39 slot
Bab 5 slot gacor gampang maxwin pragmatic play
Bab 6 luxury1288
Bab 7 peraturan judi bola parlay
Bab 8 adakami paylater
Bab 9 slot2000
Bab 10 voucher ikea 2022
Bab 11 slot gacor sekarang
Bab 12 qqfullbet
Bab 13 cara pembayaran angsuran kredivo
Bab 14 cara dapat uang dari online
Bab 15 cara pinjam gopay
Bab 16 link slot 4d terbaru
Bab 17 dunia sport slot
Bab 18 situs yang lagi gacor saat ini
Bab 19 hoki88cek
Bab 20 cara pasang di line togel
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6119bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Zootopia Masa Depan

ceri123
Nunez, Salah, dan Szoboszlai berpeluang tampil lawan Chelsea di final
Pemain Liverpool Mohamed Salah berlatih bersama tim di AXA Training Center, Kirkby, Inggris, Selasa (13/2/2024). ANTARA/Liverpool/am.
Jakarta (ANTARA) - Asisten pelatih Liverpool Pep Lijnders mengonfirmasi tiga pemainnya yang cedera Darwin Nunez, Mohamed Salah, dan Dominik Szoboszlai berpeluang tampil saat melawan Chelsea di final Piala Liga di Stadion Wembley, Minggu (25/2) pukul 22.00 WIB.

Nunez dan Salah sama-sama absen dalam kemenangan 4-1 atas Luton Town pada pertengahan pekan lalu, sementara Szoboszlai belum tampil dalam empat pertandingan bulan ini karena mengalami cedera hamstring.

Dengan dua latihan tersisa tim jelang melawan The Blues, Lijnders mengatakan pihaknya akan memantau perkembangan cedera tiga pemainnya tersebut untuk nantinya menentukan apakah dapat tampil di final atau tidak.

“Kami datang dengan jadwal yang gila lagi, jadi kami bermain setiap tiga hari. Penting bagi kami untuk menggunakan setiap menit, menggunakan setiap hari untuk benar-benar melihat bagaimana kondisi para pemain. Ini untuk Mo, Dom dan Darwin,” kata Lijnders, melansir dari laman resmi klub, Sabtu.

“Dua sesi latihan tersisa, mari kita lihat bagaimana kondisinya dan kemudian kita bisa mengambil keputusan di menit-menit terakhir,” tambahnya.

Baca juga: Liverpool tundukkan Luton Town 4-1 meski dihantam badai cedera

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Lijnders mengonfirmasi Trent Alexander-Arnold, Alisson Becker, Curtis Jones, dan Diogo Jota dipastikan harus absen dalam pertandingan melawan pasukan Mauricio Pochettino tersebut.

Ia mengatakan empat pemain itu masih menepi lebih lama dan kemungkinan yang kembali pertama kali adalah Jones pada periode jeda internasional sekitar pertengahan bulan Maret.

Untuk sisanya, kemungkinan akan kembali setelah rampung jeda internasional pada akhir Maret.

“Dan yang lainnya, kami tahu ini lebih lama. Ali mengalami cedera otot. Trent, LCL. Jota, ligamen medial, MCL. Curtis mengalami keseleo pergelangan kaki yang tinggi. Mereka akan absen lebih lama,” jelasnya.

“Curtis mungkin yang pertama (kembali) selama jeda internasional. Yang lainnya akan kembali setelah jeda internasional,” lanjutnya.

Baca juga: Manchester City terlambat panas ketika ditahan imbang Chelsea

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Sistem yang akan diperbaiki

agen 500 slot
Mahfud enggan komentari hak angket usulan Ganjar
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (kanan) bersama mantan Menko Polhukam Mahfud Md (kiri) bersiap mengadakan pertemuan tertutup di Jakarta, Kamis (22/2/2024). Pertemuan tertutup yang dilakukan selama kurang lebih 50 menit itu membahas tentang permasalahan yang belum diselesaikan di Kemenko Polhukam. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.
Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md enggan mengomentari soal hak angket yang diusulkan pasangannya, calon presiden Ganjar Pranowo, mengenai penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024.

Mahfud menegaskan bahwa persoalan hak angket bukan urusan pasangan calon, tetapi ranahnya partai politik.

"Saya ndaktahu karena hak angket itu bukan urusan paslon (pasangan calon) ya. Itu urusan partai," kata Mahfud menjawab pertanyaan wartawan saat ditemui di rumahnya, Jakarta, Kamis.

Dia juga memilih tidak mengurusi persoalan itu. "Saya ndaktahu dan tidak ingin tahu juga," kata dia.

Baca juga: Anggota DPR: hak angket untuk kecurangan pemilu tidak tepat

Mahfud juga mengatakan tidak ada keharusan bagi pasangan calon untuk mengurusi usulan hak angket.

"Saya tidak akan berkomentar soal hak angket, hak interpelasi. Itu urusan partai-partai mau apa ndak. Kalau ndakmau, juga saya tidak punya kepentingan untuk berbicara itu. Saya hanya paslon mengantarkan, kalau paslon itu sampai ada ketokan terakhir dari KPU, ini yang sah, sudah," katanya.

Ganjar Pranowo mengusulkan hak angket dan hak interpelasi untuk Pemilu 2024 saat mengadakan rapat bersama tim pemenangan di Jakarta pada 15 Februari 2024.

Dia kembali menyampaikan itu dalam siaran tertulisnya pada 19 Februari 2024. "Jika DPR tak siap dengan hak angket, saya mendorong penggunaan hak interpelasi DPR untuk mengkritisi kecurangan pada Pilpres 2024," sebut Ganjar dalam siaran tertulisnya itu.

Baca juga: Mahfud dorong KPU audit digital forensik lewat lembaga independen

Hak angket merupakan hak DPR RI untuk menyelidiki pelaksanaan suatu undang-undang atau kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis, dan berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Sejauh ini, usulan Ganjar itu disambut baik oleh PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Namun, untuk partai politik pendukung pasangan calon nomor urut 2, misalnya Partai Golkar dan Partai Demokrat, partai-partai di barisan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menolak usulan tersebut.

Tiga pasangan calon presiden-calon wakil presiden bersaing dalam pemilihan presiden Pemilu 2024. Ketiganya, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 01, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan nomor urut 02, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. dengan nomor urut 03.

Tahapan Pemilu 2024 saat ini masih menunggu hasil penghitungan suara KPU RI. Hasil real count per Kamis pukul 19.00 WIB, pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara 58,91 persen, diikuti pasangan Anies-Muhaimin 24,09 persen, dan Ganjar-Mahfud di urutan tiga dengan perolehan suara 17 persen.

Baca juga: Jokowi sebut usul gunakan hak angket DPR adalah hak demokrasi
Baca juga: Airlangga: Golkar tolak usulan hak angket DPR soal kecurangan Pemilu

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024

Gadis kelas atas

mustang303
Wakil Ketua MPR: Hak angket untuk pemilu bersifat kontraproduktif
Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan. ANTARA/HO-Humas MPR RI/am.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menilai wacana penggunaan hak angket untuk merespons dugaan kecurangan dalam Pemilu 2024 merupakan langkah yang tidak tepat, karena bersifat kontraproduktif. Dia mengatakan wacana tersebut justru membuat hak angket menjadi bias dan bertendensi politis. Menurutnya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum sudah mengatur mekanisme jika ada pihak yang ingin mempertanyakan hasil pemilu. "DPR memang punya hak mengajukan angket. Namun menyikapi pesta demokrasi yang telah berjalan demokratis ini, semua pihak harus mengedepankan kebijaksanaan kolektif, menurunkan tensi politik, menunggu semua proses Pemilu rampung," kata Syarief dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu. Saat ini, menurutnya seluruh pihak hanya perlu menunggu KPU dan Bawaslu yang tengah menyelesaikan tugasnya. Hak angket, menurutnya hanya akan menyisakan kegaduhan politik, berdampak pada segregasi sosial politik, dan kenyamanan berusaha. Dia menjelaskan bahwa untuk sengketa proses dalam pemilu bisa diajukan ke Badan Pengawas Pemilu, sedangkan sengketa hasil pemilu bisa diajukan ke Mahkamah Konstitusi. Semua pengajuan sengketa itu, menurutnya bakal bermuara pada kepastian hukum melalui lembaga yudikatif. Dia menilai bahwa hak angket merupakan peradilan politik untuk unjuk kekuatan yang berpotensi menimbulkan perpecahan bangsa. Menurutnya hal tersebut berbahaya bagi demokrasi Indonesia dalam jangka panjang. Untuk itu, dia mengajak semua pihak untuk berpikir lebih holistik dan integratif menyikapi pelaksanaan pemilu. Semua pihak, kata dia, telah bersepakat untuk memilih tahun 2024 ini sebagai agenda pergantian pemimpin politik, nasional maupun daerah. Menurutnya semua proses pelaksanaannya disepakati dan diawasi bersama, termasuk dalam hal ini proses rekrutmen penyelenggara pemilu.

Maka jika pelaksanaan pemilu ini dipertanyakan dan bahkan didelegitimasi oleh parlemen, menurutnya hal itu justru menyisakan banyak pertanyaan. "Jika ada anggapan pemilu bermasalah, atau KPU dan Bawaslu tidak independen, sebaiknya gunakan saja saluran yang tersedia. Menggunakan mekanisme hukum jauh lebih baik dibandingkan unjuk kekuatan politik di DPR," katanya.

Baca juga: JK sebut hak angket hilangkan kecurigaan dugaan kecurangan pemilu

Baca juga: Surya Paloh dukung kubu Ganjar yang wacanakan pengajuan hak angket

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024

Kode Seni Bela Diri Samsara

naga508
Sebuah pelukan dapat meringankan stres
Ilustrasi - Warga berpelukan. ANTARA FOTO/Aji Styawan/tom.
Sebuah studi memberikan bukti bahwa sebuah pelukan mengatur tingkat hormon stres.
Jakarta (ANTARA) - Hidup dapat sangat stres, dan orang memiliki banyak cara berbeda untuk mengatasi stres. Salah satu cara untuk membuat seseorang merasa lebih baik tentang situasi penuh tekanan yang umum di seluruh dunia adalah memberikan pelukan tulus kepada orang yang sedang stres.

Dikutip dari Psychology Today, Rabu, meskipun banyak orang setuju bahwa pelukan membantu ketika mereka merasa stres, tidak banyak diketahui secara biopsikologis bagaimana pelukan secara tepat memengaruhi respons stres. Oleh karena itu, sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health berfokus pada penyelidikan dasar biopsikologis bagaimana pelukan mengatur stres (Romney dan rekan, 2023).

Studi terbaru tentang bagaimana pelukan memengaruhi hormon stres.

Dalam studi tersebut, tim peneliti yang dipimpin oleh ilmuwan Chelsea E. Romney dari Departemen Psikologi di Brigham Young University di Provo, Utah, menggunakan teknik yang disebut ecological momentary assessment (EMA) untuk bertanya kepada relawan tentang kebiasaan memeluk mereka.

Baca juga: Psikolog: Pelukan ibu pengaruhi perkembangan psikis anak

Secara keseluruhan, 112 mahasiswa relawan untuk berpartisipasi dalam studi tersebut. Untuk menilai kebiasaan memeluk, para ilmuwan mengirimkan lima pesan teks yang bertanya tentang apakah mereka memeluk atau tidak dalam slot waktu tiga jam pada tiga hari yang berbeda.

Jadi, setiap relawan memberikan informasi tentang kebiasaan memeluk pada maksimum 15 kesempatan. Selain itu, relawan diberi kit pengambilan sampel dan instruksi untuk memberikan sampel saliva untuk mengukur hormon stres. Hal ini dilakukan segera setelah bangun tidur dan 30 menit kemudian.

Efek pelukan terhadap tingkat hormon stres. Apa yang ditemukan oleh para ilmuwan?

Mereka menggunakan sampel saliva untuk menentukan tingkat kortisol. Kortisol adalah salah satu hormon stres yang paling penting pada manusia.

Dengan membandingkan sampel saliva yang diambil segera setelah relawan bangun tidur dengan sampel saliva yang diambil 30 menit kemudian, respons terhadap peningkatan kortisol (cortisol awakening response atau CAR) ditentukan.

Kortisol tidak dilepaskan secara merata sepanjang hari 24 jam, tetapi biasanya memiliki tingkat rendah di malam hari yang naik dengan cepat di pagi hari, itulah mengapa ilmuwan sering mengukurnya di pagi hari.

Baca juga: Anak yang sering dipeluk lebih tangguh hadapi perundungan

Dalam studi ini, para ilmuwan menemukan hubungan menarik antara frekuensi memeluk dan CAR. Secara rata-rata, relawan melaporkan bahwa mereka telah memeluk sekitar 15 persen dari interval tiga jam di mana data dikumpulkan dalam studi.

Relawan yang melaporkan lebih banyak pelukan dalam EMA menunjukkan CAR yang secara signifikan lebih rendah keesokan paginya dibandingkan dengan orang yang melaporkan lebih sedikit pelukan.

Efek ini juga tetap stabil ketika ilmuwan secara statistik mengontrol jenis kelamin biologis dan rata-rata jumlah pelukan seseorang.

Dengan demikian, secara keseluruhan, pelukan mengurangi tingkat hormon stres keesokan paginya. Para ilmuwan menyarankan bahwa pelukan dapat bertindak sebagai sinyal keamanan biologis.

Seseorang yang sering dipeluk mungkin mengurangi antisipasi stres keesokan harinya, yang menghasilkan CAR yang lebih rendah.

Baca juga: Rahasia di balik sebuah pelukan

Baca juga: Psikolog: Atlet harus cari kegiatan alternatif untuk hindari stres

Baca juga: Psikiater sarankan tidak melakukan swadiagnosis penyakit mental

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Penguasa Naga Putih dari Dunia Lain

kupon indomaret gratis
Wanita usia 50 tahun harus lebih perhatikan faktor kesehatan jantung
Ilustrasi seorang perempuan terkena serangan jantung. (ANTARA/Shutterstock/Ruigsantos)
Jakarta (ANTARA) - Saat wanita memasuki usia 50 tahun, penting untuk lebih memperhatikan faktor mengenai kesehatan jantung.

Ditulis laman New York Post, Selasa (20/2), penyakit kardiovaskular atau jantung adalah penyebab utama kematian pada wanita menurut ahli jantung Northwell Health dan ahli medis relawan American Heart Association Dr. Stacey Rosen, yang berbasis di New York, Amerika Serikat. Rosen mengatakan hampir 45 persen berusia di atas 20 tahun mengidap penyakit kardiovaskular.
Rosen juga melihat ada faktor risiko penyakit jantung yang berhubungan dengan jenis kelamin, tarmasuk riwayat menstruasi dan adverse pregnancy outcome (APO) atau kehamilan dengan luaran buruk.
 “Faktor risiko spesifik jenis kelamin lainnya termasuk kecemasan dan depresi, peningkatan risiko akibat pengobatan tertentu untuk kanker payudara, dan kondisi reumatologi,” kata Rosen.

Baca juga: Dokter: Nutrisi dalam udang bermanfaat bagi kulit hingga tulang Faktor risiko utama peningkatan risiko penyakit kardiovaskular bagi wanita berusia 50 tahun ke atas dimulai sejak menopause karena penurunan kadar hormon estrogen. Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi juga sering meningkat seiring bertambahnya usia.
Kepala petugas medis WebMD dan berbasis di Washington, DC, John Whyte mengatakan risiko diabetes juga meningkat seiring bertambahnya usia, yang secara signifikan meningkatkan kemungkinan penyakit jantung, seperti halnya faktor kesehatan lainnya seperti obesitas, merokok, dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

“Kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kondisi penyakit penyerta lainnya,” kata Whyte menambahkan.

Wanita seringkali mengalami gejala penyakit jantung yang berbeda dibandingkan pria. Alih-alih mengalami nyeri dada yang menjalar ke lengan kiri, wanita mungkin akan merasakan kelelahan yang tidak biasa atau ekstrem, sesak napas, pusing, mual, dan gangguan pencernaan.

Baca juga: Olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan masalah serangan jantung

Mayoritas penyakit kardiovaskular dapat dicegah melalui perubahan gaya hidup, peningkatan kesadaran dan pendidikan. Mulailah konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin, mineral, serat dan antioksidan, biji-bijian utuh untuk serat dan nutrisi, protein tanpa lemak seperti ikan dan unggas, kacang-kacangan dan biji-bijian untuk lemak sehat, kacang-kacangan untuk serat dan protein, dan kopi dan teh untuk antioksidan.

Di antara makanan yang harus dihindari adalah lemak jenuh dan lemak trans, yang ditemukan dalam daging merah, mentega, keju, dan makanan olahan, kata para ahli.

Menghindari kelebihan garam juga akan membantu menghindari tekanan darah tinggi, sementara membatasi makanan dan minuman manis akan membantu mencegah obesitas dan diabetes.

Selain menjaga asupan makanan, wanita di atas 50 tahun juga dianjurkan beraktivitas fisik secara teratur, yaitu setidaknya 150 menit 
aktivitas aerobik sedang atau 75 menit aktivitas berat setiap minggu.

Baca juga: Serat dalam pisang bisa atur tekanan darah untuk kesehatan jantung

Baca juga: Konsumsi Vitamin B3 berlebih bisa picu risiko penyakit jantung

Baca juga: Ada hubungan stres saat kecil dan risiko penyakit jantung
 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024

Susah memanjakan istri manja Pak Li, tolong ambil alih

daftar pinjol ojk resmi 2022
Dinkes Bogor gencar PSN usai empat warganya meninggal terjangkit DBD
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Adang Mulyana. ANTARA/M Fikri Setiawan.
Upaya yang dilakukan di lokasi kasus itu penyuluhan, PSN, larvasida, fogging focus
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Jawa Barat gencar melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), setelah empat orang warganya meninggal dunia karena terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

"Upaya yang dilakukan di lokasi kasus itu penyuluhan, PSN, larvasida, fogging focus," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Adang Mulyana di Cibinong Bogor, Sabtu.

Ia mengungkapkan, selama periode Januari-Februari 2024 ada sebanyak empat warga yang meninggal dunia karena menderita DBD setelah menjalani perawatan di rumah sakit (RS).

Empat warga tersebut berasal dari empat kecamatan berbeda, yaitu Babakanmadang anak berusia 6 tahun, Rancabungur anak berusia 8 tahun, Cijeruk anak usia 8 tahun, dan Cibinong anak usia 13 tahun.

"Selama bulan Januari ada 255 kasus dan Februari 137 kasus," kata Adang.

Ia mengimbau warganya untuk mewaspadai penyakit DBD yang mulai marak di sejumlah wilayah.

"Demam berdarah sudah mulai menyerang masyarakat di sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Bogor. Maka penting bagi warga untuk waspada," katanya.

Adang pun meminta warga di daerahnya agar menerapkan pola 3M plus untuk mencegah penyakit demam berdarah, yaitu dengan menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, mengubur dan mendaur ulang barang bekas tidak terpakai yang menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024