petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

rtp receh88

link alternatif 1001 359Jutaan kata 816220Orang-orang telah membaca serialisasi

《rtp receh88》

Shahid Khan, Muslim Kaya Berharta Rp181 T dari Bisnis Bumper Truk******

Shahid Khan menjadi salah satu muslim terkaya di dunia dengan harta Rp181 triliun. Kekayaan itu ia raih dari bisnis bumper truk.
Shahid Khan menjadi salah satu muslim terkaya di dunia dengan harta Rp181 triliun. Kekayaan itu ia raih dari bisnis bumper truk. (Basith Subastian/CNNIndonesia).
Jakarta, CNN Indonesia--

Banyak orang kayayang dimulai dari jalan yang tak pernah disangka-sangka.

Salah satunya terjadi pada Shahid Khan. Di masa mudanya, ia pernah menjadi seorang pencuci piring di AS dengan bayaran hanya US,20 per jam.

Namun, di tengah masa lalunya itu, kini Khan berhasil tumbuh menjadi raksasa taipan dunia. Forbesmencatat Khan kini memiliki harta US,1 miliar.

Harta itu membuatnya menjadi orang terkaya nomor 141 di dunia saat ini.

Lalu siapa sebenarnya Shahid Khan. Bagaimana dia bisa menjelma dari seorang tukang cuci piring menjadi seorang taipan berharta Rp181,26 triliun?

Mengutip berbagai sumber, Khan merupakan seorang Muslim kelahiran Pakistan pada 18 Juli 1950 dari keluarga kelas menengah.

Lihat Juga :
TAIPANMa Huateng, Sang Raja Gim Berharta Rp552 T dari China

Ayahnya seorang penjual peralatan survei konstruksi dan menggambar. Sementara itu, ibunya adalah seorang profesor ilmu matematika.

Latar belakang sang ayah sebagai seorang penjual peralatan konstruksi sedikit banyak membentuk Khan. Karena latar belakang itu, Khan memiliki cita-cita dan mimpi menjadi seorang arsitek.

Demi mewujudkan mimpinya itulah, saat berusia 16 tahun, ia pergi ke Illinois, AS untuk melanjutkan kuliah.

Bekal uang yang ia bawa saat itu US0. Dengan bekal itu, ia bisa menginap di tempat bertarif sewa US per malam. Namun kemudian, untuk bertahan hidup, Khan bekerja sebagai seorang pencuci piring bergaji US,2 per jam.

Lihat Juga :
TAIPANChalerm Yoovidhya, Raja Minuman Berenergi Dunia Berharta Rp406 T

Sambil bekerja di tempat itu, ia mencoba melamar kerja ke perusahaan otomotif bernama Flex-N-Gate. Ia diterima kerja di perusahaan tersebut.

Setelah lulus, ia naik pangkat menjadi direktur teknik di perusahaan tersebut.

Namun, kenaikan pangkat tak membuatnya berpuas diri. Berbekal pengalamannya bekerja di Flex-N-Gate, pada 1978, Khan membongkar celengan US ribu dan mendirikan Bumper Works, perusahaan pembuat bumper mobil untuk truk pikap.

Untuk membesarkan bisnisnya itu, Khan mencari pinjaman modal US ribu dari Small Business Administration.

Lihat Juga :
TAIPANGoh Cheng Liang, Lulusan SD Berharta Rp221 T dari Singapura

Upaya Khan tak sia-sia. Dalam waktu singkat, bisnisnya melesat dan tumbuh membesar.

Bahkan, pada 1980 atau 12 tahun setelah ia mendirikan Bumper Works, Khan berhasil membeli Flex-N-Gate, dari mantan bosnya Charles Gleason Butzow.

Ia membawa Bumper Works masuk ke dalam Flex-N-Gate. Khan kemudian membesarkan perusahaan yang baru dibelinya tersebut. Berkat hasil jerih payahnya, Flex-N-Gate masuk dalam tiga besar pemasok bumper perusahaan pembuat mobil.

Pada 1984, ia mulai memasok bumper mobil pikap ke Toyota. Hanya selang 3 tahun berjalan, ia berhasil mengalahkan pemasok bumper pikap Toyota.

Lihat Juga :
TAIPANRupert Murdoch, Konglomerat Media Berharta Rp278 T

Flex-N-Gate berhasil menjadi pemasok tunggal mobil pikap Toyota. Lalu pada 1989, ia berhasil mendapatkan hati dari Toyota dengan menjadi pemasok tunggal untuk seluruh lini Toyota di Amerika Serikat.

Sejak saat itu perusahaan telah berkembang pesat. Pada awalnya, penjualan hanya tembus US juta. Tapi pada 2010, nilai penjualan melesat menjadi US miliar.

Pada 2020, nilai penjualan melesat 4 kali lipat lebih menjadi US,89 miliar. Angka penjualan itu membuat Flex-N-Gate menduduki peringkat ke-46 Forbes sebagai perusahaan swasta Amerika Serikat terbesar.

Karena perkembangan itu pula, Flex-N-Gate berhasil melebarkan pabriknya ke 69 cabang yang tersebar di Amerika Serikat, China, Argentina, Spanyol, Prancis, Jerman, Meksiko. Pada 2019 kemarin, perusahaannya berhasil memberikan mata pencaharian ke 25 ribu orang.

Dengan perkembangan itu, Automotive News menetapkan Flex-N-Gate menjadi perusahaan pemasok suku cadang otomotif terbesar ke-7 di AS dan 33 di dunia.

Lihat Juga :
TAIPANMukesh Ambani, Anak Penjual Benang yang Kini Berharta Rp1.350 T

Hobi Beli Klub Bola

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Sandiaga Uno Sebut Rp3,7 T Hangus Akibat Piala Dunia U******

Menparekraf Sandiaga Uno menyebut kerugian langsung akibat batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia tembus Rp3,7 triliun.
Menparekraf Sandiaga Uno menyebut kerugian langsung akibat batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia tembus Rp3,7 triliun. (CNN Indonesia/Ilham).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menaksir nilai kerugian atau dampak langsung akibat batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20minimal sebesar Rp3,7 triliun.

"Dari total wisatawan mancanegara potensinya sekitar 1.000 hingga 50 ribu jiwa," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno seperti dikutip dari Antara, Jumat (31/3).

Tidak hanya itu. Sandiaga menyebut imbas dari batalnya ajang sepak bola bergengsi tersebut, pergerakan ekonomi yang dinantikan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) maupun pelaku ekonomi kreatif di Tanah Air dari 2,2 juta penonton (mancanegara dan Nusantara) juga lenyap.

Menurutnya, saat ini yang harus dilakukan ialah mulai memikirkan dan mencari solusi mengatasi dampak kerugian akibat batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Ayo segera move on. Mulai mencari solusi potensi kerugian yang dialami oleh pelaku ekonomi kreatif," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan Kemenparekraf telah melakukan kajian akibat atau dampak kerugian usai federasi sepak bola internasional atau FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan kerugian paling nyata dialami oleh pelaku ekonomi kreatif, dan usaha mikro kecil dan menengah.

Sandiaga menyakini berbagai macam kuliner, suvenir dan lain sebagainya telah disiapkan atau diproduksi dalam jumlah besar untuk dijual pada wisatawan mancanegara dan Nusantara pada saat berlangsungnya Piala Dunia U-20.

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)

Klaim Swasembada Beras RI Hingga Wacana Impor Beras 2 Juta Ton Lagi******

Perum Bulog kembali mendapat penugasan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk mengimpor beras 2 juta ton pada tahun ini.
Perum Bulog kembali mendapat penugasan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk mengimpor beras 2 juta ton pada tahun ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Perum Bulog kembali mendapat penugasan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk mengimpor beras. Tak tanggung-tanggung, beras yang akan diimpor mencapai 2 juta ton pada tahun ini.

Rencana impor beras tersebut merupakan hasil dari rapat internal bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (24/3) yang tertuang dalam salinan surat.

Dalam surat itu, Bulog diperintahkan mengimpor 2 juta ton beras pada tahun ini di mana 500 ribu ton harus didatangkan secepatnya.

Salinan surat itu juga menyebutkan tambahan pasokan beras dapat digunakan untuk program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Beras (SPHP), bantuan beras kepada sekitar 21,353 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dan kebutuhan lainnya.

Kendati demikian, Bapanas mengingatkan Bulog agar tetap menjaga kepentingan beras dalam negeri, terutama selama masa Panen Raya Maret-Mei 2023.

"Pengadaan beras dari luar negeri tersebut agar tetap menjaga kepentingan produsen dalam negeri serta memperhatikan aspek akuntabilitas dan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," lanjut isi salinan surat tersebut.

Lihat Juga :
Penjelasan Lengkap Sri Mulyani soal Dijemput Alphard di Apron Bandara

Direktur Utama Budi Waseso pun sudah mengonfirmasi penugasan impor beras tersebut.

Buwas, sapaan akrabnya, mengatakan impor beras masih akan mempertimbangkan kondisi kebutuhan dalam negeri.

"Sudah ada penugasan dari Bapanas tapi kan pelaksanaannya bertahap sesuai dengan kebutuhan," kata Buwas di Gedung DPR, Senin (27/3).

"Ini alokasi tidak berarti harus 2 juta. Daripada nanti kurang, ada lagi penugasan, ini sekaligus dikasih tugas dalam satu tahun, tapi tidak berarti 2 juta itu harus dimasukkan semua. Itu cadangan manakala ada sesuatu yang memerlukan tambahan" tambahnya.

Impor beras sebetulnya sudah pernah dilakukan pada Desember 2022 lalu.

Lihat Juga :
Pengusaha Minta Pemerintah Kaji Rencana Larangan Iklan Rokok

Saat itu, Kemendag memberi izin kepada Perum Bulog untuk mengimpor 500 ribu ton beras sebagai Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Seluruh beras itu pun kini sudah masuk ke Indonesia.

Keputusan impor beras itu pun kini menjadi sorotan. Pasalnya, pemerintah menerima penghargaan ketahanan pangan beras dari International Rice Research Institute (IRRI) pada Agustus lalu.

Penghargaan itu diberikan karena Indonesia dinilai memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan berhasil swasembada beras pada periode 2019-2021.

Penghargaan itu bertajuk "Acknowledgment for Achieving Agri-food System Resiliency and Rice Self Sufficiency during 2019-2021 through the Application of Rice Innovation Technology" atau "Penghargaan Sistem Pertanian-Pangan Tangguh dan Swasembada Beras Tahun 2019-2021 melalui Penggunaan Teknologi Inovasi Padi".

Lihat Juga :
Disney Mulai Gelombang PHK Pertama pada 7.000 Karyawan

Presiden Jokowi pun mengucapkan terima kasih kepada para petani dan Kementerian Pertanian (Kementan) usai pemerintah mendapat penghargaan itu.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar besarnya, utamanya para pelaku riil yang bekerja di sawah, para petani Indonesia," kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi menilai penghargaan itu layak diberikan, mengingat produksi beras di RI terus meningkat dan konsisten. Dari 2019 sampai 2021, produksi beras mencapai 31,3 juta ton.

"Peningkatan dan konsistensi inilah yang saya lihat dilihat oleh FAO (Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia PBB) dilihat oleh IRRI, karena memang jumlah itu adalah jumlah yang real" ucapnya.

Namun, terkait penugasan impor 500 ribu ton tahun lalu kepada Bulog, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengklaim RI masih bisa disebut swasembada.

Merujuk pada definisi Food and Agriculture Organization (FAO), ia mengatakan swasembada adalah apabila produksi dapat memenuhi 90 persen dari kebutuhan nasional.

Sedangkan dari 30 juta kebutuhan beras Indonesia tahun kemarin itu, Bulog hanya mengadakan impor 500 ribu ton.

"Kalau kebutuhan 30 juta, 10 persennya berapa? Kalau mengimpor 500 ribu ton masih swasembada nggak? Masih," tegasnya di Gedung DPR, Senin (27/3).

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)




bab terbaru:pinjaman online w k

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
situs slot online terbaru
deposit 25 bonus 25 tanpa to
togel
situs depo 50 bonus 50
pinjam uang masuk ke dana
trik pola gacor olympus
nagaboa
maxim slot
bonus new member slot 200
Daftar isi semua bab
Bab 1 pinjol selalu ditolak
Bab 2 seribu mimpi 33
Bab 3 trik cara menang sicbo
Bab 4 amanmpo
Bab 5 cair limit kredivo
Bab 6 lambo77 slot
Bab 7 info bonus new member 100
Bab 8 angka jitu macau jam 10 malam ini
Bab 9 tafsir mimpi buaya togel
Bab 10 bet77
Bab 11 alfabet303
Bab 12 gacor terus slot
Bab 13 game slot login
Bab 14 maxwin slot gacor login
Bab 15 angka jitu untuk hongkong malam ini
Bab 16 rejekipoker
Bab 17 situs idn poker terpercaya
Bab 18 erek35
Bab 19 somasi4d
Bab 20 buku mimpi 2d 78
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8099bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Mitos super datang

lg gacor
Serah operasi dari Subholding PT Pelindo Terminal Petikemas merupaka rencana strategis untuk meningkatkan kinerja operasional maupun keuangan PMT Kuala Tanjung.
Proses bongkar muat di PT Prima Terminal Petikemas. (Foto: Arsip Pelindo)
Jakarta, CNN Indonesia--

Subholding PT Pelindo Terminal Petikemas atau SPTP resmi menyerahkan pengelolaan operasional Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan kepada PT Prima Multi Terminal (PMT Kuala Tanjung).

Serah operasi tersebut merupakan bagian dari rencana strategis SPTP untuk meningkatkan kinerja operasional maupun keuangan dari PMT Kuala Tanjung. Serah terima operasi TPK Belawan ke PMT Kuala Tanjung efektif dilakukan mulai tanggal 1 April 2023.

Corporate Secretary SPTP Widyaswendra mengatakan penyerahan operasional terminal peti kemas kepada anak perusahaan menjadi salah satu rencana strategis perusahaan pada kurun waktu 2023-2024.

Perseroan menjamin serah operasi TPK Belawan kepada PMT Kuala Tanjung tidak akan mengganggu pelayanan kepada pengguna jasa. Widyaswendra mengaku pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada para pemangku kepentingan baik kepada Otoritas Pelabuhan, pengguna jasa, dan mitra kerja perusahaan di TPK Belawan.

Dengan serah operasi TPK Belawan, tidak mengubah PMT Kuala Tanjung sebagai operator terminal di Pelabuhan Kuala Tanjung. Keputusan serah operasi disebut sebagai langkah untuk meningkatkan portofolio PMT Kuala Tanjung.

"Dengan penambahan portfolio ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja PMT Kuala Tanjung, termasuk dalam hal penyelenggaraan kegiatan bongkat muat dan perluasan pasar di Pelabuhan Kuala Tanjung," tambahnya.

General Manager PT Tanto Intim Line Cabang Medan Bustanul Arifin Siregar mengatakan pihak pelayaran selaku pengguna jasa di TPK Belawan tidak mempermasalahkan serah operasi yang akan dilakukan oleh SPTP.

Para perusahaan pelayaran berharap keputusan tersebut tidak memberikan dampak negatif atas pelayanan di TPK Belawan. Bustanul berharap kinerja operasi yang sudah dicapai oleh TPK Belawan saat ini dapat ditingkatkan atau minimal dipertahankan.

"Kami sepenuhnya mendukung, selama pelayanan dan kinerja operasional yang saat ini sudah baik dapat ditingkatkan atau mininal dipertahankan, sistem layanan berbasis teknologi informasi tidak berubah, pembayaran transaksi dan pajak juga tidak berubah," terangnya.

(inh/inh)

Menjadi dewa setelah seratus pemurnian

bo slot terbaik
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan (Kamis 30/3).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan (Kamis 30/3). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan (Kamis 30/3).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pergerakan IHSG masih dalam rentang konsolidasi di tengah minimnya sentimen.

Kendati, kenaikan market global turut menunjang pergerakan IHSG dalam beberapa waktu terakhir.

Willian memperkirakan IHSG bergerak di rentang level 6.741 - 6.888 pada hari ini. Beberapa saham yang ia rekomendasikan yaitu UNVR, HMSP, ASII, INDF, KLBF, BBCA, dan BBRI.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova melihat pergerakan IHSG hari ini akan menguji resisten di 6.872-6.901. 

Ivan memperkirakan level support IHSG hari ini akan berada di 6.776, 6.705 dan 6.640, dengan level resistennya di 6.872-6.901, 6.961 dan 7.006.

Lihat Juga :
Besaran THR Guru dan Dosen 2023

Saham pilihan Ivan adalah ANTM (trading buy), ARTO (buy on weakness), dan ASII (buy on weakness).

IHSG ditutup di 6.839 pada Rabu (29/3) ini. Indeks saham menguat 79,10 poin atau 1,17 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11,07 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 19,82 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 327 saham menguat, 211 terkoreksi, dan 194 saham lainnya stagnan.

Dari 11 indeks sektoral, hanya dua yang melemah yakni properti -0,4 persen dan teknologi -0,54 persen. Sedangkan, delapan sektor lainnya menguat dipimpin oleh energi naik 2,3 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Era Abadi: Penjaga

cara kredivo premium
Ledakan kilang minya milik Pertamina di Dumai, Riau menyebabkan 9 orang luka-luka.
Ilustrasi. Kilang minyak milik Pertamina di Dumai meledak. (Antara/Humas Pertamina/Priyo Widianto/Handout)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kilang PertaminaInternasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) aman usai terjadi ledakan kilang di Dumai, Riau.

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI RU Dumai Agustiawan mengatakan saat ini sedang dilakukan proses pemuliihan operasional.

"Kami pastikan juga bahwa stok BBM Nasional, khususnya wilayah Sumatera Bagian Utara, dalam keadaan aman. Semoga proses recovery dapat berjalan baik sehingga beberapa hari ke depan kondisi operasional kilang sudah dapat berjalan optimal," pungkas Agustiawan dalam keterangan resmi, Minggu (2/4).

"Masyarakat jangan khawatir stok yang ada di Integrated Terminal (IT), Fuel Terminal (FT) dan sarfas Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, dipastikan aman dan tetap beroperasi dengan normal," ujar Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut sendiri memiliki wilayah operasi distribusi meliputi lima provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau.

Lihat Juga :
Pertamina Pantau Kilang di Dumai, Pastikan Warga Sekitar Tak Terdampak

Kilang RU II Dumai memasok BBM dan LPG ke sarfas-sarfas operasi Patra Niaga Regional Sumbagut, meliputi FT dan IT yang terletak di Provinsi Riau, Kepulauan Riau dan Sumatera Utara

"Proses distribusi kami pun tetap berjalan normal, kami mendapat informasi bahwa kondisi kilang saat ini sudah berjalan normal dan semua dapat teratasi dengan baik dan aman" kata Satria.

Sementara itu, korban ledakan bertambah menjadi sembilan orang. Korban tersebut merupakan pekerja di ruang operator yang terkena pecahan kaca.

Seluruh korban sudah kembali ke rumah masing-masing setelah mendapatkan perawatan di RS Pertamina Dumai.

Akibat dari kejadian ini, beberapa rumah warga dan rumah ibadah khususnya yang berdekatan dengan kilang juga mengalami kerusakan minor. PT KPI RU Dumai disebut akan segera menanggulangi kerusakan yang terjadi.

"PT KPI RU Dumai meminta maaf atas kejadian ini dan kami akan bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi di masyarakat," ujar Agustiawan

(fby/mik)

[Gambas:Video CNN]

Kronik Lima Benua dan Bangsa

link slot pasti menang
AP II memecat 3 petugas Bandara Soetta karena telah melakukan pelanggaran berat; meninggalkan area kerja tanpa lapor ke atasan untuk menjemput Bahar Bin Smith.
AP II memecat 3 petugas Bandara Soetta karena telah melakukan pelanggaran berat; meninggalkan area kerja tanpa lapor ke atasan untuk menjemput Bahar Bin Smith. ( ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Angkasa PuraII memecat tiga petugas Aviation Security (Avsec) nonorganik Bandara Soekarno-Hatta buntut aksi mereka menjemput Bahar Bin Smithyang baru turun dari pesawat pada Jumat (3/3) lalu.

SM of Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi  mengatakan pemecatan dilakukan terkait pelanggaran Prosedur Operasi Standar (SOP), serta tindakan indisipliner saat bertugas.

"Ketiga avsec melakukan pelanggaran berat, yakni meninggalkan area kerja tanpa melapor ke atasan langsung, lalu melakukan penjemputan dan pendampingan terhadap penumpang, di mana ini bukan SOP dari Avsec," katanya dalam pernyataan yang dikutip dari detik.com, Jumat (31/3).

Sebuah video petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta menjemput dan mendampingi Bahar bin Smith yang baru turun dari pesawat viral.

Tak hanya mengawal, ketiga petugas terlihat bergantian mencium tangan Habib Bahar bin Smith.



(agt/sfr)

Penguasa segala sesuatu

musang 123 slot
Ekonom memperkirakan dunia usaha kehilangan cuan hingga Rp105 triliun imbas Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.
Ekonom memperkirakan dunia usaha kehilangan cuan hingga Rp105 triliun imbas Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ekonom memperkirakan dunia usaha kehilangan cuan hingga Rp105 triliun imbas Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala DuniaU-20.

Pengamat Ekonomi Digital dari Institut of Economic and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan penyelanggaraan pesta olahraga ini harusnya memberikan dorongan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini. Namun, semuanya sirna karena dibatalkan.

"Kalau hitungan saya potensi ekonomi yang hilang, terutama dari sisi dunia bisnis kita kehilangan potensi pendapatan sebesar Rp105 triliun," ujar Nailul kepada CNNIndonesia.com, Kamis (30/3).

Nailul menghitung dengan mengansumsikan pengeluaran tamu yang datang per hari mencapai Rp10 juta per orang. Biaya itu mencakup biaya hotel, makan, transportasi sampai biaya tiket pesawat.

Belum lagi jika para tamu yang hadir ikut menikmati pariwisata yang ada di Tanah Air. Kemungkinan pengeluaran per hari bisa lebih besar.

Ia memperkirakan kalau jadi di gelar di Indonesia, Piala Dunia bisa menyedot jumlah tamu sebanyak 35 ribu orang, atau 50 persen dari tamu yang hadir di Piala Dunia U-20 Polandia pada 2019 lalu.

"Jadi saya asumsikan Rp10 juta per hari. Orang yang datang pas Pildun U-20 di Polandia, 70 ribu. Saya ambil 50 persen saja. Jadi saya hitungnya Rp10 juta dikalikan 350 ribu orang dan dikalikan 30 hari (lama penyelenggaraan)," jelasnya.

Sementara, dampak kepada minat investasi investor dinilai tidak terlalu besar. Sebab, gagalnya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tak berhubungan langsung dengan investasi.

[Gambas:Video CNN]

"Kalau ke investasi sih saya rasa tidak akan signifikan, di mana cukup jauh untuk dihubungkan," kata dia.

Senada, Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy Manilet juga melihat dampak batalnya acara ini sangat kecil ke investasi. Karena, acara olahraga tidak menjadi pertimbangan investor untuk menanam modal di negara lain.

"Umumnya, pertimbangan investor ketika ingin berinvestasi lebih banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti daya saing ekonomi suatu negara, kemudahan mendapatkan bahan baku, kepastian hukum, hingga insentif yang diberikan," pungkas Rendy.

Lihat Juga :
Mengintip Biaya Renovasi Lapangan Piala Dunia U-20 yang Batal di RI
(ldy/agt)

Penguasa Istana Kesepuluh

dewawin365
Pengusaha siap mengikuti aturan pemerintah yang mewajibkan perusahaan membayar THR tepat waktu dan tanpa dicicil.
Pengusaha siap mengikuti aturan pemerintah yang mewajibkan perusahaan membayar THR tepat waktu dan tanpa dicicil. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengaku siap dan mendukung keputusan pemerintah yang mewajibkan perusahaanmembayar tunjangan hari raya (THR) Lebaran 2023 tepat waktu dan tanpa dicicil.

Pemerintah mewajibkan pengusaha membayar THR pekerja atau buruh paling lambat sepekan sebelum Lebaran dan tak boleh dicicil. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran M/2HK.0400/III/2023 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2023 Bagi Pekerja/Buruh Perusahaan.

"Saya monitor sih mudah-mudahan nggak ada masalah. Insyaallahbisa kita bayarkan, mungkin terlambat-lambatnya itu sekitar tanggal 18 April, tapi kemungkinan tanggal 17 bisa dibayar," ujar Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani, Rabu (29/3).

"Kadin sambut baik untuk surat edaran ini, kami taat," kata Wakil Ketua Umum Bidang Ketenagakerjaan Kadin Adi Mahfudz Wuhadji.

Menurutnya, sebelum surat edaran dari Kemnaker terbit, para anggota Kadin memang sudah menyiapkan dana THR dalam rencana kerja anggaran tahunan, sehingga tidak ada kendala.

"Tanpa kita mendahului SE itu, pengusaha jauh-jauh bulan dan hari sudah proyeksi dan cadangkan THR. Karena kita pahami ini sesuai dengan Permenaker Nomor 6 Tahun 2016," jelasnya.

Namun, Adi mengimbau sebaiknya pemerintah memikirkan usaha kecil dan usaha mikro yang kemungkinan besar belum bisa membayar THR tepat waktu. Sebaiknya pelaku usaha kecil ini diberikan keringanan.

"Tapi kita paham nggak semua pengusaha besar, hanya sekitar 3 persen. Sisa 97 persennya lebih usaha kecil dan usaha mikro, yang kemungkinan THR itu belum dicadangkan. Di antaranya pasti ada yang nggak mampu. Jadi jangan semua dianggap mampu," katanya.

"Itu imbauan kami, agar usaha kecil dan usaha mikro bisa diperhatikan kemampuannya. Kami di Kadin akan taat," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)