petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kredit barang online tanpa ribet

aplikasi kredit hp termurah 809Jutaan kata 495069Orang-orang telah membaca serialisasi

《kredit barang online tanpa ribet》

DPR Minta Pemerintah Tak Bebankan Biaya Penempatan ke TKI******

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah untuk tidak membebankan biaya penempatan kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) alias TKI.
Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah untuk tidak membebankan biaya penempatan kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) alias TKI. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah untuk tidak membebankan biaya penempatan kepada Pekerja MigranIndonesia (PMI) alias TKI.

Menurutnya, pembebasan biaya penempatan bagi para TKI ini tertuang dalam pasal 30 ayat 1 UU Nomor 18/2017. Sehingga pemerintah dalam hal ini Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) harusnya mengikuti aturan tersebut.

"Soal biaya penempatan bukan berarti walaupun ada peraturan badan yang boleh, misalnya mengatur biaya penempatan berapa, bukan berarti setelah dibuat cost structurenya dibebankan ke PMI itu salah," ujarnya dalam ruang rapat Komisi XI DPR RI, Rabu (7/12).

Menanggapi itu, Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengatakan struktur biaya yang dibebankan ke para TKI ini sudah sejak lama, sebelum ia menjabat.

Saat ini, ia hanya meneruskan aturan yang ada sejalan dengan peraturan menteri ketenagakerjaan (permenaker) yang berlaku.

"Kami hanya badan penempatan yang mengacu pada permenaker melalui ditjen binapenta (Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja)," jelasnya.

Meski demikian, ia mengatakan sangat setuju dengan usulan Saleh mengenai pembebasan biaya tersebut. Terlebih, hal ini untuk menghindari para TKI berutang sebelum berangkat bekerja ke negara orang.

Karenanya, Benny menuturkan akan melakukan pembahasan dengan kementerian ketenagakerjaan dan kementerian terkait lainnya mengenai usulan pembebasan biaya ini. Mungkin salah satunya dengan melakukan kerjasama dengan negara tujuan TKI.

"Tapi mungkin penting agar kita dorong juga. Nanti kita bersama kemenaker akan coba ajukan MoU dengan negara tersebut agar negara tersebut mau membebaskan biaya. Saya setuju 100 persen dengan usulan itu," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam pasal 30 ayat 1 UU 18/2017 memang disebutkan PMI tidak dapat dibebani biaya penempatan. Namun, dalam ayat 2 dilanjutkan lagi bahwa ketentuan lebih lanjut mengenai biaya penempatan sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 diatur dengan peraturan kepala badan.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Jokowi Pangkas Modal Inalum Rp48 T Demi Bentuk Usaha Tambang Baru******

Presiden Jokowi mengurangi nilai penyertaan modal negara (PMN) untuk PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atawa Inalum sebesar Rp48,74 triliun.
Presiden Jokowi mengurangi nilai penyertaan modal negara (PMN) untuk PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atawa Inalum sebesar Rp48,74 triliun. (ANTARA FOTO/RENO ESNIR).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Jokowimengurangi nilai penyertaan modal negara (PMN) untuk PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atawa Inalumsebesar Rp48,74 triliun.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 tahun 2022 tentang Pengurangan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia pada Perusahaan Perseroan (Persero) PT Indonesia Asahan Aluminium.

Mengutip beleid tersebut pada Jumat (9/12), pengurangan PMN itu adalah untuk mengembangkan ekosistem bisnis dan industri pertambangan yang lebih optimal dan efisien. Selain itu, juga untuk melanjutkan kebijakan pemerintah dalam holding pertambangan.

"Bahwa dalam rangka pembentukan strategic holdingsebagai mana dimaksud dalam huruf b, perlu terlebih dahulu dilakukan pengurangan penyertaan modal Negara Republik Indonesia pada Perusahaan Perseroan (Persero) PT Indonesia Asahan Aluminium yang selanjutnya digunakan sebagai penyertaan modal Negara Republik Indonesia untuk pendirian Perusahaan Perseroan (Persero) di Bidang Pertambangan," demikian bunyi beleid tersebut.

Lebih rinci, pengurangan PMN itu terdiri dari 15,61 miliar saham Seri B pada PT Aneka Tambang Tbk, 4,84 miliar saham Seri B pada PT Timah Tbk, 7,49 miliar saham Seri B pada PT Bukit Asam Tbk, dan 21.300 saham PT Freeport Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

Adapun beleid tersebut telah ditetapkan dan diundangkan pada 8 Desember 2022.

Pengurangan PMN ini menjadikan kepemilikan saham Inalum pada PT Aneka Tambang Tbk, PT Timah Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan PT Freeport Indonesia beralih menjadi saham milik negara pada PT Aneka Tambang Tbk, PT Timah Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan PT Freeport Indonesia.

Selanjutnya, pengalihan saham itu pun mengakibatkan kepemilikan saham negara pada PT Aneka Tambang Tbk menjadi sebesar 65 persen atau sebesar Rp1,56 triliun. Jumlah itu terdiri dari 1 saham Seri A dwi warna dengan nilai sebesar Rp100 dan 15,61 miliar saham Seri B dengan nilai nominal sebesar Rp1,56 triliun.

Sementara itu untuk kepemilikan PT Timah Tbk menjadi sebesar 65 persen atau sebesar Rp242,05 miliar yang terdiri atas 1 saham Seri A dwi warna dengan nilai nominal sebesar Rp50 dan 4,84 miliar saham Seri B dengan nilai nominal sebesar Rp50 atau sebesar Rp242,05 miliar.

Untuk kepemilikan PT Bukit Asam Tbk menjadi sebesar 65 persen atau sebesar Rp749 miliar yang terdiri atas 5 saham Seri A dwi warna dengan nilai nominal Rp100 atau sebesar Rp500 dan 7,49 miliar saham Seri B dengan nilai nominal sebesar Rp100 atau sebesar Rp749 miliar.

Sedangkan, kepemilikan PT Freeport Indonesia menjadi sebesar 5,62 persen atau sebesar US,13 juta yang terdiri atas 21.300 saham dengan nilai nominal sebesar US0 .

Kepemilikan saham negara itu mengakibatkan status PT Aneka Tambang Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Bukit Asam Tbk menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sementara, Inalum tidak lagi memiliki saham PT Aneka Tambang Tbk, PT Timah Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan PT Freeport Indonesia.

(mrh/agt)

Uji Coba Bayar Tol Tanpa Berhenti Dimulai 1 Juni 2023 di Bali******

Pemerintah akan menggelar uji coba transisi sistem transaksi tol tanpa kartu (MLFF) pada 1 Juni 2023 dimulai di Bali.
Pemerintah akan menggelar uji coba transisi sistem transaksi tol tanpa kartu (MLFF) pada 1 Juni 2023 dimulai di Bali. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah akan menggelar uji coba transisi sistem transaksi toltanpa kartu atau Multi Lane Free Flow (MLFF) pada 1 Juni 2023 mendatang. Uji coba pertama akan dilakukan di Bali.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengungkapkan uji coba dilakukan bertahap dengan menghilangkan satu gerbang tol. Namun, gerbang lainnya masih bisa melakukan transaksi nontunai konvensional.

"Kita mulai dengan hilangkan satu gerbang dulu di satu ruas tol untuk MLFF. Sementara gerbang yang lain tetap bisa digunakan untuk transaksi nontunai dengan kartu elektronik," terang Danang melalui keterangan tertulis, Rabu (7/12).

Menurut Danang, MLFF akan membuat biaya operasional pengumpulan tol akan semakin efisien. "Untuk melintasi jalan tol, pengguna cukup mengunduh aplikasi Cantas dan melakukan registrasi, serta memastikan saldo tersedia," jelasnya.

"Karena akan ada Gantry yang akan mengawasi kendaraan di beberapa titik di ruas tol agar tidak ada pelanggaran," lanjutnya.

Terkait lokasi uji coba, Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai Badan Usaha Pelaksana sistem MLFF mengatakan Bali dipilih sebab ruas tol ini belum terlalu padat. Pertimbangan ini dianggap akan mempermudah kontrol sistem baru berjalan dengan baik.

Lihat Juga :
Hutama Karya Bakal Dapat PMN Bangun Jalan Tol Trans Sumatera

Selama uji coba, kegiatan sosialisasi juga dilakukan lebih masif agar segala informasi bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

"Setelah Bali menerapkan MLFF secara keseluruhan, baru kemudian kita akan uji coba di ruas tol lain," imbuhnya.

Sistem MLFF mengandalkan teknologi satelit Global Navigation Satellite System (GNSS) yang memantau pergerakan kendaraan saat melewati jalan tol melalui teknologi satelit tersebut.

Untuk melintasi jalan tol, pengguna cukup menekan tombol 'start' atau mulai pada aplikasi Cantas sebelum masuk memasuki jalan tol. Lalu, GPS akan menentukan posisi yang dideterminasi satelit dan proses map matching akan berjalan di central system.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Minta Menteri Basuki Ajari Pemda 'Cara Pakai Duit'

Saat perjalanan berakhir dan kendaraan keluar tol, maka proses map matching berakhir. Secara otomatis, aplikasi akan mengkalkulasi tarif dan kemudian saldo akan terpotong secara otomatis.

Rencana pemerintah mentransformasi sistem tol ini, salah satunya dilatarbelakangi hasil studi kelayakan yang dilakukan Roatex.

Studi itu mengungkap kemacetan yang terjadi di gerbang tol mengakibatkan kerugian hingga Rp4,4 triliun per tahun.

Selain itu, berdasar hasil penelitian yang dilakukan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pada Juli 2022 menyebut sebanyak 92.2 persen dari 1.341 pengguna tol yang di survei mengklaim setuju dengan sistem MLFF.



Ketua YLKI Tulus Abadi menjelaskan dua alasan utama mereka mendukung sistem ini, pertama, efisiensi dari sisi waktu tunggu di gerbang tol terutama pada jam padat.

Kedua, pengguna menilai lalu lintas kendaraan di jalan tol dapat berjalan lebih lancar dengan adanya sistem MLFF.

"Selain setuju, pengguna tol yang kami survei itu juga menyampaikan kesiapan mereka jika sistem MLFF diberlakukan sebagai sistem pembayaran tol," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/bir)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:rekomendasi slot gacor 2022

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
ungutoto
bni4d
okeplay777 login
situs game slot tergacor
slot27 login
situs judi slot gacor
slot gacor resmi hari ini
jitu 777 slot online
pinjam online pakai dana
Daftar isi semua bab
Bab 1 plaza4d2
Bab 2 erek erek 2d 23
Bab 3 receh88
Bab 4 manggtoto
Bab 5 slot terpercaya terbaru
Bab 6 akun slot resmi
Bab 7 demo slot microgaming poseidon
Bab 8 mudah dapat uang
Bab 9 aladdin666
Bab 10 kupon gojek
Bab 11 pinjam saldo
Bab 12 link slot deposit 5 ribu
Bab 13 kontak kredivo
Bab 14 belanja di akulaku tanpa uang muka
Bab 15 bolaking138
Bab 16 game 77 slot
Bab 17 grandbet88
Bab 18 bo togel bonus new member
Bab 19 pola trik maxwin
Bab 20 situs paling gacor terbaru
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2809bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Master Kelangsungan Hidup Super

mega slot demo
Menteri BUMN Erick Thohir buka suara soal harga BBM yang tidak akan mengalami kenaikan dalam waktu dekat. Ia mengatakan itu semua diambil demi jaga daya beli.
Menteri BUMN Erick Thohir buka suara soal harga BBM yang tidak akan mengalami kenaikan dalam waktu dekat. Ia mengatakan itu semua diambil demi jaga daya beli. ( CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir buka suara soal harga bahan bakar minyak (BBM) yang tidak akan mengalami kenaikan dalam waktu dekat.

Erick mengatakan untuk sementara ini memang belum ada keputusan baik dari pemerintah maupun Pertamina soal kenaikan harga BBM.

"Ya, jadi BBM kita jaga hari ini untuk memastikan ekonomi rakyat tetap tumbuh, ekonomi Indonesia tetap tumbuh. Beban di rakyat yang hari ini tentu kita harus jaga, jadi kebijakannya seperti itu," ujar dia di Kantor BPKP, Jakarta Timur, Senin (4/3).

"Tapi selama kita bekerja sama, seluruh kementerian, untuk berpihak dengan policy yang tentu kepada rakyat, ya kita tidak boleh bilang untung dan tidak untung. Hari ini kita harus jaga kestabilan daripada ekonomi Indonesia," lanjutnya.

Erick juga menjelaskan bahwa masalah situasi dunia hari ini sedang tidak menentu. Maka itu, pemerintah harus prihatin dengan kondisi rakyat.

"Jepang sudah mulai krisis, Inggris krisis, penurunan ekonomi di China, Amerika gantian mau pemilu bulan November. Kita tentu dinamika daripada kebijakan masing-masing negara juga kita harus antisipasi," tutur Erick.

Ia kemudian menyoroti harga beras di pasar-pasar grosir sudah mulai stabil dan menurun. Namun di saat yang bersamaan, harga BBM sedang tidak menentu.

"Nah, kita coba jaga. Supaya jangan masyarakat yang terbawah terkena dampak. Ini yang kita lagi coba seimbangkan. Dan kita yakin tentu tetap kita jaga inflasi, kita jaga pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya menyinggung soal keputusan pemerintah tidak akan menaikkan tarif listrik dan harga BBM hingga Juni 2024.

Airlangga menegaskan keputusan ini berlaku untuk kelompok subsidi maupun nonsubsidi.

Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan harus ada tambahan anggaran kepada PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero) imbas tak ada kenaikan tarif listrik dan harga BBM tersebut.

Airlangga menyebut suntikan duit tambahan bakal diambil dari Sisa Anggaran Lebih (SAL). Selain itu, ada juga sumber dari pelebaran defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024.

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)

Perjalanan ke Barat: Diary of the Bone Demon

papislot
Dirut Bulog Buwas menjamin RI tidak akan krisis pangan meskipun cadangan beras pemerintah menipis dan tidak memenuhi target tahun ini.
Dirut Bulog Buwas menjamin RI tidak akan krisis pangan meskipun cadangan beras pemerintah menipis dan tidak memenuhi target tahun ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama Perum BulogBudi Waseso atau Buwas menjamin Indonesia tidak akan mengalami krisis pangan, meskipun cadangan beraspemerintah (CBP) tidak terpenuhi hingga akhir tahun ini.

CBP yang dikelola Bulog ditargetkan mencapai 1 juta-1,2 juta ton pada akhir tahun ini. Sedangkan, CBP saat ini hanya 295,3 ribu ton.

Buwas mengatakan meskipun cadangan beras pemerintah memadai, cadangan yang ada di masyarakat masih memadai. Hal itu ditunjukkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS).

Buwas menerangkan CBP tetap perlu dipenuhi karena akan digunakan untuk menjaga stabilitas harga beras, termasuk dengan operasi murah. Jika tidak bisa mendapatkan pasokan beras dari dalam negeri, maka beras harus diimpor.

Namun, dia menilai impor beras juga tidak mudah saat ini karena banyak negara yang membatasi sampai menutup pintu ekspor mereka. Bahkan, ada salah satu negara yang awalnya setuju untuk mengekspor beras ke Indonesia, namun dibatalkan karena tidak siap dalam waktu yang singkat.

Lihat Juga :
Buwas soal Impor Beras: Belum Tentu Penuhi Target Cadangan 1 Juta Ton

Ia mengatakan target CBP minimal 1 juta ton rencananya dipenuhi dari beras dalam negeri 500 ribu ton dan beras impor 500 ribu ton. Namun, Bulog hanya bisa mendapatkan 166 ribu ton beras dalam negeri.

Sedangkan beras impor masih diupayakan minimal 200 ribu ton di bulan ini.

"Sampai dengan Desember ini kita harusnya mendatangkan 500 ribu ton, tapi sangat tidak mungkin. Jadi yang paling mungkin dengan segala upaya paling hebat 200 ribu ton, sisanya kita liat situasi," kata Buwas.

[Gambas:Video CNN]



(fby/bir)

Pasca-95

of olympus demo
Pemilik PT Gudang Garam Tbk Susilo Wonowidjojo terlempar dari daftar 10 orang terkaya Indonesia versi Forbes Desember 2022.
Pemilik PT Gudang Garam Tbk Susilo Wonowidjojo terlempar dari daftar 10 orang terkaya Indonesia versi Forbes Desember 2022. (Dok. Gudang Garam).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemilik PT Gudang Garam Tbk Susilo Wonowidjojo terlempar dari daftar 10 orang terkaya Indonesia versi Forbes Desember 2022.

Dilansir Forbes, Kamis (8/12), harta Susilo menyusut US,3 miliar menjadi US,5 miliar atau sekitar Rp54,6 triliun. Hal itu menyebabkan peringkat Susilo merosot tujuh peringkat dari 7 menjadi 14.

Kekayaan Susilo terkikis salah satunya karena kenaikan cukai yang ditetapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani lewat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 192/PMK.010 Tahun 2021 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau Berupa Sigaret, Cerutu, Rokok Daun atau Klobot, dan Tembakau Iris.

Selain Susilo, pengusaha Jogi Hendra Atmadja juga meninggalkan daftar 10 orang terkaya RI. Tercatat, harta bos PT Mayora Indah itu turun dari US,1 miliar menjadi US,95 miliar yang menyebabkan peringkatnya turun dari posisi 9 menjadi 12.

Peringkat konglomerat Musim Mas Bachtiar Karim juga turun dari 10 menjadi 11. Padahal, hartanya naik dari US,5 miliar menjadi US miliar.

Sementara itu, sejumlah pengusaha berhasil menembus daftar 10 orang terkaya RI versi Forbes. Rinciannya, pemilik Bayan Resource Low Tuck Kwong di posisi 2 dengan kekayaan US,1 miliar atau Rp188,76 triliun.

Kemudian, Tahir dan keluarga di peringkat ke-9 dan Djoko Susanto di peringkat ke-10. Total harta Tahir tercatat sebesar US,2 miliar atau Rp65,52 triliun. Sementara, Djoko mengantongi kekayaan sebesar US,1 miliar atau Rp63,96 triliun.

Berikut daftar 10 orang terkaya RI versi Forbes Desember 2022:

1. Hartono bersaudara total kekayaan US,7 miliar
2. Low Tuck Kwong total kekayaan US,1 miliar
3. Keluarga Widjaja US,8 miliar
4. Sri Prakash Lohia US,7 miliar
5. Anthoni Salim dan keluarga US,5 miliar
6. Chairul Tanjung US,2 miliar
7. Prajogo Pangestu US,1 miliar
8. Boenjamin Setiawan US,8 miliar
9. Tahir dan keluarga US,2 miliar
10. Djoko Susanto US,1 miliar

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)

[Gambas:Video CNN]

Guru Tiongkok terlahir kembali di dunia lain

slot gacor 333
Harga sewa rata-rata apartemen di Manhattan, AS, meroket 19 persen menjadi Rp81,8 juta per bulan. Angka itu pemecah rekor tertinggi sejauh ini.
Harga sewa rata-rata apartemen di Manhattan, AS, meroket 19 persen menjadi Rp81,8 juta per bulan. Angka itu pemecah rekor tertinggi sejauh ini. (AFP/Yuki Iwamura).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga sewa rata-rata apartemendi Manhattan, Amerika Serikat (AS) meroket 19 persen hingga US.249 atau setara Rp81,8 juta per bulan (kurs Rp15.585 per dolar AS). Harga sewa tersebut menjadi pemecah rekor menjadi yang tertinggi sejauh ini.

Data tersebut tercatat untuk November 2022 dalam laporan bulanan perusahaan pialang Douglas Elliman dan Miller Samuel. Laporan itu menunjukkan harga sewa rata-rata apartemen di Manhattan meroket dari rekor tertinggi November tahun lalu sebesar US.095.

Harga sewa apartemen di Manhattan yang mencapai Rp81,8 juta per bulan tercatat meningkat 18,7 persen dibandingkan tahun lalu dan meningkat 2,1 persen dari data Oktober 2022.

"Sewa tidak naik seperti awal tahun ini, tetapi tetap bertahan di level yang tinggi. Sejak harga sewa memuncak pada akhir musim panas, sekarang harga sewa sedikit lebih rendah," tutur Presiden dan CEO Miller Samuel Jonathan Miller kepada CNN Business, Kamis (8/12).

November menjadi bulan yang mencatat penurunan sewa tahunan paling signifikan dalam penandatangan sewa baru sejak awal pandemi covid-19. Dalam laporan yang sama, tingkat kekosongan hunian tercatat naik selama 7 bulan berturut-turut.

Lihat Juga :
Pengusaha Fintech Blak-blakan soal Tren Pinjol Macet Rp5 T

Sejatinya konsesi atau promo yang ditawarkan, seperti sewa gratis selama satu bulan, meningkat 16 persen untuk penyewa baru pada November. Ini meningkat dari bulan sebelumnya yang hanya 13 persen.

"Ekonomi atau pekerjaan tetap terlalu kuat untuk memungkinkan harga sewa turun secara signifikan. Satu-satunya cara kita akan melihat peningkatan keterjangkauan yang signifikan adalah dengan mengalami resesi, dan siapa yang menginginkannya?," pungkas Miller.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)

Petugas deportasi dari semua bidang

asiabet338
Bali disebut mengalami kelangkaan solar yang berimbas pada operasional angkutan barang dan bus pariwisata.
Bali disebut mengalami kelangkaan solar yang berimbas pada operasional angkutan barang dan bus pariwisata. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf).
Denpasar, CNN Indonesia--

BBM jenis solardisebut langka di Bali. Organisasi Angkutan Darat (Organda) Bali pun menjerit karena operasional angkutan barang hingga bus pariwisatajadi terganggu.

Ketua DPD Organda Bali I Ketut Edi Dharma Putra mengatakan akibat kelangkaan solar, kunjungan ke tempat-tempat wisata yang biasanya disambangi oleh bus pariwisata pun menurun.

"Dampaknya, layanan terganggu, karena Bali merupakan daerah pariwisata yang semestinya rute ke obyek wisata bisa lima kali. Tetapi, karena antrean panjang kelangkaan solar, frekuensi ke obyek wisata menurun," ujarnya saat dihubungi, Rabu (7/12).

Menurut dia, kelangkaan solar sudah terjadi sejak tiga hari lalu. Akibatnya, pendapatan para sopir pun tertekan. "Ini dari anggota, kelangkaan solar sehingga operasional terganggu," jelasnya.

Lihat Juga :
Perbandingan Upah di Kota-kota Besar dan Kawasan Industri

Ia berharap pihak-pihak terkait tidak membatasi pembelian solar atau mengurangi kuota solar di Bali, mengingat kebutuhannya untuk angkutan darat, termasuk bus pariwisata.

"Bali kan sudah stabil. G20 kemarin sudah berjalan baik. Tidak ada satu keluhan apapun, sekarang kami dengar kuota (solar) dikurangi. Kami harap agar dikembalikan kuotanya, sehingga tidak terjadi antrean panjang pembelian solar," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(kdf/bir)

kegelapan ekstrem

slot emas 96
Kementerian PUPR menghibahkan Rp217 triliun kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2021 dalam bentuk aset jalan raya.
Kementerian PUPR menghibahkan Rp217 triliun kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2021 dalam bentuk aset jalan raya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menghibahkan Rp217 triliun kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2021. Hibah itu diberikan dalam bentuk aset jalan raya. Secara keseluruhan, hibah aset yang diberikan PUPR pada 2021 sebesar Rp233 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan hibah dari Kementerian PUPR kepada DKI ini menjadi hibah terbesar sepanjang tiga tahun terakhir.

"Pada 2021 melonjak ke Rp233 triliun barang yang dihibahkan. Kok naiknya besar sekali? Karena 2021 yang sebesar Rp233 T itu adalah jalan raya yang tadi dibangun dengan uang negara di dalam anggaran PUPR, sesudah jadi sekarang dihibahkan ke pemda dalam hal ini Pemprov DKI yang mendapat Rp217 T," ujar Sri Mulyani dalam acara Serah Terima Barang Milik Negara di Jakarta Pusat, Rabu (7/12).

Sri Mulyani mengungkapkan ketika aset itu dihibahkan ke Pemprov DKI, maka Rp217 triliun itu akan keluar dari aset PUPR.

Lebih jauh, ia menjelaskan alasan pemerintah pusat atau PUPR kerap melakukan hibah serupa dengan alasan Kementerian Keuangan menyuntikkan dana modal tambahan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Lihat Juga :
Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia Terbaru Versi Forbes

Menurutnya, upaya ini adalah untuk memacu pembangunan dan perekonomian negara.

"Saya harus menjelaskan dana APBN masuk ke BUMN tujuannya untuk apa? Pembangunan, dilakukan mission dari BUMN tersebut termasuk untuk (berbagai hal, seperti) perumahan, financing," tuturnya.

Sri Mulyani berharap usai hibah dilakukan, penerima akan memelihara dan memanfaatkan aset tersebut secara optimal untuk kepentingan masyarakat. Sebab, ia menilai, hibah dan suntikan modal ini merupakan pemihakan atau kehadiran negara dalam memenuhi kebutuhan rakyatnya.

 

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

[Gambas:Video CNN]