petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cahayapoker

senarbet 862Jutaan kata 951147Orang-orang telah membaca serialisasi

《cahayapoker》

PNM Raih BRI Excellence Award Berkat Sejahterahkan Nasabah & Karyawan******

PNM memborong 3 penghargaan BRI Excellence Award (BEA). yakni Best Employee Bisnis, Best Employee Support, dan Best Unit Kerja.
PNM memborong 3 penghargaan BRI Excellence Award (BEA). yakni Best Employee Bisnis, Best Employee Support, dan Best Unit Kerja. (Foto: Arsip PNM).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Permodalan Mardani (PNM) sukses meraih BRI Excellence Award (BEA). Dalam penghargaan ini, PNM memenangkan 3 dari 5 kategori yang ada, yakni Best Employee Bisnis, Best Employee Support, dan Best Unit Kerja.

Untuk kategori Best Employee Bisnis, direngkuh Yuni Andriyani, Account Officer (AO) dari Unit Caringin, PNM Cabang Garut.

Selanjutnya, Meliana, FAO Unit Salopa, PNM Cabang Tasikmalaya, meraih penghargaan Best Employee Support. Terakhir Best Unit Kerja diraih PNM Cabang Padang.

"Seperti adik-adik AO ini, walaupun baru lulusan SMA dan memiliki keterbatasan akses masih dapat berprestasi dan prestasinya pun tidak main-main," ujar Arief.

Keberhasilan dua perempuan muda ini patut dibanggakan. Berasal dari daerah dan masih diumur yang sangat belia, keduanya mampu meraih penghargaan yang bergengsi ini.

Diundang ke Jakarta bersama rekan-rekan cabang lainnya untuk menerima penghargaan ini, Yuni mengucap banyak syukur, berkat PNM Ia dapat berhasil meraih prestasi ini.

Terkait BRI Excellence Award (BEA) ini, CEO BRI Group, Sunarso mengatakan, sudah menjadi tugas perusahaan dalam menyediakan 'lapangan' untuk kompetisi, aturan main yang sehat, management system yang jelas, dan menyediakan rewards atau penghargaan. Upaya tersebut telah dilakukan dengan mengadakan penghargaan BEA atas performa tahun 2022 pada 12 Mei 2023 lalu di Menara BRILiaN.

Program tahunan ini memiliki beberapa kategori penghargaan l, yakni Best Employee, Best Unit Kerja, Best Data Quality Awareness, Best Service & Operasional, dan Best Culture. Terdapat beberapa kriteria pasti dalam penjurian yang dilakukan untuk menentukan para peraih penghargaan.

Seperti bagaimana internalisasi nilai AKHLAK, peningkatan performa kerja, dan bagaimana kultur perusahaan dapat tercermin dalam kinerja pekerjaan.

Dengan berbagai aspek penilaian lainnya, PNM memborong penghargaan di malam itu. Dari sekirar 69.000 Insan PNM yang tersebar di seluruh Indonesia, Yuni dan Meliana menjadi salah satu contoh potensi yang dimiliki Insan PNM.

PNM sendiri selalu aktif dalam memperhatikan pengembangan soft skill dan hard skill setiap Insan PNM. Pelatihan tidak hanya dilakukan untuk para nasabah saja, tetapi SDM perusahaan.

Kegiatan PKM (Pertemuan Kelompok Mingguan) yang dilakukan setiap minggu oleh AO dan para Ibu Nasabah juga berdampak sirkuler.

Edukasi dan sosialisasi dari AO untuk Ibu Nasabah juga secara tidak langsung banyak melatih soft skill muda-mudi ini. Seperti meningkatnya communication skill, public speaking, dan negotiation skill.

(osc/osc)

Xi Jinping Larang Pedagang Kaki Lima di Beijing******

Presiden China Xi Jinping menentang pencabutan pembatasan pedagang kaki lima di Beijing.
Presiden China Xi Jinping menentang pencabutan pembatasan pedagang kaki lima di Beijing. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden China Xi Jinping menentang pencabutan pembatasan pedagang kaki limadi Beijing. Artinya, ia ingin pedagang kaki lima tetap dibatasi ruang geraknya untuk berjualan.

Hal ini menandakan perpecahan dalam pemerintah China atas perubahan kebijakan untuk mengatasi naiknya angka pengangguran. Melansir CNN Business, Kamis (18/5), ini adalah pertama kalinya pemimpin tertinggi China berbicara secara terbuka menentang upaya menghidupkan kembali 'ekonomi kios jalanan.

Namun, masih belum jelas apakah Beijing harus mematuhi pandangan Xi dan melarang pedagang kaki lima.

Beijing merupakan kota besar berpenduduk 22 juta orang, yang telah melonggarkan aturan pembatasan pedagang kaki lima selama beberapa bulan terakhir.

Pemerintah kota mendorong orang untuk mendirikan warung pinggir jalan atau gerobak di daerah tertentu, di mana mereka dapat menjual makanan khas setempat, makanan ringan, pakaian atau mainan.

Pencabutan pembatasan terjadi setelah Zibo, kota industri yang dulunya kurang dikenal, menjadi viral karena kedai barbeque berkonsep outdoor mulai tren dan menginspirasi kota-kota lain untuk meniru kesuksesannya.

Sementara itu, Perdana Menteri Li Keqiang menggembar-gemborkan gagasan menciptakan lapangan kerja dengan mendorong pedagang kaki lima untuk mendirikan toko di seluruh China, di tengah kemerosotan ekonomi akibat pandemi covid-19 pada 2020.

Namun, pidato Keqiang itu dengan cepat ditolak oleh rekan dekat Xi, yang menyebut pedagang kaki lima tidak higienis dan tidak beradab.

Para analis kemudian mengatakan bahwa menjajakan kaki lima adalah sesuatu yang tidak disukai Xi Jinping karena dianggap menodai citra China yang sukses dan modern. Gagasan pedagang membanjiri jalan-jalan kota metropolitan juga bertentangan dengan visi Xi tentang China sebagai negara adidaya yang maju dan berteknologi tinggi.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

[Gambas:Video CNN]

Deretan Saham yang Mendulang Cuan Pekan Ini******

Sektor telekomunikasi dan keuangan menjadi deretan saham yang diprediksi menguntungkan pekan ini.
Ilustrasi. Sektor telekomunikasi dan keuangan menjadi deretan saham yang diprediksi menguntungkan pekan ini. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.700 pada Jumat (19/5), menguat 37 poin atau plus 0,56 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip data RTI, indeks saham menguat sebanyak dua kali dan melemah dua kali. Sementara, performa indeks dalam seminggu melemah sebesar 0,82 persen.

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Aulia Noviana Utami memaparkan dalam sepekan data perdagangan saham mayoritas ditutup bervariasi.

Selanjutnya, rata-rata volume transaksi harian bursa menguat 10,26 persen menjadi 21,011 miliar saham. Lalu, rata-rata frekuensi transaksi harian bursa melemah 7,52 persen menjadi 1.270.046.

"Rata-rata nilai transaksi harian Bursa mengalami perubahan sebesar 1,43 persen menjadi Rp10,018 triliun dari Rp10,164 triliun pada pekan sebelumnya," terang Aulia seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (19/5).

Untuk sepekan ke depan, Pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi memprediksi IHSG bergerak di rentang support 6.656 dan resistance 6.793. Menurutnya, pergerakan IHSG akan dipengaruhi oleh beberapa sentimen dari rilis data ekonomi di Indonesia dan global.

Lihat Juga :
JK Sebut Era Jokowi Bayar Utang Rp1.000 Triliun Tiap Tahun

Salah satunya adalah suku bunga acuan Bank Indonesia 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) yang diperkirakan akan tetap berada di level 5,75 persen. Hal ini, kata Audi, sejalan dengan inflasi Indonesia yang melambat serta mengantisipasi ketidakpastian kondisi ekonomi global.

Selain itu, Audi juga mengatakan rilis data pertumbuhan kredit Indonesia periode April 2023 juga akan turut mempengaruhi pergerakan emiten-emiten di IHSG. Ia menyebut jika pertumbuhan kredit mengalami perlambatan akan menjadi sinyal buruk untuk perbankan.

Kemudian, IHSG juga dipengaruhi oleh rapat Federal Open Market Committee (FOMC) yang memberikan sinyal hawkish.

"Fed menyadari mulai terjadi erosi daya beli konsumen di AS. Kami melihat pandangan Fed ini akan menenangkan pasar untuk beberapa waktu sampai kebijakan mulai dilonggarkan," katanya kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (20/5).



Adapun sektor rekomendasi Audi adalah telekomunikasi dan keuangan karena pergerakan teknikal saham yang potensial.

Pekan ini, Audi merekomendasikan lima saham yang bisa dipilih oleh investor. Rinciannya adalah TLKM di rentang 3.930-4.340, MNCN (trading buy) di rentang 605-730, BBCA (trading buy) di rentang 8.800-9.350, ASII (trading buy) di rentang 6.250-7.000, dan EXCL (trading buy) di rentang 1.920-2.230.

Sementara itu, Maria Stephanie Yasintha, tim marketing PT. Universal Broker Indonesia Sekuritas memproyeksi IHSG dalam tren penguatan dalam sepekan ke depan. Ia karena itu memprediksi indeks saham bergerak di rentang support 6.557 dan resistance 6.800.

Maria mengatakan IHSG pekan ini masih akan dipengaruhi oleh sentimen global terutama terkait kemajuan permasalahan plafon utang Amerika Serikat (AS). Hal ini mengingat AS berpotensi gagal bayar jika tidak menaikkan pagu utang pada 1 Juni 2023.

Lihat Juga :
Viral Arisan Rp2,5 M 'Ibu-ibu Sultan' Makassar, Kanwil Pajak Bergerak

"Di sisi lain, pasar optimis bahwa permasalahan terkait plafon utang bisa diselesaikan," kata Maria.

Selain itu, IHSG juga akan dipengaruhi potensi The Fed yang kembali menaikkan suku bunga acuan pada pertemuan FOMC Juni 2023.

Sementara dari dalam negeri, IHSG dipengaruhi sentimen penurunan nilai ekspor dan impor Indonesia pada April 2023. Pelemahan permintaan pada komoditas terutama batu bara dan minyak sawit masih jadi pemberat IHSG sejak awal Mei 2023.

"Hal ini menjadi pemicu pelemahan lanjutan pada sektor-sektor lain yang berkaitan erat dengan ekspor," kata Maria.

Dalam kondisi ini, Maria pun menyarankan investor menghindari dan wait and see terlebih dahulu sektor barang baku, energi, kesehatan, dan teknologi. Sedangkan sektor yang perlu dicermati investor karena ditutup menguat adalah keuangan, properti, dan infrastruktur.

Adapun sejumlah saham yang menurutnya menarik untuk dikoleksi yaitu TLKM (speculative buy) di rentang 4.170-4.360, EXCL (trading buy) di rentang 2.210-2.250, ERAA (trading buy) di rentang 560-580, dan BBNI (buy on support) di rentang 9.250-9.450.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)




bab terbaru:raya108

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
situs game slot resmi
situs slot qqindobet
maxwin369
pelarian shio togel
raja787 slot
tafsir mimpi 73
info permainan slot gacor hari ini
kaki4d
info slot maxwin
Daftar isi semua bab
Bab 1 casino288
Bab 2 pluto88
Bab 3 bank 338slot
Bab 4 slot gacor harian
Bab 5 link slot online gacor
Bab 6 mivius88
Bab 7 mediabola78
Bab 8 pinjol duit
Bab 9 rtp live marettoto
Bab 10 slot gacor maxwin member baru
Bab 11 slot modal
Bab 12 situsslot gacor hari ini
Bab 13 uban4d
Bab 14 pinjam uang pakai bpkb motor
Bab 15 cs kredivo 24 jam
Bab 16 janjislot
Bab 17 3d bergambar togel
Bab 18 erek banjir
Bab 19 slot di modalin di awal
Bab 20 spg slot77
Klik untuk melihattersembunyi di tengah173bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Tawarikh Tirus

ubo4d
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan merayu produsen fiberglass China untuk menanamkan modal di Indonesia.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan merayu produsen fiberglass China untuk menanamkan modal di Indonesia. (REUTERS/STAFF).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan merayu produsen fiberglass Chinauntuk menanamkan modal di Indonesia. Ia menegaskan RI kaya akan pasir silika.

Luhut membagikan momen keakrabannya dengan bos Jushi di Tong Xiang, China. Ia mengatakan perusahaan tersebut adalah salah satu produsen serat kaca terbesar di dunia, yakni bahan yang digunakan dalam berbagai produk industri termasuk komposit, insulasi, dan bahan konstruksi.

"Tingginya permintaan pasar global akan fiberglass akhirnya mendorong saya untuk meminta mereka segera membuka pabriknya di Indonesia. Terlebih, Indonesia punya kekayaan pasir silika yang menjadi bahan baku dasar dari industri ini," katanya di akun Instagram @luhut.pandjaitan, Selasa (23/5).

Menurutnya, jika investasi ini terwujud maka pasir silika yang dimiliki Indonesia tidak hanya akan ditambang dan diekspor dalam bentuk mentah. Namun, akan ada puluhan ribu industri turunan yang akan memberikan peningkatan nilai tambah dengan konsep hilirisasi.

Ia berharap investasi dalam hilirisasi industri itu bisa menambah pendapatan negara dan berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Luhut yakin hilirisasi industri adalah faktor penting yang sangat berpengaruh pada resiliensi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini.

Sebelumnya, Luhut juga merayu dua perusahaan China lain, yakni Wanhua Chemical dan Walsin Lihwa Corporation. Ia menegaskan kunjungannya ke China dilakukan untuk membawa pulang oleh-oleh kesepakatan investasi.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Kaisar Agung

slot murah gacor
Mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar melemah pada Rabu (24/5) pagi. Bitcoin tak mampu bertahan di level US ribu.
Mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar melemah pada Rabu (24/5) pagi. Bitcoin tak mampu bertahan di level US ribu. (REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas asetkripto dengan kapitalisasi pasar terbesar melemah pada perdagangan Rabu (24/5) pagi. Bitcoin tak mampu bertahan di level US ribu.

Mengutip coinmarketcap, Bitcoin merosot 1,8 persen ke harga US.952 per keping. Begitu pun Ethereum anjlok 1,7 persen ke US.834 per koin.

Sementara itu, BNB terkoreksi ke US1 per koin imbas pelemahan 1 persen. XRP terperosok 0,9 persen ke USIHSG Berseri ke 6.736, Mayoritas Sektor Menguat******

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,1 persen ke 6.736 pada Selasa (23/5) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,1 persen ke 6.736 pada Selasa (23/5) sore. llustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.736 pada Selasa (23/5) sore. Indeks saham menguat 7 poin atau 0,10 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,86 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,99 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 260 saham menguat, 263 saham terkoreksi, dan 217 saham lainnya stagnan. Terpantau, 6 dari 11 saham di indeks sektoral menguat dipimpin sektor transportasi yang tumbuh 1,61 persen. Sedangkan, 5 sektor saham lainnya melemah dipimpin oleh energi minus 0,74 persen.

Senada dengan Asia, bursa saham Eropa juga bergerak bervariasi. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris melemah 0,02 persen, indeks DAX di Jerman melemah 0,06 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis melemah 0,56 persen.

Begitu juga bursa Amerika bervariasi. Indeks S&P 500 menguat 0,02 persen, indeks NYSE Composite melemah 0,04 persen, dan indeks NASDAQ Composite menguat 0,34 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr),461 per koin.

Polygon juga turun 1 persen ke harga USMendag Zulhas Buka Opsi Tambah Impor Beras Hadapi El Nino******

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan membuka opsi untuk menambah impor beras untuk menghadapi fenomena cuaca panas berkepanjangan (el nino).
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan membuka opsi untuk menambah impor beras untuk menghadapi fenomena cuaca panas berkepanjangan (el nino). (CNN Indonesia/Panji Septo).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan membuka opsi untuk menambah impor berasapabila diperlukan. Hal itu untuk menghadapi fenomena cuaca panas berkepanjangan (el nino).

"Iya (impor beras) kalau diperlukan," ujar Zulkifli di Istana Kepresidenan, Senin (22/5).

Pria yang akrab disapa Zulhas itu menerangkan cuaca panas berkepanjangan akan menyebabkan kekeringan yang bisa menekan produksi pangan, termasuk beras.

Tak hanya beras, sambung Zulkifli, pemerintah juga membuka ruang untuk impor bahan pangan lainnya jika dibutuhkan demi menjaga stok pangan dalam negeri.

Bulog sebelumnya kembali mendapat penugasan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk mengimpor dua juta ton beras pada tahun ini. Padahal, saat ini sudah menjelang musim panen.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan impor beras itu akan menjadi cadangan beras pemerintah (CBP) yang dikelola Bulog di tengah ancaman el nino yang menyebabkan kemarau panjang dan bisa mengganggu panen.

Jokowi mengatakan el nino tidak hanya mengancam Indonesia, tetapi juga negara lain. Maka dari itu impor beras dilakukan sebagai antisipasi. Ia menjamin masuknya beras impor tidak akan mengganggu harga gabah petani karena akan datang secara bertahap.

"Itu (beras impor) tidak mengganggu harga gabah petani. Tadi sudah disampaikan oleh Henry Saragih (Serikat Petani Indonesia) dan datangnya juga bertahap ya," kata Jokowi beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]



(dhf/sfr),879 per keping, lalu Solana layu ke harga US,7 per koin imbas koreksi 2,2 persen.

Tether dan USD Coin yang merupakan stable coin, masih setia di harga US per keping. Keduanya berfluktuasi tipis di bawah 1 persen.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/dzu)

Pelukis Buku One Piece

rajatotobet
Bunda-bunda yang lagi cari berbagai perlengkapan bayi dan anak-anak, merapat yuk! Borong aja semua kebutuhan si kecil di Transmart mumpung banyak diskon.
Ilustrasi. Perlengkapan bayi dan anak di Transmart diskon 70 persen (Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bunda-bunda yang lagi cari berbagai perlengkapan bayi sampai anak-anak, merapat yuk! Borong aja semua kebutuhan si kecil di Transmart.

Mumpung lagi ada Transmart Full Day Sale, semua perlengkapan bayi dan anak diskon up to70 persen dan masih ada tambahan diskon 20 persen jika bayar menggunakan Allo Bank atau Bank Mega.

Lihat Juga :
Belanja di Transmart, Bayarnya Bisa Nanti Pakai Allo Paylater

Apabila ada barang yang lebih murah di tempat lain, maka Transmart akan mengganti dua kali dari selisih harga tersebut.

Cek di sini ya, Bun, produk diskon berlipatnya.

  1. Produk perlengkapan bayi merek Oh My Orange, Mooimom, Mombella, MUGU, diskon 20 persen + 20 persen.
  2. Aneka pakaian bayi merek Chukpog Baby Wear, diskon mulai dari 10 persen + 20 persen.
  3. Aneka pakaian anak-anak merek Pleu Baby Wear, diskon 50 persen + 20 persen + 20 persen.
  4. Donita Kid Wear, diskon 70 persen + 20 persen.
  5. JPS Baby & Kids, diskon 50 persen + 20 persen.
  6. Cardinal Kids, diskon 50 persen + 20 persen.
  7. Rodeo Junior, diskon 50 persen + 20 persen.
  8. Odaiba Kids Wear, diskon 50 persen + 20 persen.
  9. Kids Icon, diskon 50 persen + 20 persen.
  10. Baby Walker merek Family, diskon 50 persen + 20 persen.

Semua diskon ini berlaku dengan pembayaran lewat Allo PayLater, kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

Lihat Juga :
Diskon Aneka Produk Fesyen Keren di Transmart Full Day Sale Besok

Untuk Bunda yang belum memiliki kartu kredit, bisa applylangsung kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah di boothyang tersedia di setiap gerai Transmart.

Atau Bunda bisa downloadAllo Bank di App Store atau Google Play Store. Lalu, buat akun dan upgrade ke Allo Prime untuk mengaktifkan AlloPay Later, biar bisa belanja sekarang bayar nanti.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera belanja dan nikmati diskon gede-gedeannya di Transmart Full Day Sale Sabtu besok!

(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

gerbang emosional

rtp mevius88
DPR mengkritik subsidi mobil listrik dan meminta agar pemerintah mengalihkannya ke pupuk dan masyarakat kecil.
DPR mengkritik subsidi mobil listrik dan meminta agar pemerintah mengalihkannya ke pupuk dan masyarakat kecil. Ilustrasi. (Istockphoto/spyderskidoo).
Jakarta, CNN Indonesia--

DPR RI mengkritik pemerintah yang memberikan subsidi besar-besaran untuk mobil listrik. Sejumlah anggota dewan menilai bantuan besar harusnya diberikan kepada masyarakat kecil, seperti subsidi pupuk yang justru berkurang selama beberapa waktu terakhir.

Pemerintah memang memberikan insentif untuk mobil listrik melalui pengurangan pajak pertambahan nilai (PPN) 10 persen dari 11 persen menjadi 1 persen.

Kritikan pertama datang dari Fraksi Nasdem yang dibacakan oleh Fauzi Amro langsung di depan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Artinya lima tahun belakang subsidi pupuk berkurang hampir Rp10 triliun," ujarnya dalam Rapat Paripurna, Selasa (23/5).

Karenanya, ia berharap pemerintah bisa membatalkan pemberian subsidi mobil listrik dan mengalihkannya ke masyarakat kecil.

Lihat Juga :
Biden-DPR Masih Buntu, AS Terancam Gagal Bayar Utang

"Pemerintah diharapkan fokus membangun pemerataan ekonomi, menanggulangi kemiskinan, serta memperkuat sektor pertanian, perikanan, dan pangan dibanding menggelontorkan subsidi untuk kendaraan listrik ataupun subsidi tambang," jelasnya.

Kritikan lainnya datang dari Fraksi PDIP yang dibacakan oleh Masinton Pasaribu sebagai pandangan dari partainya. Menurutnya, pemerintah harus lebih memperhatikan ekonomi kerakyatan dibandingkan memberikan subsidi untuk mobil listrik.

Ia menekankan karena 65 persen penopang pertumbuhan ekonomi berasal dari lapangan usaha yang berkaitan dengan pertanian, perikanan, pertambangan, perdagangan, hingga transportasi yang pelakunya banyak masyarakat kecil.

"Sektor ini membutuhkan intervensi pemerintah juga. Jadi intervensi pemerintah jangan hanya mobil listrik saja tapi juga sektor kerakyatan," jelas Masinton.

Kritikan juga datang dari Fraksi PKS yang dibacakan oleh Andi Akmal Pasluddin. PKS berpandangan bahwa pemberian insentif untuk mobil listrik sebagai pemborosan. Dampaknya juga dinilai tidak signifikan karena menyasar kelompok menengah-atas.

"Besarnya insentif perpajakan dan subsidi yang diberikan kepada kendaraan mobil listrik hanya akan dinikmati oleh segelintir pelaku dan konsumen kelas atas. Tujuan insentif ini juga tidak sentuh tujuan afirmatif belanja perpajakan," kata Andi.

Sejalan dengan fraksi lainnya, PKS pun berharap pemerintah bisa mengalihkan subsidi untuk kendaraan listrik tersebut untuk memperbanyak bantuan kepada masyarakat kecil.

"Fraksi PKS mendorong agar insentif perpajakan diarahkan dorong afirmasi ke masyarakat kecil seperti honor relawan, kader posyandu, relawan jumantik, relawan keluarga berencana, dan relawan sosial lainnya yang dibiayai APBN dan APBD tidak dipotong pajak atau pungutan lainnya," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Kronik Penyihir

arenaslot

Menuju Jalan Menuju Dewa Makanan

cara dapetin uang dari shopee