petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

number angka jitu

situs yang lagi gacor 22Jutaan kata 437005Orang-orang telah membaca serialisasi

《number angka jitu》

Menhub Ancam Sanksi Maskapai Nakal Naikkan Harga Tiket Mudik Lebaran******

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mewanti-wanti ancaman sanksi untuk para maskapai nakal yang menaikkan harga tiket pesawat saat mudik lebaran 2024.
Ilustrasi. Menhub Budi Karya Sumadi mewanti-wanti ancaman sanksi bagi maskapai nakal yang menaikkan harga tiket pesawat saat mudik lebaran 2024. (ANTARA FOTO/Fransisco Carollio)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mewanti-wanti ancaman sanksi untuk para maskapainakal yang menaikkan harga tiket pesawat saat mudiklebaran 2024.

Budi mengingatkan kepada para operator untuk tidak melewati tarif batas atas (TBA). Ia menegaskan tak segan memberi sanksi kepada maskapai yang melanggar aturan tarif tersebut.

"Komitmen dari para operator (tentang harga tiket pesawat) harus kita pegang, itu sebagai suatu bagian pelayanan kita kepada masyarakat," tegas Budi dalam keterangan resmi, Jumat (29/3).

Pilihan Redaksi
  • Cara Mengelola THR Agar Bisa Mudik dan Tetap Menabung
  • BPJT Ingatkan Pemudik Istirahat di Rest Area Maksimal 30 Menit
  • Polres Lampung Terjunkan 500 Personel Amankan Arus Mudik di Bakauheni

Budi lantas mengutip data PT Angkasa Pura Indonesia, di mana rata-rata jumlah penumpang pada masa angkutan lebaran 2024 naik 9 persen. Penumpang pada periode 3 April 2024 hingga 18 April 2024 ini naik pesat jika dibandingkan rerata penumpang di hari biasa.

"Dengan data itu kami selaku regulator sudah membahas dengan teman-teman operator, mengimbau masyarakat untuk menggunakan penerbangan lebih awal, yakni di H-10 sampai H-5 (lebaran). Di situ nanti bisa dapat diskon dan sebagainya," sarannya.

"Kami memberikan kesempatan kepada operator untuk menambah ekstra flight disertai dengan peningkatan dari sisi pelayanan di bandara. Termasuk di wilayah Indonesia Timur, kami minta operator bisa menjangkau bandara-bandara kecil," tandas Budi.

Warganet ramai-ramai mengeluh terkait lonjakan harga tiket pesawat. Para netizen, termasuk para pemudik, bahkan membandingkan harga tiket pesawat domestik yang lebih mahal dengan sejumlah penerbangan ke luar negeri.

Meski begitu, Kemenhub mengklaim terus memonitor lonjakan harga tiket pesawat ini.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mencatat tren kenaikan harga tiket sudah di ujung TBA yang dipatok pemerintah. Ia menegaskan umumnya rute-rute 'gemuk' alias padat penumpang yang menawarkan tarif selangit.

"Yang memang kelihatan jadi drastis (kenaikan harga tiket pesawat) itu karena memang kita habis low season. Januari (2024) itu kan semua ngasih harganya murah banget ya, terus begitu masuk high season demand (permintaan) naik. Otomatis ini kan mekanismenya maskapai menaikkan harga sampai batas atas," tutur Adita usai diskusi di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta Pusat, Senin (25/3).

"Sudah ada (tren kenaikan), tapi yang saya juga sampaikan itu kita belum mengidentifikasi adanya pelanggaran. Tapi kalau menaruh (harga) di paling atas, ada, sudah ada," tegasnya.

(skt/pua)

[Gambas:Video CNN]

Disnaker Sulsel Siapkan Sanksi Bagi Perusahaan Tak Beri THR******

Disnakertrans Sulawesi Selatan akan mengawasi dan memberikan sanksi bagi perusahaan yang tidak memberikan THR bagi pekerja paling lambat H-7 lebaran nantinya.
Disnakertrans Sulawesi Selatan akan mengawasi dan memberikan sanksi bagi perusahaan yang tidak memberikan THR bagi pekerja paling lambat H-7 lebaran nantinya. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Makassar, CNN Indonesia--

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Selatanakan mengawasi dan memberikan sanksi bagi perusahaan yang tidak memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para pekerja paling lambat H-7 lebaran nantinya.

"Perusahaan yang memperkerjakan atau ada hubungan kerja itu wajib. Jika misalnya tidak diberikan (THR) tentu ada sanksi," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Selatan Ardiles Saggaf pada Selasa (26/3).

Menurut Ardiles, pihaknya mengawasi perusahaan untuk memberikan THR kepada pekerja sebelum Idulfitri nantinya.

Ardiles mengungkapkan pihaknya akan membentuk posko pengaduan di beberapa titik untuk membantu para pekerja yang tidak mendapatkan haknya pada lebaran nantinya.

"Nanti teman teman pekerja bisa melapor ke posko yang kami bentuk," katanya.

Kemudian, pekerja yang bekerja pada hari libur lebaran tetap akan dihitung sebagai lembur dengan kesepakatan antara pekerja dan pihak perusahaan.

"Tentu dihitung lembur, itupun juga harus dengan persetujuan pekerja. Kalau masuk, perusahaan harus menyiapkan uang lembur untuk pekerja sesuai dengan ketentuan," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



(mir/sfr)

Satgas UU Cipta Kerja Gelar FGD, Dorong Perizinan Bangunan Satu Pintu******

Satgas UU Cipta kerja menggelar FGD di Surakarta untuk mendorong perizinan bangunan dilakukan melalui satu pintu.
Satgas UU Cipta kerja menggelar FGD bertajuk "Serap Aspirasi Implementasi Pelayanan Persetujuan Bangunan Gedung Sebagai Amanat UU No. 6 Tahun 2023 dan Aturan Turunannya" di Surakarta, untuk mendorong perizinan bangunan dilakukan melalui satu pintu. (Foto: Arsip Satgas UU Cipta Kerja).
Jakarta, CNN Indonesia--

Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Serap Aspirasi Implementasi Pelayanan Persetujuan Bangunan Gedung Sebagai Amanat UU No. 6 Tahun 2023 dan Aturan Turunannya" di Surakarta, awal pekan ini. FGD digelar untuk mempercepat proses perizinan bangunan dan mendorong investasi di Indonesia.

Sekretaris Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja, Arif Budimanta dalam sambutannya, menegaskan bahwa proses perizinan bangunan harus dilakukan secara cepat dan mudah dengan basis digital.

"UU Cipta Kerja hadir untuk mereformasi seluruh perizinan yang sebelumnya banyak pintu, menjadi cukup satu pintu saja, salah satunya perizinan dasar terkait Persetujuan Bangunan Gedung (PBG)," kata Arif, dalam keterangan tertulisnya.

Dengan menggerakan perekonomian nasional melalui instrumen investasi, Arif menegaskan bahwa harus ada modal yang dikembangkan. Tak hanya modal materi, tetapi juga sumber daya manusia (SDM) dan peralatan seperti mesin.

"Nah, SDM dan mesin ini membutuhkan gedung untuk bekerja dan memproduksi suatu barang, sehingga perizinan gedung ini harus mudah," tutur Arif.

Arif pun menjelaskan bahwa bangunan gedung ini menyangkut aspek lingkungan, keselamatan kerja, dan keselamatan orang yang tinggal di dalamnya. Sehingga selain perizinan yang mudah, dibutuhkan juga pengawasan yang cukup ketat.

Arif mendorong agar ke depannya seluruh perizinan bisa berada di dalam satu pintu, sehingga pelaku usaha tidak perlu membuka banyak aplikasi dan registrasi.

"Oleh sebab itu, Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja secara lisan menampung proses intergrasi dari sistem OSS, SIMBG, dan Amdalnet, agar perizinan hanya berada pada satu pintu," terang Arif.

Lebih lanjut Arif menjelaskan FGD ini diharapkan bisa terjalin interaksi secara terbuka antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan penerima manfaat. Sehingga jika terjadi kendala bisa segera diselesaikan.

"Pada intinya Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) ini tidak akan terlaksana dengan baik jika tidak ada dukungan dari pemerintah daerah." Jelas Arif.

Pada akhir sambutannya, Arif menegaskan bahwa Presiden Jokowi tidak menginginkan adanya pending issue dalam UU Cipta Kerja, khususnya dalam perizinan dasar.

"Selesaikan di masa pemerintahan sekarang, kalau ada yang kurang bisa diperbaiki, sehingga di pemerintahan berikutnya sudah selesai." Tutup Arif.

Terkait perubahan dalam perizinan bangunan, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti menjelaskan, semenjak adanya UU Cipta Kerja waktu perizinan yang dikeluarkan menjadi terukur.

"Saat ini PBG hanya melalui satu pintu, yaitu melalui aplikasi SIMBG. Di sana kami bisa memonitor secara langsung setiap permohonan yang masuk, dan sudah ada jangka waktu yang ditentukan," ujar Diana.

Lebih lanjut, Diana mendorong sinergitas bersama pemerintah daerah agar semakin kuat. Karena PBG ini tidak lepas dari peran daerah dalam melayani pemohon di wilayahnya masing-masing. "Seperti fungsi pengawasan, itu tanggung jawabnya pemerintah daerah. Semisal ada masalah, bisa langsung dikomunikasikan ke pusat melalui call center kami," ujar Diana.

Diana menjelaskan seluruh daerah di Indonesia sudah memiliki akun SIMBG, termasuk bahkan Otorita IKN. "Melalui akun SIMBG ini, standar teknisnya sudah ada, waktunya lebih singkat, proses lebih mudah, dan pembuatan SLF pun bisa sekaligus di sana," tambah Diana.

Sebagai informasi, SLF atau Sertifkat Laik Fungsi merupakan sertifikat yang diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk menyatakan kelaikan fungsi Bangunan Gedung sebelum Bangunan Gedung dapat dimanfaatkan.

SIMBG ini pun mendapat apresiasi dari perwakilan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Karanganyar, Farid Achmadi yang menyatakan bahwa sistem sangat membantu dalam membuat database terkait permohonan PBG.

"Di Karanganyar sendiri per harinya ada 21 pemohon PBG. Kami berterimakasih banyak akan adanya sistem ini," kata Farid dalam sesi diskusi.

Adapun FGD ini dihadiri oleh Dinas PUPR Jawa Tengah, Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jawa Tengah, Asosiasi Real Estate Indonesia (REI) DPD Jawa Tengah, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) BPP Jawa Tengah, dan Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI).

Selain itu, kegiatan juga dihadiri oleh DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Provinsi Jawa Tengah, Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI) BPD Jawa Tengah, Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APRESI) DPD Jawa Tengah, Asosiasi Properti Syariah (APSI) DPW Jawa Tengah, DPN Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO), serta Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Tengah.

Tidak hanya perwakilan dari asosiasi pelaku usaha, agenda tersebut juga diselenggarakan dengan melibatkan akademisi di bidang hukum dari Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

(ory/ory)




bab terbaru:ahlibet88 slot

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
usaha yang cepat dapat uang
paito oregon 4
slot 200m
betwin89
akun maxwin
situs judi slot resmi terpercaya
mitra slot88
bolawin365
daftar slot gacor 2023
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara mengajukan kredivo
Bab 2 maxwin slot88
Bab 3 bemo4d
Bab 4 id maxwin slot
Bab 5 slot bintang168
Bab 6 situs togel aman terpercaya
Bab 7 jam gacor hari kamis
Bab 8 dewaslot369
Bab 9 it 88 sport slot
Bab 10 slot kemenangan tertinggi
Bab 11 dana now pinjaman
Bab 12 rtp live agustus
Bab 13 pedro4d
Bab 14 voucher gocar mei 2022
Bab 15 slot paling gacor mudah maxwin
Bab 16 slot demo maxwin x500
Bab 17 bos89
Bab 18 link 5000 slot
Bab 19 mpoboss
Bab 20 rjs138
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4571bab
kampusBacaan TerkaitMore+

One Piece: Anjing Setan Api Penyucian

skiptrace pinjol
Aneka daging sapi segar diskon 20% di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (24/3). Mulai dari daging rendang, shabu, hingga sukiyaki.
Ilustrasi. Aneka daging sapi segar diskon 20% di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (24/3). Mulai dari daging rendang, shabu, hingga sukiyaki (CNN Indonesia/ Khaira Ummah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Aneka daging sapi segar diskon 20 persen di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (24/3). Mulai dari daging rendang, shabu, hingga sukiyaki, semuanya diskon!

Khusus untuk pembelian daging shabu di Pontianak, harga per 100 gram mulai Rp33 ribuan aja, dari harga normal Rp41 ribu.

Lihat Juga :
Belanja Hemat Kebutuhan Ramadan di Transmart Full Day Sale Hari Ini

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kalau penasaran sama aneka daging segar yang diskon, intip daftar harga dagingnya di masing-masing wilayah berikut ini ya.

  • Daging rendang, harga normal Rp138.500 per kg, harga diskon Rp110.800 per kg. Harga berlaku di Banjarmasin.
  • Daging shabu 500gr, harga normal Rp99.500 per pack, harga sale Rp79.600 per pack. Harga berlaku di Jawa Tengah.
  • Daging shabu 500gr, harga normal Rp99.000 per pack, harga diskon Rp79.200 per pack. Harga berlaku di Jabodetabek.
  • Beef slice 500gr harga normal Rp79.900 per pack, harga sale Rp63.920 per pack. Harga berlaku di Jawa Timur.
  • Beef sukiyaki, harga normal Rp199.000 per kilogram, harga sale Rp159.200 per kilogram. Harga berlaku di Padang.
  • Prime slide shabu short plate, harga normal Rp220.000 per kilogram, harga sale Rp176.000 per kilogram. Harga berlaku di Denpasar.
  • Beef shabu pack 500 gram, harga normal Rp105.000 per 100 kilogram pack, harga sale jadi Rp84.000 per 100 kilogram pack. Harga berlaku di Karawang.
  • Daging shabu 250 kilogram, harga normal Rp41.900, harga diskon Rp33.520. Harga berlaku di Pontianak.
  • Daging shabu pack 500 gram, harga normal Rp79.200, harga sale Rp79.200. Harga berlaku di Bandung.
  • Daging sukiyaki, harga normal Rp168.900 per 100 kilogram, harga sale Rp135.120 per 100 kilogram.
  • Daging prime sukiyaki, harga normal Rp309.000, harga sale Rp247.200 per kilogram. Harga ini berlaku di Balikpapan.
  • Beef slice 500 gr, harga normal 89.900, harga sale Rp71.920 per pack. Harga berlaku di Palembang dan Jambi.
  • Daging rendang special, harga normal Rp140.000, harga sale Rp112.000 per kilogram. Harga berlaku di Lampung.
  • Beef slice 500 gr, harga normal Rp85.900, harga sale Rp68.720 per pack. Harga berlaku di Pangkal Pinang.
  • Daging shabu pack 500 gr, harga normal Rp95.900, harga sale Rp76.720 per pack. Harga berlaku di Palu.
  • Beef shabu, harga normal Rp214.500, harga sale Rp171.600 per pack. Harga berlaku di Medan.
  • Shabu impor 250 gr, harga normal Rp65.000, harga sale Rp52.000 per pack. Harga berlaku di Pekanbaru.
  • Beef Sirlon, harga normal Rp145.000, harga sale Rp116.000 per kilogram. Harga berlaku di Mataram.
  • Daging prime sukiyaki, harga normal Rp193.900, harga sale Rp155.120 per kilogram. Harga berlaku di Jawa Tengah.
  • Daging sukiyaki, harga normal Rp180.900, harga sale Rp144.720 per kilogram. Harga berlaku di Jawa Tengah.

Jangan sampai lewatkan promo ini, segera kunjungi Transmart terdekat dan borong daging segarnya!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

badai setan

prediksi togel wap
Disnaker Kepulauan Bangka Belitung mengungkapkan ratusan karyawan smelter timah dirumahkan karena banyak perusahaan pengolahan bijih timah tidak beroperasi.
Disnaker Kepulauan Bangka Belitung mengungkapkan ratusan karyawan smelter timah dirumahkan karena banyak perusahaan pengolahan bijih timah tidak beroperasi. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitungmengungkapkan ratusan karyawansmeltertimahdirumahkan karena banyak perusahaan pengolahan bijih timah tidak beroperasi.

"Saat ini ratusan karyawan smelter dirumahkan, dampak dari tidak beroperasinya perusahaan smelter tersebut," kata Kepala Disnaker Provinsi Kepulauan Babel Elius Gani di Pangkalpinang, Rabu (27/3).

Ia mengatakan kondisi pertimahan di Kepulauan Babel yang mengalami kemerosotan tidak hanya menyebabkan terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) di industri sektor pertimahan tetapi juga berdampak kepada perekonomian masyarakat di provinsi penghasil bijih timah nomor dua terbesar dunia tersebut.

Menurut dia, kemerosotan produksi dan ekspor timah ini dapat mengancam PHK dan dapat meningkatkan pengangguran di daerah ini.

"Kondisi pertimahan saat ini cukup mengkhawatirkan, karena dapat membuka pintu pengangguran semakin terbuka," ujarnya.

Ia menyatakan penyerapan tenaga kerja menurut lapangan pekerjaan di Provinsi Kepulauan Babel pada 2023 sektor pertanian, kehutanan dan perikanan 23,13 persen.

Sektor pertambangan dan penggalian sebesar 19,61 persen, perdagangan besar dan eceran 16,96 persen, industri pengolahan 7,66 persen, administrasi pemerintahan 6,29 persen, akomodasi dan makan minum 5,54 persen, kontruksi 4,46 persen, jasa pendidikan 4,21 persen, jasa lainnya 3,49 persen, jasa kesehatan dan kegiatan sosial 2,38 persen, pengangkutan dan pergudangan 1,96 persen dan lainnya.

"Lapangan usaha perdagangan dan pertanian menjadi sektor tertinggi penyerap tenaga kerja yaitu mencapai 16.909 orang," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(agt/agt)

Pedang yang sombong mengguncang dunia

situs judi slot online
Mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) habis diburu 58.694 orang dan 17.880 sepeda motor. Rencana kuota penambahan tiket pun tengah dikaji.
Ilustrasi. Puluhan ribu tiket Mudik Gratis Kemenhub ludes diburu. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Tiketmudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) habis diburu 58.694 orang dan 17.880 sepeda motor.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan direktoratnya menyediakan 722 unit bus yang bisa mengangkut 3.088 penumpang. Ada juga 30 truk yang bisa membawa 900 sepeda motor.

"Sudah kami siapkan (mudik gratis Kemenhub di darat, kereta api, dan laut) ada 58.694 penumpang dan 17.880 sepeda motor. Ini sudah habis, satu hari dibuka langsung diserbu dan sudah habis," klaim Hendro dalam Jumpa Pers Persiapan dan Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2024 secara virtual, Minggu (17/3).

Lihat Juga :
Prediksi Kemenhub: Puncak Arus Mudik 8 April, Balik 14 April

Khusus untuk program di Ditjen Darat Kemenhub ada 33 kota tujuan mudik gratis yang semuanya berangkat dari Jakarta. Ada yang ke Garut, Tasikmalaya, Tegal, Padang, Bengkulu, Banjarmasin, hingga Pangkalan Bun.

Sedangkan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub menyediakan program mudik bernama motor gratis (motis) untuk 28.196 penumpang dan 12.180 sepeda motor. Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan pengiriman satu motis akan mendapatkan dua tiket KA, selama persediaan masih ada.

Risal mengatakan pendaftaran program motis ini dibuka sejak 4 Maret 2024 hingga 18 April 2024. Saat ini, ia menyebut sudah 84 persen kuota terpenuhi.

Di lain sisi, ada 14 ruas trayek pelayaran angkutan laut pulang pergi (PP) yang disediakan oleh Ditjen Perhubungan Laut. Total, ada 17.610 penumpang yang bisa diangkut dalam program mudik gratis jalur laut ini.

Lihat Juga :
3 Tujuan Pemudik Favorit saat Lebaran versi Kemenhub

Dirjen Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi mengatakan mudik gratis yang mereka sediakan terbagi menjadi dua jenis. Ada yang mengangkut penumpang dan motor, tetapi juga ada tiket gratis hanya untuk penumpang.

"Tiket gratis (untuk penumpang) ini dialokasikan 49 ruas dengan jumlah penumpang 39.289 (orang). Ada PT Dharma Indah, PT Pelayaran Sakti Makmur, PT Dharma Lautan Utama, dan PT Pelni," jelas Antoni.

(skt/isn)

[Gambas:Video CNN]

Aku mencintaimu tanpa mengatakannya dengan tulus

angka jitu nagasaon hk
Pengamat curiga ada bau amis dalam kebijakan Jokowi menetapkan BSD dan PIK menjadi PSN. Bau amis terkait balas budi Jokowi ke Aguan dan Franky Widjaja.
Pengamat curiga ada bau amis dalam kebijakan Jokowi menetapkan BSD dan PIK menjadi PSN. Bau amis terkait balas budi Jokowi ke Aguan dan Franky Widjaja. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Jokowi menetapkan 14 Proyek Strategi Nasional (PSN) baru. Dalam daftar PSN terbaru itu terdapat Pantai Indah Kapuk (PIK) di Jakarta Utara dan Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang Selatan, Banten.

Keputusan itu diumumkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai Ratas bersama Jokowi di Istana Kepresidenan Senin (18/3).

Ia merinci PSN lainnya yang baru ditetapkan yakni Pengembangan Kawasan Industri Wiraraja Pulau Galang; Proyek North Hub Development Project Lepas Pantai Kalimantan Timur; dan Pengembangan Kawasan Industri Neo Energy Parimo Industrial Estate Sulawesi Tengah.

Lalu, Pengembangan Kawasan Pesisir Surabaya Waterfront; Pengembangan Kawasan Neo Energy Morowali, Sulawesi Tengah; Pengembangan Kawasan Industri Toapaya Bintan, Riau. Pengembangan Jalan Tol di Section Harbour Road II Jakarta Utara. Serta Pengembangan Jalan Tol Dalam Kota Bandung.

Adapun kawasan PIK, khususnya PIK 2, dikembangkan oleh Agung Sedayu Group milik Sugianto Kusuma alias Aguan. Sementara itu BSD City dikelola oleh PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) yang berada di bawah Sinar Mas Land. Saat ini, posisi kepala eksekutif Sinar Mas Land ditempati oleh Franky Oesman Widjaja.

Baik Aguan maupun Franky diketahui merupakan investor di Ibu Kota Nusantara (IKN). Keduanya tergabung dalam Konsorsium Nusantara yang menggarap Hotel Nusantara di ibu kota baru tersebut.

Presiden Jokowi juga sempat mengucapkan terima kasih kepada Aguan dan Franky serta pengusaha lainnya yang tergabung dalam konsorsium tersebut saat groundbreaking Hotel Nusantara pada September 2023 lalu.

Lihat Juga :
Gojek Bersuara soal THR Driver Ojol: Hubungan Kami Mitra, Bukan Kerja

Lantas, apakah ditetapkannya PIK dan BSD sebagai PSN ada hubungannya dengan Aguan dan Franky yang menjadi investor di IKN?

Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Nirwono Yoga mengatakan PIK dan BSD sebaiknya tidak ditetapkan sebagai PSN. Kedua proyek itu seharusnya diserahkan kepada pengembang swasta dan dibiarkan berkembang sesuai kebutuhan pasar.

Menurutnya, PIK dan BSD sudah bisa berkembang secara mandiri tanpa harus menjadi PSN. Karena itu, ia menduga ada maksud lain pemerintah menetapkan kedua proyek itu sebagai PSN.

"Bisa jadi ini sebagai bentuk timbal balik dukungan pengembang PIK dan BSD di IKN, kemudian pemerintah mendukung balik menjadikan PIK dan BSD sebagai PSN," katanya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (20/3).

Infografis Daftar Pengusaha yang Gelontorkan Rp20 T Demi Bantu Jokowi Membangun IKNInfografis Daftar Pengusaha yang Gelontorkan Rp20 T Demi Bantu Jokowi Membangun IKN. ( CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi).

Alih-alih PIK dan BSD, Nirwono mengatakan pemerintah sebaiknya fokus membenahi kawasan Jabodetabekpunjur dan mengembangkan kawasan metropolitan Bandung, Semarang,Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Banjarmasin, Makassar,serta Manado.

Segendang sepenarian dengan Nirwono, Ekonom Celios Nailul Huda mengatakan penetapan PIK dan BSD sebagai PSN hanya sebagai bentuk terima kasih pemerintah ke Aguan dan Franky karena telah berinvestasi di IKN.

Ia menilai BSD memang bisa dikembangkan menjadi pusat industri yang cukup bagus. Apalagi di sana sudah ada integrasi moda transportasi KRL.

"Tapi untuk jadi PSN saya kurang setuju karena BSD sudah cukup berkembang tanpa harus masuk PSN. Terlebih PIK yang masuk ke PSN guna mengembangkan apa?" imbuhnya.

Lihat Juga :
Peran Aguan di Bandara Singkawang Hingga Buat Jokowi Berterima Kasih

Balas Budi Jokowi ke Aguan-Franky Widjaja Atas Investasi di IKN

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Fajar Gelap Naruto

angka belut 4d
Belanja kebutuhan Ramadan lebih hemat kalau di Transmart. Soalnya lagi ada Transmart Full Day Sale yang kasih diskon 50% + 20%.
Ilustrasi. Belanja kebutuhan Ramadan lebih hemat kalau di Transmart. Soalnya lagi ada Transmart Full Day Sale yang kasih diskon 50% + 20% (CNN Indonesia/Dela Naufalia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Belanja kebutuhan Ramadan lebih hemat kalau di Transmart. Soalnya lagi ada Transmart Full Day Sale yang kasih diskon 50 persen plus 20 persen berlaku di semua gerai se-Indonesia.

Diskon sampai 50 persen untuk aneka produk terpilih, mulai dari produk segar, fesyen, furnitur, sampai elektronik.

Lihat Juga :
Belanja Hemat Kebutuhan Ramadan di Transmart Full Day Sale Hari Ini

Belum punya kartu kredit Bank Mega? Tenang, tidak usah khawatir ya. Bisa datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart.

Untuk membuat akun Allo Prime, caranya cukup unduh aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Jangan sampai lewatkan pesta diskon ini ya, karena hanya digelar satu hari pada Minggu (17/3). Mulai dari jam toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat.

Segera kunjungi gerai Transmart terdekat di kotamu dan nikmati promo dan diskon menariknya ya!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Kelahiran Kembali Shang Jiaren

kredit lewat tokopedia
Mau belanja hemat di tanggal tua tapi ragu karena gajian masih lama? Gak usah khawatir kalau belanjanya di Transmart karena besok diskon hingga 50% +20%.
Ilustrasi. Mau belanja hemat di tanggal tua tapi ragu karena gajian masih lama? Gak usah khawatir kalau belanjanya di Transmart karena besok diskon hingga 50% +20%. (CNN Indonesia/ Loamy Noprizal)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mau belanja hemat di tanggal tua tapi ragu karena gajian masih lama? Gak usah khawatir dong kalau belanjanya di Transmart.

Soalnya, Transmart Full Day Sale balik lagi kasih diskon besar-besaran buat aneka produk terpilih. Jadi, jangan sampai lewatkan promonya ya.

Lihat Juga :
Bayar Belanjaan Pakai Allo Bank di Transmart Auto Hemat 20%

Diskon sampai 50 persen berlaku untuk aneka produk terpilih. Mulai dari produk segar, fesyen, furnitur, hingga elektronik, seperti TV, AC, kulkas, sampai sepeda listrik. Lengkap banget kan!

Supaya bisa nikmati diskonnya, pastikan sudah memiliki Allo Bank, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega, atau Bank Mega Syariah, supaya diskonnya dobel jadi 50 persen plus 20 persen.

Kalau belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tidak perlu khawatir. Tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgradeakun ke Allo Prime.

Selain itu, bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di boothyang tersedia di setiap gerai Transmart.

Pastikan bayarnya pakai Allo Bank atau kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah ya biar bisa nikmati berbagai kemudahan dan promonya. Selamat berbelanja!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]