petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kami slot link alternatif

buku mimpi 2d 58 469Jutaan kata 888281Orang-orang telah membaca serialisasi

《kami slot link alternatif》

IHSG Ditutup Menguat ke 7.009 Jelang Akhir Pekan******

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,08 persen ke 7.009 pada Jumat (24/11) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,08 persen ke 7.009 pada Jumat (24/11) sore. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 7.009 pada Jumat (24/11) sore. Indeks saham menguat 5,28 poin atau 0,08 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp8,63 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 21,61 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 245 saham menguat, 276 saham terkoreksi, dan 231 saham lainnya stagnan.

Beralih ke bursa asing, mayoritas bursa saham Asia bergerak di zona merah. Tercatat indeks Hang Seng Composite di Hong Kong melemah 1,96 persen, indeks Straits Times di Singapura melemah 0,52 persen, dan indeks Shanghai Composite di China melemah 0,68 persen.

Di sisi lain, indeks Nikkei 225 di Jepang naik 0,52 persen.

Sementara bursa saham Eropa terpantau bergerak bervariasi. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris melemah 0,37 persen dan indeks DAX di Jerman menguat 0,01 persen.

Kemudian bursa Amerika seperti Indeks S&P 500, indeks Dow Jones dan indeks NASDAQ Composite kompak macet.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)

Erick Thohir Angkat Wamendag Era SBY Jadi Bos Bulog Gantikan Buwas******

Bayu Krisnamurthi diangkat menjadi Dirut Perum BULOG menggantikan Budi Waseso per 1 Desember 2023.
Bayu Krisnamurthi diangkat menjadi Direktur Utama Perum BULOG. Foto: Rachman Haryanto/Detikcom
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMN Erick Thohir mengangkatBayu Krisnamurthi sebagai Direktur Utama Perum BULOG, menggantikanBudi Waseso per 1 Desember 2023.

Pengangkatan ini tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN nomor SK-341/MBU/12/2023 tanggal 1 Desember 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perum BULOG.

Usai ditunjuk mengemban amanah baru, Bayu Krisnamurthi mengatakan kepercayaan negara harus dijaga dengan baik, terlebih posisi BULOG dalam menjaga kedaulatan pangan.

Setelah serah terima jabatan, selaku Direktur Utama baru BULOG bayu menggelar rapat terbatas dengan direksi lama dan baru, membahas strategi ke depan menghadapi Nataru dan ketidakpastian global.

Sementara itu usai menyerahkan kursi petinggi BULOG kepada Bayu, Budi Waseso kini diangkat sebagai Komisaris Utama Semen Indonesia Group (SIG) lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB).

Budi Waseso menyebut menerima semua kebijakan dari pemerintah dan bersyukur sudah memimpin BULOG selama lebih dari lima tahun.

"Dan saya percaya pengganti Bulog lebih baik dan meneruskan transformasi yang sudah berjalan", kata Budi Waseso.

Pada penggantian susunan direksi Perum BULOG ini, Erick Thohir juga mengangkat Arief Prasetyo Adi sebagai Ketua Dewan Pengawas Perum BULOG, menggantikan Bayu Krisnamurthi,

Lihat Juga :
9,49 Turis Asing Masuk ke RI Sepanjang Januari-Oktober 2023

Berikut susunan baru direksi Perum BULOG

Direktur Utama : Bayu Krisnamurthi
Direktur Keuangan : Bagya Mulyanto
Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik : Mokhamad Suyamto
Direktur Bisnis : Febby Novita
Direktur Human Capital : Purnomo Sinar Hadi
Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan : Sonya Mamoriska

Susunan Dewan Pengawas Perum BULOG

Ketua : Arief Prasetyo Adi
Anggota Independen : Dian Safitri
Anggota Independen : Donny Gahral Adian
Anggota : Musdhalifah Machmud
Anggota Independen : Zainut Tauhid
Anggota : Fadjry Djufry

(tim/dna)

[Gambas:Video CNN]

Indonesia Impor dari Israel dan Palestina, Mana yang Lebih Banyak?******

BPS mencatat nilai impor dari Israel mencapai Rp263,12 miliar, sedangkan dari Palestina Rp24 miliar.
BPS mencatat nilai impor dari Israel mencapai Rp263,12 miliar, sedangkan dari Palestina Rp24 miliar. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indonesiatercatat melakukan perdagangan denganIsrael dan Palestina baikimpormaupun ekspor, di tengah memanasnya konflik kedua negara itu.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat komoditas yang paling banyak diimpor dari Israel adalah mesin dan perkakas.

Sementara impor dari Palestina didominasi oleh buah-buahan.

BPS mencatat nilai impor Indonesia dari Israel mencapai US,97 juta atau sekitar Rp263,12 miliar (asumsi kurs Rp15.505 per dolar AS) sepanjang Januari-Oktober 2023.

Nilai impor tersebut turun dibandingkan tahun lalu, yang mencapai US,82 juta atau Rp741,52 miliar.

Impor Indonesia dari Israel seluruhnya dari sektor non-migas, yakni mesin dan perkakas mekanis serta bagiannya (HS84) senilai US,03 juta.

Kemudian, perkakas dan peralatan dari logam tidak mulia (HS82) senilai US,86 juta dan mesin dan perlengkapan elektronik serta bagiannya (HS85) senilai US,45 juta.

Kemudian, instrumen optik, fotografi, sinematografi, dan medis (HS90) senilai US,45 juta dan bahan kimia anorganik (HS28) senilai US0 ribu.

Sementara itu, nilai impor RI dari Palestina hanya US,57 juta atau setara Rp24,34 miliar sepanjang Januari-Oktober 2023. Nilai impor itu naik tipis dari US,25 juta atau setara Rp19,37 miliar pada tahun sebelumnya.

Rincian impor dari Palestina yakni buah-buahan (HS08) yang mencapai US,43 juta. Lalu, lemak dan minyak hewan (HS15) USBahlil Jawab Timnas AMIN soal IKN Sepi Investor: Itu Halusinasi******

Kepala BKPM Bahlil menyebut Timnas AMIN berhalusinasi soal IKN Nusantara sepi investor.
Kepala BKPM Bahlil menyebut Timnas AMIN berhalusinasi soal IKN Nusantara sepi investor. (Foto: REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala BKPMBahlil Lahadalia menanggapi pernyataan co-captain 2 Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Thomas Lembong, yang menyebut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sepi investor.

Bahli mengatakan pernyataan Thomas itu halusinasi.

"Itu halusinasi. Jadi orang-orang yang merasa benar terhadap pemikirannya tanpa melihat kondisi objektif, tapi memaksakan kehendak untuk orang percaya terhadap apa yang disampaikan itu namanya halusinasi," ujarnya, dikutip dari detikcom, Kamis (6/12).

"Coba cek Tom Lembong kapan ke IKN. Kalau belum pernah ke IKN, jangan banyak ngomong," katanya.

"Kalau dia kan jadi kepala BKPM kan belum ada IKN. Jadi ya dia saja punya pikiran begitu. Saya kan enggak. Yang hari ini jadi menteri investasi/kepala BKPM kan saya, bukan Tom. Jadi itu pikirannya keliru," tegas Bahlil.

Thomas Lembong mengatakan investor memang sudah meragukan IKN Nusantara sedari awal dibangun. Hal itu ia sampaikan menanggapi Bahlil yang menyebut investor sekarang bimbang menanamkan modalnya imbas pernyataan kubu AMIN yang tak ingin melanjutkan IKN.

"Itu (ucapan Bahlil) nonsense (omong kosong) lah. Investor kan sudah ragu dari awal, bukan ragu sekarang, ya kan?" jelas Thomas usai Diskusi Publik Timses Capres Cawapres di Auditorium CSIS, Jakarta Pusat, Rabu (6/12).

Ia menyindir berbagai kesepakatan alias Letter of Intent (LOI) dari investor asing yang tak kunjung terealisasi. Pria yang akrab disapa Tom juga mengkritik dalih Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut ingin mengutamakan investor lokal di IKN.

"Sekarang dibilang 'Oh kita fokus ke investor lokal saja dulu', tapi faktanya lebih dari 90 persen uang yang digelontorkan untuk IKN kan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), saat ini. Jadi saya kira kepercayaan investor yang lemah itu dari dulu, dari awal (pembangunan IKN), bukan mulai dari sekarang (setelah pernyataan AMIN)," tegasnya.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta),1 juta, dan karya seni/barang elektronik/barang antik (HS97) USLiu Yongxing, Buruh Tani Berharta Rp155 T dari Bisnis Burung Puyuh Cs******
Liu Yongxing yang masa kecil dan remajanya pernah menjadi buruh tani menjelma menjadi salah satu orang terkaya di China dan dunia dengan kekayaan Rp155 triliun.
Liu Yongxing yang masa kecil dan remajanya pernah menjadi buruh tani menjelma menjadi salah satu orang terkaya di China dan dunia dengan kekayaan Rp155 triliun. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani).
Jakarta, CNN Indonesia--

Buruh tani bukan halangan bagi seseorang untuk berubah menjadi orang kaya.

Hal itu juga yang berlaku pada Liu Yongxing. Pernah menjadi buruh tani pada masa kecilnya, ia kini menjelma menjadi orang yang kaya raya.

Catatan Forbes, total kekayaannya mencapai US miliar. Kalau dirupiahkan dengan kurs Rp15.532 per dolar AS, kekayaan Yongxing tembus Rp155,33 triliun.

Lihat Juga :
TAIPANFaisal Bin Qassim Al Thani, Raja Hotel Qatar Berharta Rp26 T

Mengutip berbagai sumber, Yongxing lahir di Sichiuan, China pada Juni 1948 lalu. Ia sebenarnya berasal dari keluarga tuan tanah yang kaya raya.

Namun, latar belakang keluarga yang kontrarevolusioner membuatnya hidup dalam masalah, terutama saat China dilanda Revolusi Kebudayaan.

Pasalnya, karena cap itu, ayahnya harus dihukum oleh pemerintah dan dimasukkan ke 'Kamp Pendidikan'. Masalah yang sama juga menimpa ibunya.

Karena masalah itu, ia harus menjalani masa hidup yang berat. Yongxing harus menghadapi cemoohan dan dikucilkan banyak orang.

Tak hanya itu, ia dan saudara-saudaranya harus bekerja sebagai buruh tani di perkebunan dan industri milik pemerintah. Namun, masalah hidup itu tak membuat Liu Yongxing dan saudara-saudaranya putus asa.

Lihat Juga :
Harta 100 Orang Terkaya di China Anjlok Rp189 T Tahun Ini

Ia tetap rajin belajar supaya bisa mendapatkan ilmu pengetahuan untuk meneruskan hidup. Pada 1978, ia berhasil diterima belajar jurusan teknik di perguruan tinggi di daerahnya.

Saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi itulah semangat Liu Yongxing dan saudara-saudaranya untuk bermimpi menjadi orang kaya raya menguat.

Setelah menyelesaikan studi di perguruan tinggi, Liu dan saudaranya langsung mendirikan perusahaan di bidang elektronik. Tapi apa daya, dewi fortuna belum berpihak kepada Liu bersaudara.

Usaha itu langsung bangkrut. Hal itu dipicu cap 'kapitalis' yang diberikan oleh pejabat Partai Komunis China kepada perusahaannya. Karena label tersebut, Liu dan saudaranya tidak bisa memiliki pabrik atau menjalankan bisnis elektronik karena orang China saat itu didorong menjadi pengusaha sosialis bukan kapitalis.

Namun, kekangan itu tak mengendurkan langkah mereka. Segera setelah itu, ia dan saudara-saudaranya mengumpulkan modal untuk mendirikan usaha baru pada 1982.

Mereka menggadaikan semua barang yang dimiliki dan berhasil mengumpulkan modal US0. Uang itu mereka pakai untuk memulai usaha peternakan burung puyuh di Gujia, salah satu desa yang sangat miskin di timur laut Chengdu.

Lihat Juga :
Daftar Taipan AS yang Buat Propaganda Hias Citra Israel-Jelekkan Hamas

Tidak ada listrik maupun air mengalir di sana. Rumah pun hanya berubah gubuk kecil yang dibangun dari lumpur dan rumput. Tapi itu tak mengendurkan semangat mereka.

Liu Yongxing justru menilai itu bagus untuk beternak puyuh. Pasalnya, burung puyuh tidak perlu banyak pakan.

Aksi mereka itu tiba-tiba diikuti penduduk desa lain. Mereka ikut beternak burung puyuh. Karena itulah, Gujia kemudian terkenal sebagai sentra penghasil telur puyuh.

Pelanggan dari kota besar China mengantre untuk membeli telur puyuh. Usaha Liu Yongxing dan saudaranya pun berkembang pesat.

Pada akhir 1980-an, bisnis telur puyuh mereka berhasil memproduksi 10 juta telur puyuh per hari. Kapasitas produksi itu menjadikan perusahaan mereka yang terbesar di dunia.

Keberhasilan itu menarik perhatian pejabat partai setempat. Ia diberi penghargaan sampai 10 ribu RMB karena dianggap menjadi teladan bagi pengusaha sosialis China dalam mengumpulkan mata uang China.

Lihat Juga :
TAIPANJan Koum, Keturunan Yahudi Berharta Rp232 T dari WhatsApp

Mendapat Iklan Gratis dari Kunjungan Pejabat China

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2,02 juta.

Selanjutnya, karpet dan tekstil penutup lantai lainnya (HS57) senilai USSofa, Kursi, dan Meja Banting Harga di Transmart Full Day Sale******

Mumpung awal bulan dan lagi ada promo Transmart Full Day Sale, saatnya belanja furnitur karena lagi ada diskon gede-gedean!
Mumpung awal bulan dan lagi ada promo Transmart Full Day Sale, saatnya belanja furnitur karena lagi ada diskon gede-gedean! (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mumpung awal bulan dan lagi ada promo Transmart Full Day Sale, saatnya belanja furnitur karena lagi ada diskon gede-gedean!

Pesta diskon ini cuma berlangsung satu hari ini aja, Minggu (5/11) dari jam toko buka sama pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart di Indonesia.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale Hari Ini, Diskon Berlaku di Semua Toko!

Soalnya, ada diskon tambahan 20 persen untuk pembayaran menggunakan metode tersebut. Belanja jadi makin murah.

Apa saja sih produk sofa, kursi, dan meja yang sedang didiskon? Intip daftar produknya di bawah ini.

  • Bannera Sectional Sofa 187x142x85 Brown harga diskon Rp4.479.200 dari harga normal Rp6.990.000.
  • Fraser Daybed harga diskon Rp1.839.200 dari harga normal Rp3.999.000.
  • Ashton Elm Round Bar Table harga diskon Rp1.039.200 dari harga normal Rp1.999.000.
  • Shea Dining Chair harga diskon Rp399.200 dari harga normal Rp899.000.
  • Shea Dining Table harga diskon Rp799.200 dari harga normal Rp1.599.000.

Murah-murah banget kan? Jangan sampai lewatkan kesempatan ini ya. Langsung kunjungi gerai Transmart terdekat sekarang juga.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik! Selamat berbelanja!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]
,01 juta. Sementara sisanya dari impor plastik dan barang plastik (HS39).

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)




bab terbaru:pinjol cicilan ringan

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
bonus jackpot
jp8800
ggwp88
gacor 5000 slot
permainan slot terbaru
situs slot lama
voucher gojek hari ini
situs murah slot
slot gacor member baru pasti menang
Daftar isi semua bab
Bab 1 koin138
Bab 2 ketentuan akulaku
Bab 3 megaselot
Bab 4 belanja tokopedia pakai kredivo
Bab 5 bonus new member 100 sportsbook
Bab 6 situs situs slot terpercaya
Bab 7 erek erek ikan mujair
Bab 8 big slot 188 rtp
Bab 9 rekomendasi situs slot gacor hari ini
Bab 10 seribu mimpi 99
Bab 11 erek erek gerobak
Bab 12 detik 777 slot
Bab 13 dewan4d
Bab 14 jointogel
Bab 15 mamen123
Bab 16 rumtar88slot
Bab 17 ligahokie
Bab 18 motowin77
Bab 19 royaltoo
Bab 20 harimau 4d slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3485bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

akun profesional kaisar

pinjaman online tenor 12 bulan
Kelompok buruh tegas menolak perhitungan UMP berdasarkan 3 komponen yang disiapkan pemerintah karena variabel yang digunakan rancu dan merugikan mereka.
Kelompok buruh tegas menolak perhitungan UMP berdasarkan 3 komponen yang disiapkan pemerintah karena variabel yang digunakan rancu dan merugikan mereka. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kelompokburuhtegas menolak perhitungan upahminimum provinsi (UMP) 2024 berdasarkan 3 komponen yang disiapkan pemerintah.

Komponen yang dimaksud adalah pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan indeks tertentu. Untuk komponen indeks tertentu, buruh menolak karena variabel itu rancu dan berpotensi membuat kenaikan UMP tidak sesuai harapan.

"Faktor indeks tertentu inilah yang memastikan kenaikan upah minimum di bawah 5 persen, jika inflasi berada di bawah 3 persen dan pertumbuhan ekonominya sekitar 5 persen," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) Ristadi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (9/11).

Serupa, Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) Mirah Sumirat ingin KHL dimasukkan dalam formula perhitungan UMP 2024. Terlebih, terjadi lonjakan harga bahan pokok termasuk beras yang semakin mempersulit kondisi buruh.

"Sekarang ini harusnya dipertimbangkan situasi dan kondisi harga-harga barang kebutuhan pokok tinggi, harga beras semakin tinggi, sepertinya tidak terkendali. Juga belum ada kompensasi kepada buruh soal harga BBM naik di 2022. Itu artinya masih menambah PR pemerintah bagaimana untuk menambahkan angka-angka kenaikan tersebut kepada formula UMP yang akan diberikan di 2024," tuntut Mirah.

Menurutnya formula pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan indeks tertentu akan menahan kenaikan upah buruh. Pada akhirnya kenaikan UMP 2024 ia prediksi tidak akan lebih dari 7 persen.


Sejatinya, Mirah menyebut para buruh mengusulkan kenaikan UMP 15 persen kepada pemerintah. Ia menegaskan usul ini sudah berupa angka kompromi.

Seharusnya kata Mirah, upah buruh bisa naik sampai 20 persen-25 persen.

"Tapi karena kami memang paham betul kondisi ekonomi saat ini, para pelaku usaha, dan sebagainya. Kami mengambil jalan tengah (kenaikan UMP 2024) 15 persen permintaannya, padahal angka itu sudah sangat-sangat minim," tegasnya.

"Maksudnya apa ini indeks tertentu? Jadi semakin ambigu. Pertumbuhan ekonomi plus inflasi sudah, kalau tak malu ya mereka pakai itu saja. Tapi ya (agar) seolah-olah mengolah angka secara sungguh-sungguh dengan memunculkan variabel indeks tertentu yang sesungguhnya mereka (pemerintah) juga tak mengerti. Pada saat diimplementasikan 'membatasi' angka UMP itu tidak boleh lebih dari 7 persen," tutup Mirah.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan pihaknya sedang mengebut revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan. Anwar berjanji Kemnaker akan segera merilisnya dalam waktu dekat, sehingga seluruh pihak diminta bersabar.

Anwar merinci akan ada 3 variabel utama yang dipertimbangkan pemerintah dalam pengupahan buruh. Ketiganya adalah pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan indeks tertentu.

"Indeks tertentu tersebut digambarkan dalam bentuk simbol alfa yang merupakan kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (7/11).

Pada pasal 29 ayat 1 PP Nomor 36 Tahun 2021 ditegaskan pemerintah harus mengumumkan UMP paling lambat pada 21 November di tahun berjalan. Jika tanggal tersebut merupakan Minggu, hari libur nasional, atau hari libur resmi, maka pengumuman UMP harus dilakukan sehari sebelumnya.

Lihat Juga :
Alasan Prabowo Ingatkan Buruh Tak Banyak Tuntut Upah Naik ke Pengusaha
(skt/agt)

buku keabadian

voucher lazada gratis ongkir
Sejumlah saham perusahaan milik konglomerat Prajogo Pangestu melesat beberapa waktu terakhir. Berikut alasannya.
Sejumlah saham perusahaan milik konglomerat Prajogo Pangestu melesat beberapa waktu terakhir. (CNN Indonesia/Dinda Audriene Muthmainah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Prajogo Pangestu tercatat menjadi orang terkayaIndonesia versi Forbes Real Time Billionaires per Senin (4/12).

Kekayaannya melonjak dari US,7 miliar atau Rp597,3 triliun (kurs Rp15,435 per solar AS) pada bulan lalu menjadi US,1 miliar atau Rp727,01 triliun.

Lonjakan harta dalam waktu singkat itu disinyalir berasal dari kenaikan harga saham-saham perusahaan miliknya, yang belakangan ini melantai di bursa (IPO).

BRPT, yang IPO pada 9 Oktober lalu, melesat 33,99 persen secara year to date(ytd) atau sejak awal 2023 hingga sesi kedua perdagangan hari ini (4/12).

Lalu perusahaan pertrokimia miliknya, TPIA, juga terbang 15,94 persen (ytd). BREN yang merupakan emiten geotermal juga melonjak 607,69 persen (ydt).

Ada juga emiten batu bara CUAN yang naik hingga 3.321,53 persen (ytd).

Lantas apa yang membuat saham Prajogo Pangestu melesat?

Lihat Juga :
Erick Blak-blakan Alasan Geser Buwas dari Dirut Bulog ke Komisaris SIG

Head of Customer Literation and Education (CLE) PT Kiwoom Sekuritas Indonesia Oktavianus Audi melihat kenaikan harga saham Prajogo Pangestu tidak terlepas dari kinerja positif emiten dalam grup Barito, seperti BRPT yang laba bersihnya naik 217 persen ke Rp555 miliar per September 2023.

Sementara untuk BREN yang merupakan emiten geotermal, Oktavianus melihat melesat karena sektor energi baru terbarukan memiliki daya tarik bagi investor.

"Banyak emiten-emiten energi yang melakukan diversifikasi bahkan target jangka panjangnya menjadi energi baru terbarukan, sehingga BREN memiliki nilai menarik bagi investor," katanya kepada CNNIndonesia.com, Senin (4/12)

"Sehingga potensi pertumbuhan laba dari energi baru terbarukan masih akan cemerlang untuk jangka panjang," imbuhnya.

Sedangkan untuk CUAN, Oktavianus melihat tren positif datang dari penjualan batu bara yang mengalami kenaikan pada periode Januari-September 2023 (9M23). Ekspor batu bara, lanjutnya, naik 22,7 persen (yoy) dan penjualan dalam negeri naik 38,4 persen (yoy).

"Meski beban melonjak yang mendorong laba bersihnya turun 30,9 persen (yoy), diversifikasi ke mineral emas dan penambangan batu bara metalurgi juga mendorong sentimen positif kenaikan harga saham CUAN," katanya.

Sementara itu, Associate Director PT Universal Broker Indonesia Sekuritas Hadrian Maynard Taslim mengatakan secara valuasi fundamental, saham-saham Prajogo tersebut tergolong mahal, jadi tidak bisa dijadikan dasar pembelian investor fundamentalis. Hadrian mengatakan hal itu mengacu pada rasio price-to earnings(P/E) atau PER.

Melansir CNBC Indonesia, lazimnya PER 10-15 kali dianggap wajar, sedangkan di bawah itu dianggap murah dan di atas patokan tersebut mahal.

Hadrian mengatakan saat ini PER BRPT 128 kali, PER TPIA minus 568 kali, PER BREN 529 kali, dan PER CUAN 452 kali.

"Jadi penyebab kenaikan di sini, menurut saya lebih karena sentimen pasar saja karena rumor ambisi Prajogo Pangestu menjadi orang terkaya nomor 1 di RI dan hype IPO CUAN dan BREN yang IPO dengan nominal besar," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Dalang tingkat dewa

game slot yang mudah jp
Biaya haji di Indonesia mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk 2024, Kemenag telah mengusulkan biaya Rp105 juta per jemaah.
Biaya haji di Indonesia mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk 2024, Kemenag telah mengusulkan biaya Rp105 juta per jemaah. (ANTARAFOTO/WAHYU PUTRO).
Jakarta, CNN Indonesia--

Biaya hajidi Indonesia mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk 2024, Kementerian Agama(Kemenag) telah mengusulkan kenaikan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) menjadi Rp105 juta per jemaah.

Jika dibandingkan dengan tahun ini, usulan BPIH tersebut naik Rp15 juta dari penetapan tahun sebelumnya, yakni Rp90 juta per jemaah.

"Untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, pemerintah mengusulkan rata-rata BPIH per jamaah Rp105.095.032," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Jakarta, Senin (13/11), dikutip dari Antara.

Adapun BPIH meliputi komponen biaya penerbangan, akomodasi, konsumsi, transportasi, Armuzna, embarkasi/debarkasi, keimigrasian, dokumen perjalanan, hingga biaya hidup.

Lantas bagaimana perbandingan biaya haji tahun ini dan tahun depan?

Per Februari silam, Kemenag dan Komisi VII DPR RI secara resmi menyepakati total BPIH sebesar Rp90.263.104 per jemaah.

Dari total BPIH itu, 55,3 persen atau Rp49,812.700 dibebankan langsung kepada jemaah haji atau yang dikenal dengan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih). Sementara 44,7 persen sisanya ditanggung oleh dana nilai manfaat sebesar Rp40.237.937.

Untuk tahun ini, Panitia Kerja (Panja) Komisi VII DPR RI merinci Bipih sebesar Rp49,8 juta tersebut meliputi biaya penerbangan, biaya hidup dan sebagian biaya paket layanan masyair.

Kemudian, biaya dari nilai manfaat sebesar Rp40,2 juta digunakan untuk akomodasi, konsumsi, transportasi, pelayanan di Armuzna, perlindungan, dokumen perjalanan serta biaya penyelenggaraan ibadah haji di dalam negeri.

"Secara keseluruhan nilai manfaat yang digunakan sebesar Rp8.090.360.327.213,67," kata Marwan.

Untuk tahun depan, Yaqut menjelaskan BPIH disusun dengan asumsi nilai tukar kurs dolar AS terhadap rupiah sebesar Rp16 ribu. Sementara asumsi nilai tukar SAR terhadap rupiah sebesar Rp4.266.

Ia mengatakan kebijakan formulasi komponen BPIH diambil untuk menyeimbangkan besaran beban jamaah dengan keberlangsungan nilai manfaat di masa yang akan datang.

"Pembebanan Bipih (biaya perjalanan ibadah haji) harus menjaga prinsip istithaah dan likuiditas penyelenggaraan ibadah haji di tahun-tahun berikutnya," ucapnya.

Meski usulan BPIH tahun depan lebih besar dari tahun ini, namun formulasi Bipih dan nilai manfaat untuk penyelenggaraan haji 2024 belum diputuskan.

Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi mengatakan usulan besaran BPIH tersebut akan menjadi bahan awal untuk pembahasan lebih lanjut dalam rapat-rapat Panja BPIH.



(del/agt)

istri parit

138 slot online