petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

game slot 77

agen link 587Jutaan kata 713577Orang-orang telah membaca serialisasi

《game slot 77》

Menilik Celah Korupsi Makan Siang Gratis Ala Prabowo******

Nepotisme, data fiktif hingga lemahnya pengawasan menjadi celah korupsi di program makan siang gratis yang nilai anggarannya jumbo.
Nepotisme, data fiktif hingga lemahnya pengawasan menjadi celah korupsi di program makan siang gratis yang nilai anggarannya jumbo. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Daftar Isi
  • 1. Nepotisme alias kongkalikong kontrak pemerintah dengan suplier tertentu
  • 2. Jumlah penerima tidak sesuai
  • 3. Lemahnya pengawasan
Jakarta, CNN Indonesia--

Rencana programmakan siang gratis semakin menjadi sorotan usai pasanganPrabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul versi real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) di pemilu 2024.

Program ini pun sudah mulai dibahas dalam persiapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Bahkan, sejumlah menteri di Presiden Joko Widodo mengamini adanya pembahasan tersebut dalam Rapat Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta pada Senin (26/2).

Sedangkan alokasi anggarannya akan menyesuaikan dengan jumlah penerima tersebut. Namun, Airlangga menyebut kisaran per anak mendapatkan jatah makan siang gratis Rp15 ribu, di luar susu.

Sementara itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) menyebut program makan siang dan susu gratis itu memerlukan Rp120 triliun di tahun pertama, yang akan dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Wakil Ketua Dewan Pakar TKN Budiman Sudjatmiko menyebut nantinya secara total pembiayaan penuh yang diperlukan untuk melaksanakan program ini mencapai Rp450 triliun per tahun.

Namun, program ini mendapat kritikan termasuk dari Guru Besar dan Kepala Pusat Bioteknologi IPB University Dwi Andreas Santosa. Andreas mengatakan anggaran untuk program yang berbentuk natura alias barang banyak disunat dan diselewengkan.

"Ini (makan siang dan susu gratis) program yang aneh menurut saya, karena akan menghabiskan anggaran yang sangat besar sekitar Rp400 triliun-Rp500 triliun per tahun," kata Andreas dalam diskusi virtual Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Selasa (27/2).

Lihat Juga :
CT: Saya Tidak Akan Jadi Menteri di Kabinet Berikutnya

Lantas apa di mana saja celah korupsi program makan siang gratis?

1. Nepotisme alias kongkalikong kontrak pemerintah dengan suplier tertentu

Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P. Sasmita mengatakan tidak ada yang bisa menjamin setiap kontrak pengadaan barang dilakukan secara adil dan terbuka. Bisa saja terjadi kongkalikong atau KKN antara lembaga pemerintah yang memegang wewenang anggaran dengan suplier-suplier yang akan mengadakan barang.

"Semua pihak yang terlibat dalam rantai pengadaan makan siang gratis berpotensi melakukan korupsi, mulai dari lembaga pemerintah pemegang wewenang anggarannya sampai pada suplier akhir," katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (29/2).

Senada, Direktur Center of Economic and Law (CELIOS) Bhima Yudhistira juga khawatir program ini hanya dinikmati oleh suplier seperti katering atau jasa makanan minuman yang punya kedekatan dengan pemerintah pusat.

"Sehingga tidak benar semuanya akan mengalir ke pelaku UMKM," katanya.

2. Jumlah penerima tidak sesuai

Ronny mengatakan tak ada yang bisa memastikan apakah penerima makan siang gratis merupakan penerima yang nyata atau fiktif. Banyaknya penerima program tersebut, sambungnya, membuat sulit dilakukan pengecekan satu per satu.

"Kalau ada aja sejuta penerima fiktif, dikali Rp15 ribu, dikali 25 hari sekolah dalam sebulan, nilainya sudah Rp375 miliar. Bagaimana kalau setahun?" katanya.

Lihat Juga :
Alasan Airlangga Turun Gunung Simulasikan Makan Gratis Ala Prabowo

3. Lemahnya pengawasan

Direktur Eksekutif Institute For Development of Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti mengatakan celah korupsi lainnya adalah makan yang dibagikan tidak sesuai dengan anggaran sebesar Rp15 ribu per penerima. Kondisi tersebut disebabkan panjangnya rantai pengadaan, serta banyaknya pihak yang terlibat, namun pengawasan lemah.

"Bisa jadi yang dibelanjakan tidak Rp15 ribu, apalagi kalau rantai atau aktor yang terlibat makin banyak," katanya.

Senada, Bhima mengatakan anggaran yang dikorupsi bisa terjadi karena pengawasan yang tidak memadai. Bisa saja daerah yang persepsi korupsinya rendah dan pengawasan lebih baik mungkin akan efektif.

"Namun daerah-daerah yang selama ini tingkat korupsinya tinggi kemudian pengadaan barang jasanya belum optimal nah di di situ justru akan meleset dari sasaran dan menyebabkan masalah korupsi," katanya.

Lantas bagaimana mengantisipasi agar tidak terjadi korupsi?

Ronny mengatakan pemerintah jangan buru-buru menganggarkan program makan siang gratis dalam APBN. Desain program tersebut harus jelas dan diawasi publik mulai dari perencanaan sampai pada pengawasan.

"Setelah dianggarkan, semua lembaga pengawasan pemerintah sampai dengan NGO semestinya dilibatkan di satu sisi. Mekanisme pengawasannya dan pelaporannya harus jelas," katanya.

Sementara itu, Bhima mengatakan pemerintah seharusnya tidak bernafsu langsung menyelenggarakan program tersebut di tingkat nasional. Program makan siang gratis, katanya, bisa dilakukan secara bertahap dimulai di kabupaten yang tingkat stuntingnya tinggi.

"Di situ kemudian dilakukan evaluasi termasuk transparansi anggaran dan efektif enggak program makan siang itu menurunkan gizi buruk," katanya.

[Gambas:Video CNN]

(pta)

PT KAI Buka Suara soal Viral Parkir VIP Stasiun Tugu Yogya Rp350 Ribu******

PT KAI menyebut tarif parkir VIP Rp350 ribu yang viral di media sosial ditentukan mitra KAI Daops 6 selaku pengelola.
PT KAI menyebut tarif parkir VIP Rp350 ribu yang viral di media sosial ditentukan mitra KAI Daops 6 selaku pengelola. (Getty Images/Tutik Purwaningsih).
Yogyakarta, CNN Indonesia--

PT KAI(Persero) buka suara soal unggahan berisi keluhan masyarakat terkait tarif parkirkendaraan di area VIP Stasiun TuguYogyakarta sebesar Rp350 ribu yang belakangan viral di media sosial.

Nampak dalam unggahan, karcis dengan tarif parkir Rp350 ribu tersebut ditulis tangan tertanggal parkir 27 Februari 2024. Durasi parkir selama tujuh jam, yakni dari pukul 12.30 WIB hingga 18.30 WIB.

"Gimana tanggapan Dishub dan warga sekitar?? Parkir bandara saja kalah. Loksi: didepan stasiun tugu drop off pintu selatan sblm putar balik," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Krisbiyantoro menyebut tarif tersebut besarannya ditentukan oleh salah satu mitra PT KAI Daop 6 selaku pengelola area parkir.

"Tarif sebesar itu diakui oleh pihak pengelolanya yaitu Sheyco Tour & Travel, salah satu mitra kami," kata Krisbiyantoro saat dihubungi, Kamis (29/2) malam.

Dia memastikan bahwa pihaknya akan menertibkan besaran tarif parkir ini agar menyesuaikan peraturan daerah setempat, sehingga tak membebani pengunjung atau pemakai jasa layanan PT KAI Daop 6.

"Kami akan meminta kepada pengelola slot parkir tersebut untuk mengikuti Perda Yogyakarta," katanya.

"Kami juga mengimbau kepada para pengendara yang akan parkir di Stasiun Tugu Yogyakarta untuk memastikan area parkir yang akan digunakan, bisa menggunakan area parkir sisi barat yang dikelola oleh Reska atau KAI servis dengan tarif biasa," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho mengklaim telah memanggil PT KAI Daop 6 Yogyakarta dan pengelola parkir guna memintai keterangan atas kejadian viral ini.

Pemkot meminta agar PT KAI Daop 6 Yogyakarta selalu penanggungjawab lokasi dan pengelola parkir merevisi tarif parkir VIP supaya bisa menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di Kota Yogyakarta.

"Kami minta untuk menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku," kata Agus saat dihubungi, Kamis malam.

[Gambas:Video CNN]



(kum/agt)

Konsultan Sebut Apartemen Mulai Tak Dilirik Sebagai Investasi******

Konsultan properti menyebut saat ini apartemen mulai kurang diminati sebagai investasi. Pembeli apartemen kini didominasi end user beli  untuk ditempati.
Konsultan properti menyebut saat ini apartemen mulai kurang diminati sebagai investasi. Pembeli apartemen kini didominasi end user beli untuk ditempati. ( CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Konsultan propertiColliers International menyebut saat ini apartemen mulai kurang diminati sebagai investasi. Pembeli apartemen kini didominasiend useryang membeli hunian untuk langsung ditempati.

Senior Associate Director Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan pada 2022 pembeli apartemen di Jakarta sebanyak 58,1 persen merupakan investor dan 41,9 persen merupakanend user.

Namun pada 2023 investor hanya 46 persen dan end usermencapai 54 persen. Hal itu terjadi karena imbal hasil atau yield apartemen cenderung rendah.

Ferry membandingkan imbal hasil apartemen dengan time deposityang saat ini jaraknya tidak terlalu jauh. Pada 2017, rata-rata imbal hasil apartemen sebesar 5,60 persen dan imbal hasil time deposit 5,98 persen.

Sedangkan pada 2023, rata-rata imbal hasil apartemen turun ke 3,92 persen dan imbal hasil time deposit5,08 persen.

"Sehingga ini memberikan satu opsi bagi pemilik uang untuk cenderung menaruh uangnya di instrumen keuangan dibanding membeli apartemen. Sehingga ini yang sebenarnya menyebabkan investor tidak lagi termotivasi membeli apartemen," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)




bab terbaru:markas138 demo

Perbarui waktu:2024-06-25

Daftar bab terbaru
cara dapat uang 1 milyar gratis
mahjong ways 2 akun demo
cara mendapatkan gratis ongkir di shopee
voucher diskon shopee pengguna baru
wm slot 88
tafsir mimpi abjad 2d
situs slot gacor hari ini modal receh
pion368 slot
rajabola99
Daftar isi semua bab
Bab 1 demoslotmahjong
Bab 2 erek50
Bab 3 situs gacor hari ini
Bab 4 pinjam uang 3 juta
Bab 5 detiktoto
Bab 6 erek2 kaki
Bab 7 pinjol terdaftar ojk
Bab 8 klikme88
Bab 9 togel sgp49
Bab 10 asianslot88
Bab 11 bangjago88 1
Bab 12 golden fire link slot machine
Bab 13 mantap 138 slot
Bab 14 slot gacor terbaru malam ini
Bab 15 situs slot gacor malam ini 2022
Bab 16 hijau88 slot
Bab 17 besar88
Bab 18 cara menang main slot higgs domino duo fu duo cai
Bab 19 mpo01
Bab 20 hokibang
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8590bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Aku, si penjelajah bayangan

200m slot
Menko Airlangga menggelar simulasi program makan siang gratis Prabowo-Gibran di Tangerang, Banten, hari ini (29/2).
Menko Airlangga menggelar simulasi program makan siang gratis Prabowo-Gibran di Tangerang, Banten, hari ini (29/2). (Foto: CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso)
Jakarta, CNN Indonesia--

Program makan siang gratis Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka perdana diuji coba hari ini di Tangerang, Banten.

Uji coba dilakukan di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut uji coba ini sebagai bentuk simulasi.

Simulasi program makan siang gratis ini diberikan kepada siswa SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Banten. Ada juga anak-anak SD yang mendapatkan makan siang gratis tersebut.

Meski Prabowo-Gibran belum resmi diumumkan menang Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), programnya sudah dibahas dalam persiapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Airlangga menyebut kisaran per anak mendapatkan jatah makan siang gratis Rp15 ribu, di luar susu.

Ia mengatakan ada sekitar 70,5 juta orang yang kemungkinan menjadi penerima makan siang dan susu gratis tersebut. Jumlah calon penerima ini terdiri dari 22,3 juta anak balita, 7,7 juta anak TK, 28 juta anak SD, dan 12,5 juta anak SMP hingga Madrasah.

Akan tetapi, Presiden Jokowi membantah Rapat Sidang Kabinet Paripurna pada Senin (26/2) di Istana Negara secara spesifik membahas program makan siang dan susu gratis Prabowo-Gibran.

"Ndak ada, ndak ada. Hanya dalam sidang kabinet paripurna saya sampaikan bahwa program-program presiden terpilih harus sudah dimasukkan dalam rencana anggaran 2025," ucapnya usai menghadiri acara Rapim TNI/Polri di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2).

"Tidak ada pembicaraan secara spesifik mengenai tadi yang disampaikan (program makan siang)," tegas Jokowi.

Di tengah isu pembahasan program makan siang dan susu gratis, pemerintah sampai harus memperlebar defisit APBN 2025. Jika tahun ini hanya 2,29 persen, sedangkan tahun depan diperlebar menjadi 2,45 persen-2,8 persen.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Mulailah berlatih dari dasar laut

cara hutang di shopee paylater
Kemenko Perekonomian menyebut Airlangga Hartarto turun gunung melakukan simulasi makan siang gratis ala Prabowo karena menjadi penentu anggaran janji itu.
Kemenko Perekonomian menyebut Airlangga Hartarto turun gunung melakukan simulasi makan siang gratis ala Prabowo karena menjadi penentu anggaran janji itu. (CNN Indonesia/Wella Andany).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengungkapkan alasan menterinya Airlangga Hartarto 'turun gunung' mensimulasikan program makan siang gratisyang diusung oleh capres Prabowo Subianto.

Menurutnya, hal itu dilakukan karena Kemenko menjadi leader dalam menentukan besaran anggaran yang diperlukan untuk program makan siang gratis di APBN 2025.

"Kan uu nya gitu, yang tanggung jawab Pak Menko, namanya Menko Perekonomian," ujarnya ditemui usai acara CNBC Economic Outlook, Kamis (29/2).

"Kemarin sudah ada KEM PPKF, itu yang bikin menkeu sama bappenas, PP-nya bunyinya menkeu dan bappenas menyampaikan dulu ke pak menko. Keputusan di menko, nanti pak menko yg melaporkan ke presiden," jelasnya.

Ia menuturkan meski makan siang gratis program Prabowo-Gibran, pemerintahan Jokowi saat ini sangat mendukung. Dukungan diberikan dengan langsung menyiapkan anggaran makan siang gratis di APBN 2025.

"Yang desain program kan pemerintah baru, kita diminta menyiapkan, terus kan harus diantisipasi, disiapkan dalam postur APBN kita," pungkasnya.

Airlangga melakukan simulasi makan siang gratis di SMPN 2 Curug, Tangerang Kamis (29/2) ini. Ia menyebutkan anggaran yang digunakan dalam simulasi ini berasal dari Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Dalam simulasi ini, ada 4 menu yang disajikan, yakni; nasi ayam, nasi semur telur, gado-gado, dan siomay. Semua menu diklaim sudah memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayuran, dan buah.

Simulasi dilakukan meski Prabowo-Gibran belum resmi diumumkan menang Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi pemenang Pilpres 2024.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

Saya sangat baik

coinmpo

“Tidak hanya pintar, kalau pintar hatinya busuk tidak bagus. Kalau pintar hatinya busuk, itu koruptor, dia akan membawa lari kekayaan Indonesia. Kalau pintar tapi bekerja untuk orang asing, tidak baik untuk kita,” katanya.

Yang diinginkan, kata Prabowo adalah orang pintar hatinya baik, cintanya untuk rakyat Indonesia. Prabowo kembali menegaskan, Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa dan menjadi tugas dirinya bersama dengan Gibran dan KIM manakala diberi mandat oleh rakyat adalah menjaga kekayaan itu, mengelola, mengatur, mengurus kekayaan.

Prabowo berharap semua kekayaan itu ketika dikelola memiliki nilai tambah dan bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Saya bicara di Jakarta, saya bicara dengan orang-orang kaya di Jakarta, saya bilang, saudara-saudara kalau kaya sendiri dan rakyat di luar kalian miskin dan lapar, tidak mungkin satu negara hanya orang kaya, tidak mungkin, kita harus bikin seluruh rakyat Indonesia menikmati kekayaan itu,” kata Prabowo menegaskan.

Kembali ke tahun 1978

kredit hp 12 bulan
Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan sebanyak 500 ribu ton beras impor sudah masuk ke Indonesia per Februari 2024.
Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan sebanyak 500 ribu ton beras impor sudah masuk ke Indonesia per Februari 2024. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan sebanyak 500 ribu ton beras impor sudah masuk ke Indonesia per Februari 2024. Jumlah tersebut merupakan sisa impor dari alokasi tahun lalu.

Tahun ini, sambungnya, kuota impor awalnya diputuskan sebanyak 2 juta ton. Kemudian kuota tambahan 1,6 juta ton.

"Kalau ada penambahan 1,6 juta ton itu kita pikirnya nanti. Kita hanya memastikan bahwa teman-teman Bulog sudah siap daripada nanti belum ada kuotanya dan kemudian nanti rapat-rapat lagi kelamaan. Ini sudah disiapkan. Pak presiden dan kementerian semua maunya cepat," katanya di Pasar Induk Beras Cipinang, Rabu (28/2).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Bulog Febby Novita mengatakan dari kuota impor 2 juta ton tahun ini, sebanyak 500 ribu ton ditargetkan masuk Maret mendatang sebelum panen raya. Beras itu berasal dari Thailand, Vietnam, dan Pakistan.

Febby mengatakan beras impor digunakan untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP) sebanyak 1,2 juta ton, penyaluran bantuan pangan, dan intervensi harga melalui stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP). Namun, beras impor tidak akan langsung masuk seluruhnya melainkan juga melihat pasokan dalam negeri.

"Jadi enggak ujug-ujug3,6 juta ton dimasukkan semua. Kita juga tetap menyerap (produksi dalam negeri)," katanya.

Febby menjelaskan Bulog menyerap produksi dalam negeri dengan dua skema, yakni public service obligation(PSO) atau penugasan dan komersial. Dengan skema PSO, Bulog dalam melakukan penyerapan dibatasi oleh harga pembelian pemerintah (HPP).

Adapun HPP saat ini untuk gabah kering panen (GKP) di tingkat petani Rp5.500 per kg, GKP di tingkat penggilingan Rp5.100, gabah kering giling (GKG) di penggilingan Rp6.200 per kg, dan GKG di gudang Bulog Rp6.300 per kg.

"Kalau PSO kita enggak bisa menyerap dengan HPP Rp5.000, maka kita serap untuk komersial. Kalau untuk komersial bisa beli di Rp7.600," katanya.

"Intinya kita punya dua corebisnis, yang kalau PSO-nya enggak masuk HPP, ya komersial," katanya.

Ia mengatakan beras yang diserap dengan skema PSO digunakan untuk beras program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP). Sementara, beras komersial dikemas dengan berbagai merek dan dijual di ritel modern.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Membombardir dunia misterius

rtp depo89

Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) itu melihat dukungan yang diberikan Ahok kepada Ganjar-Mahfud sepenuhnya merupakan gerakan moral dan etika.

“Itu kalkulasinya bukan untung rugi. (Justru) Pak Ahok rugi karena Pertamina keuntungannya besar. (Tapi) ini panggilan bangsa,” katanya sebagaimana dikabarkan Antara.

Dia berharap dukungan yang diberikan Ahok kepada Ganjar-Mahfud bisa diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia. Tak terkecuali, Presiden Jokowi yang merupakan orang dekat Ahok, sehingga narasi kuda putih bisa diluruskan.

Moga-mogaPak Jokowi ikut (dukung Ganjar-Mahfud),” pungkas Hasto.

Diberitakan sebelumnya Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok akhirnya mengundurkan diri sebagai komisaris utama PT Pertamina Persero. Langkah ini diambil dalam rangka ingin fokus mengampanyekan pasangan calon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Pilpres 2024.

Kabar pengunduran diri Ahok yang sempat dibahas sebagai kuda putih Jokowi ini disampaikan lewat unggahan di akun instagram pribadinya @basukibtp.

“Unggahan ini merupakan bukti tanda terima Surat Pengunduran Diri saya sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero) yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024,” kata Ahok dalam keterangannya.

Dengan mundurnya sebagai Komisaris Utama PT Pertamina, Ahok menyatakan mendukung serta akan mengkampanyekan pasangan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024.

“Hal ini agar tidak ada lagi kebingungan terkait arah politik saya. Merdeka! Merdeka! Merdeka!,” ujarnya.

Ruang siaran langsung Ruohua setiap jam

pandaslot
Bapanas menyebut penyaluran bansos beras 10 kg bukan tugas Kemensos. Karena itu, Mensos Tri Rismaharini tak pernah dilibatkan Jokowi dalam pembagian beras.
Bapanas menyebut penyaluran bansos beras 10 kg bukan tugas Kemensos. (Foto: Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi membongkar kenapa sosok Menteri Sosial Tri Rismaharinitak ada setiap Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bansos beras 10 kg.

Arief menjelaskan bansos pangan itu memang tidak disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos). Penyaluran bansos beras 10 kg dikerjakan oleh Bapanas.

Ia menyebut hal itu sesuai ketentuan Perpres Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional. Arief menjelaskan Pasal 2 Perpres itu menyebut Badan Pangan mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pangan. 

"Bantuan pangan untuk 22 juta KPM dan tidak terkait politisasi atau apapun karena bantuan sejak 2023 dikerjakan Bapanas," ucapnya.

Sejak awal tahun hingga jelang Pemilu 2024 pada 14 Februari lalu, Jokowi getol turun tangan membagikan sendiri bansos-bansos pemerintah, termasuk bansos beras 10 kg.

Namun dalam setiap pembagian bansos tersebut, Jokowi tidak pernah tak didampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan alasan Risma tidak ikut Jokowi saat membagikan bansos beberapa waktu belakangan.

Ari menyebut kementerian/lembaga yang diajak langsung oleh Jokowi dalam pembagian bansos adalah mereka yang terkait dengan program bansos tersebut.

"Karena terkait dengan cadangan pangan ya, ada Bulog dan Badan Pangan. Jadi lebih pada hal itu, termasuk juga mengecek mengenai keberadaan pangan di setiap daerah. Jadi yang diajak tentu berkaitan dengan itu," kata Ari di Kantor Kemensetneg, Jakarta Pusat, Senin (29/1).

Ia membantah anggapan Jokowi tidak mengajak Risma karena berstatus sebagai kader PDIP. Ari menegaskan tidak ada unsur politik dalam pembagian bansos.

"Enggak. Enggak ada (korelasi dengan) status kepartaian," katanya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)