petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara kredit laptop di tokopedia

buku mimpi gelang 384Jutaan kata 896624Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara kredit laptop di tokopedia》

Shopee Tebar Promo Besar di Live Streaming, Semua Diskon 50 Persen******

Pengguna dapat menemukan berbagai kebutuhan saat berbelanja di Shopee Live dengan diskon besar 50 persen.
Ilustrasi belanja online. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Shopee kembali menebar promo besar-besaran kepada para penggunannya mulai 4 Juli 2023 lalu. Kali ini para pengguna bisa mendapat kesempatan belanja di Shopee Live dengan harga paling murah dan diskon 50 persen.

Pengguna dapat menemukan berbagai kebutuhan saat berbelanja di Shopee Live sambil menikmati pengalaman belanja yang mudah dan interaktif. Mereka bisa mendapatkan banyak promo untuk semua barang di Shopee Live mulai pukul 20.00 WIB setiap harinya.

Sejak digelar pada 4 Juli lalu, promo besar yang ditebar Shopee mendapatkan antusiasme sangat tinggi dari masyarakat. Shopee mengklaim, dari pengamatan tim media sosialnya, respons luar biasa dari pengguna sangat besar di Instagram, dimana followers membanjiri kolom komentar.

Pun demikian pasangan selebriti lainnya, Atta Halilintar, dan Aurel Hermansyah, juga memposting unggahan Shopee Live yang mengundang banyak komentar positif dari para pengikutnya yang tertarik ikut belanja di Shopee Live.

BNR ShopeeFoto: Screenshoot akun Instagram @attahalilintar).
Shopee(Foto: Screenshoot akun Instagram @aurelie.hermansyah).

Shopee Live Ungguli Pesaing

Saat ini, interaksi langsung dengan pengguna tengah menjadi fokus utama para pemain e-commerce di Indonesia, salah satunya pada fitur live streaming shopping. Shoppe Live menjadi salah satu yang populer berdasarkan survei teranyar Populix, "Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia".

Dalam survei itu, Populix menilik perilaku dan sikap pengguna berbelanja online menggunakan fitur live streaming. Populix menyimpulkan Shopee Live merupakan platform live streaming yang paling sering digunakan untuk belanja online, jauh melampaui pesaing terdekatnya.

Sebanyak 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, di atas para pesaingnya seperti pemain baru TikTok Live di angka 25 persen.

Interaktif, menghibur, dan hidup menjadi tiga kata yang tepat untuk menggambarkan cara belanja melalui live shopping yang kini tengah digandrungi.

Dapat dilihat bagaimana limitasi waktu dan besarnya promo yang ditawarkan hanya saat siaran tersebut dilakukan, mendorong minat belanja penonton lebih besar.

Di sisi lain, live shopping juga menawarkan keunggulan interaksi yang proaktif seperti melontarkan pertanyaan, melakukan negosiasi dan melihat dari berbagai sisi produk.

Live Shopping Paling Murah

Dari riset Populix tersebut diketahui bahwa kecenderungan preferensi yang dicari saat live shopping tidak jauh berbeda dari berbelanja biasa. Konsumen mencari penawaran menarik, di mana Shopee Live unggul jauh dari TikTok Live.

Sebanyak 68 persen responden setuju Shopee Live menawarkan gratis ongkos kirim paling banyak, sementara TikTok Live hanya 26 persen. Kemudian, 63 persen responden setuju Shopee Live memiliki produk dengan harga paling murah, sedangkan TikTok Live cuma 32 persen.

Shopee Live juga menawarkan beragam promosi (62 persen), diskon paling besar (63 persen), dan cashback paling besar (69 persen). Sementara TikTok Live dalam hal tersebut mendapatkan angka masing-masing 31 persen, 31 persen, dan 22 persen.

Live Shopping Paling Lengkap

Untuk elemen kedua, dari survei Populix, yang dicari para konsumen, yakni kelengkapan sebuah aplikasi atau fitur live streaming, di mana Shopee Live juga memimpin pada posisi pertama mengungguli TikTok Live.

Aspek-aspek tersebut meliputi beberapa faktor seperti live shopping yang menawarkan produk paling banyak, pilihan merek paling lengkap, koleksi kategori paling lengkap, fitur paling lengkap, menyuguhkan konten paling menarik, dan fitur yang menawarkan mitra brand paling menarik.

Untuk hal tersebut, Shopee mendapat masing-masing 74 persen, 73 persen, 73 persen, 70 persen, 54 persen, dan 63 persen. Sedangkan TikTok Live jauh di bawahnya dengan masing-masing 20 persen, 20 persen, 19 persen, 22 persen, 41 persen, dan 29 persen.

Rangkaian Promo Besar

Adapun dengan potensi besar yang ditawarkan oleh pasar live shopping, para pemain e-commerce saat ini berlomba-lomba menghadirkan rangkaian promo yang tidak main-main untuk dinikmati konsumennya. Termasuk Shopee yang kembali menebarkan diskon besar 50 persen sejak 4 Juli lalu.

Bahkan hari ini, Jumat (7/7), Shopee Live 12 Jam Nonstop akan hadir bersama Raffi Ahmad di akun Toko Papa Raffi. Pada puncak kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale ini, mulai pukul 12.00 WIB, pelanggan bisa menikmati harga spesial live, belanja termurah di Shopee seperti Harga Serba 10RB dan Giveaway 10JT.

Selain kebutuhan terpenuhi, pengalaman belanja yang mudah dan interaktif melalui live streaming ini juga dapat menemani aktivitas sehari-hari karena turut menghadirkan beragam hiburan menarik.

Komunikasi dua arah secara real time juga menjadi sangat menyenangkan dalam membantu pengambilan keputusan saat berbelanja saat live streaming. Pengguna juga dapat melihat dan bertanya secara langsung mengenai produk yang ditawarkan secara lebih jelas.

(osc/osc)

Profil Pemilik Blok M Plaza yang Dulu Sepi Kini Ramai Lagi Berkat MRT******

Blok M Plaza menjadi trending topik lantaran ramai lagi usai terhubung dengan MRT Jakarta. Pemilik mal ini adalah pengusaha properti, Alexander Tedja.
Blok M Plaza menjadi trending topik lantaran ramai lagi usai terhubung dengan MRT Jakarta. Pemilik mal ini adalah pengusaha properti, Alexander Tedja. (www.pakuwonjati.com)
Jakarta, CNN Indonesia--

Blok M Plaza menjadi perbincangan di media sosialkarena kembali ramai pengunjung. Mal itu disebut kembali bergeliat karena terkoneksi dengan transportasi MRT Jakarta.

Banyak netizen bernostalgia ke masa kanak-kanak dahulu, kala pusat perbelanjaan itu tengah hits. Beberapa netizen mengaku bersemangat kembali main ke Blok M karena akses transportasi kian mudah sejak terhubung dengan MRT. Banyak netizen yang berharap integrasi serupa berlaku di mal-mal daerah lainnya.

Lantas siapa pemilik Blok M Plaza?

Portfolio perusahaan bertumpu pada bisnis properti seperti retail, perumahan, komersial dan perhotelan. Jaringan bisnis real estate Pakuwon terintegrasi secara menyeluruh mulai dari akuisisi lahan, pengembang properti, pemasaran serta manajemen operasional.

Selain Blok M Plaza, Pakuwon Jati juga mengembangkan pusat perbelanjaan lainnya termasuk Kota Kasablanka Mall, Gandaria City, Tunjungan Plaza Mall, Pakuwon Mall, dan Pakuwon Trade Center.

Lihat Juga :
Komisi XI DPR Pilih Agusman dan Hasan Fawzi Jadi Anggota Baru DK OJK

Pakuwon Jati berdiri di bawah bendera Pakuwon Group, milik Alexander Tedja.

Pengusaha properti ini mengawali kariernya di industri film dengan mendirikan PT ISAE FILM pada 1972 lalu. Usaha itu ia kembangkan pada lima tahun kemudian dengan mendirikan PT Menara Mitra Cinema Corp. Sukses di bisnis perfilman, ia pun merambah bisnis properti dengan mendirikan Pakuwon Jati pada 1982 lalu.

Usai mendirikan perusahaan itu, Alexander membeli sebidang tanah di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya. Tanah itu kemudian ia sulap menjadi sebuah pusat perbelanjaan besar dan megah bernama Plaza Tunjungan I.

Plaza Tunjungan I dibuka pada 1986. Plaza tersebut dalam perjalanannya terus berkembang menjadi besar. Sukses dengan Plaza Tunjungan I, bisnis Alexander Tedja kian menggurita.

Hanya berselang 8 tahun, ia mengembangkan bisnis kawasan hunian di Surabaya, Pakuwon City. Proyek terus membesar hingga ia membangun Plaza Tunjungan II dan III, Sheraton Surabaya Hotel & Tower, Kondominium Regensi, Menara Mandiri, Plaza Tunjungan IV.

Proyek ini kemudian menjadi superblok pertama di Surabaya yang bernama Superblok Tunjungan City.

Sukses di Surabaya tak lantas membuat pria kelahiran Medan ini lekas berpuas diri. Ia lantas melirik Jakarta menjadi tempat pengembangan bisnisnya.

Berdasarkan data Forbes, ia tercatat sebagai orang terkaya ke-47 di Indonesia pada 2022 dengan kekayaan US5 juta. Saat ini kekayaannya mencapai US,1 miliar.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Bos Pos Cerita Kurirnya Sempat Disandera di Papua******

Dirut PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi bercerita soal kurirnya yang disandera di Papua saat mengirim bansos hingga kesulitan pulang imbas cuaca ekstrem.
Dirut PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi bercerita soal kurirnya yang disandera di Papua saat mengirim bansos hingga kesulitan pulang imbas cuaca ekstrem. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi bercerita soal kurirnya yang disandera di Papua saat mengirim bantuan sosial (bansos) hingga kesulitan pulang imbas cuaca ekstrem.

Faizal mengatakan pihaknya saat ini sedang berjuang menjadi mitra resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk urusan logistik Pemilu 2024. Namun, ia menjamin operasional harian Pos bakal tetap berjalan baik jika pihaknya ditunjuk jadi mitra KPU.

Pasalnya, pengiriman logistik pemilu dengan kiriman reguler berbeda. Ia mencontohkan soal urusan kotak hingga surat suara dijamin pengawasannya oleh TNI-Polri.

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Golkar Gde Sumarjaya Linggih lantas berpesan kepada Faizal soal cuaca. Ia meminta Pos Indonesia jangan abai menghadapi gangguan cuaca ekstrem jelang Pemilu 2024.

"Ini kan Februari (2024) pemilu ini. Desember (2023) itu cukup rawan dengan cuaca, kalau dari Bali itu ke Nusa Penida, cukup rawan penyebrangannya itu. Saya minta konsentrasinya juga tentang cuaca di Desember itu," kata pria yang akrab disapa Demer.

Faizal merespons pesan Demer tersebut dengan meyakinkan bahwa pihaknya selalu menyewa kapal-kapal besar milik TNI-Polri jika mendapat penugasan pemerintah. Dengan begitu, pengiriman logistik pemilu diharapkan bakal sesuai penugasan meski dihadapkan dengan cuaca ekstrem.

Meski begitu, Bos Pos Indonesia itu mengakui cuaca ekstrem adalah salah satu musuh kurir-kurirnya. Bahkan, ia bercerita soal kurir Pos yang kesulitan pulang imbas cuaca ekstrem.

"Cuaca ini memang pengalaman kami di 2022, luar biasa. Contoh, teman-teman kami pernah mengirimkan bansos, terpaksa lima hari enggak bisa pulang menunggu kapal berikutnya. Cuaca tidak memungkinkan. Tapi ngirim tepat waktu itu paling penting, soal baliknya enggak tepat waktu enggak apa-apa," cerita Faizal.

Pada akhir RDP, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung yang memimpin rapat tersebut membacakan kesimpulan, di mana salah satu poinnya menyebutkan DPR mendukung Pos Indonesia menjadi mitra resmi KPU dalam urusan logistik Pemilu 2024 mendatang.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)




bab terbaru:situs slot yang lagi gacor hari ini

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
slotpanas99
permainan slot game online
situs to slot
www gacor slot net
slot mama jitu
agen judi slot terbaik dan terpercaya no 1
link slot gacor terbaru
putarslot88
game slot terbesar
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot terpercaya 2022
Bab 2 direktutoto
Bab 3 situs yang mudah menang
Bab 4 hoki365
Bab 5 ligapelangi
Bab 6 link judi slot terbaru
Bab 7 angka jitu beras
Bab 8 link terbaru gacor
Bab 9 link pola maxwin
Bab 10 p200m slot
Bab 11 sigmabet77
Bab 12 mdnslot
Bab 13 tenor pinjaman adapundi
Bab 14 jam gacor mega wheel
Bab 15 pinjol cicilan ringan
Bab 16 slot promo 100 persen
Bab 17 slot om
Bab 18 markasmpo
Bab 19 halilintar 777 slot
Bab 20 hari gacor slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3170bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

penguasa sungai

qqholic situs judi slot online terpercaya indonesia
PT KAI Commuter Indonesia (KCI) memerlukan penyertaan modal negara (PMN) untuk anggaran pengadaan rangkaian (trainset) KRL tahun ini hingga 2024.
PT KAI Commuter Indonesia (KCI) memerlukan penyertaan modal negara (PMN) untuk anggaran pengadaan rangkaian (trainset) KRL tahun ini hingga 2024. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT KAI Commuter Indonesia (KCI) tengah berhitung soal anggaran pengadaan rangkaian (trainset) KRL untuk tahun ini hingga 2024.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan pihaknya pun tak menutup mana untuk mengajukan Penyertaan Modal Negara (PMN) jika kelak dana yang dibutuhkan untuk KRL tak cukup.

Meski demikian, jumlah PMN yang diajukan masih dalam proses pengkajian.

Ia melanjutkan hingga saat ini KCI masih mencari skema yang tepat untuk keuangan dalam pengadaan KRL. Hal ini dilakukan agar keuangan KCI dan PT KAI (Persero) sebagai induk usaha tetap terjaga.

Namun, ia menekankan bawah PMN tetap dibutuhkan.

"Dukungan pemerintah terhadap PMN ini memang dibutuhkan supaya kebutuhan masyarakat terpenuhi dan ekosistem produksi dalam negeri juga bisa didukung," kata Anne.

KCI sendiri sudah membuat skema untuk pengadaan KRL hingga 2027.Pertama,mendatangkan tiga trainset baru dari Jepang.

KRL baru ini ditargetkan bisa tiba di Tanah Air pada 2024 mendatang. Kedua,melakukan kontak pembelian 24 KRL baru dari PT Industri Kereta Api (INKA). Rinciannya, pada 2025-2026 akan ada 16 rangkaian baru. Kemudian delapan sisanya akan selesai pada 2027.

Ketiga,melakukan retrofit alias modernisasi 19 KRL yang saat ini perlu dipensiunkan. Anne menyebut pengerjaan retrofit sendiri membutuhkan waktu 14-15 bulan.

KCI dan INKA pun bakal meretrofit KRL secara bertahap, yakni empat rangkaian per sesi hingga 2027.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Menikah dengan iblis

yang lagi gacor
Dirut PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan uji coba LRT Jabodebek untuk masyarakat umum akan dilakukan pada 27 Juli hingga 15 Agustus mendatang.
Dirut PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan uji coba LRT Jabodebek untuk masyarakat umum akan dilakukan pada 27 Juli hingga 15 Agustus mendatang. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) aliasKAI Didiek Hartantyo mengatakan uji cobaLRT Jabodebek untuk masyarakat umum akan dilakukan pada 27 Juli hingga 15 Agustus mendatang. Nantinya akan ada 6 perjalanan per hari untuk masyarakat umum.

Sementara uji coba khusus untuk stakeholder berlangsung pada 12 Juli hingga 26 Juli.

"Pada 27 Juli sampai 15 Agustus akan ada 434 perjalanan. Setelah kita lakukan uji coba terbatas sampai 26 Juli kita nanti akan perluas enam perjalanan untuk angkatan penumpang terbatas," kata Didiek di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (12/7).

"Kita akan evaluasi seminggu ini. Kemudian insyaallah kita akan buka lagi pendaftaran untuk yang di luar 24 ribu," kata Purnomo.

Untuk 24 ribu pendaftar tersebut, ia menyebut akan diakomodir untuk mengikuti uji coba pada 27 Juli hingga 15 Agustus mendatang. Sebanyak 6 perjalanan per hari akan menampung 150 hingga 200 orang per perjalanan.

Lihat Juga :
UU Kesehatan Baru Tak Wajibkan Perusahaan Daftarkan Pekerja BPJS

LRT Jabodebek dijadwalkan beroperasi secara komersial pada 18 Agustus 2023 mendatang. LRT Jabodebek menggunakan teknologi yang lebih tinggi dari MRT Jakarta ataupun LRT Sumsel, yaitu generasi ketiga atau grade of automation (GoA) Level 3.

Dengan teknologi itu, memungkinkan kereta dioperasikan tanpa masinis alias driverless. Namun, di dalam kereta ada petugas yang akan berjaga untuk situasi darurat.

Kereta juga secara otomatis mampu mengatur jarak antar kereta menjadi lebih dekat dengan tetap konstan menjaga jarak aman. Semua sistem operasi pada LRT Jabodebek sudah diatur pada operation control center (OCC).

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Kisah Yang Abadi dengan Pedang

situs gampang maxwin malam ini
Presiden Joko Widodo mengatakan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara akan beralih ke Bandara Internasional Kertajati mulai Oktober 2023.
Presiden Joko Widodo mengatakan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara akan beralih ke Bandara Internasional Kertajati mulai Oktober 2023. (Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara akan beralih ke Bandara Internasional Kertajati mulai Oktober 2023.

Beralihnya penerbangan itu menjadi tanda bahwa Bandara Kertajati akan beroperasi penuh.

"Dimulai Oktober akan operasi penuh. Artinya, dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Kertajati, utamanya untuk yang pesawat jet," ujar Jokowi saat meninjau fasilitas Bandara Kertanegara, Selasa (11/7).

Jokowi mengaku senang dengan progres pemanfaatan Bandara Kertajati. Salah satunya keberhasilan bandara tersebut untuk embarkasi haji sekitar 8 ribu jemaah dari 7 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat.

"Saya juga senang karena Bandara Kertajati juga sudah melayani penerbangan umrah hingga empat kali seminggu plus juga melayani penerbangan internasional dari Kuala lumpur ke Kertajati sebanyak dua kali per minggu," ujarnya.

Lihat Juga :
Hyundai Ekspor Lebih dari 50 Persen Produksi Pabrik di RI

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi minat investor untuk ikut berinvestasi di Bandara Kertajati sangat besar dari beberapa negara. Hal itu diharapkan bisa meningkatkan traffic penumpang di bandara.

"Kita harapkan dengan upaya-upaya yang kita lakukan ini plus dengan telah selesainya diresmikannya Tol Cisumdawu, sehingga jarak tempuh antara Bandara Kertajati dan Bandung hanya kurang lebih 1 jam ini juga akan mempercepat perkembangan Bandara Kertajati," terangnya.

[Gambas:Video CNN]



(dhf/dzu)

Peri dan Iblis Dahonglou

game gacor slot hari ini
Kementerian BUMN ingin divestasi saham perusahaan pertambangan nikel asal Brasil PT Vale Indonesia Tbk (INCO) bisa ditambah di atas 11 persen.
Kementerian BUMN ingin divestasi saham perusahaan pertambangan nikel asal Brasil PT Vale Indonesia Tbk (INCO) bisa ditambah di atas 11 persen. Ilustrasi. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ingin divestasi sahamperusahaan pertambangan nikel asal Brasil PT Vale Indonesia Tbk (INCO) bisa ditambah di atas 11 persen.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengatakan dengan tambahan saham itu, BUMN bisa menambah porsi saham INCO lebih dari 20 persen seperti saat ini.

"Ini mengenai porsi kepemilikannya sendiri ya masih didiskusikan berapa memang nanti yang akan dimiliki oleh BUMN dengan harapan nanti kita nanti tambahan ini akan berada di atas 11 persen," ujarnya seperti dikutip dariCNBCIndonesia.com, Jumat (7/7).

Ia mengatakan pihaknya masih mendiskusikan perihal porsi saham yang bisa dicaplok oleh MIND ID agar bisa di atas 11 persen itu.

Pahala juga berharap BUMN melalui MIND ID bisa menjadi pengendali finansial Vale. "Harus kita lihat seperti apa, harapan kita seperti itu ya (pengendali Vale)," jawab Pahala saat ditanya apakah MIND ID bisa menjadi pengendali dari perusahaan setelah akuisisi saham Vale.

Saat ini, MIND ID baru mengempit 20 persen saham Vale. Sedangkan sebesar 20,7 persen tersebar di pasar saham Indonesia.

Artinya jika penambahan saham hanya 11 persen, maka MIND ID hanya memiliki 31 persen saham Vale. Mayoritas saham Vale kini dimiliki Vale Canada Limited (VCL), yakni sebanyak 44,3 persen. Lalu, sisanya oleh Sumitomo Metal Mining Co. Ltd (SMM), yakni 15 persen.

Secara terpisah, Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo penambahan saham di atas 11 persen itu agar pihaknya bisa menjadi INCO.

Ia mengaku saat ini pihaknya tengah bernegosiasi dengan pihak INCO terkait divestasi saham tersebut.

"Update-nya sekarang lagi negosiasi. Ada lingkupnya, ada apa-apa saja yang mesti diperbarui karena ada Shareholder Agreement, segala macam, itu lagi proses lah," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Invasi Raja Iblis

situs togel paling aman
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menilai Project S TikTok Shop mengancam usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menilai Project S TikTok Shop mengancam usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKMTeten Masduki menilai Project S TikTok Shop mengancam usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal.

Mulanya, Teten mengatakan 21 juta UMKM lokal sudah bergabung di marketplace. Namun, kata dia, sebagian barang yang dijual itu impor.

Ia menyebut hal itu karena daya saing produk UMKM lemah, salah satunya dari segi kualitas. Selain itu, ada pula produk yang belum tersedia di pasar lokal.

"Sehingga dia bisa memberikan informasi kepada produsen UMKM di China yang mau masuk ke Indonesia, sehingga ini suatu ancaman. Karena itu ancaman bagi UMKM. Kita sudah perdagangan bebas, tapi saya kira setiap negara juga perlu melindungi UMKM, jangan sampai kalah bersaing," ujar Teten usai menghadiri acara pembekalan antikorupsi di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (11/7).

Menurut Teten, TikTok merupakan media sosial yang tergabung dengan platform e-commerce di dalamnya, sehingga menjadi platform socio commerce.

Saat ini, Teten menjelaskan perdagangan online saat ini diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 50 Tahun 2020 tentang Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Elektronik (PPMSE).

Lihat Juga :
Jokowi Bakal Terbitkan Aturan Larangan Jual Pakaian Bekas

Teten mengatakan regulasi itu hanya mencakup perdagangan di e-commerce, bukan socio commerce.

Oleh karena itu, Teten mengatakan pihaknya meminta Menteri Perdangan Zulkifli Hasan untuk merevisi permendag tersebut karena tak lagi relevan.

Terdapat dua usul yang disampaikan, yakni pertama, menyetop perdagangan online cross bordermelalui e-commerce untuk langsung menjual barangnya di Indonesia.

"Ini kan enggak fair,karena kalau misalnya produk UMKM kalau mau jualan, dia harus dapat izin BPOM izin edarnya, sertifikasi halal dan sebagainya, bayar pajak di sini dan sebagainya. Sementara mereka langsung dari luar negeri dengan ritel online bisa langsung jualan, itu kan enggak bener. Karena itu, kami minta setop," kata Teten.

Lihat Juga :
Profil Pemilik Blok M Plaza yang Dulu Sepi Kini Ramai Lagi Berkat MRT

Teten menyatakan pihaknya tidak menolak produk-produk luar negeri. Kendati demikian, dia menyebut caranya mesti lewat jalur impor biasa. Barang itu baru dapat dijual apabila telah mengantongi izin di Indonesia.

Minta proteksi UMKM

Usulan keduayang disampaikan Teten adalah untuk memproteksi UMKM. Sebab, kata dia, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional.

Teten menyebut sebanyak 97 persen lapangan kerja itu disediakan oleh UMKM.

Menurut Teten, apabila Indonesia ingin jadi negara maju dengan pendapatan 12 juta dolar di 2045, maka 97 persen pekerja di bidang mikro, sektor informal harus dilindungi.

"Oleh karena itu kami mengusulkan supaya produk dari luar yang dijual di e-commerceitu minimum harganya yang 100 dolar lah. Boleh barang apa saja masuk, tapi yang dijual di sini janganlah produk-produk teknologi rendah yang sebenarnya sudah bisa dibikin oleh UMKM sendiri," tutur dia.

Lebih lanjut, Teten juga menyinggung arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada seluruh menteri, agar, baik kebijakan investasi, belanja pemerintah, termasuk juga kita mengedukasi kepada masyarakat supaya membeli produk dalam negeri.

Terlebih, jelas dia, kalau produk tersebut sudah bisa dibuat oleh masyarakat Indonesia.

[Gambas:Video CNN]



(pop/sfr)

Ternyata saya adalah dewa pejuang yang tiada taranya

gacor93
Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen memprotes China yang melarang ekspor dua elemen penting semikonduktor, yakni gallium dan germanium.
Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen memprotes China yang melarang ekspor dua elemen penting semikonduktor, yakni gallium dan germanium. (REUTERS/Jonathan Ernst).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri KeuanganAmerika Serikat(AS)Janet Yellen memprotes China yang melarang ekspor dua elemen penting semikonduktor, yakni gallium dan germanium.

Yellen blak-blakan soal ketidaksukaannya itu dalam sebuah pertemuan dengan sejumlah pebisnis yang dihelat Kamar Dagang Amerika di Beijing, China.

"Saya prihatin dengan kontrol ekspor baru yang baru-baru ini diumumkan China pada dua mineral penting yang digunakan dalam teknologi seperti semikonduktor," kata Yellen, dikutip dari CNN,Jumat (7/7).

Larangan ekspor yang diberlakukan China disinyalir sebagai tindakan balas dendam atas kebijakan AS. Kala itu, Negeri Paman Sam melarang ekspor chip ke China.

"Saya sangat terganggu oleh tindakan hukuman yang telah diambil terhadap perusahaan AS dalam beberapa bulan terakhir," tegas Yellen.

Wajar jika AS berang dengan tindakan China. Pasalnya, Negeri Tirai Bambu adalah penghasil gallium dan germanium terbesar di dunia.

China tercatat menyuplai 94 persen kebutuhan gallium dan 83 persen kebutuhan germanium di dunia.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)