petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

admin agus slot

harmoni4d 608Jutaan kata 691479Orang-orang telah membaca serialisasi

《admin agus slot》

Gol semata wayang Brahim Diaz kunci kemenangan Real di kandang Leipzig******

Gol semata wayang Brahim Diaz kunci kemenangan Real di kandang Leipzig
Penyerang Real Madrid Brahim Diaz (tengah) menggiring bola dengan dikawal gelandang RB Leipzig Xaver Schlager (kiri) dan bek Benjamin Henrichs (kanan) pada pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions di Leipzig, Selasa (13/2/2024). (ANTARA/AFP/ODD ANDERSEN)
Jakarta (ANTARA) - Brahim Diaz mengemas gol semata wayang untuk mengunci kemenangan 1-0 Real Madrid di kandang RB Leipzig, pada pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions di Red Bull Arena, Leipzig, Selasa waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.

Real akan bertindak sebagai tuan rumah pada pertandingan leg kedua, yang akan berlangsung pada 6 Maret mendatang, demikian catatan laman resmi UEFA.

Tim ibukota Spanyol itu melawat ke Saxony tanpa diperkuat Jude Bellingham, yang mengalami cedera pergelangan kaki pada pertandingan Sabtu. Brahim Diaz mengisi posisi yang ditinggalkan Bellingham.

Pelatih Real Carlo Ancelotti yang mengalami masalah krisis bek tengah karena Antonio Ruediger, David Alaba, dan Eder Militao, kemudian memainkan gelandang Aurelien Tchouameni di jantung pertahanan.

Tuan rumah sempat membobol gawang Real saat pertandingan baru berlangsung tiga menit, namun gol itu dianulir karena dinyatakan offside.

Peluang terbaik Real pada babak pertama didapat melalui umpan silang Vinicius Jr, yang gagal disambut sundulan Rodrygo.

Gol pemecah kebuntuan tercipta pada menit ke-48. Diaz sebenarnya dilanggar oleh pemain Leipzig, namun ia tidak terjatuh, dan mampu melewati lima pemain tuan rumah sebelum melepaskan tembakan melengkung tanpa dapat ditahan kiper Peter Gulacsi.

Gol tersebut membuat Leipzig semakin bersemangat untuk mencetak gol balasan. Mantan pemain muda Barcelona Dani Olmo hampir menyamakan kedudukan, namun dua kali peluang Olmo dapat digagalkan kiper Real Andriy Lunin.

Real memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan saat laga menyisakan 20 menit. Dari satu skema serangan balik, Vinicius mendapatkan peluang, namun sepakannya membentur tiang gawang.


Baca juga: Luis Enrique tak jelaskan kondisi cedera Mbappe jelang PSG vs Sociedad
Baca juga: Manchester City bawa pulang kemenangan 3-1 dari Copenhagen
Baca juga: Sarri akui Lazio hadapi laga berat tapi optimistis kalahkan Bayern

 Daftar susunan pemain:

RB Leipzig: Peter Gulacsi, M Simakan, L Klostermann, Willi Orban, David Raum, Benjamin Henrichs, Xaver Schlager, Dani Olmo, Xavi Simons, Lois Openda, Benjamin Sesko
Pelatih: Marco Rose

Real Madrid: Andriy Lunin, Dani Carvajal, Nacho, Aurelien Tchouameni, Ferland Mendy, Federico Valverde, Toni Kroos, Eduardo Camavinga, Brahim Diaz, Rodrygo, Vinicius Junior
Pelatih: Carlo Ancelotti

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024

Upaya tingkatkan partisipasi pemilih dengan aneka TPS unik di Jember******

Upaya tingkatkan partisipasi pemilih dengan aneka TPS unik di Jember
Warga berbondong-bondong datang ke TPS 10 Desa Candijati, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Rabu (14/2/2024. ANTARA/Zumrotun Solichah/am.
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Pesta demokrasi yang digelar pada 14 Februari 2024 ternyata tidak hanya dianggap sebagai hajatan politik untuk menyalurkan hak pilih, namun juga  menjadi ajang kreativitas bagi penyelenggara pemilu untuk membuat tempat pemungutan suara (TPS) menjadi menarik.

Berbagai cara dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Jember, Jawa Timur,  mulai dari yang sederhana dengan seragam unik hingga pernak-pernik rumit disiapkan untuk menghiasi TPS yang menjadi lokasi bagi para pemilih mencoblos lima lembar surat suara.

Pemilu 2024 yang memilih calon presiden dan wakil presiden, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan DPRD kabupaten/kota membutuhkan waktu sekitar 3-4 menit bagi pemilih untuk menentukan pilihan di bilik suara.

Untuk itu, KPPS berusaha memberikan suasana baru di TPS agar para pemilih tidak bosan atau jenuh, bahkan merasa terhibur dengan dihadirkannya TPS unik yang membuat pemilih riang gembira dalam menyalurkan hak suaranya.

Seperti di TPS 10 yang berada di Desa Candijati, Kecamatan Arjasa yang mengusung konsep kesenian tradisional khas Jember yakni Ta'Butaan yang mirip ondel-ondel dan Can Macanan Kadduk.

Can Macanan Kadhuk merupakan seni pertunjukan yang mempertontonkan can-macanan yang artinya harimau gadungan dan Kadduk artinya karung goni, sehingga kesenian tersebut hampir sama dengan barongsai.

Keunikan TPS dengan berbagai ornamen kesenian tradisional Jember tersebut tentu menyedot perhatian warga dan sekaligus upaya untuk melestarian kesenian khas Jember itu kepada para pemilih.

Tidak hanya itu, para petugas KPPS juga mengenakan pakaian adat Madura bernuansa warna merah dan hitam untuk melayani para pemilih dengan ramah saat menyalurkan hak pilihnya ke TPS untuk mencoblos pilihannya sesuai dengan hati nurani.

Suasana alunan musik tradisional Madura juga diperdengarkan di TPS itu, sehingga para pemilih merasa terhibur dengan konsep TPS unik yang mengusung kesenian tradisional Ta'Butaan dan Can Macanan Kadduk.

Ketua KPPS 10 Desa Candijati, Fitrian Kurniawati berharap dengan konsep TPS unik tersebut dapat menarik minat masyarakat untuk datang ke TPS dan menyalurkan hak pilihnya.

Selain itu, masyarakat juga diajak mencintai kesenian tradisional khas Jember dan para pemilih merasa terhibur dengan alunan musik tradisional Madura karena mayoritas warga di desa setempat adalah orang Madura.

TPS unik di Jember lainnya yakni TPS 37 Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates dengan mengusung konsep nuansa Bali. Semua petugas menggunakan kostum adat Bali, lengkap dengan pernak-perniknya, sehingga seakan-akan pemilih berada di Pulau Dewata saat menyalurkan hak pilihnya.

TPS dengan konsep bernuansa Bali itu merupakan lokasi TPS tempat Bupati Jember Hendy Siswanto bersama istri dan keluarganya mencoblos.

Selanjutnya, di TPS 05 yang ada di Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang juga tidak kalah unik karena mengusung konsep ala koboi, sehingga seluruh petugas KPPS-nya mengenakan kostum koboi dan tidak ketinggalan memakai topi koboi.

Beragam pernak-pernik yang dipasang menghiasi TPS tak lain tujuannya adalah meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024, sehingga KPPS berlomba-lomba untuk bisa kreatif menarik simpati warga dalam menyalurkan hak pilihnya.

Tidak hanya pernak-pernik yang unik menghiasi TPS, namun ada juga KPPS yang memberikan hadiah gratis kepada para pemilih yang menyalurkan hak pilihnya di TPS setempat, mulai dengan perlengkapan rumah tangga hingga kebutuhan bahan pokok.

Bahkan momentum hari valentine pada 14 Februari juga menjadi alasan KPPS menyulap TPS 21 di Desa Rambipuji dengan penuh hiasan berbentuk hati pertanda kasih sayang dan membagikan snack coklat secara gratis kepada pemilih yang datang menyalurkan hak pilihnya.

Lampaui target nasional

Komisioner KPU Jember Andi Wasis mengakui bahwa beragam TPS unik yang dibuat oleh KPPS menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 secara signifikan.

Tempat pesta demokrasi memang seharusnya membuat pemilih merasa nyaman dan ingin lebih lama berada di dalamnya, bahkan menjadi tempat yang tidak ingin ditinggalkan secepatnya.

Secara nasional partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 ditargetkan bisa mencapai 77,5 persen, sehingga penyelenggara pemilu di daerah berupaya sedemikian rupa untuk menarik perhatian masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya.

Pihaknya juga menargetkan partsipasi pemilih di Kabupaten Jember melebihi target nasional, sehingga dengan gencar sosialisasi baik melalui tatap muka atau media sosial sudah dilakukan dengan maksimal.

Bahkan Bupati Jember Hendy Siswanto menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 di Jember bisa mencapai 80 persen seiring dengan masifnya sosialisasi yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember bersama KPU setempat.

KPU Jember memang tidak pernah menginstruksikan KPPS untuk membuat TPS unik karena hal itu bukan hal wajib, namun pihak penyelenggara pemilu di tingkat kabupaten menginstruksikan kepada seluruh KPPS untuk meningkatkan partisipasi pemilih agar bisa melampaui target nasional.

Berkaca pada Pemilu 2019, partisipasi pemilih di Kabupaten Jember sebesar 76,05 persen dari jumlah 1,8 juta pemilih dan diharapkan angka tersebut bisa meningkat pada Pemilu 2024 dengan upaya maksimal yang sudah dilakukan penyelenggara pemilu secara masif.

Kabupaten Jember mempunyai target suara yang masuk atau berkontribusi untuk Pemilu 2024 sangat tinggi, sehingga semua harus saling mengingatkan kepada warga Jember untuk datang ke TPS masing-masing dan menyumbangkan suaranya untuk Pemilu 2024 karena satu suara menentukan masa depan bangsa.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Jember mencapai 1.972.216 orang yang terdiri dari 997.449 pemilih perempuan dan 974.767 pemilih laki-laki yang tersebar di 248 desa dan kelurahan dengan jumlah 7.706 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Andi juga memberikan apresiasi kepada KPPS yang memiliki kreatifitas tinggi menyulap TPS menjadi tempat yang unik dalam menyalurkan hak pilhnya, sehingga menjadi salah satu magnet bisa menarik simpati masyarakat datang ke TPS.

Dengan kehadiran TPS yang unik itu diharapkan tidak hanya memberikan kontribusi pada proses pemilu yang lebih inklusif, tetapi juga menjadi sebagai bagian dari inisiatif mendorong partisipasi dalam proses demokrasi dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih.
 

Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2024

Menteri LHK harapkan yang terpilih amanah emban amanat rakyat******

Menteri LHK harapkan yang terpilih amanah emban amanat rakyat
Menteri LHK Siti Nurbaya (kiri) saat memasukkan surat suara di kotak suara Pemilu 2024 di Jakarta Timur, Rabu (14/2) dalam foto yang diunggah di media sosial @siti.nurbayabakar (Istimewa)
Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya ikut berpartisipasi memberikan hak suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu 2024) dan menyampaikan harapan agar pemimpin dan anggota legislatif terpilih amanah mengemban amanat rakyat.

Dalam unggahan di sosial media di Jakarta, Rabu, Menteri LHK Siti menjelaskan dirinya sebagai warga negara yang baik telah memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5 di Matraman, Jakarta Timur.  

"Semoga yang terpilih amanah mengemban amanat rakyat," kata Siti seperti yang terkonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional serta enam partai politik lokal sebagai peserta di Aceh.

Sedangkan dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan nomor urut 3.

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai dengan 20 Maret 2024.

Untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, pasangan kontestan perlu mendapatkan suara lebih dari 50 persen dari jumlah suara, dengan sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia.

Jika belum ada yang memenuhi kondisi tersebut maka akan diadakan pemilihan putaran kedua yang diadakan pada Juni 2024.

Baca juga: Menteri LHK puji kerja keras TSI jalankan konservasi dan edukasi satwa

Baca juga: KLHK lanjutkan penanaman serentak hingga April 2024

Baca juga: Menteri Siti paparkan pencapaian Indonesia kendalikan perubahan iklim

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:plazajudi

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
buku mimpi 93
mansion77
redmitot
slot naga cuan
evo 89 slot login
hokijudiqq
togel 78
situs terbaru gacor
90 di erek erek
Daftar isi semua bab
Bab 1 erek erek 3 angka abjad
Bab 2 77lucks
Bab 3 judi slot online playtech
Bab 4 situs slot no 1
Bab 5 sukasuka slot
Bab 6 92 togel
Bab 7 tafsir mimpi dua d
Bab 8 yakin777
Bab 9 situs slot terbaru terpercaya
Bab 10 slot paling aman
Bab 11 jp di slot
Bab 12 pola jamin maxwin
Bab 13 jawapoker88
Bab 14 slot bersama
Bab 15 slot bonus 100 persen
Bab 16 situs online terbaru
Bab 17 maya4d
Bab 18 kredivo akulaku
Bab 19 slot gacor naga
Bab 20 slottuse99
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1004bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

dunia fantasi yang hilang

oasis99
Anak Ahmad Dhani harapkan anak muda lebih banyak di kabinet baru
Al dan El dalam menentukan suara pemilihan Presiden dan juga wakil Presiden RI. (ANTARA/Chairul Rohman)
Jakarta (ANTARA) - Ahmad Jalaluddin Rumi atau yang lebih akrab disapa El memiliki harapan besar kepada pemimpin Republik Indonesia terpilih untuk banyak melibatkan anak muda dalam kabinet selanjutnya. "Ya semoga anak muda lebih banyak dapat kesempatan untuk bisa masuk dalam kabinet," kata El saat ditemui awak media di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Rabu. El yang datang bersama dengan Al sekitar pukul 11:56 WIB, sudah dapat menentukan pilihan Calon Presiden dan juga Wakil Presiden. Sementara itu, keduanya mengaku sulit untuk menentukan pilihan wakil rakyat yang bakal menetap di Senayan dan juga Kebon Sirih. "Buat Presiden, kami sudah mantap. Tapi kita agak bingung buat DPD, karena mukanya kita nggak tau dan begitu juga dengan yg DPRD, kita agak bingung," jelas El.
Baca juga: Nyoblos di New York, Cinta Laura desak anak muda tidak golput

Baca juga: Melly Goeslaw sampaikan pentingnya ikut serta dalam pemilu
 Pada saat mendatangi TPS 051, Pondok Pinang Jakarta selatan. Al dan El datang tanpa kehadiran Ahmad Dhani, Mulan Jameela dan juga Dul Jaelani. Hingga TPS 051 menutup pendaftaran pemungutan suara, Ahmad Dhani dan juga Mulan Jameela tak kunjung datang. Hal itu dikarenakan Ahmad Dhani sedang dalam perjalanan dari Surabaya menuju Jakarta. Sedangkan Dul, melakukan pencoblosan bersama dengan Maya Estianti di bilangan Pejaten, Jakarta selatan.  
Al dan El dalam menentukan suara pemilihan Presiden dan juga wakil Presiden RI. (ANTARA/Chairul Rohman)
 Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih. Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia. Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat. Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.
Baca juga: Anang Hermansyah nyoblos bareng Ashanty dan anaknya di Depok

Baca juga: Raffi Ahmad suarakan Pemilu Damai
 Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3. Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Permainan emas kripton di dunia lain masih belum bisa dihentikan

buku mimpi 69
Megawati bakal nyoblos di TPS Kebagusan Jaksel
Arsip Foto - Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri saat menghadiri rapat Dewan Juri Zayed Award di Roma, Italia, akhir Desember 2023 ANTARA/HO-Humas PDIP/am.
Beliau besok akan menunaikan tanggung jawabnya sebagai warga negara untuk memilih di TPS Kebagusan
Jakarta (ANTARA) - Presiden Kelima RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama keluarga bakal menggunakan hak pilih Pemilu 2024 di TPS di rumahnya di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan.

"Beliau besok akan menunaikan tanggung jawabnya sebagai warga negara untuk memilih di TPS Kebagusan," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Setelah menggunakan hak pilihnya, sambung Hasto, Megawati akan melakukan pemantauan atau monitoringseluruh proses hitung cepat atau quick qountdi Kebagusan. Dia mengatakan hal ini merupakan tradisi yang biasa dilakukan oleh Megawati.

Tak hanya Megawati, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, juga akan ikut serta dalam kegiatan pemantauan tersebut.

"Direncanakan nanti pak Ganjar, pak Mahfud setelah mencoblos di daerahnya masing-masing, kemudian nanti juga akan bergabung melakukan monitoring di Kebagusan," ujarnya.

Baca juga: Rekomendasi padu padan busana pada hari pemilihan umum

Baca juga: PLN Jatim siagakan 4.782 personel jaga listrik jelang pencoblosan

Dan kemudian baru dipusatkan di Teuku Umar di tempat posko pemenangan Ganjar-Mahfud, ucap dia.

KPU RI menetapkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

Kisah Heroik Laksamana Kapal Suci

cara mendapatkan uang 500 ribu sehari
Megawati bakal nyoblos di TPS Kebagusan Jaksel
Arsip Foto - Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri saat menghadiri rapat Dewan Juri Zayed Award di Roma, Italia, akhir Desember 2023 ANTARA/HO-Humas PDIP/am.
Beliau besok akan menunaikan tanggung jawabnya sebagai warga negara untuk memilih di TPS Kebagusan
Jakarta (ANTARA) - Presiden Kelima RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama keluarga bakal menggunakan hak pilih Pemilu 2024 di TPS di rumahnya di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan.

"Beliau besok akan menunaikan tanggung jawabnya sebagai warga negara untuk memilih di TPS Kebagusan," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Setelah menggunakan hak pilihnya, sambung Hasto, Megawati akan melakukan pemantauan atau monitoringseluruh proses hitung cepat atau quick qountdi Kebagusan. Dia mengatakan hal ini merupakan tradisi yang biasa dilakukan oleh Megawati.

Tak hanya Megawati, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, juga akan ikut serta dalam kegiatan pemantauan tersebut.

"Direncanakan nanti pak Ganjar, pak Mahfud setelah mencoblos di daerahnya masing-masing, kemudian nanti juga akan bergabung melakukan monitoring di Kebagusan," ujarnya.

Baca juga: Rekomendasi padu padan busana pada hari pemilihan umum

Baca juga: PLN Jatim siagakan 4.782 personel jaga listrik jelang pencoblosan

Dan kemudian baru dipusatkan di Teuku Umar di tempat posko pemenangan Ganjar-Mahfud, ucap dia.

KPU RI menetapkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

Pemurni Teknologi

slot maxwin gacor
Akademisi ingatkan KPU antisipasi bencana alam saat pemilu besok
Persiapan Pemasangan alat EWS Longsor di Desa Belik Trawas Mojokerto oleh Tim UNIPA. ANTARA/HO-UNIPA/am.
KPU punya tugas tambahan, memastikan lokasi TPS aman dari ancaman potensi bencana, sekaligus punya antisipasi preventif-proaktifnya
Surabaya (ANTARA) - Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya Moch. Shofwan mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengantisipasi jika ada bencana alam saat pencoblosan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024.

Shofwan mengatakan ada potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat diikuti angin kencang hingga banjir saat pemungutan suara, karena morfologi wilayah Indonesia yang terdiri dari wilayah pesisir, daratan, dan pegunungan.

"TPS di wilayah pesisir berpotensi banjir rob, TPS di wilayah daratan berpotensi banjir akibat intensitas hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang bahkan puting beliung. Beda lagi TPS di wilayah pegunungan ada ancaman longsor jika hujan cukup lebat dengan tutupan lahan yang kurang optimal," katanya dalam keterangan diterima di Surabaya, Selasa.

Anggota Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI) menyarankan adanya kesiapsiagaan dan mitigasi dari semua pihak dengan cara collaborative governance sebagai upaya penanggulangan ancaman bencana secara terintegrasi dan terarah.

Baca juga: 70 TPS rawan banjir, BPBD Serang siagakan TRC bencana saat pemilu

Upaya itu, lanjutnya, harus dilakukan dengan sudut pandang spasial sehingga rumusannya lebih aplikatif, disertai informasi tingkat risiko wilayah beserta solusi, pilihan, tindakan, serta kebijakan yang harus diambil.

"KPU punya tugas tambahan, memastikan lokasi TPS aman dari ancaman potensi bencana, sekaligus punya antisipasi preventif-proaktifnya," kata Shofwan.

Ia  juga mengingatkan KPU perlu mempunyai strategi antisipasi dalam distribusi logistik pemilu jika terjadi hujan lebat, serta solusi bagi pemilih jika akses menuju TPS terjadi banjir yang cukup masif.

Baca juga: BMKG tetapkan 15 daerah berstatus waspada dampak hujan di Indonesia

Letak geografis Indonesia yang terletak antara lempeng bumi raksasa yakni Eurasia, Indoaustralia, dan Pasifik, atau yang dikenal dengan ring of firemenjadikan sebagian besar wilayah Indonesia rawan terhadap bencana alam.

Kondisi ini, lanjut Shofwan, merupakan ancaman yang sulit diprediksi dengan perhitungan kapan, dimana, bencana apa yang terjadi, berapa kekuatan, bahkan tidak dapat memperkirakan estimasi korban jiwa maupun harta benda.

"Oleh karenanya KPU sampai tingkatan paling bawah KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) harus benar-benar siap menghadapi potensi ancaman bencana alam yang ditimbulkan sehingga tercipta pemilu yang aman, damai, dan terkontrol,” ucap Shofwan.

Baca juga: BPBD Kabupaten Bekasi mitigasi 712 TPS rawan banjir

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Menantu paling kaya, Lu Feng

slot gacor terpercaya 2023
PVMBG kurangi jarak rekomendasi aktivitas di sekitar Gunung Lewotobi
Visual Gunung Lewotobi Laki-laki, Flores Timur, NTT, Selasa (13/2/2024). ANTARA/HO-PVMBG/am.
Tingkat aktivitas gunung masih pada Level III, atau Siaga namun dengan pengurangan jarak rekomendasi
Kupang (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengurangi jarak rekomendasi aktivitas masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Tingkat aktivitas gunung masih pada Level III, atau Siaga namun dengan pengurangan jarak rekomendasi," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan dalam keterangan resmi yang diterima di Kupang, Selasa malam.

Baca juga: Peran penting pengamat gunung api memitigasi bencana di Flores

PVMBG merekomendasikan agar masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius tiga kilometer (km) dari pusat erupsi, serta sektoral 4 km pada arah utara-timur laut dan 5 km pada sektor timur laut.

Rekomendasi ini berubah dari rekomendasi sebelumnya, yakni dalam radius 4 km dari pusat erupsi, serta sektoral 5 km pada arah utara-timur laut dan 6 km pada sektor timur laut.

Pengurangan jarak rekomendasi itu didasarkan pada hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh dari pemantauan visual dan instrumental yang dilakukan oleh petugas Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-laki.

Berdasarkan pengamatan visual periode 8-13 Februari 2023, aktivitas vulkanik gunung api itu masih fluktuatif.

Baca juga: PVMBG imbau warga waspada banjir lahar Gunung Lewotobi saat hujan

Guguran lava masih terjadi dengan jarak luncur maksimal satu km dari pusat erupsi, namun tidak ada perubahan jarak luncur maupun arah guguran sejak 25 Januari 2024.

Selain itu, aliran lava di arah timur laut pun tidak terlihat mengalami pergerakan yang signifikan dan masih berkisar pada jarak 4,1 km dari pusat erupsi.

Lebih lanjut Hendra mengatakan gempa-gempa pada periode itu didominasi gempa permukaan yang menandakan magma sudah mencapai permukaan.

Kemudian masih terekam gempa vulkanik dalam yang menandakan masih ada suplai yang sedikit berkurang dibandingkan periode sebelumnya.

Namun, ia menyebut tidak terekam lagi tremor dan gempa hembusan, serta data-data RSAM menunjukkan penurunan.

"Kubah lava yang berada di puncak Gunung Lewotobi Laki-laki pertumbuhannya melambat sehingga mengindikasikan suplainya cenderung menurun," kata Hendra.

Baca juga: BNPB bantu perbaikan sosial-ekonomi korban erupsi Gunung Lewotobi

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024

Sistem agen perkotaan

cara dapat uang lewat online
Rektor UIN Jakarta imbau rakyat sikapi informasi Pemilu dengan bijak
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Asep Saepudin Jahar. ANTARA/HO-UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Masyarakat juga diimbau menghormati hasil Pemilu 2024 sebagai pilihan rakyat yang sah dan konstitusional
Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar, mengimbau masyarakat menyikapi setiap informasi yang beredar tentang Pemilihan umum (Pemilu) 2024 dengan bijak dan nalar yang kritis.

"Kami mengimbau masyarakat agar menyikapi setiap informasi tentang Pemilu 2024 dengan sikap bijak, nalar kritis, dan bertanggung jawab, tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang bersifat fitnah, informasi palsu, atau ujaran kebencian, serta selalu memverifikasi kebenaran dan sumber informasi sebelum menyebarkannya," kata Asep di Jakarta, Senin.

Ia menyampaikan hal tersebut mengingat pentingnya peran Pemilu 2024 dalam menentukan arah dan masa depan bangsa Indonesia, yang dalam dua hari ke depan pemungutan suara akan dilangsungkan secara serentak sehingga perlu dikawal agar tetap kondusif.

"Kami juga mengimbau agar masyarakat bisa menjadi bagian dari proses demokrasi yang beradab, bermartabat, dan berintegritas, dengan menggunakan hak pilih sesuai hati nurani, serta keyakinan kuat pada Rabu, 14 Februari 2024, tanpa tekanan maupun bujukan dari pihak manapun," tuturnya.

Baca juga: Rektor Unud Bali ajak masyarakat gunakan hak pilih Pemilu 2024
Baca juga: Rektor Untirta serukan pemilu damai dan berintegritas

Asep juga mendorong seluruh pihak agar tetap mengedepankan kerukunan dan toleransi sesuai semangat dalam semboyan bangsa, yakni berbeda-beda tetapi tetap satu.

"Masyarakat juga agar senantiasa mengedepankan kerukunan, toleransi, dan persaudaraan antara sesama warga negara, terlepas dari perbedaan pilihan politik, keagamaan, suku, atau pun golongan, sesuai dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika," ucapnya.

Kemudian, ia juga mengimbau masyarakat agar menghindari segala ucapan dan tindakan yang berpotensi mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024, serta tetap menghormati apapun hasil yang didapatkan, dan siapapun pemimpin yang terpilih.

"Masyarakat juga diimbau menghormati hasil Pemilu 2024 sebagai pilihan rakyat yang sah dan konstitusional, serta menghargai setiap upaya hukum yang dilakukan oleh pihak-pihak yang merasa dirugikan, dengan mengedepankan prinsip keadilan dan kebenaran," paparnya.

Terakhir, ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga stabilitas dan keamanan bangsa pascapemilu dan menghindari setiap tindakan yang dapat memecah belah persatuan.

"Masyarakat juga hendaknya turut serta menjaga stabilitas, keamanan, dan persatuan bangsa pascapemilu 2024, dengan tidak terlibat dalam aksi-aksi yang dapat memecah belah atau mengancam kedaulatan negara, serta bersama-sama mendukung pemerintahan yang terpilih untuk memajukan Indonesia," demikian Asep Saepudin Jahar.

Baca juga: Rektor Unsri sebut dinamika politik harus menjaga keharmonisan
Baca juga: Forum Rektor: Kebebasan berpendapat harus beretika dan objektif
Baca juga: Rektor Unika dorong generasi muda jadi pemilih yang rasional

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024