petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kredivo pinjaman tunai

rtp live rog777 767Jutaan kata 269196Orang-orang telah membaca serialisasi

《kredivo pinjaman tunai》

Menhub Akui Banyak Pihak Salah******

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut banyak pihak saling menyalahkan dalam memberantas polusi udara di DKI Jakarta dan sekitarnya.
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut banyak pihak saling menyalahkan dalam memberantas polusi udara di DKI Jakarta dan sekitarnya. (Muchlis Jr - Biro Setpres).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut banyak pihak saling menyalahkan dalam memberantas polusi udara di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Ia menyebut semua orang sekarang pasti selalu mengecek smartphone sebelum beraktivitas di Jakarta untuk melihat bagaimana kualitas udara. Budi pun melakukan hal serupa.

"Ya Jakarta sudah begitu. Celakanya itu yang paling merah (polusi udara terburuk) di BSD, Lubang Buaya, dan Bantar Gebang. Itu bisa alibi bukan transportasi, ternyata industri. Tapi lupakan itu, kita tetap konsentrasi apa yang menjadi tanggung jawab kita. Jadi memang salah-salahan," ujarnya dalam Seminar Nasional Strategi Green Financing Sektor Transportasi untuk Daya Saing Perkeretaapian Berkeadilan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (20/9).

Budi menegaskan KLHK punya data soal industri penyumbang polusi dan dirinya mengantongi sumbangsih transportasi.

Budi lantas menyinggung soal pengenaan masker yang kini kembali marak, padahal pandemi covid-19 sudah reda. Ia menyebut sekarang masyarakat menggunakan masker untuk menangkis polusi udara.

"Tadi saya tanya ajudan, gimana? Jakarta merah semua (kualitas udara buruk). Saya mau kasih tahu, transportasi itu kontributor terbesar, 50 persen dari transportasi. Lalu, dari 50 persen itu, 60 persennya itu motor, tapi kita kan susah mau cutitu motor tiba-tiba enggak boleh," tuturnya.

Oleh karena itu, Budi menyebut transportasi massal menjadi pilihan untuk mengurangi polusi udara. Ia menegaskan kadar polusi udara akan naik terus jika pemerintah tak segera mengintervensi.

Selain itu, salah satu cara intervensi pemerintah lainnya adalah hilirisasi nikel. Itulah yang membuat Budi tak senang jika kebijakan Indonesia direcoki Amerika Serikat hingga Uni Eropa (UE).

"Dulu nikel ore dibawa dari Sulawesi ke luar (negeri), mentah, tidak diapa-apakan, keluar. Sehingga kita enggak dapat apa-apa. Saat kita mau pintar sedikit, terlepas dari negara tertentu (pemain hilirisasi di Indonesia), sudah ada development nikel ore menjadi aluminium, baterai, dan sebagainya. Fairenggak kalau Eropa atau Amerika men-judge kita gak boleh bangun (hilirisasi) sendiri? Kan anak SD juga tahu itu (AS-UE melarang Indonesia hilirisasi) enggak benar," tegas Budi.

"Negara lain men-judgekita salah, mereka double standard, itu enggak benar. Ini tugas yang berat bagi kita untuk melaksanakan itu semuanya," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Pilihan Saham Ciamik Pekan Ini, Sektor EBT Berpeluang Cuan******

Sejumlah analis merekomendasikan saham yang berpeluang cuan pekan ini. Berikut daftarnya.
Sejumlah analis merekomendasikan saham yang berpeluang cuan pekan ini. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 23,45 poin atau plus 0,34 persen ke level 6.982 pada perdagangan pekan lalu. Investor asing mencatat jual bersih (net sell) Rp464,75 miliar selama sepekan.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham tercatat empat kali menguat dan hanya melemah sekali. Secara total, performa indeks saham menguat 0,84 persen.

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Aulia Noviana Utami Putri mengatakan penguatan paling besar mencapai 56,84 persen dirasakan pada rata-rata volume transaksi harian bursa, yakni dari 18,61 miliar saham menjadi 29,18 miliar saham.

Sepekan kemarin rata-rata frekuensi transaksi harian juga menguat sebesar 5,46 persen menjadi 1.182.973 kali transaksi dari 1.121.707 kali transaksi pada pekan lalu.

"Kapitalisasi pasar bursa pekan ini meningkat 1,03 persen menjadi Rp10.339 triliun dari Rp10.233 triliun pada pekan sebelumnya," katanya seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (15/9).

Pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi melihat pergerakan IHSG masih tertahan di level 7.000 pekan lalu, terlebih perpindahan investasi yang keluar dari sektor perbankan membebani indeks. Oleh karena itu, ia menilai IHSG masih akan bergerak terbatas pekan ini di rentang 6.860-7.020.

Lihat Juga :
Pendaftaran Uji Coba Gratis Kereta Cepat Tahap 2 Dibuka 24 September

Ada dua sentimen utama yang diwaspadai Audi pada pekan ini. Pertama,potensi tergerusnya daya beli di pasar saham imbas sikap Bank Indonesia (BI) yang diramal bakal tetap menahan suku bunga di level 5,75 persen.

Kedua,rilis suku bunga The Fed pada September ini yang diproyeksi tetap di level 5,5 persen. Ia menilai ini akan berdampak negatif pada pergerakan IHSG.

"Potensi arus keluar investasi berpotensi terus berlanjut. Terlihat dari IHSG yang terjadinet sellRp6,07 triliun dalam satu bulan terakhir," katanya kepada CNNIndonesia.com, Minggu (17/9).

Audi menyarankan investor melakukan trading jangka pendek atau menahannya. Sektor yang kudu dipelototi adalah consumer non-cyclical dengan pergerakan teknikal yang potensial.

Lihat Juga :
Jokowi Ungkap Eropa Ngamuk Imbas Nilai Tambah Nikel RI Rp510 T

Secara teknikal, ia merekomendasikan tiga saham. Pertama,saham PT Mitrabara Adiperdana Tbk alias MBAP yang melesat ke 5.475 pekan lalu. Audi meyakini saham emiten ini bisa tembus 5.900.

Kedua,ia menyarankan investor melirik saham PT Astra Agro Lestari Tbk yang pekan sebelumnya menguat 1,34 persen ke 7.575. AALI diramal bergerak di rentang 7.400-7.850 pekan ini.

Ketiga, saham PT Semen Indonesia Tbk alias SMGR yang diprediksi bisa tembus 7.400. Emiten initercatat stagnan di 7.000 pada penutupan pekan kemarin.

Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto melihat indeks saham akan bergerak datar pekan ini imbas gagal menembus level 7.000. Ia memperkirakan gerak IHSG ada di rentang 6.900-7.000.

William menyebut tidak ada sentimen khusus pada pekan ini, melainkan hanya masalah teknikal. Ia menyarankan investor untuk buy on weakness mengingat siklus tahunan yang menunjukkan pelemahan terbatas pada September.

"Perhatikan sektor energi baru terbarukan (EBT) karena memang trending di pasar belakangan ini. Memanfaatkan tren tersebut, trading pada saham-saham sektor ini jadi lebih mudah," sarannya.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan tiga emiten. Pertama, saham PT Barito Pacific Tbk alias BRPT. Emiten yang menguat ke 1.420 ini diprediksi tembus 1.500 pekan ini.

Kedua,ia menyarankan saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk yang melesat 15,04 persen ke posisi 1.415 pekan lalu. PGEO ditargetkan bisa mencapai level 1.500 pekan ini.

Ketiga,William meramal saham emiten berkode MEDC alias PT Medco Energi Internasional Tbk akan bergerak di rentang 1.700-1.800 pekan ini. Sebelumnya, MEDC naik 4,82 persen ke posisi 1.630.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Luhut Pastikan Ada Provokator di Balik Kisruh Rempang******

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan menyebut ada provokator yang ikut bermain dalam kekisruhan yang terjadi di Rempang belakangan ini.
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan menyebut ada provokator yang ikut bermain dalam kekisruhan yang terjadi di Rempang belakangan ini. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan menyebut ada provokatorikut bermain dalam kekisruhan yang terjadi di kawasan pembangunan Rempang Eco City, Batam, Kepulauan Riau belakangan ini.

"Provokator pasti ada itu," ujarnya usai menghadiri 2nd Edition Marine Spatial Planning & Services Expo 2023 di Jakarta, Selasa (19/9).

Kekisruhan mewarnai pembebasan lahan Proyek Rempang Eco City. Kekisruhan terjadi karena warga menolak direlokasi dari lokasi pengembangan proyek.

"Jadi kami tetap bertahan, berapapun uangnya, kami tetap mempertahankan itu, sampai kapanpun. Kata orang melayu, biarlah kami berdiri daripada kami hidup berlutut. Karena kami mau jadi tuan rumah di negeri kami sendiri," ujar Suardi dalam acara Konferensi Pers YLBHI, Jakarta, Selasa (12/9).

Suardi mengatakan penolakan tersebut bukan didasarkan atas persoalan biaya ganti-rugi rumah. Menurutnya, warga menolak rencana itu lantaran kampung tersebut bernilai sejarah dan telah ditempati ratusan tahun silam.

Lihat Juga :
Profil Xinyi Group, Investor China yang Siapkan Rp381 T di Rempang

Luhut mengatakan selain dipicu adanya provokator, kekisruhan terjadi karena ada kesalahan dalam pendekatan yang dilakukan pemerintah dalam pengembangan  Rempang Eco City.

Menurutnya, kesalahan dipicu oleh pendekatan yang kurang pas. Imbas kesalahan pendekatan itu, terjadilah konflik antara warga dengan aparat.

Karena itu, demi mencegah konflik terus berkelanjutan, Luhut mengatakan pemerintah akan sedikit menarik diri.

Lihat Juga :
Pundi Harta Pontjo Sutowo yang Rebutan Hotel Sultan dengan Negara

"Rempang itu mungkin ya kita sekarang lagi mau slow down. Saya pikir mungkin approach, pendekatannya, kemarin kurang pas," ujar Luhut.

Sembari slow down, Luhut mengatakan pihaknya sudah mengirim tim ke sana agar relokasi ini bisa dilakukan dengan mempertimbangkan masukan masyarakat.

"Jadi di mana sekolah anakmu, di mana pekerjaan anakmu, di mana kamu bekerja dan sebagainya. Jadi kalau disosialisasikan dengan baik, menurut saya tidak ada masalah. Sekarang juga sedang dikerjakan," terangnya.

Luhut mengungkapkan Rempang Eco City memiliki potensi besar untuk menjadi pusat investasi produksi kaca untuk sel photovoltaics(PV) yang menjadi bahan baku panel surya.

Apabila pengembangan proyek terwujud, menurut Luhut, Indonesia bisa menjadi alternatif pilihan investor untuk berinvestasi di tengah pertikaian negara-negara besar.

Salah satu investor yang sudah menyampaikan minatnya membangun pabrik di Rempang adalah Xinyi Group. Perusahaan kaca asal China berencana menempatkan investasi hingga Rp381 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)




bab terbaru:togel quezon 4d results

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
buku 1000 mimpi bergambar
situs slot deposit 1000
pusatjudi
cara pinjam uang di bank bri kur
1001 mimpi togel
bravotogel login
suhu slot gacor
demo midas slot
petir zeus 88
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara dapat uang melalui hp
Bab 2 slot dapat uang dana
Bab 3 klik iklan dapat duit
Bab 4 link slot oxplay
Bab 5 akun paling gacor slot
Bab 6 pinjol terdaftar di ojk
Bab 7 pinjol yang aman dan bunga rendah
Bab 8 dunia gacor77
Bab 9 syarat paylater tokopedia
Bab 10 erek2 ikan
Bab 11 cara dapat uang lewat dana
Bab 12 suhu 88 slot
Bab 13 bioskop777
Bab 14 mposlot
Bab 15 wakandaslot
Bab 16 bri4d slot
Bab 17 168 slot gacor
Bab 18 jp slot 1
Bab 19 game slot terbaik di dunia
Bab 20 cara dapat uang di hago 2022
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1647bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Tuan Penyihir Serbaguna

cara transfer uang dari kredivo
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (20/9).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (20/9). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (20/9).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya meyakini IHSG bakal perkasa hari ini. Kalaupun ada koreksi wajar, investor masih bisa melakukan akumulasi pembelian.

"Jelang rilis data perekonomian tentang tingkat suku bunga acuan yang diperkirakan belum akan berubah, IHSG terlihat masih akan berada dalam rentang konsolidasi wajar dengan pola uptrend jangka panjang yang belum berubah," jelas William.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan UNVR, PWON, ASRI, SMRA, ICBP, KLBF, BBNI, BBCA, dan BBRI.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova melihat indeks saham bakal bergerak datar hari ini. Ia memprediksi IHSG bergerak di levelsupport6.945 danresistance6.990.

"IHSG sedang menguji kembali resisten 6.995 dan akan tetap berada dalam rebound terbatas selama penutupan hariannya masih di bawah level tersebut. Berdasarkan indikator MACD dalam kondisi netral," ungkapnya.

IHSG bangkit ke level 6.980 pada perdagangan Selasa (19/9). Indeks saham menguat 44,23 poin atau plus 0,64 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp10,24 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 16,50 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Setelah kembali dari membunuh iblis, saya menjadi penjahat terhebat di dunia

cara pinjam di akulaku agar di acc
AirNav menyebut sejumlah maskapai, mulai dari Garuda Indonesia, Citilink, Lion Group, Susi Air, Sriwijaya Air memiliki utang Rp1,5 triliun ke mereka.
AirNav menyebut sejumlah maskapai, mulai dari Garuda Indonesia, Citilink, Lion Group, Susi Air, Sriwijaya Air memiliki utang Rp1,5 triliun ke mereka. (Detikcom/Ristu Hanafi).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama AirNavIndonesia Polana Banguningsih Pramesti membongkar sederet nama maskapaipenerbangan dalam negeri dan asing yang menumpuk utangdengan total Rp1,5 triliun ke negara.

Dalam bahan paparan Polana di rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi XI DPR RI diketahui utang para maskapai kepada AirNav sebesar Rp1,52 triliun terjadi sampai pada kuartal II 2023.

Jumlah piutang AirNav terus meningkat dari semula hanya Rp819 miliar pada 2018 lalu. Utang itu menjadi sorotan DPR.

Ia menyimpulkan pandangan anggota dewan yang mayoritas mencecar AirNav Indonesia soal tumpukan piutang tersebut. Ia karena itu mendesak AirNav buka-bukaan soal tumpukan utang maskapai tersebut.

"Banyak mengerucut terkait piutang, tolong ditampilkan pihak-pihak yang punya kewajibannya itu mana saja? Nanti mungkin pada kesempatan lain kalau Komisi XI merasa perlu kita bisa mengundang para pihak tersebut karena akumulasinya sudah mencapai Rp1,52 triliun yang diawali Rp819 miliar di 2018. Terus menerus tidak tertagih malah nambah terus," katanya saat mendesak Dirut AirNav Polana buka suara.

Usai dicecar anggota DPR , Polana akhirnya buka suara. Ia menyebut utang tersebut 76 persen di antaranya dilakukan oleh maskapai penerbangan domestik. Utang karena pandemi covid-19.

"Perusahaannya ada lumayan banyak. Dari flag carrierkita ada Garuda Indonesia, Citilink, Lion Group itu ada Lion, Batik, Wings juga masuk ada piutang. Hampir semua airlines sih," katanya dalam RDP tersebut di Jakarta Pusat, Senin (18/9).

"Air Asia, Sriwijaya Air, Super Air Jet, sama Susi (Air)," sambung Polana.

Sementara itu, 24 persen maskapai pengutang lainnya datang dari asing. Namun, Polana mengatakan rata-rata airlines tersebut sudah tidak beroperasi.

Akan tetapi, ia yakin utang-utang tersebut masih bisa ditagih. Polana mengklaim AirNav juga terus menagih utang-utang tersebut kepada para maskapai terkait.

"Yang asing sudah setop operasi rata-rata, misalnya Indonesia AirAsia Extra, Sky Aviation, Tiger, Orient Thai Airlines. Mungkin Bapak sudah tidak pernah dengar, Airborne Indonesia, Air Cargo Global, Peruvian Airlines. Ada 16 maskapai (asing)," rinci Polana.

Polana mengatakan utang-utang tersebut muncul dari penggunaan alat atau fasilitas AirNav Indonesia oleh para maskapai terkait.

Ia menyebut skema penagihan yang dilakukan adalah pemberian term of payment dengan batas waktu 14 hari kalender sejak diterima tagihan. Jika tak kunjung dibayar, AirNav Indonesia akan menyurati pihak maskapai maksimal 3 kali surat tertulis.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

sistem kehidupan tertinggi

majapahit4d
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan menepis kekhawatiran masyarakat dan investor soal investasi di tahun politik menjelang Pemilu 2024.
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan menepis kekhawatiran masyarakat dan investor soal investasi di tahun politik menjelang Pemilu 2024. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menepis kekhawatiran masyarakat dan investor soal investasi di tahun politik menjelang Pemilu 2024.

Ia mencontohkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang merupakan bakal calon presiden (bacapres) 2024 saja masih aktif mempromosikan peluang investasi di tanah air. Oleh karena itu, dirinya yakin tak akan ada gesekan antara pemilu dengan investasi.

"Saya kira tidak ada masalah. Sekarang mau pemilu, Pak Prabowo sebagai kandidat ikut juga promosi mengenai investasi kita," ucap Luhut usai menghadiri UAE-Indonesia Economic Business Forum 2023 di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Kamis (21/9).

Luhut dan Prabowo menjadi wakil Indonesia dalam agenda Uni Arab Emirates (UAE)-Indonesia Economic Business Forum 2023 hari ini. Indonesia dan UAE pun sepakat membuat satuan tugas (satgas) alias task forceuntuk membahas 8 potensi investasi.

Luhut merinci beberapa agenda tersebut, antara lain energi baru terbarukan (EBT) hingga maintenancepesawat terbang. Ia juga menyinggung pertemuan hari ini membahasfood securityatau ketahanan pangan, termasuk tebu hingga etanol.

Ada juga potensi perluasan solar panel di Pembangkit Listrik Tenaga Solar (PLTS) Cirata, Purwakarta, Jawa Barat. Ia mengatakan satgas bakal mulai bekerja hari ini hingga 10 hari ke depan.

"Ini menunjukkan Indonesia betul-betul sedang dalam posisi banyak diminati oleh dunia untuk datang investasi. Soal berapa jumlah investasi, berapa bisa bisa saja, sampai US0 miliar bisa saja, seperti tidak terbatas. Kami membuka sekali kerja sama dengan UAE," ungkapnya.

"Kita akan lihat task forceitu dalam 10 hari progresnya bagaimana, nanti dilaporkan. Baru akan kita bawa pada level menteri dan akhirnya kita laporkan kepada dua kepala negara. Pemerintah sepakat menandatangani MoU di Conference of the Parties 28 (COP-28) di Dubai," tutup Luhut.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Alkimia Shinto

vivo4d
IHSG diprediksi tertekan usai tembus di level 7.000 pada Rabu (20/9) sore. Pergerakan IHSG hari ini akan dipengaruhi tingkat suku bunga BI.
IHSG diprediksi tertekan usai tembus di level 7.000 pada Rabu (20/9) sore. Pergerakan IHSG hari ini akan dipengaruhi tingkat suku bunga BI. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi tertekan pada perdagangan Kamis (21/9).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mewanti-wanti potensi koreksi wajar usai IHSG tembus ke atas level 7.000 kemarin. Jika benar terjadi koreksi, investor tetap bisa melakukan akumulasi pembelian saham.

"Sentimen tingkat suku bunga hari ini menjadi salah satu faktor yang akan berpengaruh terhadap pola gerak IHSG hingga beberapa waktu mendatang. Hari ini IHSG berpotensi tertekan," jelas William.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan JSMR, WIKA, ADHI, PTPP, PWON, DMAS, SMRA, BBCA, dan BBNI.

Sementara itu, Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto melihat indeks saham bakal mencoba membentuk tren baru. Ia memprediksi IHSG bergerak di level support 6.900 dan resistance 7.077.



"Dengan berhasilnya level 7.000 ditembus, maka kita sudah bisa mengatakan IHSG memulai uptrend. Pasar sekarang sedang mengantisipasi Fed Fund Rate," ungkapnya.

IHSG merangsek ke posisi 7.011 pada perdagangan Rabu (20/9). Indeks saham menguat 31,35 poin atau plus 0,45 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp14,03 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 23,07 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Dunia Dewa Bela Diri

bocoran rtp slot harmonibet
IHSG melemah 0,29 persen ke level 6.991 pada Kamis (21/9) akibat kinerja 321 saham yang memble.
IHSG melemah 0,29 persen ke level 6.991 pada Kamis (21/9) akibat kinerja 321 saham yang memble. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.991 pada Kamis (21/9). Indeks saham turun 20,21 poin atau minus 0,29 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,64 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 16,26 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 209 saham menguat, 321 terkoreksi, dan 220 lainnya stagnan. Terpantau enam dari sebelas indeks sektoral melemah, dipimpin sektor teknologi yang turun 1,24 persen.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia serempak lesu. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang turun 1,37 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong minus 1,29 persen, dan indeks Kospi di Korea Selatan ambruk 1,75 persen.

Serupa, bursa saham Eropa semuanya merah. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,48 persen, indeks CAC 40 di Prancis turun 1,07 persen, dan indeks DAX di Jerman melemah 0,76 persen.

Tak jauh beda, bursa Amerika kompak ditutup merah. Indeks S&P 500 layu 0,94 persen, indeks NYSE turun 0,44 persen, dan indeks NASDAQ Composite jatuh 1,53 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Wuxian Agung dari Dinasti Tang

cara pakai kredivo di alfamart
Kasus PT Antam (Persero) Tbk vs Budi Said yang merupakan crazy rich Surabaya memanas sejak 2020 lalu.
Kasus PT Antam (Persero) Tbk vs Budi Said yang merupakan crazy rich Surabaya memanas sejak 2020 lalu. Ilustrasi. (Stevebidmead/Pixabay).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kasus PT Antam (Persero) Tbk vs Budi Said yang merupakan crazy rich Surabaya memanas sejak 2020 lalu.

Budi Said mengklaim dirinya sebagai konsumen Antam di Butik Emas LM Surabaya tidak mendapatkan haknya. Ia menyebut kasus ini bermula dari diskon yang diklaim ditawarkan Antam.

Perseteruan ini disebut sudah pernah coba didamaikan. Namun, mediasi pada 18 Maret 2020 dan 22 April 2020 gagal.

- Gugatan Budi Said

Gugatan Budi didaftarkan ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya pada Jumat, 7 Februari 2020 dengan nomor perkara 58/Pdt.G/2020/PN Sby. Berdasarkan gugatan tersebut, Antam diklaim menjanjikan diskon untuk transaksi yang dilakukan Budi.

Budi mengklaim sudah membayar pembelian emas batangan 24 karat Antam seberat 7,07 ton pada 2018 lalu. Namun, ia mengaku hanya menerima emas Antam sebanyak 5,9 ton, di mana selisihnya 1,1 ton tidak pernah diterima.

Dalam salah satu petitum gugatan ia meminta PN Surabaya menghukum tergugat I alias Antam untuk membayar kerugian kepada penggugat sebesar Rp817,46 miliar, diambil dari harga emas batangan Antam Lokasi Butik Emas LM-Surabaya Pemuda seberat 1.136 kilogram. Ganti rugi ini setara emas Antam 1,1 ton.

Nantinya, nilai ganti rugi tersebut disesuaikan dengan fluktuasi nilai emas dari pengumuman situs resmi Antam www.logammulia.com.

Lihat Juga :
Ombudsman Temukan Dugaan Maladministrasi BP Batam di Kasus Rempang

- PN Surabaya vonis Antam ganti rugi

Dalam amar putusannya pada 13 Januari 2021, majelis hakim PN Surabaya menerima dan mengabulkan sebagian gugatan Budi Said. Maka, Antam diharuskan membayar ganti rugi Rp817,46 miliar atau menyerahkan emas seberat 1,13 ton kepada Budi.

Selain Antam, majelis hakim juga menghukum tergugat Eksi Anggraeni membayar kerugian materiil kepada Budi sebesar Rp92,09 miliar.

Baik Antam dan Eksi juga dihukum secara tanggung renteng (hoofdelijk) membayar kerugian immateriil kepada Budi Rp500 miliar.

Lihat Juga :
Daftar Masalah dan Korupsi di BUMN yang Terbongkar Belakangan Ini

- Antam Ajukan Banding

Antam membantah menjanjikan harga diskon dalam transaksi Budi Said. Mereka mengklaim hanya bertransaksi dengan harga yang dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan.

Mereka kekeh tetap berada pada posisi tidak bersalah atas gugatan Budi Said. Kunto Hendrapawoko yang saat itu menjabat SVP corporate secretary Antam menegaskan pihaknya mengajukan banding atas putusan 13 Januari 2021 tersebut.

"Perusahaan merasa dirugikan dengan kasus yang dilakukan segelintir oknum terhadap Butik Surabaya dan telah mengajukan gugatan kepada Budi Said atas pencemaran nama baik serta menuntut ganti rugi," katanya kala itu.

Lihat Juga :
Pontjo Sutowo Blak-blakan soal Rebutan Hotel Sultan dengan Negara

- Budi Kalah Banding, Antam Kalah Kasasi

Budi yang menang di PN Surabaya sempat kalah di tingkat banding. Namun, ia akhirnya mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

MA lantas memutuskan Antam kalah kasasi dalam kasus versus Budi Said. Ini tertuang dalam putusan MA dengan nomor register 1666 K/PDT/2022 yang disahkan pada 29 Juni 2022.

Majelis hakim yang memutus perkara Budi Said melawan Antam, yaitu Panji Widagdo, Rahmi Mulyati, dan Maria Anna Samiyati.

- Antam Tolak Bayar 1,1 Ton Emas

Antam menolak membayar 1,13 ton emas batangan kepada crazy rich Surabaya Budi Said. Perusahaan memilih menyiapkan strategi lanjutan menghadapi tuntutan Budi di MA.

"Perusahaan menegaskan bahwa tetap berada pada posisi yang kuat dalam perkara ini dan telah melaksanakan hak dan kewajiban atas seluruh transaksi dengan itikad baik," ungkap Corporate Secretary Division Head Antam Syarif Faisal Alkadrie, dikutip dari Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (29/8/2022).

- MA Tolak PK Antam

Crazy rich Surabaya Budi Said kembali menang di tingkat Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung (MA). Permohonan PK ini diajukan Antam yang diwakili Nicolas D Kanter selaku Direktur Utama.

Amar putusan PK tersebut diputus 12 September 2023 lalu dan diunggah di laman resmi MA dengan nomor perkara 554 PK/PDT/2023.

Lihat Juga :
Bahlil Sebut RI-Warga Rugi Besar Jika Xinyi Batal Investasi di Rempang

Ketua majelis PK ini Yakup Ginting dengan anggota majelis Muh Yunus Wahab dan Nani Indrawati. Selain itu, ada Prasetyo Nugroho selaku panitera pengganti.

Corporate Secretary Division Head Antam Syarif Faisal Alkadrie mengatakan pihaknya menghormati putusan MA tersebut. Namun, perusahaan masih menunggu salinan putusan.

Ia berdalih PT Antam telah menyerahkan semua barang sesuai dengan kuantitas yang dibayar oleh penggugat kepada pihak yang diberi kuasa. Adapun pembayaran emas mengacu pada harga resmi yang berlaku saat itu.

"Adapun tuduhan dari penggugat dilakukan oleh oknum yang bertindak di luar wewenang dan tidak sesuai dengan aturan perusahaan," kata Faisal kepada CNNIndonesia.com, Senin (18/9).

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)