petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

nagatop

m11mpo 233Jutaan kata 319214Orang-orang telah membaca serialisasi

《nagatop》

Daftar Pilihan Saham Cuan Pekan Ini******

Analis menyebut sejumlah daftar saham bersinar pada pekan ini. Ada 4 jenis saham yang mereka rekomendasikan.
Analis menyebut sejumlah daftar saham bersinar pada pekan ini. Ada 4 jenis saham yang mereka rekomendasikan. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) menguat 24,97 poin atau plus 0,35 persen ke level 7.159 pada perdagangan pekan lalu. Namun, investor asing masih mencatat jual bersih (net sell) Rp876,8 miliar selama sepekan.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham menguat empat kali dan hanya melemah sekali. Secara total, performa indeks saham melesat 1,41 persen pada pekan lalu.

Pjs Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kautsar Primadi Nurahmad mengatakan penguatan paling besar dirasakan rata-rata volume transaksi harian sebesar 41,5 persen. Selama sepekan, data menunjukkan peningkatan dari 23,42 miliar menjadi 33,14 miliar lembar saham.

"Kapitalisasi pasar bursa juga meningkat sebesar 3,13 persen menjadi Rp11,47 triliun dari Rp11,12 triliun pada pekan sebelumnya," kata Kautsar, seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (8/12).

Selain itu, rata-rata nilai transaksi harian saham selama sepekan meningkat 2,89 persen menjadi Rp14,12 triliun. Ini meningkat dibandingkan rata-rata nilai transaksi pekan lalu sejumlah Rp13,72 triliun.

Supervisor Customer Literation and Education PT Kiwoom Sekuritas Indonesia Oktavianus Audi mengatakan data perdagangan pekan lalu menunjukkan penguatan tren, bahkan tertinggi sejak 26 September 2022. Kendati, ia mewanti-wanti ada potensi koreksi sehat pada pekan ini dengan perkiraan pergerakan di rentang 7.025-7.280.

Audi menyebut ada dua sentimen utama dari dalam negeri yang bakal membayangi. Pertama, rilis data penjualan eceran Oktober 2023 yang diyakini tumbuh 1,9 persen secara tahunan.

Meski begitu, pertumbuhan dinilai melambat dibandingkan tahun lalu. Audi melihat pasar akan merespons secara moderat data ekonomi ini, di mana dari sisi harga bakal mengalami kenaikan di akhir 2023 seiring periode libur akhir tahun.

Kedua, rilis data neraca perdagangan November 2023. Konsensus mencatat akan ada surplus US,06 miliar alias lebih rendah dari catatan sebelumnya sebesar US,48 miliar.

Sementara itu, ada satu sentimen dari luar negeri yang berpotensi mempengaruhi gerak IHSG pekan ini. Audi menyebut rilis inflasi AS edisi November 2023 yang diperkirakan melambat bakal mendapatkan respons positif dari pasar.

"Investor dapat mengantisipasi terjadinya koreksi wajar pada IHSG, di mana saya melihat potensi penguatan masih akan terbuka seiring dengan sikap bank sentral diperkirakan akan lebih dovish," tuturnya kepadaCNNIndonesia.com, Sabtu (9/12).

[Gambas:Video CNN]

"Sektor yang dapat diperhatikan adalah energi karena kenaikan harga komoditas," saran Audi.

Ada 4 saham yang direkomendasikan jika dilihat dari sisi teknikal.Pertama, saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk yang naik 7,34 persen ke level 1.170 pada pekan lalu.

Ia menyarankan melakukan trading buypada saham emiten berkode PGEO tersebut. Audi meramal gerak saham ini akan berada di rentang 1.070-1.365.

Kedua, Audi merekomendasikan trading buy saham PT Adaro Minerals Indonesia Tbk alias ADMR. Saham emiten yang melesat 4,98 persen ke 1.370 pada pekan lalu diramal bisa tembus ke posisi 1.555.

Ketiga, ada PT United Tractors Tbk yang naik 2,76 persen ke level 22.300. Emiten berkode UNTR ini diyakini bisa tembus 23.550 dan disarankan untuk menggunakan skema speculative buy.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Akan Jamin Proyek di IKN yang Berskema KPBU

Keempat, Audi merekomendasikan saham PT Dharma Satya Nusantara Tbk yang tumbuh 3,77 persen ke level 550. Ia menyarankan speculative buypada saham emiten berkode DSNG ini karena diprediksi pekan ini bisa meningkat sampai posisi 600.

Di lain sisi, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana melihat masih ada peluang indeks saham menguat terbatas selama sepekan ini. Ia mematok support IHSG di posisi 7.110 dan resistance 7.200.

Herditya mewanti-wanti beberapa sentimen utama yang diyakini bakal meramaikan naik turun IHSG. Salah satunya rilis neraca dagang di tanah air.

Sedangkan dari mancanegara ada tiga sentimen utama, yakni rilis data inflasi AS, inflasi China, serta Federal Open Market Committee (FOMC) The Fed.

Ada tiga saham yang bisa dikoleksi selama sepekan ini versi Herditya. Pertama, PT Erajaya Swasembada Tbk alias ERAA.

Meski pekan lalu anjlok 0,55 persen ke posisi 362, Herditya yakin saham ERAA akan bangkit pekan ini. Ia meramal emiten ini bisa tembus ke level 420.

Lihat Juga :
Geng Konglomerat Aguan, Prajogo Pangestu Cs Kumpul Bahas IKN

Kedua, saham PT Medikaloka Hermina Tbk yang stagnan di level 1.470 pekan lalu. Emiten berkode HEAL ini diyakini bergerak di rentang 1.525-1.600 pada sepekan ini.

Ketiga, Herditya menyarankan saham PT Aneka Tambang Tbk alias ANTM. Saham perusahaan pelat merah ini naik 3,06 persen ke posisi 1.685 pekan lalu dan dianggap bakal melesat ke level 1.810.

(agt/agt)

Kemenhub Berangkatkan 3.600 Peserta Mudik Gratis Nataru ke 11 Kota******

Kementerian Perhubungan memberangkat ribuan orang mudik gratis Nataru 2023/2024 ke 11 kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Foto: Arsip Kemenhub.
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali memberangkatkan peserta mudik gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Ada 11 kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menjadi tujuan mudik gratis dari Kemenhub ini, yakni Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Cilacap, Purwokerto, Wonosobo, Surabaya, Kediri, Malang, dan Madiun.

Pelepasan mudik gratis ini dilakukan di dua terminal, yakni Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur dan Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu (23/12) lalu. Keberangkatan di Terminal Pulogebang dilepas Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Robby Kurniawan bersama Plt. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Suharto.

Kepala BKT Robby Kurniawan menyampaikan mudik gratis Nataru ini diadakan atas perhatian Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo terhadap masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas.

"Kami doakan semoga bapak-bapak ibu-ibu sekalian yang akan melakukan perjalanan tetap sehat dalam perjalanan selamat sampai tempat tujuan berjumpa dengan keluarga dan kemudian nanti pada saatnya lagi bisa kembali ke sini dalam keadaan sehat walafiat juga," harapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala BPTJ Suharto menambahkan mudik gratis Nataru ini untuk memberikan pelayanan sekaligus demi menjaga ketertiban dalam berlalu lintas.

"Kami juga sudah berkali-kali mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan pribadi khususnya menggunakan sepeda motor, karena tingkat fatalitas paling tinggi adalah penggunaan sepeda motor, makanya kami akan hadir untuk memberikan kenyamanan keamanan bermasyarakat," ungkap Suharto.

KemenhubFoto: Arsip Kemenhub.

Adapun untuk pelepasan pemberangkatan bus di Terminal Kampung Rambutan dilakukan Inspektur 1, Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan Amin Hudaya didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh dan Direktur Sarana Transportasi Jalan, Danto Restyawan beserta jajaran.

"Kegiatan dengan tema 'Transportasi Aman Liburan Nyaman' ini bertujuan untuk mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas khususnya bagi sepeda motor dan mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan," ujar Amin saat membacakan sambutan Menteri Perhubungan.

Selain keberangkatan mudik gratis melalui bus, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat juga telah menyediakan sarana truk pengangkut sepeda motor yang sudah diberangkatkan pada Jumat (22/12), dari Terminal tipe A Pondok Cabe, Tangerang.

Kasubdit Angkutan Perkotaan, Iman Sukandar dalam menuturkan ada 3.600 peserta yang mengikuti kegiatan mudik gratis Nataru 2023/2024. Jumlah itu dibagi menjadi dua pemberangkatan, yakni 1.024 peserta dari Terminal Kampung Rambutan dan 2.473 peserta dari Terminal Terpadu Pulogebang.

"Sebanyak 1.024 peserta mudik gratis diberangkatkan dari Terminal Kampung Rambutan. Sedangkan, sebanyak 2.473 peserta mudik gratis dengan 63 bus saat ini juga akan diberangkatkan dari Terminal Pulogebang Jakarta Timur," jelas Iman.

Dia berharap para peserta mudik diberi kelancaran dan keselamatan selama perjalanan hingga tiba di tempat tujuan masing-masing.

"Kami titip salam kepada keluarga peserta mudik di kampung halaman dan kami ucapkan selamat berlibur dan berkumpul hangat dengan sanak saudara dan keluarga, transportasi aman liburan nyaman," tutup Iman.

(ory/ory)

Penyeberangan Merak******

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan operasional penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni tetap aman di tengah erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK).
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan operasional penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni tetap aman di tengah erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan operasional penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni tetap aman di tengah erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK).

Corporate Secretary ASDP Indonesia Shelvy Arifin mengatakan erupsi sejak awal pekan itu tidak berdampak pada aktivitas layanan penyeberangan di Selat Sunda, khususnya untuk lintas Merak-Bakauheni.

"Layanan penyeberangan di Merak-Bakauheni yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terpantau normal," tegas Shelvy dalam keterangan resmi, Senin (4/12).

Selain itu, Shelvy menyebut ASDP terus melakukan koordinasi aktif dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait perkembangan kondisi cuaca.

Ia mengklaim ASDP juga terus meningkatkan kualitas layanan serta tetap memprioritaskan keselamatan dan keamanan pelayaran di seluruh wilayah Indonesia.

"Manajemen ASDP mengimbau kepada seluruh pengguna jasa agar mempersiapkan perjalanan dengan kapal ferry sebaik-baiknya," wanti-wanti Shelvy.

"Untuk di 4 pelabuhan utama, wajib membeli tiket secara mandiri via Ferizy dan memastikan kondisi prima, baik kesehatan dan juga kendaraan yang digunakan sehingga perjalanan berjalan lancar, aman, nyaman, dan selamat," tandasnya.

Gunung berapi di perairan Selat Sunda itu terus menyemburkan abu vulkanik sejak Senin malam. Erupsi terus berlanjut, di mana Gunung Anak Krakatau sekarang berada di Level III atau Siaga.

Berdasarkan laporan Magma Indonesia alias aplikasi resmi milik PVMBG Kementerian ESDM, semburan dari Gunung Anak Krakatau makin tinggi. Teranyar, abu vulkanik yang dikeluarkan mencapai 2.000 meter di atas puncak.

Di tengah situasi tersebut, masyarakat setempat diminta tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar. Selain itu, warga harus selalu memastikan informasi yang didapatkan melalui sumber terpercaya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)




bab terbaru:victory8et

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
slot online terpercaya indonesia
mahoni88
slot188bet
slot judi gacor
menang303
link slot jp
judi slot gacor triofus
situs terpercaya 2022
hk paito harian 6d
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs slot internasional terpercaya
Bab 2 home credit pinjam uang
Bab 3 high slot88
Bab 4 unik777
Bab 5 pinjol shopee
Bab 6 superwin303
Bab 7 ratu338
Bab 8 link slot freebet new member tanpa deposit
Bab 9 bangsawan88
Bab 10 warungcash189
Bab 11 cara daftar kredivo paylater
Bab 12 texasqq
Bab 13 smartgaming77
Bab 14 kredivo offline
Bab 15 cara dapetin uang dengan cepat
Bab 16 dewa 88 jp
Bab 17 qq724
Bab 18 slot gacor hari ini 4d
Bab 19 bos138
Bab 20 togel master sdy
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7454bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Supermarket benteng saya

kredivo di tokopedia
Harbolnas 12.12 dinilai Zulkifli Hasan sebagai bukti bersatunya para pelaku UMKM, e-commerce, dan masyarakat dalam memajukan industri perdagangan nasional.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) saat membuka gelaran 'Beli Lokal 12.12' di Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di Tokopedia Tower, Jakarta, Selasa (12/12). (Foto: arsip foto PAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas), secara resmi membuka gelaran 'Beli Lokal 12.12' di Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di Tokopedia Tower, Jakarta, Selasa (12/12). Gelaran ini menjadi momentum kembalinya TikTok Shop yang bekerja sama dengan Tokopedia.

Harbolnas 12.12 menjadi momentum penting bagi UMKM untuk go digital. Gelaran ini diharapkan dapat mendorong UMKM untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan memanfaatkan platform e-commerce untuk memperluas pasar.

Zulhas pun menyambut Harbolnas 12.12 secara gembira. Menurutnya, Harbolnas ini menjadi bukti bersatunya para pelaku UMKM, e-commerce, dan masyarakat dalam memajukan industri perdagangan nasional.

Ia pun menegaskan bahwa pemerintah ingin agar UMKM dapat memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan penjualan, bahkan menjangkau pasar internasional.

Dirinya juga sadar jika terjadi banyak keluhan dari para pedagang offline yang merasa jika hadirnya marketplace justru mematikan usaha mereka. Oleh karena itu, dia mencoba mengatur agar ke depannya semuanya mampu berkolaborasi.

"Jadi kalau kemarin ada TikTok (Shop) dilarang, saya bilang bukan dilarang tapi diatur. Sosial medianya kan tetep ada, yang enggak e-commerce-nya. Jadi kita atur, kita tata agar bisa saling menguntungkan satu dengan yang lainnya," tutur Zulhas.

Zulhas berharap jumlah transaksi di marketplace akan terus berkembang ke depannya. Sehingga, e-commerce, penjual, dan pembeli dapat membentuk ekosistem yang mampu mendorong ekonomi nasional menjadi lebih baik.

Terlebih, saat ini perkembangan e-commerce di Indonesia sangat pesat. Pada 2018, transaksi e-commerce hanya mencapai Rp6,8 triliun, namun pada 2022 transaksinya meningkat menjadi Rp22,7 triliun.

"Tentu di 2023 akan meningkat lagi. E-commerce ini bisa menjadi ekosistem yang membantu ekonomi Indonesia secara umum," pungkasnya.

(rir/rir)

[Gambas:Video CNN]

Setan Fana

link slot pasti jp
Harga sejumlah bahan pokok naik sepekan menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Salah satunya, daging ayam.
Harga sejumlah bahan pokok naik sepekan menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Salah satunya, daging ayam. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga sejumlah bahan pokoknaik sepekan menjelang libur Natal2023 dan Tahun Baru 2024. Salah satunya, daging ayam.

Mengutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), harga daging ayam yang Senin (11/12) lalu masih Rp35.600 naik jadi Rp35.850 per kg pada Senin (18/12) ini. 

Meski demikian di Jakarta, harga daging ayam justru turun 2,4 persen jadi Rp33.650 per kg pada awal pekan ini. Pun begitu dengan di Jawa Tengah yang justru turun 1,36 persen menjadi Rp32.650 per kg.

Harga rata-rata telur ayam yang pada awal pekan lalu masih Rp29.150 naik menjadi Rp29.500 per kg pada awal pekan ini.

Kedua,bawang merah yang harganya naik dari Rp34.050 per kg menjadi Rp35.400 per kg. 

Ketiga,bawang putih yang harganya naik dari Rp38.100 menjadi Rp38.850 per kg. 

Meskipun demikian tak semua bahan pokok harganya naik. Ada juga harga bahan pokok yang cenderung turun sepekan ini.

Untuk beras misalnya, harga rata-ratanya turun dari Rp14.700 menjadi Rp14.650 per kg. Selain beras, penurunan harga juga terjadi pada cabai-cabaian.

Untuk cabai merah, harga turun dari Rp79.400 menjadi Rp70.300 per kg.

Sementara itu untuk cabai rawit harganya turun dari Rp83.050 menjadi Rp80.050 per kg. 

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)

Dewa Makanan di Alam Liar Hiburan

pkv
Apindo memperkirakan perekonomian Indonesia tumbuh di rentang 4,8 persen hingga di 5,2 persen pada 2024.
Apindo memperkirakan perekonomian Indonesia tumbuh di rentang 4,8 persen hingga di 5,2 persen pada 2024. (Foto: Arsip CNBC Indonesia TV)
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan perekonomian Indonesia maksimal hanya bisa tumbuh di 5,2 persen di tahun depan.

Ketua umum Apindo Shinta Kamdani mengatakan bila terjadi perlambatan ekonomi global akibat situasi geopolitik, inflasi dan suku bunga yang masih tinggi, maka perekonomian hanya bisa tumbuh 4,8 persen saja di 2024.

"Merujuk survei internal Apindo terhadap sekitar 2.000 pelaku usaha lintas sektor dan lintas skala usaha, pertumbuhan 2024 diprediksi ada di kisaran 5 persen," ujarnya dalam media briefing, Kamis (21/12).

Sementara, sektor manufaktur masih akan terus berada di level ekspansif. Adapun sektor transportasi dan pergudangan, akomodasi serta makanan-minumman akan menjadi sektor dengan laju pertumbuhan terpesat.

Selanjutnya, sektor pariwisata diprediksi dapat merealisasikan target untuk berkontribusi 4,5 persen dari PDB nasional seiring dengan peningkatan mobilitas kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Kendati begitu, ada sejumlah tantangan yang akan dihadapi di antaranya disumbangkan faktor total saving (tabungan bruto) hanya 39 persen dari PDB, dan total kapitalisasi pasar modal hanya 49 persen dari PDB.

"Jika target pertumbuhan 6 persen, maka dibutuhkan rasio investasi terhadap PDB sekitar 36 persen," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Mulai sekarang aku akan menjadi Tuhan

metrogaming88
IHSG ditutup melemah ke level 7.087 pada Rabu (6/12) sore, usai 355 saham terkapar.
IHSG ditutup melemah ke level 7.087 pada Rabu (6/12) sore, usai 355 saham terkapar. (Foto: cnnindonesia/AdhiWicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks hargasahamgabungan (IHSG) ditutup di level 7.087 pada Rabu (6/12) sore. Indeks saham melemah 13,45 poin atau 0,19 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp16,45 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 44,14 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 221 saham menguat, 355 saham terkoreksi, dan 191 saham lainnya stagnan.

Beralih ke bursa asing, mayoritas bursa saham Asia terpantau kompak bergerak di zona hijau.

Tercatat indeks Hang Seng Composite di Hong Kong menguat 0,88 persen, indeks Straits Times di Singapura menguat 0,12 persen, dan indeks Nikkei 225 di Jepang plus 2,04 persen.

Senada, bursa saham Eropa pun terpantau kompak menguat. Tercatat indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,14 persen dan indeks DAX di Jerman plus 0,18 persen.

Sebaliknya, bursa Amerika terpantau melemah. Indeks S&P 500 melemah 0,06 persen, indeks NASDAQ Composite minus 0,54 persen, dan indeks Dow Jones minus 0,89 persen.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Saya adalah dewa kecil Dinasti Ming

website resmi pragmatic
Masyarakat yang mau membeli rumah secara KPR sebaiknya jeli dengan meneliti status tanah sebelum akad agar tak timbul masalah di kemudian hari.
Masyarakat yang mau membeli rumah secara KPR sebaiknya jeli dengan meneliti status tanah sebelum akad agar tak timbul masalah di kemudian hari. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi).
Jakarta, CNN Indonesia--

Memiliki rumahadalah mimpibanyak orang. Berbagai cara mereka tempuh untuk bisa memiliki rumah.

Salah satunya, membelinya dengan memanfaatkan fasilitas KPR bank. Tapi, untuk memanfaatkan fasilitas ini, masyarakat harus teliti supaya di kemudian hari mereka tidak terlilit masalah.

Ketelitian salah satunya menyangkut status tanah. Pasalnya, sempat viral di media sosial terkait konsumen KPR yang sudah mencicil puluhan tahun sampai lunas, namun masih harus membeli tanahnya.

Pengamat properti Anton Sitorus mengatakan transaksi hunian melalui KPR biasanya sudah mencakup sertifikat tanah. Artinya, setelah lunas, sertifikat tanah otomatis menjadi pemilik yang membayar KPR.

Hanya saja, kata dia, jika KPR belum lunas, surat-surat kepemilikan termasuk sertifikat tanah dipegang oleh bank penyedia KPR.

"KPR itu untuk kredit rumah jadi pasti ada sertifikat tanah. Tapi selama belum lunas KPR-nya, surat kepemilikan termasuk sertifikat tanah dipegang bank penyedia KPR," kata dia kepada CNNIndonesia.com, Kamis (23/11).

Ia pun tak membenarkan jika debitur KPR masih harus membeli tanahnya setelah melunasi cicilan KPR-nya.

Senada, pengamat properti Aleviery Akbar pun mengatakan bahwa transaksi KPR sudah mencakup sertifikat tanah. Namun, sebelum cicilannya lunas, sertifikat dipegang oleh bank peminjam.

"(Sementara) kalau KPA, kredit pemilikan apartemen, tanahnya memang dibagi proporsional sesuai luas unit yang dipunya, dibagi keseluruhan luas tanah yang dibangun," ucap dia.

Terkait hukum yang mengatur hal ini, Aleviery mengatakan kepemilikan tanah atau bangunan diatur dalam Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) dan Peraturan Menteri (Permen) Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan (BPN) Nomor 18 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penetapan Hak Pengelolaan dan Hak Atas Tanah.

Sementara, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Real Estate Indonesia (REI) Joko Suranto menjelaskan badan hukum atau perseroan terbatas (PT) memang tidak boleh memiliki SHM, hanya diizinkan berstatus HGB. Ia menyebut aturan tersebut sesuai dengan UUPA.

"PT (developer) hanya bisa memberikan hak guna bangunan (HGB). Hampir semua proyek yang kemudian menjual rumah, maka sertifikat seharusnya adalah HGB, sesuai dengan ketentuan UU" kata Joko saat dihubungi CNNIndonesia.com,Jumat (24/11).

Lihat Juga :
Luhut Ungkap Perubahan Prabowo Dibanding 40 Tahun Lalu

Joko menekankan pemberian status HGB bukanlah kemauan pihak pengembang, melainkan ketentuan dalam UUPA.

"Hak kepemilikan PT adalah berupa HGB atau hak lainnya. Kalau tidak dijanjikan dalam bentuk hak milik atau konsumen tidak membaliknamakan dahulu, ya tetap HGB," ia menjelaskan.

Ia menuturkan ketika sudah terjadi jual-beli, maka yang berhak untuk mengajukan kenaikan status hak tanah itu adalah pemegang KPR.

"Jadi ketika melalui developer pun, surat-suratnya yang bertanda tangan adalah pemilik atau pemegang KPR," ujarnya.

UUPA adalah hukum agraria utama di Indonesia yang mengatur tentang hak atas tanah, kepemilikan tanah, dan pemanfaatan tanah.UUPA juga mengatur mengenai tata cara pendaftaran tanah dan penerbitan sertifikat tanah.

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)

Naruto Uzumaki Lima Daun

prediksi 4d togel singapore hari ini
Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 (Pamulang-Cinere) sepanjang 8,64 kilometer (km) bakal beroperasi mulai Jumat (22/12) pukul 00.00 WIB.
Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 (Pamulang-Cinere) sepanjang 8,64 kilometer (km) bakal beroperasi mulai Jumat (22/12) pukul 00.00 WIB. Ilustrasi tol. (morgueFile/gracey).
Jakarta, CNN Indonesia--

Jalan Tol Serpong-CinereSeksi 2 (Pamulang-Cinere) sepanjang 8,64 kilometer (km) bakal beroperasi mulai Jumat (22/12) pukul 00.00 WIB.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) selaku pengelola jalan bebas hambatan tersebut melalui akun Instagram resmi, @officialserpongcinere, Kamis (21/12).

"Pengoperasian Jalan Tol Serpong - Cinere Seksi 2 (pamulang - Cinere) akan dimulai pada hari Jumat Dini Hari pukul 00:00 WIB tanggal 22 Desember 2023 dan dibuka untuk semua golongan," demikian tulis akun tersebut.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama PT CSJ Mirza Nurul Handayani menjelaskan penyambungan Jalan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 km ini akan mempercepat perjalanan masyarakat dari dan ke wilayah Cinere, Pamulang, Serpong, serta sekitarnya, hingga Bandara Soekarno-Hatta.

Terutama ketika Seksi 2 Pamulang-Cinere ini terhubung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) yang juga telah selesai saat ini.

"Nantinya, ujung dari main road Jalan Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere di Km 35+250 akan terhubung langsung dengan main road dari Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo. Dengan tersambungnya jalan tol ini, pengguna jalan yang akan keluar di Limo ataupun menerus menuju Jagorawi akan melakukan transaksi di Gerbang Tol Limo yang dioperasikan oleh PT TLKJ," ujar Mirza beberapa waktu lalu.

Mirza menambahkan bahwa konstruksi untuk Jalan Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere telah selesai 100 persen sejak akhir 2021, telah diuji laik fungsi pada Mei 2022, dan telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada September 2023.

Lihat Juga :
Respons Kemenkeu Soal 'Celengan Rahasia' Rp104 T Temuan Kubu Prabowo

Jadwal pengoperasian jalan tol ini juga disesuaikan dengan beroperasinya Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo yang dimaksud.

"Seiring dengan tersambungnya penuh, pengguna jalan dari wilayah Bogor, Ciawi, dan sekitarnya (Jalan Tol Jagorawi), serta dari wilayah Jakarta Selatan dan Depok (Jalan Tol Desari), dapat dengan mudah dan cepat mengakses wilayah Serpong, Kunciran, hingga Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan Tol JORR 2. Kami optimis volume kendaraan yang melalui Jalan Tol Serpong-Cinere juga akan meningkat," ujar Mirza.

Jalan Tol Serpong-Cinere terhubung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, dan Jalan Cinere-Jagorawi yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 Wilayah Barat.

Jalan Tol JORR 2 memberikan alternatif lain dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta, sehingga pengguna jalan di sekitar Jabotabek dapat menghindari kemacetan yang mungkin terjadi di Jalan Tol Sedyatmo, yang merupakan akses utama dari Jalan Tol JORR 1 dan Jalan Tol Dalam Kota, baik dari arah Tanjung Priok maupun Cawang.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)