petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

erek60

musang 123 slot login 990Jutaan kata 690668Orang-orang telah membaca serialisasi

《erek60》

Kim Bom, Memutuskan Berhenti Kuliah Malah Sukses Berharta Rp43 T******

Kim Bom, seorang pengusaha muda asal Korea Selatan kini berhasil memiliki harta Rp43,8 triliun. Ia pernah memutuskan berhenti kuliah demi mengejar ambisinya.
Kim Bom, seorang pengusaha muda asal Korea Selatan kini berhasil memiliki harta Rp43,8 triliun. Ia pernah memutuskan berhenti kuliah demi mengejar ambisinya. ( Basith Subastian/CNNIndonesia).
Jakarta, CNN Indonesia--

Memutuskan berhenti kuliahbukan lah hal yang tabu.

Pasalnya, siapa tahu langkah itu justru berhasil membawa kita ke jalan kesuksesan. Seperti itu pula yang terjadi pada Kim Bom.

Memutuskan berhenti kuliah dan memilih jalan hidup lain justru membawanya mengalahkan orang yang makan bangku kuliah sampai tamat.

Kalau dirupiahkan dengan kurs Rp15.655 per dolar AS, kekayaan itu tembus Rp43,83 triliun.

Kekayaan itu membuatnya menjadi orang terkaya nomor 14 di Korea Selatan.

Lihat Juga :
TAIPANEduardo Saverin, Investor Awal Facebook Berharta Rp413 T

Lalu bagaimana sebenarnya Kim Bom bisa sekaya itu. Apa bisnis dan latar belakang kehidupannya?

Mengutip berbagai sumber, Kim Bom bernama lengkap Kim Beom-seok. Ia merupakan seorang pengusaha yang sejatinya masih muda asal Korea Selatan.

Ia lahir di Seoul 7 Oktober 1978. Meski lahir di Korea, ia tumbuh dan besar justru tidak  di Negeri Gingseng tersebut.

Pasalnya, pada saat baru berusia 7 tahun, ia harus meninggalkan Korea mengikuti ayahnya yang merupakan pekerja di Hyundai untuk dinas ke luar negeri

Pada saat berusia 13 tahun, ia bersekolah di sekolah asrama di Deerfield Academy, Massachusetts, AS. Di usia yang masih muda sebenarnya Kim Bom sudah memiliki jiwa wirausaha yang tinggi.

Ia selalu berusaha menciptakan sesuatu yang luar biasa dalam kehidupannya. Tak hanya itu. 

Lihat Juga :
TAIPANMa Jianrong, Bos Tekstil Berharta Rp107, T yang Sayang Karyawan

Ia juga memiliki ketertarikan tinggi pada semua hal yang berkaitan dengan teknologi.  Kim Bom sebenarnya pernah kuliah ke Harvard Business School.

Di kampus ini, Kim Bom mengembangkan pemahaman mendalam tentang strategi bisnis dan mengasah keterampilan kewirausahaannya, mempersiapkannya menghadapi tantangan di masa depan.

Tapi kemudian, ia memilih keluar enam bulan kemudian. Ia kemudian menerjunkan diri ke bisnis media dengan mendirikan media pelajar bernama 'The Current'

Newsweek kemudian membeli medianya ini pada 2000. Setelah itu, ia melanjutkan petualangannya dengan bekerja di Boston Consulting Group. Di kantor itu, ia berhasil mengumpulkan tabungan US juta.

Tabungan itu kemudian ia pakai untuk merintis pendirian majalah bernama 02138. Tapi sayang keberuntungan belum berpihak kepadanya.

Pada 2009, media itu harus tutup karena masalah keuangan. Namun, ia tidak patah arang. 

Ia memulai bisnis baru. Bersama dengan teman-temannya, Koh Jae-Woo, dan Seon Joo Yoon, Kim Bom membangun Coupang pada 2010. Coupang ini merupakan sebuah platform ritel internet yang bertujuan memberikan pengalaman berbelanja yang lancar dan nyaman kepada pelanggan.

Bisnisnya sukses dan mendapatkan kepercayaan besar. Berkat kesuksesan itu, ia sukses mengumpulkan pendanaan lebih dari US,8 miliar  dari investor seperti Sequoia Capital, Softbank, BlackRock, dan lainnya.

[Gambas:Video CNN]

MengutipCNBC.com, dalam waktu tiga tahun, penjualan perusahaan perusahaan berhasil melampaui US miliar. Setelah kesuksesan itu, Kim Bom sebenarnya punya rencana membawa Coupang melantai di bursa.

Tapi, dalam waktu sebelas jam, pikiran dan rencana itu berubah. Ia menarik diri dari rencana itu dan secara radikal mengubah model bisnisnya.

Ia yakin dapat membangun sesuatu yang lebih baik tanpa harus melantai di bursa. Kim Bom kemudian membangun Coupang sebagai platform belanja ujung ke ujung yang dirancang untuk mengelola perjalanan pelanggan sepenuhnya dari desktop hingga pintu.

Ia menciptakan bisnis logistik bergaya UPS milik Coupang bernama Rocket Delivery. Model bisnis ini mirip dengan yang dilakukan Amazon.

"Satu-satunya model yang kami lihat pada dasarnya adalah model yang mirip dengan Amazon. Dan pada saat itu, kami sangat iri dengan model tersebut," katanya.

Pasar e-commerce yang tumbuh cepat di Korea Selatan dalam beberapa tahun terakhir menjadi sasaran empuk bagi Coupang.

Lihat Juga :
TAIPANAlfredo Yao, Pernah Terlunta di Jalan Kini Jadi Taipan Berharta Rp4 T

Pasar didukung jam kerja panjang dan kota-kota yang padat penduduk menjadikan penduduk di Korea Selatan siap untuk layanan pengiriman on-demand.

Coupang menanggapi karakteristik pasar tersebut dengan cepat. Mereka memiliki lebih dari 5.000 pengemudi yang dikenal sebagai Coupangmen mengirimkan 99,3 persen pesanan dalam waktu kurang dari 24 jam.

Layanan Dawn Delivery barunya bahkan menjanjikan kepada pelanggan bisa melampaui Amazon Prime. Layanan menyediakan pengiriman mulai pukul 07.00 pagi untuk pesanan yang dilakukan sebelum tengah malam pada malam sebelumnya.

Strategi bisnis jitu dan pasar yang besar itu membuat usaha Kim Bom sukses. Pada 2018, Coupang berhasil menorehkan pendapatan kotor tahunan sebesar 2,7 triliun won serta mempertahankan lebih dari 3,5 juta pengguna aktif harian pada 2019.

Perusahaannya juga sukses mempekerjakan lebih dari 10 ribu orang dengan kantor di Seoul, Shanghai, Beijing, Los Angeles, Seattle dan Silicon Valley.

Lihat Juga :
Harta Melesat Rp128 T, Prajogo Pangestu Jadi Orang Terkaya ke-24 Dunia
(agt/agt)

KAI Dapat Pinjaman Rp6,9 T dari China untuk Biaya Kereta Cepat******

PT KAI (Persero) mendapat dana segar hampir Rp7 triliun dari pinjaman China Development Bank (CDB).
PT KAI (Persero) mendapat dana segar hampir Rp7 triliun dari pinjaman China Development Bank (CDB). Ilustrasi. (AFP/TIMUR MATAHARI).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT KAI (Persero) mendapat dana segar hampir Rp7 triliun dari pinjaman ChinaDevelopment Bank (CDB). Uang itu akan digunakan untuk membayar cost overrun (pembengkakan biaya) proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), pencairan pinjaman itu sudah diterima PT KAI sejak 7 Februari 2024 lalu.

Adapun pencairan pinjaman itu terbagi menjadi dua, yakni fasilitas A sebesar US0,99 juta atau setara Rp3,6 triliun (asumsi kurs Rp15.609 per dolar AS).

"PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki kewajiban pembayaran utang kepada China Development Bank," demikian bunyi surat di keterbukaan informasi BEI.

Pencairan tersebut pun langsung diteruskan ke PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) pada 7 Februari 2024.

Biaya pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung bengkak. Dalam proposal penawaran yang disampaikan pemerintah China ke Indonesia pada 2015 lalu, Negeri Tirai Bambu menawarkan biaya pembangunan proyek hanya US,13 miliar.

Namun, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan biaya itu kemudian bengkak US,2 miliar atau sekitar Rp18,24 triliun (asumsi kurs Rp15.200 per dolar AS).

"Kita sepakat dengan angka cost overrunUS,2 billion (miliar). Ini yang sedang kita rapikan," ujar Tiko, sapaan akrabnya, dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, tahun lalu.

Untuk menutupi pembengkakan biaya itu, pemerintah sepakat untuk mencari pinjaman.

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto menegaskan CDB sudah sehati soal pinjaman utang untuk pembengkakan biaya kereta cepat.

Seto menyebut bunga utang pinjaman tersebut sudah turun dari kesepakatan terakhir 3,4 persen. Ia mengatakan CDB sepakat menurunkan bunga utang tersebut ke angka 3,2 persen.

Meski tidak sesuai target awal sebesar 2 persen, Seto berdalih angka 3,2 persen sudah ideal di era sekarang. Ia membandingkan tenor dengan suku bunga yang ditawarkan Pemerintah AS, di mana jauh lebih tinggi dari tawaran China.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Borong Yuk, Cromboloni Viral Cuma Rp18 Ribu di Transmart******

Cromboloni di Transmart dijual dari harga normalnya Rp22.500, diskon jadi Rp18.000 per buah khusus promo Full Day Sale.
Cromboloni di Transmart dijual dari harga normalnya Rp22.500, diskon jadi Rp18.000 per buah khusus promo Full Day Sale. (CNN Indonesia/Dela Naufalia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Siapa yang belum kesampaian cobain pastry viral cromboloni? Sini, buruan borong karena sekarang sudah tersedia di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Harga cromboloni ini juga nggak bikin kantong jebol karena didiskon di Transmart. Selain itu, tersedia berbagai varian rasa yang pastinya cocok jadi camilan rame-rame di rumah.

Lihat Juga :
Sepeda Listrik Paling Banyak Diserbu di Transmart Full Day Sale

Misalnya, ayam broiler harga normalnya sekitar Rp35.500 per ekor dan harga diskon jadi Rp28.400 per ekor.

Terus ada juga anggur Red Globe Peru dari harga normal Rp8.990 per gram, diskon jadi Rp7.192 per gram. Gimana? murah dan lumayan banget kan diskonnya.

Jadi jangan lagi khawatir kalau belanja di Transmart, apalagi kalau bayarnya pakai Allo Prime, kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah karena setiap transaksi sudah pasti dapat diskon hingga 20 persen.

Bagi yang belum punya banknya bisa download Allo Bank dari hp melalui App Store atau Google Play Store. Lalu upgrade akunnya ke Allo Prime agar bisa klaim harga diskon.

Boleh juga mengajukan pembuatan kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah secara instan di setiap gerai Transmart. Nantinya, limit kartu kredit tersebut bisa langsung dipakai belanja di Transmart.

Pokoknya jangan sampai ketinggalan ya karena Transmart Full Day Sale hari ini terakhir digelar, cuma sampai pukul 22.00 waktu setempat.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:idntoto

Perbarui waktu:2024-06-27

Daftar bab terbaru
gacor slot gacor
slot depo 20rb dana
game slot terbaru 2023
slot situs baru
mention slot
rtp airbet88
ligaidn
slot asia gacor
kancil69
Daftar isi semua bab
Bab 1 horebet
Bab 2 rog777 co
Bab 3 kingceme
Bab 4 rtp acong4d
Bab 5 mpo4d
Bab 6 autospin777
Bab 7 pinjaman lancar ilegal atau legal
Bab 8 situs slot ter gacor
Bab 9 slot terbaru gacor 2022
Bab 10 mulia slot net
Bab 11 sweetbonanza
Bab 12 situs slot gacor rtp tinggi
Bab 13 agen slot gacor malam ini
Bab 14 linting4d
Bab 15 adakami ojk
Bab 16 cara menang main slot higgs domino duo fu duo cai
Bab 17 slot gacor juli 2023
Bab 18 limit di kredivo
Bab 19 trik slot agar menang terus
Bab 20 kakekqq
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3276bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Teknik Kelahiran Kembali Kuno

paito germany
Samsung tegaskan Galaxy Ring tak akan kompatibel dengan perangkat iOS
Perangkat Galaxy Ring dipamerkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol. ANTARA/Samsung Global Newsroom.
Jakarta (ANTARA) - Vice President of Samsung Digital Health TeamHon Pak dalam acara diskusi di Mobile World Congress 2024 menegaskan bahwa Galaxy Ring tidak akan kompatibel dengan perangkat berbasis sistem iOS.

Dengan demikian, cincin pintar yang dilengkapi fitur pemantauan kondisi kesehatan tubuh itu tidak akan bisa dihubungkan dengan produk-produk buatan pesaingnya, Apple.

Sebagaimana dikutip oleh GSM Arena, Hon Pak menyatakan bahwa Samsung percaya diri dengan produknya dan perangkatnya tidak kalah dari perangkat Apple.

Dia juga mengatakan bahwa Samsung sedang berusaha untuk mengintegrasikan Galaxy Ring dengan perangkat Android lain, bukan hanya telepon pintar Samsung.

Galaxy Ring dirancang memiliki sensor pelacak indikator kesehatan seperti detak jantung, pola tidur, dan pola pernafasan.

Perangkat itu akan hadir dalam beragam ukuran, yang terkecil menggunakan baterai 14 mAh dan yang paling besar menggunakan baterai 21,5 mAh. 

Baca juga: Samsung memperkenalkan perangkat Galaxy Ring di MWC
Baca juga: Samsung bakal luncurkan Galaxy Ring semester dua 2024

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024

Mulai penjara bawah tanah

situs slot paling gacor mudah menang
Presiden Jokowi buka kongres ke-23 PGRI ingatkan soal Indonesia Emas
Tangkap layar - Presiden RI Joko Widodo membuka Kongres XXIIII PGRI Tahun 2024 seperti disaksikan dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu. (2/3/2024). ANTARA/Youtube Sekretariat Presiden/pri.
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo membuka Kongres Ke-23 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tahun 2024 dengan mengingatkan tentang pentingnya peran guru dalam mewujudkan Indonesia Emas.

"Bapak ibu guru yang saya hormati, saya tidak pernah bosan mengingatkan bahwa Indonesia memiliki kesempatan emas, kesempatan besar untuk melompat menjadi negara maju dalam tiga periode kepemimpinan nasional ke depan," katanya saat membuka Kongres Ke-23 PGRI Tahun 2024 seperti disaksikan dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu.

Ia menjelaskan Indonesia memiliki kesempatan untuk menjadi negara maju, yakni pada 2045 atau disebut Indonesia Emas yang dapat diraih dalam tiga periode kepemimpinan nasional.

Presiden mengatakan perhitungan Indonesia menjadi negara maju bukan berasal dari perhitungannya, melainkan sejumlah lembaga nasional maupun internasional, seperti Bappenas, Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), International Monetary Fund (IMF), dan Bank Dunia.

Baca juga: PGRI harap guru honorer mendapat ruang jadi ASN PPPK

Dengan kesempatan besar itu, ia menjelaskan, Indonesia tidak boleh terjebak sebagai negara berpenghasilan menengah.

Kepala Negara menekankan agar jangan sampai Indonesia seperti sejumlah negara di Amerika Latin yang masih terjebak menjadi negara berkembang sejak 1950-1970, bahkan ada yang masuk menjadi negara miskin.

"Jangan sampai itu terjadi di negara kita Indonesia. Kita harus gunakan kesempatan ini untuk maju melompat menjadi negara maju, yaitu ketika kita mendapatkan yang namanya bonus demografi," kata dia.

Ia menjelaskan untuk melompat menjadi negara maju, kuncinya memiliki bonus demografi dengan generasi muda yang berkualitas dan produktif.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi berpesan kepada para guru bahwa pendidikan SDM, pembangunan SDM sebagai penting, baik dari segi kemampuan maupun karakter.

Pada akhir sambutan, ia mengapresiasi kolaborasi pemerintah dan PGRI untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru, serta menghasilkan generasi muda yang unggul dengan karakter kebangsaan yang kuat.

Baca juga: PGRI komitmen majukan pendidikan nasional
Baca juga: Jokowi: manfaatkan bonus demografi menuju Indonesia Emas 2045
Baca juga: PGRI nilai perkembangan sains mampu tingkatkan profesionalitas guru
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024

Master Kartu Permainan

slot gacor freebet
Khusus Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (18/2), semua sepeda dijual mulai harga Rp800 ribuan aja.
Khusus Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (18/2), semua sepeda dijual mulai harga Rp800 ribuan aja. (CNN Indonesia/Dela Naufalia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale masih berlangsung hari ini, Minggu (18/2) dengan diskon besar-besaran hingga 50% + 20%. 

Salah satu produknya, yakni sepeda tak luput didiskon pada gelaran ini. Khusus Transmart Full Day Sale, semua sepeda didiskon up to30 persen, lho.

Lihat Juga :
Sepeda Listrik Diskon Tembus Rp2 Juta di Transmart Full Day Sale Besok

Sementara sepeda listrik Pacific E-Bike Vertex dari harga normal Rp7.500.000, diskon jadi Rp5.480.000 per unit, berlaku untuk pembelian di seluruh gerai Transmart luar Jawa. Pembeli hemat Rp2.020.000.

Kemudian, sepeda listrik Pacific E-Bike Crosser VX dari harga normal Rp11.000.000, diskon jadi Rp8.800.000 per unit khusus pembelian di gerai Pulau Jawa. Pembeli hemat Rp2.200.000.

Sementara sepeda listrik Exotic E-Bike Crosser VX dari harga normal Rp11.750.000, diskon jadi Rp9.400.000 per unit khusus pembelian di gerai luar Jawa. Pembeli hemat Rp2.350.000.

Semua diskon sepeda listrik dan sepeda tersebut bisa pelanggan dapatkan dengan pembayaran menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Anda bisa segera unduh aplikasinya dari hp atau mengajukan pembukaan kartu kredit instan.

Caranya unduh Allo Bank yang tersedia di App Store atau Play Store, lalu daftar akun dan upgrade ke Allo Prime.

Setelah di-upgrade, lanjut ajukan Allo Pay Later yang proses aktivasinya cepat dan langsung dapat limit besar. Nantinya limit tersebut bisa digunakan di hari yang sama untuk belanja di Transmart.

Alternatif lain dapat mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Yuk, siap-siap ke Transmart sekarang juga dan bawa pulang sepeda impianmu!

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Super Kamudo

situs dunia slot88
PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI menjual tiket KA selayaknya 'war' tiket konser.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI menjual tiket KA selayaknya 'war' tiket konser. Ilustrasi. (Dok. KAI).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI menjual tiket KA selayaknya 'war' tiket konser sejak 1 Februari 2024.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan akan ada sistem antrean saat hendak membeli tiket di aplikasi Access by KAI dan situs kai.id. Antrean ini berpotensi terjadi pada saat peak season, seperti musim lebaran, natal, atau tahun baru.

"Iya, betul, seperti (war tiket) konser. Akan ditampilkan berapa lama (waktu) harus menunggu dan jangan keluar dari window(aplikasi) agar tidak terlempar dalam daftar antrean," jelas Joni kepada CNNIndonesia.com, Kamis (15/2).

Calon penumpang diminta tidak meninggalkan windowaplikasi atau situs, selayaknya wartiket konser. Pada gilirannya, calon penumpang akan diarahkan masuk ke dalam sistem pemesanan dan bisa memproses pembelian tiket seperti biasa.

Meski begitu, Joni menegaskan tidak ada jaminan pembeli yang mengantre akan seluruhnya mendapatkan tiket KA yang diincar. Ia menegaskan itu semua tergantung ketersediaan.

"Tetap tergantung pada ketersediaan tiket. Jika tiketnya habis, calon penumpang dapat memilih hari lain, KA lain, atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan alternatif perjalanan KA dengan mengombinasikan jadwal kereta dengan sifat persambungan," tutup Joni.

Saat ini, KAI sudah membuka penjualan tiket kereta api periode angkutan Lebaran 2024. Anda bisa membelinya mulai hari ini, yakni H-45 untuk keberangkatan 31 Maret 2024 atau H-10 lebaran.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Dokter ajaib bereinkarnasi sebagai selir

online terpercaya
Wisman datang ke Sulut naik 321,42 persen
Wisman China, di Manado, Jumat (2/3/2024). ANTARA/Nancy L Tigauw.
Wisman yang datang didominasi oleh warga Tiongkok sebanyak 2.665 orang atau sebesar 78,75 persen
Manado (ANTARA) - Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang datang berkunjung ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Januari 2024 mengalami peningkatan sebesar 321,42 persen jika dibandingkan posisi yang sama tahun sebelumnya.

"Turis yang datang ke Sulawesi Utara melalui pintu masuk bandara Sam Ratulangi bulan Januari 2024 sebanyak 3.384 orang, meningkat sebesar 321,42 persen dari posisi yang sama tahun 2023 sebanyak 803 orang," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Asim Saputra, di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan wisman asal China masih mendominasi kunjungan turis ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Januari 2024.

"Wisman yang datang didominasi oleh warga Tiongkok sebanyak 2.665 orang atau sebesar 78,75 persen dari total turis yang datang ke Sulut sebanyak 3.384 orang," katanya.

Asim mengatakan kemudian diikuti wisman yang berasal dari Singapura sebanyak 89 orang atau 2,63 persen dari total wisman, Amerika 80 orang atau 2,36 persen dan Jerman 59 orang atau 1,74 persen.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan pihaknya akan terus melakukan upaya pembukaan jalur penerbangan internasional langsung menuju Manado, sehingga kunjungan wisman semakin tinggi.

Olly Dondokambey mengatakan pihaknya memohon dukungan dari seluruh masyarakat agar perekonomian Sulut semakin baik dan merata hingga pelosok desa.

Dia berharap semua fasilitasi yang disiapkan pemerintah agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh seluruh pemerintah daerah dan pelaku usaha pariwisata untuk mempromosikan seluruh potensi destinasi wisata, ini merupakan kesempatan emas.

Baca juga: Wisman berkunjung ke Sulut didominasi warga China
Baca juga: Manado jadi destinasi wisatawan asal China 

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024

Iblis ada di sekitar

limit kredivo berkurang
Para pengusaha fesyen diminta berani berinovasi
Dewan Penasihat Indonesia Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma dalam acara MUFFEST+ Media Viewing 2024 di Jakarta, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Fitra Ashari.
Jakarta (ANTARA) - Dewan Penasihat Indonesia Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma meminta para pengusaha fesyen berani dalam berinovasi dan jeli melihat keinginan konsumen agar bisa bertahan di industri fesyen.

"Pengusaha selain menciptakan produk mereka harus benar-benar riset, customerterimanya maunya seperti apa. Ini waktu yang tepat untuk mereka meresapi dan untuk diimplementasikan untuk tahun kedepannya," kata Ali saat ditemui di sela MUFFEST+ Media Viewing di Jakarta, Jumat (1/3).

Menurut dia, para pelaku usaha fesyen mesti peka terhadap perkembangan mode busana agar bisnisnya bisa berjalan dengan baik dan terus berkembang.

Ia mengemukakan bahwa persaingan di antara para perancang busana Muslim semakin ketat dalam beberapa tahun belakangan. Mereka terus berinovasi untuk memenuhi keinginan konsumen.

"Baru belakangan ini saja banyak yang sekolah, belajar membuat modest fashion, dan konsepnya seperti apa. Itu baru beberapa tahun, atau bahkan setelah pandemi ini, saking banyak saingannya, supaya mereka menjadi beda," katanya.

Ali mengatakan bahwa pengusaha fesyen dalam negeri juga harus punya strategi untuk bersaing dengan jenama pakaian dari luar negeri.

"Kenapa mereka bisa jadi besar, karena ada spesialnya yang kita tidak punya, mungkin cutting-an lebih bagus, bahan lebih nyaman, harga lebih murah. Itu PR buat kita yang harus kita urai supaya kita tahu dan bisa bersaing dengan mereka," katanya.

Ia menambahkan, dalam hal ini pengusaha fesyen dalam negeri bisa berkolaborasi dengan jenama luar negeri untuk memenuhi kebutuhan pasar busana Muslim yang kian meningkat dan beragam.

Baca juga: MUFFEST+ ajak desainer sampaikan cerita di balik rancangan busana
Baca juga: Peragaan busana penting untuk pengembangan industri fesyen lokal

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024