petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

toko voucher

cara dapat uang dari pinterest 728Jutaan kata 340762Orang-orang telah membaca serialisasi

《toko voucher》

Kisruh Meikarta vs Konsumen, Pemerintah Bisa Apa?******

Pengamat menilai pemerintah perlu turun tangan dalam menengahi kisruh antara konsumen dengan pengembang proyek Meikarta.
Pengamat menilai pemerintah perlu turun tangan dalam menengahi kisruh antara konsumen dengan pengembang proyek Meikarta. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kisruh Apartemen Meikarta tak kunjung sampai ke titik penyelesaian hingga saat ini. Masalah justru memasuki babak baru di mana PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) selaku pengembang Meikarta menggugat 18 konsumen.

Ketua Perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta (PKPKM) Aep Mulyana mengatakan 18 orang konsumen digugat perdata senilai Rp56 miliar ke PN Jakarta Barat usai mengadu ke DPR pada Desember 2022 lalu karena unit yang tak kunjung diserahkan sejak 2019.

Aep menduga gugatan tersebut dipicu oleh isi spanduk-spanduk termasuk kata 'oligarki' yang dibentangkan saat para konsumen orasi dan berunjuk rasa di depan gedung DPR.

Konsumen Meikarta sendiri sudah rapat dengan Komisi VI DPR pada pertengahan Januari lalu. Dalam rapat itu, konsumen menceritakan kronologi terkait unit yang tidak kunjung diserahkan.

Selain itu sejumlah konsumen juga menuntut pengembang mengembalikan dana atau refund.

"Kami anggota perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta intinya sudah tidak tertarik lagi dengan unitnya, dan sepakat memohon untuk mengembalikan hak-hak kami dalam bentuk refund," ujar Aep.

Lihat Juga :
Profil Pemilik Meikarta yang Gugat Konsumen Usai Dimintai Refund

Dalam rapat itu, Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade menyinggung soal dugaan kekuatan oligarki dalam kasus Apartemen Meikarta.

"Kita melihat ada kekuatan oligarki yang sewenang-wenang. Harusnya bapak (konsumen) sudah menerima (unit) pada 2019 sekarang sudah 2023, jadi sudah delay 4 tahun," ujar Andre.

Andre juga menyinggung PT MSU yang menjanjikan unit diserahkan pada 2027. Andre menuding kasus Meikarta ini sebagai penzaliman oleh oligarki.

"Ini proyek sudah bermasalah dari awal. Ini bentuk penzaliman oligarki kepada rakyat Indonesia," ujarnya.

Lihat Juga :
Fakta-fakta Meikarta: Iklan Jor-joran hingga Konsumen Digugat Rp56 M

Kendati demikian, pihak Meikarta tidak dihadirkan dalam rapat itu. DPR sudah berencana untuk memanggil pihak Meikarta, tetapi belum ada kepastian waktu yang ditentukan.

Sementara itu, Corporate Secretary Lippo Cikarang Veronika Sitepu menjelaskan putusan homologasi menyebut penyerahan unit akan dilakukan secara bertahap hingga 2027 mendatang.

Kesepakatan perdamaian atau homologasi itu mengacu pada putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat berdasarkan Putusan No. 328/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN.Niaga Jakarta Pusat tertanggal 18 Desember 2020.

Padahal jika mengacu pada Penegasan dan persetujuan Pemesanan Unit (P3U) atau konfirmasi pemesanan, PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) selaku pemilik proyek seharusnya melakukan serah terima unit apartemen pada pertengahan 2019 hingga 2020 kepada konsumen.

Lihat Juga :
Pengembang Meikarta Kekeh Serahkan Unit Bertahap hingga 2027

Mirisnya lagi, konsumen yang menjadi debitur Bank Nobu mengaku harus tetap membayarkan cicilan untuk pembelian apartemen Meikarta yang tak kunjung mereka lihat wujudnya.

Kuasa hukum Perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta Rudy Siahaan menyebutkan saat ini terdapat anggota komunitas yang berhenti membayarkan cicilan KPA kepada Bank Nobu. Tapi, mereka mendapatkan intimidasi berbentuk surat peringatan.

"Kalau surat peringatan itu kan berarti ada yang mengancam, memperingati, 'eh kamu bayar dong unitnya, bayar angsuran kamu', bagaimana konsumen mau bayar kalo unitnya nggak ada? Stress dong," papar Rudy di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Senin (19/12).

Bersambung ke halaman berikutnya...

Bentuk Badan Pengawas Perlindungan Konsumen Properti

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

BPKH Bongkar Hitung******

BPKH mengungkapkan jika pemerintah bersikukuh mengalokasikan penggunaan nilai manfaat serupa dengan tahun lalu, maka pada 2025 dana nilai manfaat akan habis.
BPKH mengungkapkan jika pemerintah bersikukuh mengalokasikan penggunaan nilai manfaat serupa dengan tahun lalu, maka pada 2025 dana nilai manfaat akan habis. (ANTARA/Asep Firmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah mengungkapkan jika pemerintah bersikukuh mengalokasikan penggunaan nilai manfaat serupa dengan tahun lalu, maka besar peluang pada 2025 dana nilai manfaat akan habis.

Menurutnya, nilai manfaat ini didapatkan dari pertumbuhan aset akibat penundaan keberangkatan haji pada 2020-2021 karena pandemi Covid-19. Pertumbuhan aset ini mencapai Rp20 triliun. Sementara, total dana haji yang dikelola adalah Rp167 triliun.

Ia menjelaskan jika nilai manfaat yang digunakan tahun ini serupa tahun lalu dengan jumlah jemaah yang berangkat sekitar 200 ribu, maka butuh sekitar Rp12 triliun diambil dari nilai manfaat.

"Kemudian di 2023 asumsi (jumlah jemaah) dua kali lipat, yang dialokasikan maka Rp12 triliun. Maka otomatis mengambil simpanan yang dipupuk sebesar Rp12 triliun, maka saldonya itu relatif di kisaran Rp3 triliun," sambungnya.

Sisa dana dengan kisaran Rp3 triliun ini akan dialokasikan untuk keberangkatan jemaah pada 2024. Fadlul mengasumsikan jika tidak ada perubahan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), maka akan terjadi kekurangan sebesar Rp9 triliun.

"Asumsi tanpa ada kenaikan BPIH maka artinya 2024 dengan biaya (nilai manfaat) sebesar Rp12 triliun, ada sekitar Rp9 triliun yang diambil dari dana pokok pengelolaan yang selama ini dikelola. Ini dengan asumsi memasukkan semua nilai manfaat tahun berjalan," ucap Fadlul.

Lihat Juga :
Mandiri Sediakan ATM Rp10 Ribu, Satu-satunya di Indonesia

Ia mengakui bahwa saat ini kondisi keuangan BPKH dalam taraf relatif aman. Sebab, rasio likuiditasnya mencapai 2,2 kali biaya perjalanan ibadah haji (PIH) atau 0,2 lebih tinggi dari batas minimum yang ditetapkan.

"Secara finansial keuangan haji yang dikelola BPKH saat ini mendapatkan rasio likuiditas yang ditentukan, artinya biaya pemberangkatan haji dapat dicover 2 kali yang diwajibkan," tegasnya.

Sebelumnya, Fadlul mengungkapkan potensi habisnya nilai manfaat yang ditabung sepanjang 2020-2021 jika pemerintah sepakat tak menaikkan biaya haji tahun ini.

Ia memperkirakan dengan asumsi persentase seperti tahun lalu yaitu 60 persen nilai manfaat dan 40 persen biaya perjalanan ibadah haji (Bipih), maka dana yang dikelola bakal habis pada 2025.

"Kalau kita hitung berdasarkan hitungan kita, kalau memang kita harus memenuhi asumsi Bipihnya itu nilainya sama kayak tahun lalu, itu kita hitung, simpanan hasil investasi yang kita dapatkan akibatkan tidak berangkat dari 2020-2021 akan tergerus dan akan habis di 2025," kata Fadlul di Jakarta Pusat, Selasa (24/1).

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Pengusaha Ungkap Kinerja Industri Sawit Stagnan 4 Tahun Terakhir******

Ketua Umum Gapki Joko Supriyono menyebutkan kinerja industri sawit stagnan dalam empat tahun terakhir terlihat dari penurunan produksi dan nilai ekspor.
Ketua Umum Gapki Joko Supriyono menyebutkan kinerja industri sawit stagnan dalam empat tahun terakhir terlihat dari penurunan produksi dan nilai ekspor. (ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS).
Jakarta, CNN Indonesia--

Gabungan Pengusaha Kelapa SawitIndonesia (GAPKI) mencatat kinerja industri sawit stagnan dalam empat tahun terakhir. Ketua Umum GAPKI Joko Supriyono menyebutkan kondisi stagnan industri sawit terlihat dari penurunan produksi dan nilai ekspor.

Pada 2022 tercatat produksi CPO atau minyak kelapa sawit hanya 46,28 juta ton dan lebih rendah dari 2021 yang mencapai 46,88 juta ton.

"Ini sudah tahun keempat Indonesia tidak tumbuh atau stagnan, padahal kebutuhan domestik terus meningkat," kata Joko dalam konferensi pers di Jakarta dilansir dari Antara, Rabu (25/1).

Meskipun, nilai ekspor 2022 mencapai US,28 miliar setara Rp608 triliun (asumsi kurs Rp15.500) untuk CPO, olahan dan turunannya. Capaian lebih tinggi dari tahun 2021 yang hanya US,3 miliar.

"Ini terjadi karena memang harga produk sawit tahun 2022 relatif lebih tinggi dari tahun 2021," paparnya.

Joko mengungkapkan penurunan produksi dan ekspor sawit disebabkan sejumlah kejadian tak biasa. Seperti cuaca ekstrem basah yang mengganggu aktivitas serangga penyerbuk, pupuk yang mahal dan sulit diperoleh, hingga pelarangan ekspor yang menyebabkan buah tidak dapat dipanen hingga beberapa bulan berikutnya akibat stok masih tinggi.

Lihat Juga :
OJK Akan Panggil Pihak Terlibat Kasus Tukang Becak Bobol Rekening BCA

"Tahun ini memang paling tidak normal, mudah-mudahan ini bisa kita manage sehingga dinamika yang terlalu bergejolak seperti itu tidak terjadi lagi di tahun ini, khususnya ekspor dan produksi," jelas Joko.

Kendati demikian, ia menegaskan konsumsi dalam negeri tumbuh menjadi 20,97 juta ton dibanding 2021 hanya 18,42 juta ton.

Konsumsi tersebut didominasi industri pangan 9,94 juta ton dari yang sebelumnya 8,95 juta ton, lalu industri oleokimia naik dari 2,13 juta ton menjadi 2,19 juta ton. Ditambah dengan konsumsi biodiesel yang mencapai 8,84 juta ton pada 2022 dari yang sebelumnya 7,34 juta ton.

Gapki memperkirakan sejumlah kondisi yang memengaruhi kinerja industri sawit tahun lalu masih akan berdampak pada tahun ini.

"Produksi diperkirakan masih belum akan meningkat, sementara konsumsi dalam negeri diperkirakan akan meningkat akibat penerapan kewajiban biodiesel B35 mulai 1 Februari 20223," tegas Joko.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)




bab terbaru:slot yang gampang jp

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
cara mengaktifkan cicilan di tokopedia
slot tergacor terpercaya
kta bank mandiri online
bantuan kredivo
link bermain slot
demoslotpgsoft
samurai188
pasang togel di hp
joker81
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs terbaru slot gacor
Bab 2 bo slot terbaik dan terpercaya
Bab 3 17 erek erek togel
Bab 4 voucher gofood hari ini
Bab 5 buku mimpi berenang
Bab 6 bidadari slot
Bab 7 poker slot 888
Bab 8 nomor prediksi togel hk
Bab 9 akunjp
Bab 10 tulusbet
Bab 11 singa id ilegal atau legal
Bab 12 eropa4d slot
Bab 13 situs slot paling gacor mudah menang
Bab 14 slot633 gacor
Bab 15 bocoran admin slot harmonibet
Bab 16 penjilat 2d
Bab 17 ketua77
Bab 18 pemain168
Bab 19 polaslot
Bab 20 berkahpoker
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9308bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Karakter pendukung wanita terlahir kembali sebagai Phoenix dalam perjalanannya menuju keabadian

macau303
Lion Air Group buka suara terkait insiden pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 797 yang menabrak Garbarata Bandara Mopah Merauke, Papua Selatan.
Lion Air Group buka suara terkait insiden pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 797 yang menabrak Garbarata Bandara Mopah Merauke, Papua Selatan. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL).
Jakarta, CNN Indonesia--

Lion Air Group buka suara terkait insiden pesawat Lion Airdengan nomor penerbangan JT 797 yang menabrak garbarata Bandara Mopah Merauke, Papua Selatan.

Corporate Communication Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan saat ini Lion Air bersama pihak berwenang terkait sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Lion Air tidak dapat berspekulasi atau memberikan keterangan mengenai penyebab. Proses investigasi membutuhkan waktu signifikan untuk mendapatkan rekomendasi," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (26/1).

Ia mengatakan sebelum keberangkatan pesawat sudah dilakukan pengecekan dan pemeriksaan lebih awal (pre-flight check) dengan hasil layak dan aman dioperasikan (airworthy for flight).

Setelah persiapan layanan dan penanganan darat selesai, pesawat bersiap dan mulai bergerak perlahan di area parkir pesawat (apron).

Danang menambahkan dalam proses itu terjadi hambatan di area sebelah kanan pesawat. Untuk memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan untuk kembali ke titik parkir guna dilakukan pemeriksaan.

Lihat Juga :
IBM Bakal PHK 3.900 Karyawan

"Hasil pengamatan, lekukan ujung sayap bagian kanan menyentuh (gesekan) pada bagian luar bangunan garbarata bandar udara," katanya.

Dalam upaya memberikan rasa kenyamanan, seluruh penumpang diarahkan dan diturunkan menuju ruang tunggu terminal keberangkatan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Ia mengatakan pihaknya telah menyediakan fasilitas kepada seluruh penumpang berdasarkan ketentuan yang berlaku antara lain memindahkan penerbangan (transfer flight) pada maskapai lain yang disesuaikan ketersediaan kursi, proses pengembalian dana tiket (refund) sesuai permintaan penumpang serta lainnya.

Sebelumnya, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 797 menabrak Garbarata Bandara Mopah Merauke, Papua Selatan.

Lihat Juga :
Ikea Terancam Diboikot Buntut Al Quran Dibakar Politikus Swedia

Polisi menjelaskan detik-detik pesawat Lion Air menabrak Garbarata Bandara Mopah Merauke.

"Kejadiannya pesawat mau berputar haluan menuju runway penerbangan. Di situ ada Garbarata, pesawatnya nabrak bagian sayap," ujar Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan, mengutip detik.com, Kamis (26/1).

Pesawat tersebut membawa 117 penumpang. Sandi mengatakan peristiwa tersebut terjadi pukul 09.10 WIT dan tidak ada korban.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/pta)

Ciptakan kerajaan besar

link judi slot terbaru
Indek Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat terbatas pada perdagangan Selasa (24/1).
Indek Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat terbatas pada perdagangan Selasa (24/1). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (24/1).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menilai pergerakan IHSG bergerak moderat dengan peluang menguat terbatas.

"Pola gerak IHSG dalam melalui pekan pendek ini bergerak cukup moderat dan masih cenderung mengalami penguatan terbatas," ujar William dikutip dari rilis hariannya.

"Peluang koreksi dapat dimanfaatkan oleh investor jangka menengah hingga panjang untuk melakukan akumulasi pembelian dengan harapan capital gain yang cukup besar hingga penghujung tahun," jelasnya.

William memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support6.714 danresistance6.912.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan BBRI, ASII, ITMG, BMRI, CTRA, AALI, TBIH, dan AKRA.

Lihat Juga :
Wagub Bali soal Pembangunan Bandara Bali Utara: Perlu Kajian Mendalam

Senada, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memperkirakan IHSG berpeluang kembali menguat untuk menguji resisten di 6.908.

"IHSG diperkirakan akan menguji resisten fraktal 6.908 atau level Fibonacci retracement berikutnya di 6.968," kata Ivan.

Selain itu, berdasarkan indikator MACD menandakan momentum bullish.Bullishmerupakan kondisi ketika harga saham cenderung mengalami penguatan secara berkelanjutan pada satu periode tertentu.

Ivan memperkirakan hari ini IHSG bakal bergerak dalam rentang support6.820 dan resistance6.968. Saham pilihannya adalah ADRO, ARTO, dan BBCA.

IHSG ditutup di level 6.874 pada Jumat (20/1). Indeks saham menguat 55,02 poin atau bertambah 0,81 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp8.758 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20.808 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 257 saham menguat, 256 terkoreksi, dan 204 lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/sfr)

Tuan Perang Xuanwu

pk1sports
Produsen mainan anak Hasbro umumkan PHK 1.000 karyawan. COO Eric Nyman pun didepak keluar sebagai bagian dari perubahan organisasi perusahaan.
Produsen mainan anak Hasbro umumkan PHK 1.000 karyawan. COO Eric Nyman pun didepak keluar sebagai bagian dari perubahan organisasi perusahaan. Ilustrasi. (Reuters/ANDREW KELLY).
Jakarta, CNN Indonesia--

Produsen mainan Hasbro Inc (HAS.O) mengumumkan akan melakukan PHK terhadap 1.000 karyawannya. Ini setara dengan 15 persen tenaga kerja global Hasbro.

Hasbro juga melaporkan COO Eric Nyman keluar dari perusahaan sebagai bagian dari perubahan struktur organisasi perusahaan.

Saham pembuat mainan Play-Doh ini anjlok lebih dari 7 persen ke harga US,25 per lembar ketika berita PHK diumumkan pada Kamis (25/1) lalu.

"Meskipun ada pertumbuhan kuat di Wizards of the Coast dan games digital, konsumen produk kami menurun di kuartal keempat 2022," kata CEO Hasbro Chris Cocks dikutipReuters, Jumat (27/1).

Perusahaan memperkirakan pendapatan kuartal di musim liburan akan jauh di bawah ekspektasi, buntut melemahnya permintaan mainan dan games.

Pendapatan kuartal keempat 2022 diproyeksi turun 17 persen, menjadi sekitar US,68 miliar. Adapun para analis rata-rata memperkirakan pendapatan sebesar US,92 miliar.

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)

Sistem pemburuku yang ganas

bocoran trik slot gates of olympus
Spotify mengumumkan akan melakukan PHK terhadap sekitar 6 persen dari total karyawan dan diperkirakan menanggung pesangon hingga Rp731 miliar.
Spotify mengumumkan akan melakukan PHK terhadap sekitar 6 persen dari total karyawan dan diperkirakan menanggung pesangon hingga Rp731 miliar. Ilustrasi. (StockSnap/Freestocks.org).
Jakarta, CNN Indonesia--

Spotify mengumumkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 6 persen dari total karyawan. Perusahaan diperkirakan akan menanggung beban pesangon sekitar 35 juta euro-45 juta euro atau Rp568 miliar-Rp731 miliar (kurs rupiah Rp16.253 per euro).

"Pada 23 Januari 2023, Spotify Technology S.A. ("perusahaan") mengumumkan pengurangan basis karyawan perusahaan sekitar 6 persen di seluruh perusahaan. Perusahaan memperkirakan akan dikenakan biaya sekitar 35-45 juta euro terkait pesangon," ujar Spotify dalam pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC), dikutip Selasa (24/1).

Dalam keterangan di situs resminya, Spotify mengatakan langkah PHK dilakukan karena perusahaan perlu meningkatkan efisiensi dan mengendalikan biaya di tengah tantangan ekonomi.

Daniel menambahkan saat ini ia fokus memastikan setiap karyawan yang keluar dari Spotify diperlakukan secara adil. Karyawan yang terkena PHK akan menerima 5 bulan pesangon. Pesangon akan dihitung berdasarkan persyaratan periode pemberitahuan lokal dan masa kerja karyawan.

Selain itu, semua masa libur yang masih harus dibayar dan tidak terpakai akan dibayarkan kepada setiap karyawan yang keluar dari Spotify. Perusahaan juga akan terus menanggung perawatan kesehatan bagi karyawan selama masa pesangon mereka.

Kemudian, perusahaan juga akan membantu karyawan yang terkena PHK dalam proses mendapatkan pekerjaan baru.

Tak hanya PHK terhadap sejumlah karyawan, perusahaan juga mengumumkan bahwa sebagai bagian dari reorganisasi yang lebih luas, Chief Content & Advertising Business Officer Dawn Ostroff akan keluar dari perusahaan. Sementara Ms. Ostroff akan menjadi penasihat senior perusahaan untuk membantu memfasilitasi transisi reorganisasi perusahaan.

Dengan reorganisasi ini, perusahaan yakin akan berada pada posisi yang lebih baik untuk di masa depan. Perusahaan memiliki tujuan yang ambisius dan tidak ada yang berubah dalam komitmen perusahaan untuk membangun platform komprehensif bagi pembuat konten dari semua tingkatan.

"Untuk benar-benar menjadi tujuan utama bagi kreator, kami perlu terus meningkatkan fitur dan teknologi kami, mengeksplorasi cara baru untuk membantu kreator berinteraksi dengan penontonnya, mengembangkan kariernya, dan memonetisasi karya mereka," ujar Daniel.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Pembunuh Tertinggi yang Terlahir Kembali

akun4d
IHSG ditutup di level 6.864 pada Kamis (26/1), menguat 34,88 poin atau plus 0,51 persen dari perdagangan sebelumnya.
IHSG ditutup di level 6.864 pada Kamis (26/1), menguat 34,88 poin atau plus 0,51 persen dari perdagangan sebelumnya. (iStockphoto/Sitthiphong).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.864 pada Kamis (26/1). Indeks saham menguat 34,88 poin atau plus 0,51 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10.703 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20.515 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 299 saham menguat, 228 terkoreksi, dan 187 lainnya stagnan.

Nilai tukar rupiah pada pukul 15.10 WIB kembali melemah 0,13 persen di level Rp14.917 per dolar AS.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Amerika mayoritas ambruk. Indeks S&P 500 melemah di 0,02 persen disusul indeks NASDAQ Composite pun ikut melemah 0,18 persen. Hanya indeks NYSE Composite yang menguat 0,13 persen.

Serupa, bursa saham Eropa terpantau kompak loyo. Indeks DAX di Jerman minus 0,08 persen disusul indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,16 persen. Sementara, indeks CAC 40 di Prancis juga melemah dengan persentase 0,09 persen.

Kemudian, bursa saham Asia mayoritas menguat. Terpantau hanya indeks Nikkei 225 di Jepang yang tercatat melemah 0,12 persen. Sementara indeks Hang Seng Composite di Hong Kong perkasa di 2,17 persen disusul indeks Kospi di Korea Selatan ikut menguat 1,55 persen.

[Gambas:Video CNN]

(cfd/pta)

Jiwa prajurit menyembunyikan bagian depan

moutogel
Kemenhub dan PT KCI merespon terjadinya penumpukan penumpang KRL Jabodetabek yang terjadi di Stasiun Manggarai Jakarta beberapa hari terakhir.
Kemenhub dan PT KCI merespon terjadinya penumpukan penumpang KRL Jabodetabek yang terjadi di Stasiun Manggarai Jakarta beberapa hari terakhir. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta maaf kena penumpukan penumpang KRL Jabodetabek yang terjadi di Stasiun Manggarai Jakarta beberapa hari belakangan. Kondisi stasiun penuh sesak lantaran eskalator mati sehingga.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan ada pekerjaan perawatan eskalator dan elevator untuk penumpang KRL Jabodetabek yang dilakukan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Jakarta.

"Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," kata Adita dikutip dari Detikcom, Jumat (27/1).

Adita memastikan eskalator dan elevator di Stasiun Manggarai dapat difungsikan secara optimal. Kini, tinggal satu eskalator di pintu barat stasiun yang masih dilakukan perawatan dan tidak akan berdampak signifikan kepada perjalanan penumpang.

"DJKA akan terus berkoordinasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) selaku operator untuk melakukan pemantauan, perawatan, serta rekayasa alur penumpang jika dibutuhkan," imbuhnya.

Lihat Juga :
ANALISISMenyorot Kinerja BPKH di Tengah Usul Biaya Haji Naik Jadi Rp69 Juta

KCI pun bersuara soal membludaknya penumpang di Stasiun Manggarai. Manajer External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan mengatakan Stasiun Manggarai sampai saat ini masih dalam proses pembangunan menjadi stasiun sentra.

"Untuk pengguna commuteryang membludak dapat disampaikan bahwa Stasiun Manggarai masih proses pembangunan sebagai stasiun sentral," ungkapnya kepada Detikcom, Jumat (27/1/2023).

Oleh karena itu, kata Leza, kapasitas stasiun belum sepenuhnya bisa dioperasikan. Penumpukan penumpang tak terhindarkan, terutama di jam-jam sibuk seperti pagi pukul 05.30 - 07.30 WIB dan sore mulai pukul 16.00 - 18.00 WIB.

"Maka di jam-jam itu akan banyak pertemuan pengguna di Stasiun Manggarai secara bersamaan kedatangan commuterline," kata Leza.

KCI mengklaim berupaya semaksimal mungkin untuk mengurai kepadatan seperti mengoperasikan lebih banyak perjalanan commuterline. Masyarakat diimbau untuk menghindari jam-jam sibuk.

"Untuk memantau kepadatan Stasiun dan perjalanan secara real time dapat menggunakan KRL Access," pungkasnya.

Sebelumnya, penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai viral di Twitter. Banyak orang yang mengunggah utas serta foto yang menggambarkan kepadatan penumpang di stasiun sentral tersebut. Mereka mengeluhkan kondisi stasiun yang penuh sesak.

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)