petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

mahjong ways akun demo

cara meminjam uang ke bank bri 527Jutaan kata 890287Orang-orang telah membaca serialisasi

《mahjong ways akun demo》

Pertukaran budaya seni musik antara China dan Asia Tenggara diperdalam******

Pertukaran budaya seni musik antara China dan Asia Tenggara diperdalam
(Xinhua)
Nanning (ANTARA) - Di Dongxing, sebuah kota di perbatasan China-Vietnam di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, seorang master Duxianqin bernama Su Haizhen (51), yang juga seorang ahli siter senar tunggal, sedang menyetel alat musik unik tersebut.

Su Haizen hendak memulai sesi terakhirnya sebelum berangkat ke pertemuan "Dua Sesi" yang akan datang.

"Dua Sesi" merupakan pertemuan tahunan Kongres Rakyat Nasional (National People's Congress/NPC), badan legislatif tertinggi China, dan Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (Chinese People's Political Consultative Conference/CPPCC), sebuah badan penasihat di mana Su menjadi salah satu delegasinya.

Lahir dan dibesarkan di Dongxing, Su berasal dari etnis Jing, sebuah kelompok etnis minoritas kecil, dengan populasi sekitar 30.000 jiwa, yang sebagian besar tinggal di tiga pulau, yakni Wanwei, Wutou, dan Shanxin di kota tersebut.

Duxianqin (yang disebut Dan Bau dalam bahasa Vietnam) merupakan sebuah monokord tradisional dan instrumen musik tradisional asli etnis Jing.

"Duxianqin terdiri dari sebuah papan suara lonjong dengan senar logam yang direntangkan di atasnya. Memetik senar dapat menghasilkan semua suara dalam skala pentatonik, dan untuk mengubah nada atau irama, pemain harus menyentuh batang kayu atau pasak yang dipasang di sisi papan," kata Su, yang juga merupakan salah satu nama besar dalam seni memainkan Duxianqin.

"Mempelajari Duxianqin pada tingkat pemula jauh lebih sulit dibandingkan dengan alat musik yang lebih populer, seperti piano dan biola," tambahnya.

"Proposal yang akan saya ajukan tahun ini memiliki fokus khusus untuk mendesak pemerintah agar meningkatkan upaya mempromosikan Duxianqin, yang populer di Vietnam, sehingga dapat menjadi jembatan pertukaran budaya antara China dan negara-negara tetangganya di Asia Tenggara," lanjut Su, setelah bekerja keras semalaman mengoreksi proposal dan usulannya untuk terakhir kalinya sebelum diajukan.
 
(Xinhua). .


Su mencatat bahwa di masa lalu, banyak sekali tantangan bagi seni memainkan monokord etnis ini untuk terus bertahan, apalagi berkembang.

Namun, melalui upaya yang cukup besar untuk melindungi dan mempopulerkannya selama lebih dari dua dekade, vitalitas baru telah disuntikkan ke dalam seni yang dulu hampir punah ini

Dimasukkan ke dalam daftar warisan budaya takbenda oleh otoritas nasional pada 2011, status yang baru didapat ini merupakan sebuah anugerah besar bagi Duxianqin sebagai sebuah seni dan mereka yang hidup dan mengemban keahlian itu seperti Su, yang dengan bangga dinobatkan sebagai "pewaris" warisan budaya tersebut oleh otoritas regional di Guangxi.

Hanya dipisahkan sungai dengan Kota Mong Cai di Vietnam, Dongxing menyaksikan interaksi yang erat antara penduduk perbatasan China dan Vietnam.

Setelah terpilih menjadi anggota CPPCC pada 2023, Su berupaya memanfaatkan kedekatan antara wilayah yang dihuni etnis Jing dan negara-negara tetangga untuk menjadikan alat musik ini sebagai bagian penting dari ikatan budaya antara China dan Asia Tenggara.

"Seni Duxianqin tidak hanya eksklusif di China, namun juga telah menjadi bagian dari tradisi budaya di negara-negara seperti Vietnam dan Myanmar selama berabad-abad," kata Su. "Setiap tahun, penduduk perbatasan dari kedua sisi perbatasan akan menikmati Festival 'Ha' untuk menghormati leluhur bersama mereka dengan cara menyanyi, menari dan bermain Duxianqin. Ini adalah kesempatan untuk memupuk persahabatan, pengertian, dan rasa hormat yang lebih besar.

Pada 2005, Su melakukan perjalanan ke Hanoi di Vietnam dan mencari bimbingan seni Duxianqin dari para maestro. Selama bertahun-tahun, Su telah diundang untuk melakukan tur untuk menampilkan pertunjukan di berbagai negara dan kawasan di seluruh dunia.
 
 (Xinhua)


Permainan Duxianqin juga menjadi bagian dari daftar pertunjukan yang digelar selama China-ASEAN Expo, yang diadakan setiap tahun di Nanning, ibu kota Guangxi. 

"Memainkan lagu-lagu lokal di tempat yang saya kunjungi merupakan cara yang bagus untuk mendekatkan penonton saya, dan membuat mereka tertarik pada alat musik yang saya gunakan dan membuat mereka ingin mempelajarinya lebih lanjut, terutama orang-orang yang menciptakannya dan sejarah di balik itu."

Dengan perdagangan antara kedua pihak yang meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2010, ASEAN dan China, dalam beberapa tahun terakhir, telah menjadi mitra dagang terbesar bagi satu sama lain. Sementara itu, serangkaian forum budaya dan festival seni telah diselenggarakan untuk menyediakan lebih banyak platform guna meningkatkan pertukaran antarpihak.

Sebagai guru seni Gamelan, sebuah orkestra Indonesia yang sebagian besar terdiri dari instrumen perkusi, di Universitas Seni Guangxi, Randy Geovani Putra, seorang musisi Indonesia berusia 37 tahun, juga menjabat sebagai dekan Gamelan di universitas tersebut.

Dalam pengajarannya, Randy mencoba memadukan Gamelan dengan pertunjukan musik tradisional China, dan karyanya sangat diapresiasi oleh mahasiswa dan penonton.
 
   (Xinhua)



Berkat promosinya, semakin banyak mahasiswa di universitas itu yang jatuh cinta pada Gamelan. "Musik tidak mengenal batas. Saya berharap semakin banyak masyarakat China yang bisa mengapresiasi keindahan Gamelan, menjadikannya jembatan pertukaran budaya antara China dan tanah air saya," kata Randy

"Duxianqin dan Gamelan memiliki tingkat kesamaan tertentu dalam sejarah karena keduanya sebagian besar dimainkan di istana kerajaan untuk menghibur pejabat kerajaan sebelum dipopulerkan dan menjadi bagian penting dari identitas etnis," kata Su yang menaruh harapan besar bahwa usulan yang akan dia sampaikan dalam "Dua Sesi" tahun ini akan memberikan perbedaan, dan membuat Duxianqin berkontribusi lebih banyak untuk mempererat ikatan budaya antara China dan negara-negara ASEAN.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024

PLN IP membantu prasarana patroli untuk pelestarian gajah sumatera******

PLN IP membantu prasarana patroli untuk pelestarian gajah sumatera
PT PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Keramasan bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan (Sumsel) mendirikan fasilitas penunjang berupa Barak Mahout sebagai pusat latihan gajah (PLG) yang berlokasi di Padang Sugihan, Sumsel. ANTARA/HO-PT PLN IP.
PLN Indonesia Power terus menjaga komitmennya dalam upaya pelestarian lingkungan...
Jakarta (ANTARA) - PT PLN Indonesia Power (PLN IP), Subholding PT PLN (Persero), memberikan bantuan prasarana patroli demi pelestarian gajah sumatera atau Elephas maximus sumatrensis di Pusat Latihan Gajah (PLG) Sumatera Padang Sugihan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Vice President Corporate Communication and CSR PLN Indonesia Power Aryati dalam keterangannya, di Jakarta, Minggu, mengatakan pihaknya berkomitmen penuh dalam pengelolaan lingkungan, yang telah dituangkan dalam MoU antara Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Keramasan dan BKSDA Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sejak 2021.

"Hal ini merupakan upaya PLN Indonesia Power turut andil dalam melestarikan gajah Sumatera yang terancam punah melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli yang selaras dengan prinsip environmental, social, and governance(ESG) terkait keanekaragaman hayati," ujarnya.

Kepala BKSDA Sumsel periode 2020-2024 Ujang Wisnu Barata menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PLN Indonesia Power atas dukungannya dalam pelestarian gajah.

Kawasan dengan luas 400 hektare itu kelak akan dibangun pusat konservasi gajah dengan daerah intensif sekitar 80 hektare, yang selanjutnya siapa saja bisa berkontribusi dalam pembangunan sarana dan prasarananya.

"Saat ini, kami menerima dukungan sarana dan prasarana patroli darat dan air berupa kendaraan bermotor dan juga speedboat, semoga dapat dipergunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya serta menambah semangat dan produktivitas dalam melakukan pemantauan di kawasan konservasi ini," kata Ujang.

Aryati menambahkan upaya pelestarian lingkungan tersebut mendukung transformasi PLN green dalam menjalankan bisnis berwawasan lingkungan.

"PLN Indonesia Power terus menjaga komitmennya dalam upaya pelestarian lingkungan, kali ini gajah sumatera yang ada di kawasan BKSDA Sumatera Selatan. Kami doakan bersama semoga bapak dan ibu yang melakukan pembinaan terhadap gajah binaan ini selalu diberikan kesehatan dan pengabdiannya bisa menjadi ladang amal. Semoga juga selalu tetap survivedalam menjalankan tugasnya serta kami doakan agar gajah di sini selalu dalam keadaan baik dan sehat," ujarnya pula.

Mewakili Dewan Pertimbangan Proper Djismun Kasrie menyampaikan kegiatan tersebut merupakan hal baik dan harus terus dipertahankan.

"Konservasi gajah merupakan hal yang sangat penting dalam pelestarian gajah di kawasan ini. Tidak hanya itu, ini juga merupakan salah satu langkah yang baik dalam upaya pencapaian Proper Emas untuk PLN Indonesia Power khususnya PLN Indonesia Power UBP Keramasan. Kita doakan bersama semoga di 2024, PLN Indonesia Power UBP Keramasan dapat kembali menyabet Proper Emas," katanya lagi.

Harapan besar dari kerja sama pelestarian di Suaka Margasatwa Padang Sugihan, ujar Aryati, adalah nantinya dapat mengembangkan ekowisata di Kabupaten Banyuasin.

Dengan berkembangnya ekowisata tersebut, tentunya dapat meningkatkan nilai ekonomi dan taraf hidup masyarakat sekitar Pusat Latihan Gajah Padang Sugihan.

Tahun ini merupakan tahun ketiga kerja sama antara BKSDA Sumsel dan PLN Indonesia Power UBP Keramasan dari lima tahun yang direncanakan.

Bantuan sebelumnya berupa pembangunan barak bagi pawang gajah dan penyediaan peralatan serta perlengkapan medis khusus bagi perawat atau pawang gajah.
Baca juga: KLHK umumkan kelahiran anak gajah baru di Taman Nasional Way Kambas
Baca juga: Dirjen Gakkum: Kasus kematian gajah Sumatra masih dalam investigasi

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:trik pola gacor gates of olympus

Perbarui waktu:2024-07-02

Daftar bab terbaru
hago menghasilkan uang
gacor57
promo token listrik tokopedia
slot deposit dana online resmi
dewawin365
kumpulan situs slot bonus 100
situs judi yang lagi gacor
sakura303
jakartaslot88
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot gacor wd
Bab 2 situs terbaru slot
Bab 3 link aplikasi slot gacor
Bab 4 kingslot96
Bab 5 airbet 138 slot
Bab 6 buku mimpi 2d 66
Bab 7 slot paling sering menang
Bab 8 erek erek turis
Bab 9 sembilandewa88
Bab 10 slot gacor malam ini 2023
Bab 11 link slot yang gacor
Bab 12 bo tergacor terpercaya
Bab 13 rodaslot
Bab 14 web slot baru
Bab 15 gacor x500
Bab 16 cicilan bukalapak
Bab 17 erek belut
Bab 18 jp slot 388
Bab 19 agen slot 77
Bab 20 gacor slot malam ini
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6154bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

perjalanan penyihir

gila slot 138
Menpora: Kami bersama IMI lakukan talent scouting pembalap powerboat
Menpora Dito Ariotedjo menjawab pertanyaan wartawan dalam konferensi pers F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu (3/3/2024). ANTARA/Donny Aditra.
Kabupaten Toba, Sumatera Utara (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan Kemenpora bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) akan melakukan talent scouting(pencarian bakat) untuk pembalap F1 powerboat Indonesia. Dito membeberkan, pencarian bakat itu merupakan langkah awal untuk mulai membentuk tim F1 Powerboat dari Indonesia yang akan berlaga dalam ajang internasional tersebut. "Tadi malam kami sudah rapat dan akan mengadakan talent scoutingbersama dengan IMI," kata Dito dalam konferensi pers di Media Center F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu. Lebih lanjut, dia membeberkan, untuk mencari pembalap F1 powerboat akan lebih mudah bila calonnya merupakan atlet gokart, motocross, dan pilot pesawat jet tempur. Dengan pengalaman itu, lanjut Dito, para calon pembalap jet air akan semakin mudah untuk beradaptasi. Dia menyampaikan, selain mencari pembalap, pemerintah dan H20 Racing selaku promotor F1 Powerboat juga telah bersepakat membentuk akademi untuk olahraga F1 Powerboat dan aquabike atau jetski. Ia optimistis, kerja sama seluruh pihak dan juga kementerian akan mampu mendorong terbentuknya tim F1 Powerboat Indonesia. Selain itu, Dito juga mengimbau kepada pemerintah daerah lain untuk menjadikan Danau Toba sebagai acuan guna mengembangkan pariwisata olahraga (sport tourism) berskala internasional, khususnya olahraga air (watersport). Menteri termuda Kabinet Indonesia Maju itu menilai penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024 yang dipadukan dengan kejuaraan nasional jetski dan kompetisi perahu dayung tradisional Solu Bolon mampu menyedot minat wisatawan lokal, domestik, dan mancanegara sekaligus. Baca juga: InJourney klaim F1 Powerboat Danau Toba 2024 lebih baik dari tahun lalu

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mengeklaim penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024 lebih baik dari penyelenggaraan tahun sebelumnya pada 2023. Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan perlombaan tahun ini berjalan lancar dan tepat waktu sesuai jadwal yang ditetapkan.
 "Kami sangat bangga karena kejuaraan tahun ini berjalan dengan lancar. Kalau tahun lalu 'kanada beberapa kendala seperti cuaca," kata Maya. Dia menambahkan, pada tahun lalu dampak ekonomi penyelenggaraan ajang internasional tersebut mencapai Rp1,6 triliun. Tahun ini, diharapkan dampaknya bisa meningkat minimal 10-20 persen. Dia optimistis karena telah melihat langsung peningkatan jumlah penumpang di Bandara Internasional Sisingamangaraja XII/ Silangit dalam beberapa hari terakhir. Selain itu, keterlibatan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dipusatkan di sekitar lokasi utama perlombaan membuat masyarakat memiliki banyak pilihan aktivitas selama penyelenggaraan lomba jet air tersebut. Setelah seri Danau Toba 2024, kompetisi dilanjutkan dengan seri berikutnya di Vietnam. Sementara itu, di Indonesia, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menjadi penggawa atau penyelenggara utama kegiatan yang setara dengan balapan jet darat atau Formula 1 (F1) itu.

Baca juga: Pembalap debutan Rusty Wyatt juara F1 Powerboat Danau Toba 2024
Baca juga: Rusty Wyatt: Saya beruntung dapat momentum untuk menang

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Suami berperut hitam, tolong lepaskan

cara prediksi togel
Pemkot Cirebon sediakan 10 ton beras dalam Gerakan Pangan Murah
Sejumlah warga saat mendapatkan beras SPHP murah kemasan lima kilogram yang dijual di Program GPM di Kota Cirebon, Jawa Barat. (ANTARA/Fathnur Rohman)
Rencananya GPM ini kita selenggarakan di Lapangan Kalitanjung Kelurahan Harjamukti Kecamatan Harjamukti
Cirebon (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) pada Kamis (7/3), dengan menyediakan beras sebanyak 10 ton lebih untuk menstabilkan harga beras di daerah itu. “Rencananya GPM ini kita selenggarakan di Lapangan Kalitanjung Kelurahan Harjamukti Kecamatan Harjamukti,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon Elmi Masruroh di Cirebon, Minggu. Elmi menjelaskan dalam kegiatan itu, masyarakat yang datang diperkenankan membeli beras SPHP seharga Rp52.000 per lima kilogram maksimal dua kemasan. Pembatasan diterapkan agar penyaluran terbagi merata. Menurut dia, berdasarkan hasil penghitungan beras sebanyak 10 kilogram itu bisa mencukupi kebutuhan warga untuk selama satu bulan. Jika ingin membeli beras dalam jumlah banyak, kata Elmi, masyarakat disarankan mendatangi pasar induk sampai toko modern karena komoditas tersebut selalu tersedia.

Baca juga: KAI Cirebon sediakan 91.520 tiket untuk angkutan Lebaran 2024

Baca juga: Bapanas tinjau stok dan penyaluran beras SPHP di gudang Bulog Cirebon “Khusus beras nanti dipakai tinta bagi yang sudah membeli, jadi tidak bisa antre lagi. Pembatasan itu tujuannya supaya semakin banyak orang kebagian. Kalau beli banyak-banyak jangan di GPM,” ujarnya. Ia menjelaskan Program GPM dinilai efektif dalam menjaga harga beras tidak naik ke nilai yang lebih tinggi, serta memberikan kemudahan bagi warga untuk membeli beras murah berkualitas. Selain itu, lanjut Elmi, masyarakat diimbau untuk tidak “punic buying” ataupun menimbun beras karena hal tersebut dapat mengganggu suplai ke pasaran. Dia menyatakan bahwa beberapa daerah produsen beras sudah memastikan bisa melakukan panen raya pada April 2024, sehingga ketersediaan beras di pasaran kembali stabil yang nantinya berdampak ke penurunan harga. “Untuk sekarang sudah stabil, tapi angkanya cukup tinggi. Harga beras medium sekarang Rp14.500 per kilogram dan premium sekitar Rp16.000-Rp17.000 per kilogram, tetapi tidak ada kenaikan,” jelasnya. Elmi berharap dengan program GPM dan kebijakan guna pengendalian inflasi yang dikeluarkan Pemkot Cirebon, bisa membuat harga komoditas pokok masyarakat turun. Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon Aris Budiyanto menyampaikan berdasarkan hasil pemantauan di daerahnya, terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 104,14 pada Januari menjadi 104,71 di bulan Februari 2024. “Perkembangan harga berbagai komoditas pada Februari 2024 secara umum menunjukkan adanya kenaikan,” imbuhnya. Aris menyebut dari hal tersebut, selama Februari 2024 Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 2,19 persen (year on year/yoy) dengan tingkat inflasi 0,55 persen (month to month/mtm) serta 0,59 persen (year to date/ytd). “Komoditas yang dominan memberikan andil/sumbangan inflasi (mtm) yakni beras 0,34 persen, daging ayam ras dan telur ayam ras masing-masing 0,08 persen, cabai merah sebesar 0,06 persen, cabai rawit serta cabai hijau masing-masing 0,02 persen,” ucap dia.

Baca juga: Pemkot Cirebon targetkan 4 juta turis datang berwisata pada 2024

Baca juga: Bulog Cirebon bantu empat pemda sediakan beras murah untuk warga

Baca juga: Pemkab Cirebon distribusikan 20 ton beras murah ke desa rawan pangan

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024

Taihuang Tianshou Jue Liu Wuxie

mastercasino88
Kalbar gencarkan Gerakan Tani Pro Organik atasi pupuk mahal
Petani mengolah kotoran hewan menjadi pupuk organik sebagai langkah pengurangan pupuk kimia yang semakin mahal (Antara/HO)
Kami saat ini terus melakukan sosialisasi kepada petani yang ada di Kalbar, untuk melaksanakan Gerakan Tani Pro Organik, sebagai upaya kita meningkatkan hasil pertanian masyarakat dan mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia
Pontianak (ANTARA) - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kalimantan Barat (Kalbar) menggencarkan Gerakkan Tani Pro Organik di sejumlah daerah di provinsi itu untuk meningkatkan hasil panen yang optimal serta mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia yang semakin langka dan mahal.

"Kami saat ini terus melakukan sosialisasi kepada petani yang ada di Kalbar, untuk melaksanakan Gerakan Tani Pro Organik, sebagai upaya kita meningkatkan hasil pertanian masyarakat dan mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia," kata Kepala Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian Dinas TPH Kalbar Iskandar Mirza di Pontianak, Minggu.

Untuk menggencarkan Gerakan Tani Pro Organik tersebut, pihaknya terus melakukan kegiatan sosialisasi sekolah lapang tematik Gerakan Tani Pro Organik (Genta Organik) tahun 2024.

"Yang terakhir kami melakukan sosialisasi di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, yang diikuti para penyuluh pertanian dan wakil-wakil dari kelompok tani setempat," tuturnya.

Baca juga: Mentan sebut padi organik bisa jadi alternatif atasi krisis pangan

Iskandar menjelaskan kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah awal dalam pelaksanaan Sekolah Lapang Pertanian Organik untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep dan pelaksanaan pertanian organik.

Pihaknya menekankan pentingnya pemanfaatan Program Genta Organik dalam memperbaiki tata kelola lahan pertanian pro organik.

Ia menyoroti pentingnya hasil panen yang optimal serta mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia yang semakin langka dan mahal.

"Kegiatan Genta Organik merupakan upaya nyata untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia dengan mendorong petani dan penyuluh untuk beralih ke pupuk organik. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian secara berkelanjutan," katanya.

Baca juga: Kementan utamakan pertanian organik hadapi El Nino di 2023

Genta Organik, kata dia, menekankan penggunaan pupuk organik, pupuk hayati, pembenah tanah, dan pestisida alami, sebagai solusi terhadap masalah pupuk yang mahal dan langka.

Tujuan utama dari gerakan ini, lanjutnya, memberdayakan petani dalam memproduksi bahan-bahan tani secara mandiri, sehingga dapat meningkatkan kemandirian dan keberlanjutan sektor pertanian.

"Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan para petani dan penyuluh pertanian di Kalbar semakin termotivasi untuk bergabung dalam Genta Organik guna menciptakan pertanian yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan," kata Iskandar.

Baca juga: Petani dan penyuluh di Kalbar dibekali kemampuan buat pupuk organik
Baca juga: Kalbar gencarkan buat pupuk secara mandiri melalui program BSM3
Baca juga: FAO-Kementan gandeng petani perbatasan Kalbar produksi beras sehat
 
 

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Tuan Penyihir Serbaguna

pencairan maucash
Munster apresiasi Iqbal ciptakan gol cepat ke gawang PSSSleman
Pemain Persebaya Surabaya Muhammad Iqbal (kanan) berebut bola dengan sejumlah pemain PSS Sleman saat pertandingan pekan ke-27 Liga 1 Indonesia di Stadion GBT Surabaya, Minggu (3/3/2024). ANTARA/Rizal Hanafi.
Surabaya (ANTARA) - Pelatih Kepala Persebaya Surabaya Paul Munster mengapresiasi kemampuan tendangan jarak jauh Muhammad Iqbal saat menciptakan gol cepat pada detik ke-13 ke gawang PSS Sleman pada laga pekan ke-27 Liga 1 Indonesia, Minggu.

Pada pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya itu Persebaya selaku tuan rumah memetik kemenangan 2-1 atas PSS Sleman. 

"Gol Iqbal sangat bagus dan saya juga kaget dengan gol cepatnya. Namun itu murni kemampuan dari Iqbal karena saat lawan Persita dia juga melakukan hal yang sama dengan menendang dari jarak jauh dan nyaris membuahkan gol, namun hari ini yang bisa berhasil," ujar Munster saat konferensi pers usai pertandingan.

Munster menjelaskan, pemain asal Padang Pariaman tersebut merupakan pemain yang memiliki kemampuan khusus dan tidak dimiliki oleh pemain lain di lini tengah klub kebanggaan arek-arek Suroboyo tersebut.

"Kalau pun saat babak kedua saya mengganti Iqbal, itu murni hanya karena taktik tim, itu kebutuhan taktikal," kata pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro tersebut.

Selama melatih klub yang berjuluk Bajol Ijo tersebut, Munster selalu mengutamakan taktik, fisik dan mental.

"Selama di Persebaya saya selalu mengutamakan untuk melatih taktik, fisik, dan mental, jadi para pemain bisa memahami cara bermain saya," ujarnya.

Baca juga: Persebaya memenangi laga kandang 2-1 atas PSS Sleman

Sementara itu, pemain Persebaya Muhammad Iqbal mengatakan gol yang ia hasilkan saat melawan klub berjuluk Super Elang Jawa (Elja) tersebut merupakan taktik yang sudah dilakukan oleh tim saat latihan.

"Gol dari saya tadi memang merupakan taktik yang diberikan oleh Coach Munster, bahwa kami harus bermain menyerang dari belakang. Saat latihan kami juga sering melakukan tendangan-tendangan dari jarak jauh," ujarnya.

Dirinya juga tidak menyangka bisa membuat gol cepat pada detik ke-13 saat melawan PSS Sleman.

"Saya juga terkejut bisa mencetak gol dengan sangat cepat tadi. Ini gol pertama saya di musim ini. Gol ini saya persembahkan untuk keluarga, Bonek Bonita, dan tentu untuk tim juga," ucapnya.

Pada pertandingan itu, dua gol Persebaya tercipta melalui M Iqbal pada menit ke-1 dan Bruno Moreira pada menit ke-30. Sedangkan gol balasan PSS Sleman dicetak oleh Esteban Vizcarra pada menit ke-47.

Saat ini, Persebaya naik ke posisi sembilan klasemen sementara Liga 1 dengan meraih total 35 poin dari 27 pertandingan. Sementara PSS Sleman tetap di peringkat 14 dengan total 31 poin dari 27 pertandingan.

Pada pertandingan selanjutnya Persebaya akan melawat ke kandang Borneo FC pada 7 Maret. Sementara, PSS Sleman juga akan melakoni laga tandang ke markas PSM Makassar pada 8 Maret. 

Baca juga: Pelatih PSS Sleman sayangkan gol cepat Persebaya
Baca juga: PSSI minta klub Liga 1 dan 2 perkuat pembinaan talenta muda

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Panggilan Sihir

id gacor server thailand
Tito ingatkan Satpol PP jaga integritas dan kepercayaan publik
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyerahkan penghargaan pada peringatan HUT Ke-74 Satpol PP dan Satlinmas Ke-62 tingkat nasional yang dipusatkan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (3/3/2024). ANTARA/Fandi Yogari.
Ini dibutuhkan untuk menjaga sekaligus meningkatkan kepercayaan dan dukungan publik
Padang (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengingatkan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk
menjaga integritas serta kepercayaan publik.

"Ini dibutuhkan untuk menjaga sekaligus meningkatkan kepercayaan dan dukungan publik," kata Mendagri Muhammad Tito Karnavian di Padang, Minggu.

Hal tersebut disampaikan Mendagri Tito Karnavian pada peringatan HUT Ke-74 Satpol PP dan Satlinmas Ke-62 tingkat nasional yang dipusatkan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Mantan Kapolri tersebut mengatakan Satpol PP dan Satlinmas merupakan profesi mulia dalam memberikan perlindungan, dan keamanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, integritas dan kepercayaan publik harus terus dikedepankan.

"Tolong rekan-rekan jaga betul integritas, memegang kode etik dan disiplin dalam melaksanakan tugas serta tetap dekat dengan rakyat," ujar Mendagri.

Ia mengatakan di negara demokrasi yang menempatkan kekuasaan di tangan rakyat, kepercayaan dan dukungan publik menjadi modal penting bagi setiap instansi untuk bisa bertahan. Namun, apabila sebuah organisasi atau instansi tidak lagi mendapatkan kepercayaan dari publik, maka berdampak pada penurunan eksistensi.

Baca juga: Mendagri: Satpol PP ujung tombak penegakan peraturan daerah

Baca juga: Mendagri sebut 75.000 satpol PP berpeluang jadi ASN dan PPPK

"Peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas menjadi momentum untuk melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap berbagai kerja yang dilakukan," ucap dia.

Pada kesempatan itu, Mendagri juga menyampaikan beberapa unsur yang perlu dimiliki Satpol PP maupun Satlinmas. Setiap anggota instansi itu harus memiliki kemampuan yang andal, baik diperoleh melalui pendidikan formal maupun informal.

"Selain itu, Satpol PP dan Satlinmas juga harus menjunjung kode etik, karena ini merupakan salah satu ciri dari profesi," kata dia.

Pada peringatan HUT Ke-74 Satpol PP dan Satlinmas Ke-62 tingkat nasional itu Mendagri juga memberikan penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP kepada sejumlah kepala daerah. Di antaranya Gubernur Sumbar Mahyeldi, Penjabat (Pj) Gubernur Bali S. M. Mahendra Jaya, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Hemengku Buwono X, Bupati Sintang Jarot Winarno, dan Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

Selir iblis yang tiada taranya

bintang4d
Mandenas: PSBS Biak butuh Rp50 miliar untuk kompetisi Liga 1 Indonesia
Tim PSBS Biak. ANTARA/HO-Media Officer PSBS Biak.
Jayapura (ANTARA) - Manajer PSBS Biak Yan Mandenas mengatakan skuad berjuluk Badai Pasifik tersebut membutuhkan biaya sekitar Rp50 miliar untuk mengarungi kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2024/2025.

"PT Freeport Indonesia, Bank Papua, dan PT Nusa Tuna yang saat ini menjadi sponsor utama PSBS Biak akan tetap memberikan dukungan kepada kami untuk Liga 1 Indonesia musim depan," kata Mandenas di Jayapura, Minggu

Menurut Mandenas, selain ketiga sponsor tersebut pihaknya juga akan mencari sponsor lain untuk memenuhi kebutuhan tim selama menjalani kompetisi Liga 1 Indonesia.

"Kami bisa pastikan satu atau dua sponsor akan memberikan dukungan bagi PSBS Biak, saat ini kami sudah melakukan komunikasi dengan Kopi ABC," ujarnya.

Dia menjelaskan terkait dengan stadion yang akan digunakan PSBS Biak di Liga 1 Indonesia musim depan kemungkinan manajemen akan mencari stadion di luar Papua karena mempertimbangkan harga tiket pesawat yang sangat mahal.

"Ada waktu-waktu tertentu penerbangan ke Papua mahal dan susah sehingga kami akan mencari alternatif menggunakan stadion di Pulau Jawa," ujarnya.

Dia menambahkan untuk melengkapi komposisi pemain menjelang Liga 1 Indonesia pihaknya juga akan merekrut pemain asing dan pemain top asal Papua yang kini membela tim luar seperti Ricky Kambuaya dan Kelly Sroyer maupun Yakob dan Yance Sayuri.

"Khusus untuk pemain asing kami akan merekrut lima pemain dan saat ini kami sudah melakukan koordinasi dengan pemain dari Brasil, Argentina, Belanda, dan Portugal," katanya.

Baca juga: Persebaya memenangi laga kandang 2-1 atas PSS Sleman
Baca juga: Rizky Ridho persembahkan kemenangan Persija untuk The Jakmania
Baca juga: Rans Nusantara FC bidik tiga poin ketika jamu Persib Bandung

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024