petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bonus new member 200 di depan

hayobet 301Jutaan kata 985509Orang-orang telah membaca serialisasi

《bonus new member 200 di depan》

Jurus Ganjar Tarik Minat Anak Muda jadi Petani******

Ganjar Pranowo mengatakan ada beberapa cara yang akan ditempuhnya untuk menarik minat pemuda RI menjadi petani.
Ganjar Pranowo mengatakan ada beberapa cara yang akan ditempuhnya untuk menarik minat pemuda RI menjadi petani. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowomengungkap kiatnya untuk menarik minat anak muda menjadi petani jika ia menang dalam Pilpres 2024.

Kiat ia lontarkan untuk menjawab pertanyaan dari salah satu pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Ia mengatakan menarik minat anak muda bisa dilakukan salah satunya dengan menerapkan modernisasi pertanian. Hal itu bisa dilakukan dengan mengajak anak muda dan melatih mereka hingga mencapai sumber daya manusia (SDM) yang baik.

Ia mengatakan pernah bertanya ke beberapa anak muda soal keinginan menjadi petani. Jawaban mereka beragam.

"Satu, ideologis. 'Kami akan melakukan karena kami akan tahan dan daulat.' Tapi yang lain, 'Pak, enggak menjanjikan, lebih baik jadi pegawai di Kadin', gitu. Enggak mau dia," ujar Ganjar dalam Dialog Capres Bersama Kadin: Menuju Indonesia Emas 2045, di Jakarta, Kamis (11/1).

Maka itu, menurut Ganjar, anak-anak muda harus diberikan insentif berupa pelatihan dan teknologi yang memudahkan mereka.

"Maka insentif mesti diberikan. Dengan cara itu anak muda, saya tanya 'Kenapa Anda enggak mau ke sawah? Kenapa enggak mau peternak?', 'Bau kotor' tapi ketika saya menemukan anak-anak muda yang ideologi, 'Pak kasih kami pelatihan dan teknologi pak, mudahkan," ujarnya lebih lanjut.

"Ada akademisi, ada businessman, ada government.Kalau kemudian ini bisa kita wujudkan, dapat pak," sambungnya.

Dalam 10 tahun terakhir, jumlah penduduk Indonesia bertambah 25,5 juta jiwa. Sedangkan jumlah petani berkurang 1,7 juta jiwa. Jumlah petani akan terus berkurang karena 32 persen petani berusia di atas 60 tahun.

Sedangkan anak-anak muda kurang berminat menjadi petani baru. Ekosistem pertanian juga belum baik. Sebanyak 59 persen petani menggarap lahan di bawah 0,5 hektare.

Sehingga sulit mendapatkan bibit, pupuk, dan teknologi karena kecilnya skala usaha. Di sisi lain, nilai tukar petani semakin menurun akibat rendahnya produktivitas dan masih rendahnya teknologi.

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)

Indef proyeksikan inflasi masih berlanjut jelang Ramadhan******

Indef proyeksikan inflasi masih berlanjut jelang Ramadhan
Warga membawa beras yang didapatkan saat penyaluran bantuan pangan beras di Gudang Bulog Meger, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (31/1/2024). . ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/rwa.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto memproyeksikan, kenaikan tingkat inflasi masih akan berlanjut menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Dia memprediksi tingkat inflasi bulan Maret ini dapat mencapai 0,6 persen yang utamanya dipengaruhi oleh tingginya permintaan disusul dengan naiknya harga kebutuhan pokok.

“Maret nanti saya rasa akan lebih tinggi tingkat inflasinya, karena kenaikan tidak hanya terjadi pada beras. Nanti juga akan menyusul transportasi, harga BBM non-subsidi, harga (jalan) tol dan kebutuhan pokok lainnya. Ya telur, daging, gula semua akan naik ya, karena permintaan tinggi di Ramadhan dan Lebaran,” kata Eko saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.

Hari ini, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan tingkat inflasi bulanan sebesar 0,37 persen pada Februari 2024 (month-to-month/mtm). Sedangkan, secara tahunan Indonesia mengalami kenaikan inflasi 2,75 persen (year-on-year/yoy), meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat 2,57 persen yoy.

Baca juga: BPS: Beras masih alami inflasi pada Februari

Eko menilai tingkat inflasi bulan ini masih terbilang aman lantaran berada di rentang target inflasi 2024.

Namun, peningkatan tersebut menjadi sinyal khusus bagi pemerintah untuk segera menstabilkan harga kebutuhan pokok, khususnya beras yang memiliki andil pada inflasi bulanan sebesar 0,21 persen.

Tren inflasi komoditas beras pada Februari tercatat 5,32 persen. Peningkatan itu menjadikan beras sebagai penyumbang inflasi bulanan terbesar bulan ini.

Lebih lanjut, Eko menjelaskan bahwa ada tiga faktor utama yang mendorong naiknya harga beras di pasaran. Yang pertama, faktor produksi beras nasional yang kian berkurang. Kemarau panjang imbas dari El Nino dinilai masih menjadi penyebab utama berkurangnya produksi beras. Selain itu, estimasi panen raya baru terjadi pada bulan Maret-April 2024.

Berdasarkan data BPS, produksi beras nasional pada 2023 mencapai 31,10 juta ton, turun sebanyak 440 ribu ton atau 1,39 persen dibandingkan dengan 2022 di mana tercatat sebesar 31,54 juta ton.

Baca juga: BPS: Waspadai inflasi pada Ramadhan

Faktor kedua yang mempengaruhi inflasi beras yakni adanya keterlambatan distribusi yang disebabkan salah satunya karena program bantuan sosial (bansos) yang marak disalurkan beberapa bulan terakhir.

“Khususnya kemarin-kemarin ya. Kemudian karena Bulog harus melayani bansos dan harus melayani pasar tradisional. Saya rasa kapasitas yang terbatas dari mereka untuk bisa (memenuhi) secara birokrasi ya, bukan cadangannya,” jelasnya.

Faktor ketiga yang turut mempengaruhi adalah periode Pemilu 2024 yang meningkatkan tingkat konsumsi masyarakat. Seperti diketahui, penyelenggaraan pesta demokrasi itu turut memberikan stimulus terhadap daya beli masyarakat.

“Tidak ada penyebab tunggal dalam konteks inflasi beras hari ini ya, jadi faktor fundamental produksi yang memang turun karena El Nino, ada faktor distribusi karena bansos (jika) ditarik ke depan,” terang Eko.

Adapun Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M. Habibullah mengatakan bahwa memang hampir seluruh provinsi mengalami inflasi beras, tepatnya sebanyak 37 provinsi yang mencatatkan kenaikan harga beras. Sementara satu provinsi lainnya mengalami penurunan inflasi beras.

Secara umum, komponen harga bergejolak(volatile food) mengalami inflasi sebesar 1,53 persen, memberikan andil lebih tinggi (0,25 persen) dibanding komponen lainnya yaitu inflasi inti (0,09 persen) dan inflasi harga diatur pemerintah (0,03 persen).

Komoditas pangan lainnya yang menjadi faktor pendorong inflasi Februari adalah cabai merah dengan andil 0,09 persen, telur ayam ras 0,04 persen, serta daging ayam ras 0,02 persen.

Khusus untuk komoditas cabai merah, inflasi tercatat di setiap level perdagangan, di mana inflasi pada produsen pedesaan sebesar 4,56 persen, grosir 16,01 persen, dan eceran 17,78 persen.

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024

Kementerian BUMN resmikan lima proyek di IKN dalam dua hari******

Kementerian BUMN resmikan lima proyek di IKN dalam dua hari
Presiden RI Joko Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi melakukan groundbreaking kantor berbasis digital bertajuk Mandiri Digital Services di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/02). (BMRI)
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan meresmikan lima proyek dalam dua hari pada 29 Februari - 1 Maret 2024 di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan korporasi negara tersebut membangun beberapa kantor perwakilan, kantor jaringan telekomunikasi di IKN serta meresmikan pabrik amonium nitrat PT Kaltim Amonium Nitrat (KAN) di Bontang, Kalimantan Timur.

"Alhamdullilah pabrik amonium nitrat PT Kaltim Amonium Nitrat di Bontang telah diresmikan Bapak Presiden Joko Widodo," ujar Erick melalui keterangan di Jakarta, Jumat.

Rangkaian kunjungan proyek selama dua ini, dimulai dengan peresmian PT KAN. Pabrik ini berkapasitas produksi amonium nitrat 75.000 ton per tahun, dan asam nitrat sebesar 60.000 ton per tahun.

Pabrik tersebut sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan bahan peledak dan pupuk nasional serta memperkuat hilirisasi.

Selanjutnya, Erick Thohir dan Presiden Joko Widodo juga melakukan peletakan batu pertama atau groundbreakinguntuk tiga bank BUMN yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI.

BRI membangun BRI International Microfinance Center di IKN yang dibangun di atas tanah seluas 13 ribu meter persegi. Nantinya gedung tersebut akan terdiri atas BRI Office Nusantara, BRI Microfinance Gallery dan BRI Community Hub.

Kemudian, Bank Mandiri melakukan groundbreakingKantor Cabang Mandiri Digital Services. Kantor Mandiri Digital Services di IKN akan berlokasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara, dengan konsep bangunan hijau dan berbasis digital.

Erick mengatakan, Bank Mandiri sudah mulai pembangunan gedung digital servicesdi IKN. Ini akan menjadi pelopor one stop financial solution. Gedung itu juga mengusung konsep ramah lingkungan.

"Selain Bank Mandiri mulai dibangun BRI International Microfinance Center. Ini komitmen BRI memperkokoh infrastruktur ekonomi dengan fokus pada UMKM dan ultra mikro," katanya.

Adapun BNI membangun gedung BNI di Mini Financial Center, IKN. Gedung dengan desain futuristik namun tetap ramah lingkungan ini, akan memfasilitasi layanan perbankan berbasis smart-digital.

Lebih lanjut, Kementerian BUMN juga membangun Telkom Smart Office (TSO) di IKN. Fasilitas ini akan menjadi pusat penyediaan infrastruktur dan layanan digital di IKN.

"Ini komitmen BUMN mendukung percepatan digitalisasi dan mewujudkan Nusantara menjadi ibu kota kelas dunia untuk semua," ucapnya.


Baca juga: AHY sebut IKN jadi representasi Indonesia semakin maju

Baca juga: Erick Thohir: Pembangunan TSO di IKN jadi hub telekomunikasi Nusantara

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:situs slot online terbaik

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
cara dapat uang 5 juta dengan cepat
gif kakek zeus
tangkasnet
slot online deposit dana 5000
sumberqq
888 slot login
jostoto
togel hari ini
situs judi slot yang gacor
Daftar isi semua bab
Bab 1 voucher grab hari ini
Bab 2 suneo138
Bab 3 aplikasi buat kredit hp
Bab 4 game slot terpercaya
Bab 5 judi slot gacor gampang menang
Bab 6 situs judi slot terbesar
Bab 7 hr slot
Bab 8 voucher nonton bioskop
Bab 9 tafsir mimpi 25
Bab 10 tafsir mimpi mancing ikan togel
Bab 11 black4d
Bab 12 iogsport
Bab 13 dapatkan dollar paypal
Bab 14 situs resmi 188bet
Bab 15 trik bermain slot game
Bab 16 seribu mimpi 52
Bab 17 satu 138 slot
Bab 18 hoki1881
Bab 19 ratu3388
Bab 20 bro 55 slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3238bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Bumi ini agak jahat

venusbet
Bandara Abdulrachman Saleh di Malang, Jawa Timur, kembali beroperasi setelah ditutup akibat erupsi Gunung Semeru.
Bandara Abdulrachman Saleh di Malang, Jawa Timur, kembali beroperasi setelah ditutup akibat erupsi Gunung Semeru. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bandara Abdulrachman Saleh di Malang, Jawa Timur, kembali beroperasi setelah ditutup akibat erupsi Gunung Semeru.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan M Kristi Endah mengatakan bandara kembali dibuka pada Jumat (12/1) pukul 10.52 WIB setelah sempat ditutup pada Kamis (11/1).

"Kami terus melakukan tes secara berkala dengan interval 1 jam, dan didapatkan hasil negatif," ujar Kristi dalam keterangan resmi.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, sambungnya, akan terus memantau situasi dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait dalam penanganan kondisi tersebut.

"Kejadian seperti ini bersifat dinamis sehingga kami akan menyampaikan update informasi jika ada perkembangan lebih lanjut di lapangan," terang Kristi.

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dilaporkan mengalami erupsi. Sejak Senin (8/1) dini hari, terpantau terjadi letusan dengan tinggi kolom abu setinggi 2.000 meter.

"Teramati sembilan kali asap letusan dengan tinggi 400-2.000 meter warna asap putih kelabu," kata Ketua Tim Gunung Api PVMBG Ahmad Basuki.

Masyarakat diminta tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari kawah atau puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar.

"Waspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Master Kustomisasi Mecha

lgo234
BMKG prediksi cuaca cerah saat final F1 Powerboat Danau Toba 2024
Prakirawan Balai Besar BMKG Wilayah 1 Medan, Budi Prasetyo, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Donny Aditra
Kabupaten Toba, Sumatera Utara (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca cerah berawan saat sesi latihan bebas (free practice) resmi dan balapan final F1 Powerboat Danau Toba 2024, pada Sabtu dan Minggu (2-3 Maret). Prakirawan Balai Besar BMKG Wilayah 1 Medan, Budi Prasetyo, mengatakan bahwa kedua sesi itu dilaksanakan di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara dan diyakini akan aman bila digelar pada pukul 07.00-13.00 WIB.
"Kami prediksi cuaca cerah berawan dengan kecepatan angin 0-5 knot dari Timur Laut juga Tenggara dan ketinggian gelombang itu sekitar 7 cm sampai 25 cm," kata Budi di Media Center F1 Powerboat Danau Toba 2024, Jumat.
Ia membeberkan, cuaca akan sedikit berubah pada di siang dan sore hari, dengan kecepatan angin sekitar 5-10 knot, serta ketinggian gelombang air 10-30 cm. Lebih lanjut, dia menjelaskan, pada sore hingga malam hari, prediksi cuaca justru berpotensi hujan dengan intensitas ringan untuk wilayah lokal.
"Kalau dari pengalaman tahun lalu (F1 Powerboat Danau Toba 2023), tinggi gelombang yang lebih dari 50 cm dinyatakan cukup berbahaya oleh panitia, sehingga sesi kualifikasi ditunda," ujar Budi. Ia menambahkan, pada saat tahun lalu, tinggi gelombang air tercatat 50-80 cm dengan kecepatan angin 10-15 knot.

Baca juga: Pertamina: Stok BBM-avtur Sumut aman saat F1 Powerboat Pada 2-3 Maret nanti, Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba. F1 Powerboat tahun ini diikuti 18 pembalap dari sembilan tim dan berasal dari 10 negara. Penyelenggaraan powerboat nanti juga spesial, karena merupakan edisi ke-300 sejak diselenggarakan pada 1984 di 39 negara. Di Indonesia, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menjadi penggawa atau penyelenggara utama kegiatan yang setara dengan balapan jet darat atau Formula 1 (F1) itu.

Baca juga: Bila cuaca buruk, InJourney sebut keputusan ada di F1H2O Racing

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Jalan Serangan Balik Kelahiran Kembali 70

gacor 007 slot
Kementerian BUMN resmikan lima proyek di IKN dalam dua hari
Presiden RI Joko Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi melakukan groundbreaking kantor berbasis digital bertajuk Mandiri Digital Services di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/02). (BMRI)
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan meresmikan lima proyek dalam dua hari pada 29 Februari - 1 Maret 2024 di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan korporasi negara tersebut membangun beberapa kantor perwakilan, kantor jaringan telekomunikasi di IKN serta meresmikan pabrik amonium nitrat PT Kaltim Amonium Nitrat (KAN) di Bontang, Kalimantan Timur.

"Alhamdullilah pabrik amonium nitrat PT Kaltim Amonium Nitrat di Bontang telah diresmikan Bapak Presiden Joko Widodo," ujar Erick melalui keterangan di Jakarta, Jumat.

Rangkaian kunjungan proyek selama dua ini, dimulai dengan peresmian PT KAN. Pabrik ini berkapasitas produksi amonium nitrat 75.000 ton per tahun, dan asam nitrat sebesar 60.000 ton per tahun.

Pabrik tersebut sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan bahan peledak dan pupuk nasional serta memperkuat hilirisasi.

Selanjutnya, Erick Thohir dan Presiden Joko Widodo juga melakukan peletakan batu pertama atau groundbreakinguntuk tiga bank BUMN yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI.

BRI membangun BRI International Microfinance Center di IKN yang dibangun di atas tanah seluas 13 ribu meter persegi. Nantinya gedung tersebut akan terdiri atas BRI Office Nusantara, BRI Microfinance Gallery dan BRI Community Hub.

Kemudian, Bank Mandiri melakukan groundbreakingKantor Cabang Mandiri Digital Services. Kantor Mandiri Digital Services di IKN akan berlokasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara, dengan konsep bangunan hijau dan berbasis digital.

Erick mengatakan, Bank Mandiri sudah mulai pembangunan gedung digital servicesdi IKN. Ini akan menjadi pelopor one stop financial solution. Gedung itu juga mengusung konsep ramah lingkungan.

"Selain Bank Mandiri mulai dibangun BRI International Microfinance Center. Ini komitmen BRI memperkokoh infrastruktur ekonomi dengan fokus pada UMKM dan ultra mikro," katanya.

Adapun BNI membangun gedung BNI di Mini Financial Center, IKN. Gedung dengan desain futuristik namun tetap ramah lingkungan ini, akan memfasilitasi layanan perbankan berbasis smart-digital.

Lebih lanjut, Kementerian BUMN juga membangun Telkom Smart Office (TSO) di IKN. Fasilitas ini akan menjadi pusat penyediaan infrastruktur dan layanan digital di IKN.

"Ini komitmen BUMN mendukung percepatan digitalisasi dan mewujudkan Nusantara menjadi ibu kota kelas dunia untuk semua," ucapnya.


Baca juga: AHY sebut IKN jadi representasi Indonesia semakin maju

Baca juga: Erick Thohir: Pembangunan TSO di IKN jadi hub telekomunikasi Nusantara

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024

Sanatorium Sanjie

slot 88 gacor hari ini
Direktur ANRI apresiasi pengeloaan kearsipan Pemkab Bangka
Direktur Sumber Daya Manusia Kearsipan dan Sertifikasi ANRI RI, Andi Abubakar (enam dari kiri) foto bersama di depan gedung Depot Arsip Kabupaten Bangka (ANTARA/Kasmono)
Saya memberikan apresiasi karena Pemkab Bangka melalui dinas berwenang karena cukup baik dalam mengelola kearsipan yang merupakan dokumen penting
Sungailiat (ANTARA) - Direktur Sumber Daya Manusia Kearsipan dan Sertifikasi Arsip Nasional RI (ANRI) Andi Abubakar memberikan apresiasi ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka dalam mengelola kearsipan karena dianggap cukup baik.

"Saya memberikan apresiasi karena Pemkab Bangka melalui dinas berwenang karena cukup baik dalam mengelola kearsipan yang merupakan dokumen penting," kata Andi Abubakar saat melakukan kunjungan kerja kunjungan ke Depot Arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka, di Bangka, Jumat.

Dari kaidah pengelolaan atau penyelenggara kearsipan, menurut dia, Pemkab Bangka mulai  dari implementasi penciptaan arsip sampai proses arsip dinamis, kemudian dari dinamis ke statis, sudah terlaksana dengan baik. Begitu pula digitalisasi arsip sudah menggunakan layanan aplikasi Srikandi.

Baca juga: JKPI bersepakat dengan Perpusnas dan ANRI kelola kearsipan daerah

"Pembinaan kearsipan juga sudah dilakukan, tetapi memang perlu optimalisasi. Kalau untuk fondasi terkait penyelenggara kearsipan di Kabupaten Bangka sudah berjalan sesuai ketentuan," kata Andi Abubakar.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Mina mengatakan kedatangan Direktur SDM Kearsipan dan Sertifikasi ANRI Andi Abubakar memotivasi para pencipta arsip supaya sadar dan tertib dalam pengelolaan arsip yang benar serta sesuai dengan aturan yang ada.

Diketahui, kata dia, masih banyak ditemukan sulitnya keberadaan arsip yang sangat bersejarah. Depot arsip Kabupaten Bangka, selain menjadi tempat penitipan arsip, masyarakat juga bisa menyimpan arsip atau dokumen milik mereka agar terjaga dengan baik.

Baca juga: ANRI tekankan pentingnya budaya adaptif mengelola arsip di era digital

Pewarta: Kasmono
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Gambar Dewa Takdir

vipslot
Kementerian BUMN resmikan lima proyek di IKN dalam dua hari
Presiden RI Joko Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi melakukan groundbreaking kantor berbasis digital bertajuk Mandiri Digital Services di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/02). (BMRI)
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan meresmikan lima proyek dalam dua hari pada 29 Februari - 1 Maret 2024 di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan korporasi negara tersebut membangun beberapa kantor perwakilan, kantor jaringan telekomunikasi di IKN serta meresmikan pabrik amonium nitrat PT Kaltim Amonium Nitrat (KAN) di Bontang, Kalimantan Timur.

"Alhamdullilah pabrik amonium nitrat PT Kaltim Amonium Nitrat di Bontang telah diresmikan Bapak Presiden Joko Widodo," ujar Erick melalui keterangan di Jakarta, Jumat.

Rangkaian kunjungan proyek selama dua ini, dimulai dengan peresmian PT KAN. Pabrik ini berkapasitas produksi amonium nitrat 75.000 ton per tahun, dan asam nitrat sebesar 60.000 ton per tahun.

Pabrik tersebut sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan bahan peledak dan pupuk nasional serta memperkuat hilirisasi.

Selanjutnya, Erick Thohir dan Presiden Joko Widodo juga melakukan peletakan batu pertama atau groundbreakinguntuk tiga bank BUMN yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI.

BRI membangun BRI International Microfinance Center di IKN yang dibangun di atas tanah seluas 13 ribu meter persegi. Nantinya gedung tersebut akan terdiri atas BRI Office Nusantara, BRI Microfinance Gallery dan BRI Community Hub.

Kemudian, Bank Mandiri melakukan groundbreakingKantor Cabang Mandiri Digital Services. Kantor Mandiri Digital Services di IKN akan berlokasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara, dengan konsep bangunan hijau dan berbasis digital.

Erick mengatakan, Bank Mandiri sudah mulai pembangunan gedung digital servicesdi IKN. Ini akan menjadi pelopor one stop financial solution. Gedung itu juga mengusung konsep ramah lingkungan.

"Selain Bank Mandiri mulai dibangun BRI International Microfinance Center. Ini komitmen BRI memperkokoh infrastruktur ekonomi dengan fokus pada UMKM dan ultra mikro," katanya.

Adapun BNI membangun gedung BNI di Mini Financial Center, IKN. Gedung dengan desain futuristik namun tetap ramah lingkungan ini, akan memfasilitasi layanan perbankan berbasis smart-digital.

Lebih lanjut, Kementerian BUMN juga membangun Telkom Smart Office (TSO) di IKN. Fasilitas ini akan menjadi pusat penyediaan infrastruktur dan layanan digital di IKN.

"Ini komitmen BUMN mendukung percepatan digitalisasi dan mewujudkan Nusantara menjadi ibu kota kelas dunia untuk semua," ucapnya.


Baca juga: AHY sebut IKN jadi representasi Indonesia semakin maju

Baca juga: Erick Thohir: Pembangunan TSO di IKN jadi hub telekomunikasi Nusantara

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024

Istri Peri Tertinggi

daftar pinjaman online yang tidak terdaftar di ojk 2020
Ganjar Pranowo mengatakan ada beberapa cara yang akan ditempuhnya untuk menarik minat pemuda RI menjadi petani.
Ganjar Pranowo mengatakan ada beberapa cara yang akan ditempuhnya untuk menarik minat pemuda RI menjadi petani. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowomengungkap kiatnya untuk menarik minat anak muda menjadi petani jika ia menang dalam Pilpres 2024.

Kiat ia lontarkan untuk menjawab pertanyaan dari salah satu pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Ia mengatakan menarik minat anak muda bisa dilakukan salah satunya dengan menerapkan modernisasi pertanian. Hal itu bisa dilakukan dengan mengajak anak muda dan melatih mereka hingga mencapai sumber daya manusia (SDM) yang baik.

Ia mengatakan pernah bertanya ke beberapa anak muda soal keinginan menjadi petani. Jawaban mereka beragam.

"Satu, ideologis. 'Kami akan melakukan karena kami akan tahan dan daulat.' Tapi yang lain, 'Pak, enggak menjanjikan, lebih baik jadi pegawai di Kadin', gitu. Enggak mau dia," ujar Ganjar dalam Dialog Capres Bersama Kadin: Menuju Indonesia Emas 2045, di Jakarta, Kamis (11/1).

Maka itu, menurut Ganjar, anak-anak muda harus diberikan insentif berupa pelatihan dan teknologi yang memudahkan mereka.

"Maka insentif mesti diberikan. Dengan cara itu anak muda, saya tanya 'Kenapa Anda enggak mau ke sawah? Kenapa enggak mau peternak?', 'Bau kotor' tapi ketika saya menemukan anak-anak muda yang ideologi, 'Pak kasih kami pelatihan dan teknologi pak, mudahkan," ujarnya lebih lanjut.

"Ada akademisi, ada businessman, ada government.Kalau kemudian ini bisa kita wujudkan, dapat pak," sambungnya.

Dalam 10 tahun terakhir, jumlah penduduk Indonesia bertambah 25,5 juta jiwa. Sedangkan jumlah petani berkurang 1,7 juta jiwa. Jumlah petani akan terus berkurang karena 32 persen petani berusia di atas 60 tahun.

Sedangkan anak-anak muda kurang berminat menjadi petani baru. Ekosistem pertanian juga belum baik. Sebanyak 59 persen petani menggarap lahan di bawah 0,5 hektare.

Sehingga sulit mendapatkan bibit, pupuk, dan teknologi karena kecilnya skala usaha. Di sisi lain, nilai tukar petani semakin menurun akibat rendahnya produktivitas dan masih rendahnya teknologi.

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)