petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bonus s128 slot

agus rtp slot 298Jutaan kata 440370Orang-orang telah membaca serialisasi

《bonus s128 slot》

Waspadai gejala Flu Singapura menular pada anak******

Waspadai gejala Flu Singapura menular pada anak
Ilustrasi - Anak terkena influenza. ANTARA/Shutterstock.
Jakarta (ANTARA) - Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Prof. Dr. dr. Edi Hartoyo Sp.A(K) mengatakan orang tua perlu mewaspadai penyakit Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD) atau dikenal dengan Flu Singapura yang mudah menular pada anak usia di bawah lima tahun.


Edi, dalam diskusi daring yang diikuti, Selasa, mengatakan virus Flu Singapura yang disebabkan adanya Coxsackie Virus A16 (cox 16) dan enterovirus 71 (EV 71), termasuk dalam kelompok virus RNA yang menyebabkan lesi pada telapak tangan, telapak kaki dan mulut.


“Definisi Flu Singapura adalah kumpulan gejala adanya lesi kulit memerah terutama di telapak tangan, kaki dan mulut, yang disebabkan virus dan banyak menyerang bayi dan balita usia kurang dari lima tahun, dewasa bisa kena tapi sangat jarang, yang jadi faktor risiko anak kurang 5 tahun,” kata Edi.


Baca juga: Pakar sebut HFMD bukan penyakit berat, tapi cukup menular

Baca juga: Menkes sebut paparan flu singapura ditentukan daya tahan tubuh

Edi mengatakan penularan HFMD hampir sama dengan COVID-19 yakni adanya kontak dengan penderita atau droplet. Penularan bisa terjadi secara langsung misalnya karena batuk, bersin, terkena air liur secara oral dan dari kotoran atau feses.

Sementara penularan kontak tidak langsung juga bisa terjadi karena penggunaan handuk dari anak yang terkena Flu Singapura, menyentuh mainan atau peralatan dari anak yang terinfeksi. Sehingga bisa dikatakan HFMD sangat mudah menular baik secara kontak langsung maupun tidak langsung terutama pada anak.

Penularan terjadi saat virus masuk ke saluran pernapasan dan diteruskan ke faring atau tenggorokan, masuk ke usus dan memperbanyak diri, menyebar ke kelenjar limfe dalam waktu 24 jam, dan akhirnya muncul gejala lentingan pada kulit di sekitar mulut dan telapak tangan dan kaki.

“Gejalanya lesi di telapak tangan, kaki, mulut 100 persen, demam 72 persen, nyeri, sulit makan karena seperti sariawan, pilek, nyeri menelan, tapi tidak semua harus di kaki, tangan mulut, bisa seluruh badan 39 persen, dibuktikan dengan hasil PCR dari lokasi ditemukan lesi,” jelas Edi.

Untuk memastikan virus Flu Singapura bisa diperiksa dengan melihat sampel melalui laboratorium dengan menggunakan sampel tinja, usap rektal, atau usap ulkus di mulut atau tenggorokan dengan metode PCR.

Edi juga mengingatkan untuk memperhatikan gejala yang menunjukkan infeksi berat yang harus dilakukan perawatan di rumah sakit seperti demam lebih dari 39 derajat, nafas cepat seperti sesak, terjadi kejang terutama anak di bawah 6 tahun yang memiliki riwayat kejang keluarga.

Flu Singapura juga bisa menyebabkan komplikasi berat yang berbahaya seperti meningitis dan ensefalitis pada anak yang bisa menyebab nyeri, tidak sadar, kejang dan kelumpuhan, sehingga diperlukan pemeriksaan cairan di otak.

“Komplikasi yang diwaspadai yang bahaya kalau menyerang otak yang menyebabkan meningitis dan ensefalitis, walaupun kasusnya sangat jarang tapi beberapa jurnal dan negara tetangga ada kasusnya kesana,” jelasnya.

Untuk mencegah penularan yang cepat, Edi menyarankan untuk mengisolasi anak jika terdiagnosa Flu Singapura atau HFMD, izin dari sekolah selama kurang lebih 5-7 hari, dan penuhi asupan gizi serta cairan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Berikan pengobatan simtomatik jika anak demam dan istirahat yang cukup, rata-rata Flu Singapura bisa sembuh dengan sendirinya pada 2-3 hari, dengan lesi yang akan hilang sekitar 7 hari.

Sampai saat ini, kata Edi, vaksinasi untuk HFMD belum ada di Indonesia, sehingga pencegahannya sama seperti saat pandemi yakni menjaga kebersihan, sering mencuci tangan terutama jika kontak dengan penderita, sanitasi peralatan makan atau mainan anak yang terkena Flu Singapura dan penuhi asupan gizi anak.

Baca juga: Jangan sembarang gunakan antibiotik saat alami flu singapura

Baca juga: Flu singapura bukan flu setelah pergi ke Singapura

Baca juga: IDAI Kepri imbau warga waspadai flu Singapura serang balita

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Luhut Pastikan Pemerintah Bayar Utang Minyak Goreng ke Pengusaha******

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan memastikan pemerintah bakal membayar utang dana talangan (rafaksi) minyak goreng kepada peritel senilai Rp474,8 miliar.
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan memastikan pemerintah bakal membayar utang dana talangan (rafaksi) minyak goreng kepada peritel senilai Rp474,8 miliar. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memastikan pemerintah bakal membayar utangdana talangan (rafaksi) minyak gorengkepada peritel senilai Rp474,8 miliar.

Utang rafaksi minyak goreng ini tak lepas dari kelangkaan komoditas tersebut pada dua tahun lalu. Luhut mengatakan pemerintah sepakat membayar utang tersebut setelah melakukan rapat bersama instansi terkait.

"Jadi BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit) akan membayarkan sejumlah Rp474,8 miliar kepada pedagang yang dulu membantu masalah kelangkaan minyak goreng," kata Luhut seperti dikutip dari Instagram pribadinya, @luhut.padjaitan, Senin (25/3).

Di sisi lain, tunggakan utang itu pun bisa membuat pemerintah malu.

"Jadi rakyat kira, 'pemerintah ini, pemerintah apa, dia punya utang tapi gak bayar'. Jadi rapat kita ini klarifikasi," imbuh Luhut.

Luhut menegaskan utang rafaksi kepada peritel itu harus dibayar karena itu kewajiban. Dari sisi peritel, mereka juga berhak mendapat haknya karena modal pun terbatas.

"Saya mohon kita harus paham mereka (peritel) itu kan modalnya terbatas juga. Kalau dokumen yang belum beres dibantu lah dibereskan," ucapnya.

Polemik utang rafaksi minyak goreng sudah memasuki tahun kedua. Permasalahan ini bermula ketika pemerintah meluncurkan program penugasan kepada produsen minyak goreng dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) untuk menjual minyak goreng murah saat harga komoditas mahal.

Kala itu semua pengusaha diminta menjual minyak goreng seharga Rp14 ribu per liter, sementara itu harga minyak goreng di pasaran kala itu berkisar di Rp17 ribu-Rp20 ribu per liter. Selisih harga atau rafaksi dalam Permendag 3 disebut akan dibayarkan pemerintah.

Masalah muncul ketika Permendag 3 digantikan dengan Permendag 6 tahun 2022. Beleid baru itu membatalkan aturan lama soal rafaksi yang ditanggung pemerintah. Padahal, seharusnya utang pemerintah kepada pengusaha tetap harus dibayarkan.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Kenaikan HET Beras Premium Diperpanjang Hingga April 2024******

Bapanas memperpanjang kebijakan pelonggaran atau relaksasi HET beras premium yang naik Rp1.000 per kg hingga 24 April 2024.
Bapanas memperpanjang kebijakan pelonggaran atau relaksasi HET beras premium yang naik Rp1.000 per kg hingga 24 April 2024. (Foto: CNN Indonesia/ Kadafi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pangan Nasional (Bapanas) memperpanjang kebijakan pelonggaran atau relaksasi Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras premium hingga 24 April 2024. Semula, kebijakan dengan menaikkan HET beras premium sebesar Rp1.000 per kg yang dimulai pada 10 Maret itu akan berakhir pada 23 Maret 2024.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi menyebut kebijakan itu sebagai upaya menjaga stabilitas harga beras di tingkat konsumen, menunggu penurunan harga Gabah Kering Panen (GKP) hingga demi menjaga pasokan harga beras menjelang lebaran.

"Kita perpanjang lagi satu bulan (relaksasi). Tanggal 24 sampai 24 berikutnya lah, iya (24 April 2024). Karena supaya beras itu tetap ada di pasar ya sambil menyesuaikan harga GKP nya kan mulai turun," kata Arief di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (19/3).

Pemenuhan stok Bulog itu menurutnya akan diprioritaskan dari produksi dalam negeri. Pengadaan beras melalui impor dari luar negeri akan menjadi alternatif terakhir yang akan dilakukan pemerintah Indonesia.

"Kalau memang dirasakan perlu pengadaan dari luar negeri itu akan dilakukan tapi itu adalah alternatif terakhir," ujar Arief.

Adapun relaksasi HET beras premium yang diberlakukan sementara ini menyasar pada 8 wilayah. HET disesuaikan menjadi adanya selisih lebih Rp1.000 per kilogram dibandingkan HET sebelumnya.

Pada wilayah Jawa, Lampung, dan Sumatera Selatan diberlakukan relaksasi HET beras premium menjadi Rp14.900 per kg dari HET sebelumnya Rp13.900 per kg.

Kemudian wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Kepulauan Bangka Belitung relaksasi HET beras premium diberlakukan Rp15.400 per kg dari HET sebelumnya Rp14.400 per kg.

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, relaksasi HET beras premium di Rp15.400 per kg dari HET sebelumnya Rp14.400 per kg. Ini juga berlaku sama di wilayah Nusa Tenggara Timur dengan relaksasi HET beras premium Rp15.400 per kg dari HET sebelumnya Rp14.400 per kg.

Sementara untuk wilayah Sulawesi, relaksasi HET beras premium menjadi Rp14.900 per kg dari HET sebelumnya Rp13.900 per kg. Untuk wilayah Kalimantan, relaksasi HET beras premium menjadi Rp15.400 per kg dari HET sebelumnya Rp14.400 per kg.

Untuk wilayah Maluku, relaksasi HET beras premium menjadi Rp15.800 per kg daripada HET sebelumnya Rp14.800 per kg. Relaksasi HET beras premium untuk wilayah Papua juga persis sama dengan wilayah Maluku.

[Gambas:Video CNN]

(khr/pta)




bab terbaru:bwo99

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
slotjarwo
firstplay88
slot deposit pulsa tanpa potongan bonus new member 100
zues138
situs gacor adalah
buku mimpi 3
java303 slot
airbet88 terbaru
cara mengisi voucher k vision
Daftar isi semua bab
Bab 1 pinjol limit tinggi tenor panjang
Bab 2 situs slot paling banyak member
Bab 3 situs gacor gampang maxwin
Bab 4 link gacor
Bab 5 gap8 slot
Bab 6 jagoanslot
Bab 7 daftar pinjol resmi ojk 2022 bunga rendah
Bab 8 akun judi terpercaya
Bab 9 cara bayar lazada pakai kredivo
Bab 10 kredit akulaku tanpa dp
Bab 11 slot gacor minggu ini
Bab 12 big777 slot
Bab 13 zues138
Bab 14 online slot indonesia
Bab 15 maxim slot
Bab 16 slot new member to kecil
Bab 17 prediksi togel beijing hari ini
Bab 18 situs tergacor saat ini
Bab 19 mudah 4d login
Bab 20 clan4d
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2986bab
takutBacaan TerkaitMore+

Invasi Tao

erek penipu
Sepeda listrik didiskon hingga 25% + 20% di Transmart Full Day Sale Minggu (24/3) dibanderol mulai Rp3 jutaan.
Sepeda listrik didiskon hingga 25% + 20% di Transmart Full Day Sale Minggu (24/3) dibanderol mulai Rp3 jutaan. (CNN Indonesia/Chandra Erlangga)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale kembali lagi hari ini, Minggu (24/3) dengan diskon besar-besaran. Salah satu produk unggulannya, yakni sepeda listrik didiskon hingga 25% + 20%.

Aneka E-Bike Pacific dan Exotic diskon hingga 25% + 20% dari harga normal mulai Rp6.450.000 jadi Rp3.689.000 setelah sale. Harga ini berlaku khusus Transmart Pulau Jawa.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale, Sepeda Listrik Ada Potongan Rp2 Juta

Pelanggan bisa mendapat diskon tambahan 20 persen di Transmart Full Day Sale dengan pembayaran menggunakan Kartu Kredit Bank Mega, Bank Mega Syariah, atau Allo Prime dari Allo Bank.

Bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega nggak usah khawatir. Bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Transmart.

Jika belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal download saja aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Cus ke Transmart Full Day Sale sekarang juga dan bawa pulang sepeda listrik impianmu!

Diskon besar-besaran cuma berlaku hari ini saja, dimulai dari gerai Transmart buka hingga pukul 22.00 waktu setempat.

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Strategi Madam Shofu dalam melawan monster

gbo5000
Crazy rich India Gautam Adani membangun pembangkit hijau terbesar dunia senilai Rp315 triliun. Luasnya lima kali Paris, Perancis.
Crazy rich India Gautam Adani membangun pembangkit hijau terbesar dunia senilai Rp315 triliun. Luasnya lima kali Paris, Perancis. (Foto: AFP/SAM PANTHAKY)
Jakarta, CNN Indonesia--

Crazy rich IndiaGautam Adanimembangun pembangkit dari energi terbarukan terbesar di dunia. Luasnya lima kali Paris, Perancis.

Nilai investasinya US miliar atau Rp315 triliun (asumsi kurs Rp15.755 per dolar AS).

Saking besarnya, pembangkit hijau berupa pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan pembangkit listrik tenaga bayu/angin (PLTB) sampai terlihat dari luar angkasa. Listriknya cukup untuk memenuhi kebutuhan Swiss.

"Sebuah wilayah yang begitu luas, wilayah yang tidak terbebani, tidak ada satwa liar, tidak ada vegetasi, tidak ada pemukiman. Tidak ada penggunaan alternatif yang lebih baik untuk tanah itu," kata Direktur Eksekutif AGEL Sagar Adani, yang juga keponakan Gautam Adani.

Targetnya, kebun listrik bersih ini bakal rampung lima tahun kemudian, pada 2029. Pembangkit hijau terbesar dunia ini disebut bisa menghasilkan listrik untuk 16 juta rumah tangga di India.

Saat ini, 70 kebutuhan listrik India masih dipenuhi dari pembangkit yang berasal dari batu bara.

AGEL bakal menginvestasikan US0 miliar atau Rp1.574 triliun untuk transisi energi dalam beberapa dekade ke depan. Sebesar 70 persen di antaranya dikhususkan untuk energi bersih demi menunjang kebutuhan 1,4 miliar warga India.

India menargetkan nol emisi pada 2070. Negara ini adalah konsumen energi terbesar ketiga di dunia. Pada 2050, permintaan listrik India dari AC rumah saja diprediksi melebihi total konsumsi energi di seluruh Afrika.

Gautam Adani merupakan merupakan orang terkaya kedua India dan Asia. Kekayaannya mencapai US0 miliar atau setara Rp1.573 triliun.

Bisnis miliknya, Adani Group, bergerak di berbagai sektor mulai dari tambang batu bara, pelabuhan, media hingga semen.

[Gambas:Video CNN]

(num/pta)

Penyihir Abadi

slot788
Proyek Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 baru saja ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Kebutuhan investasinya diperkirakan mencapai Rp40 triliun.
Proyek Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 baru saja ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Kebutuhan investasinya diperkirakan mencapai Rp40 triliun. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Proyek pembangunan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 yang baru saja ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp40 triliun. Namun, dipastikan tidak menggunakan APBN maupun APBD.

Berdasarkan keterbukaan yang dikutip pada Selasa (26/3), pengembangan PIK 2 merupakan usaha patungan Agung Sedayu Group (ASG) dan Salim Group (SG) yang direncanakan menarik investasi dari investor swasta.

Saat ini kawasan PIK2 sedang dibangun jalan tol KATARA (Kamal-Teluknaga Rajeg) sepanjang hampir 40 KM dan diperkirakan akan mulai beroperasi dalam 1 tahun ke depan.

Dengan luas tersebut, rencananya akan dibangun beberapa objek wisata yang telah dikaji seperti:

- Pengembangan baru berkonsep eco-park dan dapat disebut Taman Bhineka yang akan mengusung keragaman religi dan sikap toleransi di Indonesia.
- Safari sebagai destinasi wisata alam yang dapat diakses oleh umum serta fasilitas penunjang yang diperlukan untuk mempermudah wisatawan untuk berkunjung termasuk hotel, restoran dan fasilitas lain yang berhubungan dengan wisata safari.
- Lapangan Golf dirancang untuk dapat mengakomodir standar 27 holes dengan skala design bertaraf internasional.
- Wisata Mangrove sebagai destinasi wisata alam yang berbasis pesisir pantai termasuk safari mangrove dan taman rekreasi keluarga, dan kebun binatang berhabitat mangrove.
- Sirkuit internasional untuk menyasar segmen pecinta otomotif dan direncanakan racing berskala nasional dan internasional sebagai magnet untuk segmen otomotif.
- Ekowisata dapat mencakup resort yang bertemakan pesisir pantai, taman terbuka dan tertutup dengan target segmen wisata ekowisata.

Selain itu, pembangunan PIK 2 juga ditargetkan akan memberikan kontribusi bagi perekonomian melalui beberapa target yang telah diidentifikasi seperti:

- Penyerapan lapangan kerja baru sekitar 30 ribu orang.
- Kunjungan wisatawan baik domestic maupun asing sekitar 10 juta wisman per tahun.
- Kontribusi kepada pendapatan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam bentuk pajak (PPN, PBB, PB1, PPh).
- Potensi investasi modal dari swasta/asing yang berminat untuk menanamkan modalnya di PIK2 PSN.
- Pemerataan distribusi pembangunan di luar DKI Jakarta sehingga tercapai dampak sosial dan ekonomi antara lain mengurangi kesenjangan pendapatan di seluruh lapisan masyarakat, memperkecil kesenjangan antar wilayah, pemerataan infrastruktur sehingga dapat menunjang tercapainya Indonesia Emas pada 2045.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Pengubah saya yang tidak terbatas

fortune138
Penyelenggara ungkap alasan utama kembalinya Indonesia Open ke Istora
Suasana konferensi pers jelang Indonesia Open 2024, yang digelar di Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2024). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)
Jakarta (ANTARA) - Ketua Panitia Penyelenggara Indonesia Open 2024 Armand Darmadji mengungkapkan alasan utama kembalinya turnamen BWF Super 1000 tersebut ke Istora Senayan Jakarta, yang akan digelar pada 4-9 Juni.

Armand mengatakan sejak tahun lalu sudah berencana untuk menggelar turnamen bergengsi tersebut di Indonesia Arena, Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Namun, terdapat kendala teknis dalam pemasangan rigging gantung beserta perlengkapan pencahayaan (lighting) yang membuat perhelatan bulu tangkis ini harus kembali digelar di Istora.

“Rencananya kami ingin memindahkan turnamen Indonesia Open ke Indonesia Arena yang berkapasitas kurang lebih 16.000 penonton,” kata Armand, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

“Sesuai imbauan Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo saat peresmian tahun lalu bahwa beliau ingin Indonesia Arena dapat menggelar turnamen bulu tangkis internasional,” ujarnya menambahkan.

Namun, setelah beberapa kali survei, Armand mengatakan terpaksa membatalkan rencana tersebut dan kembali ke Istora.

Baca juga: Indonesia Open jadi penentuan seeding Olimpiade Paris

“Pembatalan tersebut karena ada kendala teknis dari struktur atap Indonesia Arena yang tidak bisa mengakomodir pemasangan rigging gantung dan perlengkapan lighting yang sudah menjadi standar kami,” kata Armand.

Lebih lanjut, Armand mengatakan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) akan berupaya untuk memperbaiki hal tersebut dengan harapan Indonesia Arena bisa menggelar turnamen bulu tangkis internasional pada 2025.

“Untuk struktur seharusnya akan diperbaiki sesuai yang kami butuhkan. Kami sudah sampaikan kebutuhan rigging-nya seperti apa dan mereka (PPKGBK) sudah menangkap (maksud dan kebutuhannya). Mereka bilang akan memperbaiki dan menguatkan struktur,” ujar Armand.

Sementara itu, Indonesia Open 2024 akan menjadi ajang penentuan seeding (unggulan) Olimpiade 2024 Paris. Selain itu, turnamen ini juga menyediakan hadiah 1,3 juta dolar AS yang akan diperebutkan oleh para pemain elite dunia.

Baca juga: Gelar juara Spain Masters 2024 sangat berarti bagi Rinov/Pitha
Baca juga: BWF beri sanksi berat hingga seumur hidup untuk 8 pemain Indonesia

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Guru Besar Wuji

situs judi ceme terpercaya
Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI menutup sementara operasional Bandara Internasional Minangkabau akibat terdampak abu vulkanik dari erupsi Gunung Marapi.
Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI menutup sementara operasional Bandara Internasional Minangkabau (BIM) akibat terdampak abu vulkanik dari erupsi Gunung Marapi. (ANTARA/HO-Kemenhub).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI menutup sementara operasional Bandara Minangkabau(BIM) akibat terdampak sebaran abu vulkanik dari erupsiGunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat.

"Ya betul. Otoritas bandara menutup operasional BIM terhitung pukul 10.30 WIB hingga 14.00 WIB," kata Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI Megi H. Helmiadi di Padang, Kamis (28/3) seperti dikutip dari Antara.

Megi mengatakan penutupan sementara tersebut untuk mengantisipasi berbagai hal terutama yang menyangkut aspek keselamatan penerbangan dari dan ke bandara itu.

Langkah penutupan BIM tersebut dilakukan dengan pertimbangan aspek keselamatan para penumpang pesawat terbang. Sebab, jika penerbangan tetap dilakukan maka abu vulkanik berpotensi masuk ke dalam kabin pesawat.

Kemudian dampak buruk lainnya yaitu abu vulkanik dapat menyumbat sistem pemantau kecepatan udara yang merupakan bagian penting ketika terbang dan mendarat. Selanjutnya, dapat mengganggu navigasi dan sistem elektronik lainnya.

Tidak hanya itu, sebaran abu vulkanik juga menyebabkan landasan menjadi licin sehingga membahayakan aktivitas lepas landas maupun saat pesawat akan mendarat. Terakhir, abu vulkanik bisa merusak fungsi mesin (turbine compressor) pada pesawat sehingga mengurangi efisiensi.

Berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyampaikan aktivitas Marapi dari pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB teramati asap kawah bertekanan sedang hingga kuat berwarna putih dan kelabu, dengan intensitas sedang hingga tebal serta tinggi 400-1000 meter di atas puncak kawah. Selain itu PVMBG juga mencatat letusan dengan tinggi 1000 meter dengan warna asap kelabu.

[Gambas:Video CNN]



(antara/agt)

Penyihir tahun 1000 M

dewi5000
Karina aespa dan Lee Jae-wook resmi berpisah
Aktor asal Korea Selatan Lee Jae-wook dan Karina aespa. (ANTARA/Instagram.com @jxxvvxxk @katarinabluu)
Jakarta (ANTARA) - Karina aespa dan Lee Jae-wook dikonfirmasi telah berpisah setelah kurang lebih lima minggu menjalin hubungan romantis karena alasan fokus ke pekerjaan masing-masing.

Melansir dari Soompi, Selasa, media TenAsia melaporkan bahwa Karina dan Lee Jae-wook telah mengakhiri hubungan mereka. Padahal, hubungan mereka baru berjalan lima minggu setelah diumumkan ke publik.

Menanggapi laporan tersebut, sumber dari agensi Lee Jae Wook C-JeS mengonfirmasinya, "Lee Jae-wook memutuskan perpisahan untuk fokus pada proyek yang sedang dia syuting. Keduanya memutuskan untuk tetap sebagai rekan kerja yang saling mendukung,” kata sumber tersebut.

Baca juga: Agensi konfirmasi hubungan Lee Jae-wook dan Karina aespa

Baca juga: Dispatch laporkan kabar kencan antara Lee Jae-wook dengan Karina aespa

Sumber tersebut melanjutkan, “Mereka masing-masing akan menyapa (penggemar) melalui kegiatan yang baik dari posisi masing-masing ke depan. Tolong tunjukkan banyak minat dan dukungan yang hangat,” katanya.

Lebih lanjut, sebuah sumber dari SM Entertainment juga mengonfirmasi hal yang sama dan berkata, “Memang benar mereka putus,” katanya.

Sebelumnya, di bulan Februari 2024, Lee Jae-wook dan Karina aespa telah mengonfirmasi hubungan romantis mereka. Keduanya pertama kali bertemu dalam acara peragaan busana Prada di Milan pada 14 Januari 2024, dan sejak saat itu mereka mulai berkencan.

Baca juga: Karina aespa minta maaf ke penggemar menyusul kabar kencan

Baca juga: Simak fakta-fakta menarik tentang Lee Jae Wook

Baca juga: Lee Jae Wook bahagia bisa bertemu penggemar di Jakarta
 

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024