petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

winslot777

situs slot terpopuler di indonesia 725Jutaan kata 355240Orang-orang telah membaca serialisasi

《winslot777》

Potensi Tinggi, Otorita IKN Ajak Pebisnis Kazakhstan Bangun Nusantara******

Untuk meningkatkan minat investasi, pemerintah pun mempersiapkan sejumlah insentif terbaik bagi investor, mencakup tax holiday hingga skema tax deduction.
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono dalam Forum Investasi bertema 'Investing in Indonesia's Future Capital: Smart and Sustainable Forest City Nusantara' yang digelar di Astana, Kazakhstan pada Selasa (4/7). (Foto: Otorita IKN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Para pebisnis yang berasal dari Kazakhstan diajak berpartisipasi dalam pembangunan ibu kota baru Indonesia di Nusantara, Kalimantan Timur.

Ajakan tersebut disampaikan oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono dalam Forum Investasi bertema 'Investing in Indonesia's Future Capital: Smart and Sustainable Forest City Nusantara' di Astana, Kazakhstan pada Selasa (4/7).

Bambang menegaskan, pemerintah Indonesia terus membuka peluang bagi para investor dari luar negeri untuk berpartisipasi dalam pembangunan IKN.

Pada saat bersamaan, untuk meningkatkan minat investasi, pemerintah pun mempersiapkan sejumlah insentif terbaik, mencakup tax holiday, skema tax deduction, dan lain-lain.

Senada, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Agung Wicaksono menyatakan bahwa investasi di Nusantara mempunyai insentif pajak yang bersaing dan menarik bagi investor, seperti tax holiday berbatas minimum Rp10 miliar dengan tenggat maksimum 30 tahun. Saat ini, batas minimum mendapatkan tax holiday di luar Nusantara adalah Rp100 miliar dengan tenggat maksimum 20 tahun.

Agung menjelaskan, insentif semacam ini juga mencakup super deduction vocation, super deduction R&D, super deduction donation, pajak penghasilan 0 persen bagi UMKM, PPh 21 yang ditanggung pemerintah, VAT dan pajak penjualan untuk barang mewah, hingga fasilitas kemudahan biaya kepabeanan selama 4-6 tahun.

"Ini semua menjadi lebih menarik (berinvestasi) di Nusantara dibandingkan dengan sektor lain di Indonesia. Ini merupakan sikap bagaimana pemerintah Indonesia benar-benar menunjukkan bahwa kami mengajak investor berpartisipasi untuk ikut memiliki Nusantara," papar Agung.

Saat ini, setidaknya ada lebih dari 300 proyek investasi yang berlokasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan. Berbagai sektor pembangunan Nusantara dinilai dapat menjadi proyek strategis bernilai tinggi dengan mengedepankan pembangunan keberlanjutan.

Agung menegaskan, setiap sektor akan dianalisis sesuai kebutuhan pendanaan, mekanisme pendanaan yang akan digunakan, dan legalitas yang menaungi. Misalnya, sektor perumahan dengan peluang investasi paling signifikan.

Perumahan mempunyai estimasi investasi dengan rentang USJadi Calon Stadion Piala Dunia U******

Menteri PUPR Basuki mengungkap JIS masih bermasalah soal akses dan lahan parkir. Stadion ini masuk kandidat venue Piala Dunia U-17.
Menteri PUPR Basuki mengungkap JIS masih bermasalah soal akses dan lahan parkir. Stadion ini masuk kandidat venue Piala Dunia U-17. (AFP/ADEK BERRY)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)Basuki Hadimuljono menjelaskan Jakarta International Stadium (JIS) masih bermasalah soal akses dan lahan parkir. Stadion yang terletak di Jakarta Utara ini masuk kandidat venue Piala Dunia U-17, yang digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Basuki menyebut berkaca pada pengalaman konser musik Dewa di JIS, para penonton konser kesulitan saat pulang dari JIS. Ia bakal berkoordinasi dengan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir terkait kesiapan dan evaluasi JIS.

"Nanti akan kami evaluasi dulu. Saya mau koordinasi dulu dengan Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir," ujar Basuki dikutip dariAntara,Kamis (29/6).

"Saya akan berkoordinasi dengan beliau (Ketua Umum PSSI) secepatnya. Kalau memang perlu direnovasi, direnovasi," imbuhnya.

Terkait kesiapan stadion-stadion yang sebelumnya untuk Piala Dunia U-20 bisa digunakan bagi Piala Dunia U-17, ia menyatakan stadion-stadion tersebut siap digunakan. Ada 6 stadion disiapkan untuk Piala Dunia U-20, yang berlokasi di Palembang, Jakarta, Solo, Bandung, Bali, dan Surabaya.

Basuki mengatakan stadion-stadion tersebut masih layak karena bagian-bagian pencahayaannya, rumputnya, dan strukturnya semua sudah sesuai dengan standar FIFA. Kalau pun terdapat perbaikan hanya perbaikan-perbaikan kecil.

Lihat Juga :
Rute LRT Jabodebek Bakal Diperpanjang Sampai Bogor dan Karawang

"Kalau untuk U-20 dulu itu sudah siap, tapi stadion-stadion itu sudah dipakai. Bapak Ketum PSSI mengatakan bahwa FIFA akan datang lagi untuk melakukan pengecekan, saya belum tahu kapan FIFA akan melakukan pengecekan," ujarnya.

Soal akses dan lahan parkir JIS juga pernah disinggung Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. Ada beberapa kendala JIS yang harus diperbaiki, termasuk soal lahan parkir yang belum memadai dan akses pintu masuk ke pintu timur.

"Ini sebenarnya bukan renovasi ya, jadi kan ada catatan terkait JIS terkait akses timur dan juga kita akan mencari lokasi opsi parkir," kata Dito yang ditemui di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (29/6) pagi.

Karena kereta dan stasiun belum jadi nanti kita harus cari solusinya juga jika JIS dipakai buat event. Pak Heru (PJ Gubernur Heru Budi Hartono) juga sudah merespons katanya akan ada penataan JIS," sambung Dito.

Dito berencana meninjau stadion yang berlokasi di Jakarta Utara itu guna memastikan hal-hal yang harus diperbaiki jika memang akan digunakan sebagai salah satu tempat pertandingan pesta sepak bola level junior.

"Rencana minggu depan bersama Pak Heru akan melihat JIS untuk memastikan. Yang pasti stadion-stadion di Indonesia yang memiliki potensi harus kita optimalisasikan," ujar Dito.

JIS masuk ke daftar calon venue Piala Dunia U-17 yang dipertimbangkan Presiden Joko Widodo. Hal itu menyusul jadwal konser Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno di waktu yang sama dengan gelaran Piala Dunia U-17 2023.

April lalu, Peru gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 karena ketidakpastian infrastruktur. FIFA lalu mencabut status tuan rumah Peru.

Lalu, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta),67-1,09 miliar, di mana untuk memenuhi kebutuhan itu akan digunakan skema pendanaan PPP atau Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), dengan penanggung jawab dari Kementerian Keuangan dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII).

"Misalnya saja kawasan perumahan yang telah saya sebutkan, sebanyak 130 proyek dengan perkiraan investasi ini berdasarkan nilai tanahnya saja. Jadi jangan sampai salah paham, ini bukan total nilai investasi, tetapi ini hanya dari nilai tanah dan biaya bangunan. Sama halnya dengan area komersial, pusat perbelanjaan, pendidikan jelas menjadi sangat penting, transportasi, kesehatan, dan sebagainya," kata Agung.

Adapun dari ke-12 sektor penting investasi di Indonesia, enam di antaranya adalah sektor prioritas teratas yang berfokus pada investasi jangka pendek dan menjadi infrastruktur dasar pembangunan hingga 2024, yakni sektor energi terbarukan, telekomunikasi, transportasi, perumahan, pengolahan air, dan pengolahan limbah.

Sedangkan enam sektor lain adalah sektor prioritas tinggi yang berfokus pada investasi jangka panjang, di antaranya kota praja (township), teknologi, fasilitas kesehatan, infrastruktur komersial, fasilitas pendidikan, dan kawasan industri.

Bambang menambahkan, pembangunan Nusantara akan dilakukan dalam beberapa tahap hingga tahun 2045. Fase pertama mencakup pembangunan infrastruktur dan fasilitas utama di area inti pemerintahan.

Untuk empat fase berikutnya, yang dijadwalkan mulai tahun 2025 hingga 2045, akan mencakup pembangunan transportasi, perumahan, zona komersial, dan sejumlah industri yang lebih luas dan masif.

"Saya harap (forum) ini juga akan memperkuat kerja sama, kolaborasi, dan hubungan, setidaknya antara dua kota, Astana dan Nusantara," kata Bambang.

(rea/rea)

[Gambas:Video CNN]

Alasan KA Argo Parahyangan Tetap Beroperasi Meski Ada Kereta Cepat******

Kemenhub memastikan kereta api (KA) Argo Parahyangan tetap beroperasi meski nantinya ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan KA Argo Parahyangan tetap beroperasi meski nantinya ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Ilustrasi kereta .(CNN Indonesia/Farida)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan(Kemenhub) memastikan KA Argo Parahyangantetap beroperasi meski nantinya ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub Risal Wasal menuturkan meski kedua moda itu memiliki rute yang sama, tapi jalur hingga pangsa pasar yang berbeda. Karenanya, KA Argo Parahyangan dan KCJB akan beroperasi beriringan.

"Gopar (Argo Parahyangan) tetap beroperasi. Jalurnya beda, layanannya beda, pangsa pasarnya juga beda," tegas Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub Risal Wasal kepada CNNIndonesia.com, Selasa (27/6) lalu.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi mengaku masih harus mengkaji proses pemberhentian KA Argo Parahyangan jika KCJB mulai beroperasi. Menurutnya, dalam kajian itu yang diutamakan adalah penyediaan layanan transportasi terbaik bagi masyarakat.

Budi juga mengaku butuh melakukan survei untuk mengetahui apakah penumpang KA Argo Parahyangan akan beralih memilih kereta cepat.

Di lain sisi, ia menyebut izin operasional KCJB baru akan terbit paling lambat 1 Oktober 2023. Budi mengatakan pihaknya masih harus bekerja sama dengan Prancis untuk melakukan pengamatan terhadap kesiapan kereta cepat tersebut.

Ia merinci tiga aspek keselamatan yang perlu ditinjau dari KCJB. Pertama, keselamatan atas keretanya sendiri, di mana menurutnya keselamatan kereta cepat sudah aman dan tidak kalah dari kereta di negara-negara lain.

Kedua, prasarana. Budi mengatakan prasarana KCJB sudah aman. Ia menyebut setidaknya aspek ini terlihat dari tidak adanya getaran yang dirasakan saat menaiki kereta tersebut. Ketiga, terkaitsound barrieratau pencegahan kebisingan.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyebut pemerintah bakal menggratiskan uji coba kereta cepat hingga Oktober 2023. Namun, uji coba cuma-cuma ini dibatasi untuk mereka yang tinggal di sekitar rel kereta cepat.

"Jadi tadi Presiden (Joko Widodo) sudah kasih instruksi bahwa kami berikan rakyat kita sepanjang rel kereta api ini untuk mencoba secara gratis dan itu kami harapkan Juli sudah bisa dilakukan," kata Luhut dalam konferensi pers di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Kamis (22/6).

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)




bab terbaru:rtp gengtoto

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
slot yang terbaik
teluk4d
slotcuan
4dsetan
rtp slot 123
situs judi slot gacor
slot yang mudah maxwin
pinjam uang online ojk
gacor win
Daftar isi semua bab
Bab 1 trik slot olympus hari ini
Bab 2 sbclive4d
Bab 3 sl0t gacor
Bab 4 slot yg sedang gacor
Bab 5 judi 555
Bab 6 habanero88
Bab 7 slot agen terpercaya
Bab 8 seribu tafsir mimpi 2d bergambar
Bab 9 kumpulan bonus new member heylink
Bab 10 cara dapat duit gratis dari dana
Bab 11 permainan slot terpercaya
Bab 12 singa bet slot
Bab 13 inbaslot
Bab 14 situs apk mod aman
Bab 15 garuda138 gacor hari ini
Bab 16 dewicasino88
Bab 17 pinjol seperti kredivo
Bab 18 new york eve paito
Bab 19 ahlibet88 slot
Bab 20 kegunaan voucher google play
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9953bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Seni Bela Diri Paling Suci di Dunia Kuno

erek pembunuh
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi sebesar 3,52 persen (year on year/yoy) pada tingkat harga Juni 2023 atau turun dari Mei 2023, 4 persen.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi sebesar 3,52 persen (year on year/yoy) pada tingkat harga Juni 2023 atau turun dari Mei 2023, 4 persen. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi sebesar 3,52 persen (year on year/yoy) pada tingkat harga Juni 2023. Realisasi ini turun dibandingkan Mei 2023 yang tercatat 4 persen (yoy).

Sedangkan, secara bulanan, inflasi Juni tercatat sebesar 0,14 persen. Tingkat inflasi ini lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang hanya 0,09 persen.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini mengatakan penyumbang inflasi terbesar berasal dari kelompok makanan, minuman dan tembakau dengan andil 0,10 persen.

Tak hanya itu, inflasi juga didorong oleh kenaikan biaya kontrak rumah, harga bawang putih, rokok kretek filter dan timun dengan andil masing-masing sebesar 0,01 persen.

Secara umum, dari 90 kota yang disurvei BPS, sebanyak 78 kota mengalami inflasi. Dari jumlah ini ada sebanyak 48 kota yang mengalami inflasi lebih tinggi dari tingkat nasional.

"Sedangkan 12 kota lainnya mengalami deflasi," kata Pudji.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Tuan Pedang Tanpa Jiwa

hokbet
METRO Departemen Store menghadirkan program Long Weekend Surprise mulai 28 Juni hingga 2 Juli 2023.
METRO Departemen Store menghadirkan program Long Weekend Surprise mulai 28 Juni hingga 2 Juli 2023. (Courtesy of www.metroindonesia.com)
Jakarta, CNN Indonesia--

METRO Department Store menghadirkan program Long Weekend Surprise mulai 28 Juni hingga 2 Juli 2023.

Head of Marketing METRO Department Store Scesilia Febiana mengatakan program tersebut memberikan promo menarik bagi para shopaholicdan pelanggan setia METRO berupa diskon hingga 50 persen.

Tak hanya itu, pelanggan juga bisa mendapatkan tambahan diskon 10 persen hanya untuk nasabah Kartu Kredit Bank Mega dan Kartu Kredit Bank Mega Syariah. Selain itu, masih ada lagi tambahan cashbacksenilai Rp100 ribu dengan minimum pembelanjaan Rp2 juta.

Selama Allo Bank Day, nasabah Allo Prime bisa menikmati tambahan cashback5 persen berupa MPC Points dan tambahan lagi 5 persen cashback MPC Point dengan fasilitas Allo Pay Later dengan minimum pembelanjaan Rp1 juta.

Untuk nasabah Allo Bank yang bertransaksi Rp2 juta, Anda juga akan berkesempatan mendapatkan cashback voucher Rp100 ribu dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Adapun promo ini bisa dinikmati menarik dari produk dan brand-brand favorit Anda, mulai dari kosmetik hingga kebutuhan rumah tangga.

Lihat Juga :
Staf Luhut Akui Minta Data ke Bea Cukai China soal Ekspor Nikel Ilegal

Dari kategori kosmetik dan fragrance, METRO menghadirkan penawaran spesial dari brand-brand premium yang akan selalu menjaga kecantikan dan perawatan kulit Anda agar tetap cantik dan sehat seperti SK II, Sulwhasoo, Shiseido, Kanebo, Clarins, Lancome, Laneige, Kiehls, YSL dan masih banyak lagi.

Untuk menunjang penampilan agar tetap stylish, METRO juga menghadirkan sederet brand-brand ternama mulai dari Indonesian Designer seperti Studio 133 Biyan, Votum, House of Djuwita, Sasha Effendi, Tanda Mata, Dresshaus, dan lainnya.

Kebutuhan busana pria juga bisa didapatkan dari brand-brand ternama seperti Levi's, Executive, Guy Laroche, Pierre Cardin, Wood, Jobb, Jack Niklaus, Crocodile, Wrangler, Columbia, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan liburan tengah tahun jangan sampai ketinggalan promo menarik untuk produk koper dan travel aksesoris seperti Lojel, Delsey, Samsonite, American Tourister, Jack Niklaus Luggage.

"Seluruh promo ini tentunya memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi tidak usah bingung untuk menghabiskan waktu libur panjang Anda, langsung saja kunjungi gerai METRO Department Store terdekat Anda," kata Scesilia.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/dzu)

hukum ilahi

cara kredit hp di akulaku tanpa dp 2021
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Kamis (6/7) ini.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Kamis (6/7) ini. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Kamis (6/7) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal indeks saham masih tetap menunjukkan potensi bullish.

"Berdasarkan indikator MACD (Moving Average Convergence Divergence)menandakan momentum bullish," imbuh Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Senada, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya juga memproyeksi IHSG menguat hari ini. Menurutnya, indeks saham masih menyimpan potensi penguatan seiring perbaikan kinerja emiten sepanjang paruh pertama 2023.

Selain itu, gerak IHSG juga masih ditopang oleh rilis data perekonomian Indonesia yang kuat.

"Data perekonomian terlansir juga menunjukkan kondisi perekonomian yang masih stabil, hari ini IHSG berpotensi menguat," ucap William.

[Gambas:Video CNN]

Ia pun memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support6.601 dan resistance6.742 hari ini. Ia pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni ASII, AALI, SMRA, PWON, ASRI, UNVR, CTRA, BSDE, dan BBCA.

IHSG ditutup menguat 37,22 poin atau 0,56 persen ke level 6.718 pada perdagangan Rabu (5/7) kemarin.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp8,89 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,62 miliar saham.



(mrh/agt)

[Gambas:Video CNN]

Indah seperti batu

cicil hp tanpa kartu kredit
Menkop UKM Teten Masduki mengatakan pemerintah tak akan menalangi pengembalian dana nasabah Indosurya cs karena tak ada skema itu dalam kamus negara.
Menkop UKM Teten Masduki mengatakan pemerintah tak akan menalangi pengembalian dana nasabah Indosurya cs karena tak ada skema itu dalam kamus negara. (CNN Indonesia/Sakti Darma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koperasidan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masdukimengatakan pemerintah tidak akan menalangi dana nasabah korban penipuan sejumlah koperasi bermasalah belakangan ini.

Koperasi-koperasi tersebut di antaranya KSP Sejahtera Bersama, KSP Indosurya, KSP Pracico Inti Sejahtera, KSPPS Pracico Inti Utama, KSP Intidana, Koperasi Jasa Wahana Berkah Sentosa, KSP LiMa Garuda, dan KSP Timur Pratama Indonesia.

"Saat ini tidak ada solusi jangka pendek untuk menalangi uang mereka yang dirampok oleh pengurus koperasinya. Pemerintah tidak ada skema itu," kata Teten di Gedung Smesco, Jakarta, Rabu (5/7).

"Kita akan terus mengontrol proses hukum di kejaksaan, kepolisian, pengadilan," kata Teten.

Selain itu, agar kasus serupa tak terjadi, pemerintah juga akan merevisi Undang-undang (UU) Koperasi juga akan direvisi. Salah satu poin yang diatur adalah dibentuknya otoritas pengawas koperasi.

Teten mengatakan masalah koperasi saat ini disebabkan karena pengawasannya yang dilakukan oleh pihak internal. Ia menyebut koperasi simpan pinjam saat ini sudah semakin besar, tetapi tata kelolanya buruk.

"Itu kan banyak pengawasnya dibentuk asal-asalan juga. Ini enggak boleh lagi," kata Teten.

Sebelumnya, Teten mengatakan sebenarnya kewajiban yang harus dibayar koperasi itu ke nasabah sebesar Rp26 triliun. Namun, hingga kini yang dikembalikan baru Rp 3,4 triliun.

Teten menjelaskan itu semua terjadi karena kendala penjualan aset, pengurusan koperasi, dan proses pidana yang berjalan. Hal itu membuat likuidasi aset menjadi sulit.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Kaisar Jahat Surga yang Melahap

top 138 slot
Kementan mengantisipasi penyakit antraks di Gunungkidul agar tidak menjadi wabah melalui empat langkah pengendalian.
Kementan mengantisipasi penyakit antraks di Gunung Kidul agar tidak menjadi wabah melalui empat langkah pengendalian. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Pertanian (Kementan) mengantisipasi penyakitantraksdi Gunungkidul, DI Yogyakarta, agar tidak menjadi wabah dan merebak ke daerah lain melalui empat langkah pengendalian. Salah satunya, menyuntik antibiotik pada hewan ternak yang sehat.

Direktur Kesehatan Hewan Kementan Nuryani Zainuddin menyebut Gunung Kidul memang daerah endemik antraks. Ketika tidak dilakukan penanganan yang baik, maka kasusnya akan muncul lagi.

"Yang kami lakukan penyuntikan antibiotik pada semua hewan ternak di daerah tertular, lalu dilanjutkan ke daerah terancam di sekelilingnya. Kami lakukan pada 78 (ekor) sapi dan 286 pada kambing dan domba untuk menghindari penularan pada ternak yang sehat," ungkap Nuryani saat konferensi pers, Kamis (6/7).

"Kemudian dekontaminasi dengan desinfektan kuat, dengan formalin, pada lokasi penyembelihan dan penguburan ternak," ungkap Nuryani.

Ia menjelaskan penyakit antraks di Indonesia pertama kali muncul pada 1884 dan masih ada hingga sekarang. Penyakit yang ditularkan dari hewan ini memang tidak bisa dimusnahkan, hanya bisa dikendalikan.

Setiap tahun Kementan menyediakan 96 ribu dosis vaksin yang disebarkan ke provinsi, terutama daerah endemik antraks. Selain itu, ada cadangan cadangan 110 ribu dosis vaksin untuk berjaga-jaga penyakit ini menjadi wabah.

Lihat Juga :
Mengintip Gaji 27 Atlet yang Diangkat Menpora Jadi PNS

"Kami menyediakan 110 ribu dosis vaksin yang kita gunakan buffer stock di pusat (Kementan) jika terjadi wabah," imbuhnya.

Ia menjelaskan penyakit antraks disebabkan bakteri yang berasal dari hewan herbivora alias pemakan tumbuhan seperti sapi, kambing, domba, kuda, kelinci, babi hingga burung unta. Hewan yang terinfeksi bakal mengalami demam tinggi, kejang, sulit bernafas, rebah kemudian mati.

Nuryani menegaskan hewan-hewan sakit dengan gejala demikian tidak boleh disembelih demi mencegah penyebaran spora.

Pasalnya, spora antraks menyebar ke tanah dan lingkungan, lalu mengendap di sana hingga puluhan tahun. Begitu ada faktor pemicu, spora tersebut kembali aktif menularkan kepada hewan maupun manusia.

"Ternak yang mati atau sakit ini tidak boleh dibedah, harus dibakar atau dikubur untuk mencegah penularan. Ketika dibedah akan terjadi spora, penularan, dan masuk ke dalam tanah dan bertahan sampai puluhan tahun," ungkapnya.

Meski tak bisa hilang, ia menjabarkan beberapa langkah pencegahan antara lain vaksinasi hewan di area endemik, kontrol lalu lintas hewan dari daerah endemik ke daerah bebas antraks hingga tindakan disposal atau pemusnahan hewan yang terinfeksi.

Nuryani menyebut kasus antraks pada hewan di Gunung Kidul merupakan kejadian pertama tahun ini. Ada 12 ekor ternak terinfeksi, terdiri dari 6 ekor sapi dan 6 ekor kambing.

Kementan mendata kasus antraks di Indonesia ada 10 kasus pada 2022, 8 kasus pada 2021 dan 11 kasus di 2020.

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)

Kehidupan Biasa Kematian

big slot 303