petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara mendapatkan uang dengan membaca

angel 88 slot 87Jutaan kata 112486Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara mendapatkan uang dengan membaca》

LRT Akan Disambungkan dengan Stasiun Manggarai******

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan LRT akan terhubung dengan Stasiun Manggarai.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan LRT akan terhubung dengan Stasiun Manggarai. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan LRT akan terhubung dengan Stasiun Manggarai

Penyambungan itu dilakukan setelah pihaknya setuju dengan usulan yang disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Budi mengatakan Manggarai memang diproyeksikan sebagai stasiun sentral perkeretaapian di Jakarta yang memenuhi kebutuhan transportasi umum berbasis rel jarak dekat maupun jarak jauh.

"Tadi diusulkan Pak Gubernur ke Manggarai, saya setuju sekali. Kenapa? Manggarai menjadi central station, (kereta api) jarak jauh dan dekat semua di Manggarai termasuk (kereta) bandara," kata Budi seperti dikutip dari Antara, Rabu (2/11).

"Jadi kalau ada lalu lintas tambahan dari Velodrom menuju Manggarai, jumlah penumpang yang akan ke luar kota maupun ke bandara itu naik. Sebaliknya mereka dari bandara ke Manggarai bisa forwardingdengan head way yang relatif singkat," tambahnya.

Lihat Juga :
Pengamat Ungkap 3 Alasan BBM di SPBU Swasta Lebih Murah dari Pertamina

Menurut Budi, penyambungan rute Velodrom-Manggarai untuk LRT DKI akan dilakukan sebelum pembangunan fase ketiga yang meliputi Stasiun Dukuh Atas.

Heru Budi pada Jumat (28/10) menyatakan belum memastikan kelanjutan proyek Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 2A karena mempertimbangkan prioritas anggaran Pemprov DKI.

"Nanti kami lihat apakah itu bisa kami lanjutkan, kan bisa juga dilanjutkan oleh gubernur periode berikutnya, periode 2024," kata Heru.Untuk itu, pihaknya akan membahas proyek tersebut dalam pembahasan tersendiri, termasuk opsi pembiayaan proyek yang menghubungkan Stasiun Pegangsaan Dua di Kelapa Gading hingga Jakarta International Stadium (JIS) itu.

Proyek LRT Fase 2A sedianya melintasi enam stasiun pada segmen Britama, Artha Gading, Sunter Timur, Gelanggang Remaja, Sunter Barat, dan berakhir di JIS sepanjang 8,2 kilometer.

Namun, anggaran pembangunan LRT Fase 2A tidak tercantum dalam Rancangan APBD DKI 2023.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

[Gambas:Video CNN]

Badan Perlindungan Konsumen Minta BPOM Setop Izin Edar Produk Sirop******

Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional Rizal E Halim meminta BPOM menangguhkan izin edar produk obat sirop sementara waktu buntut gagal ginjal akut.
Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional Rizal E Halim meminta BPOM menangguhkan izin edar produk obat sirop sementara waktu buntut gagal ginjal akut. Ilustrasi. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Badan Perlindungan KonsumenNasional (BPKN) Rizal E Halim meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menangguhkan izin edar produk obat sirop.

Permintaan menyusul kasus gagal ginjal akut yang diduga disebabkan oleh kandungan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang melebihi ambang batas pada obat sirop.

"Kami akan minta audit total mulai dari hulu ke hilir dan kami minta BPOM untuk melakukan moratorium izin edar produk sirop," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI DPR RI, Kamis (3/11).

Ia juga menyinggung apabila benar temuan senyawa itu menjadi penyebab kematian kasus gagal ginjal akut, maka aparat penegak hukum harus memberikan hukuman sebesar-besarnya kepada para industri farmasi yang 'nakal' dalam temuan kasus ini.

"Tugas kami, BPOM, memastikan ini tidak terjadi lagi dari aspek sistem pengawasan, sistem jaminan keamanan dan mutu obat," kata Penny dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX, Rabu (2/11).

Penny menjelaskan dalam teknis pengawasan, pihaknya hanya melakukan pemeriksaan pada bahan baku pharmaceutical gradeyang masuk kategori larangan dan pembatasan (Lartas).

[Gambas:Video CNN]

Barang-barang tersebut harus mendapatkan izin BPOM baru boleh masuk ke Indonesia. Ia juga menyebut pengawasan itu sejauh ini sudah dilakukan secara ketat.

Sementara bahan pelarut seperti PG dan Polietilen glikol (PEG) yang merupakan bahan pelarut dan diimpor melalui kategori non-Lartas, sehingga bukan masuk pemeriksaan BPOM, melainkan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Oleh sebab itu, BPOM mengusulkan agar terdapat revisi pada skema importasi PG dan PEG dengan menjadi kategori Lartas. Sehingga nantinya, importasi kedua senyawa itu harus melalui persetujuan atau SKI BPOM.

Sementara itu, Direktur Impor Kemendag Sihard Hadjopan Pohan mengatakan BPOM seharusnya tahu siapa saja produsen farmasi yang menggunakan PG dan PEG pada obat sirop.

Lihat Juga :
Gaprindo Duga Rokok Murah yang Marak Beredar Ilegal

Menurut Pohan, PG dan PEG tersebut masuk ke Indonesia sebagai produk non-lartas alias bukan kategori larangan dan pembatasan. Dengan begitu, Kemendag meloloskan saja impor bahan baku tersebut.

"Karena dia tidak termasuk lartas ya lewat-lewat saja. BPOM yang tahu harusnya siapa saja produsen-produsen farmasi yang menggunakan barang itu. Sehingga kemarin ada opsi pengawasannya yang harus diketatkan dalam proses produksi," katanya.

Pohan menambahkan karena bahan baku tersebut tidak termasuk lartas jadi hanya perlu angka pengenalan impor (API), baik API-U untuk umum atau API-P untuk produsen.

(mrh/agt)

[Gambas:Video CNN]

Harga Kripto Menguat, Dogecoin Naik Peringkat Susul Ethereum******

Harga kripto dogecoin melesat. Bahkan, dogecoin naik ke peringkat 8 sebagai kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar.
Harga mayoritas kripto menguat, dengan penguatan terbesar dialami dogecoin. Bahkan, dogecoin naik ke peringkat 8 sebagai kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar. (iStockphoto/Adrian Black).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas kripto menghijau dalam semalam. Yang paling mengagetkan, dogecoin naik peringkat ke posisi 8 dari 10 koin digital dengan kapitalisasi pasar terbesar.

Dogecoin melaju meninggalkan cardano dan solana yang terus melempem. Dalam 24 jam terakhir, dogecoin tercatat tumbuh 14,05 persen atau 125,39 persen dalam sepekan terakhir.

Saat ini, sekeping kripto yang difavoritkan Pendiri SpaceX Elon Musk tersebut dibanderol USHarga Emas Antam Stagnan 2 Hari Berturut******

Harga emas Antam stagnan dua hari berturut-turut di posisi Rp939 ribu per gram pada Jumat (4/11).
Harga emas Antam stagnan dua hari berturut-turut di posisi Rp939 ribu per gram pada Jumat (4/11). (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual emasPT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp939 ribu per gram pada Jumat (4/11). Harga emasstagnan jika dibandingkan harga pada perdagangan sebelumnya.

Tak beda jauh, harga pembelian kembali (buyback) masih tetap di angka Rp824 ribu per gram seperti hari sebelumnya.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp519,5 ribu, 2 gram Rp1,81 juta, 3 gram Rp2,70 juta, 5 gram Rp4,47 juta, 10 gram Rp8,88 juta, 25 gram Rp22,08 juta, dan 50 gram Rp44,09 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pembeli yang tidak menyertakan NPWP dikenakan potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen.

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX menguat 0,06 persen menjadi US.631 per troy ons. Harga emas di perdagangan spot menguat 0,11 persen ke US.631 per troy ons pada pagi ini.

Senior Analis DCFX Lukman Leong memperkirakan harga emas melemah hari ini, tertekan oleh penguatan dolar AS dan naiknya imbal hasil obligasi AS.

Lihat Juga :
Krisis Solar Ancam Dunia, Stok AS Sisa 25 Hari

"Harga emas diperkirakan akan melemah oleh penguatan dolar AS dengan imbal hasil obligasi AS yang naik tinggi. Imbal hasil 2 tahun mencapai tingkat tertinggi sejak 2007," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Sebelumnya, The Fed baru menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin (bps) untuk yang keempat kalinya, ditetapkan di angka 3,5-4 persen. Ini tertinggi sejak Januari 2008.

Hari ini, Lukman memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang support US.510 per troy ons dan resistance US.540 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir),143.

Sekeping bitcoin sekarang ini dihargai US.510, sedangkan ethereum dipatok US.586 per koin.

Selanjutnya, XRP naik tipis 0,88 persen ke posisi USSriwijaya Air Kena PKPU Setelah Digugat Pailit******

Sriwijaya Air berstatus PKPU seperti diputus Pengadilan Niaga Jakpus, setelah digugat pailit.
Sriwijaya Air berstatus PKPU seperti diputus Pengadilan Niaga Jakpus, setelah digugat pailit. (Sabung.hamster via Wikimedia Commons CC-BY-SA-4.0)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Sriwijaya Air resmi berstatus penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) sementara. Hal ini tertuang dalam salah satu putusan pengadilan niaga di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Dikutip dari Detik.com, putusan PKPU sementara Sriwijaya Air tertuang dalam surat putusan nomor 247/Pdt.Sus-PKPU/2022/PN.Niaga.Jkt.Pst tertanggal 31 Oktober 2022. PKPU sementara menjadi salah satu langkah dalam gugatan pailit.

Salah satu amar putusan tersebut berbunyi, menerima dan mengabulkan permohonan PKPU yang diajukan oleh Pemohon PKPU (SUGIANTO) untuk seluruhnya.

Dewa Ketut Kartana lantas ditunjuk pengadilan sebagai hakim niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan akan bertindak sebagai hakim pengawas.

Sementara, hari persidangan berikutnya ditetapkan pada Rabu, 14 Desember 2022, bertempat di Ruang sidang Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Pengadilan turut memerintahkan pengurus untuk memanggil debitur dan para kreditur yang dikenal dalam surat tercatat atau melalui kurir untuk menghadap pada sidang yang telah ditetapkan.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir),4648 per keping. Lalu, USD coin stagnan di posisi US per keping.

Sementara sisanya tercatat meradang. Antara lain, cardano dan solana yang jatuh masing-masing 1,54 persen dan 1,35 persen.

Lihat Juga :
ANALISISInflasi Terjaga di 5,71 Persen, Jaminan RI Bebas Krisis dan Resesi?

Cardano makin murah meriah dibanderol USViral Dugaan The Goods Dept PHK Karyawan dan Gaji Tak Dibayar******

The Goods Dept, produsen fesyen, melakukan PHK pada puluhan karyawan dan tidak membayar gaji mereka yang kena PHK.
The Goods Dept, produsen fesyen, melakukan PHK pada puluhan karyawan dan tidak membayar gaji mereka yang kena PHK. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan fesyen The Goods Dept viralkarena dugaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan. Kasus ini melibatkan puluhan orang yang mengaku menjadi korban.

Dalam sebuah unggahan viral di Twitter @DiahLarasatiP, dijelaskan kronologi brand lokal ternama itu diduga memaksa lebih dari 30 orang karyawannya mengundurkan diri atau akan dikenakan ganti rugi hingga Rp30 juta rupiah per orang.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu karyawan yang terdampak Joko (bukan nama sebenarnya), saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Setelah proses panjang, pada 31 Oktober 2022 Operational Manager The Goods Dept menghubungi tim operational store, termasuk security untuk datang ke Head Office di Tangerang.

"Setelah PIC seluruh store dipanggil, barulah giliran kami dipanggil semuanya. Di sana kami pun sama dipertanyakan lagi barang-barang minus dan disodorkan juga data nilai ganti rugi per orang. Total ganti rugi puluhan juta per orang," kata dia.

Ia melanjutkan mereka diberi opsi harus mengganti rugi tanpa bisa dicicil atau mengundurkan diri. Karena tekanan dan rasa lelah, mereka memutuskan untuk mengundurkan diri.

"Setelah semua selesai membuat pernyataan dan menandatanganinya. Kami baru diinformasikan tidak akan mendapatkan gaji bulan ini. Gaji tersebut akan dipakai untuk ganti rugi hasil minus tersebut. Kena jebakan bertubi-tubi. Sudah dipaksa resign, enggak gajian juga dengan alasan untuk ganti rugi," jelasnya.

Lihat Juga :
Beda Fakta Pengusaha, Buruh dan Sri Mulyani Soal PHK Industri Tekstil

CNNIndonesia.commengkonfirmasi masalah tersebut ke pihak The Goods Dept, namun salah satu pendiri The Goods Dept Leonard Theosabrata mengatakan dirinya tak mau berkomentar karena tak berada di posisi manajemen.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja Dita Indah Sari merespons konfirmasi CNNIndonesia.comterkait dengan masalah tersebut. Dia merujuk pada responsnya di Twitter yang berisi: "Perwakilannya kapan bisa datang ke Kemnaker? Nanti diterima mediator dan pengawas."

"Kami akan mendengarkan dulu masalahnya dari kedua pihak," kata dia.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)

[Gambas:Video CNN]
,4 per keping, sedangkan solana dihargai US,23 per keping.

Baik cardano maupun solana sama-sama turun ke peringkat sembilan dan sepuluh dalam 10 koin teratas.

Saat ini, kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(bir/bir)




bab terbaru:rtp juragan69

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
voucher pegipegi
ayuslot
game slot login
daftarsbobet
gacor24
eneng4d
malam 88 slot login
bersama slot
vegas99bet
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot 08
Bab 2 rtp piala88
Bab 3 hoki 69 slot
Bab 4 gbo338
Bab 5 slot modal 5000 rupiah
Bab 6 mpoxtra838
Bab 7 tokopedia kredivo
Bab 8 erek erek 25 2d
Bab 9 situs slot nexus engine terbaik
Bab 10 logam slot
Bab 11 madu303
Bab 12 slot terbukti gacor
Bab 13 sirajaqq
Bab 14 situs judi baru
Bab 15 situs slot 680
Bab 16 buku mimpi yang lengkap
Bab 17 cara dapat uang 100 ribu perhari
Bab 18 situs slot kemenangan tinggi
Bab 19 slot gacor zeus gledek
Bab 20 ferari88 slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah812bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Kendalikan dunia

tangkasqq
Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan menyebut inflasi tahunan di provinsi itu mencapai 6,12 persen pada Oktober 2022.
Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan menyebut inflasi tahunan di provinsi itu mencapai 6,12 persen pada Oktober 2022. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA).
Makassar, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPSSulawesi Selatanmenyebutinflasitahunan di 5 daerah provinsi itu mencapai 6,12 persen pada Oktober 2022.

Kepala BPS Suntono mengatakan Kota Parepare menjadi daerah dengan inflasi tertinggi sebesar 7,66 persen dibandingkan dengan empat kota lainnya.

Sedangkan inflasi daerah lainnya, seperti Kabupaten Bulukumba sebesar 4,70 persen, Bone sebesar 6,21 persen, Makassar sebesar 6,06, dan Palopo sebesar 5,86 persen.

Suntono menjelaskan lonjakan inflasi disumbang oleh kenaikan harga BBM, tarif angkutan udara, minyak goreng, telur ayam ras, rokok kretek filter, angkutan dalam kota dan cabai rawit.

Secara detil, inflasi juga dipicu oleh kenaikan harga pada 10 kelompok pengeluaran, seperti kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 6,74 persen, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 3,03 persen, kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 2,77 persen.

Lihat Juga :
Uang Rp20 Ribu yang Viral di India Sudah Ditarik BI

Kemudian, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 4,96 persen, kelompok kesehatan sebesar 2,53 persen, kelompok transportasi sebesar 19,17 persen, kelompok rekreasi, budaya dan olahraga sebesar 3,13 persen, kelompok pendidikan sebesar 2,47 persen, kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 4,33 persen, dan kelompok perawatan pribadi serta jasa lainnya sebesar 5,44 persen.

"Kalau tingkat inflasi month to month Oktober 2022 tercatat deflasi 0,18 persen dan tingkat inflasi year to datesebesar 4,76 persen," bebernya.

Suntono mengungkapkan dampak kemiskinan selalu ada di setiap kenaikan harga BBM, berkaca pada 2013 dan 2014 lalu.

"Setiap ada kenaikan harga BBM selalu diikuti dengan kemiskinan. Jika kemiskinan tidak meningkat, akan membawa pengaruh pada komponen kemiskinan sama dengan tahun 2013 lalu. Pasca kenaikan BBM inflasi akan mengalami kenaikan. Ini akan berkolerasi positif dengan jumlah kemiskinan," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mir/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Aku benar-benar tidak curang

malam ini angka jitu
Pemerintah mengejar penyelesaian perumahan pekerja konstruksi sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Pemerintah mengejar penyelesaian perumahan pekerja konstruksi sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah mengejar penyelesaian perumahan pekerja konstruksi sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kita ingin memanusiakan pekerja yang bekerja di IKN dan untuk itu harus dibangun hunian yang layak," ujar Kepala Urusan Unit Pejabat Pembuat Komitmen Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan II Ari Nugroho di Kalimatan Timur, seperti dikutip dari Antara, Minggu (6/11).

Hunian tersebut akan mengusung konsep bangunan hijau yang mampu menampung sebanyak mungkin air hijau serta panas matahari menggunakan panel surya.

Pembangunan hunian pekerja konstruksi IKN ini, merupakan arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Kabinet Terbatas (Ratas) 10 Maret 2022 yang meminta agar pelaksanaan pembangunan harus menghindari terjadinya kerumunan baru di lokasi IKN.

Pembangunan infrastruktur di IKN akan memicu mobilisasi tenaga kerja konstruksi (TKK) yang masif dan estimasi jumlah pekerja konstruksi yang akan terlibat dalam pembangunan IKN sebanyak 233 ribu orang.

"Mobilisasi yang masih tersebut memerlukan hunian untuk TKK beserta fasilitas sosial dan fasilitas umum dalam skala besar," ujarnya.

Lihat Juga :
Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru Dijual Mulai Senin Besok

Ratusan ribu pekerja tersebut akan mengerjakan sejumlah proyek mulai dari pembangunan istana negara, gedung DPR RI, kementerian, lembaga negara, hingga rumah menteri yang akan mendatangkan hampir ratusan ribu tenaga kerja dari luar wilayah Penajam Paser Utara.

Pembangunan akan menggunakan sistem konstruksi yang fleksibel atau dapat dibongkar/dipindah dengan sedikit material yang terbuang dan dilanjutkan pemanfaatannya untuk jangka panjang dengan fungsi sesuai kebutuhan.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Rekor dunia alien komputer binatang roh

warung prediksi togel hk
Analis Oil World Thomas Mielke memperkirakan harga minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) tidak akan jatuh terlalu dalam pada 2023.
Analis Oil World Thomas Mielke memperkirakan harga minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) tidak akan jatuh terlalu dalam pada 2023. (ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS).
Nusa Dua, CNN Indonesia--

Analis Oil WorldThomas Mielke memperkirakan harga minyak kelapa sawit(crude palm oil/CPO) tidak akan jatuh terlalu dalam pada 2023.

Hal ini disebabkan produksi minyak sawit akan naik pada tahun depan. Selain itu, harga CPO akan dipengaruhi oleh masalah geopolitik, iklim dan energi.

"Harga minyak sawit dunia tidak mungkin jatuh kembali ke posisi terendah sebagaimana terjadi baru-baru ini. Pada 28 September kemarin, harga RBD Palm Olein Malaysia mencapai FOB US0 per ton. Walaupun kembali membaik pada 2 November sebesar US5 per ton," ujar Mielke saat berbicara di 18th Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) and 2023 Price Outlook di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Jumat (4/11).

Kendati demikian, lanjutnya, kenaikan produksi sawit dunia yang tumbuh signifikan sepanjang 40 tahun terakhir sejak 1980 hingga 2022 menghadapi tantangan produktivitas.

Total produksi sawit dunia mencapai 78,3 juta ton sampai 2022 yang berkontribusi 32 persen terhadap produksi minyak dan lemak (oil and fats).

"Pertumbuhan minyak sawit telah kehilangan dinamikanya akibat sejumlah faktor yang mempengaruhinya yaitu penurunan produktivitas, rendahnya pembukaan kebun baru, kekurangan tenaga kerja, dan masalah hama penyakit tanaman," tutur Mielke.

Lihat Juga :
Perhelatan KTT G20 Serap 33 Ribu Pekerja

Sebelumnya, rata-rata kenaikan produksi sawit dalam 10 tahun terakhir mencapai 2,9 juta ton/tahun sampai 2020.

"Namun, rerata produksi sawit bakalan turun menjadi 2,3 juta ton dalam 10 tahun mendatang sampai 2030," imbuh Mielke.

Dari Aspek permintaan, program biodiesel sangat mempengaruhi kebutuhan sawit dunia. Mielke menjelaskan produksi biodiesel naik dua kali lipat dalam 10 tahun terakhir.

Saat ini, harga CPO naik karena daya saing kelapa sawit di Indonesia dan dampak program pencampuran biodiesel.

Lihat Juga :
Edukasi KeuanganTips Investasi Valas saat Dolar AS Gagah Perkasa, Jual atau Beli?

Data Oil World menyatakan produksi biodiesel Indonesia mencapai 8,7 juta ton pada 2022 atau naik 3,3 juta ton dalam 4 tahun belakangan. Setelah harga minyak sawit domestik jatuh di bawah minyak gas, penggunaan biodiesel dapat melebihi mandatori.

Di Amerika Serikat produksi biodiesel telah melebihi 10 juta ton pada 2022 dan meningkat lebih tinggi pada 2023. Begitupun dengan produksi biodiesel Brasil yang meningkat setidaknya 6 juta ton pada 2023.

Untuk proyeksi harga minyak nabati di tahun depan, Oil World memperkirakan harga minyak sawit termasuk minyak nabati sedikit menurun dari tahun ini.

"Ada tren penurunan minyak bunga matahari, kedelai, dan rapeseed, akibat pasokan yang naik tajam, kemungkinan akan membuat harga minyak kedelai dan oil seed turun sebesar US0 hingga US0 per ton dari level saat ini, bahkan bisa terdiskon US0 per ton," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mts/dzu)

Biografi Ajaib HP

slot di modalin di awal

Naruto: Dewa Kota

untung365 situs slot online terpercaya di indonesia

kontrak terbatas

pinjaman online 24 jam langsung cair tanpa bi checking