petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjaman online lewat wa

sistem kredit hp di akulaku 640Jutaan kata 943674Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjaman online lewat wa》

Sepeda Listrik Exotic Dikorting Rp1,75 Juta di Transmart, Sikat!******

Transmart kasih diskon hingga Rp1,75 juta untuk sepeda listrik merek Exotic. Diskon berlaku khusus hari ini aja, Minggu (7/1) selama gelaran Full Day Sale!
Transmart kasih diskon hingga Rp1,75 juta untuk sepeda listrik merek Exotic. Diskon berlaku khusus hari ini aja, Minggu (7/1) selama gelaran Full Day Sale! (CNN Indonesia/Dela Naufalia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale kembali lagi hari ini, Minggu (7/1) dengan diskon gede-gedean untuk aneka produk unggulan, salah satunya sepeda listrik yang selalu jadi primadona.

Misalnya nih, sepeda listrik Exotic E-Bike Cooltech 5.0 dari harga normal Rp5.250.000, diskon jadi Rp3.500.000 per unit, berlaku untuk pembelian di seluruh gerai Transmart di Pulau Jawa. Pembeli hemat Rp1.750.000!

Lihat Juga :
Cara Dapat Diskon Belanja 20 Persen di Transmart Setiap Hari

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Anda bisa segera unduh aplikasinya dari hp atau mengajukan pembukaan kartu kredit instan.

Caranya unduh Allo Bank yang tersedia di App Store atau Play Store, lalu daftar akun dan upgrade ke Allo Prime.

Setelah di-upgrade, lanjut ajukan Allo Pay Later yang proses aktivasinya cepat dan langsung dapat limit besar. Nantinya limit tersebut bisa digunakan di hari yang sama untuk belanja di Transmart.

Alternatif lain dapat mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Yuk, gas belanja di Transmart Full Day Sale hari ini dan bawa pulang sepeda listrik impianmu!

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Kemenperin Akui Kinerja Industri Tekstil Melemah Meski Ada Pilpres******

Kemenperin mengakui industri tekstil melemah. Salah satunya akibat kampanye Pilpres dan Pileg 2024 marak dilakukan secara online atau di media sosial.
Kemenperin mengakui industri tekstil melemah. Salah satunya akibat kampanye Pilpres dan Pileg 2024 marak dilakukan secara online atau di media sosial. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perindustrian(Kemenperin) mengakui industri tekstilmelemah. Salah satunya akibat kampanye Pilpresdan Pileg 2024 marak dilakukan secara online atau di media sosial.

Direktur Industri Tekstil, Kulit dan Alas Kaki (ITKAK), Ditjen Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Kemenperin Adie Rochmanto Pandiangan mengatakan biasanya di tahun politik, produksi tekstil meningkat. Namun, kali ini kondisinya memang terlihat berbeda.

"Kita tadinya berharap pesta demokrasi yang ada mengangkat permintaan produksi, namun itu yang kami coba periksa ternyata kemungkinan besar, peran media elektronik dalam rangka kampanye cukup berpengaruh," ujarnya dalam konpers IKI di Gedung Kemenperin, Rabu (31/1).

"Jadi permintaan terhadap atribut, spanduk, kaos itu tidak begitu banyak terjadi," jelasnya.

Padahal, industri tekstil dan bahan baku dalam negeri sebelumnya menetapkan target ada peningkatan produksi dan permintaan hingga 60 persen pada pesta demokrasi tahun ini. Sehingga ini menjadi persoalan dan dikhawatirkan akan banyak industri, terutama yang kecil rugi.

"Jadi ini memang jadi persoalan. Diharapkan ada peningkatan tapi malah kontraksi," pungkasnya.

Kondisi di sektor industri tekstil ini berbeda dengan Indeks Kepercayaan Industri (IKI) Januari yang meningkat pada Januari 2024 dari 51,32 jadi 53,32.

Selain itu, sektor industri menduduki peringkat pertama tujuan investasi terbesar yaitu 42 persen atau Rp596,3 triliun dari total realisasi investasi nasional sepanjang 2023. Naik 19,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Tenaga kerja sektor Industri juga mengalami kenaikan sebesar 0,89 persen pada Agustus 2023 yang mencapai 19,34 juta orang dari 19,17 juta orang pada tahun sebelumnya, diiringi dengan kenaikan upah sebesar 7,3 persen.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

Mengintip Shio 10 Orang Terkaya RI******

Shio 10 orang terkaya Indonesia versi Forbes beraneka macam. Peringkat satunya bershio ular dan kelinci.
Shio 10 orang terkaya Indonesia versi Forbes. Peringkat satunya bershio ular dan kelinci. (Foto: iStockphoto/Delpixart)
Daftar Isi
  • 1. Hartono Bersaudara (Ular dan Kelinci)
  • 2. Prajogo Pangestu (Monyet)
  • 3. Low Tuck Kwong (Tikus)
  • 4. Keluarga Widjaja (Ayam)
  • 5. Anthoni Salim dan Keluarga (Kerbau)
  • 6. Sri Prakash Lohia (Naga)
  • 7. Chairul Tanjung (Macan)
  • 8. Agoes Projosasmito (Kuda)
  • 9. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono (Ayam)
  • 10. Dewi Kam (Kelinci)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah nama masuk dalam jajaran orang terkaya Indonesiaversi Forbes.

Dalam rilis yang diunggah Forbes pada Desember 2023 lalu, posisi orang terkaya ditempati oleh Hartono bersaudara, Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Total kekayaan mereka mencapai US miliar Rp753 triliun (kurs Rp15.699 per dolar AS).

Nama lain yang juga masuk daftar orang terkaya di antaranya Prajogo Pangestu, Low Tuck Kwong, dan Chairul Tanjung.

Lantas apa saja shop para orang terkaya di Indonesia?

1. Hartono Bersaudara (Ular dan Kelinci)

Robert Budi Hartono lahir pada 28 April 1941. Orang-orang yang lahir di tahun 1941 memiliki shio ular, sama dengan mereka yang lahir pada 1953, 1965, 1977, 1989, 2001, dan 2013.

Sementara itu, Michael Bambang Hartono lahir pada 2 Oktober 1939. Artinya, ia memiliki shio kelinci bersama dengan yang lahir pada 1951, 1963, 1975, 1987, 1999, 2011, dan 2023.

Pada 2023, kekayaan Hartono Bersaudara tercatat sebesar US miliar atau Rp753 triliun. Sebagian besar kekayaan mereka bersumber dari investasi Bank Central Asia (BCA).

Selain itu, kekayaan mereka juga berasal dari perusahaan rokok Djarum.

2. Prajogo Pangestu (Monyet)

Prajogo Pangestu lahir pada 13 Mei 1944. Ia memiliki shio monyet, sama dengan kelahiran 1956, 1968, 1980, 1992, 2004, 2016.

Forbes mencatat kekayaan Prajogo, yang merupakan pendiri Barito Pacific itu mencapai US,7 miliar.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Bertemu Megawati di Tengah Isu Undur Diri dari Jokowi

3. Low Tuck Kwong (Tikus)

Low Tuck Kwong lahir pada 24 Mei 1948, yang berarti dia memiliki shio tikus.

Kekayaan Low Tuck Kwong tercatat sebesar US,2 miliar atau Rp675 triliun. Dikenal sebagai raja batu bara, Low Tuck Kwong merupakan pendiri Bayan Resources, perusahaan pertambangan batu bara di Indonesia. Dia juga mengendalikan perusahaan energi terbarukan Singapura Metis Energy, yang sebelumnya dikenal sebagai Manhattan Resources.

4. Keluarga Widjaja (Ayam)

Keluarga Widjaja mewarisi kerajaan bisnis Eka Tjipta Widjaja, yang meninggal pada Januari 2019 di usia 98 tahun. Eka Tjipta Widjaja lahir pada 27 Februari 1921, artinya ia bershio ayam.

Eka Tjipta Widjaja merupakan pendiri Sinar Mas Group. Total kekayaan keluarga Widjaja tercatat sebesar US,8 miliar atau Rp169 triliun.

Lihat Juga :
ANALISISPerlukah Kredit Mahasiswa yang Disebut Ganjar di Debat Dihidupkan Lagi

5. Anthoni Salim dan Keluarga (Kerbau)

Anthoni Salim tercatat memiliki kekayaan sebesar US,3 miliar atau Rp161 triliun. Ia lahir pada 25 Oktober 1949, artinya dia bershio kerbau.

Anthoni Salim memimpin Salim Group, dengan investasi di bidang makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi. Keluarga Salim memiliki saham di perusahaan investasi First Pacific yang tercatat di Bursa Efek Hong Kong, yang juga memiliki saham di Indofood dan perusahaan telekomunikasi PLDT di Filipina.

6. Sri Prakash Lohia (Naga)

Ia lahir pada 11 Agustus 11 Agustus 1952. Dalam kalender Tionghoa, kelahiran 1952 memiliki shio naga.

Sri Prakash Lohia hijrah dari India ke Indonesia pada 1973 silam. Ia mendirikan Indorama Corporation, perusahaan petrokimia dan tekstil yang berkantor pusat di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta. Hartanya US,3 miliar atau setara Rp130 triliun.

7. Chairul Tanjung (Macan)

Chairul Tanjung lahir pada 18 Juni 1962. Dalam kalender Tionghoa, kelahiran 1952 memiliki shio macan.

Ia merupakan pendiri CT Corp, perusahaan yang mengoperasikan bisnis keuangan, hypermarket, dan media massa. Kekayaannya tembus US,7 miliar atau Rp89 triliun.

8. Agoes Projosasmito (Kuda)

Agoes Projosasmito lahir pada 25 Februari 1954. Artinya, pria dengan total kekayaan itu US,4 miliar atau Rp84 triliun itu bershio kuda.

Agoes Projosasmito adalah presiden komisaris Amman Mineral Internasional, perusahaan pertambangan tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia.

9. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono (Ayam)

Lim Hariyanto Wijaya Sarwono lahir pada 7 Mei 1969. Artinya pria dengan total kekayaan itu US,8 miliar atau Rp75 triliun itu bershio ayam.

Lim dan keluarganya memiliki saham mayoritas di produsen minyak sawit Bumitama Agri yang terdaftar di Bursa Efek Singapura. Putranya, Lim Gunawan Hariyanto, adalah CEO Harita Group milik keluarga mereka.

10. Dewi Kam (Kelinci)

Dewi Kam lahir pada tahun 1951, yang berarti dia bershio kelinci. Ia tercatat memiliki harta US,45 miliar atau setara Rp69 triliun.

Berdasarkan catatan Forbes, Dewi Kam mendapatkan sebagian besar kekayaannya dari kepemilikan sahamnya di Bayan Resources.

Masih menurut Forbes, Bayan Resources merupakan perusahaan tambang batu bara terkemuka milik Low Tuck Kwong, orang terkaya di Indonesia yang memiliki harta US,9 miliar.

Perusahaan itu didirikan pada 2004 lalu. Forbes menyebut kekayaan Dewi melejit usai saham Bayan naik hingga tiga kali lipat pada 2022 imbas krisis energi melanda dunia.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)




bab terbaru:pinjam uang 50 juta tanpa jaminan

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
erek2 4d
cicilan tanpa kartu kredit tokopedia
situs slot king
link qq slot terbaru
taipanpoker
pakdetogel
fire 77 slot
cara mendaftar kredivo
slot gacor di jamin maxwin
Daftar isi semua bab
Bab 1 qq88asia login
Bab 2 slot terbaik dan gacor
Bab 3 cara mendapatkan voucher sodexo
Bab 4 sakti77 slot
Bab 5 pjslot168
Bab 6 slot gacor daftar
Bab 7 buku mimpi 2d 11
Bab 8 88mega slot gacor
Bab 9 venusbet
Bab 10 suhu slot88 link alternatif
Bab 11 masterbola88
Bab 12 judolbet88
Bab 13 slot gampang wd
Bab 14 demoslotzeus
Bab 15 boba138
Bab 16 situs paling gacor
Bab 17 fasttoto
Bab 18 cara pasang togel 6d
Bab 19 inaslot88
Bab 20 cara pasang togel biar menang terus
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7452bab
takutBacaan TerkaitMore+

Bertarung di langit

maxwin malam ini
Capres Prabowo Subianto mengatakan ada kecurangan dalam penyaluran pupuk subsidi. Kondisi itu membuat banyak petani sulit mendapatkan pupuk subsidi.
Capres Prabowo Subianto mengatakan ada kecurangan dalam penyaluran pupuk subsidi. Kondisi itu membuat banyak petani sulit mendapatkan pupuk subsidi. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengatakan ada kecurangan dalam penyaluran pupuk subsidi. Kondisi itu membuat banyak petanisulit mendapatkan pupuk subsidi.

Ia karena itu mengatakan masalah pupuk harus diatasi agar Indonesia bisa swasembada pangan.

"Pangan kita harus menjamin, apalagi kalau di Pulau Jawa para petani, itu namanya intensifikasi. Kita harus bantu benih, bantu pupuk, bantu pestisida," katanya di acara Trimegah Political and Economic Outlook 2024, Rabu (31/1).

Selain soal pupuk, Prabowo juga bicara soal food estate. Ia mengatakan food estate diperlukan untuk membawa RI swasembada pangan.

Ia mengklaimfood estatemerupakan pemikiran strategis yang sudah ada sejak era Presiden Soekarno.

"Kalau ada tokoh-tokoh nasional yang mempertanyakan (food estate) hanya dua kemungkinan; tidak paham dan tidak mau paham," katanya.

Isu kelangkaan pupuk menjadi satu senjata yang dimainkan oleh calon presiden Prabowo Subianto untuk menyerang lawannya Ganjar Pranowo di debat pertama calon presiden yang dilaksanakan Selasa (12/12) lalu.

Prabowo mengaku telah menampung keluhan para petani tentang pupuk langka. Dia pun mendapat informasi petani dipersulit akibat kebijakan yang diterapkan Ganjar saat menjadi gubernur.

Lihat Juga :
Profil KH R. Abdul Malik yang Ada di Balik Lonjakan Harta Ustaz Solmed

"Mereka mengeluh kartu tani yang Bapak luncurkan mempersulit mereka mendapatkan pupuk. Mereka ingin pengadaannya disederhanakan," kata Prabowo kepada Ganjar di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12).

Ganjar pun menjawab hal itu dengan menyindir balik Prabowo. Dia mengingatkan bahwa Prabowo yang pernah menjadi ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) selama dua periode.

Dia juga menyentil pemerintah pusat tentang kelangkaan pupuk. Ganjar berkata kelangkaan pupuk tak hanya terjadi di Jawa Tengah.

"Untuk Pak Prabowo, harus saya ingatkan, Pak. Pupuk langka terjadi di Papua, Pak. Terjadi di Sumatera Utara, Pak. Terjadi di NTT, NTB, Kalimantan Timur," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(tim/agt)

Kiamat memupuk kegilaan

gacor 131
Transmart Full Day Sale kembali dengan diskon gedenya untuk sepeda listrik, hematnya pun sampai Rp3 jutaan!
Transmart Full Day Sale kembali dengan diskon gedenya untuk sepeda listrik, hematnya pun sampai Rp3 jutaan! (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Cari-cari sepeda listrik yang bagus tapi murah? Beli di Transmart aja. Apalagi hari ini dan besok gelaran pesta diskon Transmart Full Day Sale balik lagi.

Transmart Full Day Sale kembali dengan diskon gedenya untuk sepeda listrik pada Sabtu (3/2) dan Minggu (4/2). Hematnya pun sampai Rp3 jutaan. Gede banget kan, diskonnya?

Lihat Juga :
Diskon 20% Belanja di Transmart Pakai Allo Bank atau Bank Mega

Kemudian, sepeda listrik Pacific E-Bike Crosser VX dari harga normal Rp11.000.000, diskon jadi Rp8.120.000 per unit khusus pembelian di gerai Pulau Jawa. Pembeli hemat Rp2.880.000.

Sementara sepeda listrik Pacific E-Bike Crosser VX di gerai luar Pulau Jawa dari harga normal Rp11.750.000, diskon jadi Rp8.600.000 per unit. Pembeli hemat Rp3.150.000.

Selain sepeda listrik, diskon lain juga berlaku untuk sepeda lipat. Fastron Folding 20 F2302/03 dari harga normal Rp2.299.000 diskon jadi Rp1.319.200. Harga berlaku di Pulau Jawa.

Sementara Fastron Folding 20 F2302/03 di luar Pulau Jawa dari harga normal Rp2.529.000 diskon jadi Rp1.399.200.

Semua diskon sepeda listrik dan sepeda lipat tersebut bisa pelanggan dapatkan dengan pembayaran menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Anda bisa segera unduh aplikasinya dari hp atau mengajukan pembukaan kartu kredit instan.

Caranya unduh Allo Bank yang tersedia di App Store atau Play Store, lalu daftar akun dan upgrade ke Allo Prime.

Setelah di-upgrade, lanjut ajukan Allo Pay Later yang proses aktivasinya cepat dan langsung dapat limit besar. Nantinya limit tersebut bisa digunakan di hari yang sama untuk belanja di Transmart.

Alternatif lain dapat mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Yuk ke Transmart sekarang juga! Diskon ini berlaku dua hari saja selama gelaran pesta diskon tersebut berlangsung. Selamat berburu diskon di Transmart Full Day Sale!

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Rekor pertempuran inti

suhu slot gacor
Konsultan properti Colliers Indonesia memperkirakan harga sewa mal naik tahun ini setelah pengelola 'berdarah-darah' saat pandemi covid-19.
Konsultan properti Colliers Indonesia memperkirakan harga sewa mal naik tahun ini setelah pengelola 'berdarah-darah' saat pandemi covid-19. (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Konsultan properti Colliers Indonesia memperkirakan harga sewa mal naik tahun ini. Pasalnya, pengelola lelah 'berdarah-darah' setelah pandemi covid-19.

Colliers menyoroti rencana kenaikan harga sewa mal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan Surabaya, Jawa Timur.

Senior Associate Director Colliers Ferry Salanto mengatakan rata-rata tarif dasar sewa tenant atau gerai di mal Jakarta pada kuartal IV 2023 sebesar Rp563 ribu. Sedangkan di kawasan Bodetabek disewakan senilai Rp388 ribu pada rentang waktu yang sama.

"Ada beberapa mal yang kemungkinan dia akan terus menyesuaikan tarif sewa. Kami perkirakan di tahun ini tarif sewa akan naik, walaupun naiknya tidak terlalu banyak," sambung Ferry.

Hal serupa juga terjadi di Surabaya. Ferry mengatakan rata-rata tarif dasar lahan mal di kota ini sekarang menyentuh Rp445 ribu per meter persegi.

Berdasarkan data Colliers, sudah ada beberapa mal di Surabaya yang ancang-ancang menaikkan tarif sewa. Salah satu alasan menaikkan tarif adalah tingkat hunian dan traffic mal.

"Secara umum, pengelola mal ini merasa bahwa mereka sudah cukup berkorban selama pandemi, dalam arti lebih fleksibel untuk tempo sewa, negotiabledalam menurunkan tarif sewa. Selama 2 tahun-3 tahun pandemi itu mereka merasa sudah banyak yang dikompromikan," jelas Ferry.

Lihat Juga :
ANALISISBau Aneh dan 'Bagong' di Balik Rencana Impor Beras 3 Juta Ton di 2024

Meski begitu, Ferry menyarankan para pemilik mal tetap fokus memikirkan cara agar pusat perbelanjaan modern itu tetap hidup di masa sekarang ini.

Jika trafficsudah bagus, baru akan lebih masuk akal mereka menawarkan tarif tenant baru.

Sampai kuartal IV 2023, tingkat hunian atau keterisian mal di Jakarta menyentuh 74,4 persen, Bodetabek 69,5 persen, dan Surabaya 73,1 persen.

Colliers mencatat beberapa penyewa yang cukup ekspansif di mal-mal Jabodetabek meliputi sektor pakaian olahraga, multi brand, aksesoris, kue, dan mainan anak. Tak jauh beda, sektorfood and beverage(FnB) juga menguasai sejumlah gerai di mal Surabaya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Senjata ilahi

sga508
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (31/1) ini.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (31/1) ini. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (31/1) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal pergerakan indeks saham dapat melanjutkan reboundmenuju level 7.230-7.255.

"(IHSG) diperkirakan akan mengonfirmasi pembentukan wave(v) apabila menembus ke atas 7.281," ujar Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Sementara itu, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi IHSG menguat terbatas. Menurutnya, hal itu terjadi menjelang rilis data inflasi RI yang disinyalir masih akan menunjukkan stabilnya kondisi perekonomian Indonesia.

Tak hanya itu, mulai penguatan nilai tukar rupiah dan masih tercatatnya capital inflow secara year to date (ytd), turut memberikan sentimen positif bagi pergerakan IHSG.

"Selain itu capital inflowyang masih tercatat secara ytd masih menunjukkan minat investor asing terhadap pasar modal Indonesia, juga menjadi penopang pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang," kata William.

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support7.123 dan resistance7.272 hari ini. William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni ASII, BBNI, UNVR, BSDE, BMRI, JSMR, dan TBIG.

IHSG ditutup menguat 34,04 poin atau 0,49 persen ke level 7.192 pada perdagangan Selasa (30/1) kemarin.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp10,31 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,87 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Panjang umur iman

erek 58 2d
Konsultan properti Colliers Indonesia memperkirakan harga sewa mal naik tahun ini setelah pengelola 'berdarah-darah' saat pandemi covid-19.
Konsultan properti Colliers Indonesia memperkirakan harga sewa mal naik tahun ini setelah pengelola 'berdarah-darah' saat pandemi covid-19. (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Konsultan properti Colliers Indonesia memperkirakan harga sewa mal naik tahun ini. Pasalnya, pengelola lelah 'berdarah-darah' setelah pandemi covid-19.

Colliers menyoroti rencana kenaikan harga sewa mal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan Surabaya, Jawa Timur.

Senior Associate Director Colliers Ferry Salanto mengatakan rata-rata tarif dasar sewa tenant atau gerai di mal Jakarta pada kuartal IV 2023 sebesar Rp563 ribu. Sedangkan di kawasan Bodetabek disewakan senilai Rp388 ribu pada rentang waktu yang sama.

"Ada beberapa mal yang kemungkinan dia akan terus menyesuaikan tarif sewa. Kami perkirakan di tahun ini tarif sewa akan naik, walaupun naiknya tidak terlalu banyak," sambung Ferry.

Hal serupa juga terjadi di Surabaya. Ferry mengatakan rata-rata tarif dasar lahan mal di kota ini sekarang menyentuh Rp445 ribu per meter persegi.

Berdasarkan data Colliers, sudah ada beberapa mal di Surabaya yang ancang-ancang menaikkan tarif sewa. Salah satu alasan menaikkan tarif adalah tingkat hunian dan traffic mal.

"Secara umum, pengelola mal ini merasa bahwa mereka sudah cukup berkorban selama pandemi, dalam arti lebih fleksibel untuk tempo sewa, negotiabledalam menurunkan tarif sewa. Selama 2 tahun-3 tahun pandemi itu mereka merasa sudah banyak yang dikompromikan," jelas Ferry.

Lihat Juga :
ANALISISBau Aneh dan 'Bagong' di Balik Rencana Impor Beras 3 Juta Ton di 2024

Meski begitu, Ferry menyarankan para pemilik mal tetap fokus memikirkan cara agar pusat perbelanjaan modern itu tetap hidup di masa sekarang ini.

Jika trafficsudah bagus, baru akan lebih masuk akal mereka menawarkan tarif tenant baru.

Sampai kuartal IV 2023, tingkat hunian atau keterisian mal di Jakarta menyentuh 74,4 persen, Bodetabek 69,5 persen, dan Surabaya 73,1 persen.

Colliers mencatat beberapa penyewa yang cukup ekspansif di mal-mal Jabodetabek meliputi sektor pakaian olahraga, multi brand, aksesoris, kue, dan mainan anak. Tak jauh beda, sektorfood and beverage(FnB) juga menguasai sejumlah gerai di mal Surabaya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Mall League of Legends dari Dunia Lain

bonus new member 100 bebas ip
Belanja produk fresh seperti daging hingga buah kini lebih murah karena kini diskon 20% setiap hari di Transmart.
Belanja produk fresh seperti daging hingga buah kini lebih murah karena kini diskon 20% setiap hari di Transmart. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia--

Belanja produk fresh di Transmart pastinya lebih hemat karena sekarang ada diskon sampai 20 persen. Diskon belanja ini berlaku setiap hari khusus untuk produk segar seperti daging, buah, ikan, makanan beku, hingga kue dan pastry.

Syarat dapat diskon 20 persen ini gampang banget. Cukup belanja produk segar sesuai kebutuhan dan bayarnya pakai Allo Prime dari Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

Lihat Juga :
Produk Segar Selalu Diskon 20% Setiap Hari di Transmart

Anda cukup download aplikasi Allo Bank di App Store atau Google Play Store di hp masing-masing. Kemudian registrasi akun dan upgrade ke Allo Prime supaya bisa klaim diskon belanja di Transmart.

Atau bisa juga mengajukan pembuatan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan melalui booth yang tersedia di gerai Transmart.

Jadi, tunggu apa lagi? Mampir ke Transmart terdekat sekarang juga, karena cuma Transmart yang siap memenuhi kebutuhan produk segar keluarga Indonesia setiap hari dengan harga terjangkau!

Gif banner Allo Bank
(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]