petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit ojk

bet slot 700Jutaan kata 863784Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit ojk》

Daftar 5 Negara dengan Utang Terbesar ke China******

Utang dari China itu dipakai mengongkosi pembangunan jalan, bandara, membuat kereta sampai pembangkit listrik oleh negara-negara berkembang di dunia.
Presiden China Xi Jinping. (Reuters/Saudi Press Agency)
Jakarta, CNN Indonesia--

China menggelontorkan utangkepada negara-negara berkembang hingga US,1 triliun atau Rp17 ribu triliun alias Rp17 kuadriliun (asumsi kurs Rp15.715 per dolar AS) dalam dua dekade terakhir.

Utang tersebut dipakai mengongkosi pembangunan jalan, bandara, membuat kereta sampai pembangkit listrik oleh negara-negara berkembang di Amerika Latin hingga Asia Tenggara. Kucuran utang ini menjadikan China sebagai negara pemberi utang terbesar dunia.

Senin (6/11) lalu, AidDatamelaporkan ada 165 negara berkembang yang mendapat pinjaman China. Lalu, 55 persen utang tersebut bakal jatuh tempo, di tengah perekonomian global yang penuh tantangan seperti tingginya suku bunga, melemahnya mata uang lokal, dan melambatnya pertumbuhan global.

Pinjaman China memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi dan jangka waktu pembayaran yang lebih pendek dibandingkan pinjaman dari lembaga internasional seperti Dana Moneter Internasional atau Bank Dunia.

Berdasarkan data yang tersedia, berikut 5 negara dengan utang terbesar ke China pada akhir 2021.

1. Pakistan (US,4 miliar)

Menurut data IMF yang dikutip CNBC pada Februari lalu, 30 persen dari total utang luar negeri Pakistan berasal dari China. Jumlah tersebut tiga kali lipat dari utang Pakistan kepada IMF dan lebih besar dari utang negara itu ke Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia.

Peneliti Institut Studi Perdamaian dan Konflik New Delhi, Kamal Madishetty, mengatakan pinjaman Tiongkok disertai dengan persyaratan yang tidak jelas di mana mengabaikan kelangsungan proyek dalam jangka panjang, mengabaikan biaya lingkungan dan sosial, dan memiliki tingkat suku bunga yang biasanya 1-2 persen lebih tinggi dibandingkan yang ditawarkan oleh pemberi pinjaman OECD.

Namun terlepas dari itu semua, Pakistan terus meminjam dari China.

"Baru-baru ini, mereka meminta pinjaman sebesar US miliar dari China untuk proyek kereta api besar, mengabaikan kekhawatiran utang. Keputusan seperti itu tentu saja mendorong negara ini menuju gagal bayar (default) utangnya lebih cepat," kata Madishetty.

2. Angola (US miliar)

Utang Angola kepada China yang lebih dari US miliar itu, termasuk ,5 miliar kepada China Development Bank (CDB) dan hampir miliar kepada Bank Ekspor-Impor Tiongkok (EximBank).

Melansir Reutersyang terbit 2022 lalu lalu, IMF mengatakan Angola menerima keringanan utang sebesar ,2 miliar selama tiga tahun ke depan berkat perjanjian yang dibuat dengan tiga kreditur utamanya.

Meskipun IMF menolak menyebutkan nama kreditur yang terlibat dalam kesepakatan reprofilingutang tersebut, para analisis mengatakan dua di antaranya adalah CDB dan EximBank.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Negara-negara di Dunia dengan Utang Terbesar ke China

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Rahasia Industri Senjata Israel Maju dan Jadi Eksportir Terbesar Dunia******

Alasan mengapa industri senjata Israel begitu maju, bahkan menjadi salah satu negara eksportir senjata terbesar dunia.
Alasan mengapa industri senjata Israel begitu maju, bahkan menjadi salah satu negara eksportir senjata terbesar dunia. (Foto: AP/Ariel Schalit)
Jakarta, CNN Indonesia--

Israeltercatat sebagai salah satu negara dengan industri senjata terbesar dunia. Kemajuan industrinya bahkan menjadi Israel masuk daftar 10 besar negara eksportir senjata.

Berdasarkan data Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) Arms Transfers yang dirilis pada pada Maret 2023, Israel menjadi negara eksportir senjata terbesar ke-10 dunia, serta menyumbang 2,3 persen dari penjualan senjata global selama periode 2018-2022.

Melansir The Times of Israel, ekspor senjata Israel mencapai US,5 miliar pada 2022, meningkat dari US,4 miliar pada tahun sebelumnya.

Para pejabat Israel mengatakan peningkatan permintaan senjata meningkat karena perubahan geostrategis di Eropa akibat perang Rusia-Ukraina.

Kawasan Asia-Pasifik merupakan pembeli terbesar barang-barang pertahanan Israel, yakni 30 persen dari total ekspor. Kemudian diikuti Eropa sebesar 29 persen.

Lalu, Amerika Utara menyumbang 11 persen, dan Afrika serta Amerika Latin masing-masing menyumbang 3 persen.

Selain itu, permintaan juga meningkat dari negara-negara Arab yang baru-baru ini menormalisasi hubungan dengan Israel.Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Maroko, yang menormalisasi hubungan dengan Israel melalui perjanjian tahun 2020 menyumbang 24 persen.

Lihat Juga :
Penghasilan PNS Akan Mengacu Gaji Tertinggi Pegawai BUMN

Untuk jenis senjatanya, kendaraan udara tak berawak (UAV) dan drone merupakan penyumbang terbesar ekspor penjualan senjata, yakni 25 persen.

Lalu diikuti rudal, roket, dan sistem pertahanan udara sebesar 19 persen. Ekspor radar dan sistem peperangan elektronik menyumbang 13 persen dari penjualan senjata.

Kementerian Pertahanan negara tersebut telah menetapkan bidang ekspor pertahanan sebagai prioritas utama dalam beberapa tahun terakhir.

Israel juga memperluas ekspor pertahanan ke pasar baru, mengurangi peraturan dan menghilangkan hambatan birokrasi. Selain itu, Tel Aviv telah melakukan upaya internasional yang intensif dengan fokus pada penguatan hubungan strategis dan perjanjian ekspor antarpemerintah (G to G).

Lihat Juga :
Sandi Respons Ancaman Massa Anti-LGBT Bakar Panggung Konser Coldplay

"Kemitraan strategis antara Kementerian Pertahanan Israel, IDF, dan industri pertahanan Israel menggabungkan teknologi, pengalaman operasional, dan hubungan strategis global, dan sekali lagi terbukti membawa perubahan besar," katanya Direktur Jenderal Kementerian Pertahanan Israel Mayjen Eyal Zamir.

"Ketidakstabilan global meningkatkan permintaan akan sistem pertahanan udara, drone, UAV, dan rudal Israel, dan kami terus berupaya untuk mempertahankan kemampuan kami dan memperkuatnya" ujarnya.

Sementara itu, Direktur Kerja Sama Pertahanan Internasional (SIBAT) Israel Yair Kulas menambahkan perubahan geostrategis di Eropa dan Asia menghasilkan permintaan yang tinggi terhadap sistem mutakhir Israel.

Naiknya permintaan ekspor senjata Israel, terutama berkat teknologi yang dikembangkan oleh industri pertahanan.

Berdasarkan riset Geopolitical Intelligence Services (GIS), kekuatan Israel terletak pada pendekatannya yang luas terhadap isu-isu pertahanan. Tidak hanya membangun tank, tetapi juga mengembangkan ekosistem yang mencakup berbagai masalah keamanan.

Perusahaan bidang pertahanan Israel juga mahir mengumpulkan dana. Karena mayoritas perusahaannya adalah milik swasta, mereka dapat memperoleh teknologi baru melalui merger dan akuisisi, bahkan di negara-negara yang baru saja menjalin hubungan dengan Israel.

Contohnya High Lander, sebuah perusahaan rintisan Israel yang mengembangkan sistem manajemen armada untuk drone, telah mendapatkan investasi dari EDGE, konglomerat investor Uni Emirat Arab yang spesialisasinya dalam bidang keamanan.

Pebisnis senjata maupun pemerintah Israel juga rajin bertemu para peneliti dari universitas ilmiah terkemuka untuk mendorong pertukaran pengalaman dan analisis berwawasan ke depan yang dapat memperluas inovasi sektor keamanan.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Aturan Baru Terbit, Menaker Pastikan Upah Minimum Naik Tahun Depan******

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan kenaikan upah minimum pekerja pada 2024.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan kenaikan upah minimum pekerja pada 2024. (CNN Indonesia/Lina Itafiana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan kenaikan upah minimum pekerja.

Hal itu seiring terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan yang dirilis pada 10 November 2023.

"Kenaikan upah minimum ini adalah bentuk penghargaan kepada teman-teman pekerja/buruh yang telah memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi kita selama ini," ujar Ida melalui keterangan resmi, Jumat (10/11).

Indeks Tertentu sebagaimana dimaksud ditentukan oleh Dewan Pengupahan Daerah dengan mempertimbangkan tingkat penyerapan tenaga kerja dan rata-rata/median upah. Selain itu, hal yang menjadi pertimbangan lainnya faktor-faktor yang relevan dengan kondisi ketenagakerjaan.

"Dengan ketiga variabel tersebut, kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan pada suatu daerah telah terakomodir secara seimbang, sehingga upah minimum yang akan ditetapkan dapat menjadi salah satu solusi terhadap kepastian bekerja dan keberlangsungan usaha," ujarnya.

Dengan ketentuan tersebut, peran Dewan Pengupahan Daerah semakin kuat dalam hal memberikan saran dan pertimbangan kepada kepala daerah terkait penerapan upah minimum serta struktur dan skala upah di perusahaan pada wilayahnya masing-masing.

"Kenaikan upah minimum dapat mendorong peningkatan daya beli masyarakat, yang pada akhirnya berdampak terserapnya barang dan jasa yang diproduksi oleh pengusaha, sehingga perusahaan ikut berkembang dan mendorong terbukanya lapangan kerja baru," katanya.

Lihat Juga :
Buruh soal Diminta Prabowo Tak Tuntut UMP Naik: Tahu Kontrakan Mahal?

Selain itu menurut Ida, perubahan ketentuan pengupahan akan menciptakan kepastian berusaha bagi dunia usaha dan industri. Beleid baru itu juga diharapkan akan mewujudkan sistem pengupahan yang berkeadilan di perusahaan, salah satunya dengan penerapan struktur dan skala upah.

"Penerapan struktur dan skala upah akan memotivasi peningkatan produktivitas dan kinerja pekerja/buruh karena pekerja/buruh akan dibayar upahnya berdasarkan output kerja atau produktivitasnya," ujarnya.

Aturan yang baru diterbitkan itu juga bertujuan untuk mencegah disparitas atau kesenjangan upah antar wilayah.

"Jadi dalam hal mencegah kesenjangan atau disparitas upah minimum antar wilayah, PP Nomor 51 Tahun 2023 ini lebih baik dari pada regulasi pengupahan yang pernah ada selama ini," katanya.

Beleid yang dirilis berbarengan dengan peringatan Hari Pahlawan tersebut merupakan dasar untuk penetapan Upah Minimum tahun 2024 dan seterusnya.

"Selanjutnya kami meminta para gubernur, kepala dinas yang membidangi ketenagakerjaan, serta Dewan Pengupahan Daerah agar menjalankan tugas sebagaimana amanat peraturan pemerintah ini, dan penetapan upah minimum provinsi ditetapkan paling lambat 21 November dan untuk upah minimum kabupaten/ kota tanggal 30 November," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)




bab terbaru:cara pasang togel besar kecil

Perbarui waktu:2024-06-16

Daftar bab terbaru
cara pola maxwin
popslot22
hello slot
mpotop88
rumah303
cara menggunakan voucher mandiri di indomaret
888vipbet slot
link slot gacor bonus new member 100
bni4d demo
Daftar isi semua bab
Bab 1 cq9 demo
Bab 2 cara membeli barang di akulaku dengan cicilan
Bab 3 cara shopee dapat uang
Bab 4 situs slot paling gacor terpercaya
Bab 5 cara pinjam uang di ceria bri
Bab 6 jokiqq
Bab 7 kredivo vs akulaku
Bab 8 bonus 228 slot login
Bab 9 pasar jackpot slot
Bab 10 voucher segari
Bab 11 situs judi gacor malam ini
Bab 12 cika4d
Bab 13 situs baru 138
Bab 14 permainan slot yang gacor
Bab 15 slotbola xyz
Bab 16 situs tergacor dan terpercaya
Bab 17 jackpot kakek zeus
Bab 18 prediksi togel terjitu
Bab 19 situs slot 78
Bab 20 situs slot 128
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4517bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Menantu paling kaya, Lu Feng

keluhan pengguna kredivo
Mayoritas harga pangan 'merah' pada awal pekan ini. Kenaikan tertinggi masih terjadi pada cabai-cabaian.
Mayoritas harga pangan 'merah' pada awal pekan ini. Kenaikan tertinggi masih terjadi pada cabai-cabaian. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/AMPELSA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritas harga pangan'merah' pada awal pekan ini. Kenaikan tertinggi masih terjadi pada cabai-cabaian.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga cabai merah beras melesat 14,02 persen ke Rp60.200 per kg. Bahkan, di beberapa daerah, salah satunya Kota Bandar Lampung, harganya menembus Rp95 ribu per kg.

Kenaikan juga terjadi pada cabai merah keriting sebesar 6,58 persen ke Rp66.400 per kg, cabai rawit hijau 4,27 persen ke Rp62.200 per kg, dan cabai rawit merah 0,32 persen ke Rp77.900 per kg.

Gula pasir lokal naik 2,15 persen ke Rp16.600 per kg, telur ayam ras menanjak 0,87 persen ke Rp28.850 per kg, dan minyak goreng kemasan bermerek 0,24 persen ke Rp20.950 per kg.

Sementara itu, hanya bawang putih ukuran sedang yang harganya turun 0,26 persen ke Rp37.750 per kg.

Adapun komoditas pangan lainnya terpantau stagnan seperti beras, daging sapi, dan minyak goreng curah.

Rinciannya, beras kualitas bawah I Rp13.500 per kg, beras kualitas bawah II Rp13.400 per kg, beras kualitas medium I Rp14.700 per kg, beras kualitas I Rp15.950 per kg, dan beras kualitas super II Rp15.450 per kg.

Kemudian, daging sapi kualitas 2 Rp129.100 per kg dan minyak goreng curah Rp15.250 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/pta)

Pasca-95

cara pinjam adakami
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (15/11) tertopang rilis data neraca dagang.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (15/11) tertopang rilis data neraca dagang. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (15/11).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan indeks masih mendapatkan topangan dari data neraca perdagangan Indonesia yang diproyeksi masih mencerminkan perekonomian dalam negeri stabil.

Sentimen ini diharapkan bisa memberi sentimen positif untuk pola gerak IHSG dalam beberapa waktu ke depan.

Karena sentimen itu, ia memperkirakan indeks saham akan bergerak dalam rentang support6.747 dan resistance6.898.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan ICBP, BBRI, BBCA, JSMR, ITMG, ASII, AALI, GGRM, dan ASRI.

Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto melihat IHSG bisa menguat dan menguji level 6.900. Hari ini indeks diramal bergerak di rentang 6.800-6.900.

"Terlihat adanya penguatan pada sektor energi yang menurut kami merupakan bagian dari siklus akhir tahun. Sedangkan sektor lain yang cukup menarik saat ini adalah industri rokok," ungkapnya.

IHSG merangsek ke posisi 6.862 pada perdagangan Selasa (14/11). Indeks saham naik 23,74 poin atau plus 0,35 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp7,07 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,62 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

tawanan Naruto

situs judi slot terpercaya
Menaker Ida Fauziyah mengklaim penentuan rumus perhitungan upah minimum 2024 sudah serap aspirasi pekerja.
Menaker Ida Fauziyah mengklaim penentuan rumus perhitungan upah minimum 2024 sudah serap aspirasi pekerja. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengklaim penentuan rumus perhitunganupah minimum2024 sudah serap aspirasi pekerja.

Adapun rumus kenaikan upah terbaru termaktub dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan yang dirilis pada 10 November 2023.

Ida mengatakan proses penetapan rumus kenaikan upah dalam PP tersebut dimulai dari penyerapan aspirasi publik termasuk pekerja sejak April 2023.

Ida menyebut akademisi menilai rumusan kenaikan upah dalam PP Nomor 51 Tahun 2023 juga sudah mencakup teori-teori pengupahan manapun.

Rumus kenaikan upah minimum 2024 mencakup tiga variabel yaitu inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan indeks tertentu (disimbolkan dalam bentuk α).

Pasal 26 ayat (4) PP itu memuat formula perhitungan upah minimum tahun depan, yakni upah minimum tahun berjalan ditambah nilai penyesuaian upah minimum tahun depan.

Adapun nilai penyesuaian upah minimum tahun depan dihitung dengan menambahkan inflasi dengan hasil perkalian antara pertumbuhan ekonomi dikali indeks tertentu (α) dalam rentang yaitu 0,10 sampai dengan 0,30, kemudian dikalikan dengan upah minimum tahun berjalan.

Lihat Juga :
Penghasilan PNS Akan Mengacu Gaji Tertinggi Pegawai BUMN

Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnaker Indah Anggoro Putri menjelaskan penetapan angka 0,10 hingga 0,30 pada indeks alpha berdasarkan hasil penelitian.

Ia menyebut, di Indonesia kontribusi tenaga kerja dalam pertumbuhan ekonomi mencapai 10 persen hingga 30 persen. Oleh karena itu, angka indeks alpha diambil dari capaian kontribusi tersebut.

"Makanya angkanya 0,1 itu artinya 10 persen, 0,3 atau 30 persen dari pertumbuhan ekonomi itu adalah kontribusi dari tenaga kerja makanya rumusannya 0,1 persen-0,3 persen dikali pertumbuhan ekonomi di PP nya," ucap Indah.

Selanjutnya, dewan pengupahan memiliki wewenang untuk menentukan angka indeks alpha berapa yang bakal digunakan.

Pemerintah sendiri sudah menetapkan rumus kenaikan upah tahun depan. Pemerintah mewajibkan kepala daerah untuk menetapkan upah minimum UMR maksimal 21 November 2023.

Dengan begitu, UMR baru bakal diterapkan per Januari tahun depan.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Yulingzhenxian

situs slot online terbaik
Sepeda Ride On & Tricycle didiskon jadi Rp300 ribu aja per unit selama gelaran Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (12/11).
Sepeda Ride On & Tricycle didiskon jadi Rp300 ribu aja per unit selama gelaran Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (12/11). (Arsip Transmart)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sepeda anak di Transmart diskon gede-gedean hari ini, Minggu (12/11). Harga setelah diskon mulai Rp300 ribu aja! Murah banget loh, Bun.

Produk Ride On & Tricycle didiskon jadi Rp300 ribu per unit untuk pembelian di Pulau Jawa, dari harga normal Rp375 ribu.

Lihat Juga :
Belanja Sekarang Pakai Bank Mega Langsung Diskon 20%

Harga diskon berlaku buat pembelian menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Kapan lagi bisa beli sepeda anak dengan harga murah kalau bukan di Transmart Full Day Sale yang digelar cuma satu hari saja!

Diskon seharian ini berlangsung dari mulai toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Pastikan Bunda sudah mempunyai Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, supaya dapat klaim diskonnya dan bebas belanja sekarang bayarnya belakangan.

Yuk, download Allo Bank di App Store atau Play Store dan upgrade akunnya ke Allo Prime sehingga Anda dapat mengajukan Allo Pay Later yang limitnya sampai puluhan juta.

Alternatif lain bisa segera mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart seluruh Indonesia.

Jangan sampai lewatkan kesempatan ini! Segera beli sepeda impian si kecil di Transmart sekarang juga ya.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Gif banner Allo Bank
(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Jin Ke Ru Giok

website bisa menghasilkan uang
Co-Founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison resmi didapuk sebagai co-captain 7 Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Berikut profilnya.
Co-Founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison resmi didapuk sebagai co-captain 7 Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar untuk Pilpres 2024. (Dok. Tokopedia).
Jakarta, CNN Indonesia--

Co-Founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison resmi didapuk sebagai co-captain 7 Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) untuk Pilpres 2024.

Nama Leontinus diumumkan langsung oleh Anies. Ia dan 11 co-captain lainnya akan membantu kerja Ketua Timnas AMIN Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus.

"Berikutnya adalah co-caption Leontinus Alpha Edison. Beliau adalah co-founder Tokopedia. Beliau pemuda asal Pontianak, Kalimantan Barat. Hobinya bersepeda, menjelajah," ujar Anies saat mengumumkan daftar tim pemenangan nasionalnya, Selasa (14/11).

Berikut profil dan sepak terjang Leontinus Alpha Edison"

Leon, begitu dia disapa, merupakan partner William Tanuwijaya saat membangun bisnis Tokopedia sejak Agustus 2009. Hingga kini, perusahaan lokapasar (marketplace) itu tumbuh pesat sampai akhirnya merger dengan Gojek membentuk Grup GoTo pada 2021.

Banyak yang menyebut pria kelahiran Pontianak 19 Maret 1981 itu merupakan sosok yang bertangan dingin menerjemahkan ide-ide membangun Tokopedia.

Tercatat pada laman LinkedIn pribadinya, Leon merupakan lulusan Teknologi Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada 2003. Setelah itu Leon menjejaki karirnya di dunia teknologi dan informasi (IT).

Lihat Juga :
Pemerintah Akan Setarakan Gaji PNS dengan Pegawai BUMN

Dia sebelumnya berkarier sebagai website developerdi beberapa perusahaan seperti PT Signet Pratama (2003-2004), PT Sqiva System (2004-2005), dan PT Semesta Tirta Antara Raya (2006).

Setelah itu, Leon naik pangkat menjadi General Manager di PT Indocom Mediatama. Di sana ia bertanggung jawab membangun hubungan dengan semua perusahaan telekomunikasi, perencanaan strategis, dan perencanaan bisnis.

Selain menjabat sebagai Director di Tokopedia, Leon juga merupakan Presiden Komisaris Dekara sejak Juli 2022 hingga sekarang. Dekara sendiri adalah perusahaan IT yang menyediakan produk dan layanan untuk perusahaan.

Leon bersama William adalah sosok pendobrak keraguan orang-orang saat dulu bisnis internet dibangun. Dulu, bisnis internet dianggap sebelah mata dan bukan suatu bisnis yang menarik.

Namun, keraguan orang-orang terhadap bisnis yang digelutinya dibayar kontan dengan Tokopedia menjadi salah satu startup unicorn Indonesia.

Pada tahun Tokopedia dibangun, Leon dan William bekerja keras untuk meyakinkan pemodal. Ketiadaan contoh sukses model bisnis marketplace di Indonesia membuat investor sempat enggan untuk mendanai.

Bukan itu saja, mencari tim ketika itu juga menjadi tantangan tersendiri. Bahkan setelah mengikuti sebuah job expo selama dua hari, tidak ada satupun yang mendaftar untuk bergabung dengan Tokopedia.

Kini, setelah hampir 14 tahun berlalu, Tokopedia telah menjelma menjadi perusahaan teknologi raksasa. Ekosistem Grup GoTo bahkan mewakili 2 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

(del/sfr)

Sangat mendominasi

liga slot778
Pengusaha merespons terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang Pengupahan yang memastikan kenaikan upah minimum pekerja pada 2024.
Pengusaha merespons terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang Pengupahan yang memastikan kenaikan upah minimum pekerja pada 2024. Ilustrasi. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengusaha merespons terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang Pengupahan yang memastikan kenaikan upah minimum pekerja pada 2024.

Pada dasarnya, pengusaha menyambut baik dan menghormati terbitnya beleid tersebut. Namun, mereka berpesan agar peningkatan upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2024 tetap mempertimbangkan kondisi ekonomi terkini.

"Permintaan kenaikan UMP harus realistis dengan memperhatikan inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan indeks tertentu," kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang melalui keterangan yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (13/11).

Menurut Sarman, dinamika dan perbedaan pendapat atas terbitnya pp tersebut bisa lebih mengedepankan dialog, komunikasi, dan musyawarah untuk mufakat. Hal ini, lanjut dia, bertujuan untuk menghindari aksi demo dan ancaman mogok yang menciptakan iklim investasi yang kurang kondusif.

"Kami berharap agar ketentuan baru ini dapat diterima dan dilaksanakan semua pihak untuk peningkatan kesejahteraan buruh dan kelangsungan dunia usaha, di tengah kondisi perekonomian global yang penuh ketidakpastian yang berdampak terhadap perekonomian nasional," imbuh dia lebih lanjut.

Sarman mengatakan pengusaha dan serikat pekerja harus bersatu untuk memperkuat perekonomian nasional sehingga terhindar dari terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagaimana yang sudah terjadi di sektor industri padat karya.

Memasuki masa Pilpres 2024, ia pun berharap agar isu upah tidak terbawa ke ranah politik. Pasalnya, hal itu akan menimbulkan ketidakpastian bagi dunia usaha dan calon investor, serta menimbulkan gejolak hubungan industrial yang akhirnya berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja dan masa depan ekonomi nasional.

Lihat Juga :
Daftar Pengusaha Dukung Anies, Ganjar, dan Prabowo di Pilpres 2024

Sarman pun mengingatkan agar pemerintah harus tegas memberikan sanksi kepada siapapun yang tak mematuhi regulasi terkait dengan penetapan upah, termasuk kepala daerah jika menetapkan UMP atau UMK menyimpang dari PP tersebut.

"Pelaku usaha tetap berkomitmen agar kesejahteraan pekerja harus naik dari tahun ke tahun sesuai dengan kemampuan pengusaha dan kondisi ekonomi nasional," ucapnya.

Senada, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Shinta Kamdani juga menghormati PP tersebut sebagai dasar kepastian hukum dalam berusaha di Indonesia.

Terkait formula pengupahan yang baru, Shinta pun berharap dalam menentukan indeks tertentu terhadap pertumbuhan ekonomi yang direkomendasikan Dewan Pengupahan harus mempertimbangkan situasi perekonomian serta kondisi ketenagakerjaan di daerah tersebut.

Lihat Juga :
Daftar 5 Negara dengan Utang Terbesar ke China

"Ini kami rasa krusial sebagai langkah preventif untuk mencegah dampak terhadap situasi kondisi hubungan industrial yang bisa berpotensi pada penyerapan tenaga kerja," imbuhnya kepada CNNIndonesia.com, Senin (13/11).

Ia pun menekankan dalam implementasi ketentuan UMP tersebut, harus dilandasi semangat kesatuan dengan tujuan membangun perekonomian Indonesia.

"Sehingga musyawarah mufakat lewat dialog sosial adalah penting, karena perbedaan pendapat adalah dinamika yang mau tidak mau akan terjadi," lanjut Shinta.

Sebelumnya, Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK) Mirah Sumirat mengaku tak puas dengan aturan penetapan upah minimum terbaru. Pasalnya, aturan itu tak mencantumkan persentase kenaikan gaji.

Lihat Juga :
Jokowi Temui Biden Agar Ekspor Nikel Cs dari RI Tak 'Dikucilkan'

Mirah berpendapat seharusnya PP tersebut menyebutkan angka atau persentase kenaikan. Adapun terkait penetapan UMR paling lambat November dan berlaku setiap awal tahun itu pun menurutnya bukan hal baru.

"Jadi dalam peraturan yang diketok palu Pak Presiden itu kan tidak menyebutkan angka besaran. Yang paling penting bagi kami para buruh adalah besarannya. Besaran nilai UMP yang ditetapkan harus bersifat layak dan berkeadilan," kata Mirah saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (11/11).

Mirah juga menilai tiga formula penentuan upah terbaru dari pemerintah, terutama soal komponen indeks tertentu itu rancu dan berpotensi membuat kenaikan upah minimum tidak sesuai harapan.

Dalam beleid itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewajibkan kepala daerah untuk menetapkan upah minimum regional (UMR) maksimal 21 November 2023. Dengan begitu, UMR baru bakal diterapkan per Januari tahun depan.

Substansinya, gubernur dan atau kepala daerah di setiap provinsi wajib menetapkan UMR selambat-lambatnya setiap 21 November setiap tahunnya.

Gubernur wajib mengeluarkan penetapan upah minimum baru setiap tahun di daerahnya. Oleh karena itu, upah akan selalu disesuaikan dengan nilai upah minimum baru yang diubah setiap tahun.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)