petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kode alam melahirkan

macan123 slot 997Jutaan kata 884943Orang-orang telah membaca serialisasi

《kode alam melahirkan》

Pejabat Bulog 'Curhat' Sulitnya RI Dapat Kontrak Impor Beras******

Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita menceritakan sulitnya Indonesia mendapatkan kontrak impor beras.
Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita menceritakan sulitnya Indonesia mendapatkan kontrak impor beras. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Abraham Utama).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita menceritakan sulitnya Indonesia mendapatkan kontrakimpor beras.

Menurut dia, hal ini lantaran Indonesia kalah saing dalam penawaran harga dengan Filipina hingga Eropa.

Febby menyebut saat ini mayoritas negara Eropa mulai beralih kepada komoditas beras karena produksi gandum di negaranya sudah terbatas.

Mulanya Febby mengungkap sebenarnya Bulog mendapat banyak tawaran impor beras dari beberapa negara. Namun sayang, banyak dari mereka yang secara tiba-tiba membatalkan kontrak.

"Enggak gampang juga ternyata dapat beras, karena ini banyak yang menawarkan, tapi banyak juga di perjalanan yang membatalkan. Maksudnya udah dapat kontrak, mereka batal," kata dia.

Kendati demikian, ia mengatakan Bulog tak sembarangan memilih beras untuk diimpor. Ada kualifikasi yang harus dipenuhi demi keamanan masyarakat Indonesia.

"Untuk beras itu sendiri memang kita sangat ketat dalam pengambilan sampel beras dan lain-lain, ini termasuk beras impor. Jadi kalau ada isu-isu beras plastik, itu kan mahal, jadi itu sudah terlalu konyol juga, itu memang benar-benar tidak mungkin," ujarnya.

Tak hanya itu, Febby mengungkap penyerapan dari dalam negeri juga sulit. Kesulitan itu berkaitan dengan harga gabah yang saat ini melonjak tajam.

"Persyaratan yang mungkin saat ini memang masih kita pegang untuk pengadaan gabah dan beras dalam negeri. Karena tadi belinya masih maksimal itu hanya Rp5.000 untuk beras CBP (cadangan beras pemerintah) itu sendiri dengan ketentuan (kadar air maksimal 25), jadi isunya di harga dimana harga itu sekarang udah terbang harga GKP (gabah kering panen)-nya," ucap Febby.

Febby menambahkan harga gabah saat ini melonjak ke angka Rp7.500 per kilogram (kg). Jika gabah dikonversikan jadi beras, harganya akan tinggi di atas Rp12 ribu per kg untuk jenis medium, sementara harga eceran tertinggi (HET) beras Rp10.900 per kg.

"Sedangkan beras di gudang bulog yang kita harus jual sekarang adalah di pintu gudang Rp9.950 (per kg). Tapi source-nya memang kita terus terang saja, sekarang enggak bisa dari dalam negeri, kita memang sekarang banyak mendapatkan beras dari luar negeri," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)

WTO Turuti Permintaan RI Tinjau Ulang Bea Masuk Biodiesel Uni Eropa******

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) sepakat untuk membentuk panel untuk meninjau bea masuk yang dikenakan Uni Eropa (UE) terhadap impor biodiesel dari Indonesia.
Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) sepakat untuk membentuk panel untuk meninjau bea masuk yang dikenakan Uni Eropa (UE) terhadap impor biodiesel dari Indonesia. Ilustrasi. (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan penyelesaian perselisihan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) sepakat untuk membentuk panel untuk meninjau bea masukyang dikenakan Uni Eropa (UE) terhadap impor biodiesel dari Indonesia pada Senin (27/11) malam, waktu setempat.

Berdasarkan keterangan WTO yang dilansir Reuters, sejumlah negara telah mencadangkan hak pihak ketiga mereka untuk berpartisipasi dalam proses panel. Negara tersebut antara lain Amerika Serikat, Inggris, Norwegia, Federasi Rusia, Thailand, Singapura, Jepang, Kanada, Tiongkok, Argentina dan Türkiye.

Indonesia meminta konsultasi sengketa WTO dengan UE mengenai pengenaan bea masuk atas impor biodiesel pada Agustus lalu.

"Upaya banding kasus ini ke WTO sangat strategis untuk menjaga akses pasar produk biodiesel Indonesia di pasar UE yang saat ini dikenakan bea masuk countervailing sebesar 8 persen hingga 18 persen," kata Budi Santoso, pejabat senior Kementerian Perdagangan Indonesia pada Selasa (28/11), seperti dilansir Reuters.

Bea masuk imbalan tersebut dikenakan selama lima tahun mulai 10 Desember 2019 sampai dengan 10 Desember 2024, tambah Budi.

Ketua Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia Paulus Tjakrawan mengatakan kepada Reuters bea masuk tersebut membebani eksportir biodiesel Indonesia dan berharap panel WTO dapat segera memulai proses hukumnya.

Uni Eropa sebelumnya menyelidiki biodiesel Indonesia. Penyelidikan dilakukan apakah Indonesia mengekspor komoditas itu melalui China dan Inggris demi menghindari kewajiban bea masuk biodiesel UE.

Uni Eropa merupakan tujuan terbesar ketiga bagi produk minyak kelapa sawit dari Indonesia dan pasar penting bagi biodiesel. Sementara, Indonesia adalah produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

Penyelidikan Uni Eropa ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari permintaan awal dari European Biodiesel Board, sebuah asosiasi produsen biodiesel Eropa.

"Permintaan tersebut mengandung bukti yang cukup bahwa tindakan pemulihan kewajiban yang ada terhadap impor produk yang bersangkutan dihindari dengan impor produk yang sedang diselidiki," kata Komisi Eropa dalam jurnal resmi Uni Eropa, dikutip dari Reuters, Jumat (18/8) lalu.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)

Wujudkan Smart City, Para Pejabat IKN Kunjungi Silicon Valley******

Otorita IKN menegaskan membangun smart city di ibu kota baru RI itu. Sejumlah petinggi pun mengunjungi Silicon Valley di San Fransisco untuk berkolaborasi.
Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono dan Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi saat mengunjungi kantor Cisco di San Fransisco, Senin (13/11) waktu AS. (CNN Indonesia/Suriyanto)
San Fransisco, CNN Indonesia--

Sejumlah pejabat Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengunjungi pusat teknologi Silicon Valleydi San Francisco, California, Amerika Serikat, Senin (13/11).

Kunjungan ini untuk menjalin kerja sama dan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan sejumlah perusahaan teknologi terkemuka untuk menjadikan IKN jadi smart city.

Pejabat IKN yang hadir adalah Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Deputi bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi, Direktur Transformasi Hijau Tonny Agus Setiono serta Juru Bicara Otorita IKN Troy Pantouw.

Lihat Juga :
Presiden FIFA Soal Pusat Latihan Sepak Bola IKN: Proyek Penting

Menurutnya 100 tahun Indonesia nanti, RI ingin naik kelas dari negara berpenghasilan menengah ke berpenghasilan tinggi.

"Salah satu transformasinya adalah membangun ibu kota baru yang harus kita bayangkan di 2045 sebagai sebuah keberlanjutan. Kita harus melompat jadi kota cerdas. Hampir semua kota besar di dunia sudah menerapkan konsep smart city," kata Bambang.

Sementara itu Ali Berawi mengatakan pihaknya menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan raksasa teknologi di Silicon Valley ini. Misalnya, Meta, Cisco, Autodesk dan sejumlah perusahaan lain.

"Kerja sama ini dalam rangka mewujudkan IKN sebagai smart city," kata Ali kepada CNNIdonesia.com.

Ia mencontohkan kerja sama dengan Cisco yang bisa menjadikan gedung-gedung di IKN nanti punya sistem digital dari sisi pengolahan data dan keamanan terpadu.

Bukan hanya dengan perusahaan-perusahaan dari AS, IKN juga menjalin kerja sama dengan perusahaan dari sejumlah negara seperti China dan Korea Selatan.

"Semua infrastruktur sedang kami siapkan," ujar Ali.

Lihat Juga :
Basuki Sebut Jepang Akan Kaji Proyek Jalur Kereta di IKN

Ali mengatakan dalam pembangunan IKN, kolaborasi banyak pihak mutlak diperlukan, termasuk para perusahaan raksasa teknologi di pusat teknologi dunia, Silicon Valley ini.

Cisco adalah perusahaan yang punya pengalaman banyak membuat sistem digital di sejumlah negara. Sistem yang dikembangkan tak hanya mempermudah aktivitas, namun juga ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Vice President Engineering Sustainability Office Cisco Denis Lee mengatakan pihaknya selama ini sudah banyak melakukan hal-hal untuk mendukung sistem keberlanjutan dan ramah lingkungan bagi kehidupan manusia.

Caranya, kata Lee, dengan pembangunan pusat data, smart buildingdan ruang kerja dan internet untuk masa depan.



Tentang Silicon Valley

Silicon Valley merupakan pusat inovasi di Amerika Serikat (AS) yang berhasil mencetak banyak perusahaan teknologi raksasa.

Silicon Valley terletak di selatan San Francisco, California, Amerika Serikat. Wilayah ini menampung sekitar 2.000 perusahaan teknologi.

Area ini telah menciptakan pusat bagi perusahaan inovatif. Sejumlah perusahaan teknologi yang kita kenal sekarang seperti Apple, Facebook, Google, dan Netflix, lahir di kawasan ini. Silicon Valley juga jadi tempat lahir perusahaan seperti Tesla, Twitter, Yahoo, dan eBay.

Selain itu ada pula perusahaan penunjang bisnis seperti Cisco, Oracle, Salesforce.com, Hewlett-Packard, dan Intel. Sejumlah perusahaan ternama lain seperti Adobe, Intuit, dan Zynga juga ada di sini.

Lihat Juga :
Menkominfo Tegaskan Jaringan Internet di IKN Harus 5G

Awalnya kawasan pengembangan teknologi itu dinamai Santa Clara Valley. Silikon sendiri adalah bahan dasar semikonduktor yang digunakan di komponen komputer.

Ide untuk membuat Silicon Valley dimulai selama masa krisis ekonomi yang disebut Depresi Besar atau Great Depression pada tahun 1930-an. Seorang Profesor teknik Stanford, Frederick Terman memutuskan untuk menciptakan lebih banyak peluang kerja bagi mahasiswanya.

Ia menyokong dua mahasiswanya, William Hewlett dan David Packard. Mereka bahkan mendapatkan dana hibah untuk menciptakan perusahaan teknologi.

Pada tahun 1925 ia bergabung dengan Stanford University. Terman menyadari bahwa departemen teknik kelistrikan Stanford kurang memadai.

Terman mulai membangun Stanford menjadi pusat utama penelitian radio dan komunikasi. Terman juga berinvestasi di perusahaan 'baru' yang diciptakan kedua mahasiswanya itu. Secara pribadi ia menunjukkan keinginannya untuk mengintegrasikan universitas dengan industri di wilayah tersebut.

(sur/sur)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:cepat dapat duit

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
agen slot gacor terbaru
judi game online slot
sumobet
star88 slot
panda88
slot demo gacor x500 anti lag
taruhan bola
aplikasi kredit hp yang mudah di acc
senang slot 77 login
Daftar isi semua bab
Bab 1 jp368
Bab 2 daftar slot mudah menang
Bab 3 nama slot tergacor
Bab 4 limited 88 slot
Bab 5 kupon makan
Bab 6 paito angka
Bab 7 livecina
Bab 8 ezebet
Bab 9 trik main judi
Bab 10 harga voucher telkomsel 1gb
Bab 11 situs main slot online
Bab 12 rtp roma 77
Bab 13 macam2 slot gacor
Bab 14 tafsir mimpi 29
Bab 15 paragmatic88
Bab 16 kode alam uang logam
Bab 17 www maxwin slot
Bab 18 buku mimpi buaya
Bab 19 m3bola
Bab 20 duniaslot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7025bab
takutBacaan TerkaitMore+

Selir iblis yang tiada taranya

gowd
Luhut sudah kembali ke Indonesia pada Selasa (29/11) kemarin, tetapi Erick masih menjabat Menko Marves Ad Interim.
Luhut sudah kembali ke Indonesia pada Selasa (29/11) kemarin, tetapi Erick masih menjabat Menko Marves Ad Interim. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia--

Luhut Binsar Panjaitan sudah kembali ke Indonesia pada Selasa (29/11), tetapi posisinya sebagai menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi masih dipegang Erick Thohir.

Melalui akun Instagram @erickthohir, ia kini berada di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) untuk menghadiri rangkaian KTT COP28. Erick bertugas sebagai menko marves ad interim menggantikan posisi Luhut.

Erick juga dijadwalkan memberi sambutan dalam pertemuan tentang iklim tersebut. Ia bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya akan mengisi sesi 'Tropical Forest Power for Climate Partnership' pada sore ini waktu Indonesia.

Di lain sisi, kemarin Luhut terpantau hadir langsung di Istana Negara, Jakarta Pusat dalam pelantikan sang menantu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak. Ia disebut tiba di tanah air kemarin, khusus untuk menghadiri pelantikan Maruli.

Wajah Luhut tersorot kamera saat dengan lantang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di momen pelantikan sang menantu. Ia berdiri dengan sikap hormat, di mana rambutnya yang kini putih ditutupi dengan kopiah.

Selepas prosesi pelantikan, KSAD Maruli memberi hormat kepada sang mertua yang menghampirinya. Keduanya pun berpelukan dan Luhut tak kuasa menahan air matanya.

Pelukan juga didaratkan Luhut kepada sang putri Paulina Panjaitan yang merupakan istri Maruli Simanjuntak. Luhut juga tampak menepuk-nepuk pundak sang putri sembari berisak air mata haru.

"Ya jadi kalau kita dibawa keluarga, Pak Luhut dulu juga punya cita-cita jadi kasad. Cuma ya sekarang cukup mantunya sajalah," jelas Maruli soal kehadiran Luhut di Istana Negara saat pelantikannya.

"Jadi, saya mendapat informasi kemarin sore. Saya WhatsApp beliau (Luhut), saya sudah ditunjuk (menjadi KSAD) persiapan hari ini, ya beliau antusias untuk mau hadir. Ya mungkin kita acara di rumah malam, besok kembali lagi (Luhut ke Singapura)," imbuhnya.

Jika sesuai jadwal, Luhut hari ini seharusnya tiba kembali di Singapura.

Juru Bicara Kemenko Marves Jodi Mahardi mengatakan sang bos masih perlu perawatan di Negeri Singa. Oleh karena itu, Luhut belum bisa menetap permanen di Indonesia.

"Beliau (Luhut) sudah membaik kondisinya, recovery-nya bagus, tapi masih harus kontrol ke dokter. Jadi, masih di sana (Singapura) sementara waktu. Ya, fisioterapi antara lain. Terus saja kontrol dengan dokter," kata Jodi kepada CNNIndonesia.comvia sambungan telepon.

"Belum ada info (kapan Luhut bisa menetap permanen di Indonesia), tergantung pemulihan kesehatannya beliau," tambahnya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Era Abadi

slot daftar
Forbes merilis daftar orang terkaya Indonesia 2023. Dari daftar itu, sejumlah pengusaha  terdepak dari 10 besar orang terkaya di Indonesia.
Forbes merilis daftar orang terkaya Indonesia 2023. Dari daftar itu, sejumlah pengusaha terdepak dari 10 besar. ( Internet).
Daftar Isi
  • 1.Boenjamin Setiawan
  • 2. Tahir dan keluarga
  • 3. Djoko Susanto
  • Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia pada 2023:
Jakarta, CNN Indonesia--

Forbes merilis daftar orang terkaya Indonesia2023. Dari daftar itu, sejumlah pengusaha yang sebelumnya masuk jajaran orang terkaya di Indonesia pada tahun lalu, kini harus terdepak.

Mengutip Forbes, Rabu (6/12), berikut daftar pengusaha yang terdepak dari daftar 10 orang terkaya di Indonesia 2023.

1.Boenjamin Setiawan

Tahun lalu, ia menempati posisi ke-8 orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan US,8 miliar atau Rp74,88 triliun.

Lihat Juga :
Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Indonesia 2023 Versi Forbes

2. Tahir dan keluarga

Tahun lalu, Tahir menempati posisi ke-9 dengan total kekayaan US,2 miliar atau Rp65,52 triliun. Namun posisi Tahir turun ke peringkat ke-14 dengan total kekayaan US,3 miliar.

Tahir merupakan pendiri grup Mayapada yang bergerak di bidang perbankan, layanan kesehatan, dan real estate. Ia juga memiliki properti di Singapura.

3. Djoko Susanto

Djoko mengantongi kekayaan sebesar US,1 miliar atau Rp63,96 triliun dan menempati peringkat ke-10 orang terkaya di Indonesia tahun lalu. Meski hartanya naik ke US,3 miliar, posisi Djoko turun ke peringkat ke-12 tahun ini.

Djoko Susanto adalah pendiri Alfamart yang memiliki lebih dari 20 ribu toko di seluruh Indonesia dan lebih dari 1.400 toko di Filipina.

Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia pada 2023:

1. Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono dengan kekayaan US miliar

2. Prajogo Pangestu dengan kekayaan US,7 miliar

3. Low Tuck Kwong dengan kekayaan US,2 miliar

4. Keluarga Widjaja dengan kekayaan US,8 miliar

5. Keluarga Anthoni Salim dengan kekayaan US,3 miliar

6. Sri Prakash Lohia dengan kekayaan US,5 miliar

7. Chairul Tanjung dengan kekayaan US,7 miliar

8. Agoes Projosasmito dengan kekayaan US,4 miliar

9. Lim Hariyanto Wijaya Sarwana dengan kekayaan US,8 miliar

10. Dewi Kam dengan kekayaan US,45 miliar

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Pecinta kuliner tidak terbatas

ids388
Pengusaha ritel masih hingga saat ini masih belum mendapatkan pembayaran utang rafaksi minyak goreng Rp344 miliar dari pemerintah.
Pengusaha ritel masih hingga saat ini masih belum mendapatkan pembayaran utang rafaksi minyak goreng Rp344 miliar dari pemerintah. (CNN Indonesia/ Yuliyanna Fauzi).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha RitelIndonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey menyebut pemerintah hingga saat ini belum melakukan langkah nyata untuk melunasi utang rafaksi minyak gorengRp344 miliar.

"Sampai hari ini, 15 November, Aprindo belum mendapatkan langkah-langkah konkret dan nyata dari pemerintah untuk niat menyelesaikan rafaksi. Malah kami melihat justru niat itu mungkin sudah pupus untuk menyelesaikan refraksi," kata Roy saat konferensi pers di Epicentrum Walk, Jakarta Selatan, Rabu (15/11).

Roy mengatakan pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) tak memperlihatkan adanya itikad baik untuk menyelesaikan utang rafaksi tersebut.

"KPPU juga sudah jelas perintahnya harus dibayarkan pemerintah. kemudian juga komisi VI DPR, itu juga perlu menyelesaikan, karena ini kewajiban. Pemerintah di mana kewajiban kita, pelaku usaha, udah kita penuhi," ujar Roy lebih lanjut.

Roy mengungkapkan perkembangan terakhir terkait utang rafaksi ini adalah Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) meminta utang ini harus diselesaikan melalui rapat terbatas antara Kemendag dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Namun Roy kecewa rapat tersebut belum kunjung dilaksanakan lantaran kedua kementerian beralasan sibuk.

"Ya sekarang pertanyaannya niat atau enggak sih? Kalau mau betul-betul niat, rapat kerja dong, rakor. Dan itu adalah surat rekomendasi dari Kemenkopolhukam, ketika kami beraudiensi dan menyampaikan seluruh poin terhadap rafaksi ini," lanjutnya.

Roy menegaskan rafaksi yang belum kunjung terselesaikan selama hampir dua tahun ini menyebabkan kerugian besar di industri ritel. Maka itu, ia mengatakan para pengusaha ritel akan melakukan langkah untuk melaporkan Kemendag ke Kepolisian Bareskrim buntut dari utang rafaksi tersebut.

"Kita siap maju. Apakah kita melaporkan kepada Mabes? Apakah kita somasi, gugat PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara) dan lain-lain ini lagi bicara nih, antar kuasa hukum," ucap Roy.

[Gambas:Video CNN]

"Jadi kita serahkan tentunya kepada kuasa hukum. Kenapa harus lewat itu? Karena kami enggak dapat kepastiannya. Niatnya juga udah enggak ada bahkan. Karena kalau niat, yang namanya surat terakhir dari Kemenkopolhukam untuk mendorong Kemendag mestinya segera selesai," sambungnya.

Roy pun menegaskan pihaknya dan para pelaku usaha lainnya tidak akan menyerah untuk memperjuangkan haknya sampai utang rafaksi tersebut lunas.

Pengusaha ritel menyebut pemerintah memiliki utang Rp344 miliar kepada mereka. Utang terkait pembayaran selisih harga minyak goreng alias rafaksi dalam program satu harga pada 2022.

Namun, sudah hampir dua tahun berlalu, pemerintah belum juga mau membayar utang tersebut.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga beberapa waktu lalu mengatakan Kemendag masih mempelajari masalah rafaksi minyak goreng untuk menentukan sikap kementerian ke depannya.

(del/agt)

Jiwa Pedang yang Tak Terkalahkan

pinjam di bank syariah
Biaya haji di Indonesia mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk 2024, Kemenag telah mengusulkan biaya Rp105 juta per jemaah.
Biaya haji di Indonesia mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk 2024, Kemenag telah mengusulkan biaya Rp105 juta per jemaah. (ANTARAFOTO/WAHYU PUTRO).
Jakarta, CNN Indonesia--

Biaya hajidi Indonesia mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk 2024, Kementerian Agama(Kemenag) telah mengusulkan kenaikan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) menjadi Rp105 juta per jemaah.

Jika dibandingkan dengan tahun ini, usulan BPIH tersebut naik Rp15 juta dari penetapan tahun sebelumnya, yakni Rp90 juta per jemaah.

"Untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, pemerintah mengusulkan rata-rata BPIH per jamaah Rp105.095.032," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Jakarta, Senin (13/11), dikutip dari Antara.

Adapun BPIH meliputi komponen biaya penerbangan, akomodasi, konsumsi, transportasi, Armuzna, embarkasi/debarkasi, keimigrasian, dokumen perjalanan, hingga biaya hidup.

Lantas bagaimana perbandingan biaya haji tahun ini dan tahun depan?

Per Februari silam, Kemenag dan Komisi VII DPR RI secara resmi menyepakati total BPIH sebesar Rp90.263.104 per jemaah.

Dari total BPIH itu, 55,3 persen atau Rp49,812.700 dibebankan langsung kepada jemaah haji atau yang dikenal dengan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih). Sementara 44,7 persen sisanya ditanggung oleh dana nilai manfaat sebesar Rp40.237.937.

Untuk tahun ini, Panitia Kerja (Panja) Komisi VII DPR RI merinci Bipih sebesar Rp49,8 juta tersebut meliputi biaya penerbangan, biaya hidup dan sebagian biaya paket layanan masyair.

Kemudian, biaya dari nilai manfaat sebesar Rp40,2 juta digunakan untuk akomodasi, konsumsi, transportasi, pelayanan di Armuzna, perlindungan, dokumen perjalanan serta biaya penyelenggaraan ibadah haji di dalam negeri.

"Secara keseluruhan nilai manfaat yang digunakan sebesar Rp8.090.360.327.213,67," kata Marwan.

Untuk tahun depan, Yaqut menjelaskan BPIH disusun dengan asumsi nilai tukar kurs dolar AS terhadap rupiah sebesar Rp16 ribu. Sementara asumsi nilai tukar SAR terhadap rupiah sebesar Rp4.266.

Ia mengatakan kebijakan formulasi komponen BPIH diambil untuk menyeimbangkan besaran beban jamaah dengan keberlangsungan nilai manfaat di masa yang akan datang.

"Pembebanan Bipih (biaya perjalanan ibadah haji) harus menjaga prinsip istithaah dan likuiditas penyelenggaraan ibadah haji di tahun-tahun berikutnya," ucapnya.

Meski usulan BPIH tahun depan lebih besar dari tahun ini, namun formulasi Bipih dan nilai manfaat untuk penyelenggaraan haji 2024 belum diputuskan.

Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi mengatakan usulan besaran BPIH tersebut akan menjadi bahan awal untuk pembahasan lebih lanjut dalam rapat-rapat Panja BPIH.



(del/agt)

Setan Besar dari Sekte Abadi

slot resmi gacor hari ini
Zulkifli Hasan melakukan pemantauan harga bahan pokok di Pasar Johar Baru, Jakarta dan mendapati harga cabai yang cukup tinggi atau Rp120 ribu per kilogram.
Mendag Zulkifli Hasan usai melakukan pemantauan harga bahan pokok Pasar di Jakarta. (Foto: Arsip PAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan pemantauan harga bahan pokok di Pasar Johar Baru, Jakarta. Hasilnya ia mendapati harga cabai yang cukup tinggi atau Rp120 ribu per kilogram.

Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) pun membandingkan harga cabai di Pasar Baru Gresik, Jawa Timur, yang lebih rendah. Menurut dia, hal ini terjadi karena lokasinya dekat dengan petani, Pasar Johar Baru jauh. Sehingga ada tambahan biaya pengiriman yang mengakibatkan harga cabai mahal

Guna mengatasi masalah ini, Zulhas meminta pemerintah daerah memberi subsidi biaya pengiriman, sehingga harga cabai bisa ditekan.

"Cabai Rp 100 ribu-Rp 120 per kg. Telur Rp 28 ribu-Rp 29 ribu, masih menjadi apa yang ketentuan kita. Sebetulnya Rp 28 ribu-Rp 29 ribu harga patokan, kalau Rp 26 ribu, petelur rugi," ujar Zulhas.

"Ayam juga kalau Rp 32 ribu itu rugi. Jadi semua masih stabil, beras juga stabil tapi tinggi," jelasnya.

Sebagai informasi, Zulhas sebelumnya juga melakukan pemantauan harga bahan pokok di sejumlah pasar di Indonesia, mulai dari Gresik, Bogor, hingga Jakarta. Pemantan dilakukan untuk melihat stabilitas harga bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru.

(inh/inh)

Jaringan Perdagangan Dimensi Super

slot judi terbaru
Kepala BPS Kota Madiun Abdul Azis mengatakan kenaikan harga komoditas cabai rawit memberikan andil sebesar 0,25 persen terhadap inflasi di Kota Madiun.
Harga cabai naik dikeluhkan masyarakat. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun, Jawa Timur, mencatat inflasi sebesar 0,48 persen pada November 2023 imbas kenaikan harga cabai rawit, yang mencapai 60,72 persen.

Kepala BPS Kota Madiun Abdul Azis mengatakan kenaikan harga komoditas cabai rawit memberikan andil sebesar 0,25 persen terhadap inflasi di Kota Madiun.

Menurut dia, kenaikan harga cabai rawit pada November lebih tinggi dibanding Oktober yang hanya 29,4 persen. Salah satu penyebabnya adalah faktor cuaca yang mengakibatkan petani gagal panen, sehingga berdampak pada pasokan.

"Kalau inflasi tinggi itu dampaknya daya beli masyarakat menjadi berkurang. Kalau biasanya beli cabai rawit Rp10.000, karena ada kenaikan harga, maka masyarakat mengurangi konsumsi cabai rawitnya," kata Abdul mengutip dari Antara, Minggu (3/12).

Kenaikan harga cabai rawit, juga berdampak terhadap keberlangsungan usaha warung makan, maupun produsen pembuatan sambal pecel di Kota Madiun.

Mereka harus bisa mencari cara agar harga produknya tetap terjangkau, namun tidak menurunkan kualitas yang dihasilkan.

"Dampak dari kenaikan harga cabai rawit, pencatatan kami, komoditas nasi dengan lauk ini juga mengalami inflasi pada November. Itu baru di rumah makan, belum lagi di industri pembuatan sambal pecel," katanya.

Lihat Juga :
Zulhas Akui Harga Beras Hingga Cabai Masih Mahal

Selain cabai rawit, terdapat sejumlah komoditas lain pemicu inflasi pada November 2023 di Kota Madiun, di antaranya beras, rokok kretek, bawang merah, gula pasir, dan telur ayam ras.

"Selain cabai rawit, harga beras juga masih mendorong terjadinya inflasi November 2023 di Kota Madiun," ujarnya.

Sedangkan, komoditas penekan inflasi, di antaranya harga bensin, tarif KA, ayam hidup, daging ayam ras, minyak goreng, tomat, tempe, serta bawang putih dan daging sapi.

Sementara itu, dari delapan kota penghitung inflasi nasional di Jatim, semuanya mengalami inflasi. Adapun inflasi tertinggi, terjadi di Sumenep 0,87 persen.

Kemudian, Madiun 0,48 persen, Probolinggo 0,44 persen, Banyuwangi 0,42 persen. Disusul Malang 0,40 persen, Kediri 0,38 persen, Jember 0,28 persen, dan Surabaya 0,26 persen.

(Antara/mik)

[Gambas:Video CNN]