petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

rtp asianslot88

qqkini 275Jutaan kata 999816Orang-orang telah membaca serialisasi

《rtp asianslot88》

Sulawesi Selatan Surplus Sapi Jelang Iduladha******

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulawesi Selatan memastikan ketersediaan sapi untuk dikurbankan pada Iduladha 1444 Hijriah yang jatuh pada 29 Juni 2023.
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulawesi Selatan (Sulsel) memastikan ketersediaan sapi untuk dikurbankan pada Iduladha 1444 Hijriah yang jatuh pada 29 Juni 2023. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Mesha Mediani).
Makassar, CNN Indonesia--

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulawesi Selatan (Sulsel) memastikan ketersediaansapi untuk dikurbankan pada Iduladha 1444 Hijriah yang jatuh pada 29 Juni 2023.

Tercatat, jumlah sapi mencapai sekitar 75 ribu ekor atau meningkat 10,29 persen dari tahun sebelumnya, 68 ribu ekor.

"Tahun lalu, sapi saja 68 ribu. Saat ini sekitar 75 ribu. Namun, yang terpotong tahun lalu sekitar 44 ribu ekor sekitar 70 persen," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel Nurlina Saking di Makassar, Rabu (21/6).

"Saya mengamati bahwa harga sapi di Sulsel baik di Kota Makassar maupun di kabupaten itu tidak terlalu jomplang. Mereka sepertinya ada kesepakatan dari harga itu mirip. Misalnya, kalau berat 70 kilo, itu di kisaran Rp 13,5 juta ke atas. Karena ini terkait persaingan di dalam pasar, tentu mereka juga saling memperhatikan sehingga sepertinya ada kesepakatan harga," ungkapnya.

Nurlina menyebutkan  Sulsel sendiri masuk dalam tiga besar provinsi dengan populasi ternak sapi terbanyak di Indonesia bersama Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Kita populasi terbesar ketiga di Indonesia setelah Jawa Timur dan Jawa Tengah, sehingga kita malah jadi suppliersekitar 8.000 an ekor yang keluar. Tahun sebelum covid sampai 10 ribu (ekor) keluar untuk Iduladha," jelasnya.

Meski populasi sapi besar di Sulsel, pihaknya tetap menerima sapi dari luar Sulsel walaupun dalam jumlah yang tidak besar.

"Stok dari luar ada yang masuk, tapi tidak seberapa. Malah kita banyak yang keluar. Karena stok di Sulsel cukup," ujarnya.

Sementara itu, ketersediaan ayam potong dan kambing di Sulsel masih dalam kondisi aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di hari raya Iduladha nanti.

"Cukup, ribuan. Setiap tahunnya ada 2.000-4.000 ekor kambing. Kalau ayam potong saya kira ini sementara aman ketersediannya. Biasanya kalau Iduladha ini komoditas ini juga mengikuti kenaikan harga," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mir/sfr)

Mandalika, Warisan Utang Rp4,6 T dan Rencana Ambil Alih oleh Pemda NTB******

Sirkuit Mandalika yang sempet diandalkan demi menggaet wisatawan kini tengah menghadapi polemik mulai dari kerugian hingga masalah utang Rp4,6 triliun.
Sirkuit Mandalika yang sempet diandalkan demi menggaet wisatawan kini tengah menghadapi polemik mulai dari kerugian hingga masalah utang Rp4,6 triliun. (CNN Indonesia/Meutia Rahmawati)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sirkuit Mandalika menjadi salah satu andalan pemerintah dalam menggaet wisatawan khususnya turis asing ke Indonesia dengan menghelat event olah raga internasional seperti MotoGP 2022 dan World Superbike (WSBK).

Event MotoGP Mandalika 2022 menjadi pelepas dahaga Indonesia 25 tahun lamanya setelah terakhir kali menggelar balap motor kelas dunia itu di Sirkuit Sentul pada 1997 silam.

Bahkan, Mandalika menjadi salah satu sirkuit yang mungkin sulit dilupakan The Baby Alien alias Marc Marquez. Pasalnya, Marquez harus rela crash empat kali saat free practice dan warm up, gagal balapan, hingga divonis mengalami diplopia lagi.

Kearifan lokal ini muncul ketika seisi sirkuit diselimuti awan hitam hingga petir menggelegar, tepat sebelum balapan dihelat pada 20 Maret 2022 lalu.

Sang pawang hujan ini muncul di area pit lane sembari komat-kamit melafalkan mantra khusus. Mbak Rara mengenakan helm proyek berwarna putih, jaket bermotif kain khas Indonesia, dan bertelanjang kaki. Ia membawa alat khusus selayaknya cawan yang dipukul-pukul dengan tongkat kecil.

Sebelum MotoGP, aspal Mandalika sudah lebih dahulu digunakan untuk balapan World Superbike (WSBK). Sirkuit di Lombok Tengah ini masuk kalender WSBK sejak 2021.

Bahkan, dunia punya kenangan abadi dengan ajang WSBK Mandalika 2021. Saat itu, Bos Ducati marah besar karena oknum panitia lokal meng-unboxing kargo motornya secara ilegal.

Lihat Juga :
Drama Gubernur NTB dan InJourney yang Gagal Kelola Mandalika

Namun siapa sangka gemerlap event-event tersebut rupanya meninggalkan kerugian bagi Indonesia. Untuk WBSK, rugi Rp100 miliar dan MotoGP merugi Rp50 miliar.

Tak hanya rugi, gagal balik modal ini juga menyumbang utang Rp4,6 triliun yang dipikul InJourney selaku holding BUMN Pariwisata pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengeluhkan utang tersebut dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR. Doni mengungkapkan mereka memiliki kewajiban jangka pendek Rp1,2 triliun dan jangka panjang sebesar Rp3,4 triliun.

Pada akhirnya, WSBK yang diklaim sepi sponsor terancam dicoret dari kalender Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Lihat Juga :
IHSG Diprediksi Masih Menguat Hari Ini

Selain itu, InJourney melalui PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) meminta Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp1,19 triliun untuk menyelesaikan sengkarut utang tersebut.

"Terus terang saya tidak bisa selesaikan kewajiban yang short term (jangka pendek) ini, di antaranya untuk bayar pembangunan Grandstand, VIP Village, sama kebutuhan modal kerja saat penyelenggaraan event," kata Direktur Utama InJourney Dony Oskaria dalam rapat bersama Komisi VI DPR RI, Rabu (14/6) lalu.

Komisi VI DPR pun merestui pengajuan PMN InJourney itu di dalam rapat yang digelar sehari setelahnya bersama Menteri BUMN Erick Thohir.

Di tengah sengkarut polemik utang Mandalika, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah muncul bak pahlawan kesiangan dengan niat mengambil alih pengelolaan Sirkuit Mandalika dari InJourney yang terlilit utang.

Lihat Juga :
Pegawai Bank Cs di China Dilarang Foya-foya Buntut Korupsi US T

"Kalau memang InJourney enggak sanggup diserahkan saja pengelolaan Sirkuit Mandalika itu pada kami Pemda NTB. Insyaallah jangankan WSBK dan MotoGP, yang lain pun banyak yang bisa kami lakukan dengan sirkuit yang luar biasa ini," ungkap Politikus PKS itu, dikutip dari Antara.

Ia menyebut kegiatan olahraga tidak selalu menguntungkan saat pertama kali dihelat karena sponsor cenderung terbatas, bahkan banyak penyelenggara merugi. Namun, Zulkieflimansyah berniat terus menggenjot pengelolaan hingga promosi agar agenda besar di Sirkuit Mandalika bisa menguntungkan atau cuandi kemudian hari.

"Sebagaimana ditegaskan dari awal oleh Pak Jokowi, penyelenggara boleh saja rugi, tapi stigma atau dampak keseluruhan terhadap ekonomi ini yang harus dipertimbangkan dan dijadikan acuan," tegasnya.



Bersambung ke halaman selanjutnya

Cuan musiman hingga dibutuhkan perhitungan modal matang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Wamen BUMN Beber Kejanggalan Laporan Keuangan Waskita Karya******

Wamen BUMN Kartika membeberkan kejanggalan laporan keuangan Waskita Karya sehingga muncul dugaan dimanipulasi.
Wamen BUMN Kartika membeberkan kejanggalan laporan keuangan Waskita Karya sehingga muncul dugaan dimanipulasi. (Foto: iStockphoto/izusek)
Jakarta, CNN Indonesia--

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan ada kejanggalan dalam laporan keuangan PTWaskita Karya.

Menurutnya, laporan keuangan Waskita tak sesuai dengan kondisi sebenarnya, di mana perusahaan melaporkan mencatat laba jumbo tetapi margin tipis serta arus kas (cash flow) negatif.

"Margin kalau ada kesalahan bisa jadi kerugian," ujarnya dalam program Power Lunch CNBC Indonesia, Senin (19/6).

Yang menjadi pertanyaan dan kejanggalan, ungkap Tiko, margin yang diperoleh sangat tipis pada 2017-2018 meski labanya menjadi puncak di periode itu. Waskita justru mencatatkan arus kas negatif.

Lihat Juga :
Libur Sekolah, KAI Diskon Tiket Kereta 25 Persen Pada 25 Juni-9 Juli

"Ini jadi pertanyaan kenapa ada laba yang besar sekali, sementara cash flownegatif. Padahal, waktu itu kita melihat publik sedang banyak menerbitkan isu obligasi, penerbitan berbagai instrumen keuangan dan tentunya publik melihat kondisi laporan keuangan waktu itu memang menunjukkan angka baik," jelasnya.

Kendati begitu, pihaknya belum bisa menyimpulkan apapun terkait laporan keuangan tersebut. Saat ini, investigasi lebih lanjut tengah dilakukan untuk memastikan apa penyebab kinerja keuangan perseroan anjlok drastis.

"Tak menampik mungkin ini ada perbedaan kebijakan atau belum tentu adafraud. Tapi kita kaji detail bersama BPKP," pungkasnya.

Menteri BUMN Erick Thohir juga sudah buka suara soal dugaan manipulasi laporan keuangan yang dilakukan Waskita. Ia mengungkapkan setiap tindakan manipulasi laporan keuangan di BUMN bakal ditindak tegas, termasuk membawa ke ranah hukum.

Erick mencontohkan saat ada manipulasi keuangan PT Garuda Indonesia Tbk pihaknya langsung menindak secara pidana. Hal yang sama berlaku bagi Waskita atau BUMN lainnya karena masalah hukum tidak boleh pandang bulu.

"Sama juga kalau ada laporan keuangan bukan hanya di Waskita dan WIKA (Wijaya Karya), sudah pasti kami akan lakukan yang namanya tindakan hukum keras," ucapnya di Kompleks DPR RI, Kamis (15/6).

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)




bab terbaru:aplikasi kredit

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
sdpools
trik pola olympus hari ini
seribu mimpi 06
link slot 5000
kode alam kucing berantem
game slot terbaik di dunia
kumpulan nama situs slot
rtp bento4d
situs slot hoki hari ini
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara pinjam di bank neo
Bab 2 pengguna kredivo
Bab 3 demo slot 5lion
Bab 4 buku tafsir mimpi lengkap bergambar
Bab 5 paiza99
Bab 6 situs slot gacor maxwin hari ini
Bab 7 cara beli hp cicilan di shopee
Bab 8 uw88
Bab 9 btv168 rtp
Bab 10 situs slot jp hari ini
Bab 11 demonslot
Bab 12 asoka88
Bab 13 rtp catur777
Bab 14 situs slot aman dan terpercaya
Bab 15 gila 138 slot
Bab 16 tafsir mimpi 2d bergambar
Bab 17 kipas angin erek erek
Bab 18 zentaurus slot demo
Bab 19 rtp mansion77
Bab 20 keong4d
Klik untuk melihattersembunyi di tengah265bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Kecantikan Yan Xiaoyun

macantoto88
Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengakui harga beras, gula pasir, telur dan daging ayam melonjak saat ini.
Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengakui harga beras, gula pasir, telur dan daging ayam melonjak saat ini. (Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengakui harga beras, gula pasir, telur dandaging ayammelonjak saat ini.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR mengatakan hal itu terlihat dari harga jual di atas harga eceran tertinggi (HET) dan harga acuan pembelian (HAP).

"Terdapat beberapa komoditas yang masih berada di atas harga eceran tertinggi (HET), harga acuan pembelian atau HAP yang ditetapkan oleh Badan Pangan Nasional, yaitu antara lain beras, kemudian gula pasir, kemudian daging ayam ras dan telur ayam ras," kata Isy, Rabu (21/6).

Harga beras medium di region B (Sumatera, Kalimantan, dan NTT) berada di Rp12.300 per kg atau di atas HET Rp11.500 per kg. Begitu juga dengan harga beras medium di region C (Maluku, Papua) di posisi Rp13.100 per kg, di ats HET Rp11.800.

Kemudian, harga gula pasir berada di Rp14.700 per kg, di atas HAP Rp13.500 per kg. Lalu, telur ayam ras dibanderol Rp31.900 per kg, di atas HAP Rp27 ribu per kg. Sementara harga daging ayam ras berada di posisi Rp38.800 per kg, di atas HAP Rp36.750 per kg.

Lihat Juga :
BPK Temukan Banyak Masalah di Proyek BUMN

Isy mengatakan komoditas pangan lainnya cenderung stabil. Dalam paparannya, harga daging sapi berada di Rp137.700 per kg atau di bawah HAP Rp140 ribu per kg, bawang merah seharga Rp39.700 per kg atau di bawah HAP Rp41.500 dan cabai merah keriting Rp39.800 per kg atau di bawah HAP Rp55 ribu.

"Kemendag selalu berupaya menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok guna menjaga daya beli masyarakat, sekaligus menjaga inflasi nasional," kata Isy.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Raja yang Terlahir Kembali untuk Semua Orang

slot bonus new member philippines
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menilai  InJourney gagal mengelola Sirkuit Mandalika.
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah akan ambil alik Sirkuit Mandalika. (CNNIndonesia/Meutia Rahmawati)
Jakarta, CNN Indonesia--

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah ingin mengambil alih pengelolaan Sirkuit Mandalika usai InJourney tidak bisa melanjutkan karena terhimpit utang.

Pernyataan Zulkieflimansyah ini dilontarkan merespons rencana InJourney yang ingin menghapus perhelatan World Superbike (WSBK) dari Sirkuit Mandalika karena harus merugi hingga Rp100 miliar.

"Kalau memang InJourney enggak sanggup diserahkan saja pengelolaan Sirkuit Mandalika itu pada kami Pemda NTB. Insya Allah jangankan WSBK dan MotoGP, yang lain pun banyak yang bisa kami lakukan dengan sirkuit yang luar biasa ini," ujar Zulkieflimansyah di Mataram mengutip Antara, Sabtu (17/6).

"Alih-alih ingin menambah kegiatan dan atraksi motor di Sirkuit Mandalika. Ini malah mengurangi," kata Zulkieflimansyah.

Zulkieflimansyah menyebut kegiatan olahraga memang tidak selalu memberikan keuntungan saat pertama kali digelar karena sponsor biasanya terbatas, bahkan tak jarang pihak penyelenggara malah merugi.

Meski demikian, Zulkieflimansyah memilih untuk memandang sisi positifnya. Menurutnya, lebih baik terus ditingkatkan pengelolaan, promosi dan lain-lain agar agenda besar di Sirkuit Mandalika bisa menguntungkan di kemudian hari.

"Sebagaimana ditegaskan dari awal oleh Pak Jokowi penyelenggara boleh saja rugi tapi stigma atau dampak keseluruhan terhadap ekonomi ini yang harus dipertimbangkan dan dijadikan acuan," tutur Zulkieflimansyah.

Lihat Juga :
Blak-blakan InJourney Soal Utang Rp4,6 T Proyek Mandalika

Sebelumnya, Holding BUMN pariwisata dan aviasi InJourney menyebut proyek pengembangan Kawasan Ekonomi Pariwisata Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) meninggalkan utang sebesar Rp4,6 triliun.

Adapun utang ini terdiri atas kewajiban pembayaran jangka pendek senilai Rp1,2 triliun dan jangka panjang Rp3,4 triliun.

Imbas kondisi tersebut, InJourney melalui PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) meminta Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp1,19 triliun.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan PMN merupakan satu-satunya cara untuk menyelesaikan kewajiban pembayaran utang jangka pendek proyek yang juga mencakup sirkuit balap motor itu. Sedangkan untuk utang jangka panjang, pihaknya akan mencari cara lain untuk melunasinya.

"Terus terang saya tidak bisa selesaikan kewajiban yang short term (jangka pendek) ini, diantaranya untuk bayar pembangunan Grandstand, VIP Village, sama kebutuhan modal kerja saat penyelenggaraan event," katanya saat rapat dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (14/6).

Lihat Juga :
InJourney Minta PMN Buat Bangun Pusat Konvensi di KEK Sanur Bali

Menteri BUMN Erick Thohir mengakui arus keuangan InJourney negatif. Erick menyebut kondisi buruk yang menimpa BUMN holding pariwisata dan aviasi itu terjadi saat pandemi covid-19 menghantam dunia beberapa tahun belakangan.

Saat itu, pendapatan dari airport berada dalam posisi negatif.

Meski dunia sudah berangsur normal, Erick menjelaskan baru dua bandara yang sudah mulai bangkit dari pandemi, yakni di Bali dan Jakarta. Sementara, bisnis dari 70 persen bandara sisanya belum kembali normal.

Di saat bersamaan, InJourney melalui PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC mendapat penugasan untuk mengembangkan KEK Mandalika.

"Dan itulah kenapa pendanaan ini (PMN) dibutuhkan," ucap Erick.

(lom/mik)

[Gambas:Video CNN]

produser superstar

livesdy
Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengakui harga beras, gula pasir, telur dan daging ayam melonjak saat ini.
Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengakui harga beras, gula pasir, telur dan daging ayam melonjak saat ini. (Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengakui harga beras, gula pasir, telur dandaging ayammelonjak saat ini.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR mengatakan hal itu terlihat dari harga jual di atas harga eceran tertinggi (HET) dan harga acuan pembelian (HAP).

"Terdapat beberapa komoditas yang masih berada di atas harga eceran tertinggi (HET), harga acuan pembelian atau HAP yang ditetapkan oleh Badan Pangan Nasional, yaitu antara lain beras, kemudian gula pasir, kemudian daging ayam ras dan telur ayam ras," kata Isy, Rabu (21/6).

Harga beras medium di region B (Sumatera, Kalimantan, dan NTT) berada di Rp12.300 per kg atau di atas HET Rp11.500 per kg. Begitu juga dengan harga beras medium di region C (Maluku, Papua) di posisi Rp13.100 per kg, di ats HET Rp11.800.

Kemudian, harga gula pasir berada di Rp14.700 per kg, di atas HAP Rp13.500 per kg. Lalu, telur ayam ras dibanderol Rp31.900 per kg, di atas HAP Rp27 ribu per kg. Sementara harga daging ayam ras berada di posisi Rp38.800 per kg, di atas HAP Rp36.750 per kg.

Lihat Juga :
BPK Temukan Banyak Masalah di Proyek BUMN

Isy mengatakan komoditas pangan lainnya cenderung stabil. Dalam paparannya, harga daging sapi berada di Rp137.700 per kg atau di bawah HAP Rp140 ribu per kg, bawang merah seharga Rp39.700 per kg atau di bawah HAP Rp41.500 dan cabai merah keriting Rp39.800 per kg atau di bawah HAP Rp55 ribu.

"Kemendag selalu berupaya menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok guna menjaga daya beli masyarakat, sekaligus menjaga inflasi nasional," kata Isy.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Sutra Kaisar Prasejarah

sikat88 demo
Sebanyak 18 perusahaan di Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengajukan permohonan memangkas upah buruh 25 persen.
Sebanyak 18 perusahaan di Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengajukan permohonan memangkas upah buruh 25 persen. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Elisa Valenta Sari)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat ada 18 perusahaan di Jawa Barat dan Yogyakarta yang mengajukan izin memangkas upah buruh sebesar 25 persen.

Pengajuan ini terkait kelonggaran yang ditawarkan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 5 Tahun 2023, yang diteken pada 7 Maret 2023 lalu.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnaker Indah Anggoro Putri merinci 18 perusahaan yang mengajukan keringanan tersebut terbagi ke dalam 2 provinsi, yakni 13 perusahaan di Jawa Barat dan 5 lainnya di Yogyakarta.

Ia menyebut beberapa perusahaan di Jawa Barat sudah sepakat dengan buruhnya terkait penyesuaian jam kerja dan upah, termasuk di Purwakarta. Besaran kesepakatan upah itu berkisar 70,17 persen sampai 93,48 persen dari Upah Minimum Kabupaten (UMK) Purwakarta.

Putri lalu mencontohkan di Cianjur terjadi kesepakatan upah baru menjadi 85,71 persen dari UMK daerah tersebut. Kesepakatan upah baru tersebut akan berakhir pada September 2023.

Lihat Juga :
Daftar 5 Instansi dengan Tunjangan Kinerja Tertinggi

Berdasarkan data Kemnaker, perusahaan-perusahaan di Jawa Barat yang mengajukan pemangkasan upah bergerak di bidang industri kertas budaya, pakaian jadi dari tekstil maupun sulaman atau bordir, barang jadi dari tekstil untuk keperluan rumah tangga, mainan anak-anak, hingga rambut palsu.

Sedangkan di Yogyakarta, Putri merinci perusahaan yang memanfaatkan kelonggaran berupa penyesuaian waktu kerja dan upah tersebut rata-rata bergerak di industri sarung tangan kulit berorientasi ekspor ke Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Pemotongan upah 25 persen memang diizinkan Menaker Ida Fauziyah dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 5 Tahun 2023. Namun, Ida menetapkan syarat-syarat tertentu kepada perusahaan yang ingin mengajukan penyesuaian tersebut.

Lihat Juga :
Dirut Pertamina Bocorkan Harga BBM Bioetanol: Seharga RON 95

"Perusahaan industri padat karya tertentu berorientasi ekspor yang terdampak perubahan ekonomi global dapat melakukan penyesuaian besaran upah pekerja/buruh dengan ketentuan upah yang dibayarkan kepada pekerja/buruh paling sedikit 75 persen dari upah yang biasa diterima," bunyi beleid tersebut.

Ida juga membatasi pemotongan upah itu hanya boleh dilakukan selama 6 bulan terhitung sejak beleid ini diterbitkan. Berikut beberapa syarat yang ditetapkan Kemnaker bagi perusahaan yang ingin memotong upah buruhnya.

Pertama, eksportir itu harus berasal dari industri padat karya yang memiliki pekerja paling sedikit 200 orang. Selain itu, persentase biaya tenaga kerja terhadap biaya produksi dalam industri padat karya itu paling sedikit harus mencapai 15 persen.

Sementara itu berkaitan dengan industri eksportir padat karya yang diberi peluang memotong gaji buruh, Ida mengatur ada 5, yaitu:

a. Industri tekstil dan pakaian jadi
b. Industri alas kaki
c. Industri kulit dan barang kulit
d. Industri furnitur
e. Industri mainan anak

Dalam pertimbangan beleid itu, Ida mengatakan izin kepada eksportir untuk mengurangi gaji karyawan diberikan demi menyiasati dampak penurunan permintaan ekspor akibat imbas perubahan ekonomi global.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Biografi Ajaib HP

raja123
Pengusaha minta diberi keleluasaan mengatur cuti karyawan bila pemerintah menetapkan 28-30 Juni 2023 menjadi cuti bersama.
Pengusaha minta diberi keleluasaan mengatur cuti karyawan bila pemerintah menetapkan 28-30 Juni 2023 menjadi cuti bersama. ( iStockphoto/Gregory_DUBUS).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengusaha menanggapi usulan cuti bersamapada 28 dan 30 Juni 2023 mendatang bersamaan dengan Hari RayaIduladha 1444 H.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan mendukung bila kemudian pemerintah mengamini usulan tersebut dan kemudian memutuskan cuti bersama pada Iduladha nanti. Pasalnya, Indonesia memiliki populasi Muslim yang besar.

"Namun dalam implementasinya dunia usaha (kami harap) bisa diberikan kesempatan melakukan penyesuaian pengaturan pengambilan cuti," katanya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (20/6).

Senada, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid mengatakan pelaku usaha menghormati kebijakan pemerintah, termasuk dalam penetapan hari libur untuk Iduladha. Ia berharap setelah mendapatkan libur, para pekerja dapat kembali beraktivitas dengan lebih produktif.

"Kami sangat menghargai hak pekerja untuk mendapatkan libur, karena itu telah dijamin oleh Undang-Undang," kata Arsjad.

Sebelumnya, Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas menyebut ada usulan cuti bersama pada 28 dan 30 Juni 2023 mendatang bersamaan dengan Hari Raya Iduladha 1444 H. Ia menyebut terkait wacana penambahan cuti bersama itu sudah pernah dibahas dalam rapat bersama dengan Kementerian Sekretariat Negara.

"Ada usulan selain libur nasional 29, 28 Juni itu diusulkan jadi cuti bersama. Kemudian 30 kan kejepit itu diusulkan juga jadi cuti bersama," kata Azwar di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (19/6).

Pihaknya percaya jika kedua tanggal itu ditetapkan sebagai cuti bersama, akan meningkatkan perekonomian di daerah-daerah.

Ia pun menyebut hal itu bertepatan dengan libur anak sekolah, sehingga dapat meningkatkan kualitas waktu bersama dengan keluarga.

"Karena setiap libur yang lebih dari dua hari itu pergerakan ke daerah juga tinggi, dan mendorong pemerataan ekonomi tumbuh di berbagai kawasan," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Dosa Lumen

game slot gacor hari ini
Group Alibaba mengumumkan pengunduran diri Daniel Zhang dari kursi CEO dan chairman perusahaan.
Group Alibaba mengumumkan pengunduran diri Daniel Zhang dari kursi CEO dan chairman perusahaan. (AFP PHOTO / STR).
Jakarta, CNN Indonesia--

Alibaba Group mengumumkan pengunduran diri Daniel Zhang dari kursi CEO dan chairman perusahaan.

DilansirReuters,Selasa (20/6), Zhang nantinya akan fokus pada bisnis cloud seiring langkah pemecahan bisnis raksasa e-commerce China itu. Rencananya, perusahaan akan dibagi menjadi enam unit bisnis, termasuk cloud.

Sejak Desember lalu, Zhang menjalankan tiga peran ketika dia mengambil alih sebagai kepala unit cloudsetelah mengalami pemadaman yang digambarkan sebagai "kegagalan skala besar terpanjang" untuk lebih dari satu dekade.

Sementara, Wakil Ketua Eksekutif Joseph Tsai akan mengambil alih peran Zhang sebagai chairman.

Perusahaan menyatakan kedua penunjukan tersebut akan berlaku pada 10 September.

"Penunjukan Daniel untuk fokus menjalankan cloud benar-benar menunjukkan keyakinan dan kepercayaan kepadanya untuk mengambil bisnis yang paling berharga," ujar Brian Wong, mantan karyawan Alibaba dan penulis buku "The Tao of Alibaba".

Menurut Wong, Zhang akan mampu mengembangkan bisnis cloud perusahaan dengan cara yang benar seiring masuknya era kecerdasan buatan (AI).

Zhang bergabung dengan Alibaba pada 2007. Mantan akuntan itu dikenal sebagai arsitek di balik festival belanja tahunan "Singles Day" perusahaan tersebut.

Dia telah menjabat sebagai CEO sejak 2015 dan menjadi chairman pada 2019, menggantikan kedua peran tersebut dari co-founder Alibaba Jack Ma.

Perusahaan berterima kasih kepada Zhang atas "kepemimpinannya yang luar biasa dalam mengatasi ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya yang memengaruhi bisnis perusahaan selama beberapa tahun terakhir."

Rencananya, unit bisnis e-commerce termasuk Taobao dan Tmall akan tetap dimiliki sepenuhnya oleh Alibaba. Namun, lima unit lainnya akan dipisahkan. Pada Mei lalu, Alibaba menargetkan unit bisnis cloud bisa melantai di bursa dalam 12 bulan ke depan.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)