petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

www bonanza88

astonbet 895Jutaan kata 623069Orang-orang telah membaca serialisasi

《www bonanza88》

BPOLBF sebut ekologi jadi prinsip tata kelola pariwisata Labuan Bajo******

BPOLBF sebut ekologi jadi prinsip tata kelola pariwisata Labuan Bajo
Plt Direktur Utama BPOLBF Frans Teguh. ANTARA/HO-Gecio Viana
Kita ingin pariwisata kita maju tapi maju bersama-sama dengan kesejahteraan yang kita impikan.
Labuan Bajo (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Frans Teguh mengatakan aspek ekologi menjadi prinsip dalam tata kelola dan pengembangan pariwisata Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Pariwisata yang didorong ada kawasan koordinatif dan kawasan otoritatif, saat ini kami berada di kawasan otorita (Parapuar Labuan Bajo) yang menurut mandat perpres (peraturan presiden) kami mendapatkan hak pengelolaan. Tapi hak pengelolaan ini harus bisa dipertanggungjawabkan. Kami kelola dengan prinsip-prinsip ekologis, prinsip memberdayakan masyarakat," kata Frans Teguh, di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (1/3).

Dia menjelaskan tata kelola berbasis salah satunya diterapkan dalam pengembangan lahan otorita Parapuar Labuan Bajo.

"Sehingga yang kami tawarkan dalam konsep pengembangan Parapuar ke depan zona kebudayaan bisa menjadi karakter pengembangan kawasan ini apakah nampak dari simbol, bentuk, bangunan, ketinggian bangunan itu semua saya kira harus jadi hal-hal yang kita atur dalam guidelinepengembangan kawasan. Ini yang kita sudah sedang negosiasi kan teman-teman investor kalau mereka mau membangun ikuti aturan tata ruang," katanya lagi.

Dia menjelaskan Labuan Bajo, Flores sebagai satu entitas pengembangan kepariwisataan dalam tahapan membangun, termasuk pembangunan sumber daya manusianya.

Ia menambahkan bahwa produk-produk kepariwisataan yang disajikan harus benar-benar sesuai dan cocok dengan apa yang menjadi kebutuhan pengunjung atau wisatawan, namun tidak mengesampingkan aspek ekologis dan keberlanjutan.

"Saya tahu dan ini merupakan persoalan kita bersama yakni transformasi sosial-budaya kita yang tadinya agraris, tadinya birokrat, tadinya nelayan sekarang masuk new economy, artinya ada peluang baru di pariwisata, teman-teman pelaku pariwisata sudah paham sekali dunia pariwisata punya standar, kaidah-kaidah, kalau misalnya mau masuk ke sana ya sesuai dengan standar yang diminta," katanya pula.

Dia juga meminta seluruh stakeholder dan media massa memberikan masukan konstruktif dan secara kolektif bekerja untuk membangun pariwisata Labuan Bajo.

Dia meyakini seluruh stakeholder dan media massa akan memberikan kontribusinya sesuai peran masing-masing dalam pengembangan pariwisata yang lebih berkualitas dan berkelanjutan di seluruh ekosistem kepariwisataan dari hulu sampai hilir.

"Teman-teman media memberikan masukan, penajaman menjaga momentum-momentum yang terbaik ini supaya pariwisata kita lebih berkualitas, kami ingin dorong sesuatu yang lebih meaningfuldan saya kira ini adalah kerja-kerja dalam proses, mudah-mudahan hasilnya optimal karena dalam strategi kita bersama," ujarnya lagi.

"Kita ingin pariwisata kita maju tapi maju bersama-sama dengan kesejahteraan yang kita impikan," katanya pula.
Baca juga: BPOLBF siapkan SDM internal yang unggul dan profesional
Baca juga: Otorita ajak investor lokal bangun Parapuar Labuan Bajo

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

Kriminal sepekan, Tersangka kasus Serpong hingga praperadilan Aiman******

Kriminal sepekan, Tersangka kasus Serpong hingga praperadilan Aiman
Kasat Reskrim Polres Kota Tangerang Selatan AKP Alvino Cahyadi (tengah) bersama Komisioner KPAI Diah Puspitarini (kiri) dan Asdep Layanan anak dan ibu Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lany Ritonga (kedua kanan) memberikan keterangan pers terkait penetapan tersangka kasus perundungan anak SMA Bina Nusantara (Binus) Internasional di Mapolres Tangerang Selatan, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (1/3/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa/aa.
Jakarta (ANTARA) - Peristiwa kriminal dan hukum di DKI Jakarta sepekan ini menjadi sorotan, mulai dari polisi menetapkan empat orang tersangka kasus perundungan di sekolah internasional di kawasan Serpong, hingga praperadilan Aiman Witjaksono terkait penyitaan telepon seluler ditolak hakim PN Jaksel.

Berikut lima pemberitaan kriminal di DKI Jakarta dan sekitarnya selama sepekan yang masih dapat dinikmati para pembaca untuk mengawali pagi hari di akhir pekan ini.

1. Polisi tetapkan empat tersangka dalam kasus perundungan di Serpong

Polres Tangerang Selatan Kota menetapkan sebanyak empat tersangka dalam dugaan kasus perundungan (bullying) yang terjadi di salah satu sekolah internasional di kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

"Empat orang saksi ditingkatkan status menjadi tersangka yang diduga melakukan tindak pidana kekerasan terhadap anak di bawah umur,”kata Kasat Reskrim Polres Tangsel, AKP Alvino Cahyadi dalam konferensi pers di Polres Metro Tangerang Selatan, Jumat.

Baca berita selengkapnya di sini


2. Buntut kasus pelecehan seksual, Rektor UP resmi dinonaktifkan

Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP) secara resmi menonaktifkan Rektor UP berinisial ETH (72) terkait dugaan kasus pelecehan seksual yang dilakukannya terhadap karyawan perguruan tinggi tersebut yang berinisial RZ (42).

"Tidak dicopot tapi dinonaktifkan," kata Sekretaris YPPUP Yoga Satrio saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, setelah pada hari sebelumnya (26/2) dilakukan rapat pleno di lingkungan internal.

Berita selengkapnya ada di sini


3. Mantan suami artis lakukan penembakan di Jatinegara

Mantan suami artis DL dan CK berinisial GS diduga melakukan percobaan pembunuhan dengan menggunakan senjata api di salah satu perkantoran Jalan Jatinegara Timur, Bali Mester, Jatinegara, Jakarta Timur.

Korban penembakan Mohamad Andika Mowardi (32) di Jakarta, Selasa, mengaku dirinya nyaris terkena peluru yang terjadi pada Kamis dini hari (8/2) sekitar pukul 02.00 WIB.

Selengkapnya ada di sini


4. Keluarga Brigadir J gugat Ferdy Sambo hingga Presiden Rp7,5 miliar

Kuasa hukum keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J menggugat secara perdata Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer, Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf, Kapolri, Menteri Keuangan, dan Presiden RI sebanyak Rp7,5 miliar atas terbunuhnya Yosua.

"Dia (Yosua) itu polisi aktif, apabila pensiun sampai usia 53 atau 58 tahun maka dia memiliki masa bakti 30 tahun lagi. Dan itu ada hak 30 tahun lagi mendapatkan gaji dari negara," kata Ketua Kuasa hukum keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J Kamaruddin Simanjuntak di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini


5. PN Jaksel tolak praperadilan Aiman terkait penyitaan telepon seluler

Hakim Tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak gugatan praperadilan yang diajukan Aiman Witjaksono atas penyitaan telepon genggam, kartu SIM, akun media sosial dan email oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

"Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Hakim Tunggal Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan Delta Tama di Jakarta saat membacakan putusan gugatan praperadilan tersebut pada Selasa

Baca berita selengkapnya di sini
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024

Yudha Saputera capai torehan 1.000 poin di IBL******

Yudha Saputera capai torehan 1.000 poin di IBL
Pemain Prawira Harum Bandung Yudha Saputera. ANTARA/HO-IBL
Jakarta (ANTARA) - Pemain Prawira Harum Bandung Yudha Saputera mencatatkan namanya dalam daftar pemain dengan torehan 1.000 poin pada kompetisi domestik Indonesia Basketball League saat laga melawan Borneo Hornbills di GOR C-Tra Arena Bandung, Sabtu kemarin.

Yudha yang beberapa pekan sebelumnya menjalani operasi amandel, kembali bermain untuk mencatat rekor pribadinya yang melengkapi kemenangan tim dengan capaian 1.000 poin di IBL. Hal itu dimulai sejak kiprahnya di Indonesia Patriots pada musim 2021.

Yudha bermain di IBL sejak 2021, saat masih membela Indonesia Patriots, yaitu tim bentukan Perbasi untuk program pelatihan timnas yang mengikuti kompetisi hanya sampai musim reguler dan tidak ikut memperebutkan gelar juara pada pascamusim.

Dia melanjutkan perjalanannya ke Prawira sejak 2022 hingga sekarang. Dalam rentang waktu empat musim, Yudha sudah bisa mengumpulkan 1.000 poin. Ini melengkapi catatan prestasi terbaiknya, setelah musim lalu menjadi juara IBL bersama Prawira.

"Bersyukur bisa 1.000 poin. Ini menjadi tantangan bagi saya untuk tetap fokus, biar poinnya semakin banyak lagi," kata Yudha seperti dikutip dari laman resmi IBL.

Baca juga: Prawira kembali menang usai kalahkan Borneo

Kemenangan kali ini memang didapat dengan susah payah. Prawira harus melewati babak tambahan untuk mengalahkan Borneo. Tapi, bila tidak ada overtime, mungkin saja Yudha belum mencapai 1.000 poin. Karena Yudha menyentuh poin ke-1.000 pada  awal overtime.

"Sebenarnya kurang puas dengan pertandingan hari ini, karena sebenarnya bisa lebih baik lagi. Tapi tetap bersyukur bisa memenangkan pertandingan," kata Yudha.

Juara bertahan IBL 2023 tersebut menjalani kompetisi yang sulit pada musim 2024. Mereka harus terima berada pada peringkat tujuh klasemen dengan catatan 3 menang dan 3 kalah. Prawira sempat merombak susunan pemain asingnya yang dibentuk awal musim, sekaligus mengembalikan pemain asing musim lalu Brandone Francis.

"Senang juga karena situasi di tim semakin bagus. Terutama dengan kembalinya Brandone Francis. Semoga bisa membawa aura positif bagi tim kami.," kata pemain andalan Timnas Indonesia itu.

Prawira Harum Bandung membuka kembali pertandingan IBL usai jeda dengan kemenangan 82-78 atas Borneo Hornbills. Mereka hampir kalah pada kuarter empat dengan tertinggal 70-65 dalam sisa satu setengah menit pertandingan, namun Prawira  menyamakan kedudukan untuk membawa laga ke overtimesampai akhirnya menang.

Baca juga: Rajawali Medan takluk 75-94 dari tamunya Pelita Jaya

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:akun slot paling gacor hari ini

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
cara memakai voucher shopee
ceri138
dipo4d slot
angka mimpi togel
daftar judi terpercaya
kera4d
link slot lagi gacor
dewa787
cara pakai kredivo
Daftar isi semua bab
Bab 1 foxibet
Bab 2 maxwin lgdbet
Bab 3 link slot spaceman
Bab 4 bbni4d
Bab 5 morocco quatro 3 paito
Bab 6 pinjaman online rupiah cepat
Bab 7 joki188
Bab 8 slot sering menang
Bab 9 trik gaple
Bab 10 tempat slot paling gacor
Bab 11 blog prediksi togel
Bab 12 pinjam uang dana
Bab 13 cicilan tokopedia tanpa kartu kredit
Bab 14 bocoran admin jarwo
Bab 15 premium kredivo
Bab 16 slot bonus new member 100 persen
Bab 17 cr7vip slot
Bab 18 paito japan
Bab 19 grafik hk paito
Bab 20 link gacor maxwin
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8701bab
takutBacaan TerkaitMore+

Percetakan Tiandao

detik 777 slot
UI wisuda 4.507 lulusan siap dedikasikan ilmu atasi masalah global
Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D. memberikan ucapan selamat kepada isudawan UI (ANTARA/ Foto: Humas UI)
UI terus berupaya memantapkan diri sebagai advokator yang mampu berkontribusi dalam menjawab permasalahan dan tantangan bangsa serta global,
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan upacara wiisuda tahun akademik semester Gasal 2023/2024 selama dua hari (Jum’at-Sabtu, 1-2 Maret) di Balairung, Kampus UI Depok dengan meluluskan 4.507 wisudawan yang siap mendedikasikan ilmunya atasi permasalahan global.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., dalam pidatonya, Sabtu menyampaikan, pada Upacara Wisuda Program Sarjana dan Vokasi kemarin, sebanyak 13 lulusan program Diploma, 1.732 lulusan program sarjana, 200 lulusan program kelas internasional, dan sebanyak 87 lulusan dari ekstensi.

Pada saat menyampaikan pidatonya, Prof. Ari menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2023, UI telah membukukan berbagai pencapaian baik di bidang akademik, maupun non-akademik.

QS World University Ranking menempatkan UI pada peringkat 237 di dunia, dari posisi sebelumnya di peringkat 290. Kabar baik datang juga dari Times Higher Education (THE) Impact Ranking 2023 yang menempatkan UI pada urutan pertama di tanah air, nomor 5 di Asia, atau posisi ke-20 di dunia.

UI terus berupaya memantapkan diri sebagai advokator yang mampu berkontribusi dalam menjawab permasalahan dan tantangan bangsa serta global, ujar Prof. Ari.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa UI terus berupaya menghadirkan lingkungan kampus sehat yang diimplementasikan dalam berbagai program dan kebijakan yang mendukung kelestarian alam, seperti konservasi air, konservasi hutan, penghematan energi, dan pengurangan emisi karbon.

Di akhir pidatonya, Prof. Ari mengajak para wisudawan untuk terus menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta berkarya menghasilkan inovasi-inovasi yang mampu menjawab permasalahan bangsa dan global.

Seusai pidato rektor, Arrizqy Nadya Khairunnisa Yulianto wisudawan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), mewakili rekan-rekannya menyampaikan pidato dan ucapan terima kasih. Sejalan dengan semangat yang diusung pada Dies Natalis ke-74 UI Sinambung Membangun Indonesia Lestari menjadi momentum yang tepat untuk mengingatkan bahwa institusi pendidikan memiliki peran penting dalam menyuarakan dan menanggapi isu-isu keberlanjutan.

Di tengah rangkaian acara dilakukan penyerahan secara simbolik Program Penghimpunan Dana Abadi Universitas Indonesia. Dana ini merupakan kontribusi dari wisudawan selaku alumni baru kepada UI senilai Rp1.467.700.000.

Dana tersebut diperoleh melalui penyisihan biaya wisuda yang dibayarkan setiap wisudawan. Nantinya, dana ini akan digunakan untuk usaha memajukan almamater UI termasuk pemberian beasiswa bagi mahasiswa UI yang membutuhkan.
Baca juga: Mahasiswa UI pamerkan karya inovasi di ajang ARCH:ID
Baca juga: UI-Grab adakan penelitian keamanan soal ojek daring
Baca juga: UI ciptakan platform Si-Cuhal untuk pantau curah hujan

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024

Orang-orang menghormati

jeruk erek erek
AS Roma merangsek ke lima besar setelah tekuk Monza 4-1
Ilustrasi logo Liga Italia Serie A. (ANTARA/Gilang Galiartha)
Jakarta (ANTARA) - AS Roma merangsek ke posisi lima besar setelah menekuk Monza dengan skor 4-1 pada pekan ke-27 Liga Italia di Stadion U-Power, Monza, Sabtu waktu setempat atau Minggu dini hari WIB. Pada pertandingan ini kemenangan AS Roma hadir berkat gol-gol dari Lorenzo Pellegrini, Romelu Lukaku, Paulo Dybala dan Leandro Paredes. Monza sempat membalas melalui Andrea Carboni, demikian catatan Liga Italia. Kini AS Roma menempati posisi kelima klasemen sementara Liga Italia dengan 47 poin dari 27 pertandingan, sementara Monza di peringkat 11 dengan 36 poin. Secara statistik pada pertandingan ini AS Roma menorehkan 50 persen penguasaan bola serta melepaskan total 13 tendangan yang enam diantaranya tepat sasaran. Roma langsung mengambil inisiatif menyerang pada pertandingan ini dan memberikan ancaman lewat tendangan Lorenzo Pellegrini, namun dapat ditepis kiper Monza Michele Di Gregorio. Skuad asuhan Danielle De Rossi sempat terlebih dahulu membobol gawang Monza lewat tendangan Bryan Cristante, namun dianulir oleh VAR karena ada offside terlebih dahulu. Roma akhirnya mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit 38 lewat tendangan Pellegrini memanfaatkan umpan Lukaku sehingga skor berubah menjadi 1-0. Giallorossi menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 setelah umpan tarik Paulo Dybala dapat dikonversikan menjadi gol oleh tendangan Lukaku pada menit 42. Memasuki babak kedua, Roma berhasil menambah keunggulan pada menit 63 setelah tendangan bebas cantik Dybala dapat membobolnya gawang Monza sehingga skor berubah menjadi 3-0. Selanjutnya Roma dapat menambah keunggulan menjadi 4-0 setelah tendangan penalti Leandro Paredes sukses membobol gawang Monza pada menit 82. Monza mampu memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-4 lewat tendangan keras Andrea Carboni dari luar kotak penalti pada menit 87. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan selesai.


Baca juga: Lazio geram dapat tiga kartu merah saat ditekuk AC Milan 0-1
Baca juga: Gol semata wayang Okafor kunci kemenangan 1-0 AC Milan atas Lazio
Baca juga: Sassuolo tunjuk pelatih veteran Davide Ballardini untuk balikkan nasib
Baca juga: Abaikan scudetto, Milan akan fokus kejar tempat di Liga Champions

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024

Dunia Seribu Rumah

pinjaman bpkb
BRIN: Minyak sawit paling memungkinkan diolah jadi energi
Sejumlah truk pengangkut tandan buah segar (TBS) kelapa sawit mengantre untuk pembongkaran di salah satu pabrik minyak kelapa sawit. (ANTARA/Syifa Yulinnas)
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebutkan minyak sawit merupakan bahan baku energi baru terbarukan yang paling memungkinkan untuk menggantikan posisi bahan bakar fosil.
 "Hasil assesmentyang dilakukan oleh tim energi terbarukan BRIN, minyak sawit merupakan bahan yang paling memungkinkan untuk dikembangkan," kata Kepala Pusat Riset Tanaman Pangan BRIN Yudhistira Nugraha di Jakarta, Sabtu. Yudhistira mengatakan ada tiga faktor yang menjadikan minyak sawit potensial, yakni kesiapan bahan baku; kesiapan teknologi dan hilirisasi; serta kebijakan pemerintah baik dari segi insentif, pendanaan, dan investasi.

Baca juga: BRIN teliti pemanfaatan limbah sawit sebagai sumber energi terbarukan Menurut dia, Indonesia merupakan penghasil minyak sawit mentah atau crude palm oil(CPO) terbesar di dunia dengan produksi diperkirakan mencapai 44,2 juta ton. "Potensi tersebut merupakan sumber yang sangat melimpah untuk digunakan sebagai sumber biodisel," kata Yudhistira. Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa pemerintah sudah dan sedang menjalankan konversi bahan bakar minyak berbasis CPO, yaitu biodiesel B20 dan B30, serta ke depan B100 (green solar).

Baca juga: BRIN ungkap potensi rumput laut jadi sumber energi alternatif "Pengembangan teknologi produksi biofuelatau bahan bakar nabati berbasis minyak sawit mentah memerlukan biaya investasi yang tinggi, sehingga hal itu menjadi tantangan tersendiri dalam pengembangan bahan bakar alternatif tersebut," ujarnya. Yudhistira menuturkan pengembangan co-processingdalam memproduksi biofuelberbasis CPO perlu didorong agar dapat mewujudkan kemandirian energi di dalam negeri.

Baca juga: BRIN terus kembangkan riset energi baru terbarukan "Efisiensi produksi fossil fuelsaat ini masih lebih tinggi daripada biofuelperlu dipertimbangkan terkait green inflation, sehingga perlu kebijakan hati-hati dalam penerapan secara nasional agar tidak mempengaruhi keseluruhan perekonomian nasional," tuturnya.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024

Kendalikan dunia

parlay situs judi bola
PVMBG: Gas beracun di kawah Gunung Marapi cenderung menurun
Penampakan erupsi Gunung Marapi dari Kabupaten Agam pada Minggu (25/2/2024). ANTARA/Muhammad Zulfikar.
Padang (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut gas beracun SO2 atau sulfur dioksida di kawah Gunung Marapi yang terletak di Sumatera Barat cenderung menurun secara fluktuatif.

"Setelah 26 Desember 2023 laju emisi (fluks) gas SO2 Gunung Marapi dari Satelit Sentinel memperlihatkan kecenderungan menurun secara fluktuatif," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Padang, Sabtu.Hal tersebut disampaikan Hendra Gunawan terkait evaluasi Gunung Marapi periode 22-29 Februari 2024.

Baca juga: PVMBG laporkan aktivitas Gunung Marapi cenderung meningkat

Hendra mengatakan bahwa terakhir kali gas beracun (SO2) terdeteksi oleh satelit sebesar 775 ton per hari pada 29 Februari 2024. PVMBG menegaskan berdasarkan hasil evaluasi, aktivitas gunung api itu masih tergolong tinggi.

Ia menjelaskan apabila pasokan magma dari kedalaman terus berlangsung dan cenderung meningkat, maka erupsi dapat terjadi dengan energi yang lebih besar. Potensi ancamannya berupa lontaran material vulkanik berukuran batu (bom), lapili atau pasir diperkirakan dapat menjangkau wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi atau Kawah Verbeek.

"Potensi atau ancaman abu erupsi dapat menyebar lebih luas dan tergantung pada arah maupun kecepatan angin," ujar dia.

Baca juga: PVMBG catat enam letusan beruntun Gunung Marapi

Tidak hanya itu, material erupsi yang jatuh dan terendap di bagian puncak maupun lereng Gunung Marapi dapat menjadi lahar saat bercampur dengan air hujan. Selain itu, juga terdapat potensi bahaya banjir lahar pada aliran sungai-sungai yang berhulu di bagian puncak Gunung Marapi.

"Masih terdapat potensi bahaya dari gas-gas vulkanik beracun seperti karbon dioksida, karbon monoksida, sulfur dioksida hingga hidrogen sulfida di area kawah atau puncak Gunung Marapi," kata dia menegaskan.

Baca juga: PVMBG tegaskan suara gemuruh-dentuman lazim terjadi saat erupsi Marapi

PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Marapi termasuk pengunjung agar tidak memasuki dan beraktivitas di dalam radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi atau Kawah Verbeek.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024

Pedang Keadilan One Piece

erek 27
Adeyemi dan Maatsen bawa Dortmund menang 2-0 atas Union Berlin
Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol Adeyemi ke gawang Union Berlin dalam laga Bundesliga 2023/24 pekan ke-24 di Stadion An der Alten pada Sabtu (03/3/2024). ANTARA/HO-BVB
Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund meraih poin penuh usai menang 2-0 di kandang Union Berlin dalam pertandingan  Bundesliga pekan ke-24 di Stadion An der Alten pada Sabtu malam WIB.

Dua gol tim tamu dicetak oleh Karim Adeyemi dan Ian Maatsen.

Die Borussen gagal menang dalam dua laga sebelumnya dan berada dalam kejaran RB Leipzig.

Berdasarkan laman resmi Bundesliga, hasil ini mengamankan Dortmund pada posisi empat klasemen Liga Jerman dengan 44 poin dari 24 laga, masih satu poin di depan Leipzig yang pada laga lain menang 4-1 atas Bochum.

Sementara Union bertahan pada posisi 14 dengan raihan 25 poin.

Baca juga: Bayern makin jauh tertinggal dari Leverkusen usai diimbangi Freiburg 2-2

Karim Adeyemi membawa Dortmund membuka skor pada menit ke-41.

Tusukannya dari sisi kanan diakhiri sepakan keras yang membentur mistar gawang sebelum memantul masuk gawang.

Setelah sepanjang laga terus menebar ancaman ke gawang Union, Dortmund menciptakan gol keduanya menjelang akhir pertandingan pada menit ke-90.

Ian Maatsen merebut bola dari Josip Juranovic, lalu berlari ke gawang dan menaklukkan kiper untuk membuat kedudukan menjadi 2-0.

Gol itu menutup kemenangan Dortmund atas Union Berlin.

Baca juga: Bayern Muenchen perpanjangan kontrak Eric Dier hingga 2025

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024

Pertempuran Galaksi

dewitogel
Produsen mobil China catat lonjakan penjualan di Januari-Februari 2024
(Xinhua)
Changchun (ANTARA) - Produsen mobil terkemuka China, FAW Group Co., Ltd., melaporkan lonjakan penjualan kendaraan dalam dua bulan pertama tahun ini, membawa perusahaan tersebut mencatatkan awal yang baik untuk 2024.

Penjualan mobil FAW Group menembus 448.000 unit dalam dua bulan pertama 2024, naik 17,7 persen secara tahunan (year on year/yoy), menurut produsen mobil tersebut.

Dari total penjualannya, Hongqi, merek mobil yang berada di bawah naungan FAW Group, menyumbang 65.300 unit sendiri, naik sebesar 37,56 persen (yoy). Hongqi berencana meluncurkan lebih banyak model kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) tahun ini, yang akan semakin meningkatkan penjualannya.

FAW Group merupakan perusahaan milik negara China dan berkantor pusat di Changchun, ibu kota Provinsi Jilin, China timur laut. Perusahaan ini telah memproduksi dan menjual lebih dari 54 juta unit kendaraan selama lebih dari enam dekade.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024