petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bank 388 slot

pinjol resmi ojk 2021 cepat cair bunga rendah 638Jutaan kata 427660Orang-orang telah membaca serialisasi

《bank 388 slot》

Harga Kripto Terbang ke 'Langit', Bitcoin Jadi US.228 per Keping******

Mayoritas harga kripto menanjak dengan penguatan bitcoin terpantau menyentuh ke level US.228 per keping.
Mayoritas harga kripto menanjak dengan penguatan bitcoin terpantau menyentuh ke level US.228 per keping. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritas harga kripto melambung pada Jumat (8/12) pagi. Bahkan, bitcoin mampu kembali menyentuh level US.228 per keping setelah cukup lama bertahan di level U ribuan.

Mengutip coinmarketcap.com, bitcoin meningkat 2,19 persen dalam 24 jam terakhir atau 1,80 persen dalam sepekan belakangan.

Mengikuti bitcoin, ethereum juga melesat 3,80 persen ke level US.281 per keping. Diikuti oleh BNB yang naik 1,91 persen menjadi US9,64 per keping.

Senasib, cardano dan polygon juga mencatat kenaikan masing-masing 1,52 persen dan 3,27 persen. Cardano saat ini dihargai USZulhas Klaim Dilantik Jadi Mendag Agar Pejabatnya Tak Terjerat Hukum******

Mendag Zulkifli Hasan mengklaim dilantik agar pejabat Kemendag tidak terjerat kasus hukum seperti permasalahan minyak goreng.
Mendag Zulkifli Hasan mengklaim dilantik agar pejabat Kemendag tidak terjerat kasus hukum seperti permasalahan minyak goreng. (Arsip Humas Kementerian Perdagangan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku dilantik dan diberi tugas agar pejabat di lingkungan Kementerian Perdagangan (Kemendag) tidak ada yang terjerat hukum.

Ia menuturkan sebelum menjabat, citra Kemendag bisa dibilang buruk di masyarakat imbas permasalahan minyak goreng.

Dari permasalahan minyak goreng tersebut, akhirnya terungkap Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag saat itu, yakni Indrasari Wisnu Wardhana, ditetapkan sebagai tersangka kasus pemberian fasilitas ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO).

Meski demikian, ia mengklaim saat ini permasalahan di Kemendag sudah bisa ditangani berkat kerja sama tim yang baik dan intens.

Bahkan, Zulkifli melapor kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa saat ini sudah tidak didemo oleh emak-emak.

Lihat Juga :
Sempat Hilang di Pasar, Harga Tahu akan Naik

"Saya kemarin ditanya presiden, sekarang sepi juga pak. Kalau dulu banyak yang marah-marah pak, banyak demo, banyak yang protes. Bulan ini agak sepi, saya bilang," kata Zulkifli menirukan ucapannya kepada Jokowi.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan empat tersangka terkait kasus pemberian fasilitas ekspor minyak sawit mentah.

Selain Wisnu, ada Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia berinisial MPT, Senior Manager Corporate Affair Permata Hijau Group (PHG) berinisial SMA, dan General Manager di PT Musim Mas berinisial PT. Para tersangka langsung ditahan selama 20 hari pertama.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)

[Gambas:Video CNN]
,3145 per keping, sedangkan polygon USBP2MI Sebut Pemerintah Kecolongan Lepas TKI ke Inggris******
BP2MI mengakui pemerintah dalam hal ini Kemnaker kecolongan melepas Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI ke Inggris tanpa struktur biaya.
BP2MI mengakui pemerintah dalam hal ini Kemnaker kecolongan melepas Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI ke Inggris tanpa struktur biaya. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani mengakui bahwa pemerintah dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) 'kecolongan' melepas Pekerja Migran Indonesia (PMI) alias TKIke Inggris.

Menurutnya, Inggris memang menjadi salah satu tujuan negara penempatan TKI. Namun, sampai saat ini belum ditetapkan struktur biaya (cost structure) yang harus dibayarkan oleh TKI sebelum diberangkatkan.

Cost structureadalah dana yang dikeluarkan oleh TKI yang meliputi biaya pembuatan paspor, visa, pelatihan, asuransi, pemeriksaan kesehatan, tes psikologi, hingga tiket pesawat.

"(Ini kebobolan) iyalah. Ini lagi masalah serius, lagi disorot NGO di Inggris," ujarnya saat ditemui usai rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (7/12).

Benny mengungkapkan tidak seharusnya Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker melepas TKI ke Inggris sebelum ditetapkan acuan biaya penempatan oleh BP2MI.

Dengan demikian, maka tidak akan terjadi kejahatan yang dilakukan oleh salah satu agen penyalur TKI, di mana agen penyalur tersebut menetapkan biaya kepada TKI mulai dari Rp60 juta -Rp80 juta untuk bisa bekerja di luar negeri.

Lihat Juga :
Rekor Baru, 'TKI' India Transfer Rp1.500 T Sepanjang 2022

Padahal, kata Benny, kebutuhan biaya penempatan biasanya tidak pernah semahal itu. Misalnya, biaya penempatan ke negara lain rata-rata Rp19 juta saja.

"Ke Inggris itu belum ada cost structurekarena perdana, makanya ke Inggris ini unik, pelepasannya dilakukan, tapi cost structure-nya belum ada," imbuhnya.

Karenanya, ia mengatakan saat ini telah mengajukan rekomendasi pencabutan izin usaha agen penyalur TKI tersebut kepada kemenaker dan juga melaporkan ke pihak kepolisian.

Sebab, dia menilai pemungutan tanpa aturan ini merupakan tindakan kejahatan.



"Kita sudah rekomendasikan ke menaker untuk cabut izin usaha dan kita juga sudah proses hukum, lapor pidana. Sekarang kasus sudah kita dorong ke Bareskrim Polri. Biarlah Bareskrim Polri bekerja karena kita bukan lembaga penegak hukum," jelasnya.

Selain itu, Benny mengatakan BP2MI ingin menambah negara tujuan untuk pengiriman TKI. Saat ini, BP2MI hanya bisa mengirim TKI ke tiga negara saja yakni Jepang, Korea Selatan dan Jerman.

"Kita ingin ditambah 18 berarti nanti jadi 21 negara. Jadi, ini yang masih dalam pembahasan," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/bir),9246 per keping.

Adapun, dua kripto di 10 papan utama dengan kapitalisasi pasar terbesar, yakni USD coin dan binance coin, meringkuk di zona merah.

Lihat Juga :
Respons Kemenhub soal KCIC Minta Konsesi Kereta Cepat 80 Tahun

USD coin dan binance coin kompak turun tipis 0,02 persen menjadi ke level USKereta Cepat Bakal Disuntik Modal Negara Rp3,2 T Akhir 2022******

PT KCIC akan mendapatkan penyertaan modal negara (PMN) Rp3,2 triliun untuk menutup biaya bengkak atau cost overrun proyek kereta cepat.
PT KCIC akan mendapatkan penyertaan modal negara (PMN) Rp3,2 triliun untuk menutup biaya bengkak atau cost overrun proyek kereta cepat. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan mendapatkan suntikan dana (PMN) Rp3,2 triliun untuk menutup biaya bengkak atau cost overrunproyek kereta cepat.

"Kan targetnya akhir tahun, paralel dengan pencairan PMN untuk cost overrun yang Rp3,2 triliun. Targetnya kan akhir tahun, pasti pemerintah enggak tinggal diam. Ini di Komisi VI sudah, sekarang di Kemenkeu. Sedang dalam proses semuanya," kata Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi di Kompleks DPR RI, Kamis (8/12).

Pada kesempatan itu ia juga mengatakan KCIC akan memperpanjang masa konsesi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dari 50 tahun menjadi 80 tahun.

Kendati rencana perpanjangan konsesi tersebut masih belum final, Dwiyana mengatakan masalah perpanjangan menjadi 80 tahun atau tidak itu nanti tergantung dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Perpanjangan konsesi ini telah ditetapkan lewat Surat Dirut PT KCIC Nomor 0165/HFI/HU/KCIC08.2022 per 15 Agustus 2022 bahwa PT KCIC meminta kepada Kemenhub agar dilakukan penyesuaian terhadap masa konsesi KCJB.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menuturkan Kementerian BUMN terus mendorong penyelesaian proyek KCJB dan LRT Jabodebek.

"Kemarin sudah disetujui PMN sebesar Rp3,2 triliun, sudah sepakati dan sekarang sedang diproses di Komisi XI untuk dicairkan akhir tahun," ujar Kartika dalam RDP bersama Komisi VI DPR RI, Senin (5/12).

Lihat Juga :
Alasan KCIC Ingin Perpanjang Konsesi Kereta Cepat Jadi 80 Tahun

Komisi VI DPR memang sudah menyetujui penyertaan modal negara (PMN) Rp3,2 triliun untuk PT Kereta Api Indonesia (KAI). Suntikan dana itu digunakan untuk proyek KCJB.

Proyek KCJB mengalami pembengkakan biaya (cost overrun) sebesar US,4 miliar. Cost overrun tersebut dipenuhi melalui skema 25 persen ekuitas dan 75 persen pinjaman.

"Komisi VI DPR menyetujui tambahan penyertaan modal negara 2022 kepada PT KAI sebesar Rp3,2 triliun yang berasal dari cadangan investasi APBN 2022 dalam rangka pemenuhan permodalan porsi Indonesia atas cost overrun proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung," ujar Wakil Ketua Komisi VI DPR Aria Bima dalam rapat dengan Kementerian BUMN, Rabu (23/11).

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu),9999 per keping dan US per keping.

Saat ini, kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia.

Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

[Gambas:Video CNN]



(bir/agt)

Gurita Bisnis Hartono Bersaudara, Orang Terkaya Nomor Wahid Indonesia******

Hartono bersaudara kembali menjadi orang terkaya nomor wahid di Indonesia dengan kekayaan setara Rp745 triliun.
Hartono bersaudara kembali menjadi orang terkaya nomor wahid di Indonesia dengan kekayaan setara Rp745 triliun. (AFP/Anthony Wallace).
Jakarta, CNN Indonesia--

Hartono bersaudara kembali menduduki posisi pertama orang terkayadi Indonesia versi Forbes pada 2022 dengan total kekayaan US,7 miliar setara Rp745,7 triliun (kurs Rp15.625 per dolar AS).

Kekayaan Robert dan Michael Hartono tak lepas dari gurita bisnis yang mereka miliki, mulai dari industri rokok, perbankan, hingga ritel online dan media.

Hartono bersaudara menduduki posisi pertama orang terkaya di Indonesia versi Forbes dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2021 lalu, kekayaannya sebanyak US,6 miliar.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa gurita bisnis Hartono bersaudara yang membawa mereka ke takhta orang terkaya nomor satu di Indonesia:

1. Rokok

Semua berawal pada 1951 silam, ketika ayah mereka, Oei Wie Gwan membeli perusahaan rokok sekarat bernama NV Murup.

Olehnya, perusahaan rokok pemilik merek Djarum Gramofon itu 'diobati'. Merek produk yang awalnya bernama Djarum Gramofon dipangkas menjadi Djarum.

Upaya itu membuahkan hasil. Produk yang dihasilkan pabrik rokok terus berkembang. Meski menghadapi berbagai kendala, pada 1973 mereka sanggup melebarkan pangsa pasar Djarum hingga ke mancanegara, Amerika Serikat, Arab Saudi, Jepang, dan lain sebagainya.

Lihat Juga :
ANALISISHey Indonesia, Jangan Mau Dikadalin Konsesi Kereta Cepat Jadi 80 Tahun

2. Perbankan

Hartono bersaudara memutuskan untuk mengambil BCA dari keluarga Salim yang sudah kehilangan kontrol atas bank itu akibat krisis ekonomi pada 1998-1999 silam.

Lewat proses panjang, Hartono bersaudara melalui konsorsium Farindo Investments (Mauritius) Ltd dan Farallon Capital Management LLC berhasil menjadi pemegang suara mayoritas perusahaan dengan mengempit 51,15 persen saham emiten berkode BBCA tersebut.



Elektronik hingga Media Online

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Erick Thohir Ungkap Alasan Pemerintah Tak Naikkan Harga BBM Pertamina******

Menteri BUMN Erick Thohir buka suara soal harga BBM yang tidak akan mengalami kenaikan dalam waktu dekat. Ia mengatakan itu semua diambil demi jaga daya beli.
Menteri BUMN Erick Thohir buka suara soal harga BBM yang tidak akan mengalami kenaikan dalam waktu dekat. Ia mengatakan itu semua diambil demi jaga daya beli. ( CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir buka suara soal harga bahan bakar minyak (BBM) yang tidak akan mengalami kenaikan dalam waktu dekat.

Erick mengatakan untuk sementara ini memang belum ada keputusan baik dari pemerintah maupun Pertamina soal kenaikan harga BBM.

"Ya, jadi BBM kita jaga hari ini untuk memastikan ekonomi rakyat tetap tumbuh, ekonomi Indonesia tetap tumbuh. Beban di rakyat yang hari ini tentu kita harus jaga, jadi kebijakannya seperti itu," ujar dia di Kantor BPKP, Jakarta Timur, Senin (4/3).

"Tapi selama kita bekerja sama, seluruh kementerian, untuk berpihak dengan policy yang tentu kepada rakyat, ya kita tidak boleh bilang untung dan tidak untung. Hari ini kita harus jaga kestabilan daripada ekonomi Indonesia," lanjutnya.

Erick juga menjelaskan bahwa masalah situasi dunia hari ini sedang tidak menentu. Maka itu, pemerintah harus prihatin dengan kondisi rakyat.

"Jepang sudah mulai krisis, Inggris krisis, penurunan ekonomi di China, Amerika gantian mau pemilu bulan November. Kita tentu dinamika daripada kebijakan masing-masing negara juga kita harus antisipasi," tutur Erick.

Ia kemudian menyoroti harga beras di pasar-pasar grosir sudah mulai stabil dan menurun. Namun di saat yang bersamaan, harga BBM sedang tidak menentu.

"Nah, kita coba jaga. Supaya jangan masyarakat yang terbawah terkena dampak. Ini yang kita lagi coba seimbangkan. Dan kita yakin tentu tetap kita jaga inflasi, kita jaga pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya menyinggung soal keputusan pemerintah tidak akan menaikkan tarif listrik dan harga BBM hingga Juni 2024.

Airlangga menegaskan keputusan ini berlaku untuk kelompok subsidi maupun nonsubsidi.

Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan harus ada tambahan anggaran kepada PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero) imbas tak ada kenaikan tarif listrik dan harga BBM tersebut.

Airlangga menyebut suntikan duit tambahan bakal diambil dari Sisa Anggaran Lebih (SAL). Selain itu, ada juga sumber dari pelebaran defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024.

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)




bab terbaru:juara102

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
game slot gampang jp
slot gacor cepat menang
pinjol ilegal mudah cair 2022
cara mendapatkan limit shopee pinjam
sis4d
tiket com voucher
online 138 slot
ultra voucher gift card
situs 388
Daftar isi semua bab
Bab 1 togel aja
Bab 2 gudang slot gacor
Bab 3 jayagaming
Bab 4 togel hari ini sgp
Bab 5 gacor slot 168 login
Bab 6 slot online terbaru dan terpercaya
Bab 7 klikwin188
Bab 8 m kredit
Bab 9 pinjam uang di fif jaminan bpkb motor
Bab 10 paito 2022 sgp
Bab 11 bdslot88
Bab 12 link slot baru rilis
Bab 13 cara pinjam uang ke bri
Bab 14 situs slot yang sedang gacor hari ini
Bab 15 asian4d situs slot
Bab 16 slot juara hoki
Bab 17 star77
Bab 18 download judi slot
Bab 19 tangkasnet
Bab 20 mahjong ways 2 demo
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9914bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Lukisan Raja Roh

wargaqq
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali tercatat telah melayani 10.877.677 orang penumpang domestik dan internasional hingga November 2022.
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali tercatat telah melayani 10.877.677 orang penumpang domestik dan internasional hingga November 2022. (CNN Indonesia/Mochammad Ryan).
Denpasar, CNN Indonesia--

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali tercatat telah melayani 10.877.677 orang penumpang domestik dan internasional hingga November 2022.

General Manager Bandara Interasional I Gusti Ngurah Rai Bali Handy Heryudhitiawan mengatakan pihaknya optimis bisa melayani 12 Juta penumpang hingga akhir 2022.

"Sampai dengan bulan November, kami telah melayani 3.790.404 pelaku perjalanan internasional dan 7.087.273 pelaku perjalanan domestik. Secara keseluruhan jumlahnya 10.877.677 penumpang," kata Handy, Rabu (7/12).

Adapun WNA dengan jumlah kedatangan tertinggi di Bali pada November juga berasal dari Australia 75.586 orang, India 26.488 orang, dan warga Singapura 21.806 orang.

Sementara untuk penerbangan domestik rute dengan lalu lintas tertinggi berasal dari Jakarta dengan 408.464 penumpang. Kemudian, Surabaya dengan 83.961 penumpang, dan Makassar dengan 40.292 penumpang.

"Kami optimis Bandara I Gusti Ngurah Rai, akan memenuhi target untuk melayani 12 juta penumpang di tahun 2022. Kami, memperkirakan jumlah pelaku perjalanan udara pada periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023 cukup tinggi. Selain itu, terdapat rencana penambahan rute oleh beberapa maskapai yang jika terealisasi akan semakin memicu pertumbuhan penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai," ujar Handy.

Lihat Juga :
Zulhas Ungkap Alasan Buka Keran Impor Beras 500 Ribu Ton: Stok Tipis

Dalam hal ini, ia menjelaskan selama November 2022 Bandara I Gusti Ngurah Rai melayani 1.308.824 penumpang yang terdiri dari 674.041 penumpang domestik dan 634.783 penumpang internasional. Selain itu, terdapat 9.836 pergerakan pesawat selama bulan tersebut.

"Jumlah tersebut sudah termasuk dengan kedatangan dan kepulangan tamu kenegaraan beserta para peserta KTT G20 yang hadir di Bali," imbuhnya.

Ia mengatakan saat ini Bandara I Gusti Ngurah Rai melayani 21 rute penerbangan domestik dengan 11 maskapai. Untuk rute internasional, saat ini telah melayani 24 rute penerbangan internasional ke 14 Negara, dengan 27 maskapai.

"Di November, terdapat satu maskapai yang kembali melakukan operasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai, yakni Cathay Pacific dengan rute Hongkong-Denpasar-Hongkong," sebutnya.

[Gambas:Video CNN]



(kdf/dzu)

Setan cinta tidak terkalahkan

link judi gacor
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan KA Argo Parahyangan masih akan tetap beroperasi meski ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan KA Argo Parahyangan masih akan tetap beroperasi meski ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). (ANTARA FOTO/RENO ESNIR).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan(Kemenhub) menegaskan KA Argo Parahyangan masih akan tetap beroperasi meski ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung(KCJB).

Hal itu mereka sampaikan untuk membantah isu bahwa kereta yang menjadi tunggangan masyarakat yang bepergian antara Bandung-Jakarta itu akan dihentikan operasinya saat proyek KCJB rampung.

Plt Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal menjelaskan belum ada rencana untuk menumbalkan KA Argo Parahyangan oleh Kemenhub.

"Jadi Kemenhub belum membuat program memberhentikan KA Argo Parahyangan dalam waktu dekat maupun jangka menengah," tegas Risal.

Sebelumnya, VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait hal tersebut. Ia mengatakan KAI saat ini masih mengoperasikan KA Argo Parahyangan seperti biasa.

[Gambas:Video CNN]

"KAI juga masih fokus mempersiapkan hadirnya layanan kereta api cepat Jakarta Bandung beserta KA Feeder dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung bagi pelanggan kereta cepat yang ingin melanjutkan perjalanannya ke berbagai wilayah lainnya," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (1/12).

Joni menambahkan KAI sebagai BUMN akan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

(skt/agt)

Jerman Berdarah Besi

angka jitu mimpi gendong bayi
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk berencana untuk masuk ke Indeks Global pada 2023. Rencana itu dianggap gegabah mengingat masih ada ancaman resesi global.
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk berencana untuk masuk ke Indeks Global pada 2023. Rencana itu dianggap gegabah mengingat masih ada ancaman resesi global. (Gojek).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berencana untuk masuk ke Indeks Global pada 2023. Namun, rencana GoTo dianggap gegabah mengingat ancaman resesi global masih menghantui dunia.

Analis Pasar Modal Oktavianus Audi mengatakan sebaiknya GoTo menunggu kondisi ekonomi kembali pulih sebelum masuk ke Indeks Global. Ia memahami rencana GoTo yang ingin menjaring investor dalam skala luas saat melakukan dual listing dalam prospektus pada saat Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Menurutnya, rencana tersebut adalah peluang yang baik untuk perusahaan berbasis digital itu. Hanya saja, waktu pelaksanaan yang ditargetkan pada 2023 diprediksi bakal menghadapi kondisi sulit.

Ia menambahkan kondisi laporan keuangan GoTo diperkirakan masih belum membaik sampai dengan akhir 2022, terlihat dari cash flow operating yang masih cenderung negatif.

Senada, Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto mengatakan jangan terlalu serius menanggapi rencana GoTo untuk masuk ke indeks global karena investor pun bakal berpikir dua kali melihat pergerakan harga saham GoTo yang masih menurun.

"Namun, jika memang ada peluang untuk masuk ke indeks global, maka akan terlihat setidaknya ada aksi beli besar yang mengurangi offer tebal pada GoTo. Di situ baru kita bisa melihat adanya respon pasar dan bisa dijadikan sebagai momentum untuk rebound pada saham GoTo," jelasnya.

Lihat Juga :
OJK Izinkan Perusahaan Asuransi Baru Beroperasi, Asuransi Untuk Semua

Tak jauh beda, Senior Investment Mirae Asset Sekuritas Indonesia Nafan Aji Gusta melihat kondisi pasar global masih menghadapi peluang resesi yang cukup dalam. Jadi, GoTo harus melihat kondisi pasar dunia ke depan jika ingin merambah indeks global.

Investor akan mengamati bagaimana kebijakan strategis GoTo untuk menciptakan stabilitas dari sisi kinerja bottom line. Menurut Nafan, selama ini kinerja bottom line GoTo masih perlu ditingkatkan untuk membuktikan bahwa mereka bisa menghasilkan profitabilitas.

"Kalau misal (ekonomi) global kondusif, peluang untuk masuk dan mulai menjajaki ke indeks global bisa saja terbuka pada 2023. Namun, harus menunggu pemulihan ekonomi global. Di sisi lain, jika melihat dari domestik, saham GoTo dalam tren penurunan, sering terjadi Auto Reject Bawah (ARB) selama seminggu terakhir ini," kata Nafan.

Nafan berharap GoTo bisa mewujudkan peningkatan inovasi agar menciptakan segmentasi konsumen loyal baru mengingat persaingan saat ini semakin ketat.

Lihat Juga :
Resort Mewah Milik Donald Trump di Bali Kini Terbengkalai

Ia menegaskan bahwa keputusan GoTo yang ingin memasuki indeks global pada paruh pertama 2023 harus bersifat kondisional dengan memperhatikan beberapa aspek di pasar dan momentum yang ada.

"Kita berharap semestinya ini mengikuti momentum pemulihan ekonomi global terlebih dahulu baru nanti GoTo bisa memanfaatkan momentum untuk masuk ke indeks global agar menarik calon investor untuk meningkatkan minat investasinya di GoTo," pungkasnya.

Di lain sisi, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova menekankan bahwa GoTo harus terlebih dahulu meyakinkan para investor domestik sebelum melangkah lebih jauh ke indeks global.

"Tentunya GoTo sendiri perlu meyakinkan investor domestik dengan berbagai upayanya untuk membalikkan posisi keuangan perusahaan, terlebih untuk menahan laju tekanan harga saham yang terjadi di pasar. Jika itu berhasil dilakukan, maka tidak mustahil untuk kemudian menarik investor baru," papar Ivan.

Lihat Juga :
Jasindo PHK 262 Karyawan dan Tutup 43 Kantor Cabang

Sebelumnya, Presiden Grup GoTo Patrick Cao mengatakan perusahaan tengah mencari investor baru yang potensial untuk bisa masuk ke indeks global di paruh pertama 2023. Strategi tersebut dibuat untuk memberikan manfaat dan nilai jangka panjang bagi para pemangku kepentingan, termasuk calon investor.

Ia menyebut perseroan juga akan terus fokus untuk mendukung pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan melalui produk dan layanan berkualitas.

"Kami juga terus melakukan penjajakan dengan potensial investor yang baru, terutama menuju peluang masuknya GoTo ke dalam indeks global di paruh pertama 2023. Semua langkah-langkah ini kami lakukan untuk memberikan manfaat dan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan," kata Patrick dalam Public Expose GoTo, Kamis (8/12).

Lihat Juga :
AP I Siapkan 34 Parkir Jet Pribadi Sambut Tamu VVIP Kaesang-Erina

Presiden Grup GoTo tersebut juga berdalih soal anjloknya harga saham perusahaan yang disebabkan oleh kondisi makroekonomi pasar modal, kompetisi, dan kinerja perusahaan. Menurutnya, ada beberapa hal yang di luar kontrol perusahaan.

Patrick menyinggung soal investor awal yang masuk di harga saham lebih rendah yang merealisasikan keuntungan, berakhirnya masa investasi atau fund life untuk investor finansial, dan kebutuhan likuiditas di akhir tahun atau kebutuhan likuiditas lainnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Hunyuan Wuzong

bunga kredit di akulaku

Penjahat Generasi Biksu Bunga

trik bermain slot game

Sutra Kaisar Prasejarah

situs game slot online