petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara daftar kredivo di tokopedia

web slot terbaru 805Jutaan kata 690747Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara daftar kredivo di tokopedia》

Harga Kripto Kompak Merana Pagi Ini Dipimpin Cardano******

Harga mayoritas kripto kompak melemah pada 24 jam terakhir. Pelemahan dipimpin oleh cardano (ADA).
Harga mayoritas kripto kompak melemah pada 24 jam terakhir. Pelemahan dipimpin oleh cardano (ADA). ( iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas kripto kompak melemah pada 24 jam terakhir. Pelemahan dipimpin oleh cardano (ADA).

Mengutip coinmarket, kripto tersebut melemah 3,25 persen ke level USKasus Gagal Ginjal Akut, Apotek di DKI******

Sejumlah apotek di Jakarta dan Depok mulai menarik obat sirop yang diduga mengandung etilen glikol dan dietilen glikol. Zat itu diduga picu gagal ginjal akut.
Sejumlah apotek di Jakarta dan Depok mulai menarik obat sirop yang diduga mengandung etilen glikol dan dietilen glikol. Zat itu diduga picu gagal ginjal akut. (istockphoto/ArtistGNDphotography).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah apotekdi kawasan Jakartadan Depok mulai menarik obat siropyang diduga mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) melebihi ambang batas.

Zat tersebut sebelumnya diduga menjadi penyebab merebaknya kasus gagal ginjal akut yang telah menewaskan 99 orang di Indonesia. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.comdi Apotek Kimia Farma Lenteng Agung, Jakarta Selatan semua produk obat sirop sudah ditarik sejak diperintahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Rabu (19/10).

"Semua obat sirop. Semua obat yang berbentuk cair ditarik. Sirop, obat demam anak, obat batuk, vitamin, bahkan Tolak Angin juga ditarik semua," jelas Staff Apotek Kimia Farma Lenteng Agung Tyas, Jumat (21/10).

"Kalau Unibebi Cough kita memang sedia, tapi sudah lama kita gak dapat produk obatnya," ucapnya.

Untuk potensi kerugian, Tyas mengaku masih menunggu perhitungan Kimia Farma pusat.

"Per outlet kebutuhan obat berbeda. Stok Termorex kemarin sedikit, gak sampai puluhan. Mungkin (potensi kerugian) sekitar 1 jutaan," perkiraan Tyas.

[Gambas:Video CNN]

Sementara, Apotek K24 Lenteng Agung, Jakarta Selatan mengaku stok obat sirop yang dilarang Kemenkes dan BPOM masih tersedia. Namun, semua produk obat sirop kini sudah tidak diperjualbelikan hingga ada keputusan lebih lanjut.

"Potensi kerugian kami belum tahu, tapi kalau stok semua obat sirop kurang lebih 500," papar Staff Apotek K24 Lenteng Agung Hanum.

Berbeda, Apotek K24 Beji, Depok mengatakan obat sirop kini sedang tahap proses penarikan. Staff Apotek K24 Beji Dina mengatakan mereka awalnya menyediakan produk Termorex Sirop dan Unibebi Cough.

"Kami sedia Termorex Sirop dan Unibebi Cough, tapi sedang dalam proses penarikan. Untuk obat sirop lain masih kami jual. Sekarang lagi proses pengajuan penarikan ke supplier," jelasnya.

Lihat Juga :
ANALISISMencari Biang Kerok Maju Mundur Investor di IKN

Dina mengatakan masyarakat sekitar banyak mencari produk Unibebi Cough. Untuk rincian stok produk terakhir, ia menjelaskan ada 6 botol Termorex Sirop dan 26 botol Unibebi Cough.

Termorex Sirop dijual dengan harga Rp16.600, sedangkan Unibebi Cough dibanderol seharga Rp7.100. Dina menuturkan normalnya ada masing-masing 30 botol untuk produk tersebut. Jika dihitung, berarti potensi kerugian ada di angka Rp711 ribu per bulan.

Apotek Roxy Beji, Depok juga sudah tidak menjual produk obat sirop sejak imbauan Kemenkes. Sebelumnya, ia menjelaskan Roxy menyediakan Termorex Sirop dan Unibebi Cough.

"Terakhir Termorex Sirop itu sisa 5 botol, Unibebi Cough sisa 6 botol," jelas Staff Apotek Roxy Beji Lia.

Lihat Juga :
Tol Pekanbaru-Bangkinang Mulai Uji Coba Gratis 27 Oktober

Lia menjelaskan produk Termorex Sirop dan Unibebi Cough memang banyak dicari konsumen. Per bulan, Apotek Roxy Beji menyediakan sekitar 30 botol untuk masing-masing produk.

Termorex Sirop dibanderol dengan harga Rp15.500 per botol dan Unibebi Cough berada di angka Rp7.100. Jika ditotal per bulan, potensi kerugian yang dialami bisa mencapai Rp678 ribu.

Berdasarkan data yang diterbitkan BPOM melalui situs resminya, terdapat lima obat sirop yang diduga mengandung cemaran etilen glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) melebihi ambang batas yang ditentukan.

BPOM melakukan sampling terhadap 39 bets dari 26 sirup obat yang diduga mengandung cemaran EG dan DEG berdasarkan kriteria sampling dan pengujian. 

Lihat Juga :
YLKI Minta Batik Respons Keluhan Semua Penumpang, Tak Hanya Ari Lasso

Berikut ini daftar obat yang diduga mengandung cemaran EG dan DEG:

1. Termorex Sirop (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

2. Flurin DMP Sirop (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

3. Unibebi Cough Sirop (obat batuk dan flu), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan Dus, Botol Plastik @ 60 ml.

4. Unibebi Demam Sirop (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan Dus, Botol @ 60 ml.

5. Unibebi Demam Drops (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, Botol @ 15 ml.

Lihat Juga :
Suku Bunga BI Naik, Apa Kabar Bunga Deposito Bank?
(skt/agt)

[Gambas:Video CNN]
,3398 per keping. Dengan pelemahan ini, ADA sudah melemah 12,22 persen selama sepekan belakangan ini.

Pelemahan diikuti XRP dan solana (SOL). Untuk XRP, selama 24 jam terakhir XRP melemah 2,67 persen ke USPedagang Pasar Pramuka Bisa Rugi Buntut Larangan Jual Obat Sirop******

Pedagang obat di Pasar Pramuka, Jakarta Timur mengaku bisa rugi ratusan juta akibat larangan menjual obat sirop oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).
Pedagang obat di Pasar Pramuka, Jakarta Timur mengaku bisa rugi ratusan juta akibat larangan menjual obat sirop oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). (iStockphoto/PORNCHAI SODA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pedagang obat di Pasar Pramuka, Jakarta Timur mengaku bisa rugi ratusan juta akibat larangan menjual obat siropoleh Kementerian Kesehatan(Kemenkes).

Ketua Paguyuban Pedagang Obat Pasar Pramuka Yoyon menjelaskan anggotanya masih ada yang menjual obat sirop meski dilarang oleh Kemenkes.

"Masih ada konsumen yang beli (obat sirop), masih kita jual juga. Namun agak berkurang penjualan," kata Yoyon, Kamis (20/10).

"Ada batas waktunya obat ini atau expired. Kawan-kawan (pedagang obat) ini bukan rugi Rp10 atau Rp20 juta, bisa ratusan juta ruginya. Walau kecil tapi jumlahnya banyak," tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan pemerintah menginstruksikan penghentian sementara penjualan obat penurun panas sirop di seluruh apotek selama pelaksanaan investigasi risiko infeksi menyusul munculnya kasus gangguan ginjal akut pada anak.

Lihat Juga :
Kimia Farma Setop Penjualan Obat Sirop Buntut Kasus Gagal Ginjal Akut

"Obat-obatan tersebut sudah dilakukan pemeriksaan di laboratorium pusat forensik dan sedang kita identifikasi lagi obat mana saja yang bisa menyebabkan kelainan ginjal," katanya, Rabu (19/10).

Dante mengatakan bahwa pemerintah tidak melarang penggunaan paracetamol, tetapi melarang penggunaan produk obat berbentuk sirop yang bisa tercemar etilen glikol (EG).

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

[Gambas:Video CNN]
,4461 dan sepekan sudah turun 10,57 persen.

Pelemahan juga dialami oleh BNB yang dalam 24 jam terakhir sudah turun 0,71 persen dan 2,49 persen selama sepekan terakhir.

Meski demikian, ada juga sejumlah kripto yang melaju di zona hijau, meskipun tipis. Salah satunya, bitcoin.

Kripto dengan nilai kapitalisasi terbesar tersebut menguat 0,07 persen dalam 24 jam terakhir. Meski demikian, dalam seminggu bitcoin masih melemah 3,79 persen.

Penguatan juga dialami oleh ethereum. Selama 24 jam terakhir kripto tersebut sudah menguat 0,47 persen. Tapi selama sepekan, kripto tersebut masih melemah 0,36 persen.

Lihat Juga :
Alasan Batik Air Ubah Jadwal Pesawat Ari Lasso dari Singapura

Kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditi bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditas di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)

Bos KakaoTalk Resign Imbas Kebakaran di Pusat Data******

CO-CEO KakaoTalk Namkoong Whon mengundurkan diri alias resign usai terjadi kebakaran di salah satu pusat data perusahaan.
CO-CEO KakaoTalk Namkoong Whon mengundurkan diri alias resign usai terjadi kebakaran di salah satu pusat data perusahaan. (Dok. Kakaotalk).
Jakarta, CNN Indonesia--

CO-CEO KakaoTalk Namkoong Whon mengundurkan diri aliasresignusai terjadi kebakaran di salah satu pusat data perusahaan.

Pengunduran diri Namkoong Whon efektif per Rabu (19/10). Ia meninggalkan CO-CEO Hong Euntaek yang kini menjadi CEO tunggal KakaoTalk.

Insiden kebakaran ini memicu pemadaman massal selama akhir pekan, tepatnya sejak Sabtu (15/10). Selain itu, layanan KakaoTalk di seluruh dunia juga ikut terdampak.

Sebagian besar sistem baru pulih hari ini, tetapi beberapa fungsi lain masih terkendala. Sistem pembayaran, taksi, dan pemesanan restoran terdampak hingga menimbulkan pertanyaan publik.

Hong yang memimpin respons perusahaan terhadap pemadaman, mengatakan Kakao akan mencari tahu mengapa pemulihan layanan lambat, menyiapkan kompensasi untuk pengguna dan bisnis yang terdampak oleh gangguan layanan, hingga membangun pusat data sendiri.

Lihat Juga :
PNS Milenial Bakal Jadi Penghuni Awal IKN pada 2024

"Kami akan membangun infrastruktur kami sendiri termasuk pusat data untuk memastikan layanan kami tidak akan terpengaruh oleh insiden serupa di masa mendatang," kata pernyataan resmi Kakao, dikutip dari CNA, Rabu (19/10).

Menurut Federasi Perusahaan Mikro Korea, lebih dari 500 usaha kecil mengeluh usai kehilangan penjualan karena pemadaman Kakao.

Sebab itu, perusahaan berencana menginvestasikan US5 juta untuk mulai mengoperasikan pusat data sendiri mulai tahun depan. Sementara, satu pusat data lagi diklaim akan selesai pada 2024.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Jokowi Sebut Pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular Capai 99 Persen******

Presiden Joko Widodo menyebut pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah mencapai 99 persen.
Presiden Joko Widodo menyebut pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular di kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah mencapai 99 persen. Ilustrasi. (CNNINDONESIA/ANDRY NOVELINO).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular di kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah mencapai 99 persen.

"Sudah selesai 99 persen tinggal finishingakhir dan kita harapkan dengan Pelabuhan Tanjung Ular ini nanti mobilitas barang, utamanya CPO, utamanya timah, bisa melalui Pelabuhan Tanjung Ular ini," kata Presiden Jokowi di Pelabuhan Tanjung Ular, Kepulauan Babel, dikutip dari Antara, Kamis (20/10).

Jokowi mengatakan dengan pelabuhan itu, produk-produk dari Bangka Belitung akan bisa bersaing dengan produk lainnya.

"Pengelola sementara oleh Kementerian Perhubungan karena ini pelabuhan pengumpan ini bisa dihibahkan ke pemda, tapi harus kita sertai dulu agar pengelolaannya baik," kata Budi Karya.

Presiden Jokowi menambahkan bahwa Kemenhub akan mundur bila manajemen dari pemda dinilai sudah siap.

Lihat Juga :
Jokowi Ramal China Jadi Investor Terbesar RI Dua Tahun Lagi

"Di awal memang manajemen oleh Kementerian Perhubungan kemudian nanti pemda dampingi, apabila dirasa sudah siap kementerian mundur diambil alih pemerintah daerah, saya rasa yang baik memang di setiap pelabuhan seperti itu karena memang ini pelabuhan pengumpan," ungkap Presiden Jokowi.

Pelabuhan Tanjung Ular terletak di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, saat ini dalam masa pembangunan.

Pelabuhan tersebut memiliki dermaga seluas 80 x 10 meter dan diharapkan pada akhir 2022 seluruh pekerjaan dapat diselesaikan untuk memperlancar konektivitas barang/logistik.

Pelabuhan Tanjung Ular juga dengan kemampuan menampung sampai dengan 1500 Gros Ton (GT), kedalaman dan kapasitas pelabuhan yang dibuat 30 meter.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:pinjol cepat cair dan mudah 2021

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
voucher gratis vidio
link slot terbaik 2023
trik slot starlight princess hari ini
cara menggunakan kredivo cicilan 12 bulan
cara daftar ojk online
siaran99
boom 138 slot login
erek2 76
erek2 02
Daftar isi semua bab
Bab 1 trik pola olympus hari ini
Bab 2 wslot888
Bab 3 rtp amanahtoto
Bab 4 jam gacor slot zeus
Bab 5 togel lengkap
Bab 6 buku mimpi 2d pelarian
Bab 7 link alternatif naga cuan88
Bab 8 slot gacor maxwin hari ini
Bab 9 pola gacor joker jewel
Bab 10 hokiwin77
Bab 11 rtp gaspol168
Bab 12 harapan77
Bab 13 araslot
Bab 14 yukepo88
Bab 15 ratu188
Bab 16 tafsir mimpi 3d bergambar
Bab 17 wallpaper mahjong ways hd
Bab 18 akses situs aman
Bab 19 cara agar akulaku bisa kredit 12 bulan
Bab 20 slot online maxwin
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3143bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Bajingan Hiburan China

amanmpo
Menteri BUMN Erick Thohir memerintahkan BUMN farmasi serta RS pelat merah untuk mengecek ulang kandungan obat-obatan di tengah kasus gangguan ginjal akut.
Menteri BUMN Erick Thohir memerintahkan BUMN farmasi serta RS pelat merah untuk mengecek ulang kandungan obat-obatan di tengah kasus gangguan ginjal akut. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)Erick Thohir memerintahkan BUMN farmasi serta Rumah Sakit (RS) pelat merah untuk mengecek ulang kandungan obat-obatan di tengah kasus gangguan ginjal akut misterius (acute kidney injury/AKI).

"Saya sudah meminta Kimia Farma sejak awal untuk mengecek obat-obatan, tidak hanya obat batuk, tapi obat-obatan yang lain yang memang harus aman dan sesuai," ujar Erick dalam keterangan yang dikutip dari Antara, Sabtu (22/10).

Erick menekankan menekankan keamanan dan keselamatan masyarakat harus menjadi prioritas utama dalam layanan kesehatan BUMN.

Menurut Erick, bentuk konkret dari rasa keprihatinan yang terjadi akibat meninggalnya sejumlah anak-anak Indonesia adalah upaya pencegahan.

Karenanya, ia meminta Kimia Farma, Indofarma, RS BUMN, dan apotek-apotek Kimia Farma untuk menyortir jenis-jenis obat yang belum ada pernyataan aman.

"Itu harus kita siapkan secara menyeluruh," tegasnya.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Jiwa Takdir yang Abadi

hokqbet88
PT Angkasa Pura II (AP II) bakal bekerja sama dengan pihak swasta dalam mengelola Bandara Soekarno-Hatta (Bandara Soetta).
PT Angkasa Pura II (AP II) bakal bekerja sama dengan pihak swasta dalam mengelola Bandara Soekarno-Hatta (Bandara Soetta). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Angkasa Pura II (AP II) bakal bekerja sama dengan pihakswastadalam mengelola Bandara Soekarno-Hatta (Bandara Soetta).

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bentuk kerja sama akan mirip dengan yang dilakukan terhadap Bandara Kualanamu di Sumatera Utara.

"Terkait Soetta ini memang kita berdasarkan peraturan menteri perhubungan yang baru, jadi pada intinya Angkasa Pura sekarang bisa mengerjasamakan bandara-bandaranya dengan cara badan usaha bandar udara bisa dilakukanspin offke joint venturedi bawahnya," ujar Kartika dikutip dari Antara, Selasa (18/10).

Namun, etelah pandemi mereda, pemulihan trafik di Bandara Soetta berlangsung 85 persen lebih cepat dari perkiraan.

"Hal ini membuat kita berpikir untuk mengakselerasi pengerjasamaan Soetta. Mungkin polanya sama dengan Bandara Kualanamu di mana kita akan membuat joint venture untuk perluasan Bandara Soetta. Kita lagi petakan apakah semua terminal atau mungkin terminal baru, terminal 4 serta terminal 3 saja, ini yang sedang dipertimbangkan," kata Kartika.

Ia menyebut minat investor sangat tinggi karena tingginya pergerakan pesawat di Bandara Soetta. Selain itu, bandara internasional tersebut juga salah satu yang tersibuk di Asia.

Lihat Juga :
Jokowi Tagih Ciputra Group Investasi 300 Hektare di IKN

"Saya rasa ini menjadi suatu pengerjasamaan yang sangat menarik dan menarik minat dari berbagai investor baik strategis maupun finansial di dunia," kata Kartika.

Sebelumnya, AP II menyampaikan tren penerbangan internasional di bandara-bandara yang dikelola AP II terus meningkat menuju periode pemulihan.

Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyampaikan Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara yang selalu dibuka untuk penerbangan internasional di tengah pandemi.

Lihat Juga :
Jokowi Ungkap Beda IKN dengan Ibu Kota Negara Lain

Jumlah pergerakan penumpang internasional di Bandara Soekarno-Hatta pada Januari - Agustus 2022 tercatat mencapai 3,56 juta penumpang.

Sepanjang Semester I-2022, jumlah rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 100 rute internasional yang didominasi penerbangan repatriasi dan terkait penanganan covid-19.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Menggunakan Tuhan sebagai umpan

mandalika slot gacor
Musisi Ari Lasso merasa tertipu dengan tiket maskapai Batik Air yang membuatnya tidak bisa kembali ke Tanah Air dari Singapura.
Musisi Ari Lasso merasa tertipu dengan tiket maskapai Batik Air yang membuatnya tidak bisa kembali ke Tanah Air dari Singapura. (Tangkapan Layar Instagram/@ari_lasso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Musisi Ari Lasso menyampaikan keluhan terkait penerbangan maskapai Batik Air yang membuatnya bingung hingga tidak bisa kembali dari Singapura ke Indonesia.

Mantan vokalis Dewa 19 itu pun menuturkan kronologi bagaimana ia akhirnya ditinggal oleh pesawat Batik Air tersebut.

"Halo temen-temen di Batik Air, Lion Group. Saya ditinggal pesawat Anda di Singapura, saya beli (tiket) bisnis pulang pergi. Ini pesawat saya semestinya (take off) 17.35, tapi kemudian mendapat WhatsApp di pagi hari bahwa pesawat saya diubah jadi 19.35," ujar Ari Lasso dikutip dari laman Instagramnya, Kamis (20/10).

"Terus saya pindah ke gate satunya, (dibilang) 'your flight is already fly'," kata Ari Lasso.

Akibat dari kejadian tersebut, Ari mengalami kerugian materil dan immateril. Pasalnya, ia harus menginap kembali di hotel dan waktu untuk kembali ke Indonesia tertunda.

Lihat Juga :
Buruh Tolak Keras Pemindahan Pabrik Pulogadung ke Subang

"Dan yang terpenting besok saya harus ke Surabaya untuk manggung," kata Ari Lasso.

CNNIndonesia.comtelah mencoba menghubungi Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro. Namun belum ada respon hingga berita ini ditulis.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)

Kaisar Iblis Abadi

paito warna hk angkanet
Sejumlah penumpang PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengeluhkan saldo uang elektronik mereka yang terpotong lebih banyak dari tarif normal.
Sejumlah penumpang PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengeluhkan saldo uang elektronik mereka yang terpotong lebih banyak dari tarif normal. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah penumpangPT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengeluhkan saldo uang elektronikmereka yang terpotong lebih banyak dari tarif normal.

Mia (30), menyampaikan kepada CNNIndonesia.com, sudah tiga kali mengalami pemotongan saldo double saat menggunakan Transjakarta. Dia mendapati uang elektroniknya terpotong Rp3.500 saat berangkat dari halte keberangkatan, kemudian terpotong kembali saat keluar sebesar Rp3.500.

"Sudah tiga kali (saldo kepotong double). Jadi awalnya kan aku nggak sadar, karena kan ya seperti biasa, saat berangkat tap in, lalu pas turun tap out. Itu kan dari dulu gitu jadi nggak pernah ngeh kalau bakal kepotong dua kali. Nah sadar itu pas lihat banyak keluhan di sosial media. Jadi iseng deh cek mutasi transaksi dan ternyata kepotong double," kata Mia, Senin (24/10).

Berdasarkan bukti transaksi uang elektroniknya, pemotongan saldo double pertama terjadi pada 29 September 2022 pada pukul 18:19:09 WIB saat tap in naik Transjakarta. Tetapi, berselang 35 detik atau 18.19:44 terjadi pemotongan saldo lagi Rp3.500.

Kedua kalinya terjadi pada 30 September 2022. Bahkan saat itu saldonya terpotong sampai Rp10.500 dalam satu kali perjalanan Transjakarta. Hal itu terjadi saat ia hendak berangkat ke kantor dari rumahnya.

Pada saat itu, saldo awal terpotong pada pukul 8:49:08 WIB sebesar Rp3.500. Lalu, pada 8:51:17 WIB sebesar Rp7.000.

"Jadi kan aku naik dari Bekasi ya. Nah, memang ada transit sekali, cuma kan itu sudah sering aku lakukan saat pulang dan pergi kerja. Cuma nggak tahu ternyata terpotong banyak," jelasnya.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Kaget Lihat Banyak Gelandangan di Washington

Kemudian, ketiga kalinya terjadi pada 4 Oktober 2022, yakni pada pukul 8:20:16 WIB sebesar Rp3.500 dan 9:32:50 WIB sebesar Rp3.500.

Hal serupa dialami oleh Rara (25), pemotongan saldo double yang dialami sebanyak dua kali, yakni 10 dan 12 Oktober 2022. Saat itu ia berangkat dari halte Kebayoran menuju halte Tendean.

Namun, awalnya ia tidak menyadari dan tahu terjadi pemotongan saldo double setelah melihat kehebohan di sosial media.

"Jadi pas tap-in dipotong saldo, terus pas tap out dipotong juga saldo. Jadi, sekali naik Transjakarta bukan Rp3.500, tapi jadi Rp7.000 dah sekarang," kata Rara.

Lihat Juga :
Philips Bakal PHK 4.000 Pekerja Buntut Penarikan Ventilator dari Pasar

Rara telah menyampaikan keluhan ke Transjakarta dan mengatakan saldo yang terpotong lebih akan dikembalikan. Tapi, memang proses pengembalian dana membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga ia memutuskan untuk mengikhlaskan uangnya.

"Bikin aduan kan ke Transjakarta, biasa lah nanya ini kenapa seperti itu dan bisa dibalikin nggak saldonya. Mereka bilang bisa. Tapi harus pake prosedur lapor di aplikasi Jaklingko. Nanti uang kembali 7-30 hari kerja, karena lama dan merasa ribet jadi nggak aku urus," jelasnya.

Selain itu, keluhan juga disampaikan oleh penumpang Transjakarta di Twitter. Ia bahkan menuding ini sebagai langkah korupsi Transjakarta.

Adapun tudingan disampaikan oleh akun @Dee_iaz. Penumpang tersebut langsung menyentil akun milik Transjakarta.

Lihat Juga :
Ridwan Kamil Kritik LRT Palembang Lalu Minta Maaf

"FYI tadi gw naik @PT_Transjakarta 7E jam 6. 22. Silahkan kalo mau laporin saya, saya siap ketemu atasan anda @PT_Transjakarta," tulisnya.

Ia menyampaikan bahwa saat ingin turun di tempat tujuan, ia diminta oleh sopir Transjakarta untuk tap out, dan ternyata dikenakan biaya Rp2.000. Padahal, ia merasa sudah membayar saat tap in sebesar Rp3.500, sehingga ia protes dan meminta uang Rp2.000 nya untuk dikembalikan.

Redaksi telah menghubungi akun yang bersangkutan untuk mengonfirmasi insiden tersebut. Namun, hingga kini yang bersangkutan belum merespon pesan redaksi.

Sementara itu, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor mengatakan hal tersebut tidak benar. Menurutnya, Transjakarta malah memberikan tarif lebih murah bagi penumpang di jam tertentu.

Lihat Juga :
Mengukur Kinerja LRT Palembang Usai Dikritik Ridwan Kamil

"Tidak benar. Yang Rp2.000 adalah jam 5-7 pagi. Selebihnya Rp3.500," ujar Anang.

Menurutnya, tarif akan dikenakan saat penumpang selesai menggunakan jasa Transjakarta atau saat turun di lokasi tujuannya. "Sistem sekarang, dipotong ketika tap out," jelasnya.

Namun, jika memang penumpang mengalami kerugian karena kelebihan membayar atau tap in/out, maka disarankan untuk melapor dan klaim ke PT Jaklingko Indonesia (JLI).

"Kalau klaim silahkan ke JLI. Namun demikian, silahkan mention ke twitter TJ untuk kami bantu," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/bir)

Dua bintang besar

play slot88

Selir Chunqiu

erek13