petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

percaya4d

pinjam dana di bank bri 694Jutaan kata 328097Orang-orang telah membaca serialisasi

《percaya4d》

KAI Mulai Jual Tiket Kereta Libur Nataru******

PT KAI mulai menjual tiket kereta api untuk libur natal dan tahun baru. Mereka menyediakan 2,2 juta tempat duduk kereta jarak jauh dan 521 untuk lokal.
PT KAI mulai menjual tiket kereta api untuk libur natal dan tahun baru. Mereka menyediakan 2,2 juta tempat duduk kereta jarak jauh dan 521 untuk lokal. ( CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta ApiIndonesia (KAI) membuka penjualan tiket kereta apiuntuk periode libur Nataldan Tahun Baru (Nataru) 2024 mulai Senin (6/11) atau H-45 keberangkatan.

Adapun periode penjualan tiket diberlakukan untuk keberangkatan kereta pada 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Tiket dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, situs kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket kereta api lainnya.

Ia mengatakan masyarakat sudah dapat membeli tiket kereta api jarak jauh reguler yang telah tersedia di seluruh kanal pembelian tiket mulai H-45.

Joni juga menginformasikan tarif tiket kereta api komersial di masa Nataru tetap mengacu pada ketentuan Tarif Batas Bawah (TBB)-Tarif Batas Atas (TBA).

Sementara tiket untuk KA Public Service Obligation (PSO) tarifnya tetap sesuai dengan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Pada masa periode penjualan tiket Nataru, Joni menyebut terdapat sebanyak 3.888 perjalanan kereta api jarak jauh reguler dengan 2,2 juta tempat duduk.

Sedangkan untuk kereta api lokal reguler, KAI menyiapkan sebanyak 1.296 kereta api dengan sekitar 521 ribu tempat duduk.

"Sementara untuk pengoperasian kereta api tambahan pada masa angkutan Nataru ini, KAI akan menginfokan lebih lanjut," lanjut Joni.

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)

LPEM UI: Peluang RI Jadi Negara Berpendapatan Tinggi di 2045 Kecil******

LPEM UI menyebut peluang Indonesia menjadi negara maju yang masyarakatnya berpendapatan tinggi pada 2045 mendatang kecil.
Presiden Joko Widodo targetkan Indonesia jadi negara maju pada 2024. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM UI) memperkirakan cita-cita Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan Indonesia sebagai negara maju pada 2045 sulit tercapai.

Dalam sebuah publikasi terbaru LPEM UI berjudul'White Paper- Dari LPEM Bagi Indonesia: Agenda Ekonomi dan Masyarakat 2024-2029', mereka mengungkap alasan Indonesia sulit naik kelas menjadi negara maju.

Menurut LPEM UI, peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia pada 2045 nanti menjadi titik kritis perenungan sejarah bangsa ini.

LPEM UI menggunakan the rule of 72untuk memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan. Ini adalah rumus cepat dan populer untuk mengestimasi jumlah tahun yang diperlukan untuk menggandakan uang dari investasi pada tingkat pengembalian tahunan tertentu.

"Dengan asumsi batas bawah upper income country(UIC) sama dengan 2023 sebesar US.846 dengan pertumbuhan gross national income(GNI) per kapita 5 persen per tahun atau setara pertumbuhan ekonomi 6 persen, maka Indonesia akan menjadi UIC pada 2044," tulis riset tersebut, dikutip Kamis (9/11).

"Semakin berkembang perekonomian maka pertumbuhan ekonomi 5 persen-7 persen sangat sulit dicapai, dengan skenario pertumbuhan yang berbeda-beda tiap periode (5 persen, 4 persen, dan 3 persen) maka Indonesia tidak akan mencapai UIC di 2045," lanjut LPEM UI.

Kemudian, aspek kemiskinan. Ini masih menjadi persoalan mendasar Indonesia, di mana angka kemiskinan tahun ini menyentuh 9,36 persen atau tak turun signifikan dari 11,25 persen di 2014.

LPEM UI khawatir obsesi berlebihan pemerintah terhadap mimpi Indonesia menjadi negara kaya di 2045 bakal mengubah orientasi kebijakan yang ada. Alokasi sumber daya dikhawatirkan hanya dipakai untuk mengejar pertumbuhan ekonomi semata melalui investasi besar-besaran di sektor padat modal.

Padahal, pertumbuhan ekonomi yang tinggi tidak serta merta mengurangi kemiskinan. Terlebih, jika mesin pertumbuhan dimotori sektor-sektor yang kurang melibatkan rakyat miskin.

Lihat Juga :
Buruh soal Diminta Prabowo Tak Tuntut UMP Naik: Tahu Kontrakan Mahal?

"Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, seperti di Halmahera Tengah tempat hilirisasi nikel tidak serta merta menurunkan angka kemiskinan secara masif. Rata-rata pertumbuhan ekonomi Halmahera Tengah pada 2019-2022 sebesar 75,61 persen per tahun, tetapi angka kemiskinan pada periode yang sama hanya turun 2,12 persen poin dari 14,12 persen di 2019 menjadi 12 persen di 2022," jelasnya.

LPEM UI lantas membandingkan kondisi sosial ekonomi Indonesia dengan beberapa negara yang juga ingin berpenghasilan tinggi, seperti China, Brasil, Thailand, Malaysia, dan Korea Selatan.

Kondisi Indonesia pada 2022 dengan pendapatan per kapita US.580 disebut setara Korea Selatan pada 1988, Malaysia 2004, Brasil 2006, serta China dan Thailand di 2010.

Dalam kurun waktu 18 tahun, Malaysia belum mampu keluar dari middle income trapdengan penghasilan US.780. Sedangkan Thailand selama 12 tahun juga belum mampu menggandakan pendapatannya.

Malaysia kemudian berambisi menjadi negara berpendapatan tinggi pada 2020, tetapi bergeser target ke 2030 karena adanya pergantian kepemimpinan. Hanya China yang dianggap mampu keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah dalam kurun waktu 13 tahun.

[Gambas:Video CNN]

"Apakah Indonesia mampu mengikuti jejak China atau Malaysia? Kondisi sosial ekonomi Indonesia saat ini jauh berbeda dengan kondisi sosial ekonomi negara-negara lain ketika memiliki pendapatan per kapita yang sama dengan Indonesia," jelasnya.

Mereka merinci pertumbuhan ekonomi Korea Selatan di level 12 persen, China 10,6 persen, Malaysia 6,8 persen, dan Thailand 7,5 persen. Capaian tersebut jauh di atas Indonesia yang hanya berkisar 5 persen.

Di lain sisi, kemajuan ekonomi negara-negara tersebut, kecuali Brasil, ditopang sektor manufaktur yang kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 28 persen di Korea Selatan. Lalu, 3 persen di Malaysia dan 32 persen di China.

"Berdasarkan perbandingan antara kondisi Indonesia dan kondisi negara lain, peluang Indonesia untuk menjadi negara berpendapatan tinggi di 2045 sangat kecil karena beberapa kondisi dasar pendorong kemajuan ekonomi belum dimiliki oleh Indonesia saat ini," terang LPEM UI.



(skt/wiw)

Cerita Zulhas RI Susah Ekspor Ikan ke Jepang: Panjangnya Saja Diukur******

Mendag Zulkifli Hasan menyebut Indonesia pernah mengalami hambatan ekspor ke Jepang. Pasalnya, ekspor ikan ke Jepang saja harus diukur panjangnya.
Mendag Zulkifli Hasan menyebut Indonesia pernah mengalami hambatan ekspor ke Jepang. Pasalnya, ekspor ikan ke Jepang saja harus diukur panjangnya. (CNN Indonesia/Feby Febrina).
Yogyakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan (Mendag)Zulkifli Hasan mengungkap ketimpangan aturan ekspor imporantara Indonesia dan negara-negara di berbagai belahan dunia. 

Karena ketimpangan itu, barang ekspor Indonesia sempat kesulitan masuk ke negara lain. Sebaliknya, barang impor dari negara lain malah secara gampang masuk ke Indonesia.

"Karena (ini) kita keluar (ekspor) susah. Ini yang ke Jepang mengirim pisang saja susah. Sudah 10 tahun enggak boleh-boleh. Kirim mangga susah betul, ukurannya harus begini, sama juga melarang," beber Zulhas di The Manohara Hotel, Sleman, DIY, Senin (6/11).

Karena masalah itu, Zulhas menuturkan Kemendag mengembalikan pengawasan barang impor yang semula dilakukan di luar kawasan pabean (post-border) ke pabean (border).

Langkah ini dilakukan untuk melindungi industri dalam negeri dari tekanan arus deras produk impor.

"Barang dari luar itu sekarang kita perketat masuknya. Kemarin gampang, dari luar masuk langsung ke toko-toko. Kaos, mainan, obat-obatan, bedak, vitamin, pakaian, segala macam," kata Zulhas.

Dengan kembali berlakunya pengawasan di kawasan pabean, maka barang-barang impor harus mengurus Persetujuan Impor (PI) di Kementerian Perdagangan.

Zulhas menekankan pentingnya pengawasan barang impor ini demi melindungi produk-produk dalam negeri agar tak kalah bersaing atau bahkan layu sebelum berkembang. Pengetatan ini ditegakkan supaya produk-produk negara lain tidak lagi mendominasi pusat grosir seperti di Tanah Abang atau Mangga Dua.

Zulhas melanjutkan, pemerintah juga menetapkan positive listuntuk barang impor yang dapat diimpor langsung lewat Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) atau e-commerce.

Jenis barang impor yang diperbolehkan untuk dijual melalui e-commerceadalah buku, film, perangkat lunak atau software, dan musik dengan harga di bawah US0.

Selain keempat komoditas tadi, komoditas lainnya hanya dapat diimpor langsung melalui PMSE apabila harganya melebihi US0.

"Enggak bisa cuma setengah dollar, US langsung, peniti, sandal langsung (impor), obat-obat nggak bisa lagi, harus US0," tegasnya.

"Lain (di luar 4 komoditas) enggak boleh, akhirnya banyak sekarang e-commerceyang tidak jualan impor lagi. Dia akan jualan barang-barang dari UMKM," kata Zulhas.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan memperketat arus masuk barang impor dengan merevisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 25 Tahun 2022 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

[Gambas:Video CNN]

Untuk memastikan kelancaran implementasi di lapangan, revisi Permendag Nomor 25 Tahun 2022 akan berlaku tiga bulan setelah diterbitkan.

"Kita minta K/L (kementerian/lembaga) terkait harus menyelesaikan aturannya dalam waktu dua minggu ini, sementara untuk proses transisinya diberikan waktu tiga bulan. Supaya memudahkan di lapangan," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (1/11).

Dalam revisi Permendag 25/2022, pengaturan tata niaga diubah dari post border menjadi border untuk delapan komoditas yakni tas, elektronik, obat tradisional dan suplemen kesehatan, kosmetik, barang tekstil sudah jadi lainnya, mainan anak, alas kaki, dan pakaian jadi.

Selain mengubah aturan tata niaga impor, revisi Permendag Nomor 25/2022 juga dilakukan dengan melakukan relaksasi terhadap aturan barang kiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk 10 kelompok barang, dengan pengecualian barang larangan dan pembatasan (lartas), serta tidak diperlukan Surat Keterangan Perwakilan RI di Luar Negeri.

Lihat Juga :
Daftar Pengusaha yang Masuk TKN Prabowo-Gibran di Pilpres 2024
(kum/agt)




bab terbaru:slot gacor hari ini terpercaya

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
abadi dana legal atau ilegal
rupiahtoto rtp
pinjaman tunai di kredivo
pinjaman 5 menit cair ojk
bo slot bonus new member 100
bosplay77
interslot
77asia slot
slot gacor vietnam
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs slot member baru pasti jp
Bab 2 pinjaman online ojk bunga rendah
Bab 3 link user slot
Bab 4 gobanbet
Bab 5 portal slot
Bab 6 keluaran togell hari ini
Bab 7 mpoapi
Bab 8 kong4d
Bab 9 erek erek paus
Bab 10 38 slot
Bab 11 qq5796
Bab 12 cashzuma demo
Bab 13 situs slot yang gampang menang
Bab 14 buku mimpi olah jiwa raga
Bab 15 link slot games
Bab 16 sob77
Bab 17 bo slot terpercaya
Bab 18 slot gacor pola zeus maxwin
Bab 19 erek erek 2d 73
Bab 20 situs main slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4603bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Pacar Pria Lin

slot org
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Selasa (7/11).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Selasa (7/11). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika0.
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Selasa (7/11).

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal pergerakan indeks saham masih dapat melaju ke posisiresistance6.968.

"IHSG ditutup tepat di level 6.878 sebagai resistanceterdekat dan akan membuka jalan untuk naik menuju resistanceberikutnya di level 6.968 apabila hari ini menembus ke atas 6.878," kata Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Senada, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya juga memproyeksi IHSG menguat hari ini. Menurutnya, pergerakan indeks saham ditopang oleh rilis pertumbuhan ekonomi RI yang cukup terjaga.

Ia juga menyebut kondisi ekonomi Indonesia yang stabil bisa menjadi motor penggerak IHSG hari ini.

"Kondisi perekonomian dalam negeri dalam keadaan stabil sehingga dapat menjadi faktor penopang dari pola gerak IHSG," ucap William.

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support 6.754 dan resistance 6.923 hari ini. William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni ASII, SMGR, WIKA, PTPP, ADHI, KLBF, BBCA, BBNI, dan TLKM.

IHSG ditutup menguat 89,97 poin atau 1,33 persen ke level 6.878 pada perdagangan Senin (6/11) kemarin.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp10,14 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 27,94 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Petugas deportasi dari semua bidang

slot situs gacor hari ini
Pemerintah akan merapel penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) El Nino Rp400 ribu ke dalam satu kali transfer.
Pemerintah akan merapel penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) El Nino Rp400 ribu ke dalam satu kali transfer. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah akan merapel penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) El Nino Rp400 ribu ke dalam satu kali transfer.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut keputusan ini diambil karena administrasi anggaran Rp7,52 triliun yang digelontorkan untuk program tersebut belum rampung hingga saat ini.

Ia mengungkapkan Menteri Sosial Tri Rismaharini sebagai eksekutor program ini baru mengirim surat padanya. Karena itu, supaya cepat proses pencairan akan digabung jadi satu.

"Bu Risma yang tadi sampaikan kepada saya bahwa suratnya sudah disampaikan dan proses penganggarannya segera bisa diselesaikan minggu ini. Untuk BLT itu anggarannya Rp7,52 triliun, kita bayarkan sekaligus. Kita akan transfer begitu daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA)-nya sudah selesai bulan ini," sambung Ani.

Mulanya, BLT El Nino akan diberikan dalam dua termin pada November 2023 dan Desember 2023. Pemerintah berniat memberikan uang tunai Rp200 ribu per bulan.

Ani menegaskan BLT El Nino digelontorkan demi memperkuat daya beli beli masyarakat yang melemah imbas kenaikan harga bahan pokok akibat kemarau panjang yang terjadi belakangan ini.

Harapannya, hadirnya bantuan uang tunai bisa menjaga konsumsi masyarakat Indonesia stabil di level 5 persen atau bahkan lebih.

Ia menjelaskan program ini dipimpin langsung Kementerian Sosial karena Risma Cs sudah memegang data calon penerima BLT. Dengan begitu, pemerintah tidak perlu mengumpulkan data baru.

Di lain sisi, Ani menyoroti pertumbuhan ekonomi Indonesia yang turun ke 4,94 persen secara tahunan (year on year/yoy) di kuartal III 2023. Menurutnya, kehadiran paket bantuan ekonomi termasuk BLT makin penting demi mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia di akhir 2023.

[Gambas:Video CNN]

Sang Bendahara Negara menyebut kehadiran BLT El Nino hingga bantuan sosial beras 10 kg pada Desember 2023 setidaknya bisa membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia secara setahun terjaga di 5,04 persen.

"Paket kebijakan ini kami berharap tentu akan memberikan dorongan kepada perekonomian kita. Kalau kuartal IV baseline-nya 5,06 persen, outlook dari proyeksi kita dengan banyaknya ketidakpastian itu bisa melemah ke 4,81 persen (pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal IV)," tuturnya.

"Karena kalau tidak, dengan sekarang kuartal III 4,94 persen dan kuartal IV tidak diberikan dukungan, bisa saja pertumbuhan turun ke 4,99 persen," tutup Ani.



(skt/agt)

Berjalan sendirian selama ribuan tahun

erek erek preman
Transmart lagi kasih diskon gede-gedean untuk produk sepeda. Beragam sepeda mulai dari sepeda anak hingga dewasa diobral nggak sampai sejuta rupiah.
Beragam sepeda mulai dari sepeda anak hingga dewasa diobral murah meriah nggak sampai sejuta rupiah selama gelaran Transmart Full Day Sale, Minggu (5/11). (CNN Indonesia/ Mochammad Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart lagi kasih diskon gede-gedean untuk produk sepeda. Beragam sepeda mulai dari sepeda anak hingga dewasa diobral nggak sampai sejuta rupiah. Penasaran, kan?

Sepeda berbagai merek untuk anak hingga dewasa dihargai mulai Rp879.200 dari harga normal Rp1.099.000 per unit. Harga tersebut berlaku di seluruh Transmart khusus Pulau Jawa.

Lihat Juga :
Pengunjung Jajal dan Borong Sepeda Listrik di Transmart Full Day Sale

Harga diskon berlaku buat pembelian menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Kapan lagi bisa beli sepeda dengan harga murah kalau bukan di Transmart Full Day Sale yang digelar cuma satu hari saja!

Diskon seharian ini berlangsung dari mulai toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Pastikan Anda sudah mempunyai Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah supaya dapat klaim diskonnya dan bebas belanja sekarang bayarnya belakangan.

Yuk download Allo Bank di App Store atau Play Store dan upgrade akunnya ke Allo Prime sehingga Anda dapat mengajukan Allo Pay Later yang limitnya sampai puluhan juta.

Alternatif lain bisa segera mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart seluruh Indonesia.

Jangan sampai lewatkan kesempatan ini! Segera beli sepeda impian Anda di Transmart sekarang juga ya.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Gif banner Allo Bank
(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Infinity: Dari Mata Sharingan hingga Mata Samsara

cicilan di akulaku
Deretan pengusaha di belakang Prabowo-Gibran, ada pebisnis kosmetik, mantan dubes hingga bos Lippo.
Deretan pengusaha di belakang Prabowo-Gibran, ada pebisnis kosmetik hingga bos Lippo. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pengusahaternama bergabung di Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam persiapan Pilpres 2024.

Para pengusaha ini masuk struktur tim pemenangan yang terdiri dari pembina, pengarah, penasihat, pakar, hingga koordinator relawan.

"Atas izin bapak bacawapres dan ketua kami diminta untuk bacakan susunan TKN KIM pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka," kata Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (6/11).

1. Aburizal Bakrie

Aburizal Bakrie atau Ical pernah menjabat Menteri Koordinator Perekonomian masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla pada 2004. Setahun kemudian, ia beralih tugas menjadi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat hingga 2009.

Pria kelahiran 15 November 1946 itu menyelesaikan kuliah di Fakultas Elektro Institut Teknologi Bandung pada 1973. Ical lahir dari keluarga pebisnis. Orang tuanya, Achmad Bakrie, adalah pengusaha Lampung yang berbisnis kopi, karet, dan lada di Teluk Betung pada 1942, dengan bendera PT Bakrie Brothers.

Ia pun memilih fokus mengembangkan perusahaan keluarga, dan kemudian memimpin Kelompok Usaha Bakrie pada 1992-2004.

Aburizal juga aktif dalam kepengurusan sejumlah organisasi pengusaha. Ia menjabat Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) selama dua periode 1994-2004.

Ia dinobatkan oleh majalah Forbes Asia sebagai orang terkaya di Indonesia pada 2007. Setahun kemudian, majalah Globe Asia mendapuknya sebagai orang terkaya di ASEAN.

2. Hashim Djojohadikusumo

Hashim Sujono Djojohadikusumo adalah putra dari Profesor Soemitro Djojohadikusumo. Ayahnya terkenal sebagai begawan ekonomi Indonesia, yang menjabat Menteri Ekonomi serta Menteri Riset dan Teknologi pada era Soeharto.

Sejak SD hingga SMA, pria kelahiran 5 Juni 1954 itu mengenyam pendidikan di Eropa, lalu melanjutkan pendidikan tinggi di bidang Politik dan Ekonomi di Pomona College, California, AS.

Dalam perjalanan kariernya, adik Prabowo ini menjadi analisis keuangan di bank investasi Prancis. Hashim juga menjabat sebagai direktur di Indo Consult, yang merupakan salah satu perusahaan milik ayahnya.

Ia kemudian mulai menanamkan sahamnya di Bank Niaga dan Bank Kredit Asia. Namun, karir Hashim tak selalu mulus. Pada 2002, ia ditahan karena kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia lantaran kredit seharusnya dikucurkan ke kreditor, rupanya dikucurkan ke grupnya sendiri.

Setelah itu ia pun bangkit kembali. Bersama Prabowo, ia membeli Kiani Kertas, perusahaan eks-Bob Hasan, yang bermarkas di Kalimantan Timur. Ia pun memperluas bisnisnya ke berbagai sektor seperti perkebunan dan hutan, tambang batubara, dan ladang migas.

Forbes menobatkan Hashim sebagai salah satu orang terkaya di Asia pada 2012, dengan harta US0 juta.

Lihat Juga :
KAI Beri Diskon 25 Persen di 29 Rute Kereta Ekonomi Hingga Eksekutif

3. Putri Kuswisnu Wardani

Putri Kuswisnu Wardani merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 2019. Ia anak Mooryati Soedibyo, pendiri PT Mustika Ratu, perusahaan kosmetik nasional.

Di perusahaan ibunya, Putri dipercaya menjadi kepala Departemen Promosi dan Periklanan pada 1986, manajer keuangan pada 1988, lalu wakil presiden direktur sejak 1991.

Sejak 2011, Putri menerima tongkat kepemimpinan bisnis dari ibunya. Ia menjabat komisaris utama Mustika Ratu sejak 2019 hingga kini.

Putri juga merupakan salah satu petinggi kontes kecantikan nasional Puteri Indonesia, yakni sebagai dewan pembina dan penasehat di Yayasan Puteri Indonesia.

Pada 2021, Putri masuk daftar Asia's Most Influential Indonesia versi majalah fesyen, Tatler Asia. Penghargaan untuk tokoh yang dianggap berpengaruh di industri fesyen dan kecantikan.

Wanita kelahiran 20 September 1959 itu meraih gelar Master of Business Administration dari National University, Inglewood, California, AS pada 1990.

Bersambung ke halaman selanjutnya...

Bos Lippo hingga keponakan Luhut dan JK Jadi Timses Prabowo-Gibran

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Budaya menaklukkan dunia lain

erek2 kadal
IHSG diprediksi menguat jelang pengumuman data pertumbuhan ekonomi RI.
IHSG diprediksi menguat jelang pengumuman data pertumbuhan ekonomi RI. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Senin (6/11).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan indeks didongkrak oleh pelemahan indeks dolar AS.

"Rilis data perekonomian mengenai PDB juga diharapkan dapat menjadi salah satu faktor penopang IHSG," kata William dalam risetnya.

Sementara, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal pergerakan indeks saham menunjukkan potensi pelemahan (bearish).

"IHSG masih berada di bawah garis SMA-20 sehingga hari ini IHSG dapat memulai koreksi jangka pendek menuju 6.700-6.750 sebelum melanjutkan fase uptrenddari wave C menuju resisten berikutnya di 6.878," katanya.

IHSG ditutup di level 6.788 pada Jumat (3/11) sore. Indeks saham menguat 37,46 poin atau 0,55 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,26 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 25,73 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 327 saham menguat, 217 saham terkoreksi, dan 209 saham lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Pedang Peri dan Berita Aneh

cara bayar kredivo di tokopedia
Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) kembali menyelenggarakan pemberian Anugerah Layanan Investasi (ALI) pada tahun 2023.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir secara langsung dalam ajang pemberian Anugerah Layanan Investasi (ALI). (Foto: Arsip BPKM)
Jakarta, CNN Indonesia--

Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir secara langsung dalam ajang pemberian Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2023 yang diselenggarakan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (8/11).

Penghargaan ini dalam rangka memberikan apresiasi atas kinerja serta inovasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha yang dilakukan oleh Kementerian/Lembaga (K/L), Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Dalam sambutannya, Wapres Ma'ruf memberikan apresiasi kepada para pemenang ALI 2023. Selain itu, Wapres juga menekankan pentingnya perbaikan iklim investasi untuk peningkatan realisasi investasi.

"Secara khusus, saya sampaikan penghargaan kepada Menteri Investasi/Kepala BKPM yang berhasil terus mencapai target-target yang dibebankan untuk investasi," ujar Wapres.

Sementara Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam laporannya menyatakan, capaian realisasi investasi dari target yang selalu berkembang setiap tahunnya itu juga merupakan atas kerja keras para kepala daerah yang didelegasikan melalui DPMPTSP.

"Mencapai target realisasi 2023 itu bukan pekerjaan gampang. Spesial untuk DPMPTSP saya ucapkan terima kasih dan I love you. PTSP sebagai instrumen dan garda terdepan dalam mewujudkan pelayanan investasi yang maksimal," kata Bahlil.

Kemudian, kata Bahlil, dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi, maka harus menciptakan kawasan ekonomi baru dan instrumennya adalah investasi. Hal itu, kata dia, agar tidak ada lagi pemahaman Jawa sentris.

Namun demikian, kata Bahlil, hal itu perlu insentif yang berbeda untuk investasi di luar Pulau Jawa. Sebab tidak sebanding, baik dari segi infrastruktur maupun ketersediaan energi untuk mendukung pertumbuhan kawasan luar Pulau Jawa.

Sebagai informasi, Kementerian Investasi/BKPM menyelenggarakan kegiatan ALI setiap tahunnya sebagai implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2020 tentang Pemberian Penghargaan dan/atau Pengenaan Sanksi Kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

(inh/inh)